M4051 – Lukas 2:25-35. Simeon, Seorang Yang Dipimpin Roh

Definisi orang beriman adalah putra2 Allah Yoh 1:12, yaitu orang yang dipim-pin Roh Rom 8:14,   luar biasa, dan kalau betul2 hidup sebagai putra Allah itu luar biasa, itu seperti Kristus Putra Allah, yang dipimpin Roh Allah Luk 4:1,18.LUK 2:25. ROH KUDUS ADA DI ATASNYA.

Ini harus disadari dan sudah dialami dari permulaan, maka kita akan mengalami rencana Allah yang indah2. Luar biasa. Kita harus tahu dan me-ngerti dan mengalaminya atau menja-laninya seperti putra2 Allah. Ini akan menjadi orang2 beriman yang luar biasa seperti Kristus, terus berkeme-nangan dan sukses jasmani dan rohani.

Bagaimana bisa menjadi putra2 Allah yang hidup dipimpin Roh Allah? Ini semua adalah pemberian Allah bagi orang yang percaya, yaitu:

  1. Menjadi anak2 Allah (dari orang berdosa, yaitu anak2 iblis menjadi anak2 Allah yaitu orang2 suci 1Yoh 3:10) Yoh 1:12 percaya dan terimalah.
  2. Hidup baru. Sesudah bertobat dan melakukan pemberesan, dosa kita diampuni, maka kita menjadi orang benar. Semua hidup lama dan tabiat lama dikubur dalam baptisan air, tidak boleh timbul kembali, tidak boleh bangkit lagi, ganti hidup baru seperti Kristus. Manusia batiniah sudah dite-bus, sudah berubah, tetapi manusia lahiriah belum ditebus (Rom 8:23 kita menunggu tebus tubuh Luk 21:28). Sebab itu dalam manusia lahiriah masih ada tabiat lama yaitu tabiat daging dan ini harus terus menerus dimatikan, dikatargeokan Rom 6;6, sehingga yang nyata dalam hidup kita adalah hidup cara baru seperti Kristus sebab yang lama sudah lenyap, ganti baru.
  3. Penuh dengan Roh Kudus, ini juga anugerah Allah Kis 2:38, sesudah meng-ambil keputusan menguburkan hidup lama dan hidup dalam hidup yang baru lalu dibaptis dengan Roh Kudus. De-ngan demikian Roh Kudus ada di dalam kita dan di atas kita untuk memimpin kita dalam hidup selanjutnya sampai mati atau sampai Tuhan datang.
  4. Sesudah ini kita sekarang siap hidup sebagai putra2 Allah yang benar, suci, merdeka atau mati lepas dari dosa. Kita harus hidup benar (MAK DSY), tentu ini perlu taat, menyangkal diri dll 7 KPR, ini tidak otomatis. Jangan lagi hidup menuruti daging (termasuk mulut ini), dikuasai oleh daging dan diperbudak oleh iblis seperti orang2 dosa pada umumnya, tetapi merdeka dan bebas dari dosa, menjadi orang2 suci yang dipimpin Roh. Ini perlu banyak pe-nyangkalan diri untuk taat. Demikian-lah Simeon ini hidup benar dan saleh, sehingga bisa hidup dipimpin Roh, sebab itu ia mengalami hidup yang luar biasa dan indah, begitu juga seharus-nya dan selayaknya kita semua. Tuhan tidak membedakan antara Simeon dan kita!

LUK 2:26. ROH KUDUS MENYATAKAN SUATU RAHASIA KEPADANYA.

Simeon tidak akan mati sebelum me-lihat dengan mata kepalanya sendiri, Kristus, yaitu yang diUrapi. Ini luar biasa dan betul2 jadi. Roh Kudus itu Pribadi Allah yang tahu yang akan datang. Ia bisa menyatakan segala per-kara yang akan datang, yang perlu diketahui untuk mempersiapkan kita seperti Simeon. Bagaimana caranya, Simeon tidak perlu kuatir. Caranya tidak seperti mansuia, tidak ada pe-mandu atau tanda2 yang diberikan. Simeon tinggal tenang sebab Roh Kudus tahu semua dan akan me-mimpinnya langkah demi langkah. Ini orang2 yang sudah bisa berjalan de-ngan Tuhan, dipimpin Roh langkah demi langkah. baik dalam pikiran, perbuatan, kata2 dan tindakan.

Misalnya pada Petrus, Roh Kudus memberi perintah untuk pergi Kis 11:12, ber-sama2 dengan orang2 yang dipimpin Roh datang kepadanya. Kita memerlukan pimpinan Roh, baik dalam hal2 rohani, juga dalam hal2 jasmani, sebab kita harus tetap jalan dalam kesucian dalam ril (jalan) dari Allah, tidak boleh menyimpang.

Kita harus belajar dan Roh Kudus akan mengajari dan membimbing kita mulai dari hal2 kecil sampai besar, supaya kita makin mahir mendengar suara Roh dan taat melakukannya Mrk 4:23. Belajar peka mendengar suara Tuhan. Bukan tekhnik mendengar yang penting, tetapi taat melakukannya. Kalau kita terus mau taat, maka kita akan makin mahir, peka akan suara-Nya. Mula2 Samuel belum mengerti dan belum bisa membedakan, tetapi Imam Eli mengajarinya supaya ia ber-tanya2 pada Roh Kudus dan Samuel bisa mengerti suara Roh 1Sam 3:4-11.

Dalam hal rohani biasanya kita mendengar suara Roh yang mendidik kita, memberitahu, mencegah jangan sampai berbuat dosa atau ditipu iblis, mengerti kehendak Tuhan dan melaku-kannya dan segala hal yang dikehen-daki Roh Kudus supaya kita tahu dan melakukannya. Juga dalam hal2 jasma-ni, supaya kita belajar tidak bergantung pada kekuatan dan kemampuan kita sendiri, tetapi bersandar kepada Tuhan dan selalu minta pimpinan Roh. Hasilnya akan lebih indah, apalagi kalau kita dijepit oleh banyak godaan dosa, ancaman2 kejahatan dan serangan2 setan2, meskipun kita tidak melihat dan tidak tahu. Sebab itu sekalipun dalam hal2 jasmani, belajar selalu minta pimpinan Tuhan. Biasanya kita melakukan hal2 rutin menurut pikiran dan kebiasaan kita. Kalau kita dipimpin Roh, waktu ada sejahtera dari Allah Pil 4:7, teruskan saja apa yang biasa kita perbuat, misalnya ke sekolah atau ke pekerjaan pada jam2 yang tepat supaya tidak terlambat, juga lewat jalan2 yang biasa dan paling efisien menurut pikiran kita. Tetapi kalau Roh Kudus punya maksud lain, ia akan bicara dan kita akan merasakannya. Atau kalau hati kita gelisah, tidak srek, tidak yakin, kita harus ber-tanya2 seperti Samuel, apa yang Tuhan ke-hendaki dan apa yang harus kita la-kukan. Biasanya kalau kita taat, sesuatu terjadi, misalnya seorang disuruh tiba2 memperlambat mobilnya, tiba2 ada mobil turun sendiri dari rumah di seberang jalan yang lebih tinggi dari jalan. Kalau ia tidak memperlambat jalannya, pasti tertabrak.

Kadang2 untuk permulaan kita tidak mengerti, kita simpan dalam hati kita, misalnya Miryam tidak mengerti suara malaikat (ini dari Tuhan) Luk 2:19,51. Kadang2 kita tidak mengerti untuk waktu yang lama, seperti Yusuf me-nyimpan mimpinya dalam hatinya, sebab tidak mengerti, baru lebih ku-rang 21 tahun kemudian mimpi itu nyata dan ia mengerti. Tetapi pimpinan Roh Kudus yang harus dilakukan waktu itu juga, Tuhan akan menyatakannya, Biasakan mengerjakan semua hal jas-mani dan rohani dalam pimpinan Tu-han. Kalau ada sejahtera, teruskan apa yang sedang dan akan kita lakukan, kalau Roh Kudus menghendaki yang lain, kita harus taat, misalnya Paulus yakin itu suara Roh dan ada sejahtera, ia taat melakukannya  Kis 13:4; 16:9,10. Kalau kita jalan betul, Tuhan akan menyertai dan ada tanda2 mengikuti kita Mrk 16:20. Ini perlu, lebih2 kalau kita mengalami jalan buntu, atau ba-nyak ancaman dan serangan2 peker-jaan iblis yang akan terus bertambah banyak dan dahsyat di akhir zaman ini.

Kita perlu bisa membedakan mana kehendak Tuhan dan tidak, sebab hasilnya akan nyata benar bedanya. Jangan kuatir, Tuhan tidak akan mem-persulit dan tidak akanmencobai kita lebih dari kekuatan dan kemampuan kita. Tetapi kita harus punya hati yang mau taat dengan tulus. Kalau tidak tulus dan menuruti daging, hasilnya akan berbeda! Baik dalam ber-kata2, bersikap, bertindak, minta pimpinan Roh Kudus. Misalnya Elisa disuruh Elia tingal, jangan ikut dia, tetapi Elisa yang sudah bisa dipimpin Roh, tidak mau tinggal, sekalipun dilarang, Elisa tetap mengikuti Elia dan hasilnya luar biasa, ia mendapat pengurapan seperti Elia 2 kali ganda dan hidupnya tumbuh dengan indah sampai puncak2nya.

Kita diciptakan bukan sebagai ro-bot, tetapi punya kemauan bebas dan harus memilih dengan betul, yaitu taat akan Tuhan Luk 12:57. Jangan salah pilih. Waktu Paulus dibawa tertawan ke Roma, Roh Kudus menyuruhnya bicara meskipun bertentangan dengan pikiran dan logika pemilik kapal, mereka tetap berlayar, tetapi Paulus (suara Tuhan) yang betul Kis 27. Ada banyak contoh lainnya,seperti nabi muda yang tidak taat akan perintah Tuhan, ia tertipu dan mau makan dengan nabi tua yang murtad, akibatnya ia mati dengan ngeri, dimakan singa 1Sam 13:9-10, 24-26. Yunus hampir mati, untung ia me-makai kesempatan terakhir untuk ber-tobat dan masih selamat. Kalau datang hal2 yang dahsyat, salah pilih bisa berarti cealaka. Sebab itu belajar terus dengar2an akan suara Roh, baik dalam hal2 jasmani dan rohani, sebab Tuhan akan memimpin seluruh hidup kita dalam hal rohani dan jasmani, ter-masuk orang2 beriman part timer, se-bab semua orang beriman itu harus taat dipimpin Roh Rom 8:14.

Jangan kuatir, tetapi harus taat dengan tulus. Kalau masih ragu2 se-perti Gideon, ber-tanya2lah, Tuhan pasti menjawab, sebab Tuhan itu baik, Ia sama sekali tidak ingin menjeru-muskan kita dalam celaka, tetapi se-baliknya, namun yang dituntut Tuhan, adalah supaya kita mau taat dengan tulus,, tidak pura2, apalagi Tuhan tahu semua isi hati kita!

LUK 2:27. DIPIMPIN ROH PERGI

KE BAIT ALLAH.

Ini bukan karena ada kebaktian, tetapi khusus, Roh Kudus memimpin Simeon untuk pergi ke bait Allah. Ia taat dan apa yang sudah lama di tunggu2nya betul2 terjadi dengan sangat indah dan ajaib. Kita harus mau taat dengan tulus, jangan seperti nabi Balhum yang sudah dapat mengerti suara Tuhan dan sudah taat sekian lama, lalu mulai tidak tulus, ingin hadiah dan pemberian Balak yang sudah pernah ditolak beberapa kali. Akhirnya Balhum tidak setia karena uang, ia tidak lagi taat. Juga Gehazi yang terus menyertai Elisa, ternyata hatinya tidak tulus sebab cinta uang, akhirnya ia terjerat oleh cinta uang dan jadi kusta. Sayang Gehazi tidak ber-tobat. Kalau Gehazi bertobat, seperti Miryam, Yunus, mungkin sekali ia juga bisa sembuh. Ia tidak mau minta ampun, sebab hatinya sudah terlanjut terikat, cinta dan menyembah mam-mon, sehingga ia tetap dalam hu-kumannya. Orang yang sudah terlanjur cinta, terikat seperti Gehazi atau lekat dengan anggur lama, seringkali tidak lagi mau bertobat dan binasa Luk 5:39. Sebab itu dalam berjalan dalam Roh jangan berdosa atau ingin hal2 yang sia2, karena tertipu oleh kepujian manusia, uang, keinginan2 daging dan dosa lain, bisa salah pilih dan celaka.

Simeon bisa mengerti pimpinan Tuhan dan taat dengan tulus, ia be-rangkat ke Bait Allah dan heran, ia mengalami hal2 yang luar biasa.  Ka-dang2 meskipun taat, kita tidak lang-sung melihat hal2 yang besar, tetapi kalau sudah yakin itu suara Roh (kalau ragu2 bisa tanya), taatlah, maka kita akan tetap berada dalam rilnya Tuhan dan pasti itu berkenan pada Tuhan dan terbaik. Akhirnya kita akan melihat rencana Allah yang mulia seperti Yusuf, Musa dll.Jangan lihat dan ingin yang lain, taatlah pada Tuhan. Segala kebutuhan kita pasti dicukupi oleh Tuhan dengan jalan yang benar.

Simeon datang bersamaan dengan Yusuf-Maria dan bayi Yesus. Tuhan bisa atur semua tepat pada waktunya, bah-kan dalam hitungan detik. Terus ber-latih taat dengan tulus, itu perlu untuk sisa hidup kita, apalagi untuk meng-hadapi dunia yang makin gelap dan dahsyat, kita tidak akan takut kalau kita terus berjalan dalam Roh.

LUK 2:28. SIMEON TAHU DENGAN TEPAT.

Heran, tidak ada orang yang memper-kenalkan (bahkan Yusuf dan Maria sendiri masih bingung, masih terus ber-pikir2), tetapi Simeon tahu dengan tepat, menemui mereka dan meng-angkat bayi Yesus dan me-muji2 Allah, luar biasa!

Bagaimana kita bisa bertindak tepat 100% seperti ini? Ini luar biasa.

Ada macam2 kesukaran dan tantangan, lebih2 diantara yang pura2 dan dari pihak iblis, bisa terjadi keributan besar, tetapi Roh Kudus sanggup menghadapi dan mengalahkannya. Petrus bisa menegur Ananias dan Safira dengan tepat dan mereka langsung mati di tempat, dahsyat! Roh Kudus tidak bisa dikalahkan Kis 5:3. Juga waktu Petrus menghadapi Simon yang se-olah2 bertobat dan percaya, tetapi hatinya tidak tulus Kis 8:10-25. Kita perlu kuasa Allah (Luk 24:49, Yak 5:16) dan pimpinan Roh Kudus yang tepat untuk menghadapi macam2 problem, tipu daya iblis. Begitu banyak kuasa gelap, kejahatan dan ancaman yang dahsyat. Tanpa kuasa dan pimpinan Roh Kudus kita tidak punya kekuatan dan tidak bisa tahan, sebab itu belajarlah mulai sekarang selalu penuh dan dipimpin Roh dalam kesucian, dengan tulus, tumbuh dalam Firman Tuhan dan persekutuan Roh dalam tubuh Kristus. Begitu penting pekerjaan dan kege-rakan Roh Kudus. Jangan sampai tertipu dan terjerat oleh iblis dan ke-inginan2 daging kita sendiri danjangan kena segala macam umpan iblis yang sia2, baik uang, kepujian, kebencian, perzinaan dll. Belajar terus hidup be-nar, berkenan pada Tuhan, pasti lebih indah dan berhasil. Pakai waktu yang cukup untuk berdoa dalam Roh dan makan terus dengan limpah dari 2 gomer roti dari Surga supaya kita siap untuk menghadapi segala problem dan keadaan apapun.

LUK 2:29. JANJI ATAU NUBUAT TUHAN DIGENAPKAN.

Simeon adalah orang yang beruntung, masuk generasi Kristus I, tetapi tetap mati (generasi Kristus II yang bersedia, bisa dipimpin Roh seperti ligabis, tidak mati 1Kor 15:51-52). Memang untuk orang2 yang cinta Tuhan, yang hidup bagi Kristus, mati itu untung, tidak rugi, tetapi tetap ada orang tanpa mati, yaitu orang sempurna dan orang yang diangkat hidup2an.

Tetapi kesukaan Simeon juga sangat besar, menikmati proyek terbesar Allah, lebih dari roket ke Mars. Semua rencana Allah bagi kita akan digenapi kalau kita hidup dipimpin Roh. Juga dalam perkara2 yang rutin, kecil atau besar.Seperti Yusuf, Abraham, Ayub, hidupnya se-hari2 menjadi indah, sebab bisa berjalan dengan Tuhan. Rencana Allah bagi Simson terpotong, sayang sebab ia hidup menurut daging, tidak dipimpin Roh.

Untuk setiap kita, Tuhan punya rencana yang indah sepanjang umur hidupnya, seperti Abraham yang mati se-puas2 umurnya Kej 25:8. Juga Paulus yang dipimpin Roh sampai akhir hidupnya, lalu ia menerima mahkota dari Tuhan, kemuliaan yang kekal 2Tim 4:8. Jangan hidup sia2, tetapi hiduplah bagi Kristus dipimpin Roh seperti Simeon.

LUK 2:30. MELIHAT KESELAMATAN DARI TUHAN.

Melihat keselamatan jasmani saja sudah ajaib, misalnya seorang selamat dari kecelakaan atau penyakit. Apalgai bisa melihat keselamatan yang kekal, sampai malaikat2 menyanyi dengan sukacita yang besar waktu Kristus lahir, sebab inilah selamat untuk seluruh dunia. Orang yang dipimpin Roh, ma-tanya akan celik melihat segala ke-benaran Yoh 16:13, istimewa mengerti tentang keselamatan kekal yang luar biasa. Kalau kita mulai mengerti tentang Kerajaan 1.000 Tahun, lalu kiamat dan Surga Bumi Baru, rasa2nya begitu indah, sangat mengagumkan. Apalagi orang yang mahir dipimpin Roh seperti Daniel ia bisa melihat rencana Allah yang begitu besar (juga Henokh Yud 14, Yohanes dll), sehingga Daniel ke-heran2an tidak bisa membayangkan kebaikan Allah yang luar biasa Dan 12. Juga kita di akhir zaman yang mau hidup dipimpin Roh akan dapat melihat rencana Allah yang luar biasa dalam hidup di akhir zaman ini sampai hari2 yang akan datang,bisa mengerti dan sangat bersukacita dan dikuatkan, bisa menang dalam hari2 umur hidup kita, bahkan mungkin bisa ikut dalam pengangkatan atau dalam kelompok 144.000, luar biasa.

Keledai Isachar sebab bisa melihat keselamatan dari Allah, hidupnya ber-ubah, penuh gairah dan sukacita yang luar biasa Kej 49:14-15. Begitu orang2 beriman zaman sekarang yang mau hidup dipimpin Roh seperti Simeon.

LUK 2:31. KESELAMATAN ALLAH UNTUK SEGALA BANGSA.

Orang yang dipimpin Roh, tidak akan membedakan bangsa, bahkan bisa mencintai segala bangsa dalam tubuh Kristus yg ajaib Wah 12:1. Orang yang ada kebencian rasil atau benci apapun, biasanya itu pasti tidak dipimpin Roh, itu tidak berkenan pada Tuhan, sebab itu dari iblis. Yang dipimpin Roh ada kasih Kristus, bisa mengampuni tetapi cerdik, dan bersukacita sebab dipimpin Roh itu luar biasa.

LUK 2:32. UNTUK DUA MACAM UMAT TUHAN.

Simeon menikmatinya, meskipun masa untuk Israel akan segera dihentikan sementara sampai Kerajaan 1000 Ta-hun dan umat Tuhan yaitu Gereja juga akan mengalami rencana Alah yang sa-ngat besar dan mulia pada akhir zaman, suatu terang yang besar.

KESIMPULAN.

Belajar hidup benar dan saleh, berkenan pada Tuhan, maka kita bisa belajar dipimpin Roh sampai mahir dan mengalami kemenangan dan rencana2 Allah yang besar di dunia sampai kekal. Baik dalam perkara2 kecil dan besar, rohani dan jasmani, kita harus belajar terus hidup sebagai putra2 Allah, yaitu dalam kesucian dan taat dipimpin Roh. Ini hidup yang sukacita, puas dan mengalami rencana Allah yang heran, mulia di dunia ini sampai kekal.

Orang yang di dalam Tuhan akan selamat, lebih2 yang mau terus dipimpin Roh sepanjang umur hidupnya, meskipun sikon makin gelap dan dahsyat, jangan kuatir.

LUK 2:33. YUSUF DAN MARIA HERAN.

Mereka juga orang2 yang hidup dipim-pin Roh, sehingga bencana yang hampir terjadi (Yusuf mau meninggalkan Ma-ria) batal dan sekarang mereka ber-gembira bisa tetap hidup sebagai suami-istri. Suami istri yang dipimpin Roh akan menikmati rencana Allah yang lebih besar, sebab 2 orang yang sehati dan dipimpin Roh itu seperti 10 orang atau lebihIm 26;8. Jangan lupa dipimpin Roh juga dalam hidup nikah, itu indah dan ajaib.

LUK 2:34. TANDA UNTUK ISRAEL DAN TANDA PERBANTAHAN.

Yusuf-Maria diberkati dan itu jadi sehingga hidupnya makin indah karena Kristus.

Israel akan jatuh sebab menolak Mesias dan membunuhNya, tetapi satu kali akan bangkit kembali dengan Kristus sebagai rajanya Luk 1:32. Kristus juga menjadi tanda perbantahan anta-ra orang yang percaya dan tidak per-caya. Di dunia ini jadi perbantahan tetapi dalam kekekalan terjadi pe-misahan.

Jangan ber-bantah2, tetapi percaya, kita bukan orang yang suka ber-bantah2 1Kor 11:16. Kita percaya dan taat akan Kristus yaitu Firman dan akan menerima pahala sebagai orang yang taat dan setia.

LUK 2:35. PEDANG YANG MENEMBUS JIWA MARIA.

Maria dipilih Tuhan sebab bisa me-nyangkal diri, bisa menderita karena kebenaran, itu penuh sengsara seperti pedang yang menembus jiwanya sen-diri. Sepanjang umur “Putranya”, ia menderita, sebab Kristus tidak salah, jadi berkat, tetapi di-kejar2 seperti orang jahat dan akhirnya dihukum mati begitu sadis seperti penjahat besar, yang ada di kiri kanannya. Tetapi Maria tekun dan tetap taat, sebab itu ia dipilih.

Nyanyian:

Buatlah jalanMu dalam saya,

Kristus Penjunan, ku tanah liat.