M4048 – Filipi 3:14. Generasi Kristus II

Generasi Krsitus I adalah orang2 yang hidup pada waktu Tuhan Yesus datang I dan generasi Kristus II adalah orang2 Kristen yang masih hidup pada waktu Tuhan Yesus datang ke-II.DEFINISI

PENDAHULUAN.

Kita akan melihat pertumbuhan hidup kekristenan dari:

  1. Start, II. Finish, III. Tumbuh
  2. Generasi Kristus II, V. Bersedia.

START.

Kekristenan mulai dari percaya (Rom 13:11).  Orang yg sungguh2 ini sudah berarti selamat Kis 16:31, Rom 1:16, tetapi harus segera dibaptiskan Mrk 16:16. Orang yg mau sungguh2 perca-ya mau meninggalkan dan mengubur-kan hidup lama, ganti hidup cara baru yang sudah Tuhan isikan ke dalam hi-dupnya Rom 6:4, 2Kor 5:17. Kita bisa hidup baru seperti Kristus dgn iman Kol 3:9-10. Tetapi ini baru start dan harus terus tumbuh menuju finish dalam tingkat rohani yg setinggi mungkin.

FINISH.

Bila? Waktu mati atau pengangkatan lalu masuk Surga, maka sesudah itu kesempatan kita habis untuk berubah atau bertumbuh Pkh 9:10. Tingkatan orang yang selamat di Surga kekal itu ber-beda2 dan itu ditentukan oleh tingkatan masing2 pada saat terakhir di dunia Luk 19:17.Hidup ini adalah ke-sempatan untuk bisa tumbuh setinggi mungkin, itu rencana dan kerinduan Allah bagi setiap umat-Nya, bahkan adalah kehendak dan kerinduan Allah supaya kita terus bertumbuh sampai menjadi seperti Kristus 1Kor 11:1 dan seperti Bapa Mat 5:48. Khusus untuk saat terakhir (3,5 tahun sebelum peng-angkatan), orang2 beriman yang ber-jaga2 Mat 24:42 akan ikut dalam pengangkatan dan mereka tidak akan pernah mati sebab berubah menjadi tubuh kebangkitan orang benar = tumbuh kemuliaan yang ikut peng-angkatan 1Kor 15:51-52. Ini suatu rahasia tetapi sekarang sudah terbuka untuk orang2 yang cinta Tuhan, kita sudah tahu. Bahkan sebab waktunya sudah dekat, kita mungkin bisa masuk golongan ini, kita harus bersedia baik2, jangan kehilangan kesempatan ini, se-bab kalau tertinggal, masuk zaman Antikris, itu sangat dahsyat dan men-derita. Orang2 yang bertobat kembali dalam zaman Antikris akan menderita sampai mati Wah 13:7, rugi, tetapi ini kesempatan terakhir. Generasi yang akan ikut pengangkatan adalah gene-rasi Kristus II (kedatangan Kristus ke-2) lain dari generasi Kristus I yang sudah untung sekali, lebih2 yang tergolong generasi Kristus II itu sangat2 besar untungnya.

III. TUMBUH.

  1. Kecepatan pertumbuhan itu ada yang normal, cepat, lambat, atau macet. Masa pertumbuhan tidak sama untuk setiap orang, dari mulai percaya (kalau sejak lahir, lebih untung, lebih panjang) sampai mati, yang tidak dike-tahui waktunya, apalagi yang sudah tua, tinggal beberapa tahun. Tetapi yang muda jangan buang kesempatan, jangan di-sia2kan, nanti menyesal untuk kekal. Jarak pertumbuhannya yaitu dari mulai percaya sampai men-jadi seperti Kristus, itu jauh; sebab itu kalau tanpa menebus waktu dan ber-jalan dalam Roh, sulit mencapainya. Ke-muliaan yang sangat besar disediakan Allah untuk semua orang yang masuk Surga, sesuai dengan tingkat masing2. Jangan sia2kan atau buang kesempatan ini, sangat indah, sukacita, mulia untuk kekal! Apalagi yang bisa mencapai kesempurnaan seperti Kristus.
  2. Pertumbuhan yang macet. Biasanya sebab dosa, lebih2 kalau terikat dan keras hati, tidak mau bertobat, tidak akan tumbuh. Orang seperti ini bia-sanya jatuh bangun dalam dosa, ada yang jarang2(suam) ada yang sering (2Pet 2:22). Ini orang2 yang bodoh dan tidak mengerti Mrk 12:24.
  3. Lambat. Biasanya tidak sungguh2 mau, mendua, bercabang hatinya pada dunia, sehingga suam. Juga orang2 yang memakai kekuatan sendiri sh-eingga sering jatuh bangun. Macet atau lambat ini sebab2nya hampir sama sehingga kadang2 macet, kadang2 lambat.
  4. Normal. Menurut siapa. Menurut Allah itu yang betul, kalau menurut ma-nusia, ada macam2 ukuran, tergantung masing2.
  5. Ini ditentukan oleh:

a.1. Waktu untuk tumbuh (itu umur di dunia).

a.2. Target dari Allah, yaitu menjadi seperti Kristus, sempurna. Seharusnya dengan kecepatan yang normal, dalam umur kita, kita harus jadi seperti Kristus. Tetapi biasanya orang hanya memakai targetnya sendiri, yaitu ada yang asal selamat (bahaya, seringkali mudah binasa, sebab tinggal di perba-tasan), ada yang se-dapat2nya saja atau apa katanya nanti. Kalau tidak punya target, biasanya jadi lambat atau macet sebab manusia itu lebih mudah, lebih condong pada dosa dan kedu-niawian Yoh 3:19, Maz 78:39. Normal menurut manusia itu beda2, termasuk yang macet ada yang menganggap normal. Normal menurut Allah itu yang betul harus cepat mencapai target dalam hidup ini.

  1. Harus tahu ukuran pertumbuhan, supaya bisa mengukur sampai di mana kita tumbuh.

b.1. Kemah Suci bisa menjadi ukuran pertumbuhan. Bayi, dan kanak2 ro-hani, dewasa dan sempurna.

b.2. Tabiat baru dalam segala seginya, makin nyata sampai akhirnya seperti Kristus, baik mulut (ini banyak salah-nya), kasih ilahi, kerendahan hati, kesa-baran dll. Jangan lupa buah Roh kita perlukan untuk mendorong timbulnya tabiat baru.

b.3. Ketaatan dalam segala segi hidup dan minimum harus bisa hidup dalam kesucian 2Pet 1:10. Tentu semua de-ngan pertolongan Tuhan. Kita tidak bisa tumbuh dalam dosa, harus dalam ke-sucian. Tumbuh dalam dosa itu pura2, ini justru merusak rohani bahkan bisa menjadi cacat.

b.4. Bandingkan dengan waktu2 yang lalu. Paling mudah dengan ukuran ta-hun (misalnya tahun lalu dan sekarang, apa bedanya? Apalagi dengan 5 atau 10 tahun yang lalu, tetapi ini tumbuh yang lambat) kalau bisa ukuran bulan. Dalam Minggu ke-70 Daniel ada pertumbuhan yang cepat, bisa diukur dengan ukuran hari.

b.5. Saling menasehati. Ini sederhana, tetapi efektif, termasuk menunjukkan kemacetan, kelambatan dalam per-tumbuhan dan dosa2 yang ada dari orang2 di dekat kita, sehingga bebas dari dosa dan semua faktor2 yang me-lambatkan pertumbuhan, karena mau dibuang.

  1. Ekstra cepat. Orang yang tumbuh ekstra cepat itu maksudnya supaya dalam umur hidupnya (tidak bisa tum-buh sesudah mati), orang itu bisa tum-buh sampai menjadi sempurna seperti Henokh (300 tahun), Musa (+ 40 tahun), Elia (+ 20-30 tahun). Mungkin juga Abraham, Yusuf, Ayub dll juga su-dah tumbuh sampai sempurna (Wasiat Lama) sehingga ikut dalam kebangkitan sulung, waktu Putra manusia Yesus mati di Golgota.
  2. Mengapa perlu tumbuh dengan ekstra cepat? Sebab:
  3. Kesempatan kita terbatas. Menjadi sempurna seperti Kristus itu sangat jauh, kalau tidak cepat2, dalam umur kita yang terbatas dan tidak kita ke-tahui, tidak akan selesai. Tuhan tahu lebih dulu, sebab itu kalau seorang sungguh2 mau tumbuh seperti Musa, Tuhan akan memberi kesempatan dan umur cukup. Sebaliknya kalau orang itu sulit tumbuh lagi, umurnya dipotong seperti anak Yerobeam yang mati muda 1Raj 14:13.
  4. Yang tidak mau tumbuh dengan cepat, biasanya justru merosot, sebab orang yang tidak tumbuh itu ada se-bab2nya, dankalau itu tidak dibuang, dosa itu terus tumbuh dan jatuh dalam dosa yang lebih dalam, atau terus jatuh bangun, sehingga justru rohaninya me-rosot. Juga orang yang terus minum susu tidak akan tumbuh, tetapi seperti kanak2 meskipun sudah lama ikut Tu-han Ibr 5:12-13 sehingga berbuat kebo-dohan dan dosa. Harus makan makan-an keras.
  5. Makin lama dosa dan kejahatan makin bertumbuh Wah 22:11, lebih2 di akhir zaman sehingga batas mini-mum untuk survive juga meningkat. Kalau tidak tumbuh akan bolak balik jatuh dalam dosa dan lama2 rusak rohaninya atau undur. Juga diseret oleh “tsunami dosa” yang makin meningkat di seluruh dunia. Orang akhir zaman yang jatuh dalam dosa akan kehilangan kesempatan untuk ikut dalam generasi Kristus II, dan justru hanyut dalam dosa akhir zaman yang ganas sehingga terhilang atau mati dalam dosa.
  6. GENERASI KRISTUS II.
  7. Kesempatan istimewa dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan.

Disini terjadi kedatangan Tuhan Yesus seperti kilat dari Timur ke Barat Mat 24:27. Ini adalah proses kedatangan Tuhan yang terjadi dari Timur (Pintu Gerbang) sampai Barat (Tabut), yaitu penamatan dari rencana Allah dalam sekejab (secepat kilat) sehingga semua digenapkan lalu Tuhan datang. Ini berarti dalam 3,5 tahun angka2 keda-tangan Tuhan digenapkan (1. Mat 24:13, 2. Rom 11:25, 3. Wah 14:1). Juga jumlah orang sempurna genap yaitu 144.000 dalam sesaat yaitu 3,5 tahun (ini ukuran ideal yang tercepat seperti waktu Putra manusia Yesus di dunia dalam pelayanan 3,5 tahun semua selesai dengan sempurna, sudah genap Yoh 19:30). Allah tidak pernah gagal, semua rencana-Nya akan digenapkan dalam 3,5 tahun ini, lalu Tuhan Yesus datang. Biasanya hal ini (tumbuh sam-pai sempurna) tidak mungkin, bahkan perlu waktu jauh lebih lama, tetapi ini khusus untuk penggenapan kedatang-an Tuhan Yesus II. Kalau kita tidak ber-sedia, kita tidak bisa ikut dalam kege-rakan kilat ini. Sebab itu harus bersedia baik2 seperti ligabis Mat 24:42. Kalau kita sekarang tidak tumbuh dengan cepat dalam kesucian dipimpin Roh limpah dengan 7 KPR, kita tidak bisa ikut kegerakan kilat terakhir ini. Pada saat ini, Gereja sangat tertib dalam kesucian, setiap salah akan dihukum dengan tegas dan keras 2Kor 10:6. Orang yang belum bisa hidup dalam kesucian dipimpin Roh, tidak tekun dalam pertumbuhan yang suci dan cepat, tidak bisa hidup dalam ke-tertiban yang keras ini dan tidak bisa ikut dalam kegerakan kilat ini.

Kegerakan kilat ini untuk generasi Kristus II, tetapi sebelumnya sudah dibutuhkan pertumbuhan ekstra cepat supaya tidak hanyut dalam arus tsuna-mi dosa akhir zaman ini, dan bisa cocok dengan pertumbuhan kilat dalam kesu-cian dan ketertiban yang keras. Sebab itu kita sekarang sudah harus tumbuh ekstra cepat, jangan lambat atau kurang, akan hanyut dalam polarisasi Wah 22:11 (dosa dan kesucian)akhir zaman yang dahsyat ini (ilustrasi: tidak mengerti komputer, tidak bisa ikut pekerjaan di akhir zaman ini).

Dosa2 dalam segala segi meningkat luar biasa, dosa kebencian, penipuan, perzinaan, pembunuhan, occultisme, pernikahan, kenakalan anak2, narkoba dll. Tetapi yang bersedia dan terus tumbuh dalam kesucian, bisa cocok dan ikut bertumbuh ekstra cepat dalam kegerakan kilat ini.

BERSEDIA.

  1. Seperti ligabis Mat 25:(1-)13, yaitu hidup dipimpin Roh dalam kesucian de-ngan minyak yang limpah (punya per-sediaan minyak). Harus bisa hidup suci yang betul, lengkap dan bertumbuh (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dulu, Sekarang dan Yang akan datang). Hidup seperti ini indah dan senang! Ini bukan berarti pekerjaan sekuler se-hari2 diabaikan (sekolah, ru-mah tangga, nafkah dll), itu tetap dikerjakan baik2, Tuhan akan meno-long dalam segala kesukaran asal kita tetap di pihak Tuhan Rom 8:31 dan Mat 6:33 (cari dahulu kerajaan Surga dan hidup benar). Harap pada Tuhan, pakai iman dan terus minta pimpinan Roh Kudus, Tuhan akan membuka jalan bagi segala fasilitas jasmani yang kita bu-tuhkan, asal kita mau berpada (1Kor 7:31, 1Tim 6:8-10), sebab tujuan kita adalah Surga yang kekal. Tetapi segala kebutuhan dunia yang fana juga dicu-kupi Tuhan bahkan dengan berlimpah Yoh 10:10. Ini tidak sulit, Tuhan sang-gup dan pasti menggenapi janjiNya, baik hidup nikah, keluarga, keuangan, kesembuhan, pelayanan dll, jangan ra-gu2, berjalan dengan iman, dari iman kepada iman 2Kor 5:7, Rom 1:17, maka fasilitas yang kita butuhkan, pasti Tu-han berikan. Bagian kita berkenan pada Tuhan (termasuk bekerja dengan rajin, jujur, baik, memelihara kesukaan de-ngan cukup, belajar di sekolah dengan baik, rohani terus dipelihara), maka bagian Tuhan adalah menggenapkan janji-Nya, pasti pertolongan dan berkat Tuhan datang dengan limpah. Percaya-lah, Dia Allah yang Mahakuasa, Maha-tahu, Mahaadil dan cinta, pasti kita tertolong asal tetap berjalan dengan Tuhan senantiasa dan terus limpah dalam pengurapan-Nya. Berjalan dalam pimpinan Roh seperti ligabis, seperti Nuh, Musa, Henokh, Elia, Putra manu-sia Yesus Mat 4:1, Luk 4:1,18, 1Pet 4:17.
  2. Lulus dan lolos dalam masa hukuman rumah Allah. Ujian iman dan hidup se-hari2 akan terus meningkat, sesuai dengan pertumbuhan yang ma-kin meningkat sampai sempurna seper-ti Kristus. Sama seperti ujian SMA pasti lebih sulit dari SD; apalagi secara rohani, kitaditempa, diolah dan diuji untuk jadi seperti Kristus, pasti ujian-nya juga makin berat, tetapi jangan kuatir, tidak lebih dari kekuatan kita 1Kor 10:13. Tetapi dalam masa khusus itu (3,5 tahun sebelum pengangkatan) semua orang di dunia akan mengalami ujian akhir yang berat Wah 3:10. Orang yang tidak tumbuh dan tidakbersedia akan gugur, sebab itu mutlak harus bersedia Mat 24:42; 25:13. Api ujian ini akan menyala di seluruh dunia Luk 12:49, sampai jumlah yang lulus genap, baru Tuhan datang. Ini ujian akhir tingkat Golgota. Hanya ligabis yang bisa lulus, ligabo gagal (sekalipun sekarang ligabo bisa jadi tokoh penting dalam Gereja).

Masa hukuman rumah Allah ini adil, bukan orang benar yang kena hukuman, tetapi orang yang undur, yang jatuh akan makin nyata kena kekerasan Allah dalam hari2 ini Rom 11:22.

Orang yang berkenan pada Tuhan dapat kemurahanNya dan dalam ma-sa2 ini ada fasilitas khusus akhir zaman untuk menyelesaikan, menamatkan rencana Allah. Misalnya pembukaan Firman Tuhan lengkap, Hujan akhir, pelayanan jabatan, pelayanan orang sempurna, kuasa dan mujizat yang limpah, semua penyakit dan cacat di-sembuhkan, penuh dengan pekerjaan 3 Prbadi Allah Wah 12:1. Betul ada se-rangan dahsyat dari naga iblis, tetapi dengan Tuhan kita akan menang, se-perti Kristus menang sampai mati di Golgota Yoh 19:30, tetapi generasi Kristus II tidak mati (1Kor 15:51). Kalau toh kita tidak termasuk generasi Kristus II, mati sebelumnya, kita tidak rugi kalau kita meningkat, sebab itu menen-tukan kemuliaan kita untuk kekal di Surga. Kalau kita termasuk generasi Kristus II, maka mutlak perlu bersedia dan meningkat terus sehingga tidak sampai hanyut dalam polarisasi dosa.

Jangan lalai, sebab ada kemung-kinan besar kita bisa masuk generasi Kristus II, maksimal yang umur 80 (atau sampai 100) pada waktu Minggu ke-70 Daniel mulai, masih bisa ikut dalam generasi Kristus II sebab semua pe-nyakit, kelemahan dan cacat akan le-nyap, sebab kuasa Allah yang limpah, seperti Surga, dalam Gereja akhir za-man Wah 12:1. Sebab itu kita harus mengerti tentang generasi Kristus II baik2, sebab ini kesempatan yang luar biasa; yang lalai, tidak mengerti akan tersesat dan gugur, hanyut dan mati dalam dosa. Tetapi mereka yang ber-sedia dan meningkat dalam rohaninya (berkenan pada Tuhan) kalau toh masih hidup akan sehat, kuat dan ikut dalam generasi Kristus II yang akan menjadi golongan 1551 atau golongan 144.000. Yang mati sebelumnya akan bangkit lebih dahulu untuk ikut pengangkatan 1Tes 4:16-17. Perhatikan hal ini baik2, sebab ada kemungkinan (besar) kita akan mengalaminya; ber-jaga2lah da-lam Ruangan Suci, dipimpin Roh de-ngan penuh gairah melakukan kehen-dak Allah. Kesempatan hidup di akhir zaman ini sangat mulia Ef 1:4, lebih daripada waktu Kristus I Mat 13:16-17, Luk 10:23-24.

Tujuh KPR ekstra. Jangan lupa me-makai 7 KPR dengan limpah, ekstra. Ini kesempatan untukmenjadi sangat in-dah dengan cepat sekali, kalau kita ber-sedia; Tetapi celaka besar kalau tidak bersedia!

KESIMPULAN.

– Hidup di akhir zaman ini untung besar kalau bersedia (sebab bisa masuk generasi Kristus II), tetapi celaka besar kalau main2 tidak bersedia, keras hati dalam dosa, bisa terpotong umurnya karena dosa dan langsung ke Neraka. Jangan main2, bersedialah.

Akhir zaman itu seperti medan per-ang, yang tidak bersedia akan menjadi korban peperangan Gereja akhir zaman dan iblis, tetapi yang bersedia pasti menang dan bisa masuk golongan 1551 atau 144.000. (Yang tertinggal dan ber-tobat akan masuk ladang pembantaian Antikris).

– Jangan masa bodoh, sebab di ha-dapan kita sudah tampak tanda2 akhir zaman yang dahsyat itu. Hiduplah berkenan pada Tuhan seperti Daud Kis 13:22, jangan suam atau sembarangan, akan hanyut dalam polarisasi dosa. Tumbuhlah dengan ekstra cepat. Jangan kuatir akan segala perkara2 du-nia yang fana, percayalah akan Firman Tuhan, tumbuhlah setinggi mungkin bahkan ada yang bisa sampai sem-purna.

Nyanyian:

Maju2 Yesus beserta,

Maju2 ke neg’ri baka,

Maju2 Yesus k’lak datang,

Maju t’rus sampai Tuhan datang.