M4014 – Mazmur 34:12-17, 1Petrus 3:10-12. Hari Baik

Ada perbedaan besar antara definisi dunia dan Alkitab. Dalam dunia hari baik itu hari di mana ada keuntungan atau peristiwa2 yang dianggap baik atau menguntungkan dan orang2 mengharapkan hari baik seperti nasib baik yang biasanya tidak bisa diten-tukan, mudah2an nasibnya baik, ada hari baik.DEFINISI.

Ada juga yang pergi ke dukun (occultisme) untuk mencari hari baik, iblis bisa memberinya Mat 4:9, tetapi tentu dengan mengorbankan jiwanya (wedal, tumbal) sehingga keselamat-annya hilang, kecuali ia percaya Tuhan dan dilepaskan.

Definisi dari Firman Tuhan tentang hari baik (juga dalam 1Pet 3:10) adalah hari baik yang dapat dibuat oleh ma-sing2 kita sendiri menurut cara dan pimpinan Tuhan. (Hari2 itu jadi baik atau celaka, ditentukan oleh Tuhan, ki-ta dan iblis yang selalu mau merusak-kannya. Tetapi kalau kita dan Tuhan ber-sama2, iblis tidak berdaya dan di-kalahkan). Tuhan jelas menghendaki hi-dup kita baik Yer 29:11, Ef 2:10, bahkan selalu dipenuhidengan hari2 baik Yoh 10:10 (karena kasih dan kuasaNya, Dia sanggup memberi banyak hari baik, bahkan hidup yang baik. Sekalipun ada juga hari sial dan celaka, bagi orang yang cinta Tuhan, tetapi itu akan ber-ubah menjadi hari baik kalau orang itu tidak bereaksi dosa, tetapi terus taat dipimpin Roh Rom 8:28 sehingga orang yg mau taat dipimpin Roh bisa mem-punyai hidup yang penuh dengan hari2 baik, sebab hari2nya yang jahat dengan Tuhan akan berubah menjadi hari baik.

HARI BAIK UNTUK GENERASI AKHIR ZAMAN.

Hari baik untuk anak2 Allah, itu untuk segala zaman. Tetapi itu menjadisangat istimewa untuk orang akhir zaman, generasi akhir zaman 1Tim 4:1. Generasi akhir zaman adalah:

  1. Orang2 yang masih hidup pada wak-tu Tuhan Yesus datang, yaitu masuk Minggu ke-70 Daniel.
  2. Orang2 yang ber-jaga2 Mat 24:42 yg masuk golongan orang2 yang diangkat (Tuhan tahu siapa2 orang ini), seka-lipun mereka habis umurnya sebelum pengangkatan, kalau kurang sedikit (beberapa tahun) Tuhan akan menam-bah umurnya sampai bisa ikut peng-angkatan, hari yg indah dan istimewa ini.
  3. Orang2 yang ber-jaga2 dan tumbuh terus dengan baik sehingga bisa masuk dalam golongan orang yang sempurna. Tuhan juga tahu orang2nya dan seka-lipun jatah umurnya kurang sedikit sebelum Minggu ke-70 Daniel, Tuhan akan menambahkannya sehingga bisa ikut dalam golongan 144.000 orang sempurna. Hampir semua akan disem-purnakan dalam proses kedatangan Tuhan yang seperti kilat, dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel Mat 24:27. Sampai sekarang belum nampak orang sempurna (itu sangat jauh dan tinggi), tetapi dalam proses kedatangan Tuhan yang seperti kilat, hampir seluruh jumlah itu terbentuk hanya dalam 3,5 tahun ini, dahsyat dan sangat cepat seperti kilat.
  4. Semuanya ini termasuk golongan kedatangan Tuhan Yesus II. (Golongan kedatangan Tuhan Yesus I Luk 10:23-24, Mat 13:17, ini orang2 yang ber-bahagia, padahal nabi2, orang benar, raja2 yang cinta Tuhan rindu melihat tetapi tidak dapat kesempatan ini). Orang2 ini berbahagia Luk 11:20; 16:16, manusia ditebus, ini perkara yang sangat besar.

Begitu juga orang2 beriman yang bisa ikut dalam hari kedatangan Tuhan Yesus II itu untung besar, sebab ini ke-sempatan yang paling top karena ren-cana Allah akan ditamatkan dan itu adalah penggenapan rencana Allah yg paling besar, paling top sepanjang sejarah manusiadan mempelai Kristus yang terhias seperti Yerusalem Baru akan diselesaikan waktu itu Wah 21:2, suatu masa yang sangat indah. Inilah zaman keemasan Gereja di akhir zaman dimana rencana Allah betul2 digenap-kan, luar biasa. Keadaannya seperti Surga tetapi masih di bumi, sangat mulia dan indah, tetapi ini terjadi di tengah2 dosa dan kejahatan yg me-muncak, Polarisasi Wah 22:11 luar bia-sa. Seperti api dalam es, tidak mungkin dengan pikiran manusiawi, begitu be-sar pertentangan dan perbedaannya, suci seperti Allah dan dosa seperti iblis, Gereja menjadi sempurna seperti Allah padahal sekitarnyabegitu beku dalam dosa yang sangat jahat dan tiga Antikris pendahulu sudah keluar Dan 7.

Ini generasi akhir zaman menurut Alkitab, luar biasa, dan ini berjalan dengan sangat cepat mencapai puncak-nya, dari Gereja akhir zaman menjadi Gereja sempurnadalam 3,5 tahun. Jadi orang2 beriman yang termasuk gene-rasi akhir zaman (mungkin kita juga sudah termasuk?), punya kesempatan yg ajaib dan besar, tetapi seperti ge-nerasi kedatangan Tuhan Yesus I, tidak semuatahu, begitu juga banyak orang2 dalam generasi kedatangan Tuhan Yesus II tidak tahu, dan tidak sadar.

Bagaimanakah kesempatan yang be-sar ini? (bagi orang2 generasi akhir zaman ini?)

  1. Mereka yang tidak ber-jaga2 (Mat 24:42), akan hanyut dalam dosa, lim-pah dengan dosa 1Tim 4:1sehingga ma-ti dalam dosa (dalam Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat itu) atau kalau masih hidup akan tertinggal masuk zaman Antikris yang lebih dahsyat lagi.
  2. Orang2 beriman yg ber-jaga2 akan ikut dalam proses kedatangan Tuhan yg secepat kilat itu, luar biasa, dahsyat, te-tapi indah (di tengah2 dosa dan keja-hatan yg meningkat sampai pun-cak2nya) dan masuk dalam golongan:

2a. Orang2 yang diangkat 1551 (1Kor 15:51-52).

2b. Orang2 yang jadi sempurna 144.000 (Wah 12:5; 14:1).

Ini kesempatan yang luar biasa untuk orang2 generasi akhir zaman, yang belum pernah ada dan tidak pernah ada lagi, penggenapan puncak rencana Allah yang terbesar dari se-gala2nya.

Banyak orang sudah mengira bah-wa mereka sudah masuk dalam go-longan akhir zaman, ternyata belum (dan mereka mati, kembali pada Tu-han). Sesudah masuk Minggu ke-70 Da-niel, baru kita tahu pasti, atau sebentar sebelumnya, seperti Abraham dan Nuh yang dijadikan patokan seperti akhir zaman Luk 17:26-30.

 

III. BAGAIMANA ORANG BERIMAN MEMBUAT HARI BAIK.

Maz 34:13. Membuat hari baik menurut cara dan pimpinan Tuhan.

Tuhan sudah menyediakan yang ter-baik bagi semua anak2Nya Yer 29:11, Ef 2:10. Ia tidak membedakan orang Rom 2:11. Ia ingin semua hidup dengan ba-nyak hari baik, bahkan terus menerus, itu rencana Allah.  Asal kita mengerti kehendak Tuhan dalam segala penco-baan dan kesulitan itu dan taat menu-rut Firman Tuhan dipimpin Roh dalam kesucian, pasti kita bisa lulus dan jadi hari baik. Kita yang membuat hari baik dengan Tuhan! Juga hari jahat, dengan Tuhan bisa dijadikan hari baik. Sebab itu orang yang mengerti bersukacita juga dalam penderitaan hari2 jahat.Kis 5:41, Mat 5:10-12. Selalu ada sejahtera dan sukacita Pil 4:4,7 asal selalu di-pimpin Roh dalam jalan Tuhan!

Maz 34:14. Pelihara lidah bibirku.

Ini kunci yang harus kita mengerti dan pakai. Sebab orang sempurna itu tan-danya pada lidahnya tidak lagi ada dosa Yak 3;2, Wah 14:5. Kalau kita bisa me-nahan lidah (terus menerus ini sulit tetapi dengan Tuhan pasti bisa!) berarti kita juga bisa menahan segenap hidup kita. Ini kunci sederhana tetapi tepat sekali!

Beberapa orang yang tidak me-ngerti, membiarkan lidahnya lepas kendali atau dikendalikan kalau perlu saja, tetapi justruitu menyebabkan ke-gagalannya! Perhatikan baik2, ini cara ilahi, ber-sama2 Kristus untuk hidup benar dan terus bertumbuh seperti Kristus, yaitu memegang lidah baik2, mengendalikannya dengan hikmat dan kuasa Roh Kudus selalu. Orang yang ti-dak mengendalikan lidahnya, ibadah-nya sia2 Yak 1:26.

Rasanya tentang lidah, ini pokok yang kecil dan mudah, tetapi ini betul2 kuncinya untuk tumbuh kepada kesem-purnaan! Berhentilah dari ber-kata2 yang jahat dan dusta, ganti dengan kejujuran dan kasih, tanda khas ilahi, maka hidup ini akan mendapatkan hari2 yg baik dan tumbuh dengan Tuhan.

Maz 34:15. Tinggalkan yang jahat, lakukan yang baik.

Kalau tahu itu jahat, apa saja, langsung buang, jangan tunda Pil 3:16. Kita harus taat dengan tegas dan segera, jangan tunda, itu berarti keras hati Ibr 3:15. Kalau kita tahu itu baik, memperke-nankan Tuhan, lakukanlah menurut pimpinan Roh Kudus, sekalipun itu penuh pengorbanan danpenyangkalan diri. Tidak sulit, terutama kalau kita mau taat dan terus penuh dan dipimpin Roh, maka ini tidak sulit, meskipun banyak resiko. Buang yang jahat, la-kukan yang baik. Bagaimana kita bisa tahu dan kuat melakukannya?Dari Fir-man Tuhan dan dari hidup penuh dan dipimpin Roh; Roh Kudus yang menje-laskan sehingga kita mengerti kebe-naran dari Firman Tuhan yang kita pelajari dan taati Yoh 16:13 dan Roh Kudus memimpin detilnya untuk melaksanakannya dan memberi kita kuasa dan dorongan untuk berani dan taat melakukannya Kis 1:8. Justru orang yang mau salib (menderita karena taat) akan punya kuasa yang limpah 1Kor 1:18 sehingga bisa taat dan berkenan pada Tuhan. Ingatlah selalu hal ini supaya hidup kita berkenan pada Tuhan dan selalu limpah dengan hari2 yang baik dan yang jahat juga jadi baik, sesudah kita lulus pengolahan.

Maz 34:15b. Carilah sejahtera dan kejarlah dia.

Hidup yang betul itu selalu ada sukacita (sebab ada iman yang hidup, sekalipun pahit dan celaka tetap ada saldo suka-cita Yoh 14:16 seperti Petrus, Paulus dalam penjara Kis 5:41; 16:25. Orang yang murung itu hidupnya tidak beres di hadapan Tuhan. Kalau beres, jalan dengan iman, pasti bisa sukacita dan ada sejahtera Pil 4:34, baru ada hari baik!

Kalau tidak ada sejahtera, bereskan sampai sejahtera itu kembali meng-awali hati dan pikiran kita. Kalau belum dapat cari dan kejar, sebab kalau tidak ada sejahtera Allah (apalagi sudah bia-sa jalan dalam sejahtera) itu berarti ada dosa, atau jalannya keliru, berjalan sen-diri dan resikonya besar. Jalanlah terus dalam pimpinan Roh, itu aman dan in-dah, sehingga ada banyak hari2 baik & kita makin bersukacita dengan Tuhan.

Maz 34:16. Hidup benar dan berkenan pada Tuhan.

Kita harus mengerti tentang hidup be-nar sehingga kita dapat hidup benar senantiasa di hadapan Tuhan. Jangan hanya mengerti seperti orang Parisi bahkan bisa mengajar tetapi tidak mau (tidak bisa) melakukannya. Kalau mau pasti bisa, sebab orang percaya sudah ditebus dan orang baru pasti bisa hidup suci dan sejahtera di hadapan Allah. Hidup benar di hadapan Tuhan (MAK DSY) itu syarat minimum, sebab dosa memutuskan hubungan kita dengan Allah Yes 59:2. Orang hidup benar itu indah, sebab mata Tuhan selalu di atas orang benar dan Tuhan tidak pernah libur, istirahat tidur atau lalai.

Sebab itu tidak ada yang kebetulan bagi orang benar, satu rambutpun tidak terlepas tanpa izin Tuhan Mat 10:30-31. Tuhan selalu di pihak kita dan dengan demikian kita akan menang dalam segala perkara, lebih2 di akhir zaman ini harus mahir jalan dengan Tuhan supaya tidak hanyut dalam dosa dan menang dalam segala godaan dan pencobaan. Juga doa orang benar di-dengar Tuhan sehingga ada kuasaNya, sebab Tuhan menjawabnya Yak 5:16, luar biasa. Kalau Tuhan beserta kita itu luar biasa. Ingat penyertaan Tuhan itu bisa seperti di Halaman, Ruangan Suci dan RuanganMaha Suci. Makin dekat dan lekat dengan Tuhan makin kuat kita dan siap juga untuk ujian akhir zaman 1Pet 4:17, Wah 3:10. Bersekutu dalam Roh Kudus itu lekat dengan Tuhan dalam Perjamuan Suci sehingga kita di dalam Dia dan Dia di dalam kita Yoh 6:56; 15:4. Tuhan jadi kekuatan dan motor kita dan kita di dalam Dia, kita taat pada FirmanNya sehingga orang tidak melihat dan menghadapi kita tetapi menghadapi Tuhan yang maha kuasa. Ini perlu sebagai persiap-an generasi akhir zaman supaya bisa masuk rencana Allah yang tertinggi! Harus meningkat lebih tinggi sebab dosa dan kejahatan sangat meningkat! Kita harus ber-jaga2 Mat 24:42 seperti ligabis, dengan 2 gomer manna, perse-kutuan tubuh Kristus yang betul (kare-na Kristus, dalam Roh, penuh dengan hikmat kuasa Allah yang limpah). Ja-ngan hanya ingin hari baik yang biasa, sebab di akhir zaman ini Tuhan me-nyediakan hari baik yang luar biasa, seperti Surga di bumi dan kita bisa ma-suk dalam golongan 1Kor 15:51, bah-kan ada yang masuk golongan 144.000. Ini bukan harapan kosong, bukan hanya iming2, ini janji Tuhan dan janji Tuhan tidak pernah batal, pasti digenapkan. Tuhan sangat senang untuk bisa meng-genapkan dalam hidup kita, Ia mampu, Dia Allah yang maha kuasa dan cinta. Doa2 kita akan dijawab, luar biasa, Tuhan akan bekerja dengan ajaib. Seka-lipun kita belum masuk Minggu ke-70 Daniel, kuasaNya bisa bekerja dengan limpah tergantung dari kita seperti pada Elia dan Musa dan pasti hasilnya akan heran dan mulia!

Maz 34:17. Wajah Tuhan lawan orang jahat.

Belajar menghadapi segala perkara de-ngan kekuatan dari Tuhan, jangan pakai hikmat dan kekuatan manusiawi kita yang sangat terbatas. Kita sudah harus bisa mahir memakai kuasa Allah, bukan dengan kuat dan gagah sendiri Zak 4:6. Kalau bisa pakai kuasa Allah, maka godaan dan musuh yang paling besar-pun bisa dikalahkan,sebab bukan kita yang menghadapinya tetapi Kristus. Firaun dengan tentara dan rata yang hebat itupun dihadapi dengan keme-nangan bahkan tanpa perang Kel 14;14. Kalau bisa menang atas problem, an-caman dan gangguan tingkat sekarang (ini belum maksimal) kita belajar lekat dengan Tuhan Yoh 6:56 sebab dengan cara yang sama kita juga akan bisa menghadapi segala kekuatan musuh dengan kemenangan dari Tuhan.

Orang2 yang melawan Tuhan, apalagi umat Tuhan yang undur dan berbalik akan dikerat dari bumi, terpo-tong oleh dosa2nya dan celaka kekal. Jangan tertipu oleh iblis! Hidup benar itu syarat minimum bukan syarat ter-tinggi! Semua orang beriman harus bisa hidup benar di akhir zaman ini, kalau tidak akan hanyut dalam dosa, jadi suam dan bisa berbalik!

Jangan lupa, ada kemungkinan besar kita termasuk golongan generasi akhir zaman, golongan kedatangan Tuhan Yesus II.

Kita harus bersedia. Kalau toh kita tidak termasuk generasi akhir zaman, kita tetap harus bersedia baik2, kita tetap untung hidup dengan Tuhan dan terus meningkat, bahkan bisa masuk dalam generasi akhir zaman kalau beda hanya beberapa tahun.

Prinsip proses kedatangan Tuhan seperti kilat, itu sangat cepat, betul2 seperti kilat. Kalau sekarang kita tidak bersedia, kita tidak bisa mengikutinya. Bayangkan, 144.000 orang sempurna diselesaikan dalam 3,5 tahun, itu kerja keras atau pengolahan yang luar biasa dahsyat dan cepat! Henokh jadi sem-purna dalam 300 tahun, Musa 40 tahun, Elia lebih kurang juga 40 tahun, tetapi Putra manusia Yesus hanya dalam 3,5 tahun dan juga proses pe-nyempurnaan kilat itu juga dalam 3,5 tahun, itu seperti kilat. Kalau pendi-dikan insinyur dipercepat menjadi 1 tahun, bayangkan mahasiswanya seko-lah dan praktek siang malam tanpa stop. Yang sakit atau tidak lulus, lang-sung drop out. Sebab itu harus berse-dia dan dengan hujan Akhir, persiapan khusus akhir zaman, itu bisa jadi. Ren-cana Allah pasti genap. Betapa senang dan untung kalau kita bersedia seka-rang dan sudah tumbuh se-tinggi2nya! Kalau toh Tuhan belum datang, tetap untung, sebab kita meningkat makin tinggi dalam kemuliaan ilahi untuk kekal. Sebab itu harus bersedia bukan saja untuk hari2 yang baik tetapi juga kedatangan Tuhan, yaitu:

  1. Bisa hidup benar di hadapan Allah, tidak lagi berdosa.
  2. Mulut tidak lagi (mudah) berdosa, terus pikul salib.
  3. Selalu penuh dan dipimpin Roh se-perti ligabis.
  4. Belajar Firman Tuhan 2 gomer.
  5. Bisa bersekutu karena Kristus dgn siapa saja besar kecil di dalam Roh.
  6. Pelayanan dalam Roh dengan karu-nia2 dan jabatan.
  7. Ikut serta dalam kelompok kecil dan besar dalam Gereja, baik dalam peng-injilan, penggembalaan lebih2 dalam pengajaran yg limpah. Maka dgn demi-kian kita dapat banyak hari baik, bah-kan rutin (termasuk hari “celaka” yg indah sebab jadi pengolahan dan ber-ubah menjadi baik Rom 8:28) dan siap sebagai generasi akhir zaman masuk dalam golongan 1551 atau 144.000.

KESIMPULAN.

Hidup dalam dunia ini kesempatan emas bagi umat Tuhan untuk tumbuh dalam rencanaNya yg indah dan sem-purna, dgn banyak hari baik dari Tuhan.

Jangan sia2kan kesempatan ini, buatlah dan dapatkan hari baik yang limpah yang sudah disediakan Tuhan dalam rencanaNya yang indah.

Jangan lupa taat setiap kali, isti-mewa denganlidah, jangan dianggap ringan dan tidak banyak faedahnya, ini kunci yang banyak diremehkan tetapi tepat sekali. Ber-jaga2lah sebagai ge-nerasi akhir zaman, itu sangat indah dan mulia, pasti bisa kalau taat di-pimpin Roh, kita akan mengalami hal2 yang indah. Memang yang sempurna hanya 144.000 diantara lebih kurang 3 milyard, tetapi masih ada golongan indah lainnya, yaitu tanpa kematian sama sekali masuk dalam kemuliaan Allah yang amat besar.

Nyanyian:

Hidup ini adalah kesempatan.