M3975 – 1Tesalonika 5:17. Doa Senantiasa (Rumah Doa)

PERLUNYA BERDOA.

Kita harus berdoa senantiasa di dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24, non stop, itu seperti bernafas, harus lancar, jangan berhenti sekalipun waktu tidur, apalagi waktu bekerja, berjalan dll. Ka-lau waktu olahraga nafasnya terganggu (belum berhenti) sudah pasti kalah. Sebab itu harus selalu bernafas seka-lipun kita lupa, tetap bernafas sebab ini merupakan kebutuhan pokok.

Begitu juga dengan doa, harus se-lalu ada, terus menerus, sebab diperlu-kan dalam segala sikon, sekalipun se-mua baik, nafas harus tetap berjalan lancar seperti tidur, tetap perlu. Untuk melatih semua pelayan Tuhan dan anggota, hendaklah ikut regu doa.

Kalau doa terganggu (belum putus hubungan), semua segi hidup akan terganggu. Tandanya? Hidup seperti orang dunia, tidak merasa bedanya mempunyai Tuhan; seharusnya hidup dengan Tuhan nyata benar bedanya.  Doa ini merupakah salah satu tanda dari hubungan yang baik dengan Tu-han, jangan ada dosa, itu memutuskan hubungan dengan Allah Yes 59:2 dan doa akan terganggu sampai berhenti!

RUMAH DOA. Mat 21:13-14.

Sebab itu tidaklah heran kalau hidup kita ini disebut rumah doa, terus ber-doa, dipelihara, ini tanda khas orang beriman dalam segala keadaan, non stop berdoa, dalam Roh dan kebe-naran Yoh 4:24. Ini doa zaman seka-rang, harus bisa doa seperti ini, yaitu berdoa dalam Roh (dengan bahasa lidah 1Kor 14:14) dan kebenaran (hi-dup harus benar di hadapan Tuhan). Jangan sampai hidup ini menjadi gua penyamun atau rumah tempat ber-jualan Yoh 2:12-17.

Orang yang kena tipu daya iblis dan dunia ini, akan meremehkan, menge-cilkan atau mengurangi doanya sampai habis dan menggantinya menjadi gua penyamun atau tempat jual beli. Pa-dahal hidup orang yang sudah ditebus Allah itu menjadi rumah Allah 1Kor 3:16, tempat berdoa, bersekutu de-ngan Tuhan sehingga Tuhan tetap hadir dalam rumahNya. Kalau dijadikan gua penyamun atau tempat jual beli, maka Tuhan akan membuat cemeti Yoh 2:15 dan itu mulai bekerja dalam rumah Allah atau hidup orang ini.

Kalau hidup tidak sejahtera, tidak sukacita dalam hadirat Allah sebab ke-na cemeti (banyak problem) mulai ber-laku, kita harus lekas memeriksa diri, supaya jangan kita salah di hadapan Tuhan, supaya cemeti itu boleh segera berhenti dan hadirat Tuhan kembali dalam hidup kita. Kalau Tuhan beri cemeti, Tuhan tidak pernah salah dan tidak ada yang kebetulan, sebab rumah Allah dalam hidup (keluarga, Gereja) kita, bukan lagi rumah doa! Se-bisa2nya jangan sampai datang cemeti, tetapi kalau ujian, welcome Yak 1:2, sebab dengan Tuhan pasti lulus dan kita naik lagi satu tingkat, itu indah! Tetaplah berdoa senantiasa, supaya hidup kita jadi rumah doa, terus berdoa dalam setiap kesempatan, menjadi Mezbah Dupa. Ini hidup yang normal di hadapan Tuhan sekalipun kadang2 orang yang tidak mengerti mengatakan ekstrem, tetapi ini Firman Tuhan. Kita ini milik Allah 1Kor 6:19, harus taat kepada Allah, yaitu menjadi rumah doa, bahkan rumah doa segala bangsa Mrk 11:17,bukan gua penyamun (Yer 7:10-11). Ini rencana Allah yaitu supaya dengan doa, kita dapat hikmat dan kuasa untuk menginjil sampai seluruh dunia dan jiwa2 diselamatkan Mat 24:14. Ini sudah dinubuatkan dalam Wasiat Lama Yes 56:7, ini drastis sekali sebab dalam Wasiat Lama umat Tuhan hanya satu bangsa, yaitu Israel. Berdoa istimewa untuk penginjilan supaya jiwa2 baru diselamatkan!

  1. Jangan menjadi gua penyamun, tempat segala macam kejahatan, itu jahat dan Tuhan marah sehingga menu-runkan hukumannya dengan dahsyat pada Israel Yer 7:4; 2-16 dst dan pada umatNya sekarang yang menjadi gua penyamun, bukan rumah doa! Jangan hidup kita, keluarga dan Gereja kita jadi gua penyamun. Jangan ada dosa, sebab itu adalah rumah Tuhan. Semua pela-yan Tuhan dalam pelayanan harus hidup benar (membuat laporan tugas) supaya jangan dipakai setan karena ada dosa dan setan ada di dalamnya (kalau hidup dalam dosa, setan punya pintu masuk Ef 4:27 dan pasti kesempatan itu dipakai dengan efisien oleh iblis), tetapi dipakai Tuhan, dipimpin Roh dalam kesucian. Jangan dipimpin setan atau daging. Betapa sedih hati Tuhan kalau dalam rumahNya (hidup pribadi, keluarga dan Gereja), ada perkara2 dosa apalagi dengan sengaja dan limpah.

Berdoa dalam Roh dan hidup benar, bukan dengan dosa; Banyak orang mengakui rumah Allah dengan yakin, tetapi tetap hidup dalam dosa, Allah tidak berkenan, akan datang cemeti! Yer 7:4.

  1. Bukan tempat berjual beli. Mengapa Tuhan melarang? Apa tidak boleh jual beli, bekerja dan cari uang? Tentu boleh bahkan harus 2Tes 3:10. Tetapi jangan jual beli dalam rumah Tuhan, artinya rumah Tuhan itu rumah doa, jangan dibuat rumah jual beli. Yang utama hidup kita harus jadi rumah Allah tempat doa. Cari kerajaan Allah dan kebenaranNya lebih dahulu, maka yang lain akan ditambahkan Mat 6:33. Ini bukan berarti tidak boleh bekerja atau jual beli. Dapat berkat nafkah tentu juga harus bekerja, tetapi rumah Allah itu tempat berdoa, bukan gua penyamun atau tempat jual beli. Sekolah, nafkah, usaha dll itu hanya fasilitas untuk hidup, bukan tujuan, tetapi wajib untuk hidup, bahkan kita juga berdoa minta Tuhan menambah-kan berkat2 jasmani, tetapi jangan jadi berhala atau tujuan atau jangan sam-pai berdosa karena bekerja (bekerja dengan jujur dan senyap 1Tes 4:11).

Kalau jual beli nomer 1, itu akan men-jadi dosa akhir zaman Luk 17:26-28, Kej 6:3,5. Ini tidak berkenan kepada Tuhan. Kalau rumah doa nomer 1 tetap boleh jual beli dan usaha2 lain, tetapi bukan dalam rumah Tuhan; Dan kalau ada jual beli atau perbuatan2 lain yang tidak cocok dengan hidup kita sebagai rumah doa (tempat Allah bertahta), itu harus dihentikan sebab nomer 1 adalah ru-mah doa. Sebab itu Tuhan tidak meng-izinkan rumah doa yaitu hidup kita menjadi gua penyamun atau tempat berjual beli! Peliharalah hidup kita jadi rumah doa sehingga asap dupanya naik terus ke atas se-lama2nya.

III. FAEDAH RUMAH DOA.

Sama seperti bernafas itu berguna un-tuk segala segi kehidupan kita, juga doa senantiasa dalam Roh dan kebenaran, ini berguna dalam segala segi hidup kita. Mengapa? Sebab doa ini adalah tanda hubungan baik dengan Tuhan (kecuali ada dosa Yes 59:2). Kalau ada hubungan dengan Tuhan Allah yang maha kuasa dan kita sendiri mau terus taat dipimpin Roh, maka Allah akan memberi pertolonganNya bagi kita (termasuk segala kebutuhan kita) kita akan menang dalam segala pencobaan dan ber-sama2 Allahakan mengerjakan banyak perkara2 besar dalam hidup kita Maz 60:14, yaitu:

  1. Kegerakan Roh Kudus. Lebih2 dalam ada 2 atau 3 orang atau lebih mau te-rus bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, akan terjadi perkara2 besar sebab Roh Kudus bekerja, terjadi kegerakan Roh yang heran, misalnya:
  2. Kis 1:14; 2:1-4 dst. Memang Tuhan menyuruh bertekun berdoa sampai kuasa dari Atas turun ke atasnya Luk 24:49. Hasilnya luar biasa, hati orang banyak yang melawan Kristus, yang menyalibkan Kristus, berubah menjadi ke-heran2an (Kis 2:12-13) mereka jadi takut dan bertobat, berubah, sampai dibaptis, penuh Roh Kudus menjadi orang yang baru dalam Kristus dan penuh gairah untuk bersekutu dan ber-ibadah di bait Allah Kis 2:37-47, bahkan dilanjutkan dalam rumahnya masing2. Mula2 ada 3000 orang dibaptis dan kemudian terus ber-tambah2. Terjadi macam2 tanda dan mujizat, perto-batan, kegerakan Roh Kudus di mana2, sampai orang Samaria bertobat, sida2 Habsyi bertobat dan dibaptiskan, bah-kan imam2 juga bertobat dan dibap-tiskan Kis 6:7. Inilah kegerakan yang terjadi dalam zaman rasul2 dan terus terjadi lagi ber-ulang2. Kalau beberapa orang beriman mau berdoa terus dalam Roh dan kebenaran, akan terjadi kegerakan Roh lokal dan terus meluas, apalagi di akhir zaman ini, memang Allah merindukan kegerakan rohani besar2an, global. Ia sedang mencari orang2 yang mau dipakai untuk terus berdoa dalam Roh dan kebenaran untuk menyalakan api kegerakan Roh itu.
  3. Kis 12:5. Yohanes, Yakobus sudah mati karena Kristus dan sekarang Pe-trus sudah dipenjara dan dijadwalkan esoknya, 16 prajurit disuruh menjaga-nya siang malam. Tetapi sidang Tuhan mendoakannya non stop, maka mujizat terjadi. Ini mujizat yang luar biasa. Herodes yang sangat berkuasa kecewa.

Orang biasa menjadi luar biasa kalau mau berdoa, apalagi bersama, dalam Roh dan kebenaran terus menerus. Akan terjadi hal2 yang luar biasa dalam hujan Akhir, kegerakan Roh dalam Kisah Rasul akan menjadi dobel bahkan di seluruh dunia. Dengan doa bersama, Petrus dilepaskan dengan ajaib, dengan mujizat, luar biasa.

Begitu kita pribadi dan bersama akan mengalami kuasa mujizatNya yang ajaib kalau mau terus berdoa dalam Roh dan kebenaran.

Mengapa tidak mau bertekun ber-doa kalau hasilnya begitu indah dan luar biasa! Bertekunlah meskipun ha-nya 2 atau 3 orang, apalagi kalau regu doa terus menerus berdoa dalam Roh dan kebenaran, Roh Kudus akan be-kerja dengan heran sehingga orang2 yang keras hati bertobat, yang bantut akan bergairah dan tumbuh, yang ke-duniawian bertobat, ligabo jadi ligabis, “Marta” menjadi “Maria” Firman Tuhan akan jadi kesukaan dan terbuka dengan limpah, tanda2 dan mujizat akan nyata dengan limpah dan banyak jiwa2 dise-lamatkan. Kita merindukan hal ini, lebih2 Tuhan sangat merindukannya, supaya Ia bisa lekas datang.

  1. Kel 17:11-13. Disini Musa berdoa dengan Harun (Imam besar ~ Roh) dan Hur (Hakim ~ kebenaran). Ini sama de-ngan Yak 4:23-24 yaitu berdoa dalam Roh dan kebenaran. Hasilnya luar bia-sa, Yusak dan orang2 Israel yang tidak berpengalaman dan tidak punya sen-jata yang patut, tetapi sebab disertai Tuhan mereka menang luar biasa, bah-kan menang mutlak. Orang yang per-caya dan mengerti faedah doa dalam Roh dan kebenaran akan penuh sukaci-ta sebab dengan doa seperti ini, tidak ada perang atau problem yang tidak bisa dikalahkan, bahkan tanda2 heran dan mujizat akan terjadi. Mengerti dan berdoalah terus menerus dalam Roh dan kebenaran 1Tim 2:8 berdoalah jdengan kesucian, tanpa marah dan perbantahan.Yusak juga berdoa seperti ini dan menang besar Yus 8:26

FAEDAH BAGI ORANG2 YANG BERDOA ITU SENDIRI.

Kalau bagi orang lain Roh Kudus beker-ja luar biasa, sampai jiwa2 dimenang-kan, menjadi buah2 kita, apalagi bagi diri kita sendiri, yang menjadi segar, tumbuh dan ber-buah2.

  1. Segar. Hidup orang yang suka berdoa dalam Roh dan kebenaran akan tetap terpelihara dalam kesucian, sehingga sungai air hidup terus mengalir dalam hidupnya Yoh 7:38; 4:14 begitu menye-garkan, penuh sejahtera dan sukacita Rom 14:17. Ini dasar untuk hidup yang puas, penuh sukacita sehingga bisa tumbuh dengan cepat dan ber-buah2. Salib tidak lagi menjadi berat tetapi penuh sukacita dan kemuliaan seperti yang dialami semua orang2 suci Mat 5:10-12 dan ini terus menambah per-tumbuhan dan buah2 dalam hidupnya sesuai dengan rencana Allah kelas 1, sehingga bisa tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan.
  2. Tumbuh makin seperti Kristus, isti-mewa dalam tabiat baru 2Kor 5:17. Orang dosa sulit lepas dari tabiat lama dalam dosa, tetapi kalau kita selalu penuh dan dipimpin Roh, kita akan mati lepas dari tabiat lama dan tumbuh dalam tabiat baru seperti Kristus. Mata rohani akan terbuka, pikiran kita jadi pikiran Kristus, yaitu cocok dengan Firman Tuhan 1Kor 2:16 sehingga jalan hidup kita selalu di jalan sempit, jalan salib dan bisatumbuh dalam tabiat baru dengan pertolongan Roh Kudus. Tabiat baru ini penuh penyangkalan diri, terus mematikan daging, tetapi justru ini jadi indah dan mudah. Fal-safah hidup dalam hal uang berubah sama sekali seperti Zakheus dan Ma-tius, juga pengertian yang bantut dari Saul, bisa berubah menjadi begitu in-dah waktu ia menjadi baru dan penuh Roh Kudus, bahkan begitu banyak pe-ngertian Firman Tuhan yang baru me-nyucikan dan mengubah cara hidupnya dengan pikiran Kristus 2Kor 12:2 dan ini menjadi berkat besar dalam 14 surat2 rasul Paulus. Jalan pikiran (falsafah hidup) berubah oleh pengertian Firman Tuhan yang betul menjadi pikiran Kristus sesuai dengan Firman Tuhan.

Seringkali orang2 tidak bisa ber-ubah jalan pikirannya dan terikat de-ngan pikiran daging dan duniawi, sulit dilepas, tetapi dengan berdoa dalam Roh dan kebenaran, pikiran inicepat berubah jadi pikiran Kristus, sehingga mudah dan senang hidup seperti Kristus dalam tabiat baru sehingga bisa tumbuh dengan cepat seperti Kristus. Bukan saja kebiasaannya berubah se-perti Kristus, tetapi menetap menjadi tabiat baru yang terus bertumbuh Kol 3:9-10. Juga di dalam pencobaan, sengsara, kesulitan, tabiat baru itu tetap muncul dan menjadi matang, se-hingga terus menang dan terus meningkat seperti Kristus.

  1. Ber-buah2, yaitu jiwa2. (Ini target utama Allah supaya sebanyak mungkin orang selamat Yoh 3:16, 2Pet 3:9. Patokan Tuhan adalah sampai segala bangsa bertobat dan menjadi murid Tuhan Mat 28:19. Ini patokanNya, sebab Dia adalah juru selamat dunia Yak 4:42; 6:33 terang dunia, juga kita Yoh 8:12. Bahkan kita ini jadi rumah doa untuk segala bangsa Mrk 11:17, Yes 56:7. Orang yang tidak memenang-kan jiwa (bersaksi, menginjil) itu tidak memperkenankan Tuhan dan akan dipotong Mat 5:10, Yoh 15:2, Luk 13:6-9 dan kerajaan Surga diambil dari-padanya Mat 21:43. Tetapi orang yang suka berdoa dalam Roh dan kebenaran akan penuh gairah, berani dan penuh dengan hikmat dan kuasa Allah se-hingga benih2 Firman yang ditabur, tumbuh dengan cepat oleh pekerjaan Roh Kudus 1Kor 3:6. Buah2 ini jadi mahkota kita 1Tes 2:19. Mereka bisa lebih mudah bertobat sebab matanya yang buta dicelikkan seperti Kej 49:14 sehingga langsung bangkit berdiri me-nerima keselamatan kekal dari Tuhan.
  2. Hidup berkemenangan dalam segala pencobaan seperti Kel 17:11, sehingga lulus, naik lagi setingkat, tumbuh makin cepat. Firman Tuhan makin terbuka Yoh 16:13 dan jawaban2 doa segera datang.

Orang2 yang tumbuh ini sebagian bisa meningkat sampai puncak (jadi sempurna, sebab ini patokan pertum-buhan kita supaya tidak salah arah Ef 4:13, Mat 5:48), apalagi kalau masuk Minggu ke-70 Daniel, tumbuhnya sa-ngat cepat dalam 3,5 tahun, ikut peng-angkatan hidup2 atau ada kemung-kinan menjadi sempurna.

KESIMPULAN.

Jangan berhenti berdoa dalam Roh dan kebenaran, pakai setiap kesempatan yang ada, itu sangat indah untuk pri-badi kita masing2 dan seluruh tubuh Kristus. Termasuk dalam doa ini adalah nyanyian dalam Roh yaitu menyanyi memuji Tuhan dengan mulut, tetapi roh kita ikut menyanyi dan seringkali ini menjadi nyanyian dalam Roh. Nya-nyilah juga terus dalam Roh. Roh Kudus akan mengingatkan nyanyian yang tepat sesuai dengan Firman Tuhan Yoh 14:26. Memang kita perlu mengum-pulkan nyanyian sebanyak mungkin (jangan yang tidak Alkitabiah) hasil karangan dankesaksian banyak orang yang sesuai Firman Tuhan. Nyanyian itu bisa 1-80% sama seperti doa, apalagi kalau diteruskan dalam Roh, itu men-jadi menyanyi dalam Roh,seperti doa penyembahan kepada Tuhan. Sebab itu Song leader harus mencari nyanyian sesuai dengan pimpinan Roh Kudus, sehingga waktu menyanyi bisa seperti doa; tetapi dalam doa, worship leader harus lebih banyak berdoa dalam Roh (dan kebenaran) sebab itu yang terbaik.

Berdoalah terus dalam Roh, jangan berhenti, sebab itu sangat indah bagi diri kita sendiri, bagi Tubuh Kristus dan dunia. Biarlah kita berdoa terus me-nerus dalam Roh dan kebenaran de-ngan betul danlancar seperti kita ber-nafas, sebab itu adalah dasar dari hi-dup yang indah dan berkemenangan dalam segala segi, dan ini seperti ligabis siap menunggu kedatangan Tu-han, apalagi di akhir zaman ini, kita bisa tergolong orang yang terangkat dan tidak mati sampai hari pengangkatan atau mungkin masuk dalam golongan orang yang disempurnakan.

Nyanyian:

  1. Berdoa selalu dalam Roh kebenaran.

Tiap hari hiduplah sebagai rumah doa.

Hasilnya indahlah jalan dengan Allah,

manis mulia kekal slamanya.

Koor:

Berdoa s’nantiasa, berdoa tak henti.

Indah bercakap dengan Tuhan.

Urapan bertambah,

kuasaNya melimpah

Berdoa2 s’nantiasa.

 

  1. Berdoa selalu dalam Roh kebenaran,

Jangan b’renti doa jadi gua penyamun.

Hasilnya pahitlah pekerjaan setan,

Jangan b’renti doa s’lamanya.