M3941 – Kisah Para Rasul 16:6-10. Pengaturan Ilahi.

GEREJA MULA2.

Siapa yang mengatur pekerjaan Tuhan waktu ini? Siapa pemiliknya? Tentu Tuhan. Apakah Tuhan yang mengatur? Pasti! Tidak mungkin manusia bisa mengaturnya, sebab sulit, ruwet, penuh bahaya dan musuh mereka adalah iblis Ef 6:12. Petrus dan rasul2 ada di Yerusalem dan Roh Kudus melalui mereka yang mengutus Paulus dan Barnabas pergi Kis 13:3. Apakah mereka diberi rencana perjalanan dan tugas? Tidak!

Dengan 12 rasul sederhana, tidak mungkin membangun suatu badan baru yaitu Gereja yang diperintahkan Tuhan sampai di seluruh dunia Kis 1:8. Dalam satu negara-pun sudah sulit, apalagisampai ke seluruh dunia. Roh Kudus yang memimpin dan mengatur seluruh pekerjaan ini dan semua yang mengerjakannya hanyalah hamba2Nya. Tidak ada organisasi sinode atau yang lain yang canggih yang bisa mengatur semua ini, apalagi dalam aniaya dan ancaman kematian. Semua dikerjakanhanya oleh suatu persekutuan dalam Roh Kudus di Yerusalem yang dipimpin oleh Petrus, Yohanes, Yakobus Gal 2:9 dengan cara2 management yang sangat sederhana (mereka bukan orang yang berpendidikan seperti “musuh”nya Kis 4:13), tidak mungkin bisa berhasil, tetapi Roh Kuduslah yang membuat mereka berhasil dengan penuh sesuai dengan rencana Allah. Sebab memang Roh Kudus itu maha kuasa dan maha tahu, tidak ada yang mustahil bagiNya. Hasilnya luar biasa dan tetap ada sampai hari ini, bahkan Roh Kudus dalam hujan Akhir akan sanggup menyempurnakannya pada hari kedatanganNya.

PENGATURAN ILAHI.

Sesudah Tuhan Yesus kembali ke Surga, Roh Kudus dikirimkan untuk menolong memulai rencana Allah dengan mendirikan Gereja, sesuatu yang sangat aneh dan baru waktu itu Yoh 14:16,24. Roh Kudus itu Allah yang maha kuasa (ber-sama2 Bapa dan Putra), Dia sanggup memulai dan menyelesaikan rencana Allah yaitu Gereja. Tanpa Roh Kudus rasul2 dan siapapun tidak akan sanggup menanam Gereja yang suci dan menyempurnakannya di dunia, menyelesaikan rencana Allah.

Bagaimana caranya? Roh Kudus tidak bekerja sendiri, tetapi ber-sama2 dengan anak2 Allah (yaitu orang2 yang percaya Yoh 1:12). Roh Kudus tinggal di dalam kita, menyertai, juga ada pekerjaan istimewayaitu dengan hujan Awal, hujan Akhir.

Bekerjasama dengan Roh Kudus berarti:

  1. Lahir baru dan penuh Roh Kudus.
  2. Berjalan dalam Roh yaitu dengan terus menerus berdoa dalam Roh dan kebenaran (harus terus hidup dalam kebenaran). Berdoa dalam Roh itu berarti dengan bahasa lidah 1Kor 14:14. Kalau kita berdoa dengan bahasa lidah, itu berarti lidah ini dikuasai dan dikendalikan oleh Roh Kudus Kis 2:4 sehingga keluar bahasa yang tidak kita mengerti 1Kor 14:2, tetapi itu suatu doa oleh Roh Kudus kepada Bapa untuk kepentingan kita Rom 8:26-27. Lidah itu kemudi hidup Yak 3:2. Selama kita berdoa dengan bahasa lidah, kita terus dikuasai Roh Kudus, maka hidup ini juga dikendalikan oleh Roh Kudus.

Hidup seperti ini luar biasa, pasti berhasil, tergantung dari masing2 kita, yaitu:

  1. Apa mau terus dipimpin Roh, jangan dipimpin daging, akan melahirkan dosa dan Roh Kudus meninggalkannya.
  2. Kalau bisa mendengar suara Roh dengan betul, lengkap dan taat sepenuhnya dipimpin Roh, pasti berhasil penuh, tergantung dari kita masing2. Dengan demikian kita bekerjasama dengan Roh Kudus, baik untuk melakukan kehendakNya dalam hal2 rohani juga dalam hal2 jasmani. Jadi juga dalam hal2 jasmani se-hari2, Roh Kudus tetap memimpin kita sebab kita harus terus dipimpin Roh sesuai dengan Firman Tuhan sekalipun dalam pekerjaan (misalnya Kol 3:22-23) dan kita tetap harus hidup dalam kesucian Tuhan sekalipun dalam hal2 jasmani. Kita di dalam Dia (terus mencari dan melakukan kehendakNya) dan Dia di dalam kita untuk memimpin dan mengendalikan kita, jadi penguasa hidup kita dan kita terus taat dipimpin olehNya Yoh 6:56.

Bagaimana Roh Kudus bisa memimpin Gereja Tuhan?

  1. Roh Kudus memimpin masing2 kita dan
  2. Kita bersekutu di dalam Roh Ef 4:3, Pil 2:1, 2Kor 13:13. Bersekutu dalam Roh berarti Roh Kudus yang memimpin persekutuan dan kerjasama kita.

Masing2 kita dan ber-sama2 harus taat dipimpin Roh. Tekun berdoa dalam Roh terus menerus, maka kita melakukan perkara2 yang besar dari Tuhan Maz 60:14, istimewa hidup dalam kesucian dan taat melakukan kehendakNya, maka seluruh hidup kita akan diberkati Tuhan dan tumbuh.

III. CARA TUHAN MENGATUR.

Prinsip kerja Roh Kudus itu dalam kesucian dan sesuai dengan Firman Tuhan, sebab ini kehendak Allah. Roh Kudus tidak akan berbuat yang bertentangan dengan Firman Tuhan, tidak pernah kusut atau kacau, selalu cocok 1Kor 14:33. Semua pekerjaanNya selalu suci dan benar.

Tuhan mengatur langsung atau lewat:

  1. Sikon (baik alam, binatang, tumbuh2an dll).
  2. Melalui orang baik atau jahat, semua bisa dipakai atau diperalat Tuhan dengan adil seperti Firaun, Yudas, Herodes dll.
  3. Melalui kita yang dipimpin Roh, yaitu dengan terus berdoa dalam Roh dan kebenaran. Jangan sampai dipimpin daging.Paulus terus berdoa dengan bahasa lidah dan taat dipimpin Roh dalam kesucian 1Kor 14:18. Kalau mau pasti bisa, sebab kalau ada kemungkinan ditipu iblis atau kehendak kita sendiri, Roh Kudus akan mengingatkan kita supaya kita terus menyangkal diri dan tetap taat hidup dalam kesucian dipimpin Roh.

DIATUR OLEH ROH KUDUS.

Management dalam dunia oleh pikiran manusiawi, juga computerized itu biasa. Sebagian dari orang2 berdosa menyerahkan hidupnya kepada iblis (occultisme) sebab dengan cara ini mereka mengharapkan hasilnya bisa sampai 100 kali lebih (dengan kuasa gelap, kuasa setan2). Baik dalam pekerjaan, uang, perjodohan, perkelahian, malapetaka, perebutan kekuasaan, politik dll bahkan dalam seluruh segi hidup setan2 menawarkan bantuannya. Sebagian bisa berhasil, kalau tidak bertentangan dengan rencanaAllah, sebab dosa dan kejahatan masih dibiarkan bahkan meningkat.

Tetapi orang berimandengan iman dan kuasa Allah bisa mengerjakan lebih hebat dan lebih besar dari pekerjaan setan, dan tidak kalah melawan setan dan iblis Rom 8:31, 1Yoh 4:4 asal semua dalam kesucian, kasih dan sesuai kehendak Allah, kita bisa mengerjakannya dengan kuasa Allah yang tidak terbatas. Tujuannya harus sesuai dengan rencana Allah untuk pribadi, Gereja dan dunia.

Bahkan seharusnya seluruh segi hidup kita ditangani dengan cara ini yaitu dengan berdoa dalam Roh dan kebenaran, dan taat dipimpin Roh. Kalau sesuai dengan kehendak Allah, dan dengan iman, pasti jadi, misalnya menghadapi problem, kesukaran, orang2 yang jahat, peristiwa2 kecil dan besar dan apa saja kita hadapi dengan Tuhan, dipimpin Roh maka kita akan berhasil dan menang. Tetapi bukan menurut kehendak sendiri, sekalipun tampak netral, kalau itu tidak sesuai dengan kehendak dan rencana Allah, Tuhan tidak memberinya, sebab Tuhan ingin memberi yang lebih baik.Misalnya Yusuf. Kalau menurut kehendaknya sendiri, pasti ia ingin cepat lepas dari perbudakan dan pulang ke rumah orangtuanya, tetapi tidak berhasil sebab Tuhan mempunyai rencana yang lebih indah.

Paulus ingin ke Galatia, Pirgia, tetapi Roh tidak mengizinkan dan Paulus taat, sehingga akhirnya “terjerumus” dalam penjara, tetapi ini kehendak Tuhan supaya Tuhan dapat mengerjakan rencanaNya yang indah dalam Paulus Kis 16:4-5,25. Sebab itu sesudah sampai waktunya, Roh Kudus melepaskannya dengan kuasaNya. Bertekunlah berdoa dan belajar Firman Tuhan sehingga kehendak kita adalah kehendak Roh dalam kesucian Pil 2:13. Sebab itu orang yang mahir dipimpin Roh tidak menuruti kehendaknya sendiri, sekalipun itu bukan dosa, seperti contoh Yusuf dan Paulus di atas. Teruslah berdoa tanpa stop 1Tes 5:17 di dalam Roh, Jd 20, Ef 6:17, maka hasilnya luar biasa.

Sebaliknya jangan menuruti daging seperti Yohanes, Yakobus Luk 9:54-55. Roh Kudus sama sekali tidak mau mengerjakan hal2 dosa dan kehendak orang itu sendiri apalagi yang bertentangan dengan kehendak Roh.

Banyak orang minta menurut kehendak atau rencana sendiri (ingin kaya, ingi populer, ingin membalas, ingin menuruti hawa nafsunya dll), sebab segala perkara yang fana itu hanya fasilitas, tetapi tujuan kita adalah yang kekal di Surga Mat 16:26. Tentu kehendak yang salah, ditolak Tuhan, Roh Kudus tidak akan menolongnya, tetapi iblis mau menolongnya.

DIPIMPIN ROH (“ON LINE”).

Dalam dunia sekarang hampir semua bisa beralih kepada on line, mulai dari surat, pesan, jual beli, laporan, briefing, menipu, bersekongkol, berzina, pameran, propaganda, merekrut orang, kerjasama dll. Makin lama makin banyak yang beralih kepada dunia on line dan efek atau faedahnya dahsyat. On line bisa netral, bisa jahat. Ini supaya kita mengerti bahwa hidup dan pelayanan “dalam Roh” itu jauh lebih hebat dari on line.

On line alat dan programnya mati tetapi orangnya yang menggerakkannya itu yang hidupdan menjadi otaknya. Tetapi “di dalam Roh” yang menggerakkan, otaknya adalah Roh Allah yang maha besar, maha kuasa, maha tahu dan kita hanya menjadi hamba-Nya, mau taat dipimpin oleh-Nya. Roh Kudus bisa sekaligus menangani seluruh manusia (7 milyard) dan semua dilakukan dengan teliti, sampai rambut masing2 kita dihitung olehNya Mat 10:30. Begitu teliti, tepat dan penuh kuasa Ia menjaga kita asal kita mau taat penuh kepadaNya. Misalnya Kornelius di Kaisaria langsung diperintahkan oleh Roh mengirim orang keYoppe dan Roh Kudus mempersiapkan Petrus dengan pengertian dan pengurapan sehingga peristiwa besar, yaitu membuka pintu gerbang penginjilan pertama kali, bisa dilakukan tanpa planning atau pikiran manusiawi, se-olah2 hanya kebetulan, atau terjadi begitu saja, tetapi semua bisa berjalan dengan sempurna. Juga dalam pertobatan Paulus,  Ananias dikirim sehingga terjadi pertobatan yang indah dan semua berjalan dalam pimpinan Roh Kudus, tidak ada di agenda atau planning siapapun. Begitu pula dalam Minggu ke-70 Daniel, tubuh Kristus global berjalan dengan heran, tepat menurut rencana Allah, sebab diatur sepenuhnya oleh Roh Kudus. Dalam pekerjaan global,  setiap orang beriman disiapkan dan dipimpin untuk ikut pengangkatan, mungkin sekitar 0,5 – 1 milyard orang.

MENGHADAPI SEGALA PERKARA DENGAN ROH KUDUS.

Berdoalah terus dalam Roh dan kebenaran, pakai bahasa lidah, maka Roh Kudus sendiri akan meramu doa dan keperluan kita kepada Bapa dengan sempurna sehingga berhasil Rom 8:26-27. Ingat harus dengan jujur, benar, suci, sesuai kehendak dan rencana Allah.

Kalau kita minta sesuai dengan kehendak Tuhan 1Yoh 5:13 lalu terus berdoa dalam Roh dan kebenaran itu akan jadi. Sebab itu orang2 yang bisa dan suka berdoa dalam Roh dan kebenaran akan berhasil, bahkan bisa mencapai tingkatan yang tinggi dalam rencana Allah.

Hadapi semua perkara dengan doa, baik dalam menghadapi orang jahat, juga orang yang baik; baik problem sulit atau jahat, tetapi dengan jujur dan sesuai Firman Tuhan, misalnya menghadapi kesukaran keuangan (dengan jujur tidak ada dusta dan maksud salah); orang2 yang tidak bertobat atau undur, lemah, kita doakan terus dalam Roh dan kebenaran (tulus). Banyak kali kita tidak tahu, kita harus berdoa bagaimana untuk orang2 itu, apalagi yang jahat. Tentu jangan berdoa yang jahat, itu jadi dosa dan semua akan bubar dan rusak. Ampuni dan berkati musuhmu dan minta pimpinan Roh Kudus untuk menghadapinya, bukan dengan reaksi dosa Rom 12:21. Kalau kita tidak tahu apalagi yang harus kita doakan, lebih2 menghadapi jalan buntu atau orang yang sulit, berdoa saja dalam bahasa lidah, maka Roh Kudus akan berdoa bagi kita suatu doa yang betul bahkan yang sempurna dan Allah akan meluluskannya, pasti juga jadi baik bahkan indah untuk kita sendiri dan berkat bagi orang itu. Dengan demikian banyak problem yang berhasil ditangani dengan indah (orang yang sungguh2 tidak mau bertobat, kita tidak harus mendoakannya 1Yoh 5:16, juga Yer 7:16; 11:14; 14:11 dll). Memang kalau kita tidak tahu berdoa apa, langsung saja berdoa otomatis dalam Roh, asal kita tetap hidup benar dan mau taat dipimpin Roh, Roh Kudus akan mendoakan setiap kasus dengan tepat. Tetapi kalau berdoa dengan betul, misalnya untuk pertobatan orang isi rumah kita, atau supaya saudara yang undur kembali, itu berkenan pada Tuhan, berdoalah sungguh2 dalam Roh, hasilnya akan indah. Tuhan akan mendengar, kalau orang itu memang mau bertobat, akan terjadi. Sekalipun kita berdoa dari jauh tetapi dalam Roh dan kebenaran, orang itu akan dijamah Allah. Juga dalam pelayanan, dalam pekerjaan atau hidup se-hari2, dalam apapun, berdoalah dalam Roh dan kebenaran, Roh Kudus akan menaikkan satu doa yang tepat dan menjamah hatinya! Juga dalam berdagang, bekerja, sekolah, pernikahan, keluarga, kesehatan dll asal sesuai Firman Tuhan, doakan dalam Roh dan kebenaran, hasilnya besar dan ajaib. Hidup akan berkemenangan dan sejahtera, tidak kuatir atau takut, sebab orang yang selalu berjalan dalam Roh ada dalam garansi dan asuransi total dari Tuhan (bukan berarti tidak bisa masuk dalam penjara2 kesukaran Kis 16:25, tetapi tetap terpelihara dan selalu berkemenangan sesuai rencana Allah yang indah). Bahkan untuk barang yang hilang atau problem yang gelap kita doakan terus dalam Roh, kalau itu sesuai kehendak Tuhan akan kembali atau menjadi terang.

Kita bisa menghadapi segala perkara pelayanan dan hidup se-hari2 dengan cara yang luar biasa ini, asalkan tetap jujur, suci, sesuai Firman Tuhan.

Memang ini disediakan bagi orang beriman yang mau hidup dalam kesucian melakukan kehendak Tuhan. Kalau toh ia salah (masing mungkin) tetapi mau diperbaiki, mau bertobat, maka Firman Tuhan dan Roh Kudus akan berbicara, menjelaskan supaya yang mau hidup berkenan kepada Tuhan, bisa memperbaikinya, bertobat dandisucikan kembali.  Dengan demikian kita bisa mendoakan siapa saja (orang2 yang baik dan yang jahat) dengan betul, maka Roh Kudus akan menjamah dan menggarapnya. Juga dalam menghadapi problem2 apapun asal permintaan kita sesuai dengan kehendak Allah (dan kita menurut hukum2 Allah dan melakukan barang yang berkenan kepadaNya) 1Yoh 3:22; 5:14, maka Tuhan akan menolongnya. Hidup dipimpin Roh itu indah, selalu puas, sejahtera, terpelihara sampai Tuhan datang/ mati Yoh 4:14, Kej 25:8. Orang yang sekarang tidak bisa on line, itu ketinggalan zaman. Orang yang sekarang tidak bisa berjalan dalam Roh, bersekutu dalam Roh akan tertinggal!

VII. BERDOA DALAM ROH DAN KEBENARAN UNTUK AKHIR ZAMAN. Yoh 4:23-24.

Kita harus belajar melayani dalam pimpinan Roh sesuai Firman Tuhan sebab dalam hari2 yang makin gelap, sulit dan berbahaya, dan semua ini tidak mungkin bisa diatasi dengan kekuatan dan pengalaman kita sendiri.

Dosa, kejahatan dan pekerjaan iblis sangat meningkat dalam Minggu ke-70 Daniel, akan sampai puncak2nya (lebih2 waktu iblis dilempar keluar dari Surga Wah 12:7-9,12).

Lebih2 untuk zaman sekarang, cara ini akan berkemenangan, asal kita tetap suci, taat kehendak Tuhan dan jangan lupa rendah hati, sebab di dalam Roh akan timbul perkara2 yang besar dari Allah Maz 60:14.

Dalam suatu negara komunis yang melarang semua agama, orang2 Kristen tetap bisa berbakti dalam tempat2 di hutan dalam pimpinan Roh, sebab orang2 yang dipimpin Roh, diberitahu waktu dan tempatnya dengan tepat, juga semua yang melayani melakukan dengan tepat dan ajaib dalam pimpinan Roh Kudus. Putra manusia Yesus waktu mendengar Lazarus sakit dan diminta datang, tidak datang karena dipimpin Roh sehingga terlambat 4 hari tetapi justru rencana Allah jadi dengan heran Yoh 11:3-6,39. Pelayanan Putra manusia di dunia itu luar biasa sebab dipimpin Roh, sebab Putra manusia tekun berdoa dan bersekutu dengan BapaNya dan Roh Kudus.

Dalam tubuh Kristus global, 3,5 tahun sebelum pengangkatan, seluruh orang beriman di dalamnya, hidup, bersekutu dan bergerak bersama dalam Roh untuk ibadah dan pelayanannya sehingga hasilnya luar biasa, ajaib seperti Surga di bumi, berkemenangan dan Gereja menjadi sempurna dan masuk dalam pengangkatan.

Kita perlu hidup seperti ini. Dunia dengan on line dan occultisme, tetapi orang2 beriman dari seluruh dunia dipimpin Roh, bisa bersekutu dan bekerjasama dalam pimpinan Roh Kudus dengan tepat, tidak keluar ril Allah, dalam kesucian, sehingga rencana penamatan Allah genap. Dalam segala segi hidup umat Tuhan yang terus dipimpin Roh, akan berkemenangan dengan sempurna.

KESIMPULAN.

  1. Sekarang kita harus sudah belajar hidup suci, merdeka dari dosa dalam segala segi hidup dan aktif menjalankan talenta2 Tuhan yang ada pada kita meskipun hanya 1 talenta.
  2. Belajar limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran tanpa stop dan makin mahir taat dipimpin Roh melakukan kehendak Allah.
  3. Jangan takut atau susah menghadapi banyak problem dalam rumah tangga, dalam Gereja, di luar Gereja, di mana saja. Jangan pakai kekuatan kita, tetapi tetap dipimpin Roh, bersandar akan hikmat dan kuasaNya saja dalam segala segi hidup.
  4. Jangan lupa memelihara hidup rohani dengan bertekun dalam 7 KPR dan hidup jasmani dengan cukup baik.
  5. Dunia makin mahir hidup on line tetapi kita umat Tuhan hidup dalam Roh, dan memelihara dan menumbuhkan persekutuan dalam Roh (bukan dengan cara2 persekutuan manusiawi). Belajar menghadapi setiap orang dalam pimpinan Roh, dengan kuasa dan hikmat Allah dan bersekutu ber-sama2, melayani ber-sama2 dalam Roh dalam kesucian, dalam kerendahan hati, maka kita akan masuk dalam rencana Allah yang mulia. Roh Kudus akan bekerja dengan teliti, tepat, berkemenangan sesuai dengan kehendak dan rencana Allah.
  6. Tubuh Kristus sedunia bisa langsung terbentuk dan bekerjasama dalam Roh. Jangan bersandar on line (meskipun sekarang masih dipakai, ini masih netral), tetapi belajar lebih tinggi dari on line yaitu hidup dan bersekutu dalam Roh.

Nyanyian:

Marilah berdoa (2x)

berdoa didalam RohNya (2x)

Berdoa dalam RohNya, dan di dalam kebenaran.

RK menolong kita pasti Tuhan kan berhasil

Berdoa di dalam RohNya, terpujilah nama Tuhan.