M3920 – Mazmur 68:12-14. Terbang Dengan Sayap Emas Dan Perak

Ayat2 ini adalah Mazmur kemenangan, musuhnya dicerai-beraikan Maz 68:2. Ayat2 ini menceritakan tentang kemenangan umat Tuhan karena Allah memberinya kemenangan2 besar. Ini akan digenapkan dalam Israel secara lahiriah, juga kegerakan dan kemenangan dalam Gereja sebagai Israel rohani Gal 3:7-8.

Ayat2 ini menceritakan tentang :

  1. Kegerakan Ilahi atau rohani, sebab jumlahnya besar yaitu pasukan tentara yang besar.
  2. Kemenangan

Ada pasukan besar dan jarahan, tanda2 kemenangan.

  1. Lebih banyak menubuatkan tentang kegerakan wasiat baru sebab intinya adalah memberitakan (Injil), karena dalam wasiat lama tidak ada hal ini.
  2. Cerita tentang kegerakan Roh Kudus sebab ada burung merpati (lambang Roh Kudus). Bisa tentang Hujan Awal dan Hujan Akhir.
  3. Nubuatan ini sampai akhir zaman , sebab kegerakan ini ada emas dan peraknya, ini adalah tanda2 Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci,

yaitu kegerakan di akhir zaman lebih2 kegerakan hujan Akhir.

Hari2 yang akan datang akan makin sulit, gelap dan berat, tetapi Tuhan menjanjikan dan menubuatkan kalau kita hidup dengan Tuhan seperti Nuh kita tidak akan hanyut dalam kesukaran2 dan kejatuhan ini, tetapi juga mengalami proyek2 Allah yang penuh kemenangan dan kesukaan. Tetapi kemenangan yang indah itu tidak terjadi tiba2 seperti jatuh dari langit, melainkan tumbuh, seperti anak yang tumbuh akhirnya menjadi dewasa, begitu juga Gereja.

Sebab itu:

Kita harus terus tumbuh dan tahu kemana kita tumbuh yaitu sesuai de-ngan nubuat dan rencana Allah yang pasti akan digenapkan. Kalau kita tahu arah dan tujuannya maka kita akan lebih mudah bekerjasama dengan Allah dalam pertumbuhan ini.

Ada tiga golongan yaitu:

  1. Ikut dalam pasukan ilahi
  2. Ikut dalam kegerakan dosa dari iblis
  3. Golongan plin-plan ini nasibnya sama dengan golongan kegerakan dosa, ikut hanyut dalam dosa, mati dalam dosa atau tertinggal waktu pengangkatan.

Kegerakan ini pasti terjadi pada akhir zaman untuk menyempurnakan gereja, yang tidak ikut atau plin plan akan hanyut dalam dosa dan tertinggal waktu pengangkatan atau hanyut dalam dosa dan binasa.

 

MAZ 68:12. SUATU TENTARA BESAR DARI TUHAN.

 

  1. Tuhan memberi Firman: Besarlah pasukan (tentara) dari mereka yang memberitakannya.

Orang2 yang memberitakan atau memasyurkan kata2 dari Tuhan ini menjadi satu tentara yang besar.

Kata2 dari Tuhan ini mempunyai dua arti, yaitu:

  1. Firman Tuhan atau Injil, ini akan dimasyurkan sampai ke seluruh dunia dan kalau ini lengkap, tuntas, baru Tuhan Yesus datang Mat 24:14. Ini adalah angka I kedatangan Tuhan yang pasti akan digenapi. Injil sampai di seluruh dunia, lebih2 pengajaran Firman Tuhan. Hujan-awal limpah dengan kegerakan penginjilan dan pertobatan dan ini menggenapkan target Hujan-awal yaitu Gereja dilahirkan sebab ada banyak orang percaya Tuhan Yesus dan bertobat. Tetapi target Hujan-akhir adalah Gereja yang sempurna. Untuk ini diperlukan pengajaran Firman Tuhan yang lengkap dan terbuka de-ngan sempurna. Memang ini dijanjikan Tuhan Mat 10:26-27, Wah 5:5. Sebab itu yang akan sampai ke ujung bumi, bukan hanya Injil pertobatan, tetapi juga pe-ngajaran Firman Tuhan yang mendalam akan sampai pada seluruh tubuh Kristus yang dipimpin Roh. Kegerakan pe-ngajaran akan sampai ke seluruh dunia dan tentu ini sasarannya adalah orang2 beriman di dalam Gereja, tetapi kegerakan penginjilan adalah orang berdosa. Kedua macam kegerakan ini tetap ada dalam Hujan- akhir tetapi titik berat Hujan-akhir adalah pada pe-ngajaran supaya Gereja bisa sempurna.
  2. Ber-kata2 dalam bahasa lidah. Ini juga menceritakan kegerakan Roh Kudus yang sangat besar yang disebut Hujan-akhir. Orang ber-kata2 (Young Concordance) dalam bahasa baru. Yesaya menubuatkan keduanya yaitu hukum2 Firman Tuhan yang terus ditambahkan dan diberitakan dan juga ber-kata2 dalam bahasa asing, bahasa Roh Yes 28:10-11.

Akan ada kegerakan besar, suatu tentara yang besar yang ber-kata2 de-ngan bahasa lidah (penuh Roh Kudus) dan memberitakan Injil dan pembukaan2 Firman Tuhan. Sekarang kita sudah mulai melihat penggenapan nubuatan ini meskipun baru sebagian yaitu orang2 yang ber-kata2 dalam bahasa lidah (menurut Vinson Synan dalam 1 abad timbul 523 juta orang yang penuh Roh Kudus (1 Januari 2001) kalau dengan yang mati jumlahnya 795 juta menurut David Barrett. Jumlah Gereja2 Pentakosta akan naik 37% tahun 2005 maka jumlah orang yang penuh Roh Kudus akan naik juga sekitar itu). Jumlah orang yang mengajarkan kebenaran Firman Tuhan juga akan bertambah dan itu akan menjadi suatu kegerakan besar oleh Roh Kudus dan pembukaan2 baru akan terus ditambahkan, di sini sedikit di sana sedikit, makin lama makin banyak sampai akhirnya semua kebenaran Firman Tuhan terbuka. Dengan ini Gereja dengan pimpinan dan kuasa Roh Kudus bisa tumbuh sampai sempurna sebab semua kebenaran Firman Tuhan sudah terbuka, luar biasa. Ini juga yang menyebabkan Gereja akan tumbuh dalam kesucian di tengah2 pertumbuhan dosa yang luar biasa Wah 22:11.

Inilah salah satu tanda akhir zaman sebelum pengangkatan. Kita harus mengerti baik2 supaya bisa ikut dalam rencana Allah yang pasti akan genap. Sebab itu kita harus selalu penuh dan makin mahir dipimpin Roh dalam segala hal dan terus belajar kebenaran Firman Tuhan dan makin ber-tambah2 dalam segala segi hidup serta memberitakannya ke mana2, masuk dalam golongan tentara besar yang ber-kata2 itu. Dengan demikian kita ikut dalam proyek rencana Allah dan ikut juga terus tumbuh dalam kesucian Allah, makin suci makin indah makin kuat.

Pasukan yang besar ini akan muncul, timbul sebab orang ber-kata2 dengan Roh Kudus seperti Yehezkiel yang bernubuat dalam Roh dan tulang2 kering bangkit menjadi suatu tentara yang besar Yez 37:(1-)4. Mereka mendengar Firman Tuhan dan oleh suara Roh dari ke-4 mata angin Yez 37:9-10, Kis 1:8.Membangunkan tulang2 kering ini menjadi suatu tentara atau pasukan yang besar, yaitu suatu kegerakan rohani yang besar

Jangan hanya menjadi penonton tetapi ikut dalam pasukan itu.

MAZ 68:13. RAJA MUSUH LARI DAN PEREMPUAN MEMBAGI-BAGI JARAHAN.

Oleh pekerjaan Roh Kudus yang limpah Gereja akan mengalami kemenangan2 yang besar. Jangan gentar akan bualan dan ancaman Antikris dan kaki tangannya, sebab mereka tidak akan menang sampai pengangkatan (baru sesudah itu mereka menang). Kemenangan2 besar akan terjadi baik dalam hidup pribadi dan ber-sama2  dalam tubuh Kristus. Yang penting kita harus terus tumbuh makin mahir hidup dipimpin Roh, makin tumbuh dalam pengajaran Firman Tuhan yang Al-kitabiah dan memasyurkannya!

Juga dalam hidup se-hari2 kita tidak perlu takut, sebab Tuhan juga akan memberi kemenangan2 yang besar sampai raja2nya sendiri akan kalah dan lari! Penuh Firman Tuhan dan terus menerus hidup dipimpin Roh (ini berarti hidup dalam kesucian terus menerus), kita akan mengalami kemenangan2 besar, sebab disertai Tuhan Rom 8:31, 1Yoh 4:4.

PEREMPUAN biasanya ia lemah dan tidak berani ikut perang, haya laki2 yang berperang. Tetapi sekarang de-ngan Hujan- akhir, orang2 yang mau dipimpin Roh, dahulu sangat lemah, tidak berdaya, jatuh bangun dalam dosa dll, tetapi oleh Hujan-akhir mereka sekarang menjadi kuat Yoel 3:10 sehingga meskipun dulunya lemah, tetapi sekarang menjadi kuat dan menang dalam peperangannya serta bisa mem-bagi2kan jarahan. Justru rajanya yang paling kuat tidak dikalahkan dalam tangan Barak, tetapi dikalahkan oleh Yoel yang lemah, yang menjadi sangat berani Hak 4:19-22; 5:24. Orang2 yang lemah, dengan kelimpahan kuasa Roh Kudus menjadi kuat, bukan lagi seperti perempuan2 yang tidak bisa perang, tetapi menjadi laki2 yang kuat oleh Roh Kudus 1Kor 16:13, penuh kemenangan dan mem-bagi2 jarahan. Orang2 yang lemah, misalnya Petrus yang menyangkal Tuhan, menjadi kuat, bisa hidup suci, bisa -menghadapi peperangan rohani Ef 6:12 dan mengalami kemenangan2 besar dan menerima janji2 dan berkat Tuhan yang luar biasa! Jangan tinggal lemah, penuhlah dengan Roh Kudus. Mereka yang percaya dan mau masuk dalam pimpinan Roh Kudus akan mengalami kegerakan2 yang besar ini.

MAZ 68:14. SAYAP BURUNG MERPATI DARI EMAS DAN PERAK.

Sekalipun engkau berbaring diantara dua patok (susuk, hook {Young} atau kandang domba KJV) engkau akan menjadi seperti sayap merpati yang disalut dengan perak dan bulunya dengan emas kuning.

Ini menceritakan orang2 yang berkemenangan bahkan menjadi sempurna di tengah2 segala kesukaran dan penderitaannya, di tengah2 dunia yang penuh dosa.

BERBARING DIANTARA DUA PATOK.

Ini suatu keadaan yang terjepit atau terpenjara seperti Petrus yang dirantai diantara dua patok hidup yaitu dua tentara yang menjaganya supaya tidak lari. Bisa juga orang yang dirantai dan diikat diantara dua patok sehingga tidak bisa lari. Secara jasmani keadaannya begitu menyedihkan tetapi orang2 ini seperti sayap merpati yang dari perak dan emas. Inilah orang2 yang berani menyerah penuh dan taat di dalam pimpinan Roh Kudus Yoh 21:18. Ini orang2 yang dewasa rohani, yang mahir dipimpin Roh sehingga meskipun terikat, menjadi hamba Roh Kudus, tidak lagi bisa menuruti kehendaknya sendiri tetapi selalu menurut kehendak Roh.

Se-olah2 menjadi tawanan Roh Kudus untuk melakukan hanya kehendak Roh ke mana saja dan dalam hal apapun; seperti Paulus yang menyerah penuh, keadaannya seperti orang yang terikat di dalam Roh, dikuasai Roh ke Yerusalem Kis 20:22. Tetapi justru dengan demikian Paulus mengalami kemajuan hidup yang luar biasa 2Kor 4:16-17 dan Tuhan bisa mempercayakan tugas pemberitaan rahasia2 Firman Tuhan yang dalam2, bukan saja sampai ke seluruh dunia tetapi juga sampai ke seluruh generasi Gereja2 sampai akhir zaman.

Kita perlu belajar mahir hidup dipimpin Roh dan itu berarti tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang lebih dalam dan penyerahan yang makin penuh dan akhirnya sampai penuh seperti Kristus di taman Getsemani Mat 26:39. Putra manusia taat sampai mati Pil 2:8 karena taat dipimpin Roh sampai Golgota.

Memang Gereja tidak akan mengalami mati tetapi diangkat 1Kor 15:51, namun penyerahan kita harus sampai mati. Sebab itu akan datang banyak kesukaran2 dan aniaya sampai timbul korban (lebih2 orang yang di Halaman, yang tidak bersedia, ligabo). Sebagian ada yang mati, tetapi sebagian sekalipun sudah hampir mati akan tetap lolos, hidup dan tidak mati, tetapi ia sudah sampai pada penyerahan yang penuh. Sebab itu akan datang banyak kesukaran dan aniaya dan dengan itu Putra manusia Yesus sendiri ditumbuhkan sampai sempurna di dalam banyak penderitaan Ibr 2:10. Kita harus makin mahir menyangkal diri, mematikan daging, jangan melazatkan daging, apalagi hidup menurut daging, melainkan terus dimatikan, dikatargeokan Rom 6:6, maka kita akan tumbuh sampai sempurna.

SAYAP MERPATI YANG DISALUT PERAK.

Sayap itu untuk terbang, bahkan terbang tinggi. Merpati adalah burung yang bisa taat, bisa menjadi merpati pos, bisa pulang ke kandang. Terbang tinggi dengan taat, melakukan perkara2 besar dengan Allah Maz 60:14. Jangan ragu2. Roh Kudus akan menguatkan iman kita, baik dalam doa dalam Roh 1Kor 14:4 maupun dalam Firman Tuhan sehingga mengerti rahasia2 Allah untuk hidup berkemenangan dan melakukan kehendak Allah 1Kor 2:10. Oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus, tentara yang besar itu menjadi kuat dan berkemenangan, sebab mereka taat menurut kehendak Allah, tetapi tidak menurut kehendak sendiri, semaunya sendiri.

DILAPISI PERAK.

Perak menceritakan tentang penebusan Kel 38:25-26; 30:13-14. Kita ditebus oleh darah Yesus sehingga kita dimerdekakan dari dosa 1Pet 1:18-19. Apa artinya dilapisi perak. Pada waktu terbang tinggi, pada waktu dipakai Tuhan, lebih2 dengan heran, harus tetap dilapisi perak, tetap dalam keadaan suci, bukan kembali dalam perhambaan dosa.

Betapa mudah orang2 yang dipakai Tuhan, lebih2 dengan heran, mulai berubah pikirannya menyembunyikan niat yang dosa yaitu mammon, zinah, puji, hormat dan dosa2 lainnya. 1Yoh 2:15. Orang seperti ini akan jatuh dan sulit atau tidak bisa terbang lagi dengan Tuhan. Kalau kita tetap hidup dalam penebusanNya, itu seperti sayap yang dilapisi perak, maka Tuhan ada di pihak kita (Mat 1:21, Rom 8:31, 1Yoh 4:4), maka kita akan tetap kuat, berkemena-ngan dan tumbuh!

DAN BULUNYA DENGAN EMAS KUNING.

Bulu2 dari sayap itulah yang memungkinkan terbang Ay 39:13 KJV. Kalau bulunya dicabut, ia tidak bisa terbang lagi. Orang2 yang selalu hidup di pihak Tuhan akan melakukan perkara2 besar, ia seperti terbang tinggi dengan Tuhan Yes 40:31. Apalagi dengan bulu2 emas kuning. Emas berarti sifat ilahi. Kita diganti dengan tabiat baru yaitu tabiat ilahi, sehingga bisa taat menurut pimpinan Roh Kudus dan untuk melakukan kehendak Allah. Semua ini tidak lagi menjadi pergumulan atau penderitaan tetapi menjadi tabiat kita sendiri, bisa dilakukan dengan penuh sukacita, sebab ini menjadi tabiat kita, seperti burung yang terbang. Kalau ayam disu-ruh terbang itu pergumulan berat, apalagi buaya dan gajah bahkan tidak mungkin terbang. Dengan Allah kita mungkin terbang, apalagi kalau tabiat sifat kita adalah sifat ilahi, sifat baru, maka terbang dengan Tuhan itu menjadi kesukaan dan hidup se-hari2. Kerjakan dengan tulus, rendah hati, taat dst sesuai dengan Firman Tuhan, jangan menuruti daging. Jangan mau tersontoh oleh perbuatan orang2 yang terbang tinggi tetapi tidak tulus, orang itu akan berhenti terbang, sebab tidak mungkin Tuhan tidak tahu. Tetapi Tuhan tetap mengharapkan pertobatannya bukan kejatuhannya dan kita tidak perlu  tersontoh tetapi doakanlah hamba dari Tuannya ini Rom 14:4. Yang mau terbang tinggi dengan iman, sayapnya harus dari emas, punya hidup baru dengan sifat2 ilahi.

KESIMPULAN.

Rencana Allah bagi hari2 yang akan datang itu luar biasa indahnya, dan seperti tentara besar berkemenangan karena Firman Tuhan dan Roh Kudus; Dan yang lemah menjadi kuat, terbang naik dengan sayap dari emas dan perak. Hari2 yang akan datang akan makin gelap, susah dan jahat, dan banyak kegerakan2 jahat terjadi, tetapi jangan takut asal tinggal di dalam Dia. Justru bagi kita hari yang akan datang itu akan gilang gemilang. Sebab itu belajar tetap hidup baru, tumbuh dalam sifat2 ilahi seperti Kristus, makin mahir hidup dipimpin Roh dalam segala segi hidup maka kita akan tetap hidup berkemenangan dengan Tuhan, terus tumbuh dan ber-buah2.

Nyanyian:

Tuhan adalah kekuatanku.

Bersama Dia ku tak akan takut,

ku kan terbang tinggi.