M3884 – Yesaya 32:15-16. Kegerakan Roh Kudus.

32:15. Sampai Roh itu dicurahkan atas kita dari dalam ketinggian, maka padang gurun akan menjadi ladang yang ber-buah2 dan ladang yang ber-buah2 akan dihitung seperti hutan

32:16. Lalu keadilan akan diam di padang gurun dan kebenaran tinggal di ladang2 yang ber-buah2.

DEFINISI.

Kegerakan Roh Kudus adalah kegerakan yang terjadi sebab Roh Kudus dicurahkan sehingga daerah yang kering, tandus berubah menjadi ber-buah2 dan yang ber-buah2 akan lebih lagi, bisa menjadi sempurna.

Ini keadaan rohani yang luar biasa. Di mana2 orang bertobat dan meningkat jadi luar biasa, sebab Roh Kudus dicurahkan pada semua orang yang mau bertobat (yang keras hati tidak mau bahkan menghina, tetapi sebagian masih mungkin bertobat juga.

Ini nubuatan tentang Hujan Awal untuk melahirkan dan menumbuhkan Gereja (sudah digenapi) dan Hujan Akhir untuk menyempurnakan Gereja (sedang akan digenapi).

Dalam Wasiat Lama (manusia belum ditebus darah Yesus) kegerakan ini dalam ukuran kecil, perorangan, tetapi ke atas siapa Roh Kudus turun, orang itu jadi luar biasa, misalnya Daud, Saul (pada permulaan), Simson, nabi2, imam, raja2.

Dalam Wasiat Baru semua orang percaya yang mau, bisa mengalaminya menjadi raja2 dan imam2 di hadapan Tuhan 1Pet 2:9, semua bisa, tetapi sebagian berbalik seperti Saul, sayang (binasa!).

Kegerakan Roh Kudus itu bisa pribadi (pada orang2 tertentu) kelompok kecil (seperti 120 orang di loteng), atau masaal (seperti Hujan Awal dan Hujan Akhir) dan bisa terjadi se-waktu2. Bisa juga lokal, di mana2 (Wales, Timor, Korea, Toronto, Pensacola dll) tetapi juga global (di seluruh dunia, seperti air mendidih, gelembungnya ada di tempat2 tertentu, lalu seluruhnya mendidih, global = Hujan Akhir).

BAGAIMANA MODEL KEGERAKAN INI ?

Ini bukan kegerakan karena musik, tari2an, pertunjukan2, rekreasi, acara2 istimewa dll acara manusiawi atau duniawi yang tidak ada pengaruh pertobatan dan penyucian dan sesudahnya, selesai begitu saja. Kalau Roh Kudus bekerja terjadi pertobatan yang berkelanjutan, tabiat berubah, dosa2 dibuang, orang2 jadi haus akan Firman Tuhan dan berdoa, penuh dengan Roh Kudus, gairah pelayanan/ penginjilan, hidupnya berubah dan dampaknya sangat terasa dalam masyarakat yang digoncangkan oleh mereka karena perubahan2 pertobatan, kejujuran, kesucian, bahkan dalam semua segi hidup. Seperti dalam Kisah para Rasul, Yerusalem jungkir balik karena kegerakan Roh Kudus ini dan terus berlanjut dalam perubahan2 yang suci, kehausan akan Firman Tuhan, ibadah, persekutuan, penginjilan dan hidup yang berubah terus menjadi seperti Kristus. Hasilnya nyata sekali seperti di Wales timbul banyak “Simson dan Daud” di mana2, di Timor; Juga kegerakan lewat John Sung (yang dinamai obor Allah dari Asia), hasilnya buah2nya yaitu orang2 yang berubah dan bertumbuh masih tampak sampai hari ini. dll. Bukan hari ini ramai, minggu depan habis, tidak bersisa. Kita rindu kegerakan Roh Kudus dalam pribadi dan lokal (bahkan global) yang terus berlanjut dalam pertumbuhan rohani dan terus ber-buah2.

Kegerakan Roh Kudus membuat terobosan2 diantara umat Tuhan, baik yang kering, apalagi yang me-nyala2 sehingga bangkit orang2 yang ber-nyala2 dalam kesucian dan gairah akan perkara2 dari Atas, yang bisa dipersiapkan untuk penamatan rencanaNya, untuk masuk dalam pengangkatan.

Jangan puas dengan hasil2 yang sesaat, sebab kegerakan Roh Kudus memberi kelepasan, perubahan, kesukaan dan pertumbuhan yang terus menerus. Bukan hanya menangis, tertawa, ada yang rebah dan sembuh, tetapi juga mata yang celik, gairah yang me-nyala2 dan kuasa dari Atas, sertapenyertaan Tuhan terus menerus yang menjalar pada banyak orang2 lain. Kegerakan ini sulit dipadamkan sekalipun dengan tangan besi dan pedang seperti dalam Kisah para Rasul. Apa lagi hanya dicela, disindir atau difitnah, mereka tetap berjalan terus.Kegerakan2 ini diperlukan untuk mempersiapkan umatNya yang sekarang masih bercampur (gandum dan lalang) untuk masuk dalam fase2 Gereja akhir zaman (Polarisasi Wah 22:11, pemurnian dalam masa hukuman rumah Allah dan penyempurnaan sehingga masuk dalam pengangkatan).

III. BAGAIMANA KITA BISA MENDAPATKAN ATAU MENGALAMINYA.

Kita bisa mengalami secara pribadi, kelompok, lokal dan kemudian masaal sampai global! Caranya tidak sulit, sebab Tuhan hendak mempercepat hari kedatanganNya Mat 24:22, Mrk 13:20, 2Pet 3:12, Rom 9:28. Justru Tuhan mencari orang2 yang mau dipakai Tuhan sesuai dengan rencana dan kuasaNya yang tidak terbatas. Tuhan mencari. Kalau kita mau, rindu, pasti Tuhan mau pakai.

Langkah kita untuk bisa ikut adalah:

  1. Mengerti dan merindukannya. Nubuat2 Firman Tuhan itu membangunkan kerinduan kita.
  2. Menyucikan diri. Buang segala dosa di hadapan Tuhan.
  3. Limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran. Tidak lagi peduli akan orang2 yang berselisih paham, berkelahi, tidak dihargai, menuruti daging dalam macam2 kesukaan dosa yang sesaat, dalam keramaian Sodom Gomora dll. Kalau seorang mau disucikan dan mencari Tuhan, maka Roh Kudus bisa bekerja dalam hatinya. Seringkali mulai timbul kegerakan Roh Kudus pribadi dan kelompok kecil.Hati yang penuh dosa dan duniawi, ribut dengan macam2 acara duniawi, hobby, trend2 di jalan lebar dandengan rencana dan akal2an sendiri, mereka tidakbisa mendengar dan mengalami kegerakan Roh Kudus ini.

Perlu hati yang mau disucikan, yang memuliakan dan mau memikul salib, haus akan Firman Tuhan yang limpah dengan janji2 dan rencana Allah lalu bersekutu ber-sama2 dalam Roh.

Dalam orang2 seperti ini Roh Kudus bisa bekerja dan mempersiapkan ledakan2 kegerakan Roh Kudus yang ilahi (bukan manusiawi). Doa dalam Roh dan kebenaran dan limpah Firman Tuhan dan bersekutu dalam doa dalam Roh, ini jalan yang akan ditempuh orang2 yang merindukan kegerakan Roh Kudus ini.

Kalau kita melihat keadaan dunia yang makin parah di mana2, darurat di mana2, darurat narkoba, darurat bencana alam, darurat terorisme, darurat politik, darurat ekonomi dll dan meskipun demikian masih banyak orang mencari kesukaan dunia di tengah2 keadaan darurat, hati2!

Sebagian orang memilih mencari hadirat Tuhan, mau masuk dalam kegerakan dari Tuhan yang heran, baik pribadi, lokal dan global. Memang ini rencana Allah, beruntunglah orang yang mengerti dan mau ikut dalam rencana mulia dan besar dari Tuhan!

BAPTISAN ROH KUDUS DAN BERJALAN DALAM ROH. Sebetulnya Roh Kudus sudah dicurahkan dengan heran dan ajaib sejak permulaan abad 19 dan dalam catatan2 sejarah telah dilaporkan (masih belum semua catatan sejarah kita ketahui). Doakanlah terus supaya lebih banyak orang yang merindukan penuh dengan Roh Kudus dan terus dipimpin Roh, bisa berjalan dalam Roh untuk ikut dalam rencana Allah (siapapun dia, sekalipun anak kecil, orang kecil) dan bisa disertai dengan buah2 dan karunia Roh, sehingga bisa jadi berkat, bisa mendoakan orang lain, bisa memberi jawab dari Tuhan bukan dari dirinya sendiri, bisa menguatkan, bisa melepaskan dari dosa dll, sebab Roh Kudus ada di dalamnya dengan penuh kuasa Roh Kis 1:8. Kegerakan Roh Kudus adalah tentang kekudusan, bukan hiruk pikuk keramaian duniawi atau Sodom Gomora. Ini mempersiapkan kita untuk menghadapi hari2 yang makin dahsyat dan gelap tetapi juga hari2 yang makin cemerlang dengan kemuliaan Tuhan dalam rencana penamatan Allah! Akan terjadi perubahan, pemisahan dari yang setia dan yang tidak setia 1Kor 11:19, sehingga tampak sekali bedanya yang makin besar (antara yang suci dan yang najis) dalam hari2 terakhir ini. Penamatan itu akan terjadi dengan memisahkan antara yang mau dan tidak mau. Memang Abraham menjadi sangat sedih karena ditinggalkan Lot, bukan sebab membutuhkan Lot (ia bisa hidup sendiri tanpa Lot) tetapi karena belas kasihan dan cinta, jangan sampai jiwanya binasa. Lot tidak mau dan memang akhirnya jiwanya binasa!

Tuhan rindu memberikan kegerakan Roh Kudus untuk menamatkan rencanaNya dan memisahkan orang2 yang mau disucikan dan yang tidak mau! Yang sungguh2 mau disucikan akan disiapkan, untuk dipakai Roh Kudus, pasti Allah sanggup memakai kita yang mau untuk menamatkan rencanaNya!

 

MUSIM MENUAI.

Sekarang gandum dan lalang tumbuh ber-sama2. Untuk menyempurnakan rencanaNya di dalam orang2 yang mau taat, maka gandum akan dipisahkan lebih dahulu dari lalang. Kalau sudah terjadi pemisahan antara gandum dan lalang, maka barulah Allah memulai hal2 yang luar biasa khusus untuk gandum seperti Kej 13:14. Ini berarti waktunya untuk lalang selesai Mat 13:30 dan sekarang untuk gandum yang akan masuk dalam proyek khusus yaitu menamatkan rencana Allah.

  1. Hujan Akhir untuk mematangkan Gereja Ul 11:14. Ini kegerakan Roh lokal dan global, dan orang2 yang mau taat dan dipimpin Roh sepenuhnya, berubah dengan cepat dan orang2 yang tidak mau, yang keras hati dalam dosa, menolak akan terpisah. Roh Kudus terus bekerja dengan luar biasa dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel, sementara itu terjadi pemisahan dengan sendirinya karena dosa dan kesucian meningkat Wah 22:11, dan disusul pemisahan oleh tangan Allah, yaitu dengan masa hukuman rumah Allah di mana umat Tuhan dimurnikan 1Pet 4:17, Yez 9:6, Luk 12:49, maka terjadi pemisahan total antara Abraham dan Lot, gandum dan lalang; Demikian juga orang2 Halaman yang sungguh2 mengalami kegerakan Roh Kudus naik ke Ruangan Suci (hidup dipimpin Roh) dan yang menolak akan naik turun antara Halaman dan Luar Halaman.
  2. Sesudah Abraham dan Lot berpisah, maka Allah baru menyatakan rencana besar bagi Abraham Kej 13:14. Abraham masih bisa berhubungan dengan Lot meskipun sulit sebab sudah terpisah, Abraham masih berusaha menyelamatkan Lot dan berdoa syafaat baginya, tetapi sudah terjadi pemisahan.
  3. Lalang akan dikumpulkan lebih dahulu untuk dibakar, baru kemudian gandumnya untuk dibawa masuk dalam lumbung Mat 13:30.

Lalang2 dikumpulkan dan dibakar. Kalau dosa sudah melebihi batas, hukuman turun pada lalang2 itu semua tidak kebetulan Yer 15:2. Allah menguasai semua orang bahkan sampai jumlah rambutnya! Akan ada banyak kematian dalam 3,5 tahun ini juga sebelum dan sesudahnya (dari Meterai, Nafiri dan Bokor serta korban kejahatan dan Antikris).

Tetapi gandum2 dalam waktu ini punya janji khusus yaitu dipelihara sampai pengangkatan 1Kor 15:51-52 (ini berlaku surut sebelumnya, sebab orang yang akan ikut pengangkatan tidak akan mati sekalipun dalam waktu ini berumur tinggi, Tuhan yang memeliharanya). Orang beriman yang setengah2 akan jadi korban, ber-sama2 orang dunia. Orang2 beriman yang “masih akan bertobat” bisa masuk golongan orang2 yang tertinggal dan bertobat kembali sesudah pengangkatan, tetapi dibinasakan Antikris Wah 13:7. Kita perlu tahu hal ini supaya jangan takut dan tetap sungguh2 mengiring Tuhan dan masuk dalam kegerakan Hujan Akhir yang heran itu, Tuhan akan memelihara jasmani (nafkah, kesehatan, keamanan dll) dan rohani (tumbuh dengan cepat dalam masa yang gilang gemilang Wah 12:1). Jangan takut, lalang akan dibakar terus menerus sepanjang Minggu ke-70 Daniel tetapi gandum akan tumbuh dalam pemeliharaan Allah sampai dibawa masuk dalam lumbung Allah (Surga) dengan pengangkatan.

Sebab itu kita harus bersedia mulai sekarang, bukan pada waktu akanterjadi pengangkatan, terlambat Mat 24:42; sebab sebelum pengangkatan sudah terjadi pemisahan lalang dan gandum dalam 2 tahap (“dengan sendirinya” dan dipisahkan Allah dengan hukum yang keras 2Kor 10:6). Kalau sekarang tetap jadi lalang akan tertinggal. Segera berubah menjadi gandum, baik dari si lalang sendiri (harus ambil keputusan lalu terus taat dalam jalan sempit) dan gandum2 harus cepat melayani lalang supaya cepat berubah menjadi gandum dan tumbuh. Keselamatan itu bisa mendadak seperti Luk 23:43 dan harus bersedia setiap saat Ams 4:12, tetapi pengangkatan ini harus ada persiapan, meningkat sampai siap diangkat (ligabo harus tumbuh sampai menjadi ligabis, sebab ligabo akan tertinggal) lebih2 yang menjadi sempurna harus tumbuh dengan cepat sampai masuk Ruangan Maha Suci, sampai jumlahnya genap (Wah 14:1).

 

PERTUMBUHAN MUTU ROHANI.

Selama ini mutu se-olah2 tidak merupakan hal utama, asal percaya, selamat seperti penjahat yang bertobat di atas salib Luk 23:43. Tetapi dalam akhir zaman ligabo tertinggal sebab mereka yang mutunya tidak cukup, tidak punya pendirian yang teguh Mat 7:24-28 akan hanyut dalam arus “tsunami dosa” Wah 22:11. Begitu banyak orang hanyut dalam dosa, misalnya dalam darurat narkoba, darurat pornografi,darurat radikalisme, darurat ekonomi, darurat occultisme,darurat bencana dll yang sekarang baru lokal, tetapi akan makin melebar jadi global, makin lama makin dahsyat. Tuhan sanggup memelihara umatNya yang taat, tidak lagi dengan keahlian dan kekuatan manusiawi (misalnya ahli ekonomi, ahli kesehatan, ahli keamanan dll), tetapi sebab dipimpin Roh, dipelihara Allah sendiri. Kegerakan Roh Kudus itu membuat kita mahir dipimpin Roh sehingga dengan ajaib (dalam pimpinan Roh) kita terpelihara dalam kesehatan, dalam keamanan, dalam bencana, dalam nafkah dan pekerjaan, dll. Dengan Firman Tuhan dan taat dipimpin roh serta persekutuan tubuh Kristus (7 KPR) akan memelihara Gereja akhir zaman dari segala tantangan yang dahsyat. Kesucian dalam Gereja akhir zaman betul2 murni dan meningkat tinggi (minimum Ruangan Suci) sehingga tiga Pribadi Allah bisa bekerja dengan bebas di dalam umat Tuhan atau GerejaNya Wah 12:1. Zaman sekarangpun Tuhan tetap bisa bekerja dengan luar biasa asal kita mau bekerjasama dalam syarat yang betul yaitu tetap hidupdalam kesucian, dan mengerti kehendak dan rencana Allah, dan taat dalam pimpinan Roh. Sekarang kita sudah harus belajar dipimpin Roh. Firman Tuhan akan terbuka semua (2 gomer), Roh Kudus begitu limpah dua kali ganda, bahkan sampai ukuran tanpa batas, Perjamuan Suci setiap hari, persekutuan dalam Roh yang meluas, bukan hanya kelompok kecil, tetapi sampai seluruh Gereja lokal (sudah di murnikan dari “Lot” sehingga bisa bekerjasama dan bersekutu dalam Roh se-mata2) dan ini meluas sampai persekutuan Roh Gereja global, luar biasa. Roh Kudus adalah Allah yang maha kuasa, maha tahu, maha besar. Sebab itu Ia dapat mengontrol, memimpin dan mempersatukan Gereja global yang taat penuh dalam 3,5 tahun terakhir itu. Sebab itu kekuatan Gereja akhir zaman itu luar biasa, juga dengan limpahnya orang2 sempurna di seluruh dunia, luar biasa. Bersedialah mulai sekarang!

KESIMPULAN.

Kita akan melihat rencana Allah yang makin unik dan sempurna yang akan mencakup seluruh dunia menjadi satu unit! Sekarang kita belajar bersekutu dan bekerjasama dalam unit2 kecil yang akan diatur secara ilahi. Sekarang ada banyak unit2 kecil yang belum bisabekerjasama. Tetapi makin lama unik2 kecil ini akan bisa bekerjasama, bahkan dipersatukan oleh Roh Kudus. dalam unit2 yang lebih besar dan akhirnya seluruh Gerejaglobal akan menjadi satu unit! luar biasa.

Belajar Firman Tuhan yang akan terbuka semuanya Mat 10:26-27, menerima pengurapan dobel sampai tidak terbatas Yoh 4:34. Makan Perjamuan Suci dengan betul dan persekutuan dalam Roh yang makin meluas. Belajar mendapat atau ikut dalam kegerakan Roh Kudus pribadi (terus ber-api2, bergairah, penuh dan dipimpin Roh) lalu kegerakan Roh Kudus dalam kelompok kecil, keluarga, dll. Kita harus saling menguatkan dan menyalakan seluruh kelompok kita, istimewa karena adanya gangguan dan pencobaan yang banyak dan besar, yang menekan,kita harus mutlak bersatu dengan baik dalam Roh (dalam Minggu ke-70 Daniel ada 4 Antikris yang paling ganas) dan ancaman dan kekejamannya itu ikut secara tidak langsung mempersatukan umat Tuhan dalam persekutuan Roh yang meluas sampai seluruh dunia! Terus berdoa tanpa stop, sambil tetap sekolah, bekerja, melayani dll“seperti biasanya” sebab berjalan dalam Roh itutidak perlu menyendiri dalam gua2 yangtersembunyi, tetapi seperti Nuh berjalan dengan Tuhan sambil membangun bahtera dibantu orang2 yang tidak ikut dalam bahtera Kej 6:9. Terus berjalan dalam Roh sambil hidup se-hari2 dengan biasa, sebab pengangkatan itu terjadi sementara sama2 bekerja di ladang, mengisar atau tidur. Luk 17:34-35.Tingkatkan mutu rohani kita dengan Tuhan dalam semua yang kita lakukan dan makin memperkenankan Allah seperti Putra manusia Yesus Mat 17:5.

Nyanyian: Tabernakel Glory No 377.

Roh Kudus pimpinku, hidupkanku,

Yesus kehidupanku.