M3874 – Kisah Para Rasul 2:1-4. Hari Pentakosta.

PENTAKOSTA DALAM WASIAT LAMA DAN WASIAT BARU.

Ini adalah hari raya panen Im 23:15-22. Hari ke-50 (sesudah 7 sabat) dari hari raya buah Sulung. Dalam Wasiat Baru, seperti dalam ayat2 di atas, pada hari ini Roh Kudus dicurahkan dan 120 orang yang berdoa 10 hari itu Kis 1:12-14, semua penuh dengan Roh Kudus dan mulai ber-kata2 dengan bahasa lidah. Inilah saatnya Gereja dilahirkan, hasil dari Golgota. Sebelumnya rasul2 dan murid2 penuh ketakutan dan tidak berdaya sama sekali. Tetapi sesudah Pentakosta rasul2 diurapi dengan Roh Kudus, mereka menjadi berani dan mulai memberitakan kabar kesukaan dan mengalami panen jiwa2 pertama yaitu3000 orang Kis 2:41,42. Ini terjadi tiba2 karena pekerjaan Roh Kudus dan selanjutnya Gereja terus bertumbuh sampai sekarang.

Mengapa Roh Kudus dicurahkan? Untuk menggantikan peran Putra manusia Yesus yang kembali ke Surga 10 hari sebelumnya. Tanpa Tuhan Yesus, rasul2, murid2 dan semua orang yang mau mendukung, tidak ada yang sanggup dan berani :

  1. Secara lahiriah menghadapi orang2 Parisi, imam2 dan orang Yahudi yang menentang Putra manusia Yesus (yang sudah berhasil membunuh Putra manusia Yesus, tetapi bangkit kembali).
  2. Secara rohani, apakah yang harus dibuatnya sekarang, mereka tidak mengerti dan bingung, kacau, takut. Semua hasil pelayanan Putra manusia Yesus tiba2 berhenti tanpa kelanjutan. Tetapi Tuhan Yesus berjanji tidak akan meninggalkan mereka Yoh 14:18, Dia akan datang kembali, yaitu oleh Roh Kudus, mereka penuh dan dipimpin Roh, masing2berubah begitu heran seperti Putra manusia Yesus. Begitu juga sekarang, orang yang penuh dan dipimpin Roh bisa menjadi seperti Kristus.

ROH KUDUS MEMBUAT ORANG PERCAYA MENJADI ORANG BARU.

Terjadi perubahan prinsip dari orang yang percaya Tuhan Yesus, yaitu:

  1. Dulu anak iblis, sekarang anak Allah, luar biasa Yoh 1:12, 1Yoh 3:10. Berubah total.
  2. Dulu hidup dalam kerajaan setan, dikuasai oleh setan dengan hukum dosa dan hukum maut Kol 1:13, sekarang pindah dalam kerajaan Putra Allah dan menang dari hukum dosa dan maut, sekarang dikuasai hukum Roh yang memberi hidup Rom 8:1-2 KJI.

Secara rohani kita sudah duduk dengan Kristus dalam Surga Ef 2:6, meskipun tubuh kasar kita masih hidup dalam dunia nyata ini. Sebab itu kita bisa mengambil barang2 dari Surga, dari Atas (Kol 3:1) dalam hidup kita di dunia.

  1. Dahulu kita hidup dalam tabiat lama, sekarang semua itu sudah lenyap dan tabiat baru seperti Kristus muncul, menggantikannya 2Kor 5:17, 2Pet 1:4 dan ini tumbuh terus sampai menjadi tabiat baru yang dewasa dan terus sampai sempurna seperti Kristus.
  2. Dahulu hidup dalam dosa, diperbudak dosa, sekarang merdeka dari dosa dan hidup dalam kesucian Yoh 8:36, 2Pet 1:10.
  3. Dahulu pikiran kita pikiran manusia, sekarang kita pakai pikiran Kristus 1Kor 2:16, kita bisa mengerti segala perkara2 ilahi yang dalam2, hidup sebagai orang2 pintar Surgawi 1Kor 12:14-15.
  4. Dahulu condong pada perbuatan gelap Yoh 3:19-21 dan cinta isi dunia ini Luk 5:39, tetapi sekarang cinta terang dan datang pada terang sekalipun harus dengan mematikan daging 1Pet 4:1.
  5. Dahulu cinta dosa, benci kebenaran, sekarang benci dosa dan cinta kebenaran. Ibr 1:9.
  6. Dahulu melazatkan daging, sekarang mematikan tabiat daging Gal 5:16-17, Ef 4:17-24.
  7. Dahulu jalan ke Neraka, sekarang berjalan ke Surga.
  8. Dahulu kita sendiri yang menghidupi diri kita, tetapi sekarang bukan kita lagi tetapi Kristus yaitu Roh Kudus yang hidup dalam kita Gal 2:20. Kita tidak lagi melakukan kehendak kita lagi (meskipun masih ada, sebab tubuh daging belum ditebus, belum mati total, tetapi kita terus mematikan daging).

 

Luar biasa, sekalipun dari luar kita masih tampaknya sama, tetapi di dalamnya kita berubah sama sekali, dari anak iblis menjadi anak Allah, dari orang lama menjadi orang baru dst dalam seluruh segi hidup kita. (Ini seperti mobil seluruh mesinnya diganti dan bodynya dicocokkan dengan mesinnya).

Memang perubahan ini bertahap dan kemampuan kita juga tumbuh bertahap, sebab rohani kita harus bertumbuh,tetapi seluruh manusia batiniah kita sudah berubah. Memang mula2 rohani kita iniseperti bayi yang baru lahir, tetapi kalau terus tumbuh maka keadaan dan kemampuannya akan terus bertumbuh sampai akhirnya menjadi penuh seperti Bapanya Ef 4:13. Mat 5:48.

III. BERTUMBUH DALAM KRISTUS.

Kalau kita mau terus tumbuh sampai menjadi penuh seperti Kristus, kita harus lekat pada Kristus seperti carang dalam pokok anggur Yoh 15:5. Ini berarti :

  1. Terus hidup dalam kesucian, mau pikul salib untuk terus mematikan daging Rom 6:6, Gal 5:16.
  2. Terus penuh dan dipimpin Roh, taat melakukan kehendak Roh. Tandanya ada sejahtera dan bisa bersukacita Pil 4:4,7, tidak pahit, kacau, gelisah, murung dll. (Kalau terjadi demikian, segera periksa diri dan bereskan supaya bisa segera kembali dalam sejahtera Allah, yaitu terus dalam ril Allah).

3-7. Bertekun dalam Firman Tuhan, doa, ibadah, persekutuan dan pelayanan.

7 KPR ini penting, supaya kita bisa tumbuh dan mengalami hidup sesuai janji Allah yang gilang gemilang. Kalau kita tidak tumbuh, apalagi bantut atau jatuh dalam dosa, maka kita tidak mengalami janji2 Allah yang heran itu, yaitu menjadi seperti Kristus, itu perkara yang paling besar dalam semesta ini.

Tekun itu butuh waktu yang cukup lama, bukan dalam 1 hari atau 1 bulan. Harus tekun, rutin dalam waktu lama sampai ber-bulan2 dan ber-tahun2. Dari permulaan percaya sudah ada tanda2 yang indah, batinnya sudah berubah menjadi baru, kadang2 luar biasa seperti Zakheus Luk 19:9, perempuan Samaria Yoh 4:14 dll, tergantung masing2, tetapi kita harus terus tumbuh, dan itu makin indah, makin heran, makin ajaib, makin sukacita, asal terus tumbuh, jangan bantut atau jauh dalam dosa. Kalau jatuh, segera perbaiki saat itu juga! Bagian ini (yaitu lekat dengan Tuhan terus menerus) adalah motornya, yaitu dengan selalu penuh dan dipimpin Roh, termasuk di dalamnya 7 KPR. Biasanya hal initidak membosankan tetapi makin bergairah, itu tanda tumbuh yang baik.

HASIL PEKERJAAN ROH KUDUS DALAM SEMUA ORANG YANG DIPIMPIN ROH.

  1. Sejahtera dan sukacita selalu Pil 4:7. Ini hidup enak, sekalipun bukan orang kaya, orang besar dll, tetapi orang biasa, tetapi hidup seperti ini puas dan senang. Yes 28:12.
  2. Berkemenangan. Semua orang hidup dalam dunia ini, harus menghadapi ber-macam2 kesukaran ber-ganti2, sampai rajapun demikian. Mungkin orang dekat yang makan hati, problem jalan buntu, penyakit yang sulit, kegagalan, problem rumah tangga dll. Kalau kita dipimpin Roh kita akan berkemenangan, tidak pegel, putus asa, sakit hati, jatuh dalam dosa dll, tetapi tetap sejahtera dan dapat menang.

Tuhan mengizinkan problem datang sebab Tuhan menguasai semuanya danmengetahui problem ini, tidak lebih dari kekuatan kita; kalau kita lulus, kita meningkat dan semua berubah menjadi berkat Rom 8:28. Pasti menangkalau tetap penuh dan dipimpin Roh, sebab itu kalau ada problem bersukacitalah, pasti untung dan indah seperti Paulus dalam penjara Pilipi Kis 16:25. Jangan lupa, jalan kemenangan itu jalan salib, bergumul mematikan daging dan taat menurut pimpinan Roh. Kalau mau taat, pasti ada pimpinan Roh Kudus dan Roh Kudus tidak pernah gagal dalam perkara kecil dan besar. Latihlah berjalan dalam Roh dalam perkara2 kecil supaya mahir dipimpin Roh, sebab meskipun kita menghadapi perkara2 besar, prinsipnya sama, Roh Kudusnya sama. Ingat kadang2 harus menunggu lama sampai menang, tetapi itu menjadi pengolahan yang efektif, rohani kita akan meningkat lebih tinggi. Kadang2 Tuhan melepaskan kuasa yang besar (timbul untung, atau jalan buntu terbuka, problem selesai dengan ajaib dll); tetapi kadang2 dengan cara biasa seperti Ester (tetapi semua orang tahu ini dari Tuhan), dan kadang2 musuh yang jahat dihukum dahsyat (jangan benci, berkati musuhmu, tetapi jangan bersekutu, tetapi cerdik sesuai pimpinan Roh Kudus, itu hikmat ilahi). Jangan seperti Yohanes, Yakobus, yang ingin menurunkan api sebab jengkel dan benci Luk 9:54. Jangan bereaksi dosa, ampuni, jangan menghukum, nanti jadi dosa; Tuhan sendiri yang menjadi Hakim (seperti dalam kasus Musa melawan pemberontak2nya). Harapkan mereka bertobat, berubah dan menjadi kawan kita Ams 16:7.

  1. Bersukacita dan berdoa dalam Roh dan kebenaran. Tekunlah berdoa dalam Roh dan kebenaran. Orang yang bosan itu berbahaya, biasanya ada dosa dan daging menjadi kuat. Kalau hatinya suci dan mau taat, pasti suka, senang, menikmati berdoa dalam Roh, sebab bersamaan dengan itu mengalir sungai air hidup yang makin deras Yoh 4:14, Yez 47 dan menyebabkan karunia2 Roh dan buah Roh bermunculan dalam saat2 yang tepat dan itu sangat indah dan mengagumkan, sehingga ada hikmat, kuasa, pertolongan dan hasil atau kemenangan yang indah2.

Limpahlah dengan karunia2 dan buah Roh, maka hidup ini menjadi seperti Putra manusia Yesus, heran dan memuliakan Allah.

  1. Tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan. 2Pet 3:9, 1Kor 2:10. Kanak2 rohani hanya taat akan Firman Tuhan sebagai perintah. Mengerti atau tidak, senang atau tidak, harus taat. Lama2 menjadi berat, bosan dan ber-sungut2 atau melanggar Yes 28:13. Tetapi kalau kita hidup dipimpin Roh, kita bisa mengerti perintah2 Tuhan dan bisa percaya bahwa itu hal2 yang menguntungkan dan indah, sehingga kita dapat bersukacita dalam mentaatinya. Dan orang yang taat dengan pengertian, itu bisa melakukannya dengan lebih tepat, lebih indah sehingga ber-buah2 lebih banyak Mat 13:23.

Janji2 Firman Tuhan yang kita mengerti itu adalah hasil dari pekerjaan Roh Kudus, dan sekaligus dengan kuasa Roh Kudus, kita bisa mentaatinya dengan mudah dan sukacita. Juga janji2 yang kita mengerti itu  akan menjadi pengalaman dan bagian kita 2Raj 2:10, begitu indah.

Apalagi taat karena cinta Firman Tuhan, itu membuat hidup ini cepat tumbuh sampai tingkat2 yang tinggi bahkan sempurna. Sungguh, mengerti rahasia dan janji2 Firman Tuhan itu sangat indah, akhirnya kita memperoleh janji2 itu.

  1. Segala segi hidup tumbuh dan ber-buah2. Roh Kudus itu Allah yang maha kuasa, maha tahu, maha besar. Selalu ber-sama2 Bapa dan Putra manusia, Mereka bekerja dalam hidup kita bukan karena kalau sendirian tidak cukup, tetapi sebab cinta, Mereka mengikat Dirinya untuk selalu ber-sama2. Kalau terus tumbuh dipimpin Roh, maka segala segi hidup menjadi indah dan tidak ada cacat cela, bisa menjadi mempelai Kristus yang sempurna Ef 5:27. Kalau Roh Kudus bisa menggantikan hidup kita Pil 1:21, maka hidup seperti ini akan bertumbuh dengan cepat menjadi seperti Putra manusia “Yesus kecil” dengan tabiat baru dalam semua segi hidup sampai ber-buah2, bahkan sampai sama seperti Kristus 1Kor 11:1, luar biasa!

MAKSUDNYA ALLAH MENGIRIM ROH KUDUS.

Untuk membuat, menumbuhkan dan menyempurnakan rencana Allah. Allah tidak pernah gagal, sebab itu orang yang sungguh2 penuh dan dipimpin Roh, tidak akan gagal, bisa mengalami rencana Allah yang penuh yaitu sampai sempurna. Ini juga diumpamakan seperti Hujan Awal dan Hujan Akhir Ul 11:14, dari mulai menabur benih sampai tumbuh dan berbuah, masuk dalam lumbung Allah.

Ada dua bagian dari rencana Allah yaitu:

  1. Panen jiwa2 yang pertama adalah 3.000 orang dibaptiskan dalam satu kali kebaktian yang dipimpin Petrus Kis 2:41. Kita sekarang belum mencapai itu, padahal dalam Hujan Akhir, Roh Kudus dicurahkan dua kali ganda. Tuhan akan membangkitkan penginjil yang bisa dipakai Allah dengan suci, rendah hati dan limpah dengan kuasa. Tetapi jadi penginjil besar itu sulit, sebab di-puji2 luar biasa (perlu didoakan juga); beberapa tidak tahan dan jatuh. Sebaliknya justru setiap orang beriman harus beranak, jangan mandul seperti orang Lewi dan Imam2 yang tidak punya belas kasihan Mat 9:13 pada orang yang mau mati tersiksa di neraka Luk 10:31-32. Untuk isi keluarga ada janji khusus, perjuangkan Kis 16:31. Juga orang2 sekitar kita, bahkan yang kita temui, kalau kita bicara sedikit dengan kuasa Roh Kudus dalam kesucian dan kasih, ia bisa selamat. Tabur dengan iman dan kuasa Roh Kudus, kata2 kita, tidak akan kembali dengan sia2 Yes 55:11. Kalau kita bersaksi dan memakai semua kesempatan yang Tuhan beri, Tuhan lebih cepat datang, untung dan sangat indah! 2Pet 3:12. Yang pelitanya mati, garamnya tidak asin (tidak mau bersaksi), akan jatuh dalam dosa dan binasa, dibuang dan di-injak2 Antikris. Wah 11:2.
  2. Membangun dan menumbuhkan tubuh Kristus. Satu kali tubuh Kristus global akan terbentuk dan diangkat. Kita harus belajar mengumpulkan dan mempersatukan domba2 Tuhan dalam tubuh Kristus lokal dan akhirnya dalam tubuh Kristus global.

Tanpa bersekutu seperti Trinitas, kita tidak akan masuk dalam tubuh Kristus yang betul dan diangkat Yoh 17:23.

Mat 12:30. Ini adalah tanda kasih yang matang. Orang yang tidak bisa bersekutu ber-sama2 di pihak Tuhan, itu melawan Tuhan. Kita harus bisa bersekutu bersama dengan kasih yang tulus, dengan pengampunan dan dalam terang, dalam kesucian, tidak pura2 1Yoh 1:7. Yang penting kita mau dan bisa bersekutu seperti Abraham, kalau Lot tidak mau, Lot masuk Neraka tetapi Abraham tetap masuk Surga. Jangan tunggu orang lain mau datang pada kita tetapi kita mau menerimanya. Jangan seperti anak sulung (itu sikap yang berbahaya Luk 15:32, Mat 6:14) atau seperti Lot yang menjauh dari Abraham sebab cinta Sodom. Belajar mengumpulkan dalam tubuh Kristus atau Gereja lokal, jangan menceraiberaikan dengan menghasut, memanasi sehingga pecah, itu adalah kaki tangan iblis. Apalagi dengan HP, komunikasi ini banyak dipakai iblis, banyak orang menjadi kaki tangan iblis. Justru kita harus mengumppulkan, memperdamaikan supaya menjadi satu dalam kasih dan kesucianNya. Kadang2 karena suatu perkara kecil yang dianggap kesalahan atau tidak setuju, lalu mulai mem-bagi2 kata2 yang memecah, itu kaki tangan iblis. Ini bukan pekerjaan Roh Kudus sekalipun berdoa dalam “bahasa lidah” tetapi perbuatannya memecah, itu melawan Firman Tuhan, itu diperalat iblis.

Jangan kena hasut seperti orang Israel oleh 10 pengintai yang tidak percaya, akibatnya banyak orang rebah mati di padang gurun, tidak masuk Kanaan, jatuh dalam dosa, tidak ikut pengangkatan.

Kadang2 tidak berani menegur (Ef 5:11, Yes 56:10) sehingga orang2 ini terus menebar racun2 perpecahan. Biasanya iblis cukup jeli menemukan kesalahan2 dari orang2 suci (dalam Ruangan Suci) yang lengah atau bodoh, apalagi dari orang2 Halaman, dan ini dipakai untuk memecah, bukan untuk mengumpulkan. Masing2 akan menuai akibatnya! Ia harus mempertanggungjawabkan kata2 sia2 yang ditaburkan di mana2 Mat 12:36. Meskipun kata2 itu tersembunyi tetapi menjadi balok2 di muka Allah yang tidak akan hilang sampai kekal kalau tidak mengakuinya, bertobat dan memperbaiki akibatnya. Yer 17:16.

Kadang2 orang tidak berani menyalahkan atau melaporkan takut dimusuhi, maka serigala2 berbulu domba itu bebas ber-edar2 di antara kita, menghasut, memanasi, mengacaukan, sehingga orang2 menjadi tidak bisa setia, mengacaukan dan jadi ter-pecah2, terus menceraiberaikan, menjadi alat atau kaki tangan iblis. Kalau seorang menolak datang bersekutu, apalagi ada kebencian, biasanya dari mulut keluar kata2 yang bisa membakar dan memecah. Inilah orang2 yang menceraiberaikan, bukan dari Tuhan sekalipun pakai baju domba.

Kita perlu bersekutu dengan setia, kecuali Gerejanya setuju homo dan dosa2 lainnya, harus ditempelak dan kalau tidak berubah, harus ditinggalkan.

Hal ini seringkali tidak disadari, sehingga banyak orang begitu mudah menyewakan dirinya tanpa bayar pada iblis untuk menceraiberaikan di Gerejanya sendiri. Banyak orang bodoh, diperalat iblis sehingga binasa karena kebodohannya. Mrk 12:24.

Orang yang penuh dan dipimpin Roh, akan memenangkan jiwa dan mengumpulkan semuanya dalam tubuh Kristus, supaya bisa tumbuh bersama menjadi seperti Kristus. Jangan melepaskan diri dari persekutuan tubuh Kristus seperti Lot (sebab benci, JMPE dll) itu berarti lepas dari Tuhan dan celaka! Kita perlu bersekutu ber-sama2 dan mengumpulkan semua saudara2dalam tubuh Kristus dan tumbuh bersama. Jangan ditipu, dihasut dan dipecahkan oleh iblis dan kaki tangannya. Tidak bisa bersekutu dan mengumpulkan bersama itu berarti lepas dari Tuhan, celaka!

KESIMPULAN.

Pekerjaan Roh Kudus itu luar biasa, kita yang lemah menjadi kuat, yang bodoh menjadi pintar dengan hikmat ilahi, yang susah menjadi gembira, yang gagal menjadi berhasil, yang kalah menjadi menang dst, luar biasa. Pekerjaan Roh Kudus itu luar biasa, dari bejana tanah liat menjadi permata2 indah 2Kor 4:7. Untuk apa? Supaya kita berubah menjadi baru seperti Kristus dan bisa bersekutu seperti Abraham (bukan lari dan menjauhseperti Lot) maka kita akan masuk dalam golongan yang akan diangkat dan mendapat kesempatan tumbuh luar biasa untuk tumbuh dengan cepat dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan. Jangan pakai Roh Kudus sebagai pangkat, tetapi sebagaiPenolong untuk tumbuh menjadi seperti Kristus.

 

Nyanyian: Tabernakel Glory no 563.

O Roh Kudus dari Surga….

ya Tuhan Yesus, rencanaMu jadi.