M3873 – Kisah Para Rasul 1:11. Ia Akan Kembali Seperti Ini.

Ini pesan utama dari kenaikan Tuhan ke Surga, yaitu bahwa Ia datang kembali untuk kedua kalinya.

Ini terdiri dari 2 tahap yaitu:

Tahap I: Pengangkatan, hanya untuk orang2 yang sudah bersedia.

Tahap II: Untuk semua orang dunia. Dia datang sebagai Raja segala raja atas semua manusia, menghukumkan Antikris dan pengikutnya.

Bagi kita kenaikan Tuhan Yesus meninggalkan banyak keuntungan yaitu penebusan sudah diselesaikan Putra manusia Yesus untuk kita dengan sempurna, sekarang Dia duduk di kanan Allah Bapa, berdoa syafaat untuk kita 1Yoh 2:1 dan Roh Kudus dicurahkan menjadi penolong ilahi yang tiada taranya, kita sangat bersyukur. Tetapi untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus yang kedua ini yang harus kita perhatikan baik2, kita harus bersedia, Mat 24:42,44 supaya kita bisa ikut dan tidak tertinggal, itu sangat dahsyat dan celaka. Bagaimana kita harus bersedia menunggu kedatanganNya yang kedua?

 

  1. DUA MACAM KEDATANGAN TUHAN KEMBALI.

 

  1. Tuhan bisa bisa datang secara pribadi (waktu mati) lalu orang itu tinggal dengan Tuhan sampai pengangkatan. Selama ini ia “tidur” tidak berubah sama sekali, tetapi sudah menikmati Surga yang indah seperti Lazarus ber-sama2 Abraham dan Tuhan Yesus.
  2. Tuhan Yesus datang secara umum, inilah pengangkatan dan semua orang b eriman yang sudah bersedia berubah dalam sekejab dan naik bertemu Tuhan di awan2. Sebelumnya semua orang yang mati dalam Tuhan bangkit dan bertemu Tuhan 1Tes 4:16-17. Ada pertemuan yang terbesar dalam keadaan sukacita yang amat besar. Tidak ada dosa, satu sama lain penuh dengan kasih Kristus sehingga pertemuan yang terbesar ini juga sangat manis dan indah. Orang yang sekarang hidup dalam dosa apa saja, misalnyatidak bisa bersekutu sebab tidak ada kasih, (1Yoh 4:20) tidak bisa mengampuni, tidak bisaikut pengangkatan. Kita harus tetap merdeka dari semua dosa Yoh 8:36. Semua dosa meningkat sampai puncak2nya, sehingga siapapun yang hidup dengan dosa kecil dalam pikiran, atau tersembunyi seperti JMPE, tidak suka, benci itu semua di akhir zaman ini akan tumbuhmenjadi dosa2 yang dahsyat Wah 22:11, diikatiblis, tidak ikut pengangkatan.

 

BERSEDIA (RAHASIA PERTAMA UNTUK PENGANGKATAN) Mat 24:42.

Kita harus bersedia menghadapi kedatangan Tuhan, supaya bisa ikut dalam pengangkatan. Kita harus bersedia seperti ligabis (lima gadis bijaksana), sebab ligabo akan tertinggal. Ligabis menceritakan orang2 yang hidup dalam Ruangan Suci yang selalu penuh dan dipimpin Roh, limpah dengan 7 KPR yaitu:

  1. Hidup dalam kesucian, ini berarti hidup dalam jalan sempit, pikul salib. Sebab orang yang tidak mau pikul salib akan menuruti daging 1Pet 4:1. Orang yang mau mengalami sengsara atau kematian daging, tidak lagi berbuat dosa.
  2. Tidak menurut daging tetapi menurut Roh Gal 5:16-17, Rom 8:14, Mat 4:1.
  3. Punya persediaan minyak yang cukup sebab suka berdoa dalam Roh dan hidup benar, seperti ligabis.
  4. Tekun, bersukacita akan Firman Tuhan seperti Daud Maz 1:1-3. Memang pada akhir zaman ini kita harus limpah dengan Firman Tuhan yaitu 2 gomer manna Kel 16:22, baru bisa tekun untuk menghadapi segala falsafah, pikiran daging, kesukaan dosa dan dunia.
  5. Tekun beribadah Ibr 10:25 sehingga rohani tetap kuat.
  6. Punya persekutuan yang indah yaitu persekutuan tubuh Kristus seperti Papan2 dalam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7. Orang seperti ini kekuatannya akan bertambah Im 26:8. Tanpa kasih Kristus yang penuh pengorbanan 1Yoh 4:20, orang akan penuh kebencian, harus pilih salah satu.
  7. Tekun pelayanan seperti Pelita yang menyala, menjadi garam dan terang dunia.

Orang2 yang penuh dengan perkara2 ini dengan tulus akan tumbuh imannya dan ber-buah2 terus. Ini orang2 yang siap untuk pengangkatan. Mendekati Minggu ke-70 Daniel,  orang2 seperti ini akan dijaga dan dipelihara Tuhan sehingga tidak akan mati dan pada waktu pengangkatan akan diubahkan dalam sekejab lalu ikut naik 1Kor 15:51.

Ini adalah rahasia dari orang2 yang akan ikut dalam pengangkatan. Halaman akan diserahkan pada Antikris tetapi orang2 dalam Ruangan Suci, mereka akan diukur Tuhan untuk menerima kemuliaan sesuai dengan tingkat rohaninya sesudah ikut pengangkatan Wah 11:1-2. Yang diukur adalah Mezbah Dupa yaitu orang2 yang bisa berdoa dalam Roh dan hidup benar, ini orang2 yang memperkenankan Tuhan. Bukan orang2 yang menyembah Tuhan dengan pedupaan tembaga seperti yang dilakukan 250 orang yang berontak melawan Musa Bil 16:35-40. Inilah orang2 yang tampaknya menyembah Tuhan, mereka tidak mau kalah dalam hal ibadah dan pelayanan, mereka juga mau menyembah Tuhan tetapi menurut cara dan kehendaknya sendiri, mungkin dalam Roh tetapi tidak dalam kebenaran. Roh Kudus tidak bisa diperalat, hanya berdoa dalam bahasa lidah tetapi hidup dalam dosa, atau sebentar dalam Roh, sebentar dalam dosa. Kadang2 Roh Kudus “bisa dibawa” untuk berdosa seperti Simson, di tengah2 persundalan dengan perempuan Filitstin. Sampai2 Simson dapat kesan tidak apa2, bisa dicampur antara berzina dan penuh Roh Kudus, akhirnya Roh Kudus meninggalkan Simson dan Simson binasa. Juga 250 orang yang menyembah Tuhan dalam pedupaan dari tembaga, dibakar habis dengan api dan pedupaan tembaga yang dipakai ditempa pada Mezbah Korban Bakaran. Ini tanda bahwa orang2 seperti ini harus bertobat, bukan menyembah! Tuhan tidak berkenan pada persembahan yang dicampur pemberontakan melawan peraturan dan hukum2 Tuhan dan melawan Musa hambaNya. Untuk sementara se-olah2 Roh Kudus masih menyertainya. Kadang2 masih ada mujizat yang terjadi sebab imannya, karena kemurahan Tuhan yang lambat menghukum Pkh 8:11. Tetapi ini penghinaan akan kemurahan Allah Rom 2:4 sebab itu pedupaan tembaga mereka dilekatkan pada Mezbah Korban Bakaran menjadi tanda dan pelajaran pada orang2 Israel supaya mereka jangan lagi menyembah Tuhan dicampur dengan sikap melawan hukum2 Tuhan dan hamba2Nya, bisa dihukum mati, celaka seperti 250 orang2 yang berontak ini (ini Halaman).

Kita harus menyembah Allah dalam Roh (dalam bahasa lidah) dan kebenaran (hidup benar) Yoh 4:23-24. Orang2 yang betul2 menyembah Tuhan dan hidup benar, taat melakukan hukum2 Firman Tuhan dan dipimpin Roh Mat 7:21-23, mereka berkenan pada Tuhan, maka orang2 ini yang dipelihara Tuhan untuk ikut dalam pengangkatan. Ini suatu rahasia pengangkatan (1Kor 15:51)yang akan jadi pada akhir zaman ini menjelang Minggu ke-70 Daniel, juga sebelum pengangkatan, sebab mereka sudah ada sebelumnya!  Misalnya waktu masuk Minggu ke-70 Daniel ia berumur 50 tahun, maka sebelumnya ia sudah dipelihara Tuhan, tidak sampai mati.

Kalau dalam umur 48 ia mati, ini bukan kehendak Allah, tidak akan terjadi.

Mungkin ia bertobat baru pada umur 25 tahun, lalu sampai 50 tahun ia masuk dalam golongan yang diangkat, maka Tuhan memelihara dia sebelumnya umur 50 tahun. Tetapi orang yang jatuh bangun, tidak setia, lalu nanti kurang 1 bulan baru maubertobat sungguh2, ini orang yang tidak tulus, biasanya adapercintaan dunia/ daging yang belum mau dilepaskannya, menunggu sampai waktunya habis sebab sayang akan dosanya, ia akan jatuh dalam Polarisasi dan binasa!

Kalau orang itu tulus ikut Tuhan dengan segenap hatinya, maka ia membuang semua percintaan dosa dan ikut Tuhan dengan segenap hati, ia bertumbuh dan Tuhan mengenalnya dan diberi tanda untuk ikut dalam pengangkatan, ada dalam pemeliharaan dan perlindungan Tuhan. Tinggallah tetap dalam Ruangan Suci, jangan ada pikiran atau rencana jahat untuk berbuat dosa apa saja, kepada siapa saja, dalam hal apa saja dan kapan saja. Orang yang tulus akan diberi tanda oleh Tuhan untuk dipelihara sampai pengangkatan tidak akan mati seperti dalam Yez 9:4-7. Ini orang yang berkeluh kesah akan segala perkara keji yang dibuat di sekitar tengah2 mereka. Ini orang2 yang tulus yang sampai dalam hati, pikiran dan angan2nya, tidak mau berbuat perkara2 dosa, tetap hidup suci sekalipun sekitarnya penuh dengan dosa. Kita harus mengambil keputusan untuk sungguh2 taat akan Tuhan sampai dalam hati kita, tidak ada rencana sisa (cadangan) untuk perkara2 dosa. Tuhan tahu dan tidak bisa ditipu dengan pura2. Yang tulus dan taat sampai dalam hati. Tuhan tahu dan diberi tanda oleh Tuhan dan akan ikut dalam pengangkatan, ini khusus untuk akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel dan beberapa saat sebelumnya. Begitu juga diterangkan dalam Yes 33:14-17. Sisa2 keinginan yang salah bisa disembunyikan dari manusia, tetapi tidak bisa disembunyikan dari Tuhan. Orang yang sungguh2 mau taat dengan tulus, ia mau mati dari dunia dan dunia dari dia Gal 6:14. Ini lain dari hidup di Halaman yang jatuh bangun dalam dosa, seperti kanak2 yang tidak mau mati lepas dari dosa Rom 6:1-2, Ibr 5:11-14sebab itu mereka jatuh bangun terus dalam dosa, tidak bisa tetap dalam kesucian untuk bisa taat melakukan kehendak Tuhan terus dan akan hanyut dalam arus dosa Wah 22:11..

 

III. PENAMATAN RENCANA ALLAH.

Dalam Hujan Awal adalah permulaan rencana Allah dalam Gereja, Gereja lahir dan terus tumbuh. Pada masa ini, belum banyak orang yang selesai diolah atau sempurna, tetapi menjelang kedatangan Tuhan, rencana Allah akan selesai dan banyak orang menjadi sempurna, bahkan jumlahnya genap yaitu 144.000 orang Wah 14:1. Allah pasti bisa menggenapkan rencanaNya Luk 1:37. Kita harus mau bekerjasama untuk diolah dalam rencana penamatan Allah. Ini belum bisa dilakukan pada zaman Hujan Awal, sebab dibutuhkan cukup waktu.

Kita melihat apa saja yang diperlukan untuk menyempurnakan Gereja sehingga bisa disempurnakan dan ikut dalam pengangkatan. Jumlah yang ikut pengangkatan kira2 1/4 – 1/2 umat Tuhan, itu berarti antara 750-1000 juta dari seluruh bumi (belum ditambahi yang bangkit). Yang menjadi sempurna hanya 144.000 = 0,02% dari 750 juta (ada kelipatan?). Dibandingkan dalam Wasiat Lama hanya 3 orang, ini sudah banyak. Ada 3 hal yang dikerjakan untuk bersedia menunggu kedatangan Tuhan.

 

Perlengkapan akhir zaman.

Tuhan akan memberi fasilitas akhir zaman yang limpah supaya Gereja bisa tumbuh dengan cepat dalam rencana Allah sampai puncaknya yaitu kesempurnaan.

  1. Hujan Akhir. Pekerjaan Roh Kudus yang limpah, luar biasa di akhir zaman Ul 11:14. Ini dimaksudkan untuk menghasilkan panen, Gereja menjadi sempurna. Apa bedanya dengan keadaan tanpa Hujan Akhir. Dalam Hujan Awal kita melihat sesudah Hujan Awal datang rasul2 bahkan seluruh orang beriman dari Gereja mula2 menjadi luar biasa, hasilnya berlipat kali ganda karena pekerjaan Roh Kudus. Mereka berani, penuh dengan kuasa, pengertian rohani limpah, segala perkara rohani bertambah, misalnya Kis 5:29-31. Begitu juga dalam Hujan Akhir, akan terjadi kegerakan rohani yang limpah dan heran di mana2 di seluruh dunia. Yang terjadi dalam zaman sekarang adalah kegerakan rohani lokal, bergantian di mana2, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, itu terjadi di seluruh dunia, luar biasa.
  2. Firman Tuhan terbuka sehingga pertumbuhan rohani cepat meningkat Mat 10:26-27. Terjadi kemenangan2 yang besar sebab orang2 mengerti rahasia Firman Tuhan yang dalam2 Mat 12:23.
  3. Di mana2 orang suka berdoa dalam Roh dan hidup benar. Yoh 4:23.
  4. Tiga angka kedatangan Tuhan meningkat dengan cepat, disertai tanda2 dan mujizat.
  5. Perjamuan Suci (harus dalam kesucian) dikerjakan setiap hari seperti Kis 2:46.
  6. Tubuh Kristus global mulai dibentuk, sebab orang2 tidak lagi bersekutu dengan cara2 manusiawi tetapi dipimpin Roh. Meskipun ada banyak perbedaan (umur, budaya, ekonomi, tradisi, suku bangsa, tehnologi dll) tetapi Roh Kudus dapat mempersatukan, sebab dipimpin Roh yang sama. Ini harus dimulai dengan persekutuan Roh (Papan2) dalam tubuh Kristus lokal, dalam kesucian dan kasih Kristus. 1Yoh 1:7.
  7. Pelayanan orang sempurna dari tahta Allah. Yoh 1:51. Ini pelayanan yang luar biasa dan sangat menguatkan Gereja.

 

Polarisasi. Wah 22:11, sebab dosa ber-tambah2 juga kesucian, maka terjadi pemisahan (Polarisasi) sebab rohnya tidak sama 1Kor 11:19, seperti Abraham dan Lot tidak bisa cocok. Tetapi ini jangan menjadi alasan untuk perceraian sebab orang yang sungguh2penuh cinta, tidak ingin seorangpun binasa seperti hati Kristus 2Pet 3:9 dan berusaha menolong dan merebut dengan kasih dan kuasa Allah, semua “Lot” yang ada di sekitarnya, bahkan musuhpun dipertobatkan dan dijadikan saudara Ams 16:7 (lawan jadi kawan). Tetapi arus dosa yang besar tetap menceraikan orang yang rohnya tidak sama seperti Lot dan Abraham.

 

Allah memurnikan. Mengapa? Sebab untuk masuk dalam kesempurnaan itu berarti harus melalui ujian yang lebih berat Wah 3:10. Gereja Tuhan harus disiapkan. Sebab itu Gereja dimurnikan seperti dalam Mal 3:2-3 TB.

Kalau kita tidak mau disucikan, tidak mau bersedia dengan tulus, akan hanyut ikut arus dosa, terpisah undur dari Tuhan atau masuk Gereja2 jalan lebar. Ligabo yang sering mati pelitanya dan habis minyaknya (sebab diisi dengan anggur dunia) tidak akan tahan dan undur. Akan ada masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17 dengan hukuman yang tegas dan keras 2Kor 10:6. Jangan takut, kalau mau  sungguh2 dengan tulus, pasti bisa lulus, sebab Allah bukan ingin membuang uamtNya tetapi menyelamatkan dan menyempurnakannya. Yang penting mau penuh dan dipimpin Roh, kita yang tidak sanggup menjadi sanggup Zak 4:6, sebab ada kekuatan dobel Zak 4:14. Ini seperti orang yang tidak mungkin bisa terbang, dengan alat modern bisa terbang. Begitu Allah sanggup menolong orang yang mau. Perlu keputusan yang tegas dan tulus dalam hati Luk 12:57, Yus 24:15. Meskipun ujian berat datang kita akan lulus. (4 Antikris datang 2Tes 2:3,4, perkara2 yang keji duduk dalam Pergamus dan Gereja2 jalan lebar) tetapi Tuhan bekerja dengan kuat dan menyempurnakan kita.

 

Rahasia kehendak Allah Ef 1:9-10. Apabila masanya sudah genap (yaitu Minggu ke-70 Daniel) maka semua yang di bumi dan di Surga dipersatukan dalam Kristus, luar biasa. Gereja menjadi ajaib Wah 12:1. Tiga Pribadi Allah makin nyata dalam Gereja. Ini dimulai dengan pelayanan orang2 sempurna langsung dari tahta Allah Yoh 1:51; Ini terjadi karena ada pemurnian, Gereja disucikan dan semua yang di Surga dan bumi menjadi satu, yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus dengan kemuliaan yang makin penuh di dalam Gereja.

KESIMPULAN.

Tuhan Yesus sudah mulai dengan penebusanNya. Siapa yang mau, Tuhan akan sanggup menyucikannya di tengah2 dosa dan orang jahat yang sangat limpah. Meskipun kita tidak memegang kuasa manusiawi dalam tangan kita (supaya bisa diolah dalam kesucian, tabiat yang baru dan taat dengan setia), Tuhan tetap memegang kuasa dalam tanganNya, Ia sanggup menyucikan dan menyempurnakan kita jasmani dan rohani sehingga siap untuk pengangkatan. Jangan tertipu oleh kekuatiran hidup se-hari2, Tuhan sanggup melengkapi semuanya. Jangan lupa ini jalan salib dalam pimpinan dan kuasa Roh Kudus dan Firman Tuhan, pasti bisa.