M3871 – Kisah Para Rasul 1:11 (9-12). Tuhan Yesus Naik, Akan Kembali.

Ini pesan utama dari kenaikan Tuhan Yesus ke Surga, yaitu bahwa Ia akan datang kembali. Sebetulnya ini adalah sambungannya, tetapi kalau kita bisa melihat perbedaan antara kenaikan dengan kedatanganNya kembali, maka kita bisa melihat rencana Allah lebih jelas untuk diri kita, tubuh Kristus global dan seluruh ciptaannya ini; supaya kita bisa masuk dalam rencanaNya yang sangat indah dan mulia yang memang dibuat untuk kita semua, anak2 Allah!

KENAIKAN (SUDAH BERLALU), ada tanggalnya, tetapi pengangkatan akan datang, belum tahu tanggalnya tetapi pasti Ia akan kembali lagi dan makin lama makin dekat, jangan diremehkan, tidak ada ulangan, jangan diremehkan, sekalipun kita tidak tahu waktunya, sebab orang yang tertinggal akan sangat2 celaka!

PESAN2 KENAIKAN. Mat 28:16-20, Mrk 16:15-18, Luk 24:36-53, Yoh 21:24-25.

Dalam 40 hari sesudah kebangkitan Tuhan Yesus bicara banyak pada mereka Kis 1:2-3. Gereja Tuhan harus taat, istimewa pergi ke seluruh bumi dan pada hari pengangkatan pesan itu harus sudah selesai, lalu Tuhan datang. Siapa yang ikut dalam tugas besar ini dengan tulus dipimpin Roh, pasti memperkenankan Tuhan dan akan ikut dalam pengangkatan. Pergilah, masing2 di tempatnya menjadi terang dan kemana saja ia pergi sebagai garam dan terang dunia! Cicil terus mulai sekarang, baik dalam rumah kita, sekitar kita dan dimana saja. Tuhan itu sudah punya jatah dari berapa angka yang harus kita selesaikan. Selesaikan baik2 sebelum habis waktu kita, jangan sampai menyesal untuk kekal! Ingat jatah (Kis 20:24, 2Tim 4:7) harus selesai bahkan kalau bisa, lebih banyak lagi.

III. KENAIKAN ITU LOKAL, HANYA SEDIKIT ORANG, 11 orang, lalu mereka berdoa, ada 120 orang Kis 1:14-15. Tetapi pengangkatan itu terjadi untuk umat Tuhan global, bahkan juga dari segala zaman ikut dalam pertemuan terbesar, termulia dan paling agung dalam dunia ini, yaitu mulai dari Adam sampai orang Kristen terakhir.

Yang lebih heran, kita bisa kenal semuanya dan kita semua dalam tubuh kemuliaan menurut ukuran masing2, sangat2 indah. Disini tidak ada perseteruan tetapi sahabat intim. Kalau bertemu satu sahabat intim saja sudah senang sekali, sekarang dengan be-ratus2 juta orang, bagaimana rasanya dan terutama bertemu dengan Tuhan Yesus. Kita bisa menyanyi: “Senang selalu senang..ooo….” tanpa putus2nya, sukacita yang betul2 murni, tidak terganggu dan abadi. Jangan simpan dosa, jangan memberontak melawan Tuhan, menikmati persekutuan yang manis sekarang dengan segenap hati. 1Yoh 1:7, ini menjadi dasar persekutuan kita untuk yang akan datang dalam kekekalan. Orang yang tidak bisa bersekutu sekarang, tidak bisa mencintai saudaranya (1Yoh 4:20) tidak bisa ikut pengangkatan, celaka! Harus bisa bersekutu dengan baik sekarang. Meskipun kita dimusuhi, kita mengampuni dan mencintainya seperti Musa pada para pemberontaknya, bahkan sampai lawan menjadi kawan Ams 16:7, baru bisa bertemu Tuhan muka dengan muka. Lebih2 dalam kerjasama sekarang, dalam pelayanan selalu ada gesekan, tetapi kalau ada kasih, kita bisa saling mengampuni dan tetap berhubungan dengan tulus dan manis. Kalau sekarang bisa bersekutu, kita bisa masuk Surga dan bersekutu dengan manis untuk abadi.

PADA WAKTU KENAIKAN GEREJA BARU MULAI, baru lahir, tetapi waktu pengangkatan Gereja sudah matang, sudah sempurna seperti Kristus, luar biasa dan orang2 yang diselamatkan sudah sampai di seluruh dunia. Jumlah angka2 kedatangan Tuhan (Allah tahu lebih dahulu) sudah genap, lalu Tuhan datang. Luar biasa! Kita ikut mempercepat dan menentukan kedatangan Tuhan 2Pet 3:12 dengan memenangkan jiwa2. Meskipun kita tidak tahu jumlah total dan tanggalnya, tetapi semua itu sudah ada dan diketahui Allah. Bagian kita adalah menggenapi 3 angka ini (jatah kita)termasuk kwantitas dan kwalitas (angka III). Sambil memenangkan jiwa2, rohani akan Terus Meningkat, kalau bisa Sampai Puncak (TMSP). Melayani Tuhan dalam kesucian, dipimpin Roh, itu membuat kesenangan yang amat dalam, selama tinggal dalam Kristus Pil 4:4,7. Pada saat pengangkatan, seharusnya kita sudah mencapai puncak tertinggi, itu untuk kekal, sangat indah, bahkan sekarang kita sudah bisa menikmatinya, naiklah terus.

TUHAN YESUS PERGI DAN AKAN DATANG KEMBALI.

Murid2 ditinggalkan dan banyak orang merasa seperti kehilangan, tetapi 10 hari kemudian ternyata Tuhan Yesus “kembali” di dalam murid2Nya Yoh 14:18, dan melakukan semua perbuatanNya lewat orang2 ini, sampai orang2 Parisi, Imam2 heran Kis 24:13. Bapa dan Kristus tinggal di dalam kita Yoh 14:23 juga Roh Kudus Yoh 14:16-17. Semua tinggal dalam hati atau dalam roh kita (sebab roh kita sudah ditebus), untuk menolong danmenumbuhkan kita. Pada waktu pengangkatan kita semua diajak bertemu Tuhan Yesus muka dengan muka dalam roh dan tubuh kemuliaan atautubuh kebangkitan Pil 3:21. Musa hanya bertemu beberapa hari, beberapa kali, tetapi kita untuk kekal!

 

DI BUKIT ZAITUN ATAU DI AWAN2.

Pada waktu kenaikan, murid2 tertinggal di Bukit Zaitun.

Tetapi pada waktu pengangkatan semua ikut naik ke awan2 (dalam alam roh dalam hadirat Tuhan) tidak lagi di Yerusalem atau tempat lain di dunia, semua bertemu Tuhan, luar biasa.  Kira2 ada 1 Milyard atau lebih (jumlah yang terangkat dan yang bangkit) orang beriman berkumpul bertemu Tuhan Yesus. Tempat mana yang bisa menampung? Pesawat terbang mana yang bisa membawanya? (KKR di Laparan terbang Seoul bisa muat 1 juta orang). Allah sudah merencanakan semua dengan sempurna; ini bukan fantasi tetapi yang setia hidup dalam Ruangan Suci (dalam kesucian dan taat dipimpin Roh, limpah dengan 7 KPR) akan menikmati pertemuan luar biasa ini, dan kemudian masuk Surga kekal.

Ini yang akan datang, tetapi bagaimana dengan keadaan sulit yang kita hadapisekarang? Kalau Surga yang besar Tuhan bisa beri, juga keperluan kita yang kecil, yang sekarang, Tuhan bisa mencukupkan. Mat 6:33. Tinggallah tetap dalam Tuhan dan bekerja, cari nafkah, dll dengan iman. Kita hidup dengan iman 2Kor 5:7. Tinggallah tetap dalam pokok yang benar, Tuhan akan mencukupi segala kebutuhan kita, bahkan berlimpah, sampai pengangkatan di awan2.

VII. PADA WAKTU KENAIKAN, TIMBUL 12 RASUL HUJAN AWAL. KEMUDIAN TIMBUL 12 RASUL HUJAN AKHIR, LALU TERJADI PENGANGKATAN.

Tuhan memakai 12 rasul2 dan memberi Hujan Awal yang begitu heran. Mereka yang memulai membangun Gerejadan segala jabatan lain ditambahkan (ada banyak rasul2 lainnya lagi selain 12 rasul Putra manusia Yesus, misalnya Paulus, Barnabas dll) dan dengan Hujan Awal Gereja dibangunkan. Dalam Wah 4:4,10 ada 24 tahta di hadapan tahta Allah yaitu 12 Rasul Hujan Awal dan 12 Rasul Hujan Akhir

Dalam Hujan Akhir akan timbul 12 rasul2 Hujan Akhir, dalam pengurapan Roh Kudus yang limpah untuk memimpin umat Tuhan membangun tubuh Kristus global sehingga Gereja disempurnakan dan Tuhan Yesus datang. Kita menunggu timbulnya 12 Rasul Hujan Akhir yang akan membangunkan tubuh Kristus Global. Biarlah masing2 kita menjadi anggota tubuh Kristus yang akan masuk dalam hitungan Tuhan untuk dibangun menjadi tubuh Kristus global dan ini adalah suatu rahasia yang besar 1Kor 15:51. Siapa mereka ini? Inilah orang2 yang hidup dalam Ruangan Suci, yang akanmasuk dalam persekutuan tubuh Kristus global yaitu seperti Papan2, yang hidup dalam kesucian, lekat pada pokok anggur yang benar dan seperti ligabis yang selalu penuh dan dipimpin Roh dan terus tumbuh rohaninya dan ber-buah2 sebab lekat di dalam Kristus. Yoh 15:2-5. Dalam Minggu ke-70 Daniel 12 rasul Hujan Akhirini memegang peran penting untuk membangun tubuh Kristus global. Siapa anggota2nya?

Seperti biasanya, orang2 beriman itu berumur antara 0-90 tahun. Kalau 10 tahun lagi Minggu ke-70 Daniel mulai, berarti sekarang orang2 yang akan masuk di dalamnya itu berumur 0-80 tahun. Jadi bukan orang yang baru lahir dalam Minggu ke-70 Daniel. Jadi orang2 yang akan menjadi anggota tubuh Kristus global, ini sudah ada sekarang! Kita punya kesempatan masuk dalam tubuh Kristus global, asal terus tinggal dalam Ruangan Suci. Ini kesempatan yang amat indah. Jangan hanya mencari uang atau perkara2 dunia, tetapi utamakan kerajaan Surga dahulu Mat 6:33.

Sebab itu kita harus perhatikan hidup rohani kita baik2, supaya bisa masuk dalam golongan tubuh Kristus global (Wah 12:1) yang akan ikut dalam pengangkatan. Jangan kuatir problem se-hari2, Tuhan pasti memelihara kita, baik keamanannya, nafkah, kesehatan, keluarga, lebih2 semua segi rohani kita. Justru bagi orang2 yang akan masuk golongan tubuh Kristus global ini juga ada banyak janji2 khusus, sebab Tuhan memberi fasilitas yang cukup bahkan limpah supaya bertumbuh sampai sempurna. Misalnya fasilitas nafkah Yes 60:5-7, keamanan dan kesehatan 1Kor 15:51. Pengurapan yang limpah Zak 4:14 seperti ligabis dll, baik hal2 jasmani dan rohani dengan limpah, dalam suasana Hujan Akhir yang heran. Pasti tidak akan kekurangan.

Orang2 yang sekarang buang2 waktu, tidak bersedia, tidak tumbuh dalam kesucian maka ia tidak akan masuk tubuh Kristus global dan akan tertinggal. Hanya orang yang bersedia mulai sekarang yang akan bisa masuk dalam tubuh Kristus global.

Sebab kalau sekarang masih di Halaman, jatuh bangun dalam dosa, apalagi kalau sudah lama bertobat masih terus di Halaman, itu berarti tetap tinggal kanak2 (Ibr 5:12-14), itu berarti keras hati, mungkin terus minum anggur lama (kesukaan dunia) sehingga tidak bisa naik dalam Ruangan Suci (hidup seperti ligabis). Maka waktu orang2 ini masuk Minggu ke-70 Daniel, biasanya ia sulit masuk dalamgolongan tubuh Kristus global (yang dipisahkan dari dosa yang sangat menakutkan Wah 22:11 dan dibersihkan dengan keras oleh peraturan Hujan Akhir 2Kor 10:6, 1Pet 4:17) sehingga mereka mati dalam dosa atau tertinggal.

Kalau seorang hidup seperti Daud, berkenan pada Tuhan, maka kalau(misalnya) 10 tahun yang akan datang Minggu ke-70 Daniel mulai, ia akan tetap dalam Kristus (dalam Ruangan Suci) bahkan akan terus bertumbuh dalam tingkatan2 yang makin indah, bahkan mungkin bisa terus tumbuh sampai menjadi sempurna.

Lebih banyak pencobaan, lebih baik sebab teruji sehingga lebih kokoh. Seperti Ayub melewati banyak ujian dan lulus, maka ia sudah ada dalam jalur searah yang betul atau yang sudah lulus ujian akhir, seperti  Abraham akan masuk dalam golongan sempurna dalam Minggu ke-70 Daniel. Sebab itu sekarang kita harus meningkat dan terus tumbuh dengan baik, sehingga waktu Hujan Akhir, waktu semua orang harus menghadapi ujian yang sangat dahsyat di seluruh dunia Wah 3:10, bisa tahan dan lulus dengan baik! Sehingga bisa ikut pengangkatan.

Meskipun belum masuk Minggu ke-70 Daniel, kita bisa mengalami Hujan Akhir secara pribadi, mendapatpengurapan yang limpah, sebab itu tergantung dari masing2 kita sendiri2. Jadi ada kemungkinan kita bisa mengalami Hujan Akhir pribadi sehingga ter-bakar2 seperti Hujan Akhir dan bahkan menjadi sempurna secara pribadi seperti Henokh dan Elia. Jadi orang bisa mengalami penyempurnaan pribadi dalam waktunya sendiri2 atau secara masaal ber-sama2 pada waktu Hujan Akhir.

VIII. SEMUA RASUL2 MELIHAT KENAIKAN, TETAPI TIDAK SEMUA ORANG MELIHAT PENGANGKATAN.

Kenaikan disaksikan dengan mata jasmani, hanya sampai diraibkan dengan awan2 Kis 1:9, lalu hilang masuk awan hadirat Tuhan.

Dalam pengangkatan semua terjadi dalam alam roh dan kita berubah dalam sekejab dalam tubuh kemuliaan, lalu bertemu dengan Tuhan yang sudah berkumpul dengan orang2 mati yang sudah bangkit, yaitu orang2 sejak Adam. Tetapi sebab pengangkatan ini tidak tampak, maka di dunia heboh, sebab tahu2 sebagian orang2 Kristen (Kira2 1/4 sampai 1/3 orang2 beriman) hilang tiba2, dengan tanda2 yang sama di seluruh dunia dalam waktu yang bersamaan Luk 17:34-36 dan juga banyak kubur terbuka. Semua orang2 yang terangkat ini adalah orang2yang termasuk tubuh Kristus global, yang dipersatukan oleh Roh Kudus, yaitu semua yang penuh dan dipimpin Roh.

YANG MELIHAT DAN YANG IKUT.

Orang2 yang melihat kenaikan Tuhan Yesus (11 rasul2)adalah orang2 dekat, yang berkumpul dengan Tuhan Yesus sesudah kebangkitanNya. Ini adalah orang2 dalam Ruangan Suci yaitu orang2 yang setia dalam masa2 sesudah kematian dan kebangkitan Putra manusia Yesus.

Orang2 yang melihat itu juga menunggu Tuhan Yesus kembali, mereka mengira mungkin hanya beberapa tahun lagi Tuhan Yesus akan datang kembali, sehingga timbul ekses2/ spekulasi tentang kedatanganNya. Tetapi Paulus memberi patokan untuk kedatangan Tuhan yaitu sampai timbulAntikris 2Tes 2:1-4. Tetapi ternyata mereka semua mati, bahkan banyak yang mati syahid seperti rasul2, sebab ternyata Tuhan Yesus baru datang 2000 tahun kemudian.

Orang2 yang ikut dalam pengangkatan adalah juga orang2 dalam Ruangan Suci dan yang tumbuh dalam Hujan Akhir. Orang2 ini harus bersedia dan mereka tidak sampai mati, bahkan sekalipun sudah mulai tua atau kena penyakit fatal seperti kanker akan tetap hidup (ini salah satu tanda dari hari2 itu).

Dalam kenaikan hanya Tuhan Yesus menjadi pelakunya, tetapi dalam pengangkatan Tuhan Yesus dan semua orang yang bersedia, ikut bertemu di awan2. Jadi kita bukan hanya penonton tetapi ikut dalam prosesnya.

RENCANA ALLAH: KELAHIRAN, LALU KESEMPURNAAN GEREJA.

Dalam kenaikan rencana Allah adalah kelahiran Gereja, sebab itu orang yang menjadi sempurna kalau ada, hanya sedikit; jumlah orang yang sempurna belum genap. Tetapi dalam pengangkatan rencana Allah adalah Gereja yang sempurna dan jumlah orang sempurna (dan jumlah2 yang lain) semua digenapi (sebab rencana Allah ditamatkan). Sebab itu ujian untuk Gereja akhir zaman (dalam Minggu ke-70 Daniel) adalah ujian akhir yang dahsyat, lebih daripada zaman Hujan Awal. Kita harus bersedia supaya limpah dengan hikmat dan kuasa Allah, supaya lulus dalam ujian akhir yang paling berat (Kalau aniaya dalam zaman Antikris ini hukuman). Kalau sekarang, tidak mau bersedia, tumbuh dan ber-buah2 seperti ligabis, sulit untuk bisa lulus dalam ujian2 zaman sekarang, apalagi dalam masa ujian global ini. Mutlak harus bersedia sekarang, jangan sampai jatuh dalam dosa (apalagi terus menerus jatuh dalam dosa); jangan terpancing oleh apapun supaya jangan bereaksi dosa, merosot dan jatuh bangun terus. Sebab itu bersedialah se-olah2 1-2 tahun lagi Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, sambil ikut mempercepat kedatanganNya dengan menggenapkan jatah kita dalam 3 angka kedatangan Tuhan itu.

HUBUNGAN SURGA BUMI DI DALAM KRISTUS DAN GEREJA.

Dalam kenaikan itu hubungan Surga dan bumi itu hanya di dalam Kristus Pil 2:9-10. Tetapi pada waktu pengangkatan ada suatu rencana rahasia tentanghubungan yang digenapkan di dalam Kristus; yaitu ada hubungan yang nyata dan manis antara semua yang dari Surga dan semua orang2 yang berkenan pada Tuhan di bumi. Dalam Minggu ke-70 Daniel ada hubunganantara Gereja di dunia dan Surga, semua yang di dalam Kristus, baik yang di Surga dan di bumi menjadi satu dalam Kristus Ef 1:9-10. Ini luar biasa! (Waktu kenaikan, semua yang dalam Neraka Hades baru dibebaskan dan masuk Surga Wah 1:18, tetapi dalam pengangkatan semua yang di dalam Kristus menjadi satu dalam awan2). Pada waktu kenaikan Tuhan sendiri yang membuat hubungan itu, tetapi dalam pengangkatan (bahkan sebelumnya Wah 12:1) semua yang ada dalam Kristus, baik di Surga dan di bumi bisa berhubungan di dalam Kristus, dan dalam pertemuan di udara ada pertemuan yang terbesar. Ini dimulai dengan tubuh Kristus global Wah 12:1, di dalamnya Surga dan bumi sudah berhubungan oleh pelayanan orang2 sempurna, sehingga semua tumbuh dengan cepat lalu terjadilah pengangkatan.

XII. RENCANA ALLAH DALAM KRISTUS MULAI DAN DISEMPURNAKAN.

Waktu kenaikan, rencana Allah dalam Kristus dimulai oleh salibNya. Tetapi dalam pengangkatan rencana Allah disempurnakan, dan ini terjadidalam 2000 tahun. Ini pertumbuhan dari Pintu Gerbang sampai Tabut dan pada akhir zaman, ini bisa terjadi dalam satu pribadi, dari Pintu Gerbang sampai Tabut.

KESIMPULAN.

Kita melihat rencana Allah dari kelahiran sampai mati dan bangkit dan kenaikan dan terus sepanjang zaman sampai pengangkatan. Luar biasa. Seluruh rencana Allah pasti digenapkan Luk 1:37.

Bersedialah sungguh2 dan ajak semua yang lain, istimewa isi rumah dan dunia kita masing2 untuk masuk dalam rencana Allah yang mulia ini, supaya kita mengalami rencanaNya yang besar dan mulia itu.

Jangan tertipu oleh iblis dan semua siasat dan tipu dayanya dengan umpan kesukaan dosa dan perkara2 fana. Siaplah dan bersedia mulai sekarang, sebab pengangkatan itu tidak dipilih waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel tetapi mulai sekarang dari antara orang2 beriman yang ada sekarang! Sebab itu kita semua sudah harus siap, jadi lima gadis bijaksana (Ligabis).