M3870 – 1Korintus 12:12-27. Kerjasama Tubuh Kristus.

1KOR 12:12. PERSEKUTUAN ORANG BERIMAN SEPERTI TUBUH KRISTUS.

Persekutuan tubuh Kristus itu bukan seperti mesin, bukan seperti suatu sistem atom dll, tetapi seperti tubuh manusia, ini sistem yang paling top, sebab manusia diciptakan menurut teladan atau gambar Allah. Kristus menjadi Kepala dan Gereja adalah tubuhNya dan kita anggota2 tubuh Kristus Ef 1:22-23. Karena begitu indah dan sempurna tubuh manusia ini, maka kita tidak memikirkannya lagi, luar biasa, bukan hanya otomatis tetapi harmonis yang sempurna.  Kalau kita bicara atau makan, seluruh anggota tubuh sudah tahu sendiri tugasnya masing2 dan bisa bekerjasama yang baik sehingga berhasil dengan sempurna, apalagi akrobat, seluruh sel2 tubuh bisa bekerja sama dengan sempurna.

Kita menjadi satu karena Kristus. Tetapi secara rohani, harus dibangun dan ditumbuhkan sampai tingkat yang normal = sempurna! Seringkali ada saja yang tidak mau, tidak bisa, berontak, tidak peduli, tidak suka dll, mereka ini perlu dilayani supaya kembali menjadi normal dan bisa bekerjasama dengan baik. Memang secara rohani harus dididik, diolah, dinasehati dan ditumbuhkan supaya bisa bekerjasama sesuai dengan kehendak Tuhan. Sebagai anggota tubuh Kristus itu suatu persekutuan tingkat tertinggi dan mulia, jangan kita tertipu iblis sehingga persekutuan jadi bertentangan atau berlawanan satu sama lain.

1KOR 12:13. PERSEKUTUAN DALAM ROH. Ef 4:3.

Ini berarti dalam kesucian dan kasih = mengampuni 1Yoh 1:7. Rohnya harus sama yaitu penuh Roh Kudus dan sama2 dipimpin Roh dan itu sesuai dengan Firman Tuhan, maka akan didapatkan persekutuan dalam Kristus (ini tingkat Ruangan Suci, Papan2). Kalau rohnya tidak sama seperti Lot (roh Sodom, duniawi, penuh dosa dan percintaannya) dengan Abraham (yang ada roh Tuhan) tidak bisa cocok, iblis terus bekerja dalam Lot, memberi pikiran yang negatif dan menyesatkan sehingga Lot yang tidak mau bertobat,ditegahkan dari Abraham dan tetap rusak sampai binasa.

Hiduplah dalam kesucian supaya bisa terus penuh dengan Roh Kudus (Roh Kudus tidak bisa turun dan bekerja dalam hati yang ada dosa di Mana saja, dalam hal Apa saja, dan Kapan saja, Dulu, Sekarang dan yang Akan datang). Sebab itu pelihara kesucian lebih dari semua dan taat melakukan kehendak Tuhan yang dikatakan Roh Kudus. Terus berdoa dalam Roh tanpa stop (se-bisa2nya) ini kunci penting untuk bisa terus hidup dipimpin Roh Rom 8:14, 1Tes 5:17,  maka ini akan membuat kita bisa bersekutu dengan manis dalam Roh, baik antara suami-istri, keluarga dan dalam tubuh Kristus dalam Gereja. Hasilnya akan sangat indah dan buah2nya akan lebat memperkenankan Tuhan. Jangan biarkan dosa atau pikiran yang lain, yang bukan dari Roh Kudus dan Firman Tuhan. (Biasanya ini membuat hati gelisah, tidak ada sejahtera) supaya jangan ada yang merusak persekutuan dalam Roh, ini persekutuan yang betul antara satu sama lain di dalam tubuh Kristus.dan semua ada hubungan manis dengan kepala kita yaitu Tuhan. Ef 4:15-16. Pelihara hubungan baik yaitu hubungan sejahtera Ef 4:3.(jangan pahit karena ada akar pahit yang muncul Ibr 12:15 sehingga gelisah, tiada sejahtera), kalau ada dosa, harus dibuang, tidak mungkin ada persekutuan dalam Roh kalau ada dosa! Kalau orang lain bersalah pada kita, ampuni. Kalau bisa dinasehati, kalau belum mau menerima, doakan terus.

Kalau Roh Kudus ingatkan untuk mengusir setan2, lakukan dengan iman. Kalau hubungan kita baik satu sama lain dan kita taat pada Tuhan Yesus Kepala Gereja, maka tubuh Kristus bisa berfungsi baik dan ber-buah2.

Suami-istri kalau bisa bersekutu dengan kasih dan kesucian, dan mau dipimpin Roh, maka Tuhan bisa bekerja dengan nyata itu jadi seperti 3 tali yang kuat dan tidak bisa putus2 sehingga bisa ber-buah2 Pkh 4:12.

Perhatikan ada persekutuan tingkat Halaman yaitu persekutuan Pagar Halaman, kayunya (tabiat daging)masih tampak dan seringkali jatuh bangun dalam dosa.

Begitu kalau anggota2 bisa bekerjasama dalam Roh,Tuhan bisa bekerja dengan hasil yang 100 kali ganda, bahkan lebih Im 26:8, Yus 23:10. (Dalam dunia ada simbiose mutualistis tetapi hasilnya paling2 dua kali lipat).

Kalau ada dosa, pelayanan bisa gagal seperti dosa Achan, Israel kalah, 36 orang mati Yus 7:5. Jangan terpancing untuk berdosa (jangan bereaksi dosa) tetap dalam kesucian dan bersekutu ber-sama2 dalam Roh, berarti ada kasih dan kuasaNya, hasilnya pasti indah!

Tubuh Kristus itu heterogen, tua muda, pintar (bergelar) tidak bergelar, kaya-miskin, dll, menjadi satu karena Kristus. Saling menghargai (Pil 2:3, lihat apa kelebihannya, jangan lihat cacat atau kekurangannya, sehingga bisa menganggap dia lebih baik dari kita dalam kelebihan2nya).

Ini dasar untuk bisa bekerjasama dalam keluarga, kelompok dan Gereja Tuhan, seperti tubuh Kristus. Hasilnya pasti akan ber-buah2, memuaskan, memperkenankan Tuhan dan diberkati Tuhan.

1KOR 12:14-18. SATU TUBUH BANYAK ANGGOTA.

Tubuh itu bukan terdiri hanya dari mata, atau mulut atau tangan dll, tetapi dari macam2 bagian dan saling melengkapi. Kita tidak sama, tetapi jangan karena ini lalu bertengkar dan pecah, tetapi justru sebab tidak sama, kita bisa saling melengkapi dan mengisi sehingga hasilnya makin besar apalagi dengan Tuhan!

Kita kerjakan pesta rohani ini ber-sama2. Kita tidak cari untung, tetapi kita berkorban ber-sama2, baik uang (tidak ada satupun yang menjadi donatur, tetapi ber-sama2) dari kas Gereja, dari semua panitia dan stan, juga dari seluruh jemaat, baik kecil atau besar, Tuhan yang tahu dan menerimanya Mat 6:3. Juga waktu, tenaga, segala macam pelayanan, suatu persembahan kita untuk tubuh Kristus di Indonesia.

Kerja sama dalam tubuh Kristus itu sangat penting untuk bisa ikut dalam rencana Allah, istimewa untuk menjadi sempurna Yoh 17:23. Kerjasama ini:

  1. Harus sesuai dengan Firman Tuhan dan untuk tujuan yang betul, misalnya untuk Mat 24:45. Intinya adalah melakukan kehendak Tuhan, untuk memuliakan nama Tuhan.
  2. Dalam kesucian Yes 52:11, 2Kor 4:17, supaya bisa taat dipimpin Roh. Kalau ada dosa, setan bisa ikut bekerja diantara kita dan hasilnya bisa berkurang. Kita harus bisa bekerjasama dengan sehati, sepikir, sejiwa, jangan dengan ber-lawan2an Pil 2:3, 1Kor 1:10, Mrk 3:25. Baik dalam pelayanan rutin atau pelayanan bersama. Ada banyak pelajaran yang kita dapatkan dari ayat2 ini, antara lain:
  3. Semua sama2 terbeban karena Kristus. Gal 6:2. Kalau waktu seorang bicara atau menulis, seluruh anggota tubuh ini ikut mendukung, masing2 di tempatnya sesuai dengan bagiannya masing2.

Jangan kalau mulut bekerja, mata, telinga, kaki, tangan tidak mau terbeban, tidak mau ikut, tubuh orang itu bisa menjadi kacau atau gila, apalagi dalampekerjaan Tuhan, bisa rusak. Masing2 harus mau terbeban ber-sama2 karena Kristus.

Misalnya orangtua pesta mantu, semua anggota keluarga dan isi rumah dengan sendirinya mau terbeban dengan sukacita danmenjalankan tugasnya masing2. Begitu dalam pesta rohani ini, semua anggota yang normal terbeban untuk mensukseskan karena Kristus.

Jangan sebab bukan panitia, tidak senang pada ketua atau salah satu panitia, lalu tidak mau peduli (tidak mau terbeban bahkan kadang2 memboikot dengan kata2 yang negatif atau perbuatan merugikan, itu bisa melawan Allah. Kita bekerjasama karena Tuhan, dari Tuhan, untuk Tuhan dan jangan beri tempat kepada kata2 atau pikiran dari iblis.

  1. Saling mengisi. 1Kor 3:6. Paulus dan Appolos saling melengkapi dalam pelayanan. Begitu juga dalam peperangan melawan Amalek dalam Kel 17:13-14, disini tampak semua saling mengisi dengan baik sehingga menghasilkan kemenangan yang besar. Yusak perang, Musa berdoa, bahkan ini yang lebih menentukan. Sebab itu saudara2 yang “hanya” bisa berdoa, itu mempunyai andil yang besar seperti Musa. Juga Harun dan Hur, waktu melihat Musa lelah, mereka mengambil batu untuk duduk, itu cukup berat, tetapi mereka melakukannya.

Bahkan waktu tangannya lelah memegang tongkat, mereka ikut membantu dengan sendirinya sebab sama2 merasa terbeban dan mau saling mengisi.

  1. Saling menanggung kelemahan yang lain. Rom 15:1. Misalnya ada anggota tubuh yang luka, sakit atau cacat dsb. Anggota tubuh yang lain ikut menolongnya, misalnya diobati, dibebat, ditolong supaya pulih dan sembuh. Begitu juga secara rohani kalau ada anggota tubuh Kristus yang sikapnya tidak baik, ditipu dan dikendalikan setan, jangan dimusuhi, tetapi tolonglah mereka yang lemah ini.

3.1. Kalau dosa buang, bereskan, jangan kita mau ditipu dan diperalat setan, sebab dosa apapun berarti itu menjadi tempat masuk bagi iblis dan Roh Kudus tidak bisa bekerja.

3.2. Kalau orang itu yang bersalah, ampuni, tolong, jangan bereaksi dosa, tetapi tetap ber-jaga2 dengan bijak Mat 10:16 dan terus dipimpin Roh.

3.3. Kalau ada pekerjaan iblis, usir di dalam nama Tuhan Yesus, pakai iman dan kuasa Allah. Dengan demikian supaya hubungan antara setiap anggota jadi baik, bisa bekerjasama, menyelesaikan tugas dari Tuhan dengan manis dan nama Tuhan dipermuliakan!

Apalagi kalau kita berhasil melepaskan saudara2 kita dari dosa Yud 23, Yak 5:19-20 dan membuat orang2 yang memusuhi kita menjadi sahabat Tuhan dan sahabat kita Ams 16:17. Ini suatu kemuliaan yang besar. Jangan sebaliknya membuat saudara2 kita menjadi musuh, membenci dan berkelahi, ini pekerjaan setan. Tetapi pekerjaan Roh Kudus seperti Kristus mendamaikan musuh2 kita dengan Tuhan dan dengankita sendiri, itu indah dan mulia, tetapi inipengolahan yang cukup berat namun menumbuhkan tingkat rohani kita.

1KOR 12:19-20. BANYAK ANGGOTA, SATU TUBUH.

Semua yang menjadi anggota tubuh Kristus, kalau setia sampai akhir akan selamat dan masing2 menerima pahalanya masing2. Tuhan memberi pahala itu dengan adil, sesuai dengan pekerjaannya Wah 22:12. Misalnya ada 25 orang mengangkat satu batang pohon besar, sesudah selesai, semua mendapat upah yang sama. Ini cara manusia sebab mandornya hanya melihat dari luar. Tetapi Allah memberi upah yang sesuai dengan perbuatan masing2. Siapa yang hanya menempelkan tangannya dan ber-teriak2 tetapi tidak mengangkat, Tuhan tahu dan upahnya juga sesuai dengan perbuatannya. Tetapi yang sungguh2, mungkin mengangkat sungguh2 sampai dua kali rata2, maka Tuhan juga memberi dua kali ganda. Tetapi kalau ada yang menyabot, meskipun tidak ketahuan, Allah tahu dan tidak diberi pahala tetapi justru dapat hukuman. Misalnya proyek Allah membawa Israel dari Mesir ke Kanaan. Beberapa orang menyabot proyek Allah ini dengan sengaja seperti 10 pengintai, bahkan menghasut. Mereka tidak dapat pahala justru mendapat hukuman dan binasa Bil 14:36-37. Juga 250 orang yang menyembah Allah dengan pedupaan tembaga, mati dibakar Bil 16:32-35. Juga Korah dkk. Sebab itu kita harus bersikap benar di hadapan Tuhan, sebab Tuhan tahu dengan tepat perbuatan kita (atau pelayanan kita) yang sesungguhnya. (Kita harus mengerti bahwa pelayanan tidak boleh dengan dosa 2Kor 6:17).

Sebaliknya ini juga kesempatan untuk mendapat pahala yang limpah. Orang yang dengan segenap hati, habis2an melayani Tuhan dengan tulus dan kasih, Tuhan tahu dan Tuhan memberkatinya juga dengan limpah.  Juga dalam pelayanan rutin, Tuhan memberi pahala yang sesuai. Bahkan mereka yang limpah dengan sengsara karena Kristus (disalah mengerti, dirugikan, di-kata2i, difitnah dll tetapi tetap dalam kesucian, tidak bereaksi dosa, tetap taat dipimpin Roh) ia akan mendapat pahala yang sesuai dengan sengsara karena Kristus, bahkan Roh kemuliaan turun ke atasnya 1Pet 4:12-16. Sebab itu pakai setiap kesempatan untuk terus mendukung pekerjaan Tuhan (yang rutin dan yang khusus), maka ini menjadi pengolahan untuk pertumbuhan rohani kita (sebab bergaul dan bekerjasama dengan orang banyak pasti ada gesekan dan bagi yang mau menderita karena Kristus ini menjadi pengolahan, sekaligus menjadi pahala yang kekal Rom 8:16-17).

Sebab itu bisa melayani adalah suatu kesempatan yang indah untuk bertumbuh dan ber-buah2, bisa mendapat pahala se-banyak2nya. Sebab itu jangan tinggal diam, hidup suci dan dipimpin Roh lalu melayani, baik di dalam Gereja (sekalipun pelayanan kecil, upahnya besar Mat 10:39, Kis 6:4-6) dan pelayanan di luar; masih ada banyak kesempatan, apalagi kalau mau dipimpin Roh. Memang pelayanan dalam kesucian (kalau toh ada dosa mau disucikan lebih dahulu) akan cepat menumbuhkan tingkat rohani kita 2Tim 2:20-21.

 

1KOR 12:21-25. JANGAN MENGHINAKAN YANG KURANG.

 

  1. Dalam tubuh Kristus selalu ada orang2 dengan kemampuan kecil dan kurang dihargai, tetapi kita tidak tahu berapa sebenarnya harganya di hadapan Tuhan, sebab Tuhan yang tahu nilai yang sebenarnya (ingat nilai cowek, uleg2 dengan cincin emas).Orang yang besar dan tinggi di hadapan manusia, di-puji2, disanjung dan orang itu menyukainya(tidak mau membetulkan, ia senang di-angkat2) itu kebencian di hadapan Allah Luk 12:15. Seharusnya kita mengembalikan segala pujian kepada Allah Yes 42:8 seperti yang dibuat Paulus 2Kor 12:6. Jangan berlagak sedemikian rupa sehingga orang memandang atau menganggap kita lebih dari yang sebenarnya, orang seperti ini yang suka dihargai dan di-puji2, akan direndahkan Allah.
  2. Tuhan memberi jumlah talenta yang tidak sama pada setiap orang Mat 25:15, masing2 sesuai dengan anugerah Tuhan. Rom 12:6, 1Kor 15:10. Sebetulnya kita semua ini seperti bejana tanah liat yang tidak berharga, bedanya satu sama lain sangat kecil, tetapi barang yang mulia itu dengan anugerah Tuhan, diberikan di dalam kita sehinggamembuat kita menjadi sangat mahal. 2Kor 4:7. Sebab itu orang yang mengerti, menghargai orang2 yang tidak berharga sama seperti dirinya, sebab kalau Tuhan mengangkat semua anugerahNya maka ia menjadi sama dengan mereka atau kalau Tuhan memberi anugerah yang sama pada orang itu, mereka akan menjadi sama seperti kita atau lebih besar. Sebab itu jangan menghinakan tetapi hargai dan belajar bekerjasama dengan baik2, dengan rendah hati, dengan tulus dan kerjakan karena Tuhan.

Sebagai salah satu tanda dari kerjasama yang baik, akan ada persatuan yang manis dari segala tingkatan talenta, meskipun pelayanan masing2 berbeda. Kalau ada perpecahan, apalagi sebab saling meninggikan diri dan menuntut kepujian dan hormat itu tanda dari tidak adanya persekutuan yang betul. Segala puji dan hormat harus dikembalikan kepada Tuhan, jangan menghinakan orang lain dan jangan meninggikan diri sendiri.

 

1KOR 12:26-27. SAMA2 MENDERITA DAN SAMA2 DIPERMULIAKAN.

Ini tubuh Kristus yang betul, karena ada kasih Kristus. Lebih banyak kadar kasih Kristus, lebih nyata hal ini, sebab bsia mengampuni lebih banyak dan mengasihi lebih banyak seperti orang Samaria itu lebih dari Imam dan orang Lewi itu Luk 10:27-37. Ada banyak contoh2 dan kesaksian. Tetapi semua kita mempunyai banyak kesempatan untuk membuat kesaksian2 yang sama, sebab pada akhir zaman ini ada banyak orang2 jahat di dunia dan di dalam Gereja juga ada banyak Saul, Absalom, Yudas dll yang akan mengolah iman kita menjadi makin tinggi. Pakai semua kesempatan itu dengan baik dalam pimpinan Roh Kudus Mat 10:16.

Nyanyian: Tabernakel Glory no. 561.

Jadikan kami satu oleh RohMu Tuhan..