M3868 – Lukas 21:26-28. Melihat Tanda-Tanda Zaman Yang Dahsyat.

PENDAHULUAN.

Ada banjir besar, rumah2 hampir tenggelam, orang2 panik lari menyelamatkan diri, tetapi ada satu orang meniup seruling dengan sukacita di atas atap, tidak peduli bahaya kurang 1 meter. Keadaan sekarang seperti ini:

  1. Orang2 dunia membaca dan melihat berita yang mengerikan di seluruh dunia, macam2 bahaya meletus di mana2, tetapi usaha pariwisata dan semua rekreasi justru makin maju, bersukacita, tidak peduli, tidak bersedia, semua itu dianggap seperti berita angin saja.
  2. Sebagian orang beriman juga hampir sama, hanya memikirkan berkat dan kesukaan yang memang ada dalam Kristus, tetapi tidak bersedia apa2 Mat 24:42, padahal saat yang kritis itu sudah dekat.
  3. Tuhan Yesus memberi peringatan supaya jangan kita hanya mencari senang2 saja, tahu2 hari2 yang dahsyat itu datang seperti jerat sehingga masuk jerat, tidak bisa keluar dan binasa Luk 21:34-36. Jangan hanya bisa melihat tanda2 bumi ini, tetapi yang lebih penting adalah tanda2 akhir zaman Mat 16:3. Sebab itu kita harus bisa melihat dengan pengertian tanda2 akhir zaman dan bersedia supaya jangan kita masuk jerat, tetapi bisa ber-jaga2 (belajar dari Firman Tuhan untuk mengerti) dan berdoa dalam Roh dan kebenaran supaya kita tidak kena, tetapi bisa lepas dari semua perkara dahsyat yang akan terjadi masuk dalam rencana Allah sehingga bisa berdiri di muka Putra manusia, di awan2 lalu ber-sama2 Dia terus untuk se-lama2nya.

DUA MACAM KELOMPOK.

Luk 21:26-27. Menceritakan orang2 yang takut sampai mengalami gagal jantung (rebah mati, mati ketakutan) karena keadaan yang dahsyat. Ini gejala2 umum pada waktu ini karena keadaan yang sangat dahsyat, lalu orang2 itu melihat Tuhan Yesus datang dengan kuasa dan kemuliaan yang sangat besar Wah 1:7; 6:15-17. Seluruh dunia sampai pemimpin2nya ketakutan melihat Tuhan Yesus turun ke dunia dengan kuasa yang amat besar. Ini terjadi pada kedatangan Tuhan Yesus yang kedua (tahap II) dalam perang Harmagedon, sebab semua mata melihat kedatanganNya. (Pada waktu pengangkatan (tahap I) tidak ada yang bisa melihat, hanya tiba2 begitu banyak orang hilang dengan ciri2 yang khas).

Jadi hari2 yang menakutkan bagi orang2 dunia ini (pada saat terakhir (Minggu ke-70 Daniel) yang ada adalah Antikris dan pengikutnya, juga orang beriman yang ikut pengangkatan dan yang tertinggal. Dalam 7 tahun terakhir, bahkan juga sebelumnya, adalah hari2 yang membuat banyak orang kena serangan gagal jantung sebab ketakutan yang dahsyat. Ini keadaan yang umum di mana2 pada hari2 ini,sebab keadaan begitu dahsyat, apalagi yang menjadikan,sangat dahsyat, sebab saat2 ini seperti Neraka di bumi yang dikuasai oleh 4 Antikris dan semua setan dari neraka diizinkan keluar (sesudah Sangkakala 5 dan 6) dan berbuat semaunya di dunia terutama dalam zaman Antikris.

Luk 21:28. Ini adalah golongan yang bergembira sebab penuh pengharapan, yang disuruh memandang ke atas, sebab penebusannya sudah makin dekat. Ini saat terakhir, jadi penebusan disini adalah tahap kedua yaitu tebus tubuh yang memang di tunggu2 oleh segenap dunia Rom 8:23. Orang yang percaya sudah mengalami penebusan yaitu rohnya, tetapi tubuhnya belum. Sebab tiu tubuh ini kalau tidak disalibkan, dimatikan (Rom 6:6, Luk 9:23) bisa menarik kita kepada perkara2 daging (tubuh dosa, tubuh maut, hukum dosa dan hukum maut). Sebab itu kita harus terus menerus mematikan daging ini supaya jangan tubuh dosa ini menarik kita untuk berbuat kehendak daging. Penebusan tubuh ini terjadi pada waktu pengangkatan, maka orang yang mati di dalam Tuhan akan bangkit dalam tubuh kebangkitan yaitu tubuh kemuliaan dan orang2 beriman yang masih hidup dalam kesucian, dipimpin Roh akan berubah dalam sekejab menjadi tubuh kemuliaan dan semua akan naik ke dalam awan2 yaitu hadirat Tuhan, bertemu dengan Tuhan, suatu pertemuan akbar yang terbesar, yang sudah dinantikan semua orang beriman dari seluruh dunia dan dari segala generasi sejak Adam dan bertemu ber-sama2, suatu pertemuan yang paling top dan mulia yang amat indah.

Kedua macam keadaan ini menceritakan keadaan orang2 di dunia yang sama2 hidup di akhir zaman yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel, tetapi keadaannya sangat berbeda. Yang satu penuh sukacita dan pengharapan, menunggu hari yang sangat mulia untuk ikut mengalami kedatangan Tuhan pada waktu pengangkatan dan yang lain dengan sangat ketakutan, bahkan banyak yang kena gagal jantung karena ketakutan, sebab segala kuasa di langit akan digoncangkan. Mengapa? Sebab terjadi peperangan yang dahsyat di udara Ef 6:12(alam roh) sejak peperangan di Surga antara Michael penghulu malaikat dengan naga (iblis) dengan segala tentaranya. Iblis kalah dan dicampakkan ke bumi dan tempatnya di Surga sudah lenyap Wah 12:7-9,12 sebab itu wai bagi bumi karena iblis dan tentaranya marah besar, sehingga pekerjaan iblis di bumi meningkat ber-lipat2 kali ganda, dosa meningkat dan terjadi peperangan di dunia antara Gereja dengan naga, antikris dan pengikutnya. Tetapi Gereja Tuhan tetap menang, sebab Allah sepenuhnya ada di dalamnya, bahkan jadi sangat ajaib dan heran. Wah 12:1.

Menjelang hari2 yang sulit inilah Firman Tuhan menceritakan tentang dua macam orang yang menjadi pelajaran dan peringatan bagi kita semua.

III. PERBEDAAN DUA KELOMPOK INI.

Mengapa dua kelompok ini berbeda sekali padahal sama2 di akhir zaman. Yang satu (Luk 21:26-27) begitu ketakutan sampai rebah mati (gagal jantung) sebab melihat keadaan yang sangat dahsyat. Begitu banyak korban yang berjatuhan dalam masa2 sulit ini (masa hukuman dunia dengan 7 Meterai, 7 Sangkakala, dan 7 Bokor). Pada saat dosa meningkat sampai puncak2nya, dunia penuh dengan kejahatan dan perkara2 yang sangat keji, betul2 dahsyat dan mengerikan. Tetapi kesucian juga meningkat sampai puncak2nya, limpah dengan pekerjaan ilahi. Tetapi mengapa orang2 dalam golongan Luk 21:28, yang melihat perkara2 dahsyat yang sama, mereka tidak takut, tetapi bersukacita. Mengapa? Sebab mereka memandang ke atas, melihat puncak kesucian yang menghasilkan penebusanNya yang heran.  Inilah orang2 yang tinggal di dalam Kristus dan termasuk golongan Gereja akhir zaman yang dipimpin Roh dalam jalan sempit. Mereka tidak takut, tetap bergairah dan sukacita, sebab bisa melihat puncak perkara2 yang indah dan besar yang menjadi pengharapannya, yang tidak bisa dilihat orang dunia dan orang2 Kristen jalan lebar!

KUNCI PERBEDAANNYA.

Golongan I (Luk 21:26) hanya melihat dosa yang meningkat luar biasa dengan segala akibatnya yang dahsyat sehingga mereka menjadi ketakutan dan rebah mati dan begitu banyak orang mengalami semacam ini sehingga banyak orang rebah mati sebab ketakutanmenjadi hal yang umum. Bukan saja mereka yang menjadi korban itu mati dengan dahsyat, tetapi yang melihat saja juga rebah mati ketakutan.

Tetapi golongan II (Luk 21:28) adalah orang2 yang bisa melihat dua puncak ini ber-sama2 yaitu puncak dosa dan kejahatan yang meningkat dahsyat, tetapi juga puncak kesucian dan pekerjaan Allah yang meningkat sehingga Gereja tumbuh dengan luar biasa sampai menjadi sempurna. Tidak semua bisa melihat puncak kesucian yang luar biasa ini, penuh dengan kemuliaan Allah, suatu ajaib di langit Wah 12:1. Inilah orang2 yang penuh dan dipimpin Roh yang bisa mengerti dan melihat rencana Allah yang besar dan ajaib ini, tetapi tidak tampak oleh mata orang berdosa. Kuasa Allah bekerja dengan se-penuh2nya dan Gereja menjadi ajaib. Semua ini adalah pekerjaan ilahi yang tidak bisa dilihat dan dimengerti dengan pikiran orang berdosa, tetapi orang2 yang percaya dan berjalan dengan Tuhan bisa melihatnya dan tidak takut, bahkan bersukacita!

TANDA-TANDA ORANG YANG TIDAK TAKUT, TETAPI TABAH DAN BERGEMBIRA.

  1. Mereka bisa melihat dua puncak ini.
  2. Mereka hidup di jalan sempit, penuh dan dipimpin Roh senantiasa.
  3. Mereka bisa mengerti, percaya dan mengalami janji khusus dalam hari2 ini yaitu 1Kor 15:51 dan menunggu kedatangan Tuhan yang luar biasa dalam pengangkatan 1Kor 15:52.
  4. Ini adalah orang2 yang dipisahkan dari orang2 Kristen jalan lebar seperti Lot yang terseret oleh arus dosa ke jalan lebar. terpisah dari Abraham, yaitu orang2 yang bisa hidup dalam kesucian dipimpin Roh seperti Abraham.
  5. Pemisahan makin nyata oleh hukuman dalam ruman Allah.

Di luar (dalam dunia) hukuman yang dahsyat karena dosa2 yang memuncak, tetapi di dalam Gereja juga ada hukuman bagi isi rumah Allah 1Pet 4:17 yang membuat pemisahan itu makin nyata. Semua yang plin plan dan undur dari Tuhan akan terseret dalam arus dosa yang dahsyat, tetapi yang hidup dalam kesucian masuk di dalam Ruangan Suci yaitu dalam golongan orang2 yang penuh dan dipimpin Roh.

  1. Tuhan memelihara orang2 suciNya. Tidak ada pemerintahatau Yayasan atau badan2 khusus yang menjadi tempat perlindungan orang2 ini, tetapi Allah sendiri menjadi tempat perlindungan satu2nya yang paling kuat. Semua yang dipimpin Roh itu diatur dan dilindungi oleh kuasa Tuhan yang mengalahkan Antikris, ular naga dan semua tentaranya 1Yoh 4:4. Sekalipun tampak biasa, tetapi yang ada di dalamnya, itu yang luar biasa Rom 8:31. Orang yang hidup dalam dosa, menuruti daging ini tidak punya Roh Kudus di dalamnya (dipimpin Roh itu lebih dari bahasa lidah). Semua diatur sepenuhnya oleh Roh Kudus, dari perkara kecil sampai besar. Yang menjadi andalannya adalah pimpinan Roh Kudus seperti Putra manusia waktu hidup di dunia sepenuhnya dipimpin Roh seperti mobil atau kapal terbang yang diatur oleh remote control. Allah yang maha kuasa, maha tahu itu bisa mengatur semua orang yang dipimpin Roh dengan rapi dan teratur.

Tubuh manusia yang diciptakan Allah ini menjadi contoh yang sangat luar biasa. Otak ini bisa mengontrol setiap sel dan organ dalam seluruh tubuh lewat sel2 syaraf, kadar macam2 zat dan hormondalam darah dan cairan tubuh, lewat refleks2 dan sistem2 yang tidak terhingga dalam tubuh manusia, bahkan mengontrol sampai pertumbuhan sel2 dan organ tubuh. Begitu Allah yang maha kuasa ini sanggup memimpin seluruh tubuh Kristus, setiap anggotanya dengan heran dan terus bertumbuh sampai kesempurnaan rencana Allah. Begitulah oleh Roh Kudus seluruh anggota tubuh Kristus global akhir zaman dipelihara dan dipimpin dengan ajaib selama hari2 yang dahsyat ini.

CARANYA BISA HIDUP DIPIMPIN ROH DAN MAKIN MAHIR.

Ini kunci untuk zaman sekarang, terus dipakai dan diperlukan sampai Minggu ke-70 Daniel dan sampai pengangkatan. Sebab itu kita harus belajar makin mahir berjalan dengan Tuhan seperti Nuh Kej 6:9, seperti Abraham bahkan seperti Putra manusia Yesus sendiri yang selalu hidup dipimpin Roh Mat 4:1, Rom 8:14. Kita punya pikiran, kepintaran, pengalaman dan penasehat2, tetapi belajar bisa berjalan dengan Tuhan, dipimpin Roh di atas semuanya. Kalau kita tahu suara Roh dan taat penuh pasti berhasil dan menang.

Sebab itu kita:

  1. Harus hidup dalam kesucian.
  2. Selalu mematikan daging, pikul salib sehingga tidak ditarik dan tidak dipimpin daging, tetapi dipimpin Roh.
  3. Pimpinan Roh itu selalu sesuai dengan Firman Tuhan. Sebab itu orang yang makin mengerti kebenaran Firman Tuhan akan bisa makin jelas membedakan suara Roh dari yang lain. Roh Kudus selalu memimpin kita dalam jalan sempit, dalam persekutuan tubuh Kristus dengan Roh yang sama, membuat kita bertekun dalam 7 KPR dan terus dalam kesucian.
  4. Roh Kudus juga memberi kekuatan yang luar biasa (tekun doa dalam Roh dan kebenaran) sehingga kita bisa taat dan itu menghasilkan kemenangan yang besar.
  5. Ada sejahtera dan sukacita yang sekaligus menjadi tanda2 yang jadi tanda khas dari pimpinan Roh Kudus Pil 4:7.

Kita perlu makin tumbuh dalam pimpinan Roh, sehingga meskipun tidak mengerti tetapi bisa taat dengan sempurna, sehingga kita bisa dibawa dalam jalan2 yang baru yang belum pernah kita kenal atau mengerti. Ini penting pada akhir zaman yang dahsyat dan dalam banyak hal2 baru dalam pertumbuhan sampai pada puncak kesempurnaan Tuhan.

VII. MENGHADAPI HARI2 YANG SULIT.

Dengan singkat, caranya adalah: Tuhan Yesus. Gal 2:19-20. Kalau Kristus hidup dalam kita dan kita dipimpin olehNya, sehingga bukan kita lagi, tetapi Kristus yang hidup di dalam kita, maka kita sanggup menghadapi segala kesukaran itu dengan kemenangan Rom 8:31.

  1. Kesukaran keuangan. Ini yang menonjol hari2 ini dan tidak akan reda, sebab seluruh dunia berebutan uang dan kuasa. Prinsipnya Tuhan akan memberi kita seberapa banyak yang bisa kita tanggung dengan baik, tanpa mengakibatkan dosa dan ada pemakaian yang betul.

Untuk ini Firman Tuhan mengajar kita tidak cinta uang tetapi bisa berpada. Ibr 12:5, Mat 6:24, 1Tim 6:8. Salomo tidak bisa berpada, tidak pernah hidup melarat seperti bapaknya Daud; ia tidak bisa hidup sederhana sehingga menjadi cinta uang (sehingga angka Antikris itu muncul), sampai ia menekan rakyatnya sekalipun ia sudah kaya sehingga rakyat demo/ berontak. Banyak orang dunia yang kaya raya bisa hidup sederhana dan mendidik anak2nya sederhana. Apalagi kita orang2 dari Atas! Harus bisa berpada. Juga harusjujur, tidak mencuri uang orang lain dan uang Tuhan Mal 3:9-10, Mat 23:23; 5:20. Kalau kita beres dalam hal uang maka kita akan jelas mendengar suara Tuhan dan pimpinan Tuhan tidak pernah gagal. Memang kadang2 kita harus menunggu, jangan ter-buru2, apalagi kalau ingin lekas kaya, tunggu! Ams 28:20. Banyak berdoa dalam Roh dan hidup benar dalam keuangan, Tuhan sanggup menolong sekalipun zaman krisis, sabar!

  1. Menghadapi macam2 kejahatan. Jangan terpancing bereaksi dosa sehingga ikut berbuat jahat. Banyak berdoa dalam Roh kalau perlu puasa, supaya bisa mematikan daging dan mendengar suara Roh dengan betul, sebab kita juga harus cerdik menghadapi serigala2 ini Mat 10:16. Ampuni, berkati dan tolong musuh, jangan bereaksi dosa, benci, dendam, menghukum (Tuhan sendiri yang mengerjakannya Rom 12:19), tetapi cerdik, jangan menjadi korban karena kebodohan. Minta pimpinan Roh Kudus, buah Roh, karunia2 Roh, kuasa dan hikmatNya. Jangan lupa perlu ber-sama2 dalam persekutuan tubuh Kristus (Yoh 17:23) supaya kita makin kuat, bisa saling mendoakan, saling menasehati dan melayani dalam Roh, dengan karunia2 Roh. Kalau keluarga semua penuh dan dipimpin Roh, itu menjadi satu unit kecil yang indah, mulai dari suami-istri (Pkh 4:12). Orang jahat makin banyak di mana2, jangan takut dan gemetar, tetapi kita perlu banyak berdoa dalam Roh, kebenaran dan dipimpin Roh ber-sama2 dalam tubuh Kristus.
  2. Bencana alam, wabah penyakit, dan bahaya2 lainnya. Sekalipun 1Kor 15:51 itu berlaku untuk Minggu ke-70 Daniel, sebab dipersiapkan untuk pengangkatan, tetapi orang2 yang hidup dekat dengan Minggu ke-70 (kita ?) juga akan dilindungi. Kalau orang2 beriman mati sebelum masuk Minggu ke-70, maka yang ikut pengangkatan hanya balita di bawah 3 tahun, tidak mungkin. Semua yang akan ikut pengangkatan dipelihara Tuhan khusus jauh sebelum mulai Minggu ke-70 Daniel, yaitu calon2 yang akan ikut 11551, meskipun sudah tua. Sebab itu jumlah orangtua menjelang Minggu ke-70 Daniel akan sedikit meningkat. Sekalipun sakit jantung, kanker otak dll, kalau ikut pengangkatan, tidak akan mati tetapi sembuh oleh Tuhan dengan atau tanpa obat, luar biasa. Kita tunggu hari2 ini, bukan saja puncak kejahatan naik tetapi juga puncak2 kesucian makin bertambah! Hadapi semua bahaya dengan doa dalam Roh dan hidup benar, jangan ada dosa!
  3. Sikon politik. Banyak pihak menganjurkan menahan diri, sebab semua tahu kalau perang, bisa menyeret semua pihak jadi perang dunia III dan “kiamat”! Gereja tidak terjun dalam dunia politik baik di dalam atau di luar negeri, tetapi terjun dalam kamar doa dalam Roh dan kebenaran sehingga kita menggarami dunia ini dan rencana Allah pasti akan digenapkan dengan tepat. Jangan ikut arus kebencian politik sebab seringkali banyak siasatnya yang tidak terduga, biar Tuhan sendiri yang mengontrolnya.
  4. Dan lain-lain.

KESIMPULAN.

Hidup dalam kesucian dipimpin Roh supaya kita bisa melihat dua puncak itu yaitu kesucian dan dosa, pekerjaan Allah dan pekerjaan iblis dan Allah selalu menang. Sebab itu kita harus selalu di pihak Allah meskipun seringkali tampaknya sakit, rugi, tertekan (dagingnya) dll, tetapi kalau kita tetap di pihak Allah, pasti selalu keluar sebagai pemenang, jugatumbuh dan ber-buah2 dan mengalami rencana Allah yang indah, secara pribadi, keluarga, Gereja lokal dan global lalu ikut pengangkatan.

 

Nyanyian:

Marilah Tuhan, pimpin saya.