M3854 – Nahum 1:1-15. Niniwe Dan Yehuda (Rencana Allah Bagi Kita Dan Dunia).

NAH 1:1-2. TUHAN ITU ALLAH YANG CEMBURUAN DAN PEMBALAS.

Ayat 1. Beban tentang Niniwe. Buku penglihatan Nahum orang Elkosyi.

Penulisnya: Nahum, tidak banyak yang diketahui dari dia.

Niniwe adalah ibu kota Asyur yang menjadi pokok utama dengan Yehuda. Yunus yang disuruh Tuhan memberitakan hukuman atas Niniwe Yun 3:4-10 dan mereka percaya dan bertobat, puasa 3 hari sehingga hukuman itu dibatalkan, sebab Allah itu penuh pengampunan dan baik (ayat 7). Allah adil, sekalipun Niniwe itu orang kafir, kalau mereka percaya akan nabinya dan bertobat, Tuhan tidak membedakan dan berkemurahan atasnya. Tetapi sesudah kurang lebih 90-100 tahun kemudian (menurut buku2, Alkitab tidak menulisnya) mereka jadi begitu rusak sehingga Tuhan marah dan menghukumnya habis2an.

Ayat 2: Tuhan itu Allah yang cemburuan dan Tuhan itu membalas. Cemburu itu salah satu tanda cinta, tidak mau dibagi (dimadu, dimaru) dengan orang lain, sebab cinta. Kalau manusia cemburu seringkali reaksinya ber-lebih2 atau tidak betul sebab emosi dan perasaan. Cemburu manusia itu seringkali sama dengan dosa. Kadang2 timbul reaksi yang sangat jahat dan kejam sampai pembunuhan, tentu itu dosa besar. Ayub bisa saja cemburu mendengar istrinya menyuruhnya mati, lalu istrinya mau apa? Mau nikah lagi? Ayub bisa cemburu, tetapi Ayub seorang yang mutu rohaninya tinggi, ia tidak ngawur atau bereaksi jahat. Ia menegur keras istrinya Ay 2:9-10, tetapi tidak berbuat jahat justru mengampuni dan kembali mempunyai 10 anak dengan dia. Begitu juga Yusuf yang melihat Maria hamil Mat 1:19.Cemburu itu wajar kalau ada cinta yang betul (kalau tidak ada cinta, suami bisa tidak cemburu pada istrinya misalnya karena cinta uang menjual istrinya, seperti iblis). Orang beriman jangan bereaksi dosa sekalipun cemburu, serahkan pada Tuhan yang bisa cemburu 100% betul dan bisa mendidik, menghajar, supaya bertobat, atau menghukum kalau orang itu tidak bertobat!

Sikap yang betul, kalau cemburu adalah menyerahkan pada Tuhan (pakai tangan Tuhan) dantaat pada pimpinanNya dengan hikmat dan kuasaNya dan mengampuni 70×7. Mat 18:22. (Pada istri/ suami lebih cinta daripada kepada saudara, sebab itu mengampuni lebih banyak meskipun ia berdosa, maka Tuhan akan bertindak dengan tepat dan adil).

Tuhan membalas dengan sangat marah. Tuhan akan membuat pembalasan pada musuh2Nya dan Ia menyimpan murka untuk musuh2Nya. Kalau orang itu tidak bertobat atau pura2, maka Tuhan, Hakim yang adil akan bertindak dan dahsyat pembalasanNya Rom 12:19. Beberapa suami/ istri yang berdosa dibalas Allah dengan dahsyat, apalagi kalau istri atau suaminya sudah mengampuni dan menyerahkan pada Tuhan. Jangan marah sendiri dan membalas, nanti semuanya masuk Neraka, itu siasat iblis, sekaligus dapat 2 jiwa (yang satu diajak berzina, yang satunya cemburu). Tetapi kalau istri memenangkan suaminya sampai bertobat, keduanya kembali manis dan sama2 masuk Surga.

Juga orang2 yang membangkitkan cemburuan Allah, sebab cinta mammon, berhala,hedonisme dll, akan dihajar Tuhan.

NAH 1:3-6. TUHAN ITU MURAH TETAPI ADIL.

Ayat 3. Tuhan itu lambat marah (Pkh 8:11) dan besar kuasa (Nya), sebab itu banyak orang yang juga lambat bertobat sehingga celaka, seperti Simson, Saul, Korah cs dll. Ia sama sekali tidak mau membebaskan orang yang jahat (yang tidak mau bertobat). Sekalipun orang yang sangat indah seperti Simson, tetapi kena hukuman sebab dosa2 yang dibiarkan. Begitu semua yang lain, mengalami hukuman yang dahsyat seperti Korah, Nadab dan Abihu. Di dalam dunia, hukuman keras tidak bisa menghapus kejahatan, tetapi di dalamTuhan, Ia sudah menebus manusia sehingga yang mau percaya bisa bebas dari dosa dalam hati, pikiran, hidup dan pelayanannya; sebab itu sesudah bertobat, kalau kembali dalam dosa, hukumannya dahsyat. Di Niniwe  generasi yang lain yang kembali hidup dalam dosa (generasi Yunus tampaknya sudah mati, sebabsudah lewat kurang lebih 100 tahun). Jangan mempermainkan kemurahan Tuhan Rom 2:4, hukumannya lebih dahsyat Luk 12:48. Jalan Tuhan ada dalam puting beliung dan dalam badai dan awan2 itu adalah debu kakiNya. Allah bukan tandingan manusia, Allah itu maha besar, maha tahu dan maha kuasa. Jangan pura2, akancelaka besar. Justru yang tulus, sungguh2 taat itu untung besar!

Ayat 4: Ia menghardik laut dan membuatnya kering. Ia mengeringkan semua sungai. Basan dan Karmel merana dan kembang Libanon layu.

Tuhan adil, baik Basan dan Karmel (Israel) dan Libanon (di luar Israel), semua diperlakukan sama. Di dalam Gereja yang tidak bertobat hukumannya lebih dahsyat, tetapi di luar Gereja mereka itu hamba dosa, hamba iblis, tetapi kalau bertobat Tuhan terima. Mutlak perlu hidup benar habis2an 2Tim 2:15, sebab kalau pura2, itu sia2, Allah tahu dengan lengkap dan tepat.

Ini syarat dasar, pertama, utama. Memang untuk orang yang tidak sungguh2 dan pura2, Allah masih menerima bahkan memakainya se-olah2 tidak ada hukuman (Mat 7:23) sebab Tuhan lambat menghukum, menunggu waktunya habis (tanda tidak mau bertobat), maka hukuman Allah turun seperti zaman Nuh, Sodom, Niniwe dan akhir zaman ini, juga untuk setiap pribadi yang tidak bertobat, ia akan gemetar dan terbakar habis.

Ayat 5. Gunung2 gemetar kepadaNya dan bukit2 meleleh dan bumi terbakar di hadapanNya, bahkan dunia dan yang tinggal di dalamnya.

Mengapa ada macam2 sengsara dan celaka yang dahsyat dalam dunia ini? Sekedar supaya orang dosa mulai merasa, mengingatkan orang yang tidak bertobat, bahwa Neraka itu puncak penderitaan dan kekal.

Ayat 6. Siapa yang dapat berdiri di hadapan amarahNya? Dan siapa yang bisa tinggal di dalam murkaNya yang me-nyala2. MurkaNya dicurahkan keluar seperti api dan gunung2 batu dirobohkan olehNya.

Jangan mempermainkan Allah yang cemburuan, jangan mendua dengan dunia Yak 4:8, jangan turuti daging, akan diludahkan keluar seperti Laodikea Wah 3:16. Orang pura2 dan bercabang hati itu rugi:

  1. Tidak dapat sukacita, kuasa, rencana Allah yang terbaik. Kalau dapat ini, itu jauh lebih untung dan baik daripada yang terbaik dalam dunia.
  2. Kalau bisa bertobat dan sepenuh hati bagi Tuhan pada akhirnya, itu masih untung (tidak diludahkan keluar), tetapi waktu dan kesempatannya sudah hilang tidak bisa kembali, seharusnya bisa jadi “jendral”, tetapi sekarang maksimal, orang yang suam ini (kalau bertobat dan setia sampai akhir) hanya jadi “sersan”. Hampir semua kesempatan yang hilang dan waktu tidak bisa kembali. Untuk rencana kelas I kita harus menebus waktu (misalnya dapat waktu 180%) tetapi sebab suam,mendua waktunya hanya tinggal 40% atau lebih sedikit lagi, nyata benar bedanya. Orang yang setengah hati itu rugi se-gala2nya.

NAH 1:7. TUHAN ITU BAIK, TEMPAT PERLINDUNGAN PADA HARI KESUKARAN.

Carilah orang yang terbaik kepada kita, maka Tuhan itu 1000 kali lebih baik bagi kita yang mau tulus, taat dan setiap kepadaNya. Jangan mau ditipu iblis yang ingin memberi kesan Tuhan itu jahat. Perbuatan Tuhan itu baik bagi yang percaya dan taat, tetapi jahat dan menghukum, orang yang melawan Tuhan, itulah orang yangbersekutu dengan iblis. Tetapi sementara di dunia Tuhan baik pada semua, termasuk pada anak terhilang dan Salomo yang undur dan sangat jahat, tetapi tetap ada perhitungannya pada akhir hidup; rohaninya sisa berapa? Kalau sisa 1% (seperti menerusi api 1Kor 3:15) masih bisa selamat asalkanpada akhirnya tidak ada dosa lekat padanya, sudah dibereskan (Wah 21:27; 22:15), tetapi di dunia ia terus tertuduh dan terjepit dan di Surga paling rendah. Jangan mempermainkan kebaikan Tuhan.

Orang yang sepenuh hatinya berharap pada Tuhan, ia mengenali orang2 itu. Luar biasa. Hidup seperti ini indah dan luar biasa, sekalipun banyak godaan dan pencobaan, sekalipun banyak gangguan dan dibenci, difitnah, diiri orang lain dan dijahati, tidak jatuh dalam dosa tetapi tetap suci dan tumbuh dalam tabiat yang baru dengan sejahtera dan sukacita Allah seperti air hidup yang makin dalam, sampai tidak terukur dalamnya.Yez 47. Ini hidup yang indah, tabiat baru tumbuh dalam kasih Kristus dan tingkat kesuciannya tinggi,tidak jadi dosa dalam pencobaan apa pun juga, bahkan sampai dalam pikiran dan angan2 selalu menang, tidak berpikir dosa dalam segi apapun.

NAH 1:8-12a. HUKUMAN DAHSYAT BAGI YANG MELAWAN ALLAH.

Ayat 8. Tetapi dengan air bah yang meliputi, ia akan mengakhiri (mereka) sama sekali dari tempatnya dan kegelapan akan mengejar musuhNya.

Mereka diakhiri sama sekali. Memang ada orang jahat yang hidup panjang (Saul memerintah selama 40 tahun, sama dengan Daud) tetapi tetap ada perhitungan Allah yang adil. Permulaan Saul amat indah, Samuel (lebih2 Tuhan) bercintakan Saul, mengharap pertobatannya sudah diberi kesempatan maksimal, sudah ditambah, tetap keras hati dan binasa 1Sam 15:35. Hidup Saul penuh kegelapan sampai cari pegawai untuk menghibur raja. Ini aneh, raja cari penghiburan!

Salomo yang hidup dalam dosa, hatinya kosong, menciptakan sendiri rekreasi dan anggurnya Pkh 2:11, kesimpulan dari semua kesukaan dosa adalah sia2 (ayat 11) dan tertawa itu gila (ayat 2).

Ada 37 kata sia2 dalam Pengkhotbah. Jangan percaya kesukaan dosa, itu siasat dan rayuan iblis seperti Hawa, hasilnya hanya air mata dan kepahitan sepanjang umur hidupnya.

Adam dan Hawa shock putus asa seperti Yacob, Elia, tidak berkutik meskipun hidup 930 tahun tidak ada buahnya. Adam dan Hawa hidup sampai bapaknya Nuh, tetapi mereka tidak ada usaha atau gagalmencegah dosa dan kejahatan dalam anak cucu turunannya.

Kesempatan habis dalam penderitaan panjang, tidak bisa diulang lagi.

Ayat 9: Apakah yang engkau bayangkan untuk melawan Tuhan. Ia akan mengakhiri sama sekali, penderitaan tidak akan muncul kedua kalinya.

Jangan pakai kesempatan hidup ini untuk yang sia2. Segala kesukaan dosa itu sia2, hanya melelahkan tubuh dan jiwanya saja. Bersukacitalah di dalam Tuhan, ber-buah2 jiwa dan tumbuh dalam tabiat baru yang makin seperti Kristus, dan meningkat dalam gunung kesucian Maz 48:2 yaitu tidak bisa jatuh dalam dosa dalam godaan dan gangguan apapun Yoh 8:36 dan itu berarti sukacita yang terjamin, mengalir sampai hidup kekal. Yoh 4:14.

Ayat 10. Karena ketika mereka terjerat ber-sama2 (mbulet) seperti duri dan ketika mereka mabuk seperti pemabuk, mereka akan dimakan habis seperti jerami yang sangat kering.

Seperti domba Abraham, Ishak yang tidak bisa lepas karena mbulet dalam semak duri, itulah hidup sukacita dalam dosa, penuh dengan kepahitan dan sakit hati yang mengikat mereka Ams 14:12-13. Kelihatannya duduk senang2, tetapi hatinya menderita dan pahit. Jangan hidup sia2 seperti Salomo. Bahkan begitu terikat sampai menjadi penasehat jahat/ Belial.

Ayat 11. Dan ada seorang keluar daripadamu, yang membayangkan kejahatan melawan Tuhan, seorang penasehat yang jahat (Belial).

Kalau seorang tidak mau keluar dari cengkraman setan, ia justru dipakai setan jadi penasehat Belial, jahat, keji bahkan seperti iblis sendiri! Orang2 seperti ini akhirnya menjadi Antikris, mula2 rasul tetapi mendua cinta uang dan dosa lain, akhirnya jadi pengkhianat dan penasehat keji, menjatuhkan banyak orang lain dalam dosa. Ams 16:29.

12.a. Demikianlah Firman Tuhan, meskipun mereka tenang dan banyak, tetapi mereka akan dipotong sampai jatuh, ketika Ia melewati(nya).

Kalau kita lewat, menghadapi mereka, kalau dengan Tuhan Yesus pasti menang, mereka akan dipotong, jatuh. Jangan ragu2. Jangan lupa kesuciannya tingkat tinggi, sehingga Tuhan beserta dengan nyata, meskipun digoda, dijahati, dibenci tidak makan hati, tidak sakit hati tetapi bisa mengampuni dan memberkati, tetap sejahtera, ini pahlawan Tuhan dan setiap kali akan menang sekalipun ada macam2 godaan dan ancaman, kuasa Tuhan bekerja dengan limpah. Orang yang setiap kali jengkel, mangkel, pegel, emosi, sakit hati, benci, kedagingan itu akan menjadi mangsanya, bukan pemenang. Terakhir Tuhan akanlewat dengan kita dalam perang Harmagedon dan Gog Magog dan mereka dipotong sampai habis.

12b – 15. YEHUDA PULIH DAN BERPESTA.

Yang diceritakan hanya Yehuda, bukan tentang Israel yang sudah rusak total dari permulaan di bawah Yerobeam. Tetapi Yehuda tetap bertahan dalam kesucian dan taat menyembah Allah. Memang waktu Salomo, bertebaran berhala sehingga Tuhan marah besar terhadap Salomo. Tetapi sesudah itu masih banyak raja2 yang setia pada Tuhan, bahkan indah seperti Hizkia, Yosafat (ada cacatnya), Uzia, Yotam, Yosia dll. Meskipun mereka juga kalah dan ditawan, tetapi sesudah 70 tahun mereka kembali ke Yerusalem dan berpesta di hadapan Tuhan.

12b. Sekalipun Aku telah menyengsarakan kamu,Aku tidak akan menyengsarakan kamu lagi.

Ini berarti pemulihan, waktu dosa meningkat tinggi Wah 22:11, banyak umat Tuhan kena dan jatuh bahkan dosa2 itu masuk sampai dalam Gereja, sehingga akhirnya timbul Gereja jalan lebar dan jalan sempit Wah 2-3. Bahkan trend orang Kristen jadi duniawi dan dosa, seperti Yehuda juga kalah dan ditawan, tetapi di dalamnya masih ada cukup banyak yang tetap taat pada Tuhan seperti Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dan banyak orang2 yang akhirnya sempat kembali dan membangun Yerusalem dan bait Allah Ezr 3:12-13. Mungkin penurunan mutu rohani bisa sampai 70 atau 80% sehingga warna kekristenan rusak. Ini seperti orang Yehuda yang dikalahkan dan ditawan oleh Asyur lalu Babil. Tetapi diantaranya masih ada orang2 yang sungguh2 cinta Tuhan seperti orang2 ini diantara bangsaYehuda dan Tuhan memakainya untuk menobatkan dan memulihkan yang lain,lalu menyempurnakan GerejaNya. Gereja yang campuran akan dipisahkan 1Kor 11:19, berubah menjadi Gereja jalan lebar dan sempit yang makin dimurnikan dan ditumbuhkan sampai kepada kesempurnaan. Jangan ikut trend duniawi kebanyakan orang Kristen tetapi ikut kebenaranFirman Tuhan. Orang yang mengerti dan berakar dalam Firman Tuhan, punya pondasi yang kuat (2 gomer manna) dan penuh Roh Kudus (2 kali ganda yaitu Hujan akhir) akan tahan menghadapi arus yang jahat ini, tetap murni dan masuk dalam penamatan rencana Allah yang heran itu.

Ayat 13. Sebab Aku akan memecahkan kuknya lepas daripadamu dan akan memutuskan ikatan2mu sampai hancur.

Ini menubuatkan tentang Gereja Tuhan (yang rusak) dipulihkan sehingga bisa bebas dari pengaruh dosa dunia, dan kekejian yang ada di sekitarnya. Tentu yang tetap hidup berkenan pada Tuhan akan menjadi lebih indah lebih tinggi tingkatnya dalam tangan Allah. Tuhan sanggup terus menyucikan (memisahkan) GerejaNya sekalipun ada di tengah2 banjir dosa akhir zaman Kel 33:16. Dengan Tuhan kita bisa diasingkan, dilepaskan total, luar biasa. Ini janji Tuhan. Rencana Allah pasti jadi, Gereja akan masuk dalam kesucian dan kesempurnaanNya. Semua ikatan dosa akan hancur sampai ber-keping2, bebas.

Ayat 14. Dan Tuhan memberi perintah tentang engkau, tidak akan ada lagi namamu yang ditaburi.

Dosa, keinginannya, pikiran dosa, tidak lagi ditaburi dalam hati orang2 beriman. Betul2 bebas, tidak mau diisi dengan pikiran yang jahat, dipisahkan total. Mulailah sejak sekarang sebab siapa yang mau ditaburi, itu cocok dengan daging Yoh 3:19, akan tumbuh menjadi perbuatan2 dosa Yak 1:15. Tetapi orang2 yang punya kelimpahan Roh Kudus, Firman Tuhan dan kuasa Allah akan lepas dari segala penaburan iblis dan dunia ini, tetap dalam kesucian dan terus tumbuh sampai seperti Kristus.

14.b. Akan Kupecahkan patung pahatan itu, keluar dari rumah berhala2mu dan patung tuangan, Aku akan membuatkan kuburanmu karena engkau hina.

Akan terjadi hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Semua berhala2 akan dihancurkan dan dikeluarkan dan mereka yang pura2 akan binasa (dibuatkan) kuburannya seperti Ananias Safira Kis 5:6,10. Ini juga dinubuatkan dalam Yez 9:6. Orang2 yang pura2 dalam Gereja yang sudah dimurnikan akan kena hukuman mati dan dikuburkan, dahsyat.

Ayat 15. Lihatlah di atas gunung2, kaki dari orang yang membawa kabar baik, yang memberitakan damai. O Yehuda laksanakanlah pesta2mu yang sudah ditentukan, lakukanlah nadzarmu, sebab orang2 jahat tidak akan lagi lewat melalui engkau, ia dipotong sama sekali.

Luar biasa, pesta2 yang sudah ditentukan, yaitu zaman keemasan tubuh Kristus global (akhir zaman) akan berlangsung dan semua orang jahat termasuk 3 Antikris pertama akan dipotong sama sekali lalu terjadi pengangkatan, hari bahagia dengan penebusan tubuh Rom 8:23 yang dinanti seluruh umat Tuhan!

KESIMPULAN.

Jangan setengah hati atau suam, rugi besar, orang seperti inipaling untung hanya selamat lewat api Antikris. Tetapi kalau sekarang kita mau terus hidup dalam kesucian yang tinggi dan terus taat dipimpin Roh, bukan menurut kedagingan(tidak lagi berdosa atau bereaksi dosa dalam pencobaan dan godaan apapun), maka dalam Hujan akhir dan fasilitas akhir zaman yang limpah kita akan dipisahkan dari dunia dan orang2 yang bercabang hati, sebab banjir dosa dan hukuman rumah Allah akan memisahkan yang setia 1Kor 11:19. Harus dimulai sekarang.

Nyanyian:

Kutahu siapa yang pimpin hari depan hidupku

semuanya oleh Tuhan, tlah diatur sempurna.