M3851 – Matius 13:47-50. Tahapan Gereja Di Akhir Zaman.

  1. GEREJA SEKARANG. Mat 13:28-30.
  2. POLARISASI. Wah 22:11.
  3. PEMISAHAN. 1Kor 11:19.
  4. MASA HUKUMAN RUMAH ALLAH. 1Pet 4:17.
  5. TUBUH KRISTUS GLOBAL. Wah 12:1.
  6. PENYEMPURNAAN. 2Kor 10:6.
  7. PENGANGKATAN. 1Tes 4:16-17.
  8. GEREJA YANG TERTINGGAL. Luk 17:34-36.

 

Ini tahapan2 dari Gereja sekarang sampai tubuh Kristus global (yang sekarang belum terbentuk) sampai pengangkatan.

  1. GEREJA SEKARANG adalah campuran, angota2nya ada yang suci dan najis, ada yang hidup di jalan lebar dan sempit, sehingga sering banyak problem, sebab campuran.

Jadi Gereja sekarang terdiri dari campuran orang yang baik dan jahat, seperti gandum dan lalang, seperti ikan yang baik dan yang jahat, yaitu yang sungguh2 dan yang main2, yang hidup dalam kesucian di jalan sempit dan yang jatuh bangun dalam dosa atau tetap dalam perhambaan dosa atau kembali di jalan lebar, semua ada di dalam Gereja zaman sekarang.

Akan datang saatnya pemisahan. Kalau kita tidak bersedia mulai sekarang, plin plan, suam, mendua atau bercabang hati Yak 4:7-8, maka orang2 ini akan hanyut dalam banjir dosa, larut di dalamnya dan keluar dari Gereja jalan sempit, sebab tidak tahan dan akan masuk dalam Gereja jalan lebar, yang cocok untuk orang2 yang suam, yang mendua dan plin plan. Kita harus bersedia sekarang Mat 24:42, kalau tidak akan terlambat sebab orang yang cinta dunia ini, mabuk dalam anggur lama, tidak akan mau anggur yang baru, tidak bisa cocok sehingga  akhirnya terpisah. Meskipun mula2 sangat akrab dan dekat seperti Abraham dan Lot, tetapi banjir dosa pada akhir zaman yang diizinkan Allah pada waktunya Wah 22:11 (Polarisasi) akan memisahkannya, tidak bisa cocok lagi satu sama lain. Meskipun Abraham masih cinta dan mau berkorban habis2an untuk menolong Lot. Tetapi Lot yang sudah ditolong dari maut dua kali, tetap tidak bisa cocok dengan Abraham dan tetapberpisah daripadanya di dunia sampai dalam kekekalan!

Sebab itu ambil keputusan untuk sungguh2 ikut Tuhan di jalan sempit dalam kesucian, pikul salib, hidup taat akan Firman Tuhan supaya berkenan pada Tuhan, supaya bisa tumbuh makin seperti Kristus, sekalipun masa kristis terakhir (Minggu ke-70 Daniel) belum datang. Kalau seorang mati dalam dosa, ia tetap ditolak oleh Tuhan, tidak boleh masuk Surga, sebab dosa tidak boleh masuk Surga Wah 21:27.

Sekarang sulit untuk membedakan dan memisahkan antara yang sungguh2 dan yang suam, main2. Bukan tugas kita atau memisahkan. Sekalipun kita tahu ada yang suam dan hidup menurut daging. Tugas kita sekarang adalah merebut mereka dari tangan iblis yang membutakan dan yang memabukkan mereka sehingga mendua dan suam. Memang orang2 ini membuat banyak keributan sebab hidup menurut daging, bahkan melawan dan memberontak, menfitnah dan mengacaukan pekerjaan Tuhan, sebab orang2 yang cinta dunia ini ada dalam perhambaan iblis dan diperalat iblis untuk mengacau dan menarik orang2 ke pihak iblis. Sebab itu kitalah yang harus merebut mereka dari tangan iblis sampai bertobat, merebutnya jadi milik Allah. Jangan benci, jangan menghakimi tetap kasihi dan rebut semuanya untuk Tuhan. Sesudah rohaninya pulih dan matang, beri beban untuk menggembalakan jiwa2 sehingga makin mencintai Tuhan Yoh 21:15-17. Musa sekalipun dibenci, dilawan bahkan mau dibunuh oleh penghulu2 dan orang Israel, tetapi Musa tetap mencintai mereka, mau mengorbankan jiwanya untuk mereka Kel 32:32. Ini orang yang punya roh yang betul, punya kasih Allah, sebab itu orang2 seperti ini dapat terus bertumbuh tumbuh menjadi sempurna seperti Musa. Rebutlah mereka dari tangan iblis, tumbuhkan dan jadikan mereka seperti Kristus. Ini tugas kita sekarang. Jangan benci pada orang2 yang jatuh dan jahat, juga yang sudah menyerang dan melawan kita.

Akan datang waktunya bagi orang2 yang tetap keras hati dan yang tidak mau bertobat, mereka akan dipisahkan Tuhan dan terbuang dalam hukuman kekal. Tetapi bukan kita yang memisahkan mereka,  tugas kita merebut dan menyelamatkan mereka.

  1. POLARISASI Wah 22:11. Tuhan mengizinkan perkara2 yang dahsyat, dosa dan kejahatan sukses dan meningkat, sehingga orang2 beriman dalam Gereja yang punya hati duniawi dan ikatan dosa dan keras hati akan larut di dalam arus dosa yang dahsyat ini, sehingga mereka mengalir keluar dari Gereja jalan sempit dan pindah ke Gereja jalan lebar atau langsung murtad. Mereka tidak bisa cocok dengan Gereja jalan sempit, seperti Lot tidak bisa cocok dengan Abraham. Hal ini makin nyata pada hari2 ini.

Polarisasi ini sudah terjadi sejak zaman dahulu, mulai dari Habil dan Kain, sebab memang rohnya berbeda dan tidak bisa cocok.

Tetapi waktu dosa belum tumbuh dan meningkat tinggi, perbedaan antara yang dosa dan suci tidak terlalu banyak, sehingga dengan pura2 dan sembunyi2, masih bisa ada “persekutuan manusiawi”antara orang2 beriman. Tetapi waktu Tuhan mengizinkan dosa meningkat dahsyat, juga kesucian meningkat, maka perbedaan ini jadi sangat besar dan nyata benar bedanya sehingga tidak ada kecocokkan, tidak bisa sehati lagi. Kej 13:9. Yang satu ke kanan, yang lain ke kiri, inilah Polarisasi, kanan kiri. Maka orang2 yang sama2 hidup dalam dosa (dengan roh setan di dalamnya) akan saling menguatkan dan bersekutu dalam roh setan, sehingga bisa tumbuh makin jahat dan makin keji dalam segala macam dosa yang dahsyat, maka perbedaan itu makin besar sampai pada puncak2nya. Begitu juga yang memilih kesucian dalam jalan sempit, Roh Kudus bisa membawa mereka meningkat makin tinggi sampai seperti Kristus. Akan terjadi pemisahan yang besar, juga di dalam rumah, sesuai dengan pilihan masing2 Luk 12:49-53 dan kita harus bisa membedakan zamanini supaya jangan hanyut dalam dosa tahu2 mati dalam dosa atau tertinggal Luk 12:54-56.

 

PEMISAHAN. Mat 13:28-30; 47-50.

Yang tidak larut dalam banjir dosa dunia ini akan terpisah dan tinggal setiadalam Gereja jalan sempit seperti Filadelfia, Efesus dan Smirna. Masing2 mutu dan tingkatnya ber-beda2 tetapi semua tinggal setia di jalan sempit. Gereja jalan lebar makin laju dalam dosa yaitu Pergamus, Sardis, Tiatira dan Laodikea. Memang isi jalan lebar itu lebih banyak Mat 7:13-14.

Terjadi pemisahan antara yang setia dan tidak setia 1Kor 11:19, sehingga makin nyata bedanya antara orang yang cinta kesucian, Firman Tuhan, dipimpin Roh dengan orang2 yang menghalalkan segala perkara dan memenuhi Gereja jalan lebar dengan segala perkara2 dunia dan dosa2 yang keji seperti Pergamus, Tiatira dll.

Dalam fase pemisahan ini, Abraham masih berusaha untuk merebut Lot sebanyak dua kali. Kasih Kristus mendorong hatinya, begitu juga Musa tetapi Abraham gagal. Lebih2 Allah akan berusaha lebih keras dari Abraham dan Musa, tetapi kalau orangnya tidak mau bertobat, tetap memilih Sodom Gomora, Allah tidak berdaya seperti yang dikatakan Putra Manusia Yesus terhadap Yudas Mat 26:24. Suatu kesedihan dan tangisan sebab orang2 yang dikasihinya binasa. Tetapi ini hanya tangisan di dalam dunia dan di dalam Surga Bumi Baru tidak lagi teringat untuk se-lama2nya. Yes 65:17.

Bagaimana dengan janji Tuhan dalam Kis 16:31? Bukankah Tuhan berjanji untuk menyelamatkan seisi rumah? Ya. Tetapi itu tidak otomatis. Kalau sekarang tidak diusahakan, itu menjadi hutang darah Yes 33:4-6. Tetapi kalau sudah masuk dalam zaman Polarisasi, seperti Abraham dan Lot, orang yang tidak mau bertobat akan terseret arus sehingga tidak lagi mau bertobat dan terjadi pemisahan yang sangat mengerikan. Sebab itu berusahalah sekarang, jangan tunggu terlambat.

MASA HUKUMAN RUMAH ALLAH. 1Pet 4:17.

Dalam masa ini Tuhan sendiri yang menyucikan dan membersihkanGereja lebih lanjut dengan menghukumkan isi rumahNya sendiri, supaya yang mau percaya diselamatkan dan yang tidak, dibuang. 1Pet 4:17 Hukuman Allah mulai berlaku dalam rumah Allah, sehingga orang2 yang pura2 dan yang ikut2an dan tidak tulus dihukumkan Yez 9:6. Mereka mati atau pindah ke Gereja jalan lebar. Ini bukan pekerjaan pemimpin2 seperti Abraham atau Musa, tetapi Tuhan sendiri yang mengizinkan hukuman berlaku dan terjadi pemisahan.

Gereja makin murni dan Allah bisa bekerja makin nyata dalam Gereja yang sudah dimurnikan sehingga bisa timbul Gereja akhir zaman atau tubuh Kristus global.

TUBUH KRISTUS GLOBAL. Wah 12:1.

Timbul persekutuan global dalam Roh, dan tubuh Kristus global mulai terbentuk. Ini dikerjakan tangan Tuhan sendiri, lebih2 dengan Hujan akhir. Ini adalah zaman keemasan Gereja yang sangat indah dan mulia di tengah2 peperangan yang dahsyat dengan 3 Antikris pertama, yang penuh dengan serangan, aniaya dan kejahatan. Tetapi Gereja tetap menang dan mengalami hidup seperti di Surga meskipun masih di bumi, ini puncak dari zaman Gereja.

Kita harus mulai sekarang membangun persekutuan di dalam Roh, bukan hanya persekutuan manusiawi. Dalam dunia ada banyak persekutuan manusiawi dan itu umum sebab manusia itu mahluk sosial bukan soliter.

Dalam dunia orang yang tidak bisa bergaul dianggapada kelainan dalam jiwanya atau karena kepahitan di masa lalu atau karena pendidikan yang salah.

Tetapi orang2 baru di dalam Kristus, kalau mereka penuh dan dipimpin Roh, maka kasih Kristus akan tinggal dalam hatinya sehingga ada kasih akan Allah dan saudara2 seiman, sama2 anggota tubuh Kristus Luk 10:27 dan semua yang dipimpin Roh akan bisa bersekutu dalam Roh. Orang yang dipimpin Roh itu hidup dalam kesucian, tidak lagi simpan dosa, baik JMPE (Jengkel, Mangkel, Pegel dan Emosi), tidak ada benci dll, sehingga bisa bersekutu dalam kasih Kristus dan dalam kesucian 1Yoh 1:7. Memang dibutuhkan pekerjaan Roh Kudus yang memimpin kita dalam kesucian danmengisi dengan kasih dan kuasa Allah, maka ada pengampunan sehingga bisa bersekutu dan bersatu. Tanpa pengampunan dan dibersihkan di hadapan Allah, tidak mungkin ada persekutuan dalam Roh, hanya persekutuan manusiawi seperti yang ada di dalam dunia di mana2, bahkan mereka sangat akrab, sangat cocok satu sama lain dan membela satu sama lain. Tetapi dosa tetap bekerja di dalam hati mereka (sama2 benci pada orang/ golongan yang lain, sama2 bersukacita dalam kesukaan2 dosa dll), sebab tanpa Kristus, tidak ada kelepasan atau kemerdekaan dari dosa.

Persekutuan dalam dunia itu dilekatkan karena pendirian atau falsafah hidup yang sama, atau karena bangsa, umur, level ekonomi atau pendidikan yang sama, atau karena nasib yang sama, sama2 benci atau cinta pada satu orang, satu golongan atau satu barang (mobil, kuda dll) negara, cara hidup dsb. Tetapi persekutuan Roh itu karena sama2 penuh dengan Roh Kudus dan mau dipimpin Roh sekalipun ada segala macam perbedaan. Ini adalah salah satu bukti persekutuan dalam Roh, yaitu persekutuan dari segala perbedaan atau level tingkatan hidup dan sama2 dipimpin Roh dalam kesucian. Persekutuan ini luar biasa, bisa mencakup segala bangsa, segala tempat, segala perbedaan dan lebih lagi Roh Kudus sendiri bekerja di dalam mereka semua, memimpin setiap pribadi. Misalnya yang sudah terjadi di dalam negara2 dimana kekristenan dilarang, mereka bisa berbakti ber-sama2 dalam waktu dan tempat yang sama, karenayang diberitahu oleh Roh Kudus saja, sehingga tidak ada mata2 yang bisa mengikuti mereka dan mereka juga dijaga dan dilindungi dengan kuasa Allah. Ini persekutuan yang luar biasa. Bahkan kegiatan administrasinya juga tidak ada, sebab semua diatur langsung oleh Roh Kudus.

Memang sekarang kita masih memakai keduanya yaitu dengan peraturan manusia dan Roh Kudus, mungkin 50-50, tergantung dari berapa banyak anggota persekutuan bisa berjalan dalam Roh lebih banyak maka peraturan akan lebih banyak dikerjakan langsung oleh Roh.

Juga perbedaan2 lainnya akan hilang, misalnya tua muda, kaya miskin, pintar bodoh, orang baru dan orang lama, bahkan segala perbedaan akan hilang, sehingga dengan demikian, ekstrem dari orang muda, ekstrem dariorangtua, dari orang pintar, dari orang kaya, dari orang miskin dll akan hilang, sehingga semua menjadi sehati sesuai Firman Tuhan dan bisabersatu sebab sama2 dipimpin Roh, sama2 mencintai Tuhan, FirmanNya dan anggota2 tubuh Kristus. Persekutuan ini bisa menembus segala batas, baik tempat (kota, negara, Sinode dll), budaya, kebangsaan dll sehingga akhirnya terbentuk tubuh Kristus global. Administrasi global itu sangat ruwet, bahkan tidak bisa dengan web saja, tetapi langsung di dalam Roh dan semua menjadi beres dan teratur (seperti tubuh kita yang terdiri dari jutaan bagian2, semua teratur rapi, lebih2 kalau diatur oleh Pencipta tubuh ini), sehingga terjadi persekutuan global dalam Roh yang ajaib, penuh dengan hikmat, kuasa, karunia2, buah Roh, jabatan, mujizat, tanda2, pembukaan Firman Tuhan, tabiat baru, kasih Kristus dst. Ini persekutuan yang luar biasa.

GEREJA DISEMPURNAKAN.

Hukum dalam Gereja jadi sangat tertib sehingga setiap salah dihukum keras 2Kor 10:6. Gereja betul2 dimurnikan dan disucikan, sehingga fasilitas akhir zaman yang begitu heran dan suci bisa nyata bekerja dalam Gereja.

Timbul orang2 yang sempurna dan yang lain terus tumbuh dan terpelihara di dalam Tuhan, sekalipun bahaya dan kematian meningkat. 1Kor 15:51-52 sampai akhirnya terjadi pengangkatan dan semua ikut, tidak ada yang tertinggal dalam tubuh Kristus global, bahkan jumlah orang yang sempurna digenapkan, yaitu 144.000. Ini akhir dari zaman Gereja yang ditamatkan Tuhan.

PENGANGKATAN. 1Tes 4:16-17.

Ini saat yang paling besar dan paling mulia, sebab rencana Allah sepanjang zaman digenapkan, Gereja disempurnakan (jumlah3 angka itu genap) dan semua orang di dalam tubuh Kristus global di seluruh dunia ikut dalam pengangkatan. Semua orang yang mati dalam Tuhan dibangkitkan lebih dahulu dan ikut dalam pengangkatan. Ini saat yang ditunggu semua orang beriman. Mereka yang tidak ikut dalam tubuh Kristus global, sebagian sudah mati dalam dosa dan kejahatan yang begitu meningkat dalam hari2 ini, dan yang masih hidup, tertinggal.

GEREJA YANG TERTINGGAL. Luk 17:34-36.

Orang2 Kristen yang tertinggal akan digarap oleh Antikris dan tidak ada satupun yang hidup, semua mati Wah 13:7, tetapi yang bertobat kembali, masih bisa selamat seperti orang menerusi api 1Kor 3:15 dan apinya ini adalah aniaya Antikrisyang paling dahsyat, jahat dan kejam, yang belum pernah terjadi dan tidak akan ada lagi.

Inilah zaman Antikris yang berkuasa atas seluruh bumi. Tubuh Kristus global (Wah 12:1) dan 3 Pribadi Allah sudah meninggalkan dunia ini, hanya tinggal 2 Saksi untuk menguatkan orang yang tertinggal.

Zaman Antikris diakhiri dengan perang Harmagedon, lalu mulailah Kerajaan 1000 tahun.

KESIMPULAN.

Kalau kita mengerti, kita bisa memilih nasib yang terbaik di dunia sampai kekal. Roh Kudus akan menolong kita sebab memang inilah maksud Allah yang mengasihi anak2Nya yang sudah percaya dan taat kepadaNya. Sebab itu bersedialah mulai sekarang hidup benar di jalan sempit sesuai dengan Firman Tuhan. Miliki pengertian dan pendirian yang betul dan jangan ikut orang Kristen yang tidak bertobat. Jadi seperti Abraham yang tetap di  padang gurun yaitu di jalan yang sempit dalam suasana Surgawi, tidak mau ikut Lot masuk Sodom Gomora. Keluar dari cara2 hidup duniawi dalam dosa, belajar bersekutu dalam Roh dan kebenarandan terus tumbuh dalam pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan sampai kita masuk dalam pengangkatan, bahkan ada yang menjadi sempurna.

Nyanyian:

Satu kali akan ada hari senang buat saya.