M3849 – Lukas 21:25-28. Dunia Tidak Menentu, Tetapi Tuhan Punya Rencana Tertentu.

PENDAHULUAN.

Menjelang kedatangan Tuhan akan datang hari2 yang sulit 2Tim 3:1-5 dosa dan kejahatan meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11 tetapi juga kesucian naik sampai puncak2nya. Karena kejahatan yang meningkat, maka dunia menjadi kacau balau dan sangat kejam dan jahat sehingga menghadapi hari2 demikain (meskipun belum kena) orang2 sudah rebah mati, lebih2 kena  serangan jantung sebab menghadapi hari2 yang sangat sulit. Segala macam kekacauan, kejahatan, teror, malapetaka, bencana, peperangan, ketegangan politik, imigran, penyakit2, ekonomi dll, bahkan dalam setiap segi hidup akan timbul macam2 kesukaran dan kekacauan dahsyat.

Sekarang belum sampai puncaknya, tetapi sudah menanjak dan ini akan terus meningkat sampai puncaknya waktu masuk Minggu ke-70 Daniel (3,5 tahun sebelum pengangkatan). Keadaan yang jelek dan kacau ini akan terus meningkat. Sekarang sudah sampai dimana, kita belum tahu, tetapi kita sudah merasa dunia mulai (sudah) jungkir balik. Firman Tuhan pasti genap, keadaan akan terus makin memburuk dan kacau. Di beberapa tempat pemerintah masih bisa mengatasi seperti negara kita, oleh anugerah Tuhan. Meskipun semua negara tidak mau, tetapi makin lama seluruh dunia makin buruk. Yang harus kita lakukan sekarang adalah bersedia, mempersiapkan diri secara Alkitabiah dengan kesucian,  kasih dan kuasa Allah, bukan dengan cara2 duniawi yang melawan Firman Tuhan.

PRINSIP.

Prinsip yang harus kita perhatikan, sebab ini dari Tuhan, yaitu meskipun dunia makin tidak menentu, kacau balau, tetapi Tuhan punya rencana yang tertentu yang pasti akan jadi dengan tepat sekalipun dunia kacau dan jungkir balik. Di tengah2 ketidaktentuan yang amat kacau dan ruwet, rencana Allah itu tentuakan jadi dengan tepat satu demi satu, sebab Dia adalah Allah yang maha kuasa dan maha tahu, serta menguasai dunia yang sekarang dan yang akan datang sampai kekal, juga Ia menguasai dunia roh.

Rencana Allah itu ada dua macam yaitu rencana Allah dalam setiap pribadi orang percaya dan rencana Allah global untuk seluruh dunia. Allah memakai setiap anak2 Allah yang mau taat, sebagian atau seluruh hidupnya untuk melaksanakan rencana global. Memang penggenapan rencana itu tergantung dari kita, sebab itu kita kalau mau taat mengerjakan peran kita sesuai dengan rencana Allah, maka kita ikut mempercepat penamatan rencana Allah dan itu berartimempercepat kedatangan Tuhan Yesus. 2Pet 3:12.

Rencana pribadi. Kalau umat Tuhan mau hidup dipimpin Roh sesuai dengan rencana Allah dalam hidupnya, maka ia menjadi satu bagian kecil dari seluruh rencana Allah global, se-olah2 satu sekrup dalam mesin yang besar, kecil tetapi mempunyai peran penting. Kalau beberapa bagian tidak berfungsi dengan baik, mesinnya mogok sehingga Tuhan belum bisa datang.

Tetapi kalau orang yang direncanakan tidak mau, maka terpaksa Tuhan harus menggantikan tempatnya dengan orang lain yang mau menggantikannya Mat 21:43, Kis 1:20, Wah 2:5; 3:11. Sebab itu kita harus menjalankan tugas kita, kehendak Tuhan di dalam hidup kita dengan baik2 supaya semua berjalan dengan baik, mesin global itu berjalan baik dan Tuhan boleh segera datang. Jadi kalau ada anak2 Allah yang tidak mau ikut; rencana Allah tetap jadi pada waktunya, sebab orang yang tidak mau itu diganti orang lain!

III. PERAN PRIBADI SETIAP ORANG BERIMAN.

Pada Minggu ke-70 Daniel, tubuh Kristus global akan terbentuk, yang betul2 suci, taat dalam pimpinan Bapa (matahari), Putra (bulan), dan Roh (bintang2) Wah 12:1.

Setiap orang beriman itu adalah anggota tubuh Kristus lokal dan global, sebab tubuh Kristus lokal adalah anggota dari tubuh Kristus global (secara ilahi) Rom 12:45, 1Kor 12:12-14,27, Ef 4:25. Tubuh Kristus itu sangat teratur dan diatur bukan secara computerized, tetapi secara ilahi, itu jauh lebih heran dari semua cara manusiawi.

Kalau tidak bisa jadi anggota tubuh Kristus lokal dengan baik, betul, setia sesuai dengan Firman Tuhan, maka juga tidak akan bisa jadi anggota tubuh Kristus global Luk 16:11. Sebab itu kita harus bisa jadi anggota tubuh Kristus lokal yang betul yaitu:

  1. Terikat dengan baik dengan Tuhan (Kepala) dan tubuh Kristus Ef 4:15 dan satu beranggotakan yang lain, enak atau tidak tetap setia seperti orang Israel dalam rumah bapa2nya harus setia dalam segala keaadaan tetap berperan dan memperjuangkan rumah bapanya Bil 1:2 dll.
  2. Tetap hidup dalam rencana Allah, jangan keluar dari ril kehendak Allah supaya kita bisa berperan serta dalam penggenapan rencana Allah. Seperti Yusuf tidak mengerti mengapa Maria hamil, ia tidak hendak membalas tetapi diam2 pergi dari Maria, tetapi Tuhan bicara dalam mimpi dan Yusuf taat menerima Maria, kalau tidak, rencana Allah dalam Yusuf dan Maria dan Putra manusia Yesus jadi rusak. Tetapi Yusuf taat dan setia, meskipun dengan akal tidak bisa dimengerti;sebab itu Tuhan memilih Yusuf dan Maria untuk melahirkan dan mengasuhNya. Juga Ayub tidak menceraikan istrinya meskipun jahat dan tidak baik, tetapi dididik sampai bertobat sehingga rencana Allah jadi dalam hidup Ayub dan istrinya yang kemudian bertobat dan mereka jadi indah, mungkin jadi sempurna.

Jangan sampai kita keluar dari rencana Allah. Hiduplah berkenan pada Tuhan, maka kita bisa ikut berperan dalam tubuh Kristus lokal dan global sehingga rencana Allah jadi.

Sebab itu semua anggota yang sudah lahir baru, harus berperan, ikut serta dalam pelayanan untuk melaksanakan rencana Allah dalam Gereja lokal, yang menjadi bagian dari Gereja global yang akan datang; maka dengan demikian kita ditetapkan dalam rencana Allah yang pasti jadi sekalipun dunia di sekitar kita jungkir balik tidak karuan dan kacau balau. Semua anggota diharap ikut serta dalam pelayanan biarpun kecil, supaya bisa tumbuh, kerjasama dandipantau.

Yang penting hidup suci, dipimpin Roh, mau melakukan kehendak Tuhan dalam hidupnya, sebagai anggota tubuh Kristus. (Kalau ada dosa, tidak bisa dipakai oleh Roh Kudus, justru dipakai iblis yang tinggal dalam orang Kristen yang berdosa seperti Yudas Yoh 8;34 dan iblis melakukan rencananya lewat Yudas dalam tubuh Kristus lokal! Jangan dipakai iblis, sebab hidup dalam dosa, tetapi biar kita mengerti maksud dan rencana Allah dan sungguh2 dipakai Tuhan dalam rencanaNya). Ikut serta dalam pelayanan Persekutuan sel, bersaksi, bersekutu dan menggembalakan jiwa2 sehingga disucikan, tumbuh, bisa bekerjasama menggenapi 3 Angka kedatangan Tuhan. Jangan sendirian, ikut bergabung dalam pelayanan dan persekutuan tubuh Kristus, sebab sekalipun keadaan dunia tidak menentu, tetapi keadaan kita dalam tubuh Kristus sangat tentu dan rencana Tuhan yang indah pasti jadi, masing2 kita sebagai “sekrupnya” dalam tubuh Kristus. Dalam menghadapi problem2 kita masing2 dan problem tubuh Kristus bersama, kalau kita menang, lulus, berarti kita bergerak maju, lebih2 dalam melakukan kehendak Allah secara pribadi dan ber-sama2. Dengan demikian rencana Allah akan jadi, sebab memang rencana Allah itu tertentu dan pasti jadi dan kita aman dan tumbuh dalam rencana Allah yang mulia dan indah untuk kekal, masuk dalam Gereja akhir zaman (tubuh Kristus global) dalam zaman keemasannya.

KEWAJIBAN SETIAP ORANG BERIMAN.

  1. Hidup benar di hadapan Allah (di Mana saja, dalam hal Apa saja, dan Kapan saja) sehingga ada hubungan baik dengan Tuhan sebagai Kepala kita bersama, terus disertai Tuhan. Ini yang terpenting, hidup dengan Tuhan Rom 8:31, Pil 4:13. Jangan hidup dalam dosa, tetapi hidup dalam kesucian, itu indah senang dan bahagia, diberkati Tuhan dalam rencanaNya yang indah).
  2. Dipimpin Roh dalam hal2 rohani dan jasmani. Jangan menurut daging (marah, benci, emosi, cinta uang, nafsu sex/ duniawi, tabiat lama dll). Kalau kita dipimpin Roh itu indah, baik dalam ibadah dan pelayanan juga dalam hidup se-hari2, lebih2 dalam nafkah dan hal2 sekuler.

Keadaan makin sulit dan kadang2 dengan tiba2 bisa berbahaya. Kalau kita dipimpin Roh, jangan takut, kerjakan baik2, Tuhan bisa buka jalan bantu memberi nafkah, mengatur semuanya dan menjaga, melindungi dan berhasil. Jangan hanya berpikir baik2, tetapi minta pimpinan Tuhan, Dia sanggup menolong kita, Dia ahli dalam segala problem kita. Banyak kesaksian yang indah2 dan Tuhan akan menolong semua yang mau dipimpin Roh. Jangan takut, periksa diri, berdoa dan dipimpin Roh, hadapi dengan iman, Tuhan sanggup menolong sekalipun keadaan kacau dan tidak tentu! Jangan kuatir, tetap kerja atau sekolah baik2, tetapi terus dipimpin Roh, kita bisa menghadapi perubahan dan kekacauan yang tidak menentuk,dengan pimpinan Roh di dalam rencana Allah, nasib pribadi dan tubuh Kristus itu sudah tertentu, pasti jadi dan berhasil bahkan limpah, tergantung kemampuan kita. Dia adalah Allah kita yang maha kuasa, jangan ragu2 atau kecil hati, hadapi dengan iman dalam pimpinan Roh, mungkin naik turun lebih lama dan lebih besar, tetapi akan tetap terpelihara dan terjaga.

  1. Tumbuh. Tetap dalam kesucian dan aktif melakukan kehendak Tuhan dalam hidup pribadi, pekerjaan, ibadah, pelayanan dan semua segi hidup. Hadapi problem2 yang ada. Justru setiap problem itu jadi tempat lompatan untuk tumbuh. Hadapi semua problem dalam pimpinan Roh Kudus, tanpa reaksi dosa tetapi dipimpin Roh, Dia sanggup memberi kemenangan. Jangan takut pasar sepi, sulit atau kacau. Di tengah2 segala yang tidak tentu, Allah tetap mempunyai rencana yang tertentu dan rencana Allah pasti jadi, asal kita taat dalam kebenaran di hadapan Allah, jangan menghalalkan segala cara, jangan cinta uang, belajar berpada (kadang2 kita diuji, apakah kita berpada atau cinta uang).Dengan menang atas banyak problem kita akan terus tumbuh dan berkemenangan.
  2. Jaga persekutuan tubuh Kristus baik2, jangan menyendiri, adalah kehendak Allah kita terikat dalam persekutuan tubuh Kristus 1Yoh 1:7, 1Kor 12:18-20. Jangan ada perceraian 1Kor 12:25-26. Jaga persekutuan dalam Roh Ef 4:3, semua belajar dipimpin Roh, sebab satu kali tubuh Kristus sedunia itu dipersatukan dalam pimpinan Roh, bukan dengan organisasi atau cara2 manusiawi! Sekarang kita terus belajar dipimpin Roh, besok seluruhnya diatur dalam Roh seperti Wah 12:1, suatu ajaib.

Kalau persekutuan kita hanya akrab dengan cara2 manusiawi, tingkatkan dengan hidup benar dan sama2 banyak berdoa supaya kita bisa berjalan dalam Roh 2Kor 12:18. Jangan bersekutu dalam daging, dipimpin emosi, benci, ngrasani, keduniawian dll. Kalau ada yang belum bisa berjalan dalam Roh, ajak, bimbing sampai penuh Roh Kudus dan tekun dalam doa dan Firman Tuhan. Garami, jangan dipengaruhi, diracuni dengan pikiran2 daging dan duniawi. Jangan menerima persekutuan daging dengan orang lain seperti Yosafat menerima Achab sebab mewah, dunaiwi, makan minum dll. 2Kor 11:4. Layani orang2 ini dengan hikmat dan kuasa Allah.

Hasil persekutuan dengan perasaan hati, itu bukan kehendak Allah misalnya Kis 20:4. Paulus ditahan karena rasa sayang (seperti Petrus terhadap Putra manusia Yesus dalam Mat 16:22). Ini hanya karena hubungan manis dan akrab, Paulus menolaknya. Tetapi hasil persekutuan dalam Roh adalah cocok dengan kehendak Allah, sebab nabi Agabus bicara di dalam Roh, tanpa ditambahi kehendak atau perasaan hatinya sendiri, murni dari Roh Kudus Kis 20:11. Paulus menuruti hasil persekutuan dalam Roh, sekalipun sakit bagi daging dan dengan demikain ia masuk dalam rencana Allah. . Secara pribadi dan kelompok sel dan tubuh Kristus lokal, kita harus belajar tetap berada dalam rencana Allah (termasuk dalam pekerjaan sekuler) sehingga sekalipun dunia tidak menentu tetapi kita tetap tentu dalam rencana Allah yang berkemenangan.

Jangan ber-sungut2 atau menuruti daging atau ragu2, terus berdoa dalam Roh, ber-tanya2 terus pada Tuhan seperti Daud 1Taw 16:11 dan dipimpin Roh.

Tuhan tetap punya rencana tertentu yang indah untuk pribadi, suami istri, keluarga, kelompok sel, Gereja lokal dan satu kali, semua ini termasuk dalam rencana tubuh Kristus global waktu ia sudah terbentuk (sekarang belum tampak) maka rencana Allah akan dinyatakan dalam seluruh dunia akan nyata dan Gerejamasuk dalam fase penamatan yang heran! Terus dipimpin Roh dalam hal2 sekuler (yang bukan full time), tetapi juga dalam hal2 rohani (ibadah dan pelayanan) sehingga kita tetap dalam jalan dan rencana Allah yang heran, tertentu dan pasti jadi sebab Allah tidak pernah gagal, sekalipun dalam bahaya dan kesukaran2 apa saja, rencana Allah yang sudah tentu, pasti jadi!

KESIMPULAN.

  1. Pelihara hubungan baik dengan Tuhan. Yoh 15:5 (harus ada, ini yang terutama) dan juga dengan tubuh Kristus yaitu dengan persekutuan dalam Roh. Orang yang tidak bisa dipimpin Roh, tidak akan bisa ikut dalam tubuh Kristus global yang se-mata2 dipimpin Roh dalam kesucian yang ketat dan murni.
  2. Kita perlu tahu yang akan datang tentang rencana Allah dalam pribadi kita masing2 sampai rencana global. Sekarang mungkin belum jelas tetapi paling sedikit pribadi kita jangan keluar dari jalan dan rencana Allah.
  3. Dipimpin Roh. Dalam hal2 pribadi, juga yang sekuler dan yang rohani, tetaplah tetapi dipimpin Roh. Yang paling penting, pertama dipimpin Roh sekalipun dalam hal2 sekuler, baru kedua usahakan untuk lebih banyak menebus waktu untuk hal2 yang rohani (Kol 3:1-3) dan yang ketiga baru yang jasmani atau sekuler. Kecuali kalau ada yang dipanggil untuk full time, itu sangat indah, jangan takut nafkah, asal tidak cinta uang, akan sama2 limpah, tetapi hal2 jasmani itutetap adalah fasilitas, bukan tujuan.
  4. Rencana global. Apa yang sudah terbuka dan kita ketahui, kita pegang, Roh Kudus akan terus menambahi satu per satu sampai saatnya seluruh Firman Tuhan akan terbuka Mat 10:26-27.

4.1. Mat 22:11, ini pasti terjadi, bukan hanya yang jahat meningkat tetapi Polarisasi antara yang suci dan dosa. Jangan plin plan, tetapi harus punya pendirian yang teguh dan tumbuh dalammengerti Firman Tuhan yang makin terbuka. 2Pet 3:18; miliki 2 gomer dan selalu penuh dan dipimpin Roh.

4.2. Hukuman berlaku dalam rumah Allah 1Pet 4:17 akan terjadi di seluruh dunia, baptisan api Mat 3:11, Luk 12:49 ini seperti ujian Tirai yang sudah dilewati oleh Putra manusia Yesus dan Dia lulus, sudah selesai dan genap Yoh 19:30. Kita juga harus bersedia sampai lulus, sebab godaan, ujian, kejahatan, kebencian dan dosa2 sangat meningkat.

4.3. Disiplin dalam Gereja meningkat 2Kor 10:6. Apa yang sekarang “biasa”, tidak apa2, bisa jadi hukuman keras bahkan mati di tempat dalam Minggu ke-70 Daniel sebelum pengangkatan. Sebab itu kita harus tertib dalam hidup ibadah dan pelayanan kita, supaya besok jangan mati kena hukuman. Pelanggaran biasa, sekarang se-olah2 tidak apa2, tetapi di hari2 ini bisa mati di tempat (seperti Kis 5). Tetapi orang2 yang masuk tubuh Kristus global dengan hidup ketat dalam kesucian akan tumbuh dengan cepat dan tidak ada yang mati sampai pengangkatan 1Kor 15:51,52. Orang yang main2 akan tetinggal akan dianiaya Antikris sampai semua mati, tidak ada yang hidup Wah 13:7. Dahsyat sekali, keadaannya sebaliknya. Tetapi kalau mereka sungguh2 bertobat dan tetap mengakui Tuhan Yesus, mereka akan selamat dan rohnya ada di Mezbah di Halaman Wah 6:9-11; 7:9-10. Gereja dalam 3,5 tahun I Minggu Ke-70 Daniel sangat disiplin, sebab disini berlaku pengolahan terakhir, yaitu penamatan rencana Allah sehingga lahir 144.000 orang sempurna yang juga sekaligus melayani tubuh Kristus global, sehingga keadaannya makin ajaib, makin indah dan makin cepat pertumbuhan orang2 di dalamnya, menggenapkan jumlah orang yang sempurna dan siap untuk pengangkatan.

Disini dunia mengalami puncak kekacauan dan kerusakan yang hebat, jungkir balik, antikris sudah memerintah dan ia menguasai seluruh dunia. (Mereka bisa merekrut dan berorganisasi lewat dunia maya, dengan cerdik sampai ke seluruh dunia). Tubuh Kristus global juga memakai cara2 manusiawi, tetapi makin lama makin banyak cara2 ilahi yaitu dengan dipimpin Roh dan sampai di seluruh dunia, ini lebih dari dunia maya, tetapi dalam dunia Roh dan dipimpin Roh Kudus. Tentu Antikris juga memakai hubungan dengan kuasa gelap, dengan hikmat dan kuasa iblis dan setan2, tetapi tubuh kristus jauh lebih unggul dalam komunikasi, kuasa, hikmat, karunia2 Roh dll.

Bersedialah baik2, mulai sekarang, hasilnya sudah indah mulai sekarang dan makin lama makin indah sampai zaman keemasan Gereja akhir zaman.

Nyanyian: Beracha no B711

Sungguh ku rasa kekuatanmu ya Allah.