YS354 – YESAYA 66:20-21. SEGALA BANGSA MENJADI SATUDALAM SURGA BUMI BARU

YES 66:20. SAUDARA2 DARI SEGALA BANGSA, MENJADI PERSEMBAHAN KEPADA TUHAN.

2a. Dan mereka akan membawa semua saudara2mu.

Ini saudara2 dari segala bangsa di dunia yang percaya Tuhan Yesus.Ini suatu nu-buatan yang heran, yang dihubungkan dengan persembahan bagi Tuhan dan semua masuk dalam Yerusalem dan Surga Bumi Baru (ayat 22).

Dalam Wasiat Lama biasanya orang Israel dipisahkan dari semua orang kafir seperti dalam Kel 33:16. Disucikan bagi orang Israel berarti diasingkan, dipisah-kan dari semua orang kafir.

Kalau Elimelekh meninggalkan Bet-lehem dan pergi ke Moab, itu berarti undur dari Tuhan, Tuhan tidak berke-nan sampai Elimelekh dengan 2 putra-nya mati muda (itu semua tidak kebe-tulan), sebab Tuhan tidak berkenan. Kemudian Naomi langsung bertobat dan pulang kembali (kelihatannya Naomi tidak setuju ke Moab, tetapi tidak berdaya, sebab itu Hakim yang adil itu tidak membunuh Naomi dan akhirnya Naomi betul2 pulang kembali ke Kanaan. Pengertian dan pendirian ini kuat di dalam Isarel, sehingga me-reka selalu memisahkan diri dari orang kafir.

Putra manusia Yesus sebagai orang Israel secara jasmani menolak memberi roti pada anjing orang kafir (sebab tidak diutus pada mereka, hanya pada domba2 Israel) dan murid2Nya juga tidak setuju. Begitu kuat pengertian yang sudah jadi tradisi darah daging orang Yahudi.

Juga dalam Gereja mula2 hal ini di-pegang kuat oleh orang Kristen Yahudi sehingga terjadi perkelahian dan per-pecahan di Yerusalem Kis 15:2, istime-wa terhadap Paulus, rasul pada orang kafir (diakui Petrus dll Gal 2:9). Bahkan Petrus bersikap munafik (gara2 sikap dan pendirian ini), sebab Petrus mula2 bersekutu dengan orang Kristen kafir, tetapi waktu orang2 Yahudi yang fa-natik datang, ia memisahkan diri dan Paulus menegur kemunafikan ini Gal 2:11-16. Pemisahan ini sebetulnya su-dah dihapus di dalam Kristus. Semua orang selamat oleh iman dalam Kristus bukan oleh Taurat. Sejak Golgotha tidak ada lagi perbedaan antara orang Yahudi dan kafir/ Yunani Rm 10:12. Ini sudah selesai dalam Gereja yang mula2, lebih2 dalam surat Paulus yang jadi rasul untuk orang kafir.

Tetapi untuk jadi satu dalam Tubuh Kristus selain pengertian dan pendirian yang betul juga perlu ada kesucian dan kasih, 2 pokok penting dalam perseku-tuan Tubuh Kristus 1Yoh 1:7. Tanpa ini Gereja Tuhan (Tubuh Kristus), tidak bisa tumbuh, apalagi sampai sem-purna. Pada satu sisi, kita  harus hidup suci di hadapan Allah 1Pet 1:15-16 tetapi di antara orang2 beriman harus ada kasih Kristus yang mengikat kita Kol 3:14. Kalau tidak ada kasih, tidak bisa tumbuh jadi sempurna.

Kita harus tumbuh dalam perseku-tuan seperti Trinitas Yoh 17:21,23 baru kita bisa masuk dalam rencana pena-matan Allah, yaitu tubuh Kristus global yang menjadi sempurna, yang akan melahirkan orang sempurna dalam Minggu Ke-70 Daniel Wah 12:5. Ini menjadi test case atau ukuran kita, yaitu kasih di antara saudara2 seiman sampai di antara segala bangsa.

Rencana Allah baru selesai kalau segala bangsa bisa bersekutu dalam Roh menjadi satu tubuh Kristus dalam kesucian dan kasih. Kita perlu mem-perhatikan persekutuan dalam Roh, sama2 dipimpin Roh sesuai dengan Firman Tuhan. Jangan bersekutu de-ngan orang2 yang dipimpin roh yang lain 2Kor 11:4, roh duniawi, roh mam-mon, roh daging, roh sombong, apalagi roh rasialis (perbedaan, kebencian ras, suku bangsa). Karena Kristus kita bisa bersekutu dan saling mengasihi. Tubuh daging ini menurunkan kebencian, tidak suka ras2 tertentu dan itu se-ringkali tampak dalam banyak ujar ke-bencian, bahkan juga kebencian kelom-pok atau dengan pribadi2 tertentu. Ini khas dosa iblis, yaitu benci dan bunuh Yoh 8:44. Semua kebencian itu dari daging dan iblis, sebab itu harus dibuang, dari kebencian pribadi (orang dekat, orang jauh) dan kebencian ke-lompok, kebencian golongan2 dan ke-bencian atau tidak suka pada suku2 bangsa tertentu. Kita harus bebas dari padanya.

Seringkali kebencian atau tidak suka pada bangsa2 lain dianggap “normal” bagi orang dunia dan orang Kristen yang bodoh, yang tidak mengerti.

Kadang2 ada Gereja dari satu suku bangsa, masih wajarkalau itu spontan karena geografinya atau karena tidak ada lagi suku bangsa lain, tetapi jangan ada batas2 yang salah dengan suku bangsa lain. Misalnya dalam memilih pengurus, atau ketua lebih ditentukan oleh suku bangsa sendiri, lebih dari pada ditentukan Tuhan.

Ini bisa menjadi pintu masuk bagi iblis memperkuat kebencian atau ketidak sukaan rasial dan menghen-tikan pekerjaan Roh Kudus. Kebencian atau celah2 rasial, harus dibuang se-hingga semua orang2 beriman menjadi saudara di dalam Kristus seperti yang dituis di sini.

Belajar dengan pertolongan Roh Ku-dus dan Firman Tuhan, hidup sebagai saudara di dalam Kristus, karena Kris-tus, lebih dari pada persekutuan ke-luarga atau persekutuan suku bangsa. Ini sangat penting dalam persiapan untuk tumbuh dan bisa masuk dalam  proses penamatan rencana Allah su-paya bisa masuk dalam pengangkatan. Yang tidak suka atau ada kebencian rasial akan makin men-jadi2 dalam polarisasi dosa Wah 22:11.

 

20.b. Sebagai persembahan kepada Tuhan, dari segala bangsa.

Di sini ditekankan sebagai persembah-an kepada Tuhan. Semua orang ber-iman harus belajar taat akan Firman Tuhan dengan setia pikul salib Luk 9:23 di jalan sempit dan hidup sebagai persembahan yang hidup di atas Mezbah Tuhan seperti Kristus Rum 12:1-2. Inilah tanda2 orang beriman da-lam Tubuh Kristus, penuh pengorbanan bagi Tuhan seperti persembahan yang hidup di atas mezbah, sehingga bisa mengasihi satu sama lain, sampai semuanya dapat bersekutu dalam kasih dan kesucian Allah.

Tanpa mau pikul salib, tidak ada kesucian dan tidak ada kasih untuk satu sama lain, sebab daging itu condong pada dosa Yoh 3:19 dan egois sehingga sulit berkorban untuk bisa mengam-puni dan mengasihi satu sama lain.

Setiap kali dalam bersekutu dan bekerjasama harus dengan penyang-kalan diri, saling mengampuni dan mau berkorban karena kasih. Kalau tidak mau salib atau korban 1Pet 4:1, tidak ada pengampunan, tidak ada yang mau rugi, semua akan cari untungnya sen-diri dan sebab itu tidak akan ada kasih Kristus (kasih manusiawi itu karena ini dan itu, tetapi kasih Kristus itu mes-kipun ini dan itu).

Jangan lupa, semua ini keluar dari segala bangsa di seluruh dunia, ini tanda tamat dari Injil yang sudah sam-pai di seluruh bumi Mark 16:15 Mat 28:19. Timbul satu tubuh Kristus yang bisa hidup sesuai Firman Tuhan, seperti Allah dan bisa saling mengasihi dengan pribadi, kelompok, golongan dan bang-sa yang lain. Sebab itu, ini (tubuh Kristus segala bangsa) harus jadi target, sehingga akhirnya kemuliaan segala bangsa (yaitu segala bangsa bisa ber-sekutu dan bekerja sama dalam Tubuh Kristus sesuai Firman Tuhan, dalam ke-sucian dan kasih Kristus) akan dibawa masuk dalam Surga Wah 21:26.

Ini semua tidak bisa jadi kalau hanya dengan kekuatan sendiri (de-ngan daging hasilnya hidup dalam dosa dan kebencian, harus dengan perto-longan Roh Kudus Zak 4:6 di antara orang2 yang sudah lahir baru). Ini persekutuan anak2 Allah (ditandai de-ngan kesucian dan kasih Kristus) bukan persekutuananak2 iblis 1Yoh 3:10 yang khas ditandai dengan segala macam dan segala tingkat kebencian.

Kalau ini sudah tercapai, rencana Allah tamat dan kemuliaan segala bangsa (yaitu bisa bersekutu dan be-kerja sama yang betul, yaitu di dalam Roh, dengan kesucian dan kasih Kris-tus), ini yang akan dibawa masuk dalam Surga Wah 21:26. Iblis hanya mengha-silkan kebencian, perseteruan dan pembunuhan antara bangsa, inilah kemuliaan segala bangsa dari pihak iblis, memang bertentangan dengan yang dari Tuhan (Pil 3:19), lebih2 dalam zaman Antikris, kebencian ini jadi emas dan permata2 bagi iblis. Kita harus bisa mengerti, supaya jangan keliru melihat sasaran terakhir, jangan dirusakkan dengan ukuran normal dari orang2 berdosa (kurang suka sampai benci pada suku2 tertentu yang adalah normal bagi mereka), sebab diper-budak oleh iblis dalam dosa keben-ciannya.

20.f. Seperti putra2 Israel membawa persembahan dalam Bejana yang suci ke rumah Tuhan.

Ukuran disini adalah seperti turunan Abraham yaitu putra2 Israel. Sebab yang jasmani, yang nafsani jalan dahulu baru yang rohani 1Kor 15:46. Ini seperti SD baru SMP. Misalnya secara jasmani penyucian itu hanya bersih dari luar, tetapi secara rohani penyucian harus sampai dalam batin bahkan sampai segala segi hidup (MAK DSY) dan di hadapan Allah. Dengan kata lain hanya ada satu umat secara jasmani, tetapi sekarang segala bangsa juga jadi satu umat secara rohani.

Mula2 turunan Abraham secara jasmani (satu suku bangsa yaitu Israel), tetapi kemudian turunan Abraham secara rohani yaitu segala bangsa jadi satu saudara dan satu keluarga di dalam Kristus.

Membawa persembahan dalam bejana2 yang suci. Semua yang berhu-bungan dengan Tuhan (dan hidup ke-kal) itu selalu suci di hadapan Allah. Semua yang palsu itu dosa, dari iblis dan tidak berkenan pada Allah. Bukan hanya suci dari luar, atau kasih dengan cara sopan santun tetapi sampai dalam hati. Bersihkan dalamnya dan baru luarnya Mat 23:27. Wasiat Lama hanya membersihkan luarnya, tetapi dalam Wasiat Baru sampai dalamnya. Yang bisa membersihkan sampai dalamnya dalam Wasiat Lama hanya sedikit, itu yang pilihan, yang dipilih Tuhan.

Ke rumah Tuhan, ini yang selalu menjadi tujuan segala ibadat orang Israel, yaitu diYerusalem. Sekarang un-tuk seluruh dunia, tujuannya adalah Yerusalem rohani, yaitu takhta Allah, di hadapan hadiratNya. Yang penting, yaitu yang sesuai dengan Firman Tuhan adalah dalam kesucian dan kasih se-hingga berkenan pada Tuhan. Semua arahnya kesini, bukan untuk kepen-tingan atau untuk kepujian masing2 atau golongan dan suku bangsa, tetapi dalam segala-galanya Tuhan dipermu-liakan atas semuanya. Begitulah semua ibadat dan persembahan segala bang-sa, seperti Israel tujuannya hanya satu, yaitu Yerusalem, tempat dan takhta Allah yang maha besar dan maha mulia.

20c. Di atas kuda dan rata dan usungan.

  1. Biasanya yang naik kuda dan rata adalah orang perang. Sesudah jadi orang beriman kita harus berperang dengan Iblis habis2an. Ikut Tuhan ber-arti keputusan perang dan benci pada iblis, tidak bisa mendua atau netral, harus perang dengan iblis Ef 6:12. Hidup ini dipersembahkan pada Tuhan untuk berperang dengan iblis dan selalu di pihak Tuhan!
  2. Yang diangkat dengan usungan ada-lah untuk pelayanan, alat2 Kemah Suci oleh orang Lewi dan Imam2, ini semua diusung, tidak boleh dibawa dengan pedati atau rata (seperti kesalahan yang dibuat Daud sebab meniru orang Filistin yang memakai rata atau kereta 2Sam 6; 1Sam 6. Orang Filistin tidak dituntut banyak sebab tidak mengerti Luk 24:48, tetapi Daud yang cinta dan mengerti Firman Tuhan harus berjalan dengan benar sesuai Firman Tuhan. Filistin cukup dengan cara2,itikad baik atau hati yang tulus, tetapi umat Tuhan tidak cukup dengan perasaan hati atau itikad baik saja, harus sesuai dengan Firman Tuhan misalnya Ananias Safira Kis 5, Nadab-Abihu Im 10:1,2 dll). Jadi persembahan itu maksudnya untuk pelayanan, untuk memuliakan Tuhan.

20d. Dan di atas Bagal.

  1. Bagal ini kendaraan umum dan ba-nyak dipakai untuk mengangkat orang atau barang seperti 2Kor 5:17 1Taw 12:40 2Taw 9:24.

Bukan hanya hidup ini, tetapi semua yang ada pada kita, baik harta, baik waktu, tenaga, juga kita persem-bahkan pada Tuhan. Kita mengasihi Tuhan dan taat kepada-Nya dengan segenap hidup kita dan dengan apa yang ada pada kita. Pakailah untuk taat kepada-Nya dan mempermuliakan Dia.

20e. Dan di atas binatang2 yang cepat (TL: onta).

  1. Onta. Ayub yang kaya, punya onta 3000 ekor, sesudah lulus ujian menjadi 6000 ekor. Ini binatang yang lebih besar dan lebih mahal. Perkara2 besar yang kita miliki semua itu dari Tuhan dan jangan jadi penghalang, bahkan kita persembahkan semua kepada Tu-han, apa sajayang baik, yang indah, yang besar, sebab kasih akan Tuhan. Orang yang cinta Tuhan, hidup itu Kristus dan mati itu untung Pil 1:21.

20f. Ke gunung kesucian-Ku, Yerusalem, kata Tuhan.

Arah kita hanya satu, yaitu Tuhan, Yerusalem Baru, tahta Allah. Dalam segala ibadat dan pelayanan kita, jangan ada tujuan lain, baik pribadi (uang, berkat, pangkat, hal2 duniawi dll) baik bersama, bukan untuk ke-pujian pribadi atau golongan, tetapi semua karena Tuhan. Hidup untuk Kristus, maka itu yang berkenan pada Tuhan dan Tuhan yang akan meme-lihara kita semua dan keselamatan jasmani dan rohani untuk kekal. Tu-juannya, hanya satu, hanya Kristus dan memang ini nama yang terbesar dan tujuan kita, bahkan sampai mati pun, semua oleh, karena, dan untuk Kristus Rom 11:26.

Orang yang tidak mengerti merasa rugi, tersiksa, tidak enak dll, sebab semua2 untuk Kristus, lalu untuk kita sendiri bagaimana? Tetapi sesungguh-nya kalau kita hidup untuk Kristus, itu yang paling indah, yang paling meng-untungkan, yang paling mulia bahkan sampai kekal. Jangan cari kehendak kita sendiri dan Tuhan nomor 2, nanti ke-cewa. Tuhan tidak egois, tetapi ini cara terbaik dan paling menguntungkan bagi kita, kalau mempersembahkan hidup kita jadi persembahan yang hidup bagi Tuhan, maka Tuhan akan pelihara, ja-minan dengan kelimpahan dan ada su-kacita dan kepuasan yang asli Yoh 4:14.

YES 66:21. SEGALA BANGSA YANG BERTOBAT MELAYANI TUHAN.

  1. Dan Aku yang akan mengambil dari mereka untuk menjadi imam dan orang Lewi, kata Tuhan.

Semua yang percaya pada Tuhan dija-dikan Imam2 dan raja2 di hadapan Tuhan 1Pet 2:9-10, Wah 1:6, luar biasa, kita jadi anak2 Allah dan jadi Imam2 dan raja2  di hadapan Tuhan. Suatu bangsa yang suci, milik Allah sendiri untuk memasyurkan nama Tuhan yang membuat kita dari bukan umat (orang kafir) menjadi umat Tuhan untuk kekal. Dahuluorang Israel saja tidak bisa jadi Imam2 dan orang Lewi, ini hanya suku bangsa Lewi dan turunan Harun saja. Tetapi sekarang semua orang Percaya sudah dilahirkan baru, dibaptis dan dipimpin Roh, jadi milik Allah (sebagai anak, raja, Imam2 dan orang Lewi) lebih dari pada orang Israel sendiri, sebab semua yang percaya Tuhan Ye-sus, sudah ditebus dengan darah Kris-tus, sebab itu biarlah kita mema-syurkan nama Tuhan setiap hari selagi ada kesempatan. Ini jabatan yang luar biasa dan ada pahala dan kemuliaan-Nya yang kekal. Ini bukan hanya untuk hamba Tuhan full timer, tetapi setiap orang beriman yang sudah lahir baru jadi anak Allah yang suci boleh menjamah pekerjaan Tuhan yang suci 2Kor 6:17 dan itu hidup yang paling untung, bukan terbatas, terkekang dan menderita. Memang batasnya adalah harus hidup dalam “penjara” kesucian, tetapi justru itu indah, sebab itu berarti ada dalam hadirat Tuhan yang sangat menyenangkan dan  memuaskan se-perti Surga Maz 16:11 (sekalipun dalam ukuran yang lebih kecil Yeh 47). Ini hidup yang dijamin, dipelihara dalam segala segi hidup dengan cukup, bah-kan limpah, lalu berlanjut atau ber-sambung dalam Surga kekal Yoh 4:14. Orang yang tetap hidup dalam dosa itu hidup dalam penderitaan Neraka, itu sangat menyedihkan dan hidup yang sia2 serta bersambung ke Neraka kekal.

Kalau di dunia kita belum merasakan air hidup dan suasana Surga, hati2, mungkin hidupnya belum selamat, be-lum betul dan tidak akan bersambung di Surga (terhilang selamanya). Kalau di dunia pahit, menderita atau senang dengan kesukaan dosa sesaat, tetapi tanpa Kristus, semua akan bersambung ke Neraka kekal!

Kesimpulan.

Sangat penting bisa bersekutu dalam Roh, dengan kasih dan kesucian Allah. Dimulai dari orang2 sekitar kita, suami istri, sekeluarga dll (terhadap orang dekat kalau belum bertobat, jangan bodoh, tetapi kita harus menggarami atau menerangi mereka Mat 5:13-16). Kalau sudah bisa bersekutu dalam Roh Ef 4:3, maka itu harus diteruskan sam-pai antar segala umur, tingkat, go-longan dan bangsa (tetap dalam Roh sesuai Firman Tuhan). Ini arah yang betul dalam pertumbuhan rohani kita, sehingga ada hidup yang suci, ada pengorbanan (hidup sebagai persem-bahan yang kudus atas Mezbah seperti Rum 12:1-2) dalam pelayanan mem-permuliakan Tuhan sehingga hidup jadi indah di Yerusalem, kota Allah, yaitu dalam suasana Surga dalam hadirat Tuhan, penuh sukacita dan peme-liharaan Tuhan yang limpah, puas se-perti Surga dan hidup seperti ini akan berlanjut dalam Surga kekal.

 

Nyanyian: Rom 12:1-2.