YS353 – YES 66:19. PERSEKUTUAN TUBUH KRISTUS SEGALA BANGSA, KESEMPURNAAN RENCANA ALLAH

19a. Aku akan memasang satu tanda diantara mereka.

Siapa mereka? Ini cerita tentang segala bangsa sampai di seluruh dunia Kis 1:8, Mat 28:19. Tuhan akan memasang satu tanda, untuk apa? Untuk mengum-pulkan segala bangsa kepada Tuhan. Tuhan hanya memberi 1 tanda. Tidak ada tanda atau nama lain yang bisa mempersatukan semua, yaitu nama Tuhan Yesus Kis 4:12, Pil 2:9,10.

Yang menjadi tanda itu bukan ba-rang, uang, politik, ideology, suku bangsa, atau golongan2 tertentu lain-nya, tetapi nama Tuhan Yesus memper-satukan segala orang percaya oleh Roh Kudus dalam persekutuan Roh, dalam tubuh Kristus, sesuai dengan Firman Tuhan. Tidak ada nama lain, nama orang atau nama organisasi atau sino-de dll, yang bisa mempersekutukan, justru itu memecah.

Mengapa? Sebab semua nama itu tidak ada yang sempurna, selalu ada sa-lahnya. Tetapi 1 nama yang tertinggi di dunia dan di Surga, yang sempurna, adalah nama Tuhan Yesus yang me-nyelamatkan dan mempersatukan.

Biasakan membesarkan nama Tuhan Yesus dan mengecilkan nama kita, (tidak ingin di-besar2kan) Yoh 3:30, baru akan ada persekutuan yang betul di dalam Roh Ef 4:3.

Kalau 1 nama diangkat, maka:

  1. Sebagian mau datang, sebagian tidak mau dan pergi.
  2. Seringkali gara2 1 nama maka timbul perpecahan dan kerjasama menjadi rusak.
  3. Setan masuk dan merusak.

Orang yang tidak rela namanya dike-cilkan untuk meninggikan dan memper-besarkan nama Tuhan, sebab menun-tut mengikutkan ataumembesarkan na-manya, akan terjadi ber-pihak2 dan pecah, lalu setan bekerja di tengah2-nya. Ada banyak orang yang dipakai Tuhan, tetapi semua tidak berhak ditinggikan, hanya nama Yesus, Juru Selamat dunia 1Kor 3:4-8, sebab semua dari Tuhan, kita bukan apa2 1Kor 4:7, 2Kor 4:7.

Juga kesalahan yang sama jahatnya adalah suka mengkultuskan orang yang dipakai Tuhan, apalagi kalau orang itu dipakai Tuhan dengan heran, tetapi doakan supaya orang itutetap rendah hati dan berkenan pada Tuhan, sehingga makin menjadi berkat, tetapi muliakan Tuhan yang mengerjakan per-kara2 besar di dalam semua hamba2-Nya. (Mengkultuskan itu lebih jahat da-ri me-muji2, sebab orang lain dike-cilkan, direndahkan, se-olah2 hanya orang ini yang boleh di-puji2. Ini jerat setan yang manusiawi. Seringkali ini jadi cara hidup banyak orang yang “normal” (punya jagonya masing2). Iblis dapat kesempatan yang besar! Orang yang suka mengkultuskan (me-muji2) orang yang dipakai Tuhan itu mengutuki dan menjeratnya Ams 27:14; 29:5) dan me-mecah2 tubuh Kristus, sehingga merusak dan meng-hancurkan pekerjaan Tuhan. Sadar atau tidak, ia dipakai setan. Mengkultuskan hamba2-Nya, berarti dipakai setan, hamba setan! Ini merusak tubuh Kris-tus dan melawan Allah. Permuliakan Tuhan dan doakan semua umat dan hamba2Nya supaya menjadi satu Roh dalam Kristus dalam kesucian sesuai FirmanNya. Pasang tanda ini dalam se-mua tempat pelayanan pekerjaan Tuhan dan dalam hati kita semua. Orang yang memuliakan hamba2-Nya, itu dipakai setan jadi kaki tangannya, untuk menjatuhkannya dan merusak-kan persekutuan tubuh Kristus, betul2 alat setan.Berusahalah supaya Nama ini saja yang dipermuliakan dalam pengurapan Roh Kudus, baru Allah berkenan dan akan ada persekutuan yang betul, dalam Roh sehingga bisa masuk dalam penamatan rencana Allah yang indah dan heran di antara segala bangsa dan segala macam umat Tuhan.

Kalau Nama Yesus ditinggikan, kuasa Tuhan nyata, iblis diusir dan tanda2 akan terjadi Mrk 16:17-18. Cara iblis mengganggu dan merusak pekerjaan Tuhan adalah dengan meninggikan na-ma orang2 tertentu, sampai timbul dosa pada kedua pihak dan timbul perpecahan (Orang2 yang dipakai Tu-han, ber-megah2lah di hadapan hadirat Tuhan dengan penuh syukur dan akui semua dari Tuhan dan sungguh2 berusahamemuliakan Tuhan 1Kor 1:31, 1Kor 4:7, 2Kor 4:7, Rom 2:29). Tetapi kalau kita sungguh2 memegang Nama itu baik2, maka umat Tuhan akan bersekutu dalam Roh, bekerjasama dan berbuat banyak perkara2 besar dengan Nama Tuhan Maz 60:14 dan rencana Allah akan ditamatkan, maka Gereja masuk dalam kemuliaan yang besar, jadi ajaib dan sempurna.

 

19b. dan Aku akan mengirimkan mereka yang luput dari antara mereka kepada bangsa2.

Orang yang lepas dari segala kenajisan dunia, dari segala arus dosa yang meningkat (2211), itu yang akan masuk dalam rencana Allah, tumbuh dalam kesucian dan bisa diutus kepada segala bangsa, untuk mengumpulkan dan mempersatukan semuanya dalam tu-buh Kristus, dalam pimpinan dan kuasa Roh Kudus. Kalau bisa bersekutu dengan betul dalam Roh sesuai Firman Tuhan, kekuatannya akan meningkat berlipat kali ganda (Im 26:8) sehingga kita bisa melakukan kehendak Allah, taat akan Firman Tuhan dan rencana Allah yang besar dan mulia akan dige-napkan.

Kedatangan Tuhan makin dekat, sebab itu jangan sampai masuk dalam peningkatan dosa yang memuncak, tetapi justru tumbuh dalam kesucian Tuhan yang juga makin memuncak, maka rencana Allah akan digenapkan dan kita bisa ikut dalam rencana Allah yang besar di dunia dan di Surga.

Segala bangsa adalah rencana Allah dan iblis. Segala bangsa yang dise-satkan dalam dosaoleh iblis adalah tan-da kesempurnaan rencana setan Wah 20:3,8. Sebaliknya kalau segala bangsa bisa bersekutu dalam Roh, dalam tubuh Kristus global dengan kasih dan kesucian Allah, maka ini tanda rencana Allah sudah sampai puncak kesem-purnaanNya dan Tuhan datang. Ren-cana Allah akan genap lebih dahulu, baru kemudian iblis.

 

19c. ke Tarsis, Pul dan Lud yang menarik busur kepada Tubal

dan Jawan.

Tarsis adalah negeri yang makmur, Sa-lomo mengirim kapal dan membawa pulang emas, perak, gading, kera, burung merak dll 2Taw 9:21, Yer 10:9. Juga Yosafat bekerjasama dengan Ahazia,  Israel mau meniru, tetapi ga-gal, kapalnya karam 2Taw 20:36,37, Maz 48:7. Juga Yunus mau lari ke Tarsis Yun 1:3; 4:2 dll. Ini negeri yang makmur.

Pul hanya disebut satu kali disini, tidak jelas (ini lain dengan raja Pul 2Raj 15:19, 1Taw 5:26).

Lud, juga tidak jelas.

Lud menarik busur kepada Tubal berarti itu adalah peperangan.

Jawan. Ada yang mengatakan ini Yunani (Unger’s Bible Dictionary dan semua ini adalah kota2 orang kafir).

Tuhan mengutus kepada bangsa2 kafir, ini nubuat dalamWasiat Lama; dalam Wasiat Baru dijelaskan pada se-gala bangsa Mat 28:19, Kis 1:8. Memang kalau Injil sampai di seluruh dunia pada segala bangsa maka da-tanglah akhir rencana Allah Mat 24:14.

Ini adalah tugas orang beriman, mem-beritakan kabar baik pada seluruh dunia, meskipun tidak semua mau per-caya Rom 10:16, Kis 28:24. Kita mulai dari rumah kita masing2 dalam “panci” kita meskipun setan selalu berusaha mencegah supaya jangan jiwa2 dise-lamatkan. Perlu belas kasihan Mat 8:13 dan kuasa Allah dan pengertian, sebab kita hanya menabur tetapi Tuhan yang menumbuhkan 1Kor 3:5-6. Tetapi ke-wajiban ini ada pada kita. Wai kalau tidak dilakukan, itu berarti tidak melakukan kehendak Allah Yez 33:8-9 dan ditolak Tuhan Mat 7:21 sebab inilah garam yang tidak asin akan dibuang oleh Tuhan Mat 5:13-14. Tetapi kalau ada kasih Luk 10:27, belas kasihan Mat 9:13 maka akan ada gairah untuk menyelamatkan jiwanya untuk kekal. Bahkan jiwa2 yang kita menang-kan dan layani itu menjadi mahkota kemuliaan kita 1Tes 2:19, tidak sia2 1Kor 15:58.

Bergairahlah dan bertekun di dalam memenangkan jiwa2 sebab Tuhan menjanjikan menyelamatkan isi rumah kita Kis 16:31, tetapi ini tidak otomatis, harus kita perjuangkan sungguh2, mo-hon kemurahan Tuhan, sampai mereka diselamatkan. Kalau ini terjadi, maka Surga bersukacita, tentu juga kita yang dipakai Tuhan akan bersukacita Luk 15:7,9. Dan jangan lupa menabur pada segala bangsa dan segala tingkatan (seperti kota2 ini, ada yang besar, mewah, ada yang tidak dikenal, tetapi Tuhan mencintai segala bangsa, segala tingkatan, Ia tidak membedakan orang Rom 2:11). Sebab itu kita juga harus terbeban seperti Kristus untuk kese-lamatan segala orang. Pergi dengan kasih Kristus sehingga ada belas ka-sihan dan gairah dan Roh Kudus akan mengurapi kita. Semua perbedaan2 di dunia ini fana, baik suku bangsa, uang, kepintaran, kedudukan dll. Ingat La-zarus pengemis yang selamat menjadi setingkat dengan Abraham, sebab bagi Tuhan yang penting rohnya, “ku-rungannya” itu fana.

 

19d. Kepada pulau2 yang jauh, yang tidak pernah mendengar kebesaran-Ku.

Orang yang percaya pada Tuhan Yesus itu menjadi besar dan mulia, menjadi anak2 Allah Yoh 1:12, pewaris Surga Rom 8:17.

Pulau2 yang jauh itu menceritakan tentang orang kafir yang belum men-dengar Injil. Tuhan mencintai semua, segala bangsa. Masing2 kita harus taat untuk melakukan tugas kita, sebagian di dekatnya, ditempatnya masing2 menggarami dan menerangi, sebagian diutus Tuhan pergi jauh ke mana2 ke seluruh dunia. Semua harus menye-lesaikan tugasnya masing2, baik yang full time atau part time sambil bekerja sambil menyelamatkan jiwa2. Kerja-kanlah sebab ini yang paling utama, tugas kita di dunia ini. Kerjakanlah, se-lagi masih siang, selagi ada kesempatan Yoh 9:4, kesempatan itu akan habis, jangan sampai jadi garam yang tidak asin. Utamakan kerajaan Surga dan hi-dup benar, maka Tuhan akan menolong dan melengkapi semuanya Mat 6:33.

Wai yang menolak untuk percaya, akan celaka kekal.

 

19e. Juga tidak pernah melihat kemuliaan-Ku.

Memang Tuhan tidak kelihatan, bagai-mana mereka bisa melihat kemuliaan Tuhan? Orang yang percaya, di dalam Dia Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya Yoh 11:40. Dan dalam segala segi hi-dupnya, akan nyata bedanya antara orang yang percaya dan tidak, yang dimerdekakan dari dosa dan tidak Mal 3:18. Seperti Pelita yang menyala dan yang padam, itu beda sekali. (Yang tidak percaya bukan pelita tetapi se-suatu yang tidak bisa menyala. Orang Kristen yang undur, itu pelita yang padam). Ini tampak dari hidup secara jasmani dan rohani. Perempuan Sa-maria, Zakheus, Matius dll waktu mereka percaya Tuhan, keadaannya sangat berbeda. Mereka jadi hidup dan bersukacita Yoh 4:14, sebab punya pengharapan dan terang atau sungai air hidup itu mengalir dalam jiwanya dan akan bersambung terus sampai Surga. Surga adalah sambungan dari pengalaman di dunia, tetapi tanpa dosa dan segala akibatnya, hanya sukacita yang kekal. Juga secara jasmani akan berbeda. Baik dalam Wasiat Lama, orang2 yang cinta Tuhan, hidupnya akan sehat, limpah dan bisa bersu-kacita. Nyata benar bedanya seperti Naomi waktu pulang, tidak ada peng-harapan, secara jasmani jadi indah. Juga Yusuf, Daud dsb. Memang ada batas umur hidup, tetapi disambung dalam Surga.

Mengapa Tuhan tidak langsung menyatakan kemuliaan-Nya dalam du-nia supaya orang2 percaya. Kalau langsung melihat kemuliaan Allah dan Surga itu seperti malaikat, mereka di-tuntut lebih banyak Luk 12:48. Malaikat yang berdosa tidak diampuni sebab sudah mengalami dan melihat Surga Neraka 2Pet 2:4 dan tidak ada peng-olahan. Tetapi manusia hidup dengan iman, sekalipun tidak melihat Surga, Neraka dan Allah,tetapi taat Yoh 20:29, ini bisa diolah lebih banyak bahkan yang taat bisa sampai menjadi sem-purna seperti Kristus Pil 2:8. Sebab itu pengolahan malaikat dan manusia berbeda. Kalau kita percaya kita akan melihat kemuliaan Allah Yoh 11:40. Sebab itu kita harus hidup dengan iman 2Kor 5:7, bahkan dari iman kepada iman, dengan kata lain terus menerus berjalan dengan iman Rom 1:17. Tetapi kita harus taat dan tetap percaya, sekalipun belum melihat. Hidup dalam kesucian dan taat melakukan kehendak Allah, bahkan sekalipun tidak melihat janji2 Tuhan. Ayub hidup berkenan pada Tuhan Ay 1:1,8, tetapi nasibnya begitu tragis bahkan hancur habis2an, tetapi Ayub tetap percya Ay 1:21, sebab itu sesudah lulus, ia meningkat dan kembali melihat kemuliaan Allah yang besar Ay 42:12-17, bahkan terus bersambung di Surga untuk kekal, mungkin juga dalam tingkat yang tertinggi sebab mungkin sekali ujiannya adalah ujian akhir. Begitu juga Yusuf, Daud, Petrus, Paulus. Kita harus hidup dengan iman dan kita akan melihat kemuliaan Tuhan di dalam hidup kita.

 

 

 

19f. dan mereka akan menyatakan kemuliaan-Ku di antara orang2 kafir.

Sesudah kita percaya dan diselamat-kan, maka giliran kita untuk menyela-matkan orang lain di dekat kita atau yang dijauh. Menangkan jiwa2, maka kita akan melihat lebih banyak kemuliaan Allah dalam hidup kita untuk disaksikan dan dilihat oleh semua orang2 di sekitar kita. Jangan hanya mendengar, tetapi lakukan apa yan sudah kita dengar dan mengerti Yak 1:22-23. Dalam bersaksi ini yang pertama kita harus jadi kesaksian yang baik sebagai tanda keselamatan kekal, mati lepas dari dosa Rom 6:1-2, Yoh 1:12. Bukan untung atau sembuh, itu juga bisa dialami oleh orang2 di luar Kristus. Orang yang di luar Kristus; secara jasmani juga akan menuai sesuai dengan perbuatannya Gal 6:7-8. Allah adil, misalnya Esau yang mengampuni Yacob dan mengalah, Tuhan memberi berkat kepadanya, tetapi tanpa percaya Tuhan, tidak ada hidup kekal, hanya di dunia. Sebab itu kesaksian yang mula2 dan berita utama yang kita beritakan adalah keselamatan di dalam Kristus. Sebab orang yang percaya akan terlepas dari semua ikatan dosa, bebas, bisa hidup suci, misalnya Zakheus. Tetapi juga segala keperluannya akan ditambahkan oleh Tuhan baginya Mat 6:33. Jangan kuatir, Tuhan sanggup menolong kita. Tentu juga ada bagian kita, yang harus kita genapkan, misalnya: bekerja, sekolah, memelihara tubuh secukupnya dan juga hal2 rohani jangan dilupakan.

Dengan demikian kita diolah dan tumbuh dengan iman dalam hidup di dunia ini.

 

KESIMPULAN.

  1. Ingat, iblis hendak menyesatkan segala bangsa dengan kebencian dan kejahatan, supayamasuk Neraka. Tetapi Tuhan menyelamatkan dan me-nyatukan semua yang percaya dalam kasih dan kesucian-Nya. Ini salah satu tanda kalau rencana-Nya genap, lebih2 dalam proses kedatangan-Nya yang seperti kilat tetapi kita harus bersedia.
  2. Beritakan kepada segala bangsa dan bersekutulah dalam Roh menjadi tubuh Kristus dengan kasih dan kesucian-Nya.
  3. Bersatu dengan satu tanda yaitu Nama Tuhan Yesus yang ditinggikan, semua orang, segala bangsa akan men-jadi satu dalam tubuh Kristus sampai rencana Allah genap Yoh 12:32. Jangan meninggikan diri atau mengkultuskan orang2 yang dipakai Tuhan, supaya jangan iblis masuk dan memecah dan merusak.
  4. Percayalah akan Tuhan, maka kita akan melihat kemuliaan Allah sekalipun Allah kita tidak tampak, tetapi Dia Allah dan Mahakuasa. Tetapi taat dan setia, berjalan dengan iman.
  5. Adalah giliran kita sekarang untuk bersaksi menyelamatkan semua orang di dekat kita dan yang di jauh sesuai dengan perintah dan pimpinan-Nya.

Nyanyian:

Jadikan kami satu oleh Roh-Mu Tuhan.