YS352 – YESAYA 66:17-19. SEGALA BANGSA MENJADI SATU DALAM PUNCAK RENCANA ALLAH

YES 66:17. MENYUCIKAN DIRI DENGAN SIA2 DAN BINASA

17a. Mereka yang menyucikan dirinya sendiri.

Ini orang2 yang bodoh bahkan tertipu oleh iblis, sehingga mereka menyucikan dirinya tetapi ternyata sia2 bahkan di-binasakan Allah. Dalam dunia menyu-cikan diri itu ber-macam2 caranya se-suai dengan keyakinannya masing2, tetapi ukuran kita adalah Firman Tuhan sehingga suci dihadapan Allah 1Pet 1:15-16. Orang yang tidak mengerti akan mudah ditipu dan disesatkan da-lam penyucian yang macam2 bahkan melawan kesucian Allah. Mereka ber-kata suci padahal sangat keji dan najis di hadapan Tuhan.

Ada 3 tingkat penyucian yang palsu, yaitu:

  1. Sembunyi2, pura2; di luar suci, di dalam najis. Ini orang yang pura2 dan Tuhan tidak berkenan, seperti orang Parisi, dari luar cukup suci, tetapi hati-nya penuh dengan kenajisan seperti kubur putih tetapi dalamnya keji Mat 23:27. Masih banyak orang beriman yang tidak sadar atau pura2 seperti8 Wai Mat 23:13-36. Kita harus menge-nali dan mengerti, supaya jangan kita tertipu dan terseret di dalamnya. Iba-dah dan pelayanan orang Parisi atau masih cocok dengan peraturan, bahkan mereka mengajar di kursi Musa, tetapi di dalam hati dan hidupnya penuh dosa dan kenajisan. Di hadapan Tuhan ini jelas berbeda seperti gandum dan la-lang, tetapi di hadapan manusia, lebih2 yang bodoh, mereka merasa masih indah seperti Gereja Sardis, Pergamus, Laodikia dan Tiatira. Mula2 orang yang tidak bertobat itu sembunyi2, pura2 atau munafik, baru dalam tingkat ber-ikutnya kalau dosanya makin mening-kat, mereka makin terang2an tetapi sudah tertipu oleh iblis dengan ber-macam2 siasat dan jeratnya.

Bertobatlah sungguh2 sampai da-lam hati dan angan2 (MAK DSY). Orang dekat apalagi yang mengerti dan di-pimpin Roh akan mengerti tentang pe-nyucian yang sia2 ini.  Kita sendiri harus disucikan dengan betul dan tumbuh dalam kesucian seperti Kristus, juga menolong lalang2 di sekitar kita supaya bertobat dan berubah menjadi gan-dum! Jangan menuduh, tetapi kalau tahu itu bukan kebetulan, tolonglah de-ngan pimpinan Roh Kudus Yak 4:17. Orang yang tidak bertobat atau tidak mengerti, maka  dosa akan terus tum-buh Ams 6:27-28 akhirnya masuk ting-kat 2, lebih2 dengan Polarisasi 2211, sehingga makin jahat, keji dan terang2an.

Dalam Minggu ke-70 Daniel yang suci dan najis akan terpisah oleh Polarisasi dan oleh disiplin yang keras dalam Gereja 2Kor 10:7.

  1. Dengan sengaja. Menyucikan diri tetapi hidup dalam dosa dan tidak bertobat. Ini biasanya sudah kena tipu iblis sehingga yakin itu yang betul padahal itu dusta setan 2Tes 2:11. Ini seperti Achab dan Izebel dengan 850 nabi palsunya, ditegur terang2an oleh Elia. Ini dapat dikatakansudah terlam-bat, sebab biasanya tidak lagi mau atau bisa bertobat. Jangan main2 dengan kesucian, sebab dosa akan terus tum-buh dan makin lama makin terikat oleh iblis dan makin berat untuk bertobat kembali. Ini termasuk dosa sengaja, akan dibinasakan Allah Ibr 10:26.

Orang2 semacam ini biasanya sangat sulit pindah jalur untuk bertobat kembali Luk 5:39, Pk\h 12:1.

  1. Dengan sempurna. Ini orang2 yang katanya menyucikan dirinya (untuk iblis), tetapi dosanya sudah sempurna seperti iblis. Ini banyak terdapat dalam zaman Antikris. Mereka tahu itu me-lawan Allah, tetapi yakin itu lebih baik dan tidak mau bertobat kembali. Mere-ka menyucikan diri justru dengan ber-buat banyak dosa yang keji2, dengan berbohong, menipu, dengan membu-nuh orang banyak bahkan orang2 dekat dalam keluarganya sendiri Mat 10:21. Ini penyucian yang terbalik seperti dalam zaman Antikris (sesuai kehendak iblis!).

17b. Di dalam kebun2.

Kebun2 itu seringkali tempat yang menyenangkan dan menarik. Iblis sela-lu memberi umpan kesukaan dosa yang sesaat. Orang yg tidak bertobat, turut daging akan mudah menjadi kor-bannya.

17c. Di belakang satu yang (ada)

di tengah2nya.

Biasanya ada kaki tangan iblis untuk menarik orang lain. Orang yang tidak mau bertobat sungguh2, jalan hidup-nya akan dikuasai setan, bahkan bisa jadi kaki tangan iblis dan akhirnya celaka. Orang yang membawa ke dalam dosa itu pembunuh di hadapan Tuhan Ams 16:29. Puncaknya ada dalam zaman Antikris, inilah orang di tengah2 taman mulut besar dengan janji yang muluk2 tetapi kosong.

Mula2 di taman Eden, di tengah2 taman ada pohon Pengetahuan baik dan jahat dan iblis ada disitu mencari mangsa Kej 3:2-4. Terakhir, hal yang sama adalah Antikris di tengah2 bait Allah. 2Tes 2:4, Mat 24:15. Sekarang Antikris sudah keluar 1Yoh 2:18 dan ada dalam Gereja yang lengah, maka Izebel ada dalam Gereja Tiatira, juga dalam Pergamus dan pasti kaki tangan iblis itu ada dalam Sardis Gereja yang mati, Gereja2 jalan lebar. Di Sodom ada banyak tetapi di padang gurun tempat Abraham tidak ada. Sikap kita harus tegas, jangan bersekutu 1Kor 5:9-11, 2Kor 6:14-16, tetapi salahkan Ef 5:11 dan kalau bisa, rebut mereka dari dalam api Yud 23, Yak 5:19-20. Dalam Yes 66:16, ada banyak korbannya yang binasa. Gereja Tuhan harus disucikan dengan kuasa Allah dan Firman Tuhan, jangan sampai jadi korban dari oknum dalam taman itu.

 

17d. Makan daging babi dan barang2 yang kekejian dan tikus.

Babi adalah binatang haram (Im 11:7, Yes 65:4; 66:3,17). Seringkali tampak suci, beribadah, tetapi orangnya tidak bertobat seperti babi, dalamnya penuh dengan perkara2 yang keji 2Pet 2:22. Seperti permata di mulut babi Ams 11:22.

Umat Tuhan harus tumbuh dalam kuasa Allah dan Firman Tuhan Mrk 12:24 supaya jangan disesatkan oleh begitu banyak hal yang najisEf 4:13. Jangan hanya diisi dengan Firman susu (penginjilan, meskipun ini tetap perlu untuk memenangkan jiwa2), tetapi per-lu makanan keras dan melakukannya Ibr 5:11-14; 6:1-2. Kegerakan Roh Ku-dus akhir zaman adalah dalam peng-ajaran untuk mematangkan gandum, yaitu umat Tuhan yang tumbuh dalam kesucian. Kita harus tumbuh dalam Firman Tuhan makin mendalam dalam kesucian dan kasih Allah. Semua ba-rang yang keji harus dibuang, termasuk hal netral, tetapi disembah jadi berhala seperti Nehustan (2Raj 18:4) dalam sejarahnya, ini jadi “juru selamat”, me-nolong, tetapi kalau disembah, me-ngikat, jadi berhala harus dibuang. Se-mua yang Tuhan tidak berkenan harus dibersihkan, sebab kita tidak boleh dalam tingkatan kesucian yang mula2 atau macet, tetapi harus terus tumbuh dalam gunung kesucian Tuhan.

Kalau kita tidak mau meningkat da-lam kesucian, melakukan kehendak Tu-han, terus mendua, bercabang hati, akan hanyut dalam polarisasi dosa! Roh Kudus akan menolong kita untuk meng-ingatkan seperti Hizkia, sehingga bisa sadar akan siasat & tipu daya setan yg menyelinap di antara hal2 yg netral.

 

Tikus.

Tidak banyak yang diceritakan tentang tikus. Orang Filistin yang minta lepas dari bala sebab dosa2nya (merebut Tabut dan dibawa dalam tempat berha-lanya setingkat dengan berhalanya di-hukum Tuhan dengan bala), mereka mempersembahkan masing2 penghulu 1 tikus emas. Dimana, siapa yang mengambil, waktu orang Filistin me-ngembalikan Tabut? Tuhan menghu-kum 70 orang Bait Semes mati, karena membuka Tabut, mungkin juga karena mereka mengambilnya. Ini perkara2 keji, tetapi berharga mahal, mengha-silkan uang. Jangan mencuri atau mengambil untung dari perkara2 yang keji seperti tikus2 ini, ada hukuman yang dahsyat. Segala macam perkara2 yang keji ini harus dibuang dan tum-buhlah dalam kesucian dan tetap hidup berkenan pada Tuhan. Tidak ada pi-lihan lain suci atau dosa, jangan men-dua atau plin plan.

17e. akan dibinasakan ber-sama2 kata Tuhan.

Semua ada penuaian, lebih tinggi dosanya tentu lebih dahsyat penuaian dan hukumannya Gal 6:7-8.

Inilah penyucian, ibadah dan pelaya-nannya yang sia2, yang hanya ingin puji atau perkenan manusia, tetapi sia2 dan dibinasakan Tuhan, sebab ini bukan penyucian, justru sebaliknya.

 

YES 66:18. KEMULIAAN TUHAN DISAKSIKAN.

18a. Karena Aku mengetahui perbuatan dan pikirannya.

Tuhan tidak hanya melihat atau diba-tasi dengan perkara2 dari luar, sebab Tuhan tahu sampai dalam pikiran dan semua yang tersembunyi dari manusia. Sebab itu dari permulaan kita harus ingat untuk berdiri benar dalam segala perkara, jangan ada dosa atau hal2 yang keji yang disembunyikan, sebab itu semua sia2 dan akan dibinasakan. Kita harus menghadapkan diri kita benar di hadapan Allah 2Tim 2:15. Jangan jalan dalam dosa sekalipun dari luar ada kepujian, itu semua sia2 dan akhirnya akan binasa.

Sebaliknya kalau ada banyak hal2 baik dan indah tersembunyi, itu indah, jangan berkecil hati atau merasa sia2 karena orang2 tidak melihat yang indah2 di dalam kita, sebab Tuhan tahu rahasia iman dan hal2 yang tersem-bunyi dan semua tetap diperhitungkan dan semua ada pahalanya, lebih2 yang tersembunyi Mat 6:1-6, 1Tim 3:9. Ja-ngan ada dosa yang tersembunyi, te-tapi jangan merasa sia2 kalau ada hal2 yang berkenan pada Tuhan yang ter-sembunyi atau tidak diketahui dan tidak dipuji orang banyak Yoh 12:43 sebab kepujian dan nasib kita itu ditentukan oleh Tuhan, dan ini hasilnya untukkekal, bukan dari kepujian atau keputusan orang banyak Rom 2:29b.

18b. Akan datang, bahwa Aku akan mengumpulkan segala bangsa dan bahasa.

Untuk apa dikumpulkan? Tidak ada maksud lain hanya untuk diselamatkan dan diberkati! Ini satu2nya maksud Allah dalam manusia Yoh 3:16. Kita yang sudah diselamatkan, miliki beban, kerinduan yang sama dengan Tuhan, maka itu memperkenankan Tuhan. Se-mentara kebencian antara bangsa me-luas bahkan mewabah, kita harus tumbuh dalam mengasihi segala bang-sa. Jangan ada kebencian dalam bentuk apapun dan belajar bersekutu dalam Roh diantara segala macam bangsa dan perbedaan2 di dalam umat Tuhan. Jangan ada perbedaan2 yang menim-bulkan kebencian supaya Injil bisa di-beritakan sampai seluruh bumi dan segala bangsa, dan supaya ada per-sekutuan tubuh Kristus yang manis dalam Roh antara segala macam umat Tuhan. Kalau umat Tuhan bisa demi-kian, baru kita akan bisa sampai pada kesempurnaan rencana Allah.

Ini lawannya pekerjaan iblis yang memuncak itu dari Babel, (timbul se-gala macam bangsa dan tidak bisa bersekutu atau bekerjasama, sehingga menara Babel macet). Tetapi kasih Allah menyatukan kembali dalam Kris-tus. Ini tujuan Tuhan supaya semua orang dipersatukan dalam Kristus se-perti Trinitas Yoh 17:23. Perhatikan su-paya diantara kita, baik dalam nikah, keluarga, kelompok, Gereja, Sinode dan di mana2 ada persekutuan yang manis dalam Roh, tetapi tetap ada batas yang jelas dengan yg tidak mau bertobat, te-tapi bukan dengan benci tetapi dgn kasih Kristus untuk menggara-mi dan menerangi mereka supaya disela-matkan.

Dunia bersekutu karena uang, po-litik, olahraga dll, tetapi kita karena Kristus di dalam Rohnya sesuai dengan Firman Tuhan. Jangan mengecilkan persekutuan, sebab kalau terpisah atau ter-pecah2 itu ada dalam rencana dan pekerjaan iblis menuju kebinasaan!

18c. dan mereka akan datang dan melihat kemuliaanKu.

Segala bangsa akan datang dan ber-sekutu. Kalau kita bisa bersekutu de-ngan betul, bukan dengan basa basi atau pura2, maka Tuhan ada di te-ngah2 kita dan itu luar biasa Mat 18:20. Kalau Presiden ada di tengah2 kita, itu perkara besar, apalagi kalau Tuhan yaituAllah yang maha besar ada di tengah2 kita, itu perkara yang sangat besar dan orang2 akan tampak ke-muliaan Tuhan.

Ada 2 hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

  1. Pentingnya persekutuan dalam Roh, Tuhan ada di tengah2 kita.
  2. Bukan saja dosa yang meningkat, tetapi juga kesucian akan meningkat sesuai dengan rencana Allah.

Jangan masa bodoh atau plin-plan, ikut dengan gairah masuk dalam ren-cana Allah yang Maha besar, yaitu bersekutu dalam Kristus dan tumbuh dalam kesucian sehingga bisa ikut serta dalam menggenapkan atau menamat-kan rencana Allah!

Pada saat penamatan atau finishing rencana Allah, disebut juga proses ke-datangan Tuhan seperti kilat dari Timur ke Barat Mat 24:27, yaitu dalam Ming-gu ke-70 Daniel, maka kita akan me-lihat Gereja yang bisa bersekutu dalam Kristus dan terus tumbuh dalam kesucian, akan menjadi ajaib, luar biasa Wah 12:1. Semua orang akan melihat kemuliaan Allah dalam umatNya yang seperti ini. Semua umat Tuhan akan melihatnya, bahkan seluruh dunia, te-tapi hanya mereka yang ber-jaga2 dan tumbuh dalam kesucianNya, dalam persekutuan yang betul akan ikut dalam rencana Allah, yaitu dalam per-sekutuan tubuh Kristus global yang akan digenapkan untuk pengangkatan.

YES 66:19. KABAR SELAMAT SAMPAI DI SELURUH DUNIA.

19a. Aku akan memasang satu tanda diantara mereka.

19b. dan Aku akan mengirimkan mereka yang luput dari antara mereka kepada bangsa2.

Siapa mereka? Ini cerita tentang segala bangsa sampai di seluruh dunia Kis 1:8, Mat 28:19. Tuhan akan memasang satu tanda, untuk apa? Untuk mengumpul-kan segala bangsa kepada Tuhan. Tuhan hanya memberi 1 tanda. Tidak ada tanda atau nama lain yang bisa mempersatukan semua, yaitu nama Tuhan Yesus Kis 4:12, Pil 2:9,10.

Yang menjadi tanda itu bukan barang atau uang atau tanda2 yang lain, tetapi nama Tuhan Yesus mem-persatukan segala orang percaya oleh Roh Kudus dalam persekutuan tubuh Kristus, sesuai dengan Firman Tuhan. Tidak ada nama lain, nama orang atau nama organisasi atau sinode dll, justru itu memecah. Mengapa? Sebab semua nama itu tidak ada yang sempurna, se-lalu ada salahnya. Tetapi 1 nama yang tertinggi di dunia dan di Surga, yang sempurna, adalah nama Tuhan Yesus yang menyelamatkan dan mempersa-tukan. Biasakan membesarkan nama Tuhan Yesus dan mengecilkan nama kita, (tidak ingin di-besar2kan) baru akan ada persekutuan yang betul di da-lam Roh Yoh 3:30. Kalau 1 nama diang-kat, sebagian mau datang, sebagian ti-dak mau dan pergi. Seringkali gara2 1 nama maka timbul perpecahan dan kerjasama menjadi rusak.

Orang yang tidak rela namanya dikecilkan untuk meninggikan dan memperbesarkan nama Tuhan, akan jadi sebab untuk menuntut membe-sarkan namanya, akan terjadi ber-pihak2 dan pecah, lalu setan bekerja di tengah2nya. Ada banyak orang yang dipakai Tuhan, tetapi semua tidak ber-hak ditinggikan, hanya nama Yesus, Juru Selamat dunia 1Kor 3:4-8, sebab semua dari Tuhan, kita bukan apa2 1Kor 4:7, 2Kor 4:7. Jangan biasa meng-kultuskan orang yang dipakai Tuhan, apalagi kalau orang itu dipakai Tuhan dengan heran, tetapi doakan supaya tetap rendah hati dan berkenan pada Tuhan, sehingga makin menjadi berkat, tetapi muliakan Tuhan yang menger-jakan perkara2 besar di dalam semua hamba2Nya. Orang yang suka meng-kultuskan (me-muji2) orang yang di-pakai Tuhan itu mengutuki dan men-jeratnya Ams 27:14; 29:5) dan me-mecah2 tubuh Kristus, sehingga meru-sak dan menghancurkan pekerjaan Tu-han. Sadar atau tidak, ia dipakai setan. Permuliakan Tuhan dan doakan semua umat dan hamba2Nya supaya menjadi satu dalam Kristus dalam kesucian sesuai FirmanNya. Pasang tanda ini dalam semua tempat pelayanan pe-kerjaan Tuhan dan hati kita,dan biar Nama ini dipermuliakan dalam peng-urapan Roh Kudus, baru ada per-sekutuan yang betul, dalam Roh se-hingga bisa masuk dalam rencana pe-namatan rencana Allah yang indah diantara segala bangsa dan segala ma-cam umat Tuhan. Sebab Nama ini luar biasa, iblis diusir dan tanda2 akan terjadi Mrk 16:17-18. Cara iblis meng-ganggu dan merusak pekerjaan Tuhan adalah dengan meninggikan nama orang2 tertentu, sampai timbul bebe-rapa pihak dan perpecahan. Tetapi kalau kita sungguh2 memegang Nama itu baik2, maka umat Tuhan akan ber-sekutu dalam Roh, bekerjasama dan berbuat banyak perkara2 besar dengan Nama Tuhan Maz 60:14 dan rencana Allah akan ditamatkan, maka Gereja masuk dalam kemuliaan yang besar.

KESIMPULAN.

Jangan menyucikan diri dalam kebun2 setan dan dengan cara2 duniawi yang sia2 dan celaka, tetapi hidup benar sampai dalam hati dan pikiran di hadapan Allah sesuai dengan Firman Tuhan, seperti Kristus.

Pelihara persekutuan dalam Roh diantara umat Tuhan menurut ukuran Firman Tuhan, mulai dari kelompok kita, terus meluas sampai seluruh dunia diantara segala bangsa, sehingga tubuh Kristus global terbentuk dalam kesu-cian dan kasih Kristus, maka rencana Allah akandigenapkan dan kita masuk dalam kemuliaanNya yang besar di dunia sampai kekal di Surga.

 

Nyanyian:

Jadikan kami satu oleh RohMu Tuhan.