YS351 – YESAYA 66:13-16. POLARISASI YANG SUCI DAN YANG NAJIS

YES 66:13. DIHIBURKAN

DI YERUSALEM.

13a. Seperti orang yang dihiburkan oleh ibunya,

Bagi orang kebanyakan, arti jasmaninya bisa dimengerti dengan jelas, sebab ada sisa2 kemuliaan Allah, antara lain dalam kasih ibu dan bapa Rom 3:23. Karena kasih, pasti si ibu akan meng-hiburkan anaknya dengan segenap hati dan tulus. Kadang2 pendapat atau pan-dangan anak dan orangtua bisa ber-beda sehingga terjadi salah paham. Maksud si ibu menghibur dan meno-long, tetapi si anak justru merasa ma-kin ditekan dan dirugikan. Dalam hal ini keduanya harus kembali  memegang kebenaran Firman Tuhan, jangan ma-sing2 berkeras hati meme-gang pendi-rian atau pikirannya sendiri. Semua harus tunduk pada Firman Tuhan, itu-lah kebenaran abadi Yoh 17:17. Kalau masih sulit, bisa dibantu oleh Gembala Sidang yang akan menerangkan kebe-naran Firman Tuhan dan minta Roh Kudus menolong. Kalau semua mau taat akan Firman Tuhan, semua akan dipulihkan kembali dengan baik dan ada kesukaan dan peng-hiburan.

 

13b. Begitulah Aku akan menghiburkan engkau.

Begitu Tuhan ingin menghibur dan me-nguatkan setiap orang beriman dengan kasih Kristus dan dengan segala fasilitas yang lain, Tuhan Maha kuasa, Maha tahu, tidak ada yang mustahil bagiNya, pasti Ia berhasil asal kita mau ditolong, mau taat! Tuhan sanggup asal kita mau taat, lebih2 kalau mengerti Firman Tuhan, akan lebih mudah tertolong dan terhibur oleh Tuhan.

 

13c. dan engkau akan terhibur di Yerusalem.

Apa artinya? Terhibur bukan di Samaria atau di negeri2 lain seperti Elimelech lari ke Moab supaya tertolong. Mula2 ia tertolong, tetapi tidak lama kemu-dian mati dan terhilang! Juga putra2-nya. Jangan tinggalkan Betlehem atau Negeri Perjanjian, apalagi Yerusalem. Semua di luar Tuhan memberi janji yang kosong dan sia2. Jangan cari penghiburan di tempat lain. Tetap ting-gal dengan Negeri Perjanjian Allah dan Yerusalem adalah tempat Allah dan tahtaNya. Sebab itu carilah penghi-buran di tempat Allah bertahta, jangan cari di negara lain, tetapi tetap dalam negeri perjanjian Allah secara rohani. Pegang janji2 Allah, masuk dalam ha-diratNya itu akan menghibur dan me-nolong kita sampai semua problem kita selesai dengan tuntas, bahkan sampai Surga. Naomi sesudah mati orang2nya, langsung kembali ke Kanaan, tidak ber-larut2 lagi di tempat yang salah. Un-tung dia kembali, maka tunggul yang mati itu dipulihkan, bersemi kembali bahkan berbunga dan ber-buah2. Naomi (dan Rut) menjadi sangat indah dan bahagia, bahkan sampai kekal. Ber-doalah mencari hadirat Tuhan, selidiki dan pegang janji2 FirmanNya, maka ki-ta akan dapat terhibur kembali. Hanya Yesus yang dapat menolong, apalagi di akhir zaman, kita harus kembali dalam tahta dan hadiratNya dalam Yerusalem rohani. Sekalipun akhir zaman dahsyat, justru kita akan mengalami rencana2 Allah yang sangat indah dan mulia. Bereskan hidup ini di hadapan Tuhan, maka Tuhan akan beserta dengan orang benar, menolong dan meng-hiburkannya, pasti Dia sanggup. Kita akan tertolong dan terhibur di Yeru-salem rohani, di dalam hadirat Allah dan kasih dan kuasaNya.

 

YES 66:14. BERSUKACITA DALAM TUHAN, TETAPI MURKA TUHAN ATAS MUSUH2NYA.

14a. Kalau engkau melihatnya, hatimu akan bersukacita.

Bila kita bisa melihat hal ini? Kalau ada iman. Kita harus hidup dengan iman 2Kor 5:7, bahkan dari iman kepada iman Rom 1:17. Jangan ragu2 akan jan-ji2 Tuhan, sebab orang yang ragu2 ti-dak akan mendapat apa2 Yak 1:6-7. Kita mengalami dan menerima, bisa melihat janji2 Tuhan terjadi, semua dengan iman. Meskipun belum terjadi, percayalah! Yoh 20:19. Akal baru per-caya kalau ada bukti atau paling sedikit ada tanda2 yang positif. Tetapi iman lain daripada akal, sekalipun mustahil kalau ada janji Tuhan, itu akan jadi, kita akan mengalami dan melihatnya. Se-perti Daud melawan binatang2 buas dan binatang Goliat, binatang yang be-sar. Sebab itu kita perlu memelihara iman kita baik2 2Tim 4:7, jangan sam-pai kempes, mengecil, tetapi justru harus makin tumbuh sampai menjadi iman yang besar Mat 8:10,26, bahkan iman yang sempurna Yak 2:22. Baik tentang hidup dalam kesucian, sehat sembuh dan umur, dalam nafkah, keluarga dll. Bertumbuhlah terus dalam iman sehingga kita mendapat banyak perkara2 dari Atas, janji2 Tuhan dan tumbuh menjadi iman yang besar! Ja-ngan menilai janji2 Tuhan (atau kesaksian dan perbuatan iman) dengan akal, tetapi pegang Firman Tuhan dan berdoalah dalam Roh dan kebenaran, maka Roh Kudus akan membuat huruf2 yang mati dalam Alkitab, yang tidak bisa masuk akal, jadi huruf2 yang hidup dan tumbuh menjadi iman yang hidup, bisa percaya dan punya pengertian iman 2Kor 3:6, bukan hanya pengertian akal 2Kor 5:7. Orang2 seperti ini akan bersukacita, sebab janji Allah pasti jadi asal percaya.

 

14b. dan tulang2mu akan bertumbuh dengan lebat seperti rumput (Strong no 1877).

Tulang2 ini adalah bagian yang kekal, yang akan bangkit dalam hidup kekal. Juga tulang2 ini untuk meneguhkan dan menguatkan tubuh. Tulang2 atau kekuatan rohani akan terus tumbuh dengan subur seperti rumput. Kalau tumbuh seperti rumput (bukan buah-nya, hanya tumbuhnya) itu berarti tumbuh dengan mudah sebab rumput itu bisa tumbuh di mana2 saja.Kalau kita bisa hidup dengan iman, bahkan tumbuh, maka rohani kita akan kuat, teguh, sebab yang bisa berpegang de-ngan iman akan janji2 Firman Tuhan, akan limpah dengan perkara2 dari Atas Kol 3:1-3. Orang yang mau hidup de-ngan iman yaitu berdasar janji2 Firman Tuhan, pertumbuhan rohaninya akan subur seperti rumput.

Peganglah Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus, maka ini akan membuat hidup rohani tumbuh terus dengan subur, makin seperti Kristus. Kita harus memperhatikan supaya iman atau rohani kita terus bertumbuh dengan baik dan tidak berhenti apalagi macet. Kita harus bisa menilai partum-buhan itu dengan betul dan terus tumbuh.

 

14c. dan tangan Tuhan akan dikenal hamba2Nya.

Kalau tangan Tuhan di atas kita, itu berarti Tuhan menyertai, memberkati dan membuat hidup kita berhasil se-perti dalam Neh 2:8, Ezr 7:6. Ini suatu keadaan yang amat indah, untung dan bahagia. Beberapa orang berdosa pergi pada setan2 dan minta disertai, diberi kuasa dll supaya hidupnya mujur dan menang terus. Iblis memberi ber-ma-cam2 syarat tetapi bukan syarat ke-sucian, jujur, tulus dll sehingga orang mudah memenuhinya, sebab memang tujuannya bukan Surga tetapi Neraka. Tetapi Tuhan tidak menuntut macam2 syarat yang duniawi atau manusiawi, tetapi hidup di dalam Kristus, maka semua sudah termasuk di dalamnya Mat 6:33, Rom 8:31, 1Pet 3:12. Kalau kita mencocokkan diri dengan Tuhan, memperkenankan Tuhan, maka kita ada dalam jalan dan rencana Tuhan, maka segala yang terjadi akan menjadi kebaikan bagi orang2 yang cinta Allah Rom 8:28. Kalau toh ada kesukaran dan penderitaan, itu semua untuk peng-olahan bagi kita supaya kita makin tumbuh menjadi seperti Kristus. Ham-ba2 Tuhan (part time dan full time) yang hidupnya berkenan pada Tuhan, akan mengalami tangan Tuhan selalu ada di atasnya seperti di atas Nehemia dan Ezra, Musa, Yusak, Daud, Petrus, Paulus dll. Orang yang hidup berkenan pada Tuhan pasti mengenal tangan Tu-han, sebab ada terus di atas kepalanya, membuat hidupnya berkemenangan dalam semua pencobaan, bahkan jadi pawai kemenangan 2Kor 4:14.

14d. dan murka-Nya kepada musuh2-Nya.

Mengapa Allah tahu2 murka pada musuh2-Nya? Ini hidup dalam dunia, apalagi di akhir zaman (itu adalah pun-cak pergumulan atau peperangan an-tara gelap dan terang, umat Tuhan dengan iblis dan kaki tangannya).

Umat Tuhan di dunia tidak pernah berhenti perang melawan iblis. Kalau kita sedikit lengah, iblis sudah siap untuk menyerang dan melahapnya 1Pet 5:8. Hidup ini adalah peperangan terus menerus dengan iblis, jangan le-ngah, dunia ini bukan Firdaus, jangan menganggap dunia ini Firdaus atau Surga atau ingin menjadikannya Surga, tempat yang menyenangkan dan pe-nuh sukacita, tidak!

Kita harus terus ber-jaga2 dan ber-perang dengan iblis dan kaki tangan-nya, sebab ini jadi pengolahan bagi orang2 yang berjalan dengan Allah, se-hingga hidupnya berkemenangan men-jadi makin indah dan makin mulia. Se-bab itu jangan takut tetapi jangan le-ngah menghadapi iblis dan kaki ta-ngannya. Jalan terus dengan Tuhan, dipimpin Roh. Hari2 hidup kita di dunia ini seperti orang perang Ay 7:1a, melawan iblis Ef 6:12. Sebab itu:

  1. Kita harus punya pengertian yang betul, jangan membuat Surga atau tujuan untuk senang2 dan sukacita di bumi, tiba2 dalam kesukaan dunia, apalagi di dalam kesukaan daging, bisa mati dan binasa Mat 16:26. Tujuan kita Surga, bukan dunia ini.
  2. Hidup dalam kesucian dan selalu di jalur yang betul, dalam jalan sempit. Tidak mungkin bisa hidup dalam ke-sucian kalau tidak di jalur yang betul, jalan sempit. Kita harus hidup suci dan taat dipimpin Roh, baru kita bisa masuk dan meningkat dalam rencana Allah yang mulia sampai di puncak yang mu-lia, seperti Kristus. Orang yang pindah2 ke jalur duniawi (jalan lebar) sekarang masih bisa, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, tidak bisa pindah2, sebab ke-adaan sangat dahsyat, sangat tertib, se-dikit salah, hukumannya keras 2Kor 10:6. Ada yang plin-plan, main2, men-dua, bercabang hatinya, akan langsung dihukum keras seperti Ananias dan Safira Kis 5:1-12.

Zaman sekarang orang suam di-biarkan. Tetapi dalam Minggu ke-70 Danielini akan menjadi mangsa pola-risasi 2211 sehingga hanyut dalam dosa yang dahsyat dan dibuang dari jalan sempit sebab ada ketertiban yang keras. Kalau sekarang tidak sungguh2 bertobat, dosanya akan memuncak dan hukuman Tuhan akan turun dengan murka yang besar.

 

YES 66:15. TUHAN DATANG DENGAN MURKA-NYA.

15a. Tuhan akan datang dengan api dan dengan rata seperti puting beliung untuk menyatakan murka-Nya dengan ber-api2.

Mengapa Tuhan begitu marah? Tuhan tidak mungkin ngawur atau keliru dalam tindakanNya. Lebih2 disini naik rata, itu berarti perang besar. Biasanya cukup dengan kata2Nya, hukuman tu-run ke atas orang berdosa dan bina-salah dia. Tetapi disini tampaknya se-perti perang besar, sebab Ia datang dengan rata, dengan puting beliung untuk menyatakan murkaNya.

 

15b. dan hardikNya dengan api yang ber-nyala2.

Begitu dahsyat Tuhan marah. Pasti ada dosa yang dahsyat dan luar biasa, bahkan dari banyak orang, sehingga Ia datang dengan murka yang besar. Bila ini terjadi? Ini biasanya terjadi pada hari2 hukuman, waktu banyak orang meningkat dalam dosa seperti zaman Nuh, zaman Sodom Gomora, zaman Niniwe dsb. Lebih2 yang terakhir pada akhir zaman di mana manusia dilepas dan dosanya menjadi begitu dahsyat dan puncaknya adalah dalam zaman Antikris.

 

YES 66:16. TUHAN MEMERANGI SEMUA ORANG.

16a. Karena dengan api dan dengan pedang-Nya, Tuhan hendak menghukum segala daging.

Ini terjadi pada kedatangan Tuhan II, tahap 2, yaitu dalam perang Harma-gedon, Tuhan menghukum semua orang di dunia. Orang2 tahu dan lari ketakutan Wah 1:7; 6:5-17. Dahsyat se-kali. Semua musuhnya dikalahkan seka-ligus, baik iblis, Antikris, nabi palsu dan semua pengikut Antikris.

 

16b. Maka orang yang dibunuh Tuhan itu akan banyak jumlahnya.

Ini adalah kiamat kecil yaitu kiamat un-tuk isi dunia saja, semua orang dibunuh mati, luar biasa Wah 19:20-21. Ini terjadi sesudah jutaan orang2 yang tertinggal dalam pengangkatan, di-aniaya Antikris sampai mati, sangat dahsyat dan ini adalah pembalasan bagi mereka Wah 6:10-11.

Tuhan Hakim yang adil Kej 18:25, 2Tim 4:1 menjanjikan pembalasan ka-lau jumlahnya sudah genap, yaitu orang2 beriman yang tertinggal binasa semua. Ini terjadi sesudah itu, dan se-mua dibalas dengan dahsyat. Yang hidup hanyalah orang2 Israel yang dimeteraikan (144.000 dan beberapa banyak orang kafir yang tidak mau dimeteraikan dan tidak mau menyem-bah Antikris) mereka lolos dan bumi berubah (dipulihkan) jadi kerajaan 1000 tahun dan mereka menjadi rakyatnya.

Hukuman yang sangat dahsyat itu berlaku pada dosa dan kejahatan yang sangat dahsyat yaitu pada puncaknya di dalam zaman Antikris. Mereka juga melakukan aniaya dan kejahatan yang paling dahsyat Mat 24:22.

Sebab itu kita harus tetap ada dalam jalur yang betul, sebab yang mendua akan terseret atau diludahkan Tuhan keluar masuk dalam jalur iblis (jalan lebar) yang tumbuh menjadi be-gitu keji dan jahat sampai puncak2nya.

Kalau sekarang tidak mau bersedia, plin-plan, maka pada waktu Minggu ke-70 Daniel, tidak bisa (sangat sulit) untuk pindah kembali ke jalur yang betul, sebab:

  1. Terjadi Polarisasi 22:11 sehingga yg main2 (di Halaman) akan jadi sangat jahat dan sudah terikat oleh dosa2nya.
  2. Proses kedatangan Tuhan yang secepat kilat terjadi, Mat 24:27, se-hingga semua berjalan dengan cepat, yang suci dan yang dosa. Tidak lagi bisa pindah jalur. Hasil Polarisasi akan sam-pai pada puncak2nya dalam 3,5 tahun, jadi sempurna dalam dosa dan sem-purna dalam kesucian.
  3. Disiplin keras oleh Roh Kudus 2Kor 10:6, bukan oleh Gereja atau manusia, seperti dalam Gereja mula2, bahkan ini lebih dahsyat Kis 5:3-4. Yang melawan, bisa mati di tempat. Inilah saatnya masa hukuman rumah Allah terjadi 1Pet 4:17.
  4. Tidak mau lagi akan anggur yang baru Luk 5:39, sudah cinta dan mabuk dengan anggur lama, bahkan melawan semua yang dari Tuhan.
  5. Orang yang hidup dalam dosa, dalam kerbat lama pada waktu itu akan pecah, tidak bisa diperbaiki lagi, tidak mau bertobat lagi Luk 5:37.

Ini masa penampian Mat 3:12, ma-sa ujian sedunia Wah 3:10, sehingga api itu me-nyala2 di seluruh bumi Luk 12:49, Mat 3:11. Kalau dahulu dalam Gereja ada gandum dan lalang, tetapi ini saatnya terjadi pemisahan dengan cara hukuman Roh Kudus yang keras Kis 5:13.

Ini saat yang dahsyat, yang bisa terjadi se-waktu2. Sebab itu kita harus bersedia seperti ligabis, selalu penuh dan dipimpin Roh, bukan seperti ligabo itu bercabang hati. Orang yang suam akan hanyut dalam arus dosa yang be-sar dan tidak tertahan oleh orang2 Halaman. Dengan cepat (hanya dalam 3,5 tahun) 3 Angka kedatangan Tuhan digenapkan dan selesailah rencana Allah dalam dunia dan Gereja, dahsyat!

 

KESIMPULAN.

Kita harus memilih antara hidup de-ngan iman dalam kesucian, dipimpin Roh atau hidup dalam dosa (atau plin-plan, mendua, bercabang, setengah hati). Semua ini sekarang masih bisa bercampur dalam Gereja, tetapi pada waktu tiba proses kedatangan Tuhan maka prosesnya akan berlangsung de-ngan cepat seperti kilat, dan orang yang tidak sungguh2 ikut Tuhan akan hanyut dalam dosa dan mengalami hu-kuman Allah yang dahsyat dan binasa dalam Neraka (Tasik api) untuk kekal! Jangan buang kesempatan yang ada sekarang, yaitu sungguh2lah percaya, bertobat dan taat. Orang yang tidak mau mengambil keputusan yang tegas dan sungguh2 Luk 12:57, itu dise-babkan karena hatinya masih berca-bang dan masih ingin perkara2 dunia-wi; Sebab itu ia akan selalu bersikap suam seperti Gereja Laodikia dan kalau datang Minggu ke-70 Daniel, sudah hanyut dalam dosa, cinta dan mabuk anggur lama dan tidak mau lagi bertobat dan binasa. Tetapi yang mau pikul salib, itu indah, itu sudah setengah Surga sehingga tidak sampai tergoda, tertipu atau terseret dalam dosa yang mengakibatkankebinasaan kekal. Pilih jalan yang selamat, jalan sempit yang indah, jangan jalan dosa, jalan lebar itu sudah setengah Neraka, menderita, sekalipun tertawa tapi hati tetap sakit dan tidak ada sejahtera Ams 14:12, Rom 3:17.

 

Nyanyi:

Aku pilih jalan yang slamat,

pilih jalan pada Allah.