YS350 – YESAYA 66:10-12. YERUSALEM MENJADI KESUKAAN ATAU RATAPAN

YES 66:10. BERSUKACITA DAN MERATAPI YERUSALEM.

Yerusalem secara jasmani itu berbeda dengan Yerusalem secara rohani.

Bagi Gereja, Yerusalem itu berarti se-cara rohani, kalau dipegang secara jasmani itu jadi salah, sebab waktunya atau zamannya belum sampai. Seka-rang ini zaman Gereja yang akan ber-akhir dalam Minggu ke-70 Daniel tetapi Israel jasmani akan dipulihkan kem-bali, dimulai dari Minggu ke-70 Daniel. Jadi Minggu ke-70 Daniel itu adalah masa tumpang tindih dari akhir Gereja dan permulaan Israel jasmani Rom 10:26-27. Sebab itu bagi Gereja, Yeru-salem berarti secara rohani, jangan dipegangsecara jasmani, supaya jangan sampai salah, tidak sesuai dengan ke-hendak Allah, sebab dengan demikian bisa masuk dalam dunia politik dan kebencian bangsa2, itu menjadi dosa dan bukan kehendak Tuhan bagi Gereja.

Secara jasmani: Yerusalem itu adalah kota Allah Maz 87:3, kota suci Neh 11:1, Sion 1Raj 8:1, kota damai Maz 76:2 dll, ada banyak sebutan.

Di Yerusalem kota mulia ada bait Allah dan Tuhan hadir disitu dan satu kali akan dikuasai musuh dan Halamannya di-injak2 Antikris Wah 11:2. (sudah ber-kali2 jatuh ke tangan musuh).

Bagi Gereja, Yerusalem adalah lambang dari Yerusalem Baru yang ada dalam Surga Bumi Baru, dimana Allah bertahta, puncak kemuliaan Allah dari rencana Allah yang maha  besar yang akan digenapkan dalam hari2 yang akan datang. Sekarang di dunia itulah tubuh Kristus global (sekarang masih ter-bagi2 dalam Gereja2 lokal) yang akan disempurnakan Allah.

Yerusalem bisa menjadi kesukaan atau ratapan. Yerusalem ini adalah puncak dari rencana Allah secara jasmani dan rohani.

 

Secara jasmani:

Kalau umat Tuhan hidup benar dan taat akan Firman Tuhan, maka rencana Allah akan jadi dan umat Tuhan akan mengalami Yerusalem yang makin in-dah sampai puncaknya yaitu penuh dengan kemuliaan Allah, di atas Tabut dalam bait Allah sangat menyenang-kan. Ini membuat umat Tuhan sangat bersukacita dan bergembira akan Yerusalem.

Tetapi kalau umat Tuhan hidup dalam dosa, apalagi bekeras hati, ma-ka hukuman dan kemurkaan Allah akan jatuh atas umatNya dan Yerusalem akan dihancurkan dan dijarah musuh, seperti yang sudah terjadi ber-ulang2 kali, baik waktu Israel dan Yehuda undur dari Tuhan dalam zaman Zedekia dll, juga dalam zaman Gereja mula2, tahun 70 SM, sehingga habis sama se-kali, tinggal puing2 dan sekarang ting-gal tembok ratapan, tempat orang2 Israel meratap dengan sedih, sampai satu kali dalam kerajaan 1000 tahun Yerusalem dibangun dan dipulihkan kembali. Sebab itu secara jasmani ini bisa menjadi tanda kalau Yerusalem dibangun kembali dan bait Allah di dalamnya, itu berarti waktu pemulihan Israel jasmani sudah dekat dan akhir zaman untuk Gereja dan dunia sudah mendekat juga, sebab akhir Gereja dan permulaan Israel jasmani itu saling tumpang tindih.

Begitu secara rohani Yerusalem atau tubuh Kristus global, adalah tanda bahwa Gereja akan masuk dalam kesempurnaannya, yaitu 3 Angka akan digenapkan dalam Minggu ke-70 Da-niel. Akan ada sukacita yang luar biasa, akan ada zaman keemasan Gereja, se-perti Surga di bumi dalam Gereja yaitu dalam 3,5 tahun I sebelum peng-angkatan. Semua mengarah ke sana, baik dosa dan kesucian akan terus meningkat sampai puncak2nya.

Ada 2 macam Gereja, yaitu Gereja jalan lebar dan Gereja jalan sempit (seperti Abraham di jalan sempit dan Lot di Sodom Gomora, jalan lebar). Semua Gereja ada gandum dan lalang, tetapi Gereja yang betul di jalan sem-pit, akan meningkat kadar gandumnya dan kadar lalangnya makin turun, se-bab lalang jadi gandum dan yang keras hati mencari tempat yang cocok seperti Lot. Sebaliknya dengan Gereja2 jalan lebar. Memang sekarang masih sulit melihatnya, apalagi oleh orang2 Kristen duniawi, ia tidak jelas melihat perbe-daan ini, tetapi mereka cocok dan makin bersukacita di Gereja jalan lebar dan Gereja2 jalan sempit itu menjadi tempat2 yang ekstrem bagi mereka, tidak cocok dengan keadaan jalan le-bar, tidak cocok dengan keadaan dunia sekarang, terlalu kuno, ortodoks atau ekstrem, sebab tidak cocok dengan tabiat daging dan duniawi. Akan terjadi pemisahan yang makin lama makin nyata atau gandum dan lalang, sebab jenis mencari jenis atau roh yang sama, yaitu roh daging mencari roh daging dan orang yang dipimpin Roh Kudus akan cocok dengan orang2 yang juga dipimpin Roh.Akhirnya orang2 akan bersekutu dalam Roh yang sama Ef 4:3. Orang2 yang penuh dan dipimpin Roh, adalahorang yang cinta kesucian, Fir-man Tuhan, penuh dan terus berdoa dan hidup dipimpin Roh di jalan sempit, limpah dengan 7 KPR seperti Petrus Kis 6:4. Tetapi orang2 beriman yang con-dong ke Sodom seperti Lot, lebih cocok persekutuan yang boleh campuran de-ngan kedagingan dan keduniawian, yg tidak ekstrem, yang bisa mentolerer sedikit (sampai banyak) perkara2 da-ging dan duniawi. Ini akan makin nyata dan makin terpisah. Pemimpin2 dan Gereja2 jalan lebar akan punya per-sentasi lalang lebih banyak sampai da-tang saatnya Minggu ke-70 Daniel mu-lai (Wah 5) yaitu proses yang keda-tangan Tuhan secepat kilat mulai Mat 24:27. Pada waktu ini semua berjalan secepat kilat, ketertiban menjadi sa-ngat keras 2Kor 10:6, maka pemisahan akan terjadi dengan tegas antara gan-dum dan lalang sehingga lalang dengan sendirinya terpisah semua (dimulai dari dahulu) masuk ke jalan lebar Kis 5:13. Akan terjadi masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17 terjadi penampian se-hingga dengan keras dan tertib gan-dum dan sekam dipisah Mat 3:12 ter-jadi baptisan api seperti Golgota, api menyala di mana2 di seluruh dunia Luk 12:49, Mat 3:12 dan orang yang punya roh campuran atau daging seperti li-gabo tidak akan tahan dan lari ke Ge-reja2 jalan lebar. Ini terjadi pada masa proses kedatangan Tuhan yang secepat kilat, semua tegas dan tertib sekali, do-sa dan kejahatan meningkat sangat tinggi jadi ujian bagi semua orang da-lam dunia Wah 2:10, ini seperti tsu-nami dosa yang melanda seluruh dunia.

Tanpa Roh Kudus (tidak cukup li-gabo) akan jatuh dalam dosa, ikut hanyut dalam arus dosa 1Tim 4:1, Wah 12:4 dan kejahatan ini (banyak yang mati dalam dosa, sebab kejahatan yang tinggi itu kejam penuh kebencian dan banyak makan korban) sehingga Gereja betul2 dikocok, dimurnikan, tetapi yang mau dimurnikan akan terus tumbuh makin indah seperti Kristus, dalam Gereja akhir zaman yang ajaib, dengan suasana seperti Surga sekalipun masih di dunia Wah 12:1. Tuhan juga mem-beri segala fasilitas rohani dan jasmani dengan limpah sehingga tidak ada yang kekurangan fasilitas2 ini, juga fasilitas rohani, semua jabatan, pembukaan Firman Tuhan, pengurapan Roh Kudus yang amat limpah, juga pelayanan orang sempurna, mujizat dan tanda2 ajaib; orang bukan saja tidak lagi sakit atau cacat, tetapi tidak ada yang mati, siap untuk diubahkan dalam sesaat da-lam pengangkatan 1Kor 15:51. Ini suatu rahasia! Apalagi yang jadi sempurna, langsung naik ke Tahta Allah sampai jumlahnya genap dan Tuhan datang. Kedatangan Tuhan ini tiba2, seperti pencuri bagi yang tidak bersedia. Tetapi bagi ligabis, mereka sudah tahu. Sebab itu semua yang bersedia terus ber-lomba2 mempersiapkan diri dan tumbuh dengan kilat sampai se-ting-gi2nya (sesuai dengan rencana Allah) dan sebagian menjadi sempurna. He-ran, ajaib, indah, sukacita sepeti Surga tetapi semua ini, masih di bumi, luar biasa! Akhirnya semua persyaratan ke-datangan Tuhan dipenuhi dan sele-sailah 3 Angka kedatangan Tuhan, le-bih2 jumlah orang yang sempurna akan genap dengan ajaib (ini paling sulit!) tetapi toh digenapi dan Tuhan datang. Terjadilah perceraian yang dahsyat, dan orang2 yang tertinggal masuk dalam zaman Antikris, mengerikan.

Inilah Yerusalem yang terus tumbuh kepada rencana Allah yang tertinggi sampai di Yerusalem baru, sementara itu Yerusalem jasmani juga dibangun dan dalam kerajaan 1000 tahun akan jadi jaya, indah, megah dalam sikon yang ideal.

10a. Bersukacitalah atas Yerusalem dan bergembiralah dengan dia.

Orang yang mencintai Yerusalem itu adalah orang yang cinta Tuhan yang hidup berkenan pada Tuhan seperti Kis 13:22 sehingga bisa masuk dalam ren-cana Allah yg luar biasa ini. Ini tampak dalam sejarah kerajaan Israel. Kalau mereka hidup dalam kesucian dan taat akan Firman Tuhan, maka Yerusalem diberkati dan mulia, setiap tahun 3 kali mereka naik ke Yerusalem merayakan hari2 yang penuh sukacita Ul 16:16.

10b. Bersukacitalah dengan gembira dengan dia, semua kamu yang meratapinya.

Sebaliknya orang2 yang meratapi Yeru-salem sebab melihat Yerusalem dihan-curkan karena dosa2nya, lalu bertobat sungguh2 seperti angkatan Daniel dkk yang dibawa tertawan ke Babel, sesu-dah 70 tahun dalam tawanan, orang2 yang bertobat sungguh2, mereka di-bawa pulang kembali, membangun Ye-rusalem dan bait Allah, dan mereka bisa kembali bersukacita Ezr 3:12-13. Keadaan bait Allah yang dibangun ini jauh lebih sederhana daripada bait Salomo. Ini bisa sedikit membayangkan orang2 tertinggal yang selamat dalam zaman Antikris, mereka bersukcita di hadapan Anak domba Allah, sangat “sederhana”, asal selamat, tanpa paha-la Wah 7:9. Sayang. Ini ditentukan sen-diri oleh ketaatan dan kesungguhan masing2.

 

YES 66:11. YERUSALEM SEPERTI IBU BAGI ANAK2NYA YAITU UMAT TUHAN.

 

11a. Supaya kamu boleh menghisab dan dikenyangkan dengan susu penghiburannya.

Seorang ibu bersukacita menggendong dan memberi minum pada bayinya. Juga bayi yang belum mengerti itu akan bersukacita dalam dekapan ibunya dan menjadi kenyang. Untuk bayi2 memang tidak dituntut apa2, mereka hanya bisa bersukacita dan dipuaskan dalam de-kapan ibunya. (biasanya mereka tidak mengerti kesukaran ibunya, hanya tahu tempat yang terbaik bagi Mereka. Ceita bayi yang masih menghisab pada ibunya dalam selendang gendongan ibunya yang sudah mati tertembak waktu perang. Si bayi tidak mengerti. Tetapi Allah kita tidak pernah gugur tertembak seperti manusia, Ia tetap jaya dan tidak pernah kalah atau gagal, sebab Dia Allah yang Maha kuasa. Yang penting sejak dari permulaan percaya, kita terus lekat pada Tuhan dan Tuhan yg akan mencukupi kita secara rohani dan jasmani, bahkan tumbuh sampai dewasa rohani. Yang penting jangan tinggalkan Tuhan, maka Tuhan akan memelihara kita rohani dan jasmani. Dia seperti ibu bagi bayinya, seperti burung nazar yang terbang dengan anak di atas punggungnya Kel 19:4, seperti domba digembalakan gemba-lanya Maz 23, seperti carang dalam pokok akan aman, kenyang, puas, tidak pernah memikirkan apa yang terjadi pada pokok, sebab Bapa adalah pem-belanya, semua pasti beres Yoh 15:1. Yang penting jangan pindah2, bahkan bergeserpun jangan, tetap lekat pada pokok kita, pasti terpelihara dan tum-buh sampai matang.

11b. Supaya engkau mendapatkan air susu dan dipuaskan dengan kelimpahan kemuliaannya.

Bagian kita hanya dekat dan lekat pada Tuhan, Pokok yang benar. Bagian Tuhan tidak perlu kita kuatirkan, sebab Dia Maha kuasa! Asal terus lekat dan tinggal di dalam Tuhan, kita akan men-dapatkan se-gala2nya seperti bayi dipelihara ibunya, seperticarang dipe-lihara pokoknya, seperti domba dipe-lihara gembala2nya, asal jangan lari dan meninggalkannya! Allah kita itu luar biasa, Dia sanggup memelihara lengkap, rohani dan jasmani asal kita tetap tinggal di dalam Dia, bahkan kita akan ber-buah2 dengan manis dan pe-nuh dengan kemuliaannya! Allah tidak perlah gagal sampai masuk Surga Bumi Baru, semua tergantung keputusan dan kesetiaan kita masing2, dari bagian kita! Luk 12:57.

 

YES 66:12. AMAN DAN TUMBUH

DI DALAM ALLAH KITA.

 

12a. Demikianlah Firman Tuhan, lihatlah Aku akan memperbanyak sejahtera baginya seperti sungai.

Untuk Gereja, Yerusalem atau tubuh Kristus, kalau dipelihara, berkenan pa-da Tuhan, apalagi di akhir zaman, akan penuh dengan pekerjaan Bapa, Putra dan Roh Kudus seperti matahari bulan dan bintang, luar biasa, sehingga sejahtera dari Allah makin diperba-nyak seperti sungai yang makin lama makin dalam Yoh 7:38 dan lengkap dengan se-gala2nya (pohon buah2, ikan dan semua yang diperlukan Yez 47). Percayalah akan Tuhan, Dia adalah se-gala2nya bagi kita, jangan kuatir, sekalipun pada akhir zaman, dosa dan kejahatan akan sangat meningkat sam-pai puncak2nya, tetapi juga kesucian dan kemuliaan dan sejahtera dari Allah akan meningkat sampai puncak2nya yang luar biasa. Disini, dalam pasal terakhir Yesaya, dimana rencana Allah akan disempurnakan, jangan kuatir, apa yang tidak kita pikirkan dan hal2 rohani yang baru akan diberikan Tuhan lengkap bagi kita, sehingga kitapun akan tumbuh sampai puncak2 rencana Allah yang gilang gemilang! Yaitu se-mua yang dijanjikan yaitu sampai ge-nap rencana Allah, baik golongan 1551 (mungkin kira2 700 juta orang) dan 144.000 dalam kemuliaan dan kesu-kaan yang baru dan indah akan nyata, tetapi jangan lepas dari Allah, tidak akan bosan, selalu ada pertumbuhan yang betul2 baru dan sejahtera seperti sungai.

 

12b. dan kemuliaan orang kafir seperti arus yang mengalir maka kamu akan minum.

Apa hubungannya dengan kemuliaan orang2 kafir?

  1. Gereja itu dari segala bangsa, dari orang kafir yg bertobat menjadi umat Tuhan. Tuhan cinta orang kafir sama seperti Israel, Tuhan cinta semua orang Yoh 3:16.
  2. Apa yang terjadi di Surga itu sam-bungannya dari yang di dunia, kalau di dunia tidak ada, juga kemuliaan orang kafir/ bangsa2 tidak ada sambungan-nya di Surga. Wah 20:26.

Apa kemuliaan bangsa2 di dunia?

  1. Dapat mencintai segala bangsa. Da-lam dunia biasanya semua orang selalu tidak senang pada satu atau beberapa suku bangsa lain. Orang lahir baru itu pasti (harus) terlepas dari ke-bencian rasial dan tidak membedakan orang Rom 2:11.
  2. Menangkan jiwa2 dari segala bangsa dan menumbuhkannya. Tiga Angka ke-datangan Tuhan itu dari segala bangsa. Tiga Angka ini bukan hanya dari 1 suku bangsa, tetapi segala bangsa, mengalir sampai di seluruh dunia Kis 1:8, Mat 28:19-20. Kemuliaan bangsa2, inilah kemuliaan karena cinta, korban kepada segala bangsa, dan ini akan dibawa ma-suk dalam Surga; ini semua sudah kita kerjakan sekarang di dunia, dan kita akan minum, dipuaskan dalam pela-yanan tubuh Kristus diantara segala bangsa. Tubuh Kristus tidak akan sem-purna kalau hanya dengan 1 suku bangsa. Kita belum tahu berapa banyak suku bangsa yang bersekutu ber-sama2 kita, tetapi tidak satu suku bangsapun yang ditolak dandibenci. Kita cinta semua orang dengan kasih Kristus. Be-lajar bisa bersekutu dan bekerjasama bukan karena melihat jenis dan kea-daan orang2nya tetapi sebab sama2 dipimpin Roh, dalam Roh yang sama, maka akan ada kemuliaan yang lebih besar dan indah.

 

12c. Kamu akan dilahirkan pada sisi2nya dan di timang2 di atas lututnya.

Mulai lahir baru, sampai tumbuh di ti-mang2, semua ber-sama2 dalam tubuh Kristus, tidak dibedakan. Lutut itu un-tuk berlutuk dan berdoa seperti Elia 1Raj 18:42. Menumbuhkan jiwa2 de-ngan doa dan Firman Tuhan seperti Elia Kis 6:4, 1Raj 19:7,8 dua kali ganda, satu kali tidak cukup, harus limpah sehingga tidak tidur lagi, tetapi bisaterus bangun dan bisa jalan 40 hari sampai di gunung Allah.

Iman ini tidak cukup hanya untuk lahir baru saja. Tidak cukup hanya beberapa kali ke Gereja untuk lahir baru, tetapi perlu terus ber-sama2 beribadah dalam persekutuan tubuh Kristus supaya tumbuh terus sampai rencana Allah genap.  Penginjilan tetap perlu, tetapi untuk akhir zaman ini juga perlu pengajaran, lebih2 untuk yang tumbuh di jalan sempit, beberapa ha-nya senang dengan susu penginjilan, dan tinggal bayi/ kanak2, itu tidak cu-kup, kita harus tumbuh terus, lang-sungkan sampai ke arah kesempurnaan Ibr 5:12 – 6:3. Maka kita akan menik-mati pertumbuhan yang luar biasa, te-rus ada perkara2 baru, dengan segala fasilitas yang dilimpahkanTuhan, meng-alami masa keemasan Gereja akhir zaman yang diteruskan sampai dalam Surga Bumi Baru. Di dunia tidak ada perkara baru Pkh 1:9-10. Tetapi dalam pekerjaan Allah kepada kesempurnaan, ada banyak hal2 baru rohani sampai dalam kesempurnaan, baru sama se-kali, luar biasa tumbuh sampai seperti Kristus, sangat indah dalam kesukaan ilahi.

 

Nyanyian:

Tuhan angkatkan jiwaku,

lebih dekat kepadaMu.