YS348 – YESAYA 66:3-6. PEMBERONTAK2 DIBINASAKAN

Singkatan YES 66:3.

Kacau dan sesat sebab tidak bisa membedakan. Orang yang undur dan orang yang tidak bersedia, tidak bisa membedakan, tidak mengerti kebe-naran, tidak bisa berdoa, tidak bisa ber-sekutu dengan betul, sebab tidak pe-nuh dan tidak dipimpin Roh. Orang ini disesatkan oleh ajaran sesat (kuda putih) dan air bah dari mulut Naga Wah 12:15, antara lain:

  1. Kebencian sampai membunuh di-anggap hanya membunuh lembu,
  2. tidak bisa membedakan hal2 yang keji yang kemudian menjadi indah kembali bagi anjing yang memun-tahkannya lalu dinikmati kembali.
  3. korban makanan, hidup jadi korban sesuai Firman Tuhan, diubahkan men-jadi hidup dengan jiwa kebinatangan.
  4. Dalam menyembah Tuhan justru me-nyembah berhala mammon, perzinaan, kebencian, dan macam2 pengajaran Balhum, Nikolai dan perkara2 dari iblis. Ini semua menurut kehendak sendiri, menurut daging yang keji, bukan menurut Firman Tuhan. Tetapi di pihak lain, tetap ada banyak orang yang tum-buh dalam jalur Kristus sampai seperti Kristus, selain yang tumbuh dalam jalur setan yang menjadi seperti iblis Wah 22:11.

 

YES 66:4. HUKMAN ATAS KHAYALAN DAN KETAKUTAN ORANG2 YANG TERTIPU SETAN.

4a. Aku juga akan memilih untuk mendatangkan ke atas mereka.

Allah itu adil dan murah, sebab itu ka-dang2 kita bingung atau heran seperti Maz 73:3-9, Hab 1:2-4. Mengapa orang jahat itu jaya, sehingga orang2 beriman itu menderita dan harus sabar, me-nunggu kesabaran Allah atas orang ber-dosa Pkh 8:11, tetapi akhirnya akan da-tang hukuman bagi yang tetap berkeras hati. Tuhan yang Maha murah itu masih mengharapkan supaya ada yang bertobat dan selamat.

 

4b. Segala khayalan.

Karena orang2 beriman yang bodoh kena tipu iblis yang lihai, apalagi kalau mengabaikan pemeliharaan hidup ro-hani dan tidak mau ber-jaga2. Iblis memberi khayalan yang indah2 untuk keinginan daging mereka sehingga me-reka buta dan melahap semua dusta iblis, mulai dari Hawa dst, puncaknya pada akhir zaman.

Orang2 zaman Antikris juga meng-khayalkan kenikmatan menuruti daging yang dijanjikan iblis yaitu Surga dalam Neraka (dosa), tetapi mereka hanya mendapatkan Neraka yang dahsyat, tidak ada Surganya!

 

4c. dan ketakutan mereka.

Tetapi mereka akan melihat fakta se-gala macam hukuman yang dahsyat jatuh ke atasnya (kecuali dalam zaman Antikris selama 3,5 tahun, mereka lebih bebas menuruti dagingnya), tetapi pada akhirnya, semua sangat ketakutan akan kedatangan Tuhan, sebab tahu hukuman yang dahsyat akan menunggu mereka Wah 6:15-17. Sebab itu ber-jaga2lah jangan sampai tertipu oleh iblis dengan segala umpan kemanis-annya yang sesaat Ibr 11:25. Ini terjadi sepanjang masa seperti orang2 yang melawan Allah dalam zaman Musa, binasa semua dengan dahsyat dan pun-caknya pada akhir zaman dalam perang Harmagedon dan Gog dan Magog lalu dalam Tasik api.

 

4d. sebab kalau Aku memanggil, tidak ada yang menjawab.

Tuhan sudah mengirim banyak orang, mereka tetap tidak mau datang men-jawab dan bertobat Yer 7:25; 25:4; 26:5; 29:19; 35:15; 44:4; Kis 28:23 dll. Biasanya ada yang bertobat, ada yang keras hati. Tetapi kalau banyak yang keras hati dan tidak mau bertobat (keadaannya dahsyat, hebat, kejahat-an2nya mengerikan), maka itu adalah tanda bahwa waktunya sudah dekat. Sejak permulaan hendaklah kita ada dalam golongan yang taat.

 

4e. Pada waktu Aku bicara, mereka tidak mendengarkannya.

Firman Tuhan sudah tidak dihargai bah-kan dibenci, dianggap dusta, padahal Firman Tuhan itu kebenaran. Kalau di Neraka mereka sadar, sudah terlambat seperti Luk 16:27. Memang taat Firman Tuhan itu sakit bagi daging Yes 28:13, hanya larangan2 terus sehingga orang2 tidak mau taat, tetapi mereka akan gugur dan binasa.

 

4f. tetapi mereka melakukan yang jahat di mataKu dan memilih hal2 yang Aku tidak berkenan.

Sewaktu di dunia (dalam masa ke-murahan Tuhan (Pkh 8:11), mereka bi-sa bertindak dan bicara dengan bebas dan berani melawan Tuhan, berbuat yang jahat dan keji di hadapan mata Tuhan. Se-olah2 semua itu tidak ada akibatnya, padahal sudah diingatkan Firman Tuhan, akibatnya dahsyat, te-tapi mereka tidak peduli. Sayang, oleh dusta iblis yang dipercayainya, kesem-patan selama di dunia itu di-buang2, bahkan mereka menjadi makin jahat, meningkat dalam dosa dan keja-hatannya.

Semua penaburan (dalam dosa atau ketaatan) itu ada penuaian yang sesuai Gal 6:7,8. Penjahat yang bertobat saat terakhir di atas salib masih untung, te-tapi yang keras hati jadi celaka besar Luk 23:43. Penjahat itu masih selamat, tetapi jangan menunggu saat terakhir, hasilnya tipis sekali. Padahal kalau bertobat dan mau mematikan daging untuk taat, hasilnya masih ada kemu-liaan yang kekal sesuai dengan sisa ke-sempatan yang ada dan yang dipakai.

 

 

YES 66:5. PERBEDAAN YANG TAAT DAN KERAS HATI.

5a. Dengarlah Firman Tuhan, kamu yang gemetar akan FirmanNya.

Ini orang yang takut akan Tuhan dan taat akan FirmanNya, jangan sampai ti-dak dilakukannya, jangan sampai me-langgar, supaya jangan berdosa dan mendukacitakan Tuhan Maz 119:11. Orang yang dengar2an akan Firman Tuhan akan bahagia Luk 11:28, Yoh 14:21,23. Orang2 seperti ini sangat memperhatikan Firman Tuhan dan panggilannya. Sebab itu bagi orang2 seperti ini, waktu mereka belum me-manggil Tuhan, Tuhan sudah men-jawab. Maka sementara mereka bicara Tuhan sudah mendengarnya, luar biasa. Yes 65:24.

Kalau ada montir sudah datang le-bih dahulu di tempat kita mogok, kita ter-heran2, itu untung tetapi kalau sakit, montir tidak bisa apa2. Tetapi Tuhan sebelum dipanggil, sudah datang dan Ia adalah Allah yang Maha kuasa, Maha bisa semua, sanggup menolong kita dalam segala kesukaran kita.

Sementara kita berkata saya sudah lama tidak makan, tahu2 teman kita mengeluarkan makanan, itu luar biasa, tetapi waktu kita tidak bisa menjawab ujian, teman kita tidak bisa menolong apa2, tetapi Tuhan sanggup menjawab semua kebutuhan kita. Inilah orang yang mau mendengar dan gemetar akan Firman Tuhan, dinomer satukan lebih dari semua yang lain. Tuhan bisa menolong kita di dunia sampai sesudah mati, kekal di Surga, luar biasa!

 

5b. Saudara2mu yang benci kamu…. tetapi Ia akan tampak sebagai kesukaan mu dan mereka akan dipermalukan.

Saudara2 sendiri yang membenci, apa-lagi didorong oleh iblis sumber segala kebencian itu, akibatnya bisa ber-ma-cam2 kepahitan dan celaka, bahkan ke-bencian itu bisa membunuh. Benci itu sangat kreatif menghasilkan segala per-kara yang jahat, tetapi orang yang taat akan Firman Tuhan itu berarti cinta Al-lah, akan melihat bahwa Tuhan meng-ubahkan semua itu menjadi kebaikan dan kesukaan kita Rom 8:28 luar biasa!

Tuhan sanggup menolong melakukan-nya tanpa kecuali sebab bagiNya tidak ada yang mustahil! Contoh2 dalam Alkitab terjadi pada setiap orang yang cinta Firman Tuhan. Misalnya Yacob terhadap Esau, musuhnya berubah menjadi rindu dan mengalah penuh untuk Yacob. Contoh tidak habis2nya seperti Yusuf, Daud, Ayub bahkan dari setiap orang zaman sekarang yang cinta Firman Tuhan, Dia sanggup me-lakukan hal ini, sehingga kita jadi sukacita tetapi orang yang memusuhi kita dipermalukan, luar biasa. Taatlah pada Firman Tuhan.

 

5c. Yang sudah mengusir kamu karena NamaKu dan berkata, biarlah Tuhan di permuliakan….

Mereka memakai nama Tuhan untuk mengusir orang2 yang cinta Tuhan ini dan berkata biarlah Nama Tuhan diper-muliakan. Begitu jauh kesesatannya, sehingga perkara yang keji karena ke-bencian dan dosa2 lain, justru jadi alas-an baginya untuk mengatakan bahwa itu semua diperbuat untuk kemuliaan Nama Tuhan.

Firman Tuhan diputarbalikkan men-jadi kebinasaan bagi mereka 2Pet 3:16. Orang yang belajar Firman Tuhan tanpa pekerjaan Roh Kudus dalam kesucian, masih besar kemungkinannya sesat dan binasa. Orang bisa sesat sebab tidak mengerti Firman Tuhan dan kuasa Allah Mrk 12:24.

Apakah Tuhan membiarkan keka-cauan dan kesesatan ini? Tentu tidak. Tetapi orang yang sungguh2 belajar kebenaran Firman Tuhan dengan tulus yaitu melakukannya sungguh2, kuasa Roh Kudus akan menolongnya. Allah sanggup membawa kita pada segala kebenaran Yoh 16:13. Sekalipun kele-dai, bisa mengerti, apalagi manusia. Ka-lau seorang dengan tulus ingin menger-ti dan taat, pasti bisa sebab Allah selalu tahu orang2 yang rindu dengan tulus dan Allah sanggup membimbingnya.

Orang yang tidak tulus seperti orang Parisi, akan mudah sesat Mat 23. Kekacauan pengertian itu bukan karena Allah tidak bisa mengaturnya, tetapi sebab memang ada orang yang mau taat dengan tulus (pasti sampai pada segala kebenaran dengan pertolongan Tuhan), tetapi ada orang yang tidak tulus apalagi keras hati, mereka akan memutarbalikkannya sehingga menjadi kacau, dan sesudah habis waktunya akan kena hukuman Tuhan yang se-timpal. Tuhan Allah tetap menguasai seluruhnya dan orang yang tulus men-cari Tuhan pasti bertemu Tuhan Mat 7:6, Yoh 6:37b. Orang kafir sekalipun kalau rindu, Allah tahu seperti Rut, sida2 Etiopia Kis 8:27, Kornelius dll sebab Allah tidak ingin seorangpun bi-nasa 2Pet 3:9. Juga anak terhilang, ka-lau mau kembali, tidak akan sampai mati di luar, tetapi akan sampai ke rumah; paling sedikit sebelum mati, bisa bertobat kembali, sebab mau ber-tobat dengan tulus seperti Luk 23:43. Keselamatan tidaklah sulit, sebab Tu-han yang Maha kuasa dan Maha tahu, sanggup menyelamatkan yang sung-guh2 mau percaya, tetapi yang tidak mau percaya dan keras hati, sekalipun hidup di tengah2 bait Allah danmujizat seperti orang Israel tetap binasa. Sebab itu jangan keraskan hati, bertobatlah sungguh2 Ibr 3:15.

 

YES 66:6. YANG MENABUR AKAN MENUAI.

Disini diceritakan ada 3 suara yaitu dari Tuhan suara yang ribut dari Bait Allah dan dari kota. Ini menjadi 1 seri. Karena ada bait Allah, maka kota ini adalah Yerusalem, tempatnya bait Allah. Jadi ada suara Tuhan yang membalas mu-suh2Nya dan kemudian dari bait Allah dan negeri Yerusalem ini ada bunyi2 keributan.

Ini sama seperti Wah 11:1-2 yaitu:

  1. Orang2 yang berdoa dalam Ruangan Suci, orang2 ini diukur dan ikut ter-angkat, tidak di-injak2 Antikris tetapi
  2. Halaman dan
  3. Luar Halaman = negeri yang suci, yaitu Yerusalem, itu di-injak2 Antikris.

 

6a. Ada bunyi keributan di kota.

6b. Suatu suara dari bait Allah (dari Halaman).

6c. Suatu suara dari Tuhan yang melakukan pembalasan kepada musuh2Nya.

Jadi 3 daerah itu adalah:

Ruangan Suci: Ini terpelihara, diangkat, lepas dari Antikris.

Halaman: Suara ribut sebab ada aniaya yang dahsyat dari Antikris bagi orang2 yang tertinggal, tingkat Halaman.

Luar Halaman: Kota yang suci, orang2 ini yang undur, tetapi bertobat kem-bali, juga ada suara keributan sebab aniaya dahsyat.

Ini adalah puncak terakhir yang dahsyat, tetapi sepanjang zaman hal2 yang sama juga terjadi. Orang2 yang di luar Halaman, meskipun mereka ada dalam kota yang suci, tetapi hidup dalam dosa seperti orang Parisi yang pura2, akan mengalami hal2 dahsyat dan ada suara keributan, penuh de-ngan penderitaan, baik dalam Wasiat Lama seperti orang2 Israel yang ber-sungut2 itu penuh dengan keributan dan penderitaan, juga dalam Wasiat Baru, orang2 Parisi yang munafik di Ha-laman, juga limpah dengan keributan karena kepalsuannya, dan itu akan te-rus sampai dalam kekekalan. Orang2 yang hidup dalam dosa terang2an atau sembunyi, adalah tempat untuk iblis dan pasti tidak ada sejahtera Allah, te-tapi akan penuh dengan keributan dan kekacauan, pasti akan menuai keribut-an di dunia sampai kekal. Hakim sege-nap bumi yang adil itu akan memberi penuaian yang sesuai untuk masing2.

Jadi banyak keributan ini terjadi, sebab:

  1. Penyesatan oleh bapak pembohong Yoh 8:44 dan mereka yg menjadi kor-bannya, penuh dengan keributan pe-nuaian dari dosa di dunia sampai kekal.
  2. Terjadi polarisasi dosa dan kesucian Wah 22:11, lebih2 pada akhir zaman, sehingga pertentangan antara yang su-ci dan dosa makin dahsyat dan besar, sehingga di Negeri yang suci dan bait Allah yang seharusnya damai dan se-jahtera, ada keributan besar, sebab orang2nya yang disangka suci, ternyata seperti iblis, begitu penuh dengan se-gala perkara2 yang keji. Lebih2 pada akhir zaman memang dosa dan kesu-cian meningkat tajam dan cepat sepert kilat, sebab dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan, proses kedatangan Tu-han akan berlangsung dengan cepat seperti kilat dari Timur ke Barat Mat 24:27.

Ada 2 jalur yang tampak jelas di akhir zaman ini, yaitu jalur setan dan jalur Kristus. Orang2 akan masuk da-lam jalur kilat setan dan timbul begitu banyak orang2 yang sangat keji bahkan sempurna dalam dosa seperti iblis. Dan yang lebih mengejutkan adalah bahwa yang keji itu berdiri di tempat Kudus. Ini akibat polarisasi, orang beriman yang undur jadi begitu keji bahkan jadi Antikris 1Yoh 2:19. Ini tanda2 dahsyat dan cepat yang harus betul2 di camkan Mat 24:15-20 dan mereka yang di Yu-dea harus lari ke gunung, yang di sotoh rumah jangan turun, yang di ladang jangan pulang, tetapi wai bagi pe-rempuan yang mengandung dan menyusui anaknya, berdoalah supaya pelarianmu jangan terjadi di musim dingin atau hari Sabat.

Ini keadaan yang dahsyat sebab ter-jadi puncak2 polarisasi, pada saat terakhir Wah 22:11, sehingga keada-annya makin dahsyat, penuh keributan.

  1. Aniaya dahsyat sehingga timbul keributan yang besar. Dalam 3,5 tahun II terjadi keributan besar sebab oleh karena aniaya Antikris sampai mati terjadi bagi orang2 beriman yang ter-tinggal dan bertobat kembali. Ini sangat dahsyat dan paling top sebab ini adalah ladang pembantaian Antikris yang sa-ngat mengerikan dan paling dahsyat. Tetapi dalam 3,5 tahun I, tetap ada aniaya yang dahsyat oleh 3 Antikris yg sudah menguasai dunia pada waktu ini (luar biasa, tiba2, tidak terpikir, muncul sebab terjadi Polarisasi 2211). Kor-bannya juga banyak, tetapi ini adalah korban medan pertempuran antara gelap dan terang, Gereja akhir zaman atau tubuh Kristus dengan iblis dan 3 Antikris yang sudah muncul waktu ini. Tetap ada banyak korban dari medan pertempuran ini, sebab mereka tidak bersedia (mereka hanyut dalam peng-aruh dosa yang dahsyat sehingga mati dalam dosa dan sebagian lain tetap hidup dan penuh dengan dosa yang ke-ji2 dan tertinggal). Mereka yang ber-sedia, yang termasuk dalam Gereja ak-hir zaman, tubuh Kristus yang tumbuh dengan sangat tertib dalam kesucian di jalan sempit, tumbuh dalam jalur Kristus dalam kesucian ke arah seperti Kristus, mereka tidak akan mati, tetap hidup dan ikut pengangkatan atau ada sedikit yang menjadi sempurna (144.000). Jadi tergantung dari orang2 beriman yang bersedia atau tidak Mat 24:44 yang hidupnya sebagai ligabis atau ligabo Mat 25:1-13, maka ada yang ikut dalam rencana penamatan Allah yang suci dan gilang gemilang (seperti Surga di bumi) dan tidak akan mati, meskipun ada di dalam medan peperangan yang dahsyat ini, tetapi menang dan ikut pengangkatan. Tetapi mereka yang tidak bersedia, akan ja-tuh, gugur dalam dosa dalam medan pertempuran yang dahsyat ini, se-hingga mati dalam dosa (masuk Nera-ka) atau tertingal waktu pengangkatan (masih mungkin selamat kalau berto-bat, tetapi mereka masuk dalam ladang pembantaian Antikris yang paling dah-syat itu Mat 24:21).

Sebab itu kita harus bersedia, itu mutlak perludengan 7 KPR ekstra, hi-dup sebagai ligabis bukan sebagai liga-bo. Bersedialah, hari2nya sudah makin dekat, meskipun kita belum tahu, sudah harus bersedia.

 

KESIMPULAN.

Semua yang melawan Tuhan, hidup menuruti daging sebab percaya pada dusta iblis, akhirnya hanya penuh kha-yalan kesukaan daging yang sesaat, te-tapi kemudian menuai ketakutan yang sangat sebagai penuaian dosa2nya, baik di dunia dan dalam kekekalan. Tetapi yang cinta dan taat akan Firman Tuhan itu akan bersukacita, sebab se-mua celakanya akan berubah menjadi kebaikan bahkan sampai kekal.