YS346 – YESAYA 65:19-25. KERAJAAN 1000 TAHUN

PENDAHULUAN.

Dalam Yes 65:17-19 jelas diceritakan tentang Surga Bumi Baru (ini dikatakan dengan jelas dalam ayat 17), diceri-takan sampai ayat 18, istimewa ten-tang Yerusalem. Tetapi keadaannya tiba2 berubah dalam ayat 20-25 yaitu cerita tentang kerajaan 1000 tahun. Tanda khas dari kerajaan 1000 tahun diceritakan dengan limpah disini, sebab ini negeri yang diberkati, tetapi masih ada kematian dan Serigala dan domba bisa makan ber-sama2 dari rumput tanpa ada kebencian dan pembunuhan Yes 11:6, ini tanda khas dari kerajaan 1000 tahun. Juga masih ada bayi2 yang lahir, ini bisa dalam kerajaan 1000 ta-hun tetapi tidak mungkin dalam Surga Bumi Baru. Jadi ayat 17-19 tentang Sur-ga Bumi Baru tiba2 kembali mence-ritakan tentang kerajaan 1000 tahun.

RIWAYAT YERUSALEM.

Yerusalem adalah ibu kota jasmani dan rohani, sebab itu dalam cerita Yeru-salem bisa menyangkut dari permulaan sampai akhir, tetapi kita tidak ikut campur secara politik, sebab tidak ada hubungannya. Mengapa? Sebab Gereja bukan badan politik. Juga sebab waktu untuk Israel lahiriah belum datang, baru sesudah Gereja selesai diangkat atau dituai lengkap (buah sulung, panen besar dan sisa) baru saatnya Yerusalem secara jasmani bagi orang Israel jasmani mulai, sekarang belum, tunggu pengangkatan atau kedatangan Tuhan Yesus yang kedua Rom 11:25-26.

Sejarahnya adalah sbb:

  1. Abraham menemui Malkisedik raja Salem Kej 14:18.
  2. Sejak waktu Yusak, Benyamin belum mengusir orang2 Yebusi yang tinggal di Yerusalem Hak 1:21.
  3. Daud menaklukkan Yerusalem 2Sam 5:5-9 dan menjadi ibu kotanya.
  4. Raja Salomo dan Hizkia memperbaiki dan memperluasnya juga mendirikan Kaabah di dalamnya.
  5. Waktu raja Zedekia ditaklukkan oleh raja Babil, Yerusalem dihancurkan 2Raj 25:1,9-10.
  6. Sesudah ditawan 70 tahun orang Yehuda kembali dan membangun Yerusalem dipimpin Zerubabil.
  7. Yerusalem naik turun, kalah menang tergantung dari sikap orang Israel terhadap Tuhan.
  8. Herodes membangun dengan indah Kaabah Allah di Yerusalem tetapi ibu kotanya tetap di Kaisarea. Ini Kaabah dan Yerusalem zaman Putra manusia Yesus.
  9. Yerusalem adalah ibukota dan pusat ibadah, kota Allah, sebab itu orang Israel 3 kali dalam 1 tahun naik ke Yerusalem.
  10. Tahun 70 SM Yerusalem dihancur-kan oleh kerajaan Roma sebab mem-berontak.
  11. Begitu seterusnya jatuh bangun Ye-rusalem sampai kedatangan Tuhan, baru kemudian dalam kerajaan 1000 tahun Yerusalem dibangun dan men-jadi ibukota sampai akhirnya dibakar habis oleh Allah bersamaan dalam seluruh Surga Bumi Pertama.
  12. Allah menciptakan kembali Surga Bumi Baru dan ada kota ilahi Yerusalem Baru di dalamnya.

Bagi Gereja, Yerusalem tidak punya arti jasmani dan Gereja tidak ada hubungan dengan Yerusalem di dunia, tetapi satu kali kelak masuk dalam Yerusalem di Surga dan sebelumnya memerintah Kerajaan 1000 tahun de-ngan Kristus dalam Yerusalem yang akan datang, bukan yang sekarang, dan semua ini sesudah pengangkatan.

YES 65:20. KERAJAAN 1000 TAHUN YANG DIPULIHKAN DAN DIBERKATI.

20a. Disana tidak ada lagi bayi yang (umurnya) hanya beberapa hari,

20c. anak2 akan mati umur 100 tahun.

Bumi dipulihkan Kis 3:21 KJI, sehingga praktis tidak ada dosa atau akibatnya, sebab iblis dkk sudah tidak ada dan Kristus memerintah dengan tongkat besi (sangat keras). Pada masa per-alihan 45 hari sejak perang Harma-gedon Dan 12:12,11 ada orang2 yang tidak mau taat, lalu berdosa dihukum keras Yes 11:3-6. Ini kerajaan 1000 ta-hun (ayat 6 domba dan serigala makan bersama ini tanda khas kerajaan 1000 tahun). Praktis sesudah itu tidak ada yang berani berdosa sebab hukumnya sangat keras (tongkat besi) ini lebih keras dari 3,5 tahun I 2Kor 10:6.

Bayi paling sedikit mati umur 100 tahun, sekalipun kaum mudatidak ada yang berani berdosa. Ini tanda kerajaan damai yang ideal dan indah dalam pemerintahan Anak Daud.

20b. atau orang tua yang tidak memenuhi hari2 (umur hidupnya).

20d. Tetapi orang berdosa yang berumur 100 tahun itu adalah terkutuk.

Dalam kerajaan damai ini semua orang bisa memenuhi umur hidupnya. Ini tanda2 kerajaan damai dan tidak ada orang yang berani berbuat dosa, sebab itu semua menggenapi umurnya sampai tua dan kalau ada yang mati, itu terkutuk, hukumannya keras sekali.

YES 65:21-22. MEMBANGUN, MENANAM DAN MENIKMATINYA.

21a. Dan mereka akan membangun rumah2 dan mendiaminya.

22a. Mereka tidak akan membangun, lalu orang lain yang mendiaminya.

Ini tanda bahwa tidak ada kejahatan, sebab itu tidak perlu ada polisi, peng-adilan, peraturan2 hukum dll, sebab tidak ada yang berani berbuat dosa atau kejahatan. Semua berjalan dengan jujur 100% dan tertib.

21b. Dan mereka akan menanam kebun anggur dan makan buahnya.

22b. Mereka tidak akan menanam dan orang lain makan.

Ada kemakmuran penuh, tidak ada orang miskin, apalagi lalu mencuri dan merampas. Keadaan betul2 damai, sempurna, tidak ada dosa dan kejahat-an, luar biasa. Sebab Kristus dan orang2 suciNya memerintah dengan cara ilahi, tidak ada yang bisa melawan, pasti tertangkap. Bayangkan malaikat menjadi pemerintah manusia (orang yang memerintah memakai tubuh ke-muliaan, itu lebih dari malaikat), kea-daan 100% aman, tidak ada orang yang sesat, dirugikan dsb.

22c. Karena seperti umur pohon, adalah umur umatKu.

Di dunia semua manusia akan layu dan mati seperti rumput 1Pet 1:24. Tetapi disini tidak ada yang mati, sebab tidak berani berdosa. Juga pohon dan daun-pun tidak layu, sebab itu dalam kera-jaan 1000 tahun pohonpun berumur 1000 tahun, juga manusia, kecuali ka-lau berani berdosa dan terkutuk.

22d. dan orang2 pilihanKu akan menikmati sampai lama, hasil pekerjaan tangan-Nya.

Mereka bisa menikmati cukup lama, sampai kerajaan 1000 tahun diganti Surga Bumi Baru yangtidak ada akhir-nya, untuk kekal. Nasib orang pilihan (masih dalam tubuh manusiawi) itu untung sekali, bayangkan 1000 tahun tidak jadi tua, tidak mati, terus hidup dengan sukacita menyembah Kristus dan bergembira dalam dunia yang lebih indah dari Eden. Orang2 pilihan ini ada-lah orang2 percaya dan cinta Tuhan, bisa bersukacita 1000 tahun, luar biasa. Tidak ada sakit, cacat, kejahatan dll.

YES 65:23. ORANG2 BAHAGIA DARI TUHAN.

23a. Mereka tidak akan bekerja sia2.

Ekonomi 100% baik, bahkan sempurna. Tidak ada orang miskin, pengangguran atau bangkrut seperti Ayub dll. Semua pekerjaan berhasil, menanam tidak ada yang bantut, tetapi berbuah luar biasa, sehingga timbul hutan2 mangga, jeruk dll, luar biasa (sebab sangat subur, ti-dak ada yang tandus). Tidak ada mafia, teror (KJM) atau malapetaka, tetapi sukses melulu. Ini belum Surga Bumi Baru, masih Bumi Pertama, sudah sa-ngat indah. Hanya menuai, pesta, sukacita, jalan2 dengan bahagia.

23b. atau melahirkan dengan celaka.

Angka kematian bayi atau ibu nol, tidak ada bahaya, luar biasa. Tanpa bidan apalagi dokter ahli. Tidak ada sekolah dokter, tidak ada rumah sakit, tidak ada sekolah, hakim, ekonom dll. Kelihatan-nya masih ada sekolah tehnik dll, tetapi sangat mudah sebab orang2 yang ke-berkatan! Bentuknya lain. Tidak ada orang jualan kunci, senjata, tidak ada orang berburu dsb, ini negeri atau bumi dari orang2 bahagia.

23c. Sebab mereka adalah benih dari orang2 bahagia dari Tuhan dan turunannya adalah berserta dengan mereka.

Orang2 dengan tubuh nafsani) ini su-dah berbahagia, disertai dengan segala turunannya, semua utuh dan baik.

Juga kita sekarang bisa berbahagia asal tinggal dalam Kristus dengan tetap. Kesukaan dan bahagia dari Tu-han itu sejak di dunia danber-tingkat2 baik dari tingkat2 rohani, juga dari tempat2 yang dibuat Tuhan (paling top dalam Surga Bumi Baru). Semua sebab tidak ada iblis dan golongannya, tidak ada yang berani berbuat dosa, peme-rintahnya sempurna dan dengan tong-kat besi (bukan senjata atau hukum2-nya yang hebat), tetapi Dia sendiri, Tuhan Yesus adalah Allah yang maha kuasa, Maha tahu, Maha besar. Sebab itu ini negeri damai dan bahagia.

YES 65:24. ALLAH LANGSUNG HADIR DAN MENJAWAB.

  1. Maka jadilah bahkan sebelum mereka memanggil, Aku akan menjawab: maka sementara mereka bicara, Aku sudah mendengarnya.

Ini berarti garansi, asuransi 200% sebab sebelum ada apa2 sudah ada jawaban dan adapertolongan-Nya. Dengan kata lain tidak mungkin timbul malapetaka atau celaka, sebab sebelumnya sudah dijawab. Kita hanya biasa dengan doa yang didengar dan dijawab, itu sudah senang sekali, sangat ajaib dan heran. Tetapi ini sebelumnya sudah ada ja-waban dan pertolonganNya. Sebetul-nya ini juga bisa terjadi mulai sekarang sebab Allah tidak berubah Ibr 13:8. Misalnya sebelum Abraham mengor-bankan Ishak, Tuhan sudah menyedia-kan domba jantan, sebelum Simson di-keroyok 1000 orang, Tuhan sudah menyediakan tulang rahang keledai. Jadi hal ini sudah dilakukan Tuhan dari dahulu bukan hanya dalam kerajaan 1000 tahun, tetapi tidak nyata sebab:

  1. Tergantung dari kita. Kalau kita takut akan Tuhan seperti orang kerajaan 1000 tahun sehingga sama sekali tidak berani berbuat dosa sekalipun dalam pikiran (sebab pemerintahnya Kristus dan orang2 suci dalam tubuh kemu-liaan, sudah tahu dan penduduk yang berpikir dosa, langsung ditangkap dan dihukum). Kalau kita memenuhi syarat yang sama kita dapat dari Tuhan hal yang sama.
  2. Kita masih harus bergumul dan ber-perang dengan iblis, dunia, daging dan kaki tangannya. Sebab itu biasanya selalu ada pergumulan, ada salib, ada penyangkalan diri dll tetapi kalau kita taat, pasti menang, bahkan sebelum perang sudah menang seperti Israel melawan Firaun dan tentaranya di laut Merah. Sebab itu kalau kita bersikap sama dengan orang zaman kerajaan 1000 tahun, pasti kita ditolong dengan cara yang sama bahkan sebab ada pe-perangan maka ada kemenangan dan pahala yang tidak ada dalam kerajaan 1000 tahun. Jadi kelebihannya di dunia, kita bisa tumbuh dengan cepat dan banyak sampai sempurna, tetapi dalam kerajaan 1000 tahun hampir2 tidak tumbuh, sebab tidak ada peperangan (memang kerajaan 1000 tahun ini zaman perhentian).

Kita juga bisa mengalami seperti orang Kerajaan 1000 tahun yang ba-hagia. Asal kita takut dan benar di ha-dapan Tuhan (MAK DSY). Ini mutlak perlu, bukan saja sebab ada hal2 yang dahsyat di sekitar kita, tetapi seluruh dunia akan dahsyat dalam Minggu ke-70 Daniel. Keadaan di negeri2 yang ribut di Timur Tengahakan terjadi di seluruh dunia Wah 3:10 semua orang akan mengalami, akan ada 2 puncak atau kutub (polarisasi) Wah 22:11.

Dalam kerajaan 1000 tahun hanya ada 1 kutub atau puncak, sebab iblis dkk tidak ada dan Kristus memerintah dgn tongkat besi. Tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel ada 2 pihak, justru kita ada di dalam medan pertempuran an-tara Allah dan iblis serta kaki ta-ngannya, sebab itu sekarang kita su-dah harus sungguh2 bersedia, penuh dan dipimpin Roh, terus meningkat de-ngan hikmat dan kuasa Allah, yaitu dgn terus berdoa dalam Roh dan kebenaran 2Tes 5:17 dan tekun dalam Firman Tuhan yang terus terbuka, mendalam dan bisa mempunyai persekutuan tubuh Kristus yang betul, dalam Roh seperti Trinitas Yoh 17:23 serta Gereja, ibadah, pelayanan harus tetap suci!

Banyak orang akan gugur 1Tim 4:1, binasa dalam dosa atau tertinggal. Orang yang tertinggal zaman Antikris, meskipun bertobat, itu rugi total, ter-lambat, sebab sekalipun harus, mutlak menyerah total sampai mati, hanya selamat saja, padahal kalau berani me-nyerah total seperti Kristus sekarang Pil 2:8 kita tumbuh sangat pesat, bisa menjadi sempurna! Masuk zaman An-tikris itu kesempatan terakhir, tetapi rugi total, itu untuk orang yang seka-rang tidak mau percaya akan pe-ringatan dari Firman Tuhan.

YES 65:25. TANDA2 KERAJAAN 1000 TAHUN DI ATAS GUNUNG YANG SUCI.

25a. Serigala dan domba akan makan ber-sama2.

Ini seperti Yes 11:6. Orang yang masuk dalam kerajaan 1000 tahun sebagai penduduk masih harus diuji, sesudah 1000 tahun tetapi kita langsung diuji di dunia sekarang ini, apalagi dalam Ming-gu ke-70 Daniel, ada ujian akhir dah-syat (baptisan api) hanya 3,5 tahun. Pakai kesempatan ini baik2, jangan sembarangan! Disini domba2 bukan hanya berarti secara jasmani, tetapi juga cara rohani. Karena tongkat besi, semua menjadi manis. Dalam kerajaan 1000 tahun domba dan serigala ber-main sama2 dan makan bersama de-ngan patuh, baru dalam saat terakhir, yaitu dalam pemberontakan Gog dan Magog baru tampak bedanya antara domba dan serigala, gandum dan lalang.

25b. Singa akan makan jerami seperti lembu.

Singa jahat dalam kerajaan 1000 tahun akan manis seperti lembu, belum tam-pak bedanya, baru nanti sesudah saat terakhir.

25c. dan debu menjadi makanan ular.

Ular disini juga saleh. Judas disini se-perti Petrus dan Yohanes, baru terakhir tampak seperti iblis. Dahsyat sekali bedanya orang yang mau percaya dan taat pada Tuhan dengan yang tidak mau percaya.

Memang kerajaan 1000 tahun ini masa perhentian, tidak ada perang! Sebab itu kita harusmenyelesaikan baik2 peperangan sekarang ini Ef 6:12. Ini kesempatan yang indah, bisa sela-mat bahkan tumbuh sangat mulia dan menjadi sempurna.

25d. Mereka tidak akan tersiksa atau dibinasakan, di atas seluruh gunungKu yang suci, kata Tuhan.

Tidak ada peperangan, semua damai sejahtera, semua dapat kesempatan naik di gunung Allah, juga serigala, si-nga dan ular, sama2 bergembira dan bersukacita di gunung kesucian Allah dalam kesucian. Tetapi waktu iblis dile-paskan dan tongkat besi disembu-nyikan untuk sementara, baru tampak siapa yang sungguh2 percaya atau tidak dan bedanya menjadi sangat be-sar, yang satu tetap setia di pihak Tu-han, yang tidak percaya (hanya takut) berontak dan masuk pihak iblis, dahsyat. Sama2 di gunung Allah 1000 tahun bisa berontak dan celaka.

Mereka menunggu 1000 tahun kita langsung danhanya beberapa tahun! Sebab itu bersedialah baik2, terus pe-rang melawan daging, dunia dan iblis tetapi juga terus cinta dan takut akan Allah dengan tulus, maka kita bisa bersedia dengan betul dan baik, Se-karang tidak ada serigala, singa atau ular yang manis dan suci dan takut akan Allah. Sekarang akan ada po-larisasi Wah 22:11, sehingga yang suci makin suci dan yang najis makin najis, makin keji.

(Orang beriman tidak ada harapan masuk dalam kerajaan 1000 tahun sebagai penduduk. Menjadi penduduk kerajaan 1000 tahun itu untuk orang Israel jasmani dan orang kafir yang belum percaya Tuhan Yesus). Tetapi orang beriman menjadi lalang atau gandum dan terus tumbuh seperti Kristus atau iblis.

Yang tidak bersedia nasibnya hanya mati dalam dosa atau tertinggal dalam zaman Antikris; Tetapi yang  bersedia jadi indah, masuk golongan 1551 (juga yang sudah mati akan bangkit) dan sebagian golongan 144.000.

 

KESIMPULAN.

Surga Bumi Baru hanyalah sambungan dari Surga Bumi Pertama; Semua pe-nentuan ditentukan sekarang, lalang atau gandum, setia atau tidak. Per-cayalah akan Firman Tuhan, bertobat sungguh2 supaya ikut dalam kesucian dan terus tumbuh dalam rencana Allah yang indah. kita sudah tahu (sebagian besar atau kecil) tentang peristiwa2 yang akan datang dari Firman Tuhan dan mutlak harus bersedia, kalau tidak akan terhilang dan tertinggal.

Pakai kesempatan ini untuk meraih kemuliaan Allah setinggi mungkin dan untuk keamanan jasmani (tidak mati, bisa ikut pengangkatan) dan ikut pola-risasi jadi gandum yang makin matang untuk dituai. Gereja jalan sempit akan tetap menang dan disertai Tuhan sam-pai pengangkatan, baru sesudah itu Ge-reja yg tertinggal bisa dihancurkan sa-ma sekali oleh iblis dan kaki tangannya.

Kita belajar tentang Surga Bumi Baru dan kerajaan 1000 tahun untuk tahu kesukaan yang menunggu kita Ibr 12:2 dan tahu bedanya sistem sekarang di dunia, carilah, dahulukan kerajaan Surga lebih daripada yang fana, sebab kesempatan untuk selamat, tumbuh menjadi mulia bahkan sempurna, ha-nya di dunia sekarang, selagi masih hidup.

 

 

Nyanyian:

– Cari apa di dalam dunia

– Carilah dulu krajaan Surga.

– Hidup ini adalah kesempatan.