YS345 – YESAYA 65:17-19. SURGA BUMI BARU

PENDAHULUAN.

  1. Dalam Alkitab diceritakan ada Surga Bumi Pertama dan Surga Bumi Baru. Wah 21:1.

Tentang Surga Bumi Baru diterangkan dalam Yes 65:17-19; 66:22, 2Pet 3:13, Wah 21:1 dll.

  1. TINGKATAN2 KEMULIAAN.

Di Surga, semua yang selamat punya tingkatan yang berbeda, hasil dari hidup di dunia (betapa penting ke-sempatan hidup di dunia, hasilnya untuk kekal!).

3 tingkat besar ini (Halaman, Ruang-an Suci, Ruangan Maha Suci masih di-bagi lagi dalam banyak tingkat2 yang lebih halus, juga ada banyak Surga (heavens) sesuai dengan tingkatan2-nya.

 

  1. Persekutuan dalam Surga Bumi Baru.

Sangat indah dan batas2nya tidak se-ketat dalam Bumi pertama sebab mutlak tidak ada dosa, iblis dkk.

17a. Karena lihatlah, Aku menciptakan Surga Baru dan Bumi Baru.

Mengapa Tuhan menciptakan Surga Bumi Baru? Pasti ada sebabnya yaitu:

Bumi diganti baru sebab:

  1. Yang lama sudah rusak oleh dosa dan iblis dkk Kej 3:17.
  2. Bumi baru ocok untuk tempat kesu-kaan yang kekal dan bebas dosa dan semua akibatnya, tidak lagi bisa rusak, tidak akan terhukum, kekal dalam keindahan.
  3. Cocok untuk tubuh kemuliaan orang tebusan.

Surga diganti baru sebab:

  1. Peringatan dari perkara2 yang lama, baik di bumi dan di Surga pertama harus dihapus Yes 65:17, Hos 2:16, Kel 17:14, Yes 1:18; 2:18; 45:25, yaitu semua tentang orang dosa, dan per-buatan2 dosa2nya juga dosa orang beriman yang sudah dihapus. Juga iblis pernah ada di Surga sebelum jatuh dan sesudah jatuh (sekalipun tentu tersem-bunyi supaya tidak celaka Wah 12:8). Juga semua yang masuk isi rumah iblis dipisahkan mutlakdengan jarak yang tidak bisa ditempuh 2Tes 1:9, terpisah untuk kekal, juga dalam pikiran Allah dan seisi Surga Bumi Baru. Kalau tidak terpisah seperti Luk 12:52-53, akan sa-ngat tersiksa untuk kekal (zaman seka-rang biasanya seisi rumah bisa selamat semua Kis 16:31, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel bisa terpisah karena Polarisasi 2211 untuk kekal. (Orang2 dalam Tasik api mungkin masih ingat semua yang lalu, sebab dosa2nya juga tetap diingat sesuai hukumannya.
  2. Ini sesuai rencana Allah yang kekal, sangat indah2, yaitu semua menjadi baru Wah 21:5 (bahkan ini sudah dilakukan sejak lahir baru 2Kor 5:17).

Allah tidak pernah salah dan apa yang diperbuatNya itu baik bahkan sempurna.

Apa bedanya Surga Bumi Pertama dan Baru?

  1. Selamat hanya bisa didapatkan da-lam Bumi Pertama. Kalau sesudah mati belum selamat, disemua tempat lain tidak bisa dan tidak ada kesempatan untuk selamat.
  2. Pahala dan kemuliaan juga diten-tukan hanya di dunia.
  3. Sengsara salib juga hanya di dunia, seterusnya sudah tidak ada sama sekali.
  4. Tumbuh dan berubah hanya di du-nia.
  5. Dosa hanya di bumi pertama, hanya ada kesucian di semua tempat lain.
  6. Tubuh manusia yang ada dalam bu-mi adalah tubuh nafsani tetapi dalam Surga hanya rohnya (sampai peng-angkatan), tubuhnya masih di kubur dan dalam Surga Bumi Baru yang ada hanya tubuh kemuliaan.
  7. Umur di bumi terbatas, di Surga pertama, lama, dalam Surga Bumi Baru kekal tanpa batas.
  8. Sukacita di bumi +, Surga + + + dalam Surga Bumi Baru tidak terbatas, sangat limpah.
  9. Hubungan Bumi, Surga dan Neraka dalam Surga Bumi Pertama masih bisa, dalam Surga Bumi Baru terputus mut-lak dari Tasik api. (Hubungan di antara Surga Bumi Baru bisa dalam segala arah meskipun ada batas2 sesuai tingkatan kemuliaan masing2).

17b. Dan yang dahulu tidak akan diingat atau timbul dalam pikiran.

Ada pemisahan yang mutlak dalam se-gala2nya, tidak ada hubungan dan tidak teringat lagisampai dalam pikiran, antara Surga Bumi Baru dan Tasik api, terpisah untuk kekal dan tidak bisa bertemu kembali. Mengapa iblis dkk masih bisa mengotori Surga Bumi Pertama? Sebab Tuhan membuat ma-nusia (dan mahluk2 lain) itu merde-ka, bisa memilih dari dirinya sendiri, ma-sing2 sesuai pribadinya sendiri.

Jadi dengan adanya iblis dan semua perbuatannya, maka ada 2 pilihan. Sekalipun iblis selalu menipu, tampak-nya bagus dan menyenangkan supaya orang memilih dosa dan iblis, tetapi ini jadi pilihan.

Orang yang percaya akan memilih Allah, sekalipun dengan harga dan pe-ngorbanan berapapun (harus menyang-kal diri, harus suci dll). Karena bisa me-milih (Luk 12:57) dan ada pengorbanan, ini sekaligus menumbuhkan orang2 yang cinta Tuhan, tumbuh menjadi seperti Kristus. Jadi dalam Surga Bumi pertama orang bisa memilih dan seka-ligus tumbuh dalam ukuran seperti Kristus atau iblis, itu ditentukan di dunia. Jangan sia2kan kesempatan hidup di dunia ini.

 

YES 65:18. KESUKAAN YANG KEKAL.

18a. Tetapi hendaklah engkau gembira dan bersukacita untuk selamanya.

Waktu, bisa sukacita untuk selamanya. Ini sulit dimengerti, sebab dari peng-alaman di dunia, selalu ada campuran tangis dan tertawa, sekalipun raja. Ti-dak mungkin bisa senang terus. Paling sedikit waktu lahir dan mati ada banyak yang menangis. Bahkan dalam ter-tawapun hati sedih Ams 14:12-13, apalagi kesukaan dosa, hanya sesaat lalu berganti jadi pahit.

Mutu. Selain sukacita, mutunya te-rus meningkat, dari sedikit sampai limpah dan tanpa batas. Ini digambar-kan dalam Yez 47:1-9. Orang dunia ti-dak bisa mengerti akankemungkinan ini, sebab semua terbatas, bahkan di dalam dunia yang indahpun, akhirnya yg indah dan senangpun menjadi biasa bahkan akhirnya menjadi bosan. Kesu-kaan Tuhan ajaib bisa terus untuk sela-manya dan makin meningkat Mat 25:21.

Kita bisa bersukacita terus karena:

  1. Tidak ada dosa, sehingga orang2 bisa bersukacita terus. Dosa itu sumber ke-pahitan dan penderitaan.
  2. Orang baru yaitu dalam tubuh kemuliaan tidak bisa berdosa atau sakit atau mati dll, sebab itu bisa bersukacita terus.
  3. Tempat kita berada itu baru. Yang diciptakan Tuhan baru adalah Surga Bumi Baru dan semua yang ada di dalamnya betul2 baru dan terus berubah setiap kali (setiap bulan ada buah baru, itu tanda dari pekerjaan atau ciptaan baru, sesuatu yang betul2 baru) Wah 22:2.
  4. Sikonnya baru dalam kesucian, de-ngan Bapa, Putra dan Roh Kudus dalam kasih yang kekal. Dalam dunia orang yang ada kesucian dan kasih, sekalipun dalam tempat celaka masih bisa bersukacita misalnya Kis 16:25.

18b. Di dalam (perkara2) yang Kuciptakan.

Sukacita yang heran dan selalu baru ini di dalam Surga Bumi Pertama, lebih2 dalam Surga Bumi Baru, lebih banyak dan lebih indah, terus menerus baru. Bukan sukacita di tempat2 dosa, tetapi di tempat yang suci. Baik dalam nikah, ibadah, rumah, pekerjaan, pelayanan dll di dunia dan tempat2 suci, dite-ruskan dalam Surga Bumi Baru.

Apa yang dibuat Tuhan itu tempat sukacita. Seperti kamar makan untuk makan, begitu yang diciptakan Allah itu tempat sukacita, yaitu apa saja yang dibuat oleh Tuhan (sejak di dunia) itu semua menjadi tempat sukacita, lebih2 di Surga Bumi Baru. Apalagi di Surga Bumi Baru yang heran, ajaib dan selalu baru.

18c. Sebab lihatlah Aku menciptakan Yerusalem suatu kesukaan.

Yerusalem Baru adalah Ruangan Maha Suci, tempat tahta Allah dan mempelai Kristus. Ini tempat yang tertinggi. Ha-laman (Bumi Baru) saja sudah sangat sangat indah, apalagi puncaknya. Apa artinya tempat kesukaan yang menjadi puncaknya? (Dalam Wah 21 banyak diceritakan tentang Yerusalem Baru yg seperti kota kubus seperti Ruangan Maha Suci dan pondasinya saja begitu limpah permata2 dan cara operasinya sangat2 ajaib dengan tehnologi ilahi). Yerusalem adalah puncak kesukaan Surga Bumi Baru. Di dunia banyak tem-pat yang berisi tempat2 rekreasi dan sukacita, tetapi Yerusalem sendiri selu-ruhnya adalah suatu kesukaan. Semua bagian dari Yerusalem baru itu jadi sumber sukacita, luar biasa. Dengan akal manusiawi kita tidak bisa me-ngerti, begitu dalam dan mulia karya Allah.

18d. dan penduduknya suatu kegirangan.

Penduduknya bukan diberi kegirangan, tetapi suatu kegirangan, seperti burung bisa menyanyi, tebu itu manis, begitu orang2 sempurna itu sukacita. Kalau di dunia sumber itu di dalam kita, seka-rang seluruh hidup ini menjadisumber sukacita, tidak pernah habis, indah senang untuk kekal. Satu kali kalau kita sudah masuk surga, kita akan mengerti rahasia Tuhan, misalnya tentang kekal. Begitu juga dengan sukacita yang kekal dll. Allah terus membuat hal2 baru dalam sukacita, begitu indah,sehingga tidak ada kekuatiran atau ketakutan jadi bosan atau tawar, kalau kitabisa mengerti kemampuan Allah yang luar biasa ini. Selalu baru setiap hari sejak dari dunia sampai kekal 2Kor 4:16.

Jangan lupa juga tetap percaya dan harap pada Tuhan, bukan seperti Lu-cifer yang tidak percaya, sehingga ia sendiri mau menjadi Allah Yes 14:14. Padahal kalau ia tidak percaya pada Tuhan bisa memberi kepuasan, apalagi kalau ia sendiri (hasil ciptaan Allah) menjadi Allah, kemampuan dan kemu-liaan sangat terbatas, bagaimana ia bisa melebihi Allah dalam kemulian dan kesukaan. Tetaplah percaya dan harap pada Allah, tetapi kasih terus ber-tambah menjadi yang terbesar 1Kor 13:13 dan ini menjadi kesukaan yang tidak habis2nya, apalagi kasih di Surga tidak lagi mengampuni (tidak ada yang berdosa), tidak lagi menderita seperti di dunia (yang lebih besar kasihnya bisa menderita lebih banyak bahkan sampai mati), tetapi di Surga justru kasih Allah itu sumber sukacita sampai kekal.

Kalau dibandingkan pengertian dan kemampuan kita dengan Allah bisa seperti bumi dan langit, perbandingan yang tidak terhingga Yes 55:8-9. Allah begitu pintar, sehingga ia membuat “sekolah di dunia” yang penuh pende-ritaan tetapi tetap kasih, tetap percaya, tetap setia, tetap tulus, tetap suci dst, maka pada waktu di Surga tanpa se-mua penderitaan, justru kita akan bertambah dalam kesukaan yang meningkat sampai tidak terhingga.

 

YES 65:19. TIADA RATAP TANGIS UNTUK KEKAL.

19a. Dan Aku akan bersukacita akan Yerusalem.

Tuhan yang mempunyai “kesukaan tuanmu” Mat 25:21, kalau Ia sendiri yang akan bersukacita, betapa ajaib dan besar sukacitanya, sebab Ia sum-berNya kemuliaan dan kesukaan yang tidak terhingga. Di dunia Tuhan sudah menawarkan kesukaan yang sempurna Yoh 15:11; 16:24, 1Yoh 1:4, sebab memang penilaiannya (meskipun suka-cita di dunia itu sangat kecil kalau dibandingkan dengan di Surga), tetapi semua mulai di dunia. Waktu kita menjadi anak2 Allah Yoh 1:12, kita sudah ditawariuntuk mendapatkan su-kacita yang penuh dan sempurna. Me-mang Yerusalem itu kota yang sem-purna eloknya Rat 2:15, Maz 50:2. Kalau Yerusalem menjadi sempurna eloknya, lebih2 Allah sendiri Sang Pen-cipta. Dan memang Allah itu sum-bernya segalasukacita, itu luar biasa dan seluruh Surga Bumi Baru akan penuh dengan sukacitaNya. Kalau Yeru-salem tidak habis sukacitanya, maka Surga dan Bumi baru juga akan selalu penuh dengan sukacita.

19b. Dan bergembira di dalam umatKu.

Ini berarti umat Tuhan dalam Surga Bumi Baru selain yang di Yerusalem. Jadi Tuhan Allah bergembira sampai seluruh isi Surga, sampai di bagian2 yang paling kecil atau tingkatan2 yang paling rendah.

Sebab2 sukacita tidak disebutkan, kalau disebutkan akan terlalu panjang dan terus bertambah dengan sukacita yang baru lagi, yang betul2 baru.

Ini hanya hasilnya dari sebab2 yang membuat orang menjadi sukacita. Ka-lau dalam suatu ruangan ada orang2 suci, mereka tertawa riang gembira, kita ikut tersenyum  sekalipun tidak mengerti apa sebabnya. Mungkin ada suatu peristiwa atau sesuatu hal yang amat menyenangkan atau lucu yang baik, sehingga mereka bersukacita. Kadang2 anak2 kecil belum bisa me-nangkap, begitu juga bagi kita sekarang sulit mengerti semua hal yang mem-buat sukacita, sebab itu Firman Tuhan hanya menyebut sukacita yang penuh dan sempurna, tidak akan habis dan sangat indah.

19c. dan bunyi ratapan tidak lagi akan kedengaran di dalamnya, juga suara tangisan.

Dunia penuh dengan tangisan dan ratapan, apalagi waktu mati, pengha-rapannya habis sama sekali, misalnya Kej 23:2, Yer 31:15. Suatu tempat tan-pa ratap tangis itu tidak ada di dunia. Tetapi Surga itu tempat tanpa ratap tangisan tetapi hanya tempat sukacita.

Sebaliknya dari bunyi sukacita dari 1 ruang orang benar, maka ada tempat2 tertentu yang penuh ratap tangis seperti Mat 8:12; 13:42,50 dst  dari orang2 jahat yang kena hukuman Allah, lebih2 dalam Tasik api yang kekal. Ini juga hanya hasil atau akibat banyak penderitaan2 di tempat itu. Kita belum bisa mengenali semua siksaan dan penderitaannya, seperti sengsara kare-na api, belerang, ulat, penyesalan dll, akibat dosa yang sempurna (dosa di dunia saja menghasilkan begitu banyak macam penderitaan, sehingga ada ratap tangis, apalagi di neraka dan Ta-sik api, dimana asap siksanya tidak pernah berhenti Wah 14:11; 19:13. Begitulah ratap tangisnya sempurna dalam kepahitan). Tetapi semua ini tidak lagi pernah kedengaran dalam telinga atau pikiran Allah atau orang2 di dalam Surga Bumi Baru.

Sekarang di dunia, banyak air mata dan penderitaan yang dialami orang percaya dalam duniayang tidak adil dan penuh dengan siksaan. Kadang2 orang benar yang masih hidup di dunia ini, menderita banyak ratapannya seperti dalam Kis 8:23, Mrk 6:29. Orang2 ber-iman masih bisa meratap tangis dalam dunia, kecuali dalam 3,5 tahun I orang2 beriman dipelihara tidak mati, kalau toh tertangkap langsung lepas. Tetapi pasti masih banyak yang bisa dianiaya Antikris dan kaki tangannya waktu itu (sudah muncul 3 Antikris yang mula2, Dan 7) dan selalu ada saja hal2 seperti ini (meskipun tidak ada orang yang ikut pengangkatan yang kena, tetapi bebe-rapa orang2 beriman dari Gereja Pergamus bisa dibuat Antikrismenjadi korban Wah 2:13, dan ini memberi efek psikologis yang besar untuk orang yang lemah imannya). Apalagi dalam zaman Antikris yang sesungguhnya (Antikris ke-4) sesudah pengangkatan, itu pun-caknya, jumlahnya tidak terhitung Wah 7:9. Satu kali dalam Surga, semua air mata dihapus Tuhan dan diganti suka-cita dan kegirangan abadi Wah 21:4. Sebaliknya dalam Neraka adalah tem-pat tangisan dan kertak gigi untuk se-lama2nya Mat 8:12; 13:42,50; 22:13; 24:15; 25:30, Luk 13:28. Jangan tertipu oleh iblis oleh kesukaan dosa sesaat yang palsu Ibr 11:25.

 

KESIMPULAN.

Baik dosa dan kesucian, tangis dan sejahtera sukacita ilahi, semua ini dimulai di dalam dunia, puncaknya da-lam Surga Neraka dan sempurna dalam Surga Bumi Baru dan Tasik api. Betapa dahsyat. Jangan tertipu oleh iblis.

Kita sudah bisa melihat jauh sampai Surga Neraka dan kekekalan sejak di dunia ini. Semua mulai di dunia. Sukacita sungai air hidup itu mulai waktu percaya Yoh 4:14 dan dipelihara terus Ams 4:23; 3:17 sampai meningkat terus Yes 33:15. Atau sebaliknya orang yang penuh dengan dosa, kegelisahan dan penderitaan Rom 3:17, hidupnya penuh derita Ul 28:67, sekalipun terus mencari senang tetapi hidup seperti mati 1Tim 5:6. Sebab itu sangat penting kita sudah punya bibit permulaan, sumber sukacita dalam hati kita sekarang di dunia, sebab di Surga dan Surga Bumi Baru itu hanya sambungan-nya yang sudah Tuhan beri di Surga (juga selamat dari Tuhan itu sudah mulai di dunia, kalau di dunia belum ada, matipun tidak akan ada dan tidak bisa cari lagi). Sebab itu perlu kita punya dengan nyata sumbersukacita itu dalam hati kita sekarang, sebelum kita masuk dalam negeri sukacita yang kekal dan sempurna. Pil 4:4,7. Periksa diri, kalau belum ada, cari sampai dapat. Kalau perlu tanyakan pada gembala masing2, selidiki terus, sebab kalau sekarang tidak punya sungai sukacita itu Yoh 4:14, tidak akan punya sambungannya di Surga! Harus punya sumber sukacita sejak di dunia sekarang. Ini jadi kekuatan kita Neh 8:11, Rom 14:17, Ams 27:7. Surga Bumi Baru itu dimulai sekarang dalam hati yang suci dan sejahtera oleh Tuhan Yesus. Sebaliknya Tasik api itu dimulai sekarang dalam hati yang tidak mau bertobat dan cinta dosa Yoh 3:19.

 

Nyanyian:

Di dalam dunia, ada 2 jalan.