YS344 – YESAYA 65:11-16. PERBEDAAN YANG TAAT DAN YANG MEMBERONTAK

YES 65:11. MENINGGALKAN TUHAN DAN GUNUNG YANG SUCI.

11a. Tetapi engkaulah orang2 yangmeninggalkan Tuhan.

Meninggalkan Tuhan itu berarti:

  1. Tidak setia. Ini dimulai dengan tidak setia kecil, lama2 besar dan putus untuk selamanya. Tidak setia itu cacat dan sangat besar artinya. Harus setia sampai mati Wah 2:10. (Tidak setia pada perjanjian dosa, pada orang2 do-sa, dunia dan iblis itu baik, jangan setia; bahkan harus tegas meninggalkan do-sa, dunia dan segala bagian2nya). Te-tapi dengan Tuhan dan semua yang di dalam Tuhan, dari Tuhan, jangan ber-balik sekalipun hanya tidak setia yang kecil, itu celaka, akan ada akibat yang besar! Tidak setia dalam keluarga (sau-dara2, anak-orangtua suami-istri dll) dalam kelompok kecil, dalam Gereja, (jangan mudah pindah Gereja tanpa sebab yang Alkitabiah), ini menjadi ca-cat, misalnya suami tidak setia pada istri, itu cacat.
  2. Berbalik pada iblis/ gelap. Hanya ada 2 pihak, golongan, tidak bisa netral, netral itu termasuk gelap, sebab Tuhan tidak setuju, akan diludahkan Wah 3:16 (termasuk yang mendua, bercabang hati, plin plan Yak 4:8). Jangan bersikap netral, mendua atau berbalik, semua ini pihak gelap.Orang yang masih bertumbuh rohaninya, sekali2 ada yang berbuat salah, tetapi tetap di pihak Tuhan, artinya segera sadar, langsung bertobat penuh, tidak mendua.

Orang2 yang berbuat dosa (apalagi dengan sengaja; itu sangat jahat sebab itu berarti tidak b ertobat, sudah tahu salah, tetap diteruskan Ibr 3:15, itu se-perti kanker, akhirnya pasti mati dalam jangka waktu tertentu). Orang yang un-dur, berbalik, rohaninya menjadi le-mah, tidak ada gairah lagi dalam 7 KPR, itu tanda ada yang tidak beres, sebab berbalik atau disesatkan iblis.

  1. Tidak setia, tetapi masih datang ke Gereja. Gembala2 (kecil) harus menge-nali penyakit tidak setia ini supaya domba2 Tuhan jangan binasa Ibr 13:17. Tetap datang ke Gereja itu menyamar-kan celaka ini, lebih2 orang yang tidak mengerti kebenaran Firman Tuhan. Ja-ngan sampai sudah di jalan lebar, tetapi karena ke Gereja, dianggap masih se-lamat Mat 7:21-23. Sebab orang yang mati dalam dosa tetap binasa Yez 33:13. Jangan sampai gandum menjadi lalang, tetapi kita harus menjaga su-paya lalang menjadi gandum dan semua gandum terus tumbuh sampai matang untuk dituai.

Lot adalah orang benar 2Pet 2:8, tetapi masuk Neraka sebab undur dari Tuhan, jadi lalang! Bahkan Saul sudah penuh Roh berubah menjadi daging dan binasa! Gal 3:3-4. Perhatikan, da-lam Gereja (dalam dunia) perbedaan-nya sedikit sekali, antara orang di jalan lebar dan sempit, keduanya masih ke Gereja, bahkan masih sama2 melayani, tetapi sesudah mati bedanya banyak, ke Surga dan ke Neraka, dan tidak bisa pindah lagi untuk kekal! Celaka kekal! Orang beriman, lebih2 pemimpin (= gembala) harus memperhatikan hal ini baik2, jangan tertipu oleh iblis, meski-pun Perjamuan Suci bersama, tetapi masuk Neraka seperti Yudas.

11b. yang melupakan gunung-Ku yang suci.

Ini ukuran lain yang teliti dan jelas. Yang meninggalkan Tuhan tidak lagi hidup dalam kesucian (Ingat MAK DSY = di Mana saja, dalam hal Apa saja, Ka-pan saja, Dulu, Sekarang dan Yang akan datang). Orang Kristen kanak2 kadang2 belum bisa membedakan kesucian dan dosa (kecil), padahal arahnya sangat berbeda, apalagi di jalan tol (ini bisa diumpamakan dalam Minggu ke-70 Da-niel, yang salah jalan, apalagi sebab bodoh dan sengaja, akibatnya cepat berubah dan sangat sulit kembali, jadi mati dalam dosa atau tertinggal, celaka besar!). Tetaplah hidup dalam kesu-cian, juga dalam pencobaan dan pela-yanan jangan sampai bereaksi dosa dan tetap dipimpin Roh dalam kesucian. Akibatnya sangat dahsyat, padahal di dunia diantara orang suci dan orang berdosa, tampaknya tidak banyak berbeda. Bahkan kadang2 orang dunia yang baik tampaknya lebih baik dari orang Kristen yang berdosa, tetapi tanpa percaya pada Tuhan Yesus, orang baik tidak bisa masuk Surga Yoh 14:6!

11c. Yang menyediakan meja untuk pasukan itu.

(Gad = pasukan = keberuntungan, Ibr).

TB menyebut langsung dewa Gad, de-wa keberuntungan).

Beberapa orang meninggalkan Tu-han sebab mengejaruang atau hal2 jas-mani di dunia, dan meninggalkan Tu-han, itu sangat bodoh, sebab meng-akibatkan dosa dan Neraka Luk 12:21. Kadang2 tampak berhala2 yang te-rang2an disembah, seperti menyem-bah dewa tertentu untuk dapat ke-untungan duniawi; ada yang tidak punya patung berhala tetapi sudah memberhalakan mammon Mat 6:24. Ini yang paling populer dan akan men-jadi meterai Antikris dalam zamannya. Juga berhala2 pekerjaan, sekolah, anak, rumah, kesukaan dll. (Semua hal2 fana bisa diberhalakan dan akibatnya roha-ninya rusak dan binasa!). Disediakan meja untuk korban persembahan. Ber-hala2 ini disembah dengan banyak pengorbanan uang, waktu, kesucian, keselamatannya, dll. Jangan tertipu, pakailah dunia dengan berpada 1Kor 7:31, 1Tim 6:8. Jangan sampai berdosa! Check pengeluaran uang, waktu, hati (cinta) dll. Orang yang memberi korban untuk berhala serta menyembahnya, itu celaka dan akan masuk dalam neraka atau Tasik api.

11d. Dan menyajikan persembahan minuman bagiMeni (= Jumlah itu, berhala Meni, nasib atau keberuntungan).

Ini sama2 berhala, tetapi disini diberi persembahan minuman, sekaligus me-reka sendiri juga minum dan mabuk dan bersukacita. Memang jalan dosa itu ramai dengan kesukaan jalan lebar, mabuk, berzina, keduniawian dan ma-cam2 kedagingan; ada kesukaannya te-tapi hanya sementara (Ibr 11:25). Ja-ngan cari kesukaan dosa dan duniawi (Sodom Gomora). Sebab itu orang Kris-ten harus punya kesukaan dari Tuhan yang menjadi kekuatannya Yoh 4:14, Neh 8:11. Ini kesukaan salib Mat 11:28-30. Jangan tertipu. Orang yang sudah punya kesukaan Tuhan, tidak mudah tertipu oleh dunia dan iblis, tetapi masih bisa kalau lalai. Dalam jalan le-bar, Sodom Gomora dll banyak anggur kesukaannya Ul 32:32-33. Kesukaan yang netral masih bisa kita pakai tetapi jangan terikat. Kalau terikat, sekalipun alasannya banyak, macam2 cara2nya, tetapi akibatnya jelas, dosa timbul dan makin men-jadi2, kasih akan Firman Tuhan, ibadah, salib dll (7 KPR) menjadi pudar bahkan lenyap. Jangan tertipu, jangan ingin tetapi dengan tegas pu-tuskan semua hubungan yang dosa lalu tenggelam dalam Kristus sampai sungai air hidup mengalir, tumbuh dan ber-buah2 makin banyak,seperti Kristus.

Hanya ada 2 jalan, tidak sulit me-ngenalinya bagi yg mau sungguh2 ber-tobat dan cinta Tuhan. Ingat akibatnya dahsyat dan yang sudah hidup benar, tumbuhlah se-tinggi2nya, inilah kesem-patan satu2nya dalam dunia untuk tumbuh dalam kemuliaan yang kekal.

YES 65:12. HUKUMAN DAHSYAT DIBERITAHU SEKARANG.

12a. Sebab Aku akan menghitungmu bagi pedang dan kamu semua akan membungkuk untuk dibantai.

Perang itu kejam dan dahsyat, tetapi bagi umat Tuhan tidak ada yang kebe-tulan, semua ada sebabnya Mat 10:30. Ini bisa terjadi sebagai arti jasmani dan rohani, sebab keduanya akan digenapi. Kejahatan itu luar biasa dan mati berarti kesempatan habis. Juga arti ro-hani, mati rohani berarti banyak kejatuhan rohani. Ini terjadi sepanjang masa, lebih2 kalau dosa meningkat tajam dalam Minggu ke-70 Daniel, juga korbannya banyak. Wah 22:11, tetapi pada waktu ini, yang meningkat dalam kesucian juga banyak. Kejatuhan itu lebih hebat dari cara2 jasmani. Jangan plin plan, tetapi punya keputusan tegas sebab akibatnya sangat besar dan ke-kal. Miliki Kristus dengan kuasa, kesukaan dan Firman Tuhan supaya jangan hanyut dalam dosa.

12b. Sebab waktu Aku memanggil, kamu tidak menjawab.

Tidak menjawab sebab tidak mau me-lakukannya, sudah undur dari Tuhan. Padahal setiap kali Tuhan memanggil, apalagi memerintah, itu berarti ada hal2 yang indah2 dalam rencana Allah. Kalau Petrus dipanggil Tuhan untuk apa saja, itu selalu ada rencana Tuhan yang indah2 baginya. Percayalah, setiap ke-taatan kita akan Firman Tuhan itu me-nabung rencana Allah yang indah2, jangan menolak itu membatalkan ren-cana Allah, itu untung besar untuk ke-kal. Yang lari seperti Yunus, Simson jadi celaka, tetapi yang taat jadi beruntung.

12c. Waktu aku berkata, kamu tidak mendengar.

Anak yang tidak mau mendengar per-kataan orangtuanya atau gurunya akan jadi bodoh dan punya tabiat jelek, memberontak. Sebab itu dengarlah suara Tuhan Mrk 4:23, lebih2 dalam doa dan Firman Tuhan, ini akan mem-buat kita makin mengerti kebenaran Firman Tuhan sehingga bisa makin ber-buah2 lebat Mat 13:23. Maria sengaja duduk di kaki Tuhan Yesus sehingga bisa mendengar lebih banyak tetapi Marta lari ke sana-sini dengan alasan yang kuat untuk mengurangi atau menghindar dari mendengar, tetapi Tuhan Yesus berkata bahwaMaria be-runtung, Marta buntung Luk 10:39,42.

Daud hidupnya beruntung sebab suka mendengar dan taat.Maz 1:1-4. Jangan lari dengan macam2 alasan se-perti Marta nanti sial, celaka atau bun-tung. Beri waktu, dengar baik2 supaya mengerti dan bisa taat. Terus men-dengar dan menyimpan dalam hati se-hingga tidak sampai berdosa Maz 119:11 dan bisa tumbuh serta ber-buah2 banyak.

12d. Tetapi berbuat kejahatan di hadapan mata-Ku.

Mengapa disebut lagi? Bukankah Tu-han memang tahu? Ya, sebab mereka masih ada dalam hadirat Tuhan, masih beribadah dan menyembah Tuhan te-tapi juga sambil berdosa, terang2an, dengan pengertian berbuat dosa, itu lebih jahat sebab sengaja sehingga ti-dak ada ampun Ibr 10:26. Ini sangat jahat. Dosa seperti ini cepat meningkat, bisa menjadi dosa sempurna sehingga tidak mau bertobat lagi dan tidak ada ampun. Ini adalah sambungan dari dosa2 yang ada. Kalau seorang cinta Tuhan dan tetap hidup dalam kesucian, tidak bisa sampai jadi dosa sengaja dan sempurna. Jangan main2 dalam dosa, sebab semua dosa bisa terus me-ningkat sampai dosa sempurna.

12e. dan memilih perkara2 yang Aku tidak berkenan.

Sudah tahu, tetapi tetap berdosa, maka orang itu dituntut lebih banyak Luk 12:48. Sebab itu kita perlu tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dan mau terus taat sehingga makin peka untuk disucikan dari dosa, bukannya keras hati atau sengaja berdosa. Daud memilih melakukan apa yang kesukaan Tuhan Kis 13:22. Tidak heran kalau na-sibnya di dunia baik, juga sampai kekal terus baik. Tampaknya hidup untuk Tuhan, itu sakit, menderita, tetapi justru itu yang indah dan terbaik untuk di dunia sampai kekal. Semua yang selalu ingin menyenangkan Tuhan, melakukan kehendakNya, pasti hidup-nya indah dan digaransi oleh Tuhan, juga sampai kekal.

Yusuf dalam penderitaan yang sa-ngat sebagai budak di Mesir tetap hidup berkenan pada Tuhan, hasilnya hidupnya menjadi yang terbaik. Tuhan tahu yang terbaik bagi kita di dunia sampai kekal, sebab itu cari tahu kehendakNya dan taat, pasti indah, sukacita puas sampai kekal. Jangan ter-tipu seperti Yudas, Gehazi yang sudah berada di jalur utama, tetapi ditipu setan jadi celaka kekal.

YES 65:13-14. NYATA BENAR BEDANYA.

13a. Sebab itu kata Tuhan Allah, lihatlah hamba2Ku akan makan tetapi kamu akan lapar.

Pada akhir zaman orang2 makin lapar akan Firman Tuhan Amos 8:11-14. Ada 2 macam kelaparan:

  1. Akan Firman Tuhan dan mereka yang termasuk hamba Allah, yang taat akan Firman Tuhan akan mendapat-kannya dan kenyang.
  2. Orang2 yang menjadi hamba daging, iblis dan dosa, hatinya lapar, tetapi mereka tidak makan dari Firman Tuhan, tetapi dari segala perkara2 dosa dunia, mereka akan tetap lapar dan menjadi lemah bahkan mati rohaninya, diperbudak dan dikuasai iblis.

Dalam HP pun ada 2 macam ma-kanan dan yang menjadi hamba dosa akan makan yang cocok seleranya sehingga makin lemah sehingga mati dan sepenuhnya dikuasai iblis. Hamba2 Tuhan tidak makan dari HP (kotor dan campuran, apalagi yang tidak mengerti Ef 4:14), tetapi dari Alkitab dan dalam Gereja yang betul, sehingga kenyang, kuat dan tumbuh dalam rencana Allah. Makanan yang palsu dan encer banyak, sebab itu perlu punya persekutuan tubuh Kristus yang betul. Mereka yang lari dan pergi dari tempat yg betul lalu keliling2 terus akan makan yang cocok dengan dagingnya seperti Lot dan bina-sa! Pelihara persekutuan yang betul, jangan bersekutu dengan 850 nabi2 Achab yang “penuh gairah semangat dan akrab” tetapi menyesatkan!

13b. Lihatlah hamba2-Ku akan minum tetapi kamu akan haus.

Ini nyata bedanya, sebab hanya air dari Tuhan yang memberi kepuasan yg sejati Yoh 4:14. Air dunia ini selain membuat makin haus juga adalah ra-cun ular biludak Ul 33:32, jangan dimi-num. Kesukaan kita harus dari Firman Tuhan, doa, kesucian dan hidup bagi Tuhan, baru kita menjadi kuat dan tidak terpengaruh oleh kesukaan duniawi Neh 8:11.

13c. Lihatlah hamba2-Ku akan bersukacita, tetapi kamu akan dipermalukan.

Kalau Tuhan jadi kesukaan kita, maka madu duniawipun bisa di-injak2, tidak sayang Ams 27:7. Kesukaan dunia dan dosa itu palsu Ams 14:12-13, Pkh 7:6. Justru orang yang hanya mencari kesu-kaan duniawi, maka hidupnya seperti mati 1Tim 5:6.

Dosa meningkat dalam segala segi sebab manusia ingin hidup senang, baik dengan uang, kedudukan, rekreasi dll, tetapi itu kesukaan sementara saja yang seringkali menyesatkan dalam dosa. Kesukaan Tuhan itu yang tetap bahkan bisa makin meningkat Yez 47 dan sampai kekal.

14a. Lihatlah hamba2-Ku akan menyanyi karena hati yang bersukacita, tetapi kamu akan menangis karena kesusahan hati.

Orang beriman, baik di Gereja dan di rumah, bahkan di mana2 saja seharus-nya bisa menyanyi dengan sukacita, bukan karena musik dan dekor yang gemerlapan, ada atau tidak, bisa nyanyi dengan sukcita sebab ada musik hati Ef 5:19, bahkan setan pun terusir waktu Daud main kecapi dalam pengurapan Tuhan dengan kecapi yang sederhana. Sukacita yang betul itu sukacita Surgawi dari Allah yang maha suci, bukan dari dosa dan Neraka dan iblis. Jangan keliru, cari sukacita di neraka dan dari kaki tangannya, justru terseret dalam neraka kekal.

14b. dan akan meratap karena roh yang pecah.

Rohnya penuh dosa, tidak mungkin ada sukacita yang asli, tetapi rohnya hancur karena dosa dan ratapan yang keluar meskipun dicampur dengan macam2 nyanyian sukacita duniawi .

YES 65:15. NAMA YANG MENJADI KUTUK.

15a. Dan kamu akan meninggalkan nama mu untuk suatu kutuk bagi orang2 pilihan-ku.

Kalau kita hidup benar dan taat, nama kita jadi indah dan kekal sebab limpah dengan pahala dan kemuliaan hasil ketaatan di dunia. Yes 66:22 bukan jadi kutuk sampai di Neraka, sebab itu me-ngandung semua hukuman dari semua perbuatannya dalam dunia. Di dunia kita menabur, sesudah mati menuai, sebab itu taburlah yang baik di dalam Kristus.

15b. Sebab Tuhan Allah akan membunuh mu tetapi menyebut hamba2-Nya dengan nama yang lain.

Allah itu adil dan cinta. Kalau cintaNya ditolak dengan memilih dosa, dunia dan macam2 perbuatan yang jahat, maka akhirnya harus dihukum. Sebab Allah itu adil Rom 6:23. Akhirnya masuk dalam kematian II yaitu Tasik api kekal. Tetapi hamba2 yang taat dan setia mendapat nama yang baru Wah 2:17, yang penuh dengan sukacita dan kekal dalam Surga Bumi Baru, sebab ada di dalamnya penuaian dari semua ketaat-annya waktu di dunia!

YES 65:16. BERKAT YANG KEKAL.

16a. Supaya orang yang hendak memberkati dirinya sendiri di bumi, akan memberkati dirinya sendiri di dalam Allah kebenaran.

Aneh, memberkati dirinya sendiri? Yang penting di dalam Allah kebenaran, Allah tidak bisa diajak Tahu Sama Tahu atau tidak jujur, dari Allah selalu benar. Mengapa memberkati dirinya sendiri? Sebab kita sendiri yang menentukan berkat atau kutuk, bukan orang lain ju-ga bukan Allah atau iblis. Kita yang harus mengambil keputusan yang sungguh Luk 12:57.

16b. Dan orang yang bersumpah di bumi akan bersumpah demi Allah kebenaran.

Bersumpah itu harus dipegang sampai akhir dan demi Allah yang benar (WB Mat 5:34-37). Ini berarti ambil kepu-tusan untuk setia sampai akhir sampai mati dan Allah yang benar menjadi sak-si. Kalau kita sungguh2 setia, Allah tahu dan memberi bagian kita untuk kekal.

16c. Sebab kesukaran2 yang lalu itu dilupakan dan sebab itu disembunyikan dari mata-Ku.

Kesukaran karena kebenaran, karena Allah itu menghasilkan kesukaan dan kemuliaan yang kekal Rom 8:27-28. Dulu di bumi dukacita sebab taat akan kebenaran, tetapi sekarang semua itu sudah disembunyikan dari mata Allah, tidak ada lagi, yang ada hanya sukacita dalam Surga Bumi Baru. Inilah akhir dari jalan salib dalam kebenaran sam-pai Golgota di dunia tetapi sukacita dan kemuliaan kekal di Surga.

 

Nyanyian:

Salib hentar aku trus.