YS343 – YESAYA 65:8-10. ANGGUR BARU YANG MENJADI BERKAT BER-LIMPAH2

YES 65:8. ANGGUR BARU DALAM TANDAN.

 

8a. Demikianlah Firman Tuhan, karena anggur baru ditemukan di dalam tandan.

Anggur berarti kesukaan Maz 104:15. Tetapi ada 2 macam anggur kesukaan yaitu anggur lama dan baru.

Anggur lama itu kesukaan daging, dosa, dunia ini dan orang yang sudah minum anggur lama, apalagi sampai mabuk (terikat), tidak akan mau lagi minum anggur baru yaitu kesukaan ilahi dari Tuhan. Anggur lama ini adalah kesukaan yang dicari semua orang dunia yang hidup menurut daging. Hasilnya hanya kesukaan yang sesaat Ibr 11:25, lalu kepahitan untuk seterus-nya bahkan makin terikat, makin celaka.

Anggur baru adalah kesukaan da-lam Roh, dari Tuhan Rom 14:17. Tuhan Yesus bersukacita dalam Roh Luk 10:21. Juga murid2 Kis 2:13. Ini sukacita yang asli, murni, mengalir keluar dari dalam hati orang percaya Yoh 4:14. Ke-sukaan dari Roh itu sudah mulai dira-sakan dalam dunia dan ini diteruskan sampai dalam Surga. Yoh 7:38. Luar biasa. Kita sudah bisa menikmati ke-sukaan Surga, meskipun masih di dunia dan orang yang betul2 bisa menik-matinya akan jadi kuat, puas dan tahan uji. Memang tingkat2nya bisa mening-kat terus seperti diterangkan dalam Yez 47, tetapi semuanya ini sudah meru-pakan kesukaan ilahi, Surgawi. Ini akan dialami kalau Roh Kudus menguasai hidup ini sehingga kita dipimpin Roh Rom 8:14, tidak dipimpin daging Gal 5:16-17. Jadi orang yang mau mema-tikan daging, sehingga bisa hidup suci dipimpin Roh, maka hatinya akan men-jadi sumber air hidup yang terus memancar sampai hidup yang kekal. Ini jadi kekuatan kita Neh 8:11. Tanpa ini orang beriman tidak bisa bertahan menghadapi godaan dan kesukaan anggur lama dari dosa, daging, dan du-nia ini, yang meriah merayu dan menggoda dan penuh kesukaan dosa yang sesaat Ibr 11:25, kesukaan jalan lebar. Sekalipun orang beriman seperti Lot, ada sebagian yang terus minum anggur lama, kesukaan daging, Sodom dan yang berdosa. Sebab itu kita harus mempunyai sungai air hidup ini, maka kita bisa mengafkir dan membuang kesukaan anggur lama ini Ams 27:7. Bisa tahan uji, tidak tergoda, lepas dari jerat anggur lama, lebih2 dalam akhir zaman yang anggur lamanya manis sekali Luk 21:34-36. Ini tanda khas dari orang yang kuat di dalam Tuhan, baru bisa tahan uji! Perempuan Samaria itu kuat bertahan mematikan daging, sehingga tidak lagi kembali dalam kesukaan dosa sex sesaat dalam hidup lama itu.

Luk 5:39. Orang yang suka apalagi mabuk dalam anggur lama (kesukaan dosa ini) akan dipuaskan dagingnya, tidak mau minum anggur baru dan tidak bisa memperoleh anggur baru. Orang harus bertobat, mematikan daging sehingga Roh Kudus bisa be-kerja dalam hatinya, baru bisa mengalir keluar sukacita dari Tuhan. Orang ber-dosa tidak bisa menikmati, tidak punya dan tidak ada dalam hidupnya. Bisa ikut menikmati dengan orang2 yang punya limpah anggur baru seperti Herodes dalam Firman Tuhan yang disampaikan Yohanes, tetapi lekas hilang lagi sebab tidak bertobat Mrk 6:20, Kis 8:8. Kalau bertobat seperti sida2 Habsyi dan pe-rempuan Samaria, maka timbul sumber kesukaan baru ini dalam hatinya Kis 8:39. Tetapi kalau tidak punya sumber (sebab percaya dan tidak bertobat), maka ia tidak punya sumber air hidup, kesukaan itu segera hilang lagi.

Sebab itu anggur baru harus ditaruh dalam kerbat baru yaitu hidup baru dalam kesucian; Luk 5:37,38 kalau ditaruh dalam kerbat lama, pecah, tumpah. Kalau orang itu tidak bertobat, ia hanya merasakan sesaat dan kosong, lalu kembali ingin anggur lama. Harus bertobat Mat 5:17, Mrk 2:12.

Tuhan hanya berkenan pada anggur baru, anggur lama itu keji sebab limpah dengan segala kenajisan dosa, daging, dunia dan setan!

Tetapi disini ditemukan anggur baru dalam tandan buah anggur. Aneh. Dalam ayat2 sebelumnya ditulis bahwa orang2 Israel siap untuk dihukum kare-na perbuatan2 dosanya, tetapi kemu-dian di dalam tandan itu ditemukan anggur baru. Ini berarti ada orang2 yang bersukacita dalam Roh dalam kesucian Tuhan. Ini penemuan yang istimewa, sebab Tuhan tidak menya-maratakan semua orang, tetapi ma-sing2 dihukum menurut perbuatannya sendiri2. Kalau ada anggur baru berarti ada orang2 yang bersukacita dalam Roh, yaitu orang yang hidup suci di dalam Roh. Pasti orang ini tidak akan dihukum ber-sama2 dengan orang2 yang hidup dalam dosa lainnya, bahkan orang2 sekitarnya ikut dibebaskan!

 

8b. dan seorang berkata: Jangan (tandan) itu dibinasakan, karena ada berkat di dalamnya.

Adanya anggur baru itu berarti ada orang2 yang bisa bersukacita di dalam Roh, sekalipun di tengah2 keadaan yang jahat. Seperti Paulus dan Silas di tengah2 orang jahat, mereka bersu-kacita. Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego diantara tawanan, mereka bisa bersukacita dalam Tuhan, tidak mau makan barang2 dari raja, juga segala kesukaan2 dosanya. Biasanya le-wat orang2 seperti ini yang jelas penuh dan dipimpin Roh (sampai keluar ang-gur baru), ada berkat. Mereka jadi ber-kat bagi sekitarnya. Ini orang2 yang menang atas daging, dan taat dipimpin Roh, sehingga bisa bersukacita dalam Kristus seperti Putra manusia Yesus Luk 10:21. Semua orang2 seperti ini bisa menjadi berkat karena taat dipakai Tuhan.

Kalau ada anggur baru yang bisa bertahan lama, itu berarti ada kerbat baru Luk 5:37. Ini berarti itu adalah orang baru, ada Roh Kudus bekerja di dalamnya (orang hanya bisa hidup baru kalau ditebus dan mau lekat pada Kristus dan Roh Kudus bekerja di da-lamnya). Kalau anggur baru diberikan padaseorang yang hidup lama dalam dosa, sebentar akan pecah dan anggur baru yang didapatnya akan tumpah, kembali susah, tidak lagi ada sukacita dan tidak adapekerjaan Roh Kudus. Adanya anggur baru itu menjadi tanda yang heran, indah dan tanda berkat. Orang2 yang pahit hatinya, tidak ada kesukaan dari Tuhan, sulit atau tidak bisa jadi berkat. Kalau ada dosa, per-kelahian, perpecahan, dengki dsb, ada kepahitan, tidak ada sukacita, itu berarti tidak ada anggur baru, bagai-mana bisa dipakai Tuhan jadi berkat. Tetapi kalau betul2 ada anggur baru, hasilnya akan heran.

 

8c. Demikianlah akan Kuperbuat, demi hamba2Ku, sehingga Aku tidak membinasakan mereka semua.

Semuanya tidak dibinasakan, sekalipun masih ada yang jahat diantaranya. Se-bab kalau ada anggur baru dalam tandan itu, dalam kelompok itu, berarti ada pekerjaan Roh Kudus yang nyata, sehingga diharapkan banyak orang dija-mah oleh pekerjaan Roh Kudus dan bertobat sehingga tidak dibinasakan. Memang itu kerinduan Tuhan 2Pet 3:9. Sebab itu jangan simpan dosa, jangan ada kepahitan, tetapi ada aliran air hidup, ada anggur baru. Sekalipun perempuan Samaria itu masih baru bertobat, ia bisa menjadi berkat bah-kan bagi seluruh kotanya, kota Sama-ria, luar biasa!

Dan Tuhan tidak (jadi) membina-sakan seluruh tandan anggur itu,sebab berharap anggur baru yang ada di dalamnya,bisa jadi berkat, betul2 memberkati seluruh keluarganya, ke-lompoknya, daerahnya, lingkungannya. Ini prinsip Tuhan.

Kalau di Sodom yang jahat itu ada 10 orang yang hidup baru penuh Roh Kudus, Tuhan tidak membakar atau membinasakan seluruh Sodom Gomo-ra, tetapi berharap dan akan bekerja di dalam orang2 baru ini, supaya bisa menggarami seluruh kelompoknya Kej 18:32. Ini perbandingan untuk Sodom yang begitu jahat, mungkin 50.000 orang perlu 10 orang yang punya ang-gur baru. Jadi untuk 1 kelompok kecil cukup 1 orang yang punya anggur baru, sehingga keluarga itu tidak sampai dihukum Tuhan.

Jadi kalau kita punya anggur baru, kita sendiri penuh sukacita dan kita bi-sa jadi saluran berkat bagi orang2 da-lam kelompok atau sekitar kita, sangat indah! (Orang yang tidak mau taat dipimpin Roh, tidak akan punya sukacita, tetapi gelisah).Jadilah berkat, jangan jadi laknat.

 

YES 65:9. TIMBUL BENIH2 BARU YANG HERAN.

9a. Dan Aku akan menumbuhkan suatu benih keluar dari Yacob.

Karena ada anggur baru, orang yang mau dipimpin oleh Roh Kudus, maka tumbuhlah suatu benih keluar dari Yacob. Indah! Ini seperti tanggul “ma-ti”, tahu2 keluar 1 pucuk yang hidup, akan tumbuh lagi kehidupan dari tung-gul yang mati itu Yes 11:1. Ada kehi-dupan dan bertambah lagi sehingga makin banyak yang diselamatkan lagi. Jadilah berkat dimana kita ada. Orang2 yang punya anggur baru, itu bisa jadi berkat, sehingga kelompok atau nege-rinya tidak ditumpas, tetapi diberi ke-sempatan lagi supaya bisa digarami dan diterangi oleh orang2 yang bisa jadi berkat ini Mat 4:16. Jadi yang bisa jadi berkat adalah orang yang punya anggur baru sehingga timbul lagi benih2 baru dari tunggul2 yang sudah mati.

 

9b. dan keluar dari Yehuda seorang pewaris dari gunung2Ku dan orang2 pilihan Ku akan mewarisinya.

Luar biasa! Seharusnya semua mati dibinasakan, tetapi kalau terbit terang diantaranya, ada orang yang dipakai Roh Kudus untuk bersinar dan meng-garami, maka tempat yang mati itu jadi hidup, timbul benih2 dari Yacob dan Yehuda yang bisa menjadi pewaris gunung2 Allah yang heran, yaitu orang2 pilihan Allah. Heran. Coba bayangkan, ada satu Putra manusia Yesus jadi berkat,lalu seluruh Israel yang mati bangkit. Timbul 12 rasul, 70 murid, 120 murid di kamar loteng, 500 orang yang melihat Tuhan Yesus bang-kit dan ribuan orang yang bertobat dan diselamatkan. Begitu juga murid2 men-jadi berkat di mana mereka berada. Murid2 yang bersukacita dalam Roh, maka ribuan orang yang menyalibkan Kristus tidak jadi dihukum tetapi ber-tobat dan diberkati! Gunung2 kesucian Allah yang ajaib itu, sebab orang2 yang bertobat dan hidup suci, hidupnya pasti jadi indah dan mulia.

Orang2 yang taat bisa berubah, naik terus sampai di puncak2 gunung yang tinggi, sampai di puncak2 kemuliaan Tuhan, luar biasa! Ini bukan saja gu-nung kesucian Tuhan, tetapi ini ke-muliaan yang besar dan kekal dimana Yerusalem baru akan turun Wah 21:10. Orang yang bertobat, berubah dan tumbuh, bahkan bisa sampai di pun-caknya yaitu dalam kemuliaan Allah yang penuh. Ini terjadi ber-ulang2, di mana2. Banyak utusan2 Injil dengan pengurapan Roh Kudus pergi ke mana2 dan timbul orang2 beriman, bahkan ada yang meningkat sampai begitu tinggi dan mulia di dalam kesem-purnaan Allah.

 

 

9c. dan hamba2Ku akan tinggal

di sana.

Kita bukan saja menikmati kesukaan-nya, tetapi juga akan mewarisinya, tinggal di sana se-lama2nya, begitu indah dan mulia untuk kekal.

 

YES 65:10. SHARON DAN LEMBAH AKHOR JADI HIDUP.

 

10a. Maka Sharon akan menjadi kandang kambing domba.

Sharon ini jadi tanda, kalau Israel undur dan rusak, maka Sharon menjadi tanah rusak penuh belukar duri Yes 33:9. Tetapi kalau Israel berkenan pada Tu-han, maka Sharon akan ber-bunga2 Yes 35:2, Kid 2:1 dan limpah dengan ter-nak, bukan lagi tempat belukar duri. Betapa indah, hasil dari berkat anggur baru, maka tempat2 yang rusak jadi ber-bunga2 dan limpah dengan ternak, penuh kehidupan dan berkat dari Tuhan. Satu orang yang menjadi berkat (dalam tangan Tuhan) itu bisa mem-buat banyak orang keberkatan seperti deret ukur, sehingga banyak orang menjadi indah dan mulia.

 

10b. dan lembah Akhor, tempat untuk pembaringan lembu.

Lembah Akhor dinamakan demikian sebab ini tempat murka Allah karena perbuatan Achan, sehingga Achan di-hukum rajam dengan keluarganya. Akhor berarti tempat perkara atau celaka karena dosa2 Akhan Yus 7:24-25, juga  tempat perbatasan Yus 15:7, tetapi sekarang jadi tempat keberkatan bahkan pintu pengharapan yang indah Hos 2:14. Berubah dari kutuk (Akhor, tempat celaka) menjadi tempat berkat, tempat lembu2 dan pintu pengharapan untuk hal2 yang lebih indah dan besar yang dijanjikan Tuhan. Berubah sama sekali.

Ini semua karena ada orang2 yang menjadi berkat dengan menggarami tempatnya sehingga berubah menjadi tempat Sharon dan lembah Akhor yang keberkatan, semua tertolong, dari lem-bah kematian jadi lembah keberkatan dan penuh pengharapan, dari tempat belukar duri jadi tempat yang ber-bunga2 dan limpah dengan ternak, sangat keberkatan.

Sebaliknya orang yang jadi laknat, itu mencelakakan semuanya (yang se-tuju, yang tidak melawan, yang tidak menyalahkan! Ef 5:11, Yak 4:17). Ka-rena dosa Achan maka seluruh keluar-ganya dilempari batu sampai mati dalam lembah Akhor. Karena dosa istri Ayub, mati 10 anaknya dan rumah tangga Ayub hancur. Karena dosa be-berapa orang Benyamin yang berbuat jahat pada istri orang Lewi, seluruh suku Benyamin dibinasakan Hak 20:35; 21:3. Tetapi hukuman Tuhan itu tidak sembarangan, tetap ada perhitungan yang adil, bahkan sudah diperhitung-kan satu per satu yang memang patut mati (hidup dalam dosa atau setuju dengan dosa2 itu seperti orang2 Be-nyamin dll), misalnya dalam hal dosa Achan, yang mati dalam perang karena dosa Achan itu 36 orang, ini adalah orang2 yang memang patut mati Yus 7:5. Begitu waktu Absalom mati, yang mati ikut Absalom itu begitu banyak lebih dari 40.000, 2Sam 18:7. Ini bukan kebetulan, tetapi memang orang2 itu patut mati sebab perbuatannya yang keji. Ini orang2 yang mau diajak oleh Absalom berbuat perkara2 yang keji. Begitu juga yang ikut Saul, Hofni dan Pinehas dll, banyak orang mati (1Sam 4:10: 30.000 bahkan juga Imam Eli yang tidak tegas menyalahkan putra2nya dll) semua ada perhitungan yang tepat!

Yang tidak patut mati, sekalipun dalam kekalahan perang, tetap tidak mati. Allah tidak pernah salah atau keliru dan semua tepat pada waktunya.

Sebaliknya yang beruntung dan keber-katan, itu sebab masing2 taat kepada Tuhan, sungguh2 mau diajak hidup mem-perkenankan Tuhan (yang ikut2an tetapi hidup dalam dosa, tetap celaka). Semua bukan kebetulan atau untung2an, tetapi sebab masing2 taat kepada Tuhan dengan segenap hatinya. Yusuf, Daud yang selalu dalam bahaya kematian, tidak mati2 malah keber-katan sebab tangan Tuhan di atasnya. Ez 7:6. Sekalipun dalam bahaya maut, tetapi Daud, Yusuf, Ezra, Daniel dll, tetap terlepas, sebab tidak ada yang mustahil baginya sehingga Sharon dan Akhor, tempat2 yang celaka itu bisa menjadi tempat2 yang keberkatan.

Sebaliknya orang yang berdosa, maka Hakim sudah berdiri di muka pintu dengan vonis hukuman Yak 5:9, kalau waktu yang diberikan Tuhan ha-bis (Pkh 8:11) maka hukuman itu akan jatuh ke atasnya ia tidak bisa mengelak lagi. Lebih2 waktu mati, orang yang hidup dalam dosa, mati berarti masa hukuman langsung masuk Neraka; bukan hukuman seumur hidup, tetapi hukuman kekal se-lama2nya Ibr 9:27. Sebab itu jangan hidup dalam dosa, itu sumber segala kepahitan dan hukuman yang kekal! Tetapi orang yang hidup berkenan pada Tuhan, tangan Tuhan di atasnya sehingga bisa bersukacita de-ngan anggur baru dan orang2 lain juga diberkati dan pasti pada waktunya semua berkat yang sudah dihitung dengan adil akan diberikan padanya (kalau perlu rapel) bahkan sampai kekal.

 

KESIMPULAN.

Israel yang seharusnya dibinasakan se-mua (dalam ayat2 sebelumnya), tahu2 berubah. Yacob dan Yehuda bersemi lagi dengan benih2 yang baru. Menga-pa? Sebab ditemukan anggur baru da-lam tandan buah anggur, sehingga se-mua berubah. Cerita celaka yang kelam bisa berubah menjadi cerita sukacita dalam anugerah Tuhan. Sebab itu jangan hidup dalam kesukaan anggur lama, itu akan membawa celaka yang besar, sebab biasanya orang itu terikat dan tidak mau lagi minum anggur baru dan hasilnya hanya kesukaan dosa se-saat lalu celaka yg pahit bahkan kekal.

Hiduplah dalam kesucian, lekat pada Kristus sehingga 7 KPR mengalir dengan bebas dan limpah, maka kita bisa penuh dengan anggur baru, kesu-kaan dari Tuhan yang makin lama makin dalam dan deras dan hidup ini akan indah untuk kekal dan juga menjadi berkat bagi semua di sekitar kita. Indah.

 

Nyanyian:

Jadikan berkat hidupku ini.