YS342 – YESAYA 65:1-7. BISA MEMILIH JUARA NOMER 1

YES 65:1. ORANG2 YANG MENEMUKAN TUHAN.

1a. Aku dicari oleh mereka yang tidak bertanyakan Daku.

Mengapa orang2 yang tidak kenal Tuhan, tetapi mereka mencari Tuhan yang tidak dikenalnya? Manusia itu bisa berubah dan terpengaruh oleh banyak hal, istimewa oleh sikonnya. Tetapi Allah itu adil, Ia bisa mengadili manusia dengan keadilan dan kemahatahuan-Nya yang luar biasa. Tuhan bisa meng-adili orang yang punya Taurat atau tidak Rom 2:12-15. Orang2 yang mau percaya kalau tidak ada kesempatan, diberi kesempatan oleh Tuhan sehing-ga ada saja jalan untuk mereka, sebab Tuhan yang membuka jalan langsung atau lewat orang2 tertentu, sehingga akhir-nya mereka tahu tentang Allah, bertobat dan selamat. Seperti keluarga Rahab, Ruth, Kornelius dll, Tuhan mem-bukakan jalan atau lewat salah satu cara dan orang itu bertemu Tuhan lalu percaya dan selamat! Sebaliknya orang yang sudah bertemu Tuhan tetapi tidak mau percaya dan taat, wai, sia2 imannya Mat 7:21-23. Jadi bukan kebe-tulan selamat tetapi memang mau per-caya dan taat, sebab itu yang sudah dapat kesempatan, lalu percaya dan taat, ia selamat! Sekalipun sudah dapat kesempatan percaya tetapi tidak mau taat, celaka!

1b. Aku ditemukan oleh orang2 yang tidak mencari Aku. Aku mengatakan, lihatlah Aku, lihatlah Aku.

Sebab tidak tahu, tidak kenal, maka mereka tidak mencari, tetapi sebab Tuhan tahu, bahwa mereka mau ber-tobat, Tuhan buka jalan dan mereka bertemu Tuhan. Sebab itu yang penting mau percaya dan taat. Kita yang sudah punya Taurat, mengerti tetapi tidak mau percaya dan taat, tetap akan binasa seperti orang kaya yang punya Taurat tetapi masuk Neraka Luk 16:29.

1c. kepada suatu bangsa yang tidak dipanggil dengan namaKu.

Israel adalah bangsa yang dipanggil de-ngan nama Tuhan, tetapi beberapa ba-nyak diantaranya tidak selamat. Se-bab itu yang percaya taatlah dengan sung-guh2 dari dalam hati. Taat itu kata emas Yak 1:22-23. Kalau mau bahagia, harus taat, kalau mau celaka, boleh tidak taat.

Tuhan pakai kita untuk menyela-matkan orang2 yang mau percaya dan taat. Kalau kita mau taat dipakai Tuhan, kita mendapatkan pahala, kalau tidak mau, dibuang dan Tuhan pakai orang lain Mat 21:43. Kalau kita ada di sebe-lahnya, itu berarti kita yang disuruh dan dipakai Tuhan menjadi garam bagi panci kita, dan terang baginya Mat 5:14-16 dengan belas kasihan dan kasih Mat 9:13, Luk 10:27. Jangan melawan Allah, itu berarti tidak taat, taatlah!

 

 

YES 65:2-5. TAHU TETAPI TIDAK TAAT, CELAKA!

 

YES 65:2. BANGSA PEMBERONTAK, SEMAUNYA SENDIRI.

2a. Aku sudah mengulurkan tangan2Kusepanjang hari pada suatu bangsa yang memberontak.

Tuhan memberi kesempatan, tetapi tidak dipakai. Begitu banyak orang Kris-ten yang me-nyia2kan kesempatan dari Tuhan. Setiap hari, selama hidup di dunia, tidak mau cari Tuhan, tidak mau ngotot. Mungkin ia menyanyi: Hidup ini adalah kesempatan, nyanyian yang in-dah, tetapi sering mbolos ibadah ke Gereja, tidak baca Alkitab dan berdoa, terus cari uang, kesukaan dunia dll yang sia2, bahkan meninggalkan jalan sempit masuk di jalan lebar supaya lebih ramai dan seru seperti Lot, ini orang yang membuang kesempatan emas,  Tuhan disuruh menunggu sia2. Ini orang2 yang memberontak pada Fir-man Tuhan, tidak mau taat, celaka! Jangan tertipu atau dibutakan matanya oleh iblis. Pakai setiap kesempatan ha-bis2an. Cari perkara2 dunia yang fana hanya untuk fasilitas saja, bukan untuk tujuan, jangan ber-lebih2, kalau mati, habis semuakesempatan untuk tujuan yang kekal. Pakai semua kesem-patan sebanyak mungkin untuk meraih tu-juan. Jangan menjadi pemberontak me-lawan Allah sebab menuruti daging!

2b. Yang berjalan dalam suatu jalan yang tidak baik, menurut pikirannya sendiri.

Pikiran kita terbatas, apalagi diban-dingkan dengan pikiranTuhan Yes 55:8-9. Sebab itu jangan melawan Allah. Ka-lau belum mengerti, kalau tidak sejah-tera, jangan diteruskan. Cari jalan Allah.

 

YES 65:3. ORANG2 YANG MENIMBULKAN MURKA ALLAH.

3a. Suatu bangsa yang menyebabkan Aku terus menerus murka di hadapan mukaKu.

Orang yang mengerti, tetapi tidak mau taat, dosanya menjadi lebih jahat Luk 12:48. Kita termasuk orang yang mem-buat sakit hati, murka Tuhan atau yang memperkenankan Tuhan? Hanya ada dua kemungkinan, sederhana, tidak su-lit! Memang untuk menyenangkan hati Tuhan harus menyangkali daging, te-tapi dapat sukacita dan se-gala2nya yang jauh lebih baik bahkan untuk kekal. Menuruti daging dan menim-bulkan murka Tuhan itu sekarangpun dapat hidup pahit dan kekal dalam Ne-raka. Taatlah, jangan bodoh ditipu iblis seperti Hawa dan menyesal, tetapi telambat, apalagi menyesal dalam Ne-raka. Kita harus mengerti dengan jelas dan pilih yang betul. Sebetulnya Tuhan memberi pilihan dan jalan seperti orang bisa memilih jadi juara nasional nomer 1. Tuhan sudah sangat memper-mudah, asal mau, bisa berhasil!

3b. Yang mempersembahkan korban di dalam taman2.

Menuruti daging itu juga harus korban, korban waktu, uang, tenaga dll, tetapi ini membuat sakit hati Tuhan sebab melanggar. Misalnya untuk rekreasi, perlu banyak uang. Untuk dipuji, untuk berzina dll semua perlu korban uang! Tetapi hasilnya menurut daging, iblis manis sekali, tetapi menurut Tuhan celaka sekali. Sebab percaya pada iblis, orang mau korban untuk yang celaka. Tetapi kalau kita mengerti, tidak mau! Memang jalan sempit tampaknya sunyi dan melarat tetapi sesungguhnya pe-nuh damai, sukacita yang asli sampai kekal. Jangan tertipu setan!

3c. dan membakar dupa di atas Mezbah bata.

Mezbah Tuhan dari kayu disalut tem-baga. Kayu itu daging, harus dimatikan, ini hidup di atas Mezbah, tetapi indah Rom 12:1-2. Mezbah berhala boleh pa-kai bata atau batu2, pokoknya korban untuk segala berhala dunia. Tidak ada ukuran, tidak ada batas. Hidup dalam dosa, punya berhala, semua butuh pe-ngorbanan, tetapi hasilnya fana, mati tidak dibawa. Berapa korban untuk kepujian, untuk senang2 menuruti da-ging untuk popularitas, dll, bahkan juga untuk perkara baik, tetapi tidak per-caya Tuhan Yesus, semua hanya indah (atau pahit) sampai kubur. Sesudah itu, dosa tidak boleh masuk Surga sebab tanpa Yesus, tetap orang dosa. Hanya Tuhan Yesus yang bisa melepaskan kita total dari dosa dan masuk Surga. Jangan membuat Mezbah untuk yang lain, sia2, sayang, rugi kekal.

 

YES 65:4. DUDUK DAN MENGINAP

DI KUBURAN.

4a. Yang duduk di kubur2.

Orang gila Gadara itu senang, “baha-gia” hidup di kuburan. Nasib yang mengenaskan. Begitu banyak orang pikir mati dengan kesukaan dosa itu indah. Sesungguhnya itu sia2. Semua kesukaan dan kemuliaan dunia itu seperti duduk di kuburan, tetapi di belakangnya ada Neraka kekal.

Mengapa tujuannya hanya sampai di kuburan? Semua yang kita kumpulkan ini tidak bisa dibawa sampai kekal, sampai kuburanpun hanya bisa bawa sedikit, sisanya orang lain yang pakai. Luk 12:20.Tetapi hidup berkenan pada Tuhan dan pengorbanan karena Kristus itu dibawa tembus lewat kubur Rom 8:17-18, dan hidup seperti ini sejah-tera, sukacita dan bahagia di dunia sampai kekal Yoh 4:14, Yez 47:1-10. Betapa untung kalau di dunia kita bisa menghasilkan se-banyak2nyakemuliaan yang kekal bukan hukuman yang lim-pah dan kekal. Jangan bodoh!

4b. dan bermalam di dalam tugu2nya.

Ini rumah2 dari kubur yang menjadi tugu peringatan. Semua kemuliaan di dunia hanya sampai tugu peringatan di kuburan, sisanya orang tidak tahu, padahal bersambung dengan neraka dan Tasik api yang dahsyat. Tugu2 pe-ringatan raja2 Mesir itu pyramid yang menjadi salah satu keajaiban dunia, tetapi hanya sampai disitu, sesudahnya itu dahsyat bagi yang tidak mengerti! Inilah yang dilihat orang dosa seperti gajah mati meninggalkan gading, itu bagus, tetapi jiwanya ke mana. Tidak cukup hanya sampai disini! Segala kemuliaan tugu peringatan kuburan, itu yang bisa dilihat manusia, tetapi sesudah itu orang tidak tahu apa yang ada di belakangnya, ia ditipu iblis. Tuhan menunjukkan jalan yang betul yang mulia kekal.

4c. Yang makan daging babi dan kuah dari makanan yang keji dalam kualinya.

Dalam Wasiat Lama babi adalah ma-kanan haram, tidak boleh! Ini berarti hidup yang haram, keji di hadapan Al-lah untuk mengejar segala kesukaan dan keinginan hatinya. Biasanya orang berdosatidak peduli hukum2 Allah, sekalipun keji asal senang, asal cocok dengan pikiran atau kehendak hatinya, semua dihalalkannya sekalipun babi, sekalipun najis di hadapan Tuhan. Tetapi orang yang mau memperke-nankan Allah, tidak mau makan barang yang najis di hadapan Tuhan, sekalipun untung secara jasmani ataupun cocok menurut keinginan dagingnya. Sebab itu orang2 yang berkenan pada Tuhan itu tekun belajar Firman Tuhan supaya tidak sampai melanggar dan menyakiti hati Tuhan. Orang yang sembarangan hidup itu tidak berkenan pada Tuhan. Jadi orang yang tidak tahu Firman Tuhan, akan terus menerus membang-kitkan murka Allah, sebab tidak (mau) mengerti kehendak Allah. Kalau mau berkenan pada Tuhan pasti cinta Fir-man Tuhan, terus tekun belajar Firman Tuhan dan lewat Roh Kudus pasti akan memberi pengertian sehingga bisa me-ngerti kehendak Tuhan dan memper-kenankanNya. Jadi orang yang tidak suka Firman Tuhan tidak mungkin memperkenankan Tuhan. Orang yang tahu Firman Tuhan belum tentu memperkenankan Tuhan, kecuali kalau ia mau selalu taat Yak 1:25, Maz 1:3.

 

YES 65:5. SAYA LEBIH SUCI DARIPADAMU.

5a. Yang berkata: Berdirilah sendiri, jangan datang ke saya, karena saya lebih suci daripadamu.

Tidak mau dicampuri, mau sendiri2, se-bab ia merasa lebih baik, lebih suci dari orang2 lain. Memang ada orang2 Kris-ten yang setia ber-tahun2 tetapi tidak berubah, sehingga jadi batu sontohan bagi banyak orang Rom 2:24. Tetapi ukuran kita bukan orang lain atau diri kita sendiri, tetapi Firman Tuhan. Orang yang tidak suka mencocokkan dirinya dengan Firman Tuhan, tidak mungkin tumbuh dalam kesucian, se-bab godaan dunia, daging dan tekanan iblis begitu banyak dari segala segi. Harus mengerti segala segi, sebab kita disucikan oleh pengertian Firman Tu-han dalam segala segi Maz 119:9. Ukur-an kesucian itu adalah Firman Tuhan bukan pendapat masing2. Kalau kita bandingkan dengan orang lain, itu ha-nya luarnya saja, kita tidak tahu yang dalam, tetapi Tuhan tahu semuanya.

5b. Mereka itu seperti asap dalam hidungKu, suatu api yang menyala sepanjang hari.

Tuhan tahu semuanya dengan lengkap dan betul, sebab itu pengadilan Tuhan itu bisa selesaidalam sesaat lengkap dengan hukumannya dan semua betul. Orang2 yang jalan menurut ukuran dan kehendaknya sendiri, apalagi lalu be-rontak melawan hukum2 Allah itu se-perti asap dalam hidung, sangat me-nyusahkan dan menyakiti hati Tuhan, seperti api yang tidak dipadamkan, te-rus menyala menuruti hawa nafsunya, itu sangat jahat di hadapan Tuhan dan pasti dahsyat hukumannya. Bertobat-lah sungguh2, terus menyangkaldiri, belajar Firman Tuhan dan dipimpin Roh, saling menasehati, maka kita bisa hidup berkenan pada Tuhan, itu yang terindah.

YES 65:6. PEMBALASAN SAMPAI DALAM RIBAAN.

6a. Lihatlah, ada tertulis di hadapanKu, Aku tidak akan tinggal diam,

Semua rencana dan kehendak Allah tentang manusia sudah tertulis dalam Firman Tuhan. Kita tidak perlu me-nebak2 kehendak Allah atas perbuatan kita, sebab untuk manusia, semua su-dah ditulis lengkap. Sebab itu kalau kita mau mendapat yang terbaik dari Tuhan, sudah disebutkan caranya, tidak sulit, sudah jelas. Baik sekarang, baik pada akhirnya, ukuran untuk pemba-lasan kita adalah Firman Tuhan yang sekarang ada pada kita, bukan menurut hukum2 yang tersembunyi Yoh 12:48. Kalau orang dagang spekulasi sebab tidak tahu turun naiknya harga. Tetapi kita tahu tepat, pasti untung bisa kaya raya. Begitu hidup di dalam Tuhan. Kita sudah tahu apa yang berkenan atau tidak kepada Tuhan, kalau mau untung besar, bisa!, taat saja, pasti berkenan pada Tuhan.

Sebab itu kita bisa mengambil jalan untung besar, tidak sulit, harus me-ngerti kehendak Tuhan dan taat.

6b. Tetapi Aku akan membalas, bahkan membalaskannya ke dalam ribaan mereka.

Pasti ada pembalasan sesuai apa yang kita perbuat Wah 22:12. Untuk orang beriman ada tambahan hajaran supaya bertobat kalau salah Ibr 12:6 itu karena kasih Allah seperti bapak kepada anaknya.

Apa maksud Tuhan dengan ribaan? Inilah tempat orang yang dicintai, baik anak Kej 50:23, istri Ul 13:6; 28:54 atau yang lain 2Sam 12:3, Luk 6:36. Ini ber-arti semua yang dicintainya akan kena hukumannya seperti anak2 bagi istri Ayub (tetapi ujian bagi Ayub, juga Ishak bagi Abraham, ini ujian yang berat, sebagai ujian akhir).

Semua yang dicintai, itu dihukum, sehingga hukuman itu makin parah di dunia dan juga hukuman yang paling parah dalam Tasik api. Pilihlah jalan yang selamat, yang untung, begitu mudah, terang2an!

YES 65:7. DOSA TIDAK ADA KADALUARSA.

7a. Kesalahanmu dan kesalahan bapamu ber-sama2, kata Tuhan.

Sekalipun bapak2nya (nenek moyang-nya) sudah mati lama, hukuman tetap ada. Tuhan Allah itu. Hakim orang hi-dup dan orang mati.

7b. Yang sudah membakar dupa

di atas gunung2.

Membakar dupa itu menyembah ber-hala. Jangan ada berhala apapun dalam hidup ini, Tuhan harus di atas se-muanya. Baik uang, barang, orang, pe-kerjaan dll apa saja, tetap Tuhan nomer 1, bukan yang lain sekalipun orang2 yang di dalam ribaan, misalnya anak, istri, jangan nomer 1. Jangan gara2 anak lalu benci pada seorang, berhenti pelayanan, tidak lagi cinta Firman Tuhan, mengabaikan ibadah dll. Jangan ada berhala! Kel 20:3.

7c. dan menghojat Aku di atas bukit2, sebab itu Aku akan menakar perbuatan2 mereka yang lalu, di dalam ribaan mereka.

Jangan menghojat seperti istri Ayub. Mulutnyabicara seenaknya, apalagi sumpah serapah, itu memvonis dan menyalahkan Allah, misalnya sampai mati tidak mau kenal dia lagi (= tidak mau mengampuni), tidak mau ibadah (= Tuhan dibuang) dll, itu dahsyat akibatnya. Kata2 seperti ini berarti menghojat Allah seperti istri Ayub. Begitu sering dan mudah menghojat Allah. Kalau ada yang tidak enak seperti kematian anak, ia menyalahkan dan menghojat Allah.

Belum pernah ada orang dihukum seperti Ny. Ayub, dahsyat 10 anak dire-mukkan dalam kerobohan, kekayaan habis, lalu akan menjadi janda dalam kemiskinan dan celaka! Untung Ayub tidak mau menghojat Allah dan me-nyalahkan istrinya dengan tegas dan keras Ay 2:10. Coba tidak dimarahi dengan keras oleh Ayub dan dia sendiri bertobat, pasti ia mati dihukum Allah seperti anak2nya. Begitu juga Zedekia, semua orang2nya disembelih di muka matanya, lalu ia dicukil matanya, suatu penderitaan lahir batin yang dahsyat, ditakar pada ribaannya 2Raj 25:7.

 

KESIMPULAN.

Jalan keselamatan Tuhan itu sangat sederhana, apalagi kalau kita mengerti kebenaran Firman Tuhan. Ada dua jalan ke Surga dan Neraka, jelas sekali, tidak ada yang tersembunyi kecuali bodoh dan tidak mau tahu Mrk 12:24. Orang yang mau tahu,  pasti tahu (Tuhan akan tolong), lalu bisa memilih dan Tuhan memberi kekuatan untuk memilih dan melakukannya. Sebetul-nya sangat sederhana asal mau taat, pasti bisa dapat untung yang paling besar untuk kekal. Jangan tertipu oleh iblis. Minta pada Tuhan, Dia sanggup menolong mencelikkan mata rohani kita. Tidak berat untuk orang yang mau taat, salib jadi ringan dan sukacita Mat 11:28-30 dan kemegahan kita. Sama seperti sekolah, apalagi yang bagus, itu jadi kemegahan kita sebab ijazahnya, tetapi sekolahnya sendiri itu siksaan, penderitaan yang berat, tetapi kalau lihat hasilnya, itu menjadi kemegahan kita. Gal 6:14, kesukaan kita Yak 1:2, Kol 2:24. Pilihlah jalan salib, jalan sem-pit itu sakit tetapi senang dan bahagia di dunia, sukacita abadi di dalam Surga dengan Tuhan Allah dan semua kekasih2 kita.

Nyanyian:

Kalau saya mau bergirang, kalau saya mau senang.