YS339 – YESAYA 64:1-4. PAHALA DAN PERHITUNGAN ALLAH TIDAK PERNAH SALAH

YES 64:1. KALAU TUHAN TURUN, GUNUNG2 MELELEH.

1a. Oh kalau kiranya Engkau merobek langit, dan Engkau turun.

Langit robek, Allah turun, itu bisa ter-jadi dalam hal yang sangat berkenan bagi Allah, Ia turun menjadi kesaksian bagi Putra manusia Yesus waktu dibap-tis Yohanes Mat 3:16-17. Ini juga ter-jadi waktu Dia turun bagi Musa dan umat Israel dalam Kel 19:16,19. Tetapi juga pada waktu Allah turun meng-hukum orang2 jahat yang melebihi batas, misalnya dalam zaman Nuh, Lot,perang Harmagedon, maka iblis, Antikris dan semua tentaranya dihu-kumkan dengan dahsyat.

 

1b. sehingga gunung2 meleleh di hadapan hadirat-Mu.

Allah itu maha kuasa, kalau Ia turun di tengah2 manusia, mereka tidak akan tahan. Sedangkan Musa saja, seorang manusia yang tinggal dalam hadirat Tuhan 40 hari 40 malam, orang2 Israel sudah tidak tahan dalam hadirat Musa Kel 34:29-35. Juga gunung2 itu bergem-pa, berapi, berasap, petir dll waktu Tu-han turun bertemu Musa secara har-fiah sampai Israel takut. Kel 19:16-18. Bagi kita lebih banyak berarti secara

rohani, yaitu Tuhan menghancurkan musuh yang sehebat gunungpun akan meleleh di hadapan Tuhan. Sebab itu jangan kita takut.

Juga gunung2 yaitu kepala binatang Antikris, yaitu kuasa dan pekerjaan Antikris dalam Wah 17:9, itu akan han-cur, meleleh oleh kuasa Tuhan Yesus waktu turun mengalahkannya. Jangan takut, tetapi sungguh2 harus berdiri benar di hadapan Allah dan lekat de-ngan Allah Yoh 15:4; 6:56.

 

YES 64:2. ALLAH NYATA DI HADAPAN MUSUH UMAT-NYA.

 

2a. Seperti api yang menyalakan ranting.

Ini pernah dialami Musa waktu sedang menggembalakan domba2 Yitro mer-tuanya Kel 3:2-3. Memang Allah itu dahsyat, baik secara jasmani atau rohani, tetapi untuk orang2Nya sendiri, tidak berbahaya sekalipun Allah itu seperti api, justru itu menyucikannya dan memperlengkapinya dengan kuasa Allah.

Tetapi untuk orang2 yang melawan Allah dalam dosa2nya, itu dahsyat sebab Allah itu adil dan maha kuasa! Kita lihat misalnya waktu Firaun mau menghancurkan Israel yang dibawa keluar oleh Allah, Mesir dihajar habis2-an dan juga Firaun dan tentaranya sehingga mereka mati dalam laut Merah. Kedahsyatan itu puncaknya pada akhir zaman, waktu musuh ha-bis2an melawan GerejaNya, tetapi orang2 beriman yang di pihak Allah akan dibela dan musuhNya dibakar habis, sebab Allah itu seperti api bagi mereka 2Tes 1:8, Ul 4:24, misalnya 250 orang yang membawa pedupaan tem-baga, juga Nadab dan Abihu Bil 16:35, Im 10:2. Orang yang tidak takut akan Allah dan berbuat dosa melawan Dia akan dibinasakan, bahkan terakhir masuk dalam Tasik Api.

 

2b. dan api yang membuat air mendidih.

Tidak ada ayat lainnya tentang hal ini. Air mendidih sehingga lenyap jadi uap, tetapi tetap ada sebagai uap. Begitu manusia yang mati se-olah2 sudah tidak ada, tetapi ia tetap ada dalam dunia roh menghadap pengadilan Allah Ibr 9:27. Takutlah akan Allah yang me-nentukan mati hidup seseorang dan menghukum sesuai dengan perbuat-annya. 1Sam 2:6, Wah 22:12. Allah itu adil, semua orang berdosa akan me-nanggung hukuman dosa2nya. Berba-hagialah orang yang sudah diampuni dan dilepaskan dari dosa.

 

2c. untuk membuat namaMu dikenal oleh musuh2Mu, sehingga bangsa2 gemetaran di hadapan hadiratMu.

Semua orang akan mengenal dan mengakui bahkan juga musuh2Nya bertekuk lutut akan nama Tuhan Pil 2:10,11. Firaun kenal nama Tuhan, dia tahu hebatnya Allah, tetapi tidak mau bertobat, sebab itu ia binasa, juga Beltsyasar. Tetapi Nebukadnezar ber-tobat, dia menyembah Tuhan dan diampuni.

Nyata benar bedanya antara 3 pa-sukan tentara yang dikirim raja Israel (Ahazia) untuk menangkap nabi Elia. Semua dibinasakan dengan api yang turun dari langit yaitu pasukan I dan II, tetapi pasukan yang III mengakui nama Tuhan dan mohon ampun dan ke-murahan Tuhan sehingga api tidak turun dan mereka tidak binasa 2Raj 1:20-22. Tetapi orang yang sadar, me-ngerti dan hidup benar, takut akan Allah dan melakukan kehendakNya akan sangat diberkati, bahkan sampai kekal.

Sebab itu takutlah akan Allah di ma-na saja, dalam hal apa saja dan kapan saja bahkan sampai dalam angan2 dan pikiranpun dalam masa lalu, sekarang dan cita2 yang akan datang, yang belum tentu bisa dikerjakan, tetaplah suci dan berkenan pada Tuhan. Kita dituntut untuk tetap dalam kesucian dan taat akan kehendak Tuhan.

Allah itu baik dan cinta, sebetulnya semua itu mudah dan sederhana asal mau hidup dalam kesucian (dengan pertolongan kuasa Allah) dan taat pada Tuhan, (Firman Tuhan), tidak melawan, maka hidup akan bahagia di dunia sam-pai kekal.

 

YES 64:3. ALLAH MELAKUKAN HAL2 YANG DAHSYAT.

 

3a. Ketika Engkau melakukan hal2 yang dahsyat yang tidak kami harapkan.

Allah itu adil, selalu ada 2 macam hal dahsyat yaitu yang baik dan yang jahat. Hal2 yang dahsyat itu biasanya untuk orang2 yang ekstra jahat dan ekstra baik di hadapan Allah, masing2 dapat akibat2 yang dahsyat sesuai dengan perbuatannya.

Sebab itu kalau kita sungguh2 taat dengan tulus dan sesuai Firman Tuhan, jangan takut, meskipun tidak diharap-kan, Tuhan bisa beri hal2 dahsyat yang indah2. Berapa derajat kedahsyatan keindahannya, itu pasti cocok dengan perbuatan kita. Jangan takut atau kuatir. Sebab itu hiduplah berkenan sungguh2 pada Tuhan.

Orang2 yang jahat di hadapan Allah, pasti akan dapat hukumannya pada waktunya, apalagi yang sudah kenal Tuhan dan undur, itu menjadi lebih jahat Mat 12:45, 2Pet 2:21.

Nuh sekeluarga itu taat, kagum akan cara2 Allah yang luar biasa, mereka bisa berhasil membuat kapal besar tanpa pengalaman dan kepin-taran, juga datangnya segala macam binatang2 buas dan jinak dengan keadaan jinak semua dst, luar biasa. Juga Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf dst limpah dengan hal2 dahsyat yang indah yang tidak terpikir dari Tuhan.

Sebaliknya juga hal2 dahsyat dari orang2 yang melawan Allah, mereka juga menuai hukuman yang dahsyat, juga orang2 yang dijahati juga heran2 akan nasib celaka dari orang2 yang melawan Allah, sehingga jadi belas kasihan seperti Musa, misalnya dalam zaman Nuh, Lot, orang2 yang memu-suhi Musa, orang2 yang sombong se-perti Efraim (Hak 12:1,6 hukuman orang sombong ini sangat dahsyat!) juga Absalom, Saul, Achitofel, bahkan setiap orang yang berbuat dosa lebih dahsyat, juga dapat hukuman yang setimpal meskipun kita tidak tahu, hukum Allah yang adil berlaku untuk setiap orang. Takutlah akan Allah Ams 16:6b.

 

3b. Engkau turun, maka gunung2 meleleh di hadapan hadiratMu.

Ini sama seperti ayat 1. Jangan takut, halangan atau musuh, siapapun tidak akan bisa tahan melawan Tuhan. Jangan kita hadapi sendiri, biar Tuhan yang berperang ganti kita Kel 14:14, tetapi kita harus tertib, taat akan hukum2 Tuhan, jangan bersalah pada Tuhan, maka Tuhan yang adil dan kasih akan menolong kita melenyapkan gu-nung kesukaran dan hal2 dahsyat yang hendak menyerang kita.

 

YES 64:4. ALLAH MENYEDIAKAN BAGI ORANG YANG MENUNGGUNYA.

 

4a. Karena sejak dari permulaan dunia.

Allah tidak berubah, dari permulaan sampai akhir dunia ini, Ibr 13:8. Begitu mudah, sederhana, tetapi ajaib Allah kita. sebab itu kita juga jangan ber-ubah, tetap setia dalam kesucianNya melakukan kehendak Tuhan, pasti Tu-han sanggup menyelamatkan kita sam-pai ke akhir Ibr 7:25 dan menyediakan rencana2 Allah yang luar biasa.

Jangan berubah menjadi kedaging-an Gal 3:3-4, lebih2 karena ditipu dan dijerat oleh dunia, daging dan setan, sebab tidak ber-jaga2 Mat 26:41. Ja-ngan bodoh! Tuhan itu luar biasa, ajaib dan maha kuasa, semua FirmanNya pasti terjadi tanpa pengecualian.

 

4b. Orang tidak pernah mendengar atau mengerti, juga tidak pernah melihat dengan matanya.

Kita manusia ini terbatas, baik apa yang kita dengar dan lihat (baca), padahal dengan mendengar atau melihat cerita atau rekaman, kita bisa melihat 1000 kali lebih banyak dari yang kita lihat langsung. Ini luar biasa, tetapi yang lebih indah dan lebih heran dari semua ini (lebih dari 1000 kali, sebab tidak pernah bisa didengar atau dilihat), Tuhan bisa menyediakan hal2 yang heran ituuntuk orang2 yang cinta Tuhan. 1Kor 2:9.

Dunia kita ini sekalipun dalam angan2 dan mimpi2 masih sangat ter-batas (dalam angan2 bisa memeluk gunung dan menggantungkan cita2 di bintang2), tetapi Tuhan bisa melakukan hal2 yang jauh lebih besar bagi orang yang cinta Tuhan 1Kor 2:9. Luar biasa. Lebih tinggi dari semua angan2 dan pikiran manusia, sebab memang Allah dan pikiranNya itu jauh lebih tinggi dari pikiran manusia Yes 55:8-9.

Sebab itu berusahalah ekstra lebih keras untuk berkenan pada Tuhan, pasti untungnya ber-juta2 kali lebih besar.

Seringkali ketaatan dan kesetiaan orang Kristen lebih kecil dibandingkan cara jasmani (misalnya setia di rumah bapa2, banyak orang meninggalkan ru-mah bapa2nya, padahal di dunia tidak ada orang pindah rumah bapanya secara jasmani). Korbannya lebih kecil, tetapi hasilnya jauh lebih besar untuk orang beriman dibandingkan dengan orang2 jasmani.

Jadi hasilnya secara rohani itu jauh lebih besar, ber-juta2 kali lebih banyak dari hasil yang paling besar  secara duniawi, sebab itu jangan tertipu oleh iblis, jangan tukar kemuliaan kekal dengan kesukaan dosa yang sesaat.

 

 

 

4c. O Allah, selain Engkau, apa yang Engkau sediakan bagi mereka yang menunggu Engkau.

Orang menunggu Tuhan itu bisa cepat bisa lama seperti Abraham, Yusuf, Daud dsb. Tetapi Tuhan tidak pernah terlambat atau salah perhitungan. Un-tuk menjadi tukang batu dan insinyur, pendidikannya berbeda, itu tidak nga-wur. Lebih2 Tuhan, Tuhan beri pen-didikan panjang kalau Ia melihat kita sanggup. Sebab itu jangan kecewa menunggu Tuhan. Lebih lama kita menunggu dengan betul, tetap dalam kesucian dan tumbuh, tetap berkenan pada Tuhan, itu berarti ada rencana Allah yang lebih besar yang dirancang-kan Tuhan bagi kita! Jangan kecil hati, sekalipun menderita.

Jangan buat masa menunggu kita jadi sia2 dan hilang artinya dengan ber-sungut2 berdosa apalagi melawan dan berontak kepada Tuhan. Semua masa2 pengolahan itu tidak lulus, jadi sia2. Kalau lulus hasilnya indah sekali seperti Yusuf, Daud dll.

Mengapa banyak orang Kristen bosan dan tidak ada yang indah2 dalam hidupnya? Sebab tidak sungguh2 sepenuh hati ikut Tuhan, sehingga tidak bisa menunggu Tuhan lebih lama. Baru menunggu sebentar, sudah ber-su-ngut2 dan marah. Sebab itu tidak ada hal2 ekstra yang indah, tidak ada pertumbuhan rohani, padahal Tuhan sediakan banyak hal2 ekstra yang indah dalam rencana-Nya bagi setiap anak2 Allah, dengan tidak mem-beda2kan orang Rom 2:11. Jangan berhenti berusaha menggenapkan bagian kita, taat, dengan limpah dengan tekun dan setia.

Allah akan mengerjakan bagianNya dengan tepat bagi kita, malah biasanya selalu ada tambahan, ekstra Mat 13:12. Jangan pusing untuk jadi indah, penuh kuasa dan pengurapan, penuh dengan berkat dan kesukaan, tetapi yang penting tekun dan tahan pikul salib yang lebih besar, setia, tumbuh dalam kesucian dengan taat. Semua bagian kita, kita lakukan se-kuat2nya, nanti Tuhan akan mengangkat kita, itu ba-gian Tuhan 2Sam 5;12, 1Sam 2:7-8. Jangan berebutan kedudukan atau kemasyuran, atau kemuliaan dunia ini. Jangan merebut tempat2 yang tinggi, akan timbul banyak keributan dan masalah yang bisa menghasilkan kejatuhan dan kepahitan. Tetapi kalau kita berusaha bekerja mati2an (apalagi di tempat sembunyi) habis2an dengan penuh pengorbanan dan penyerahan, nanti upahnya, hasilnya, Tuhan sendiri yang menambahkan! (Di dunia orang harus cerdik, sebab banyak orang yang jahat dan sangat lihai, merebut dan merampas hasil orang lain. Sebab itu orang menghalalkan segala cara dengan lihai supaya dapat bagian yang paling banyak). Tetapi di dalam Tuhan tidak perlu cerdik  terhadap Allah, sebab Allah tidak pernah salah lihat, salah nilai atau salah hitung. Cukup kita kerja keras, melakukan dengan segala kekuatan kita habis2an, nanti Tuhan yang akan memberi dengan adil, tepat pada waktunya. Kalau Tuhan yang memberi, itu akan datang dan akan sampai dalam tangan kita Ul 28:2. Dengan Tuhan tidak perlu be-rebut2an dan ber-lomba2 untuk mengambil pa-hala dan kemuliaan kita, Tuhan tidak pernah salah membagi, menghitung dan memberikannya, perhitungan Tu-han sangat tepat dan indah dan pasti sampai di dalam tangan kita! Tidak perlu be-rebut2an dan menghalalkan segala cara.

Sebaliknya semua kejahatan, seka-lipun tersembunyi dan terancang rapi, akan dibongkar Allah dan kena hukum-an yang tepat dan dahsayt! Pasti da-tang waktu penghukumannya lambat atau cepat menurut ukuran yang tepat (termasuk masih ada kemurahan Tuhan dan Tuhan juga tahu lebih dahulu). Takutlah pada Allah.

 

KESIMPULAN.

Allah itu luar biasa, Dia tahu dengan tepat yang baik dan yang jahat dan semua pasti akan menerima sesuai dengan perbuatan dan hatinya, baik yang tampak juga yang tersembunyi, bahkan yang masih dalam pikirannya juga masuk dalam perhitungan Ams 23:7, Rom 14:12; 2:16, Wah 22:12.

Orang yang mengerti rahasia ini akan sungguh2 hidup bagi Allah tanpa menunggu atau mengharap pahala, hadiah, diangkat dll. Pasti Tuhan memberikannya. Miliki rahasia iman dalam perasaan hati yang suci, dengan Tuhan 1Tim 3:9. Perkara2 yang kita buat untuk Tuhan dengan pengorbanan yang besar, meskipun tidak diketahui orang, jadi rahasia iman kita pada Tuhan, pasti ada penuaiannya. Juga sikap kita pada saudara2 seiman dan orang dunia dengan tulus dan kasih. Kalau mereka tidak mau tahu pengorbanan kita bagi mereka, kita tidak kecewa, tidak mengharapkan pembalasan dari mereka, tetapi dari Tuhan. Jangan kecewa sekalipun susu dibalas empedu. Kasihani mereka se-bab hukumannya juga dahsyat. Jadi baik kepada Allah dan kepada manusia (lebih2 suami-istri), kita harus tulus dan sungguh2 benar dan kasih, meskipun pada manusia (bukan pada Allah), tetapi pada manusia juga harus cerdik Mat 10:16, sebab banyaknya orang yang jahat, keji, kejam dan pengkhianat seperti Yudas! Namun, tetapi tulus, dipimpin Roh.

Tetapi kepada Allah dan dalam per-sekutuan Roh, kita sama2 berbuat yang terbaik, sebanyak mungkin, seindah mungkin, berkenan pada Tuhan.

 

Nyanyian:

O Tuhan saja yang tahu 2x

  1. Segala keperluan kubuat

badan jiwa roh,

  1. Sgala yang kuperbuat untuk

dan karna Tuhan

itu rahasia iman kami.

O Tuhan saja yang tahu.