YS337 – YESAYA 63:7-14. KEMURAHAN TUHAN BAGI UMATNYA

YES 63:8. TUHAN JURU SELAMAT DAN UMATNYA YANG TIDAK BERDUSTA. (ayat 7 sudah dijelaskan).

8a. Karena Ia berkata, sesungguhnya mereka adalah umatKu, anak2 yang tidak akan berdusta.

Oleh penebusan Kristus, masing2 kita menjadi anak2 Allah (Yoh 1:12) dan ber-sama2 kita menjadi umat Tuhan bahkan tubuh Kristus. Kita lepas dari hidup lama, yaitu anak2 iblis, berubah menjadi anak2 Allah Kol 1:13, Luk 11:20. Kita lepas dari hidup yang lama 2Kor 5:17 dan tidak lagi berdusta, bisa hidup benar, dalam terang Mat 5:37. Dusta adalah tabiat atau tanda khas iblis sebagai bapak pembohong Yoh 12:48. Kita bebas dari dusta langsung atau pura2, dusta yang disembunyikan di hadapan manusia, lebih2 di hadapan Allah, sehingga kita selalu benar di ha-dapan Allah, sekarang sampai ke akhir (MAK DSY), sampai masuk dalam kera-jaan kebenaran yang kekal yaitu Surga, rumah Bapa. Biar kita tetap bersekutu dalam pimpinan Roh Kudus dalam ke-jujuran, dengan kesucian dan kasih Allah, maka kita ber-sama2 akan tum-buh dengan kekuatan yang makin besar dalam pimpinan Roh Kudus.

8b. Begitulah Dia adalah Juru selamat mereka.

Tuhan Yesus adalah Juru selamat kita Yoh 4:42, Kis 5:31; 13:23. Menyela-matkan secara jasmani (dalam Wasiat Lama) dan juga yang terutama, juru se-lamat jiwa kita untuk kekal. Lepas dari dosa dan ikatannya sehingga hidup ba-ru dan tumbuh terus sampai sama se-perti Kristus. Dalam Wasiat Lama ini terselubung, tetapi sekarang jelas sekali. Luk 2:11.

 

YES 63:9. DIA MENDERITA UNTUK KITA.

9a. Di dalam segala penderitaan mereka, Ia sudah menderita dan malaikat hadiratNya menyelamatkan mereka.

Tuhan sudah menderita, menanggung dosa kita, menebus kita dari segala do-sa2 dan penderitaan kita dan sudah lunas di salib Golgotha Yoh 19:30.

Apa artinya? Dia sudah menebus kita dan mendapatkankemenangan yg sempurna untuk kita pakai! Putra manusia Yesus tidak menderita untuk diriNya sendiri, tetapi justru untuk kita, jadi kemenangan untuk kita. Terima dan pakai dengan iman.

Malaikat hadiratNya.

Ada orang berkata malaikat2 Tuhan mengelilingi rumahnya dan ia selamat. Ini adalah malaikat hadirat Tuhan yang dikirim Tuhan untuk melayani umatNya yang ada di dalam hadirat Tuhan; pasti ada pertolongan dari Tuhan dengan ber-macam2 cara.

9b. Dalam kasihNya dan belas kasihanNya, Ia menebus mereka.

Jelas, Ia sudah mati untuk kita. Kita harus bisa menjadi pemenang sebab sudah lunas dibayar.

 

Bagaimana caranya?

  1. Mengerti, bahwa:

1.1. Kita sudah ditebus jadi baru, bukan orang lama lagi.

1.2. Semua pencobaan yang datang pada kita tidak kebetulan 1Kor 10:13.

  1. Kita menerima dengan iman segala kuasa dan kemenangan dari Tuhan. Mat 8:13. Semua janji2 Firman Tuhan jadi ya di dalam Dia dengan iman oleh kami 2Kor 1:20. Percayalah dan terima dengan iman.
  2. Tetap dalam Dia, seperti carang dalam pokok Yoh 15:4,5, jadi satu, bukan kita lagi, tetapi seperti Kristus Pil 1:21.

Dengan demikian kita bisa memakai kemenangan Kristus untuk semua problem2 kita!

9c. Dan Ia menanggung mereka dan memikul mereka sepanjang zaman dahulu.

Telah terbukti Tuhan sudah memikul (TB: menggendong) umatNya seperti di atas burung Nazar (rajawali) Kel 19:4 didatangkan sampai kepadaNya, pada tahtaNya. Bukan saja ditebus dari ta-ngan iblis, dari hidup  lama, tetapi juga dengan satu maksud untuk ditolong, di-pikul sampai datang kepadaNya, sam-pai menjadi sempurna sama seperti Kristus. Kita pasti menang dan bertum-buh, asal kita mau terus lekat kepa-daNya, hidup dengan iman dalam pim-pinan Roh dan mengerti kehendakNya dalam Firman Tuhan. Sebab itu dalam penderitaan apapun (Pil 1:29) jangan sedih, kita pasti bisa menang, sebab Tuhan sudah menang untuk kita, asal percaya dan taat, tidak tergantung dari kekuatan atau keadaan kita.

 

YES 63:10-13. DITINGGALKAN TUHAN?

 

YES 63:10. JANGAN BERONTAK, MENJADI MUSUH.

10a. Tetapi mereka berontak dan mendukakan Roh KudusNya.

Umat Tuhan begitu mudah berontak dan melawan, mendukakan hati Allah yang begitu kasih dan murah. Menga-pa? Manusia adalah mahluk bebas yg ditaruh dalam “sekolah” atau peng-olahan di dunia (dalam hidup ini) su-paya teruji dan tumbuh terus sampai menjadi mulia seperti Kristus. Sebab itu iblis dibiarkan menggoda dan meng-ganggu seperti ular boleh masuk taman Eden menggoda Hawa Kej 3. Orang yg buta (2Kor 4:4) sebab tidak percaya, pasti gugur. Tetapi orang yang percaya pasti bisa menang asal mau! Jangan menuruti segala tipu daya iblis dan daging, tetapi lawan, apalagi dengan Tuhan serta tubuh Kristus (saling mena-sehati, menolong dan menguatkan), kita pasti menang asal percaya dan mau. Jangan ragu2. Hadapi, dalam se-gala macam pencobaan, jangan sampai gugur sehingga berdosa.  Tetapi kalau tidak mau taat, berontak, lebih2 karena ditipu iblis, itu mendukakan Tuhan! Percayalah, jangan bimbang. Kita harus mengerti bahwa percaya dan taat itu memperkenankan Tuhan Kol 1:10, te-tapi percaya dan tidak mau taat, mela-wan, itu mendukacitakan Tuhan dan akan menjadi musuhNya.

10b. Sebab itu Ia berbalik menjadi musuh mereka dan Ia berperang melawan mereka.

Sebab itu tidak semua orang beriman itu hidupnya senang. Sebab Tuhan menuntut kita untuk taat, tetapi yang tidak mau justru menjadi musuh Tu-han, Tuhan berperang dengan dia, dahsyat! Ikut Tuhan tidak bisa netral, harus ambil keputusan untuk taat atau berontak. Ada macam2 alasan untuk bersikap netral, atau pura2 taat, itu akan membawa akibat besar. Orang yang netral akan:

  1. Hanyut dalam dosa.
  2. Orang netral itu punya keinginan un-tuk mendua, masih ada keinginan ke-dagingan atau dosa, Tuhan tahu. Ini netral atau suam, akan diludahkan Tuhan keluar Wah 3:16.
  3. Jadi musuh Allah, diperangi Allah, itu sangat dahsyat! Siapa merasa kuat, siapa berani jadi musuh Allah? 1Kor 10:22.

Jadi Kristen itu paling sedikit +5 atau -5, tidak bisa +1 atau o, itu suam, dibuang Tuhan, menjadi musuh Allah. Tidak bisa di tengah2, atau ke atas, atau ke bawah, jadi kekasih atau mu-suh, tidak bisa mendua, plin plan, suam, netral, ini semua pura2 bagi Tu-han. Harus se-penuh2nya bagi Tuhan, buang semua dosa dan keinginan yang salah, jangan plin plan. Orang beriman itu ditolong atau dilawan, dibela atau diperangi oleh Tuhan, tergantung sikap masing2. Tidak bisa ikut2an pasti nasib jelek, harus full heart ikut Tuhan, ja-ngan kurang, itu akan diperangi seperti Israel dan runtuh, habis! Ini bukti besar menjadi nasehat dan pelajaran bagi kita 1Kor 10:11-12. Berapa banyak orang Kristen yang malang seperti ini. Kita masuk golongan yang mana. Kalau sungguh (tidak dusta, pura2) pasti untung ikut Tuhan Yesus.

 

YES 63:11. DIMANAKAH DIA?

11a. Lalu teringatlah Ia akan zaman dahulu, Musa dan umatNya.

Ini seperti bicara dengan cara manusia (misalnya Adam-Hawa di mana eng-kau? Kej 3:9) padahal Tuhan tahu tepat di mana mereka. Juga disini Tuhan ingat dengan sempurna semua yang la-lu, bukan hanya Musa dan umatNya, semua Dia ingat. Tetapi yang sudah dihapus dengan darahNya, dilupakan, kecuali ia berdosa lagi, atau tidak mengampuni orang lain, dosanya timbul kembali Mat 18:34,35; 6:15. Apalagi dosa2 yang belum dibereskan, tetap menyala di hadapan Tuhan, bereskan semua, hari ini Ibr 3:15.

11b. Katanya, dimanakah Dia yang membawa mereka keluar dari lautan, dengan gembala2 dari kawanan dombaNya.

Kalau Tuhan memimpin, itu selalu luar biasa. Hanya Israel yang tidak tahu diri, tidak tahu berterima kasih. Setiap lang-kah mereka keluar dari Mesiritu dipim-pin Tuhan, bahkan dengan mujizat.  Dua juta orang lewat padang gurun, itu hanya mungkin kalau disertai Tuhan. Baik tubuhnya (perlu makan), cuaca, sikon, musuh2nya dll, termasuk Laut Merah, semua dilewati dengan kuasa Allah yang luar biasa.

Hidup kita ini terpelihara oleh Tu-han Yesus. Jangan bodoh sehingga ti-dak tahu bersyukur selalu. Ada banyak bukti dan kesaksian yang membuktikan hal ini. Kadang2 tidak jelas bedanya dengan orang dunia, sebab orang dunia juga terima kemurahan Tuhan Mat 5:45. Coba terpisah seperti waktu Me-sir kena bala2 Allah, baru tampak be-danya dengan Israel. Itu akan terjadi dalam hari2 yang akan datang, lebih2 dalam bala2 terakhir (Meterai, Sang-kakala yang juga dihadapi Gereja Tu-han, yang bersedia).

Bersyukurlah selalu, minta Tuhan tolong, jangan takut seperti hamba Elisa 2Raj 6:16 dan jangan tidak tahu berterimakasih dan ber-sungut2 seperti orang Israel di padang gurun. 1Kor 10:10, Bil 14:22.

11c. Dimanakah Dia yang menaruh Roh Kudusnya di dalam mereka?

Roh Kudus itu maha luar biasa sebab Dia Allah. Kalau Allah diperbantukan pada kita, itu ber-lebih2an, tetapi itu yang dibuat Tuhan! Dia ditaruh di dalam kita, luar biasa! Yoh 14:16.Tetapi heran, tidak semua berhasil. Mengapa? Sebab Roh Kudus tidak memaksa dan manusia berhak memilih Saul, Simson, Salomo adalah orang2 yang gagal seka-lipun disertai Roh Kudus, sebab berke-ras hati dalam kehendak dagingnya. Sayang Saul tidak bertobat pada akhirnya dan binasa dalam bunuh diri. Dengan Roh Kudus keadaan makin terpolarisasi. Kalau sebelumnya +5 dan -5, dengan Roh Kudus bisa jadi +10 atau -10 sebab dengan Roh Kudus itu luar biasa Zak 4:6, tetapi yang melawan Roh Kudus, itu lebih dahsyat lagi, sam-pai bisa masuk taraf tiada ampun Mat 12:31. Orang yang mulai dalam Roh, berakhir dengan daging Gal 3:3 itu sangat celaka, lebih daripada orang yang belum mengenal Tuhan 2Pet 2:21. Tuhan Yesus tidak ada lagi dalam ha-tinya! Jangan main2 dengan Roh Ku-dus, harus hidup benar dan taat supaya jangan mendukacitakan Roh Kudus dan jangan sampai melawan dan meng-hojat Roh.

YES 63:12. PENYERTAAN ALLAH LEWAT MUSA.

12a. Yang memimpin mereka dengan tangan kanan Musa.

Israel punya Musa, Tuhan punya ba-nyak gembala2 yang baik (ayat 11) yang mau menggembalakan dengan cinta Yoh 21:15-17. Kalau mau kita bisa menjadi seperti Musa, apalagi yang sa-dar akan pelayanannya sebagai gem-bala kecil/ besar.

Banyak orangtua yang menjadi Musa bagi anak2nya, dengan cinta dan pengertian dan kuasa menggemba-lakan anak2nya sehingga “menjadi orang”, jadi orang yang dewasa rohani dan bisa pelayanan sampai ber-buah2. Juga gembala2 yang sedang bertugas, jangan jadi gembala upahan itu jahat di hadapan Tuhan Yoh 10:13, tetapi ja-dilah seperti Musa dalam kesucian dan kasih menggembalakan jiwa2. Gembala upahan tidak peduli akan domba2 Tu-han yang dibebankan atasnya, wai, Tuhan akan marah padanya Yez 44:1-6,10. Dipecat oleh Tuhan dan tentu larinya ke Neraka, dahsyat! Tetapi gem-bala2 yang cinta Tuhan, cinta domba2, dan penuh tanggungjawab akan kesela-matan jiwanya Ibr 13:17, satu kali akan mendapat mahkota kemuliaan dari Tuhan Yesus Gembala Agung. Jadilah gembala2 yang berkenan pada Tuhan, jangan gembala upahan, itu celaka!

12b. Dengan tangan yang mulia, memecahkan air di hadapan mereka, untuk membuat bagi diriNya sendiri nama yang kekal.

Gembala2 yang baik, yang melayani dengan cinta, Tuhan pasti akan me-nyertainya dengan tanda2 dan mujizat seperti Musa sehingga banyak perto-longan Tuhan disalurkan pada domba2 Tuhan dalam penggembalaannya. Muji-zat yang dibuat Musa untuk Israel itu tidak terbilang banyaknya, luar biasa. Jangan cari nama dan kepujian, kem-balikan semua kepujian pada Tuhan Yoh 3:30, maka Tuhan akan menyertai gembala2 yang tulus dan cinta dengan banyak tanda dan mujizat, dengan hik-mat dan kuasa, sebab Tuhan berkenan kepadanya! Perhatikan syarat2 gemba-la yang baik, tulus, cinta dan mengem-balikan segala pujian kepada Tuhan yang berhak Yes 42:8.

YES 63:8. LEWAT TUBIR SEPERTI PADANG GURUN.

13a. Yang memimpin mereka melalui tubir (kedalaman lautan) seperti kuda dalam padang gurun, supaya mereka jangan sampai terserandung.

Ini mujizat laut Kolsom (sungai Yordan lebih dangkal). Sesudah 40 tahun orang2 Kanani di Yerikho ingat dan ge-metar Yus 2:10 (1-11). Ini orang2 gene-rasi kedua (perempuan sundal biasanya muda). Ini mujizat yang menggetarkan seluruh Kanaan. Orang Israel bisa lewat lautan seperti di padang gurun sebe-lumnya, tidak ada kesukaran, langsung mereka menyeberang semuanya, di-ikuti tentara orang Mesir, tetapi mere-ka tenggelam di dalamnya. Orang Israel seperti kuda di jalan rata tidak ada yang terserandung. Gembala2 yang baik akan menggembalakan domba2-nya dengan kuasa Allah yang kecil, sedang atau besar, tergantung dari si gembala, sehingga bisa timbul perkara2 yang sangat besar, asal sungguh2 menggembalakan dengan tulus, kasih, bukan sebagai gembala upahan dan memuliakan Tuhan, bukan mencari nama atau kepujian sendiri!

Jangan ragu2, berdoalah. Tuhan ingin menyalurkanhikmat, kuasa, se-mua kemampuanNya untuk siapa saja yang memenuhi syarat, supaya banyak jiwa2 diselamatkan, apalagi pada akhir zaman ini. Tuhan bisa menyembuhkan, Tuhan bisa memberi nafkah, Tuhan bisa memberi jodoh, bisa memberi hik-mat, sukses jasmani dan lebih dari itu perkara2 dari Atas, asal kita menjadi penyalur atau bendahara atau gembala yang setia, dengan tulus, kasih dan ti-dak mencuri kemuliaan Tuhan. Rin-dulah dipakai Tuhan untuk menyela-matkan dan menumbuhkan jiwa2, de-ngan memenuhi syarat2 yang betul. Tuhan mencari pekerja2 yang bisa dipercayai perkara2 besar Mat 9:37-38. Sungguh2lah dalam pelayanan yang sudah ada dan mereka yang belum ikut dalam pelayanan, ikutlah melayani dengan tulus, kasih dan rendah hati!

YES 63:14. PERHENTIAN ROH KUDUS DAN KEMULIAAN NAMA TUHAN.

14a. Seperti binatang turun di dalam lembah, Roh Tuhan menyebabkannya beristirahat.

Dalam Terjemahan Lama disebut bina-tang muatan, sebab kalau binatang liar atau buas, tidak ada hubungannya dengan umatNya (dalam ayat 13: kuda).

Rupa2nya binatang ini lelah lalu turun ke lembah dan oleh Roh Kudus diberi perhentian. Ini perhentian dari Roh Kudus Yes 28:12. Tuhan memberi perhentian untuk kelelahan dalam banyak tanggungan berat. Mat 11:28-30. Kalau kita hidup tulus dan dengan kasih Kristus, kita bisa hidup lemah lembut, tidak kasar dan ganas, dan dengan rendah hati, maka kita bisa tetap sejahtera dalam memikul beban Tuhan. Selalu ada perhentian di dalam Tuhan. Kalau dipimpin Tuhan (lewat gembala2 yang baik seperti Musa) pasti ada perhentian dan tanda2 mujizat Tuhan.

14b. Begitulah Engkau memimpin umatMu untuk membuat nama yang mulia bagi diriMu.

Kalau Tuhan beserta kita, kita mau dipimpin terus oleh Firman Tuhan dan RohNya, maka dengan Tuhan kita akan melakukan perkara2 yang besar Maz 60:14. Ini dikehendaki Tuhan. Jangan minder, se-olah2 rendah hati. Tuhan kita terlalu besar dan maha kuasa, maha mulia. Sekalipun sedikit, kalau kita betul2 melakukan pelayanan de-ngan sungguh2, Tuhan akan nyata, itu sudah sangat besar dan mulia! Orang sederhana dan hina seperti Yefta bisa dipakai Tuhan dengan heran waktu ia mau taat. Juga Petrus nelayan seder-hana dipakai Tuhan dengan sangat ajaib, bahkan bayangannya menyem-buhkan, juga kain2 bekas Paulus me-nyembuhkan dan mengusir setan. Tuhan ingin kuasa dan NamaNya diper-muliakan supaya boleh menarik orang datang kepadaNya dan selamat Yoh 12:32. Beritakan dan permuliakan Nama dan kuasaNya, supaya banyak orang ditarik pada keselamatan dan bertumbuh. Jangan meninggikan nama sendiri, tetapi tinggikan nama Tuhan yang memang sudah maha mulia dari kekal sampai kekal. Jangan ragu2, berdoa dalam nama Tuhan Yesus Mrk 16:17-20, maka tanda2 akan menyer-tai, lebih2 dengan terus menggemba-lakan domba2 Tuhan dengan tulus dan kasih dan rendah hati, maka kuasa Tuhan akan nyata, juga mahkota kemu-liaan kita untuk kekal.

 

nyanyian:

Kerja buat Tuhan 2x

waktu dekat skali