YS336 – YESAYA 63:4-7. HARI PEMBALASAN DAN TAHUN PENEBUSAN

YES 63:4. RENCANA DAN JANJI TUHAN.

4a. Karena hari pembalasan ada dalam hatiKu.

Orang2 berdosa dan orang percaya tetapi tidak mau hidup dalam kesucian, tetap hidup dalam dosa atau jatuh ba-ngun dalam dosa, semua akan mene-rima pembalasan sesuai dengan per-buatannya Wah 22:12 Allah itu Hakim yang adil, Hakim bumi dan Hakim orang hidup dan orang mati. Sebab itu jangan hidup sia2 menurut daging, sekalipun sudah percaya Tuhan, tetap akan me-nuai buah2nya sesuai dengan per-buatannya. Apalagi orang yang sudah percaya dan lahir baru, itu sebetulnya dapat hidup suci, sebab ia sudah jadi baru, sudah mati lepas dari dosa, seharusnya bisa merdeka dari dosa. Tetapi kalau ia tidak mau hidup dalam kesucian, sebab bodoh atau tertipu segala kesukaan dosa sesaat, tetap hidup dalam dosa, maka ia akan kena hukuman Allah Mat 7:21. Orang dunia yang belum kenal Tuhan bisa berdosa, tetapi tidak dapat sampai puncak dosa seperti iblis yang sudah percaya pada Tuhan tetapi tetap melawan, tetap berdosa Yak 2:19. Tetapi orang2 beriman yang undur ini bisa menjadi jahat sekali dan berdosa sampai puncak seperti iblis, bisa menjadi Antikris. Sebab itu kita perlu beribadah dengan baik2 dansaling menasehati, supaya jangan sampai menjadi orang2 beriman yang undur dan jatuh dalam tangan setan, lalu memilih jalan Yudas. Peliharalah hidup dalam kesucian dalam pimpinan Roh Kudus.

 

4b. dan tahun dari orang2 tebusan-Ku datang.

Bagi orang tebusan yang tetap setia, apalagi yang terus meningkat selama hidupnya, semua akan sampai pada tahun penebusan, dimana orang2 te-busanNya mengalami penebusan yang lengkap yaitu tebus tubuh sesudah tebus roh (Rom 8:23) dan masuk dalam kesukaan dan kemuliaan Allah yang amat mulia dalam Perjamuan Malam Anak domba Allah di Surga, luar biasa sesudah Gereja masuk dalam kesem-purnaan, yaitu pada hari peng-angkatan. Pembalasan itu diputuskan dalam 1 hari, tetapi penebusan yang mulia itu berjalan ber-tahun2 yaitu dalam 3,5 tahun di Surga dalam Pesta Kawin Anak domba Allah.

Pembalasan bagi orang2 berdosa itu ditentukan dalam sekejab, dalam sehari yaitu:

  1. Pada waktu orang dosa mati, ia langsung dihukum masuk Neraka Ibr 9:27. Ini terjadi sepanjang sejarah, juga dalam Minggu ke-70 Daniel, orang2 yang mati dalam dosa langsung masuk Neraka.
  2. Antikris dan orang2nya pada perang Harmagedon, pada hari Tuhan Yesus dan orang2 suciNya turun memerangi Antikris dan golongannya, dalam hari itu juga Antikris dan nabi palsu di-lempar dalam Tasik api, orang2 yang ikut Antikris dibinasakan dan masuk neraka, iblis dan roh2 setan dima-sukkan dalam Sumur tanpa dasar Wah 19:20-21; 20:1-3.
  3. Di Tahta Putih yang Besar, semua orang berdosa dihukum dan dilempar dalam Tasik api untuk kekal. Semua keputusan untuk orang2 berdosa diker-jakan dengan seketika, pada hari itu juga. Tidak ada proses pengadilan yang berkepanjangan, sebab Allah mengadili dengan maha kuasa, maha tahu dan adil, langsung dalam sesaat untuk se-mua yang diadili, hukuman dijatuhkan bersamaan sekaligus.

Tetapi bagi orang2 tebusan, itu indah, itu terus langsung ber-tahun2, sejak pengangkatan dan itu berlaku untuk kekal. Kesukaan yang abadi bagi orang2 tebusan Tuhan.

 

YES 63:5. ORANG2 YANG TIDAK MENOLONG DAN MENDUKUNG.

 

5a. Dan Aku melihat dan tidak ada seorangpun yang menolong dan Aku heran bahwa tidak ada seorangpun yang mendukung.

Ini orang2 yang melawan penebusan Allah, mereka tidak setuju, bahkan menentangnya. Heran, mereka justru melawan karya Allah untuk menye-lamatkan dan mengangkat orang2 yang mau diselamatkan ini dalam rencana Allah yang sangat heran dan mulia. Aneh, ditolong dan diberi yang terbaik, mereka menolak, sebab matanya di-butakan oleh dusta iblis 2Kor 4:2, se-hingga memilih yang celaka dan menolak yang menyelamatkan! Ini orang2 buta yang dipimpin orang buta yang akan masuk dalam lubang dan binasa Mat 15:14; 23:15,24. Orang yang mau percaya pada Tuhan yesus itu untung besar. Jangan sampai ditipu oleh iblis sehingga melawan proyek Allah yang adalah keselamatan dan bahagia yang sesungguhnya. Proyek iblis adalah kebinasaan kekal dalam Neraka, sebab iblis itu pembohong dan pembunuh, penuh dengan segala macam dosa.

 

5b. Sebab itu tanganKu sendiri membawa keselamatan padaKu dan amarah Ku itu mendukungKu.

Tidak ada yang dapat menolong untuk menyelamatkan manusia. Sebab semua orang hidup dalam dosa. Tanpa Tuhan, semua orang dosa melawan Allah. Hanya Putra manusia Yesus yang bisa menebus dosa, sebab Dia adalah Anak domba Allah yang tidak bercacat cela yang dikorbankan untuk keselamatan kita. Tidak ada yang lain, semua sudah berdosa dan tidak ada yang bisa lepas dari hukuman dosa, apalagi mau mele-paskan orang lain dari dosa, tidak mungkin. Tetapi Putra manusia Yesus lahir dalam kesucian, bukan dari kehendak seorang laki2 Yoh 1:14, dan Iaterpelihara dalam kesucian Ibr 4:15 dan dapat menjadi Anak domba Allah yang tidak bercacat cela 1Pet 1:19 menjadi korban tebusan untuk kita. Hanya Dia seorang menjadi korban tebusan yang berkenan kepada Allah untuk dosa segenap manusia.

Mengapa Tuhan amarah? Sebab orang2 melawan kebenaran Allah, hi-dup dalam dosa, lebih2 orang beriman yang sudah mengerti kebenaran tetapi kemudian berbalik, itu lebih jahat lagi. Allah adalah Hakim yang adil, sebab itu orang yang hidup melawan kebenaran Allah harus dihukum, apalagi yang sudah tahu tetapi tetap melawan yang benar, itu lebih jahat lagi! Tetapi Allah cinta manusia selagi masih dalam dosa Rom 5:10, asal mau percaya dan bertobat, maka kasih dan kebaikanNya akan melimpah kepadanya. Tetapi mereka yang tetap dan terus melawan, mereka akan menuai hukuman yang kekal.

Amarah ini mendukungNya untuk mengambil tindakan yang sesuai de-ngan keadilan. Tetap jangan kita sendiri yang membalas. Pembalasan adalah urusan Tuhan dan Dia akan membalas dengan hebat dan adil, tanpa reaksi dosa seperti manusia Rom 12:19. Ja-ngan kita berkecil hati atau kecewa, sebab tidak boleh membalas, justru hukuman Tuhan itu jauh lebih dahsyat, hebat, tetap tanpa dosa. Kalau kita membalas itu sudah dosa dan selalu muncul ber-macam2 dosa, sebab itu tidak bisa adil. Kita harus cerdik menghadapi orang2 yang jahat, tetapi jangan bereaksi dosa Mat 10:16.

 

YES 63:6. HUKUMAN ALLAH YANG ADIL.

 

6a. Dan Aku akan menginjak bangsa2 dalam amarahKu dan membuat mereka mabuk dalam amarahKu.

Allah bisa marah tetapi tetap adil, Dia tidak mungkin berdosa! Dia marah terhadap orang2 yang berdosa, lebih2 yang sudah ditolong, sudah mengerti tetapi berbalik, pasti dihukum lebih dahsyat Luk 12:48. Bahkan sampai mereka mabuk dengan amarahnya. Mabuk berarti bereaksi hebat tanpa pengertian.

Begitulah orang2 ini sambil men-derita dalam hukuman Allah sambil marah dan menghojat Allah seperti dalam Wah 16:9,11,21. Orang yang sadar akan bertobat dan minta ampun seperti Yunus dalam perut ikan, tetapi orang2 ini sudah mabuk dan tidak minta ampun, tetapi justru menghojat Tuhan seperti iblis, yang tahu dan percaya akan Allah tetapi tetap me-lawan. Ini orang2 yang mabuk waktu kena hukuman Allah.Jangan mau ditipu iblis sedikit2, sebab makin lama akan percaya makin banyak dusta iblis seperti 2Tes 2:11-12. Orang yang per-caya dusta iblis yang kecil2, ternyata toh tidak apa2, lalu ia terus melakukan dosa yang besar2 seperti Simson yang akhirnya sangat tragis hidupnya.

Memang dengan dosa2 yang kecil, Allah se-olah2 membiarkan, bukan menghukum (Pkh 8:11) tetapi itu bukan berarti Allah setuju. Orang yang me-ngerti Firman Tuhan, lebih2 dalam pim-pinan Roh Kudus, tidak mau berbuat dosa sekalipun kecil. Kalau tahu itu tidak benar, tinggalkan, buang, le-paskan, jangan dilakukan, supaya jangan lama2, perasaan hatinya jadi tumpul sehingga berbuat dosa yang lebih besar, tetap sejahtera, sehingga orang itu tersesat Ams 14:16. Jangan bodoh dan mau ditipu iblis, tetapi taat dan peka akan suara dan pimpinan Roh Kudus.

 

6b. dan Aku akan menekan kekuatannya sampai ke bumi.

Kekuatannya (L,B: darahnya) habis sama sekali. Kekuatan untuk apa? Untuk melakukan yang baik sudah tidak ada kekuatan sama sekali. Orang yang undur dan melawan Tuhan, akhirnya sama sekali tidak ada lagi kekuatan untuk berbuat baik, untuk melakukan kebenaran, sehingga ia ditipu iblis dan diperalat iblis se-penuh2nya. Meskipun sudah tahu perbuatannya jahat, tidak adil, keji, tetapi tetap dilakukannya, seperti Saul, apa yang dahulu dihan-curkannya (misalnya dukun2) tetapi sekarang ia sendiri mencarinya. Juga Daud yang sudah dikenali seorang yang baik, yang membalas kejahatan dengan baik, tetapi Saul tetap mencarinya untuk membunuhnya, seperti orang buta atau mata gelap. Semua dosa dan kejahatan itu dimulai dari yang kecil. Sebab itu jangan beri tempat pada dosa2 meskipun kecil. Kalau sudah tahu itu dosa, dari permulaan dibuang, dilawan, sebab dosa akan terus ber-tambah2 (Ams 6:27-28), apalagi kalau sudah mata gelap, sekalipun dihukum seperti Uzia, Gehazi dll, mereka tidak bertobat sehingga hukumannya tetap berlaku sampai mati dan sampai kekal. Kalau kita peka dan teliti dalam kesucian dan membuang semua dosa, maka hidup kita akan berkenan pada Tuhan dan segala yang kita perbuat akan beruntung juga! Kol 1:10, Maz 1:3.

 

YES 63:7. TAHUN PENEBUSAN.

 

7a. Aku akan menyebutkan kasih kebaikan Tuhan dan kepujian Tuhan, sesuai dengan semua yang dianugerahkanNya kepada kita.

Bagi orang2 tebusan Tuhan yang me-makai kesempatan ini dengan baik (yaitu tetap hidup sebagai tebusan Tuhan yang suci dan taat akan Firman Tuhan. Orang2 tebusan pasti bisa hidup seperti ini kalau mau, sebab penebusan Tuhan itu luar biasa, kita sudah menjadi baru 2Kor 5:17, kita pasti bisa hidup suci, asal kita mau taat kepadaNya).

Kasih dan kebaikan Tuhan akan berlaku pada kita sehingga kepujian Tu-han selalu di-sebut2, sebab segala anugerahNya yang besar bagi kita umatNya. Anugerah Tuhan itu lebih dari cukup dan kemurahanNya lebih dari hidup Maz 63:4.

Tuhan itu memang sangat baik, sangat murah, lebih daripada yang bisa kita perkirakan, untuk orang2 tebus-anNya yang diangkat menjadi anak2-Nya Yoh 1:12. Tetaplah hidup dalam penebusanNya.

 

7b. dan segala kebaikanNya kepada rumah Israel.

Orang2 tebusanNya itu menjadi umat-Nya, menjadi bangsa Israel, umat pi-lihanNya 1Pet 1:9. Jangan sia2kan segala kebaikanNya yang besar dan mulia ini. Bukan hanya di dunia ini dijaga dan dipelihara Allah sebagai umatNya, tetapi terus sampai kekal dalam kerajaan Allah yang mulia penuh sukacita untuk kekal. Begitu besar kebaikan dan kemurahan Tuhan pada “anak angkat”, yang diangkat dari dosa dan kekejian, dilahirbarukan, menjadi anak2Nya yang suci dan mulia. Kepada umatNya ini dicurahkan oleh Allah segala kasih dan kebaikanNya dengan limpah. Luar biasa. Seharusnya umat Tuhan ini tahu diri dan hidup berkenan pada Tuhan, maka pasti hidupnya jadi sangat indah, mulia dan penuh sukacita sekalipun dalam dunia kita mengalami banyak pencobaan. Kita akan tetap menang. Ini tergantung dari kita, bukan saja untuk di dunia (sukacita dan nasib yang betul2 indah, terjamin oleh Allah), tetapi juga sampai kekal.

 

7c. Yang dianugerahkanNya kepada mereka sesuai dengan kemurahanNya dan sesuai dengan kelimpahan kasih kebaikanNya.

Tuhan itu maha besar, maha baik, maha kuasa dan kasih.Kalau Dia memberkati kita itu luar biasa, Ia dapat memberi dengan tidak terhingga. Teta-pi Ia membatasi berkatNya sesuai dengan kemampuan kita untuk mene-rimaNya. Kalau kita bisa menerima dan memakainya dengan baik serta me-muji2 Allah yang memang baik dan kasih, dan hidup berkenan kepadaNya bukan menuruti dusta iblis, maka Tuhan akan memberikan segala berkat rohani dan jasmani dengan limpah. Sebab itu tetaplah rendah hati dan tetap berkenan kepadaNya dalam segala segi hidup kita. Misalnya dalam harta, Tuhan memberi sangat minim pada Lazarus, pada Yusuf-Maria (yang harus memelihara Putra manusia Yesus dalam kesederhanaan) dll sampai yang paling kaya seperti Abraham, Daud, Salomo dsb. Allah sanggup, tergantung penuh dari kita (orang dunia men-dapatkannya tidak tergantung dari kesuciannya sebab mereka milik iblis 1Yoh 3:10). Begitu juga dalam segi2 hidup yang lain, misalnya kesehatan, umur, kepintaran, kedudukan dll, semua dalam kuasa Tuhan untuk mem-beri dan memeliharanya! Jangan ter-tipu oleh iblis, kekayaan dan keramain dunia,. logika kita, pengaruh pergaulan (+ pergaulan digital) dll! Kalau kita mengerti kebenaran Firman Tuhan, mau dipimpin Roh dan mahir mende-rita karena kebenaran sehingga tetap bisa hidup benar dalam segala hal 1Pet 4:1 (termasuk semua dalam 7 KPR), maka Tuhan akan bebas memberi kita dalam dunia ini, asalkan itu membuat kita makin mengasihi dan makin memperkenankan Tuhan serta bisa menjadi berkat bagi orang2 lain. Jangan cinta uang lalu itu menjadi tujuan atau sesembahan kita, itu ditipu iblis. Belajar berpada dan makin tumbuh dalam senang atau susah, kaya atau miskin, dihormati atau dihina, dalam segala perkara tetap cinta Tuhan dan berkenan pada Tuhan, maka kita akan mengalami hidup yang puas, manis, selalu cukup dan limpah dalam segala perkara, lebih2 dalam hal2 rohani. Pelihara penebusan dan keselamatan kita baik2 Pil 2:12 dan terus tumbuh makin seperti Kristus dan makin banyak menyelamatkan jiwa2 dan 3 angka kedatangan Tuhan, ini yang kekal Yes 66:22.

 

Nyanyian:

Seperti Yesus 2x

itu saja yang kupinta