YS335 -YESAYA 63:1-3. YANG DATANG DARI EDOM DAN BOZRA

KUNCI PENAFSIRAN.

Orang ini mengirik sendirian dalam apitan anggur sehingga bajunya ber-warna merah. Dan Dia ber-kata2 dalam kebenaran dan mempunyai kuasa un-tuk menyelamatkan dan untuk mem-balas. Hari pembalasan orang2 jahat itu ditentukan dalam hatinya, juga tahun dari orang2 tebusan-Nya.

Ini tidak lain adalah Putra manusia Yesus yang sendirian menjadi korban tebusan untuk umat manusia dan me-reka yang menolak dan melawan Dia, itu melawan kebenaran akan dihu-kumkan. Jadi ini cerita tentang karya penebusan, penyelamatan dan peng-hukuman oleh Tuhan Yesus Kristus.

 

1a. Siapakah Dia yang datang dari Edom.

Mengapa Ia datang dari Edom dan bajunya dicelup (dengan darah, merah) di Bozra?

EDOM. Ishak mempunyai dua orang anak yaitu Yacob dan Esaf. Esaf dina- mai Edom Kej 36:1,8, sebab ia minta kacang merah dan sebagai gantinya ia menjual hak sulungnya. Edom = me-rah. (Waktu lahir ia nampak merah dan berbulu. Sebab itu dinamai Esau) Kej 25:25,30. Turunan Yacob diperkenan Tuhan, Esau dibenci sebab tidak mau percaya, melawan dan menghinakan hal2 dari Allah. Mal 1:2-3. Ini meng-gambarkan umat manusia yang sela-mat dan yang binasa. Edom yang me-rah itulah orang2 dunia yang penuh dengan dosa yang merah seperti ker-misi Yes 1:8. Dan “Dia” telah datang ke Edom lalu ke luar lagi dari Edom dengan tanda darah (ini juga merah). Inilah Putra manusia Yesus yang sudah turun dari Surga ke bumi, disini Dia menjadi Anak domba Allah yang disem-belih Yoh 1:29 lalu ke luar dengan tan-da darah, keluar dari dunia yang penuh dosa dan naik ke Surga Yoh 3:13. Selagi dunia ini gelap dan jahat (sebab ma-nusia yang berdosa dan melawan Allah), Allah telah memberikan Putra-Nya sebagai korban untuk keselamatan bagi manusia berdosa Rom 5:10.

 

1b. dengan baju dicelup dari Bozrah (KJV).

BOZRAH adalah kota terpenting dari Edom Kej 36:33. Kalau Edom berarti dunia maka Bozrah berarti Golgotha, sebab di sini adalah suatu korban sem-belihan bagi Tuhan, suatu pembantaian yang amat besar yaitu Anak domba Allah disembelih Yes 34:6.

Bajunya dicelup (jadi merah).

Ini adalah tanda khas dari “Orang” ini yang datang dari Bozrah di Edom. Ia ditandai dengan tanda darah! Tanda darah adalah tanda Putra manusia Yesus! Ini tanda khas! Tanda darah ini dibuat di Golgotha. Oleh tanda darah ini juga orang Israel di Mesir selamat, sehingga anak sulungnya tidak kena bela yang dahsyat, yang membunuh semua anak sulung orang Mesir dan binatangnya. Dan mereka keluar dari Mesir.

Dengan tanda darah ini seluruh umat manusia diselamatkan, sehingga kemudian dapat tumbuh dalam ting-kat2 kemuliaan yang ajaib. Dan tanda darah inilah yang selalu kita peringati di dalam Perjamuan Suci, yaitu suatu per-sekutuan di dalam darah Yesus, perse-kutuan di dalam sengsaraNya Pil 3:10, sehingga kita menjadi serupa dengan Dia di dalam hal matiNya.  Siapa yang masuk dalam kematian Tuhan, ia juga akan masuk dalam kuasa kebangkitan-Nya Rom 6:5. Bahkan ada kemungkinan bisa sampai pada kebangkitan yang istimewa itu, seperti yang dimaksudkan dalam Pil 3:11 = Mat 27:52 (WL) yaitu tingkatan orang sempurna.

Mengapa, bagaimana dan sampai di mana pentingnya tanda darah ini? Ini nampak dalam penjelasan berikutnya. Kalau ada tanda darah dalam kehi-dupan kita, maka kita juga akan masuk dalam tanda2 berikut ini.

Tanda darah itulah tanda sengsara karena Kristus, Salib, hidup di atas mez-bah, mau menderita karena Kristus. Ini adalah salah satu tanda dari Gereja akhir zaman yang akan masuk dalam kesempurnaan ber-sama2 dengan tan-da api dan uap asap Kis 2:19 1Yoh 5:8. Ini membuat hidup menjadi sangat indah dan mulia.

Oleh penebusan Tuhan Yesus ini, maka orang2 yang ditebus mendapat tanda Roh (api), darah dan air (uap).

– Tanda darah adalah tanda sengsara Kristus atau salib,

– Tanda air berarti hidup benar.

– Tanda Roh artinya penuh dan di-pimpin Roh, yaitu sesuai dengan Firman Tuhan dalam kesucian, bukan menurut daging. Rom 8:14, Gal 5:16, Mat 4:1. Hidup seperti ini amat indah, bisa tumbuh terus dalam rencana Allah.

Tanda Putra Manusia adalah tan-dah darah atau sengsara, yaitu men-derita karena kebenaran, bukan men-derita karena bersalah, itu sia2 1Pet 2:20-23. Ber-ulang2 diterangkan dalam seluruh Alkitab bahwa orang beriman wajib menderita sengsara karena Kris-tus 2Tim 2:13 1Pet 5:9 Kis 14:22 Mat 7:13-14. Bahkan ini suatu anugerah Pil 1:29.

 

1c. yang mulia dalam pakaiannya.

Apa yang mulia dalam pakaiannya? bercak2 darah ini mulia ? Ya! Ini yang dihina dan dibenci orang2 dunia, tetapi ini yang menyebabkan pakaian hidup kita menjadi mulia. Tanda darah ini mulia 1Pet 4:14. Di dalam orang ini Roh Kudus bisa Bekerja dengan bebas se-bab ia mau menyangkal diri, mau seng-sara karena taat akan pimpinan Roh yang sesuai dengan  Firman Tuhan. Ia cepat menjadi dewasa rohani Yoh 21:18. Karya2 Rohkudus yang indah akan nyata dalam orang yang berani sengsara karena Kristus. Karunia2 Roh, mujizat, kuasa dan rencana Allah yang indah2 berlaku di dalam hidupnya. Se-mua orang2 rohani yang indah pakaian kehidupannya itu sebab ada tanda darah dalam hidupnya, mau menderita sengsara dengan sukacita untuk men-taati kehendak Tuhan. Orang Samaria yang mau menderita karena meno-long orang yang dipukul penyamun, itu in-dah pakaian hidupnya di hadapan  Tu-han. Istri, suami yang ada tanda darah hidupnya akan mulia dalam keluarga, Gereja dan  di hadapan Tuhan. Semua yang ada tanda darah akan indah hi-dupnya. (Ceritera: Dua orang berjalan ke surga, yang satu mau menolong pedati yang masuk lumpur, jubahnya putih kena banyak noda2 lumpur. Te-tapi waktu sampai dalam pesta di sur-ga, semua bercak itu menjadi permata2 yang sangat bagus ber-kilau2an. Mau sengsara, tanda darah menjadi ke-muliaan).

 

1d. yang berkeliling dalam kebesaran kekuatan-Nya.

Putra manusia Yesus berjalan keliling dengan kuasa yang besar dan dengan kemuliaan Ilahi yang indah2 sebab se-lalu ada tanda darah dalam hidupnya, bahkan sampai tanda darah ini sem-purna di Golgotha. Kebesaran kekuat-an-Nya berarti  kuasa dan kekuatan yang besar. Ini ada pada orang yang ada tanda darah  2Kor 4:10-12 Rom 8:36-37 Maz 44:23.

Salib itu kuasa! 1Kor 1:18.

Tanpa Salib tiada kuasa. mau lim-pah dengan kuasa Allah harus berani pikul Salib. Salib dalam berdoa, salib dalam menyangkal diri, salib dalam mentaati Firman Tuhan, salib dalam setiap segi hidup dan semua itu meng-hasilkan kuasa Allah yang amat limpah. Tanpa kuasa, kekristenan tidak bisa dikerjakan. Pelayanan juga akan ban-tut. Sebab itu murid2 tidak boleh ke luar sebelum dilengkapi dengan kuasa dari tempat yang maha tinggi Luk 24:49.Kita perlu kuasa dalam segala segi hidup kita. Mulai dari menyangkal diri, melawan dosa, setan, dunia dan melakukan kehendak Allah. Salib itu saluran kuasa yang limpah, sehingga seluruh hidup Kristen dan pelayanan bisa berjalan lancar dan wajar, penuh dengan kemuliaan Ilahi yang indah2 dan cemerlang. Istimewa kalau kita masuk dalam masa pehukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Sungguh2 perlu kuasa, perlu tanda darah ini (Memang tanda darah ber-sama2 dengan tanda api dan tanda asap itu terutama untuk masa yang sulit ini, 3,5 tahun sebelum Tuhan Yesus datang). Dalam masa2 sulit ini Gereja2 yang mempunyai tiga tanda ini akan bisa bertahan, bahkan menjadi makin indah, terhias bahkan masuk dalam kesempurnaan!).

Contoh dari hidup Putra manusia Yesus itu indah dan ini menjadi ukuran hidup kita. Dengan tanda darah!

 

1e. Akulah yang ber-kata2 di dalam kebenaran.

Tuhan Yesus tidak pernah ber-kata2 da-ri dirinya, dan apa yang dikatakan sela-lu kebenaran, sesuai dengan kehendak Bapanya Yoh 8:26.

Inilah kenyataan dari orang yang ada tanda darah. Perlu pengertian Fir-man Tuhan yang terus bertumbuh dan kuasa dan kekuatan yang cukup besar untuk memegang lidah sendiri,  supaya selalu mengatakan kebenaran dan sesuai dengan Firman Tuhan. Orang yang bisa menahan lidahnya, itu orang yang sempurna Yak 3:2. Orang yang terus berdusta dan ber-kata2 melawan kebenaran, melawan kehendak Allah itu akan hancur hidupnya Yak 3:5 dan sia2 ibadahnya Yak 1:26. Pelihara lidah baik2, itu membuat hari2 kita berubah menjadi baik Maz 34:13-15.

Perlu ada tanda darah di mulut dan hati kita, maka hidup ini akan banyak mengalami perubahan, sebab kita ma-kan dari buah2 mulut kita Ams 18:20. Orang yang berdusta dan berbicara banyak perkara besar untuk menyom-bongkan dirinya akan mengalami ba-nyak kepahitan dan kesukaran.

 

1f. Dan berkuasa untuk menyelamatkan.

Memang Tuhan sudah menyelamatkan kita dan semua orang lain,  sebab ada tanda darah dalam hidupnya, sampai di Golgota. Ia berkuasa menyelamatkan setiap orang2 beriman sampai pada kesudahannya Ibr 7:25. Betapa indah tanda darah itu, menuntun kita terus sampai masuk dalam kemuliaan kesem-purnaannya (Tabut). Bahkan dengan tanda darah ini kita juga dapat me-nolong melepaskan orang lain dari ne-raka dan mengajak/ membawanya naik terus se- tinggi2nya dalam kemuliaan Ilahi yang abadi. Tanda darah itu menjadi berkat untuk orang lain di sekitar kita, menghidupkan mereka 2Kor 4:12. Betapa indah tanda darah ini.

*Adakah itu nyata dalam hidup kita?

*Adakah kita mau minum dari cawan sengsara Kristus, menggenapi jumlah sengsara Kristus yang wajib?

Kalau ada tanda darah maka:

* Kuasa dan karunia Rohkudus meng-hiasi perjalanan hidup kita sebagai saksi Kristus, sehingga makin banyak jiwa2 yang kita layani dan makin mulia, bahkan dapat sampai sempurna.

 

YES 63:2. MENGIRIK DI APITAN ANGGUR.

 

2a. Mengapa pakaianmu merah dan bajumu seperti orang yang mengirik dalam apitan anggur?

Ini tempat mengirik (meng-injak2) ang-gur sehingga menjadi sari buah anggur untuk diminum, misalnya Mat 21:33, Mrk 12:1. Gara2 ini pakaiannya men-jadi merah. Ini menceritakan penderi-taanNya di Golgota sebagaiAnak dom-ba Allah yang disembelih menjadi korban tebusan bagi manusia. Ini juga tanda darah, korban Kristus bagi kese-lamatan dan pertumbuhan kita sampai menjadi seperti Kristus.

Ini menghasilkan anggur kesukaan yang kekal di dunia sampai di Surga Yoh 4:14.  Ini hasil salib Kristus dan kita juga harus pikul salib dan keluarlah kesukaan air hidup dari dalam hati kita. Meningkatlah terus dalam jalan salib, maka setiap 1000 hasta akan mening-kat lagi Yez 47. Ini berarti rohani yang terus meningkat. Kalau kita meningkat dalam kesucian, dalam kemahiran pikul salib, dalam pimpinan Roh, melakukan kehendak Tuhan dan semua hal2 dari Atas, maka sukacita dari Tuhan itu akan bertambah lama bertambah banyak, suatu hidup yang indah di dalam Tuhan Pil 4:4-7.

 

YES 63:3. SIAPA YANG IKUT MENGIRIK?

 

3a. Aku mengirik dalam apitan anggur sendirian.

Putra manusia Yesus menjadi korban satu2nya untuk keselamatan semua manusia dan sudah selesai dikerjakan. Tidak ada korban yang lain. Memang tidak ada yang bisa menebus dosa manusia hanya Dia saja. Kita bersyukur, tetapi sesudah itu kita juga ikut dalam jalan salib ini, sebab Dia menjadi con-toh bagi kita. Kita ikut dalam kematian dan kebangkitanNya Rom 6:4-8 sehing-ga hidup kita bukannya kita lagi, tetapi Kristus yang hidup di dalam kita Gal 2:19-20, Pil 1:21.

 

3b. dan orang banyak itu tiada seorangpun menyertai aku.

Ini orang2 yang menolak ikut Tuhan Yesus di dalam jalan salib, di atas Mezbah. Ini orang2 di jalan lebar Mat 7:13-14. Memang jalan selamat itu cuma2, dengan anugerah Tuhan Ef 2:8, tetapi itu berarti kematian, mati lepas dari dosa, merdeka dari hidup lama dan sekarang hidup baru dalam kesucian seperti Kristus. Selamat itu bukan hanya berarti masuk Surga, tetapi berhenti dari hidup dalam dosa, lalu hidup benar dalam kesucian Allah (sebab di Surga tidak ada dosa lagi). Pindah dari jalan lebar ke jalan sempit. Beberapa orang hanya mau masuk Surga, tetapi tetap di jalan lebar. Ini orang2 yang tidak mau melakukan kehendak Allah, tidak mau taat pada Allah, tetapi tetap taat pada iblis, menurut iblis. Mat 7:21-23. Orang2 seperti ini percaya pada Tuhan Yesus, harap masuk Surga, tetapi tidak masuk, tidak selamat. Jalan keselamatan ke surga hanya bisa lewat jalan sempit, mati lepas dari dosa. Hanya ada dua pilihan, hidup suci atau dosa, ikut dan taat pada Tuhan Allah atau menurut dosa melawan Allah. Banyak orang ditipu iblis yang mengatakan ikut Tuhan itu menderita, hidup dalam dosa itu senang, tetapi sesungguhnya ikut Tuhan dalam kesucian, jalan salib itu menghasilkan anggur baru, kesukaan Surga, dari dunia sampai masuk Surga kekal Yoh 4:14.

 

3c. Sebab Aku akan mengirik mereka dalamamarahKu dan meng-injak2 mereka dalam murkaKu.

Inilah orang2 yang menolak bertobat dari dosanya, tetapi menuruti iblis dalam dosa dan kedagingannya. Sebab itu pada hari kedatangan Tuhan II sebagai Hakim, mereka akan diadili dan diirik dalam irikan murka Allah. Hal ini diceritakan dalam Wah 14:17-20. Inilah orang2 yang menolak kebenaran Allah, menolak untuk bertobat dan tetap di dalam dosa2nya, maka masing2 akan dituai menurut golongannya, menurut pilihan dan perbuatannya. Semua orang berdosa akan dituai dan masuk dalam hukuman yang adil dan kekal Wah 22:12. Inilah penuaian dalam amarah dan murka Allah untuk orang yang hidup dalam dosa melawan Allah, Hakim bumi yang adil Kej 18:25 dan Hakim orang hidup dan orang mati 2Tim 4:1. Semua ada akibatnya sesuai dengan perbuatannya, sesuai dengan penaburannya Gal 6:7-8.

 

3d. dan meng-injak2 mereka dalam murka-Ku.

Tuhan Yesus datang yang pertama sebagai bayi yang tidak berdaya untuk menjadi korban tebusan bagi manusia. Tetapi kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya sebagai Hakim yang adil, menghukumkan orang yang hidup dalam dosa dan melawan Allah.

 

3e. dan darah-Nya akan terpercik pada baju-Ku dan Aku akan mewarnai seluruh pakaian-Ku.

Mengapa darah orang yang dihukum-kan ini terpercik pada baju Hakim yang adil? Pakaian berarti kehidupan. Kalau darah Kristus dikorbankan, maka orang yang percaya dan bertobat, do-sanya dihapus oleh darah Yesus se-hingga tidak lagi diingat oleh Allah sampai se-lama2nya Yes 1:18; 43:25, 1Yoh 1:9. Semua dosa dilupakan untuk se-lama2nya. Sebaliknya darah orang dosa yang dihukum dalam pengirikan, itu mewarnai pakaian Tuhan Allah seluruhnya, dan ini berarti mereka yang berdosa ada di dalam hukuman dan dilupakan dari kehidupan Allah (dan orang2 dalam Surga Bumi Baru) untuk se-lama2nya, dilupakan total Yes 65:17. Jadi semua orang dan mah-luk yang berdosa dari ciptaan Allah dihapus sama sekali untuk kekal dari pikiran atau kehidupan Allah. Ini penghapusan oleh darah Kristus dan oleh darah orang2 berdosa, sama2 terhapus untuk kekal. Begitulah Tasik Api terpisah jauh dalam hadirat Tuhan untuk kekal 2Tes 1:9. Betapa untung orang yang bertobat dan dilupakan segala dosanya, tidak ada lagi ingatan tentang dosa dan tidak bisa lagi berdosa untuk se-lama2nya, tinggal tetap dalam kesukaan ilahi yang kekal dalam Surga Bumi Baru dan ini juga terpisah dari orang berdosa dan Tasik api yang kekal.

 

Nyanyian:

Di dalam dunia ada 2 jalan,

lebar dan sempit,

mana kau pilih.