YS334 – YESAYA 62:9-12. YANG DICARI, SEBUAH KOTA YANG TIDAK DITINGGALKAN

YES 62:9. MENIKMATI HASIL YANG DIKUMPULKAN.

PEMBAGIAN ORANG2 DALAM SURGA.

Orang2 yang masuk Surga ada 3 golongan, yaitu:

  1. Golongan Halaman (Bumi Baru) yang terdiri dari:
  2. Asal selamat, seperti menerusi api 1Kor 3:15, misalnya penjahat yang di salib Luk 23:43.
  3. Khusus dari zaman Antikris, orang2 yang tertinggal yang bertobat kembali dan setia sampai mati, jumlahnya banyak sekali Wah 6:9-11; 7:9.
  4. Golongan Ruangan Suci (Surga Ba-ru). Orang2 ini mempunyai tingkat ke-muliaan dan pahala yang ber-beda2, tergantung dari perbuatan atau pena-burannya selagi hidup Wah 22:12, Luk 19:17, 1Kor 15:37-44, yaitu semua yang kita kerjakan di dunia oleh, karena dan untuk Tuhan itu tidak sia2, bahkan memberi 1 cingkir airpun sudah dicatat Tuhan Mat 10:42.
  5. Orang yang mati dalam Kristus, baik dari Wasiat Lama dan Wasiat Baru, akan bangkit waktu pengangkatan dan ikut naik ke Surga.
  6. Orang2 yang ber-jaga2 dan masih hidup dalam Minggu ke-70 Daniel, akan ikut pengangkatan tanpa mati, inilah golongan yang disebut dalam 1Kor 15:51-52.
  7. Golongan Ruangan Maha Suci (Ye-rusalem Baru), inilah orang2 yang masuk dalam kesempurnaan, yaitu:
  8. Mereka yang menjadi sempurna ka-pan saja, langsung naik ke Surga seperti Henokh dll.
  9. Orang2 yang mendapat sumpah ber-kat Tuhan seperti Abraham Kej 22:16-18; dll.
  10. Khusus dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel ada banyak orang dengan fasilitas akhir zaman, lahir sempurna, langsung naik ke Surga Wah 12:5, 1Yoh 3:9 yaitu golongan 144.000 orang sem-purna Wah 14:1-5.

9a. Tetapi mereka yang mengumpulkannya akan makan daripadanya dan me-muji2 Tuhan.

Kumpulkanlah yang kekal sebanyak mungkin. Yang fana hanya untuk fasi-litas, kebutuhan sementara di dunia, tidak akan dibawa masuk kekekalan Mat 6:33. Jangan mengumpulkan ter-balik, nanti sia2 Luk 12:19-20. Kum-pulkan yang kekal Kol 3:1-3, Mat 6:19-20. Itu kita nikmati untuk kekal, tidak ada habisnya, sangat menyenangkan sambil spontan bersyukur dan me-muji2 Tuhan sebab bisa menikmati janji2 Allah yang luar biasa dalam zaman keemasan Gereja ini. Kumpul-kan jiwa2 dan tabiat yang baru seperti Kristus, ini yang kita bawa untuk kekal Yes 66:22.

9b. dan mereka yang mengumpulkannya akan minum dalam Halaman kesucianKu.

Halaman di Surga adalah Bumi Baru, sangat indah. Mereka minum anggur (Yes 62:8c) yaitu kesukaan ilahi. Kesu-kaan apa? Kesukaan kesucian Wah 4:8. Kesucian itu indah dan penuh dengan kasih di tengah2 Surga dengan semua orang2 suci dalam Surga dan segala ciptaan yang baru dan proyek2 baru yang jauh lebih indah daripada di dunia.

Manusia mencari apa2 yang enak dan senang di dunia, baik makanan, baik pemandangan alam (sampai dalam dasar laut) kepujian, bahkan juga se-gala kesukaan dosa yang palsu dan se-saat. Pkh 1:14, Ams 14:12-13. Di Surga tidak ada kesukaan dosa sesaat, per-zinaan (tidak ada laki2, perempuan dan nikah), tidak ada kesukaan dosa apa-pun, misalnya balas dendam, zina, iri, sombong, benci, hormat dll, yang ada hanya kesukaan yang suci dan kekal, dan selalu penuh syukur dan menyem-bah Allah.  Manusia di dunia terbatas oleh macam2 kesukaan duniawi yang fana, tetapi kesukaan Surga yang murni dan tidak bisa habis itu jauh lebih indah dan kekal.

YES 62:10. MELEWATI PINTU2 GERBANG.

10a. Lewati, lewati pintu2 gerbang.

Biasanya Pintu gerbang itu menutup jalan menuju sesuatu yang indah atau tingkatan yang lebih tinggi. Dalam rencana Allah yang indah dan mulia itu ada 3 pintu2 gerbang yang harus dile-wati yaitu Pintu Gerbang, Pintu Ke-mah, dan Tirai. Memang di belakang setiap pintu ada tingkat dan kemuliaan yang lebih tinggi. Dalam perjalanan hidup sesuai dengan rencana Allah kita harus melewati 3 pintu ini dan semua pintu ini adalah Kristus Yoh 10:9. Kita akan masuk dan keluar, yaitu masuk dalam pintu ini, lepas dari keadaan atau suasana yang lama dan keluar dari pintu ini ke dalam suatu tingkatan yang lebih tinggi dan mulia, misalnya Pintu Gerbang, lepas dari Luar Halaman, yaitu dunia yang penuh dosa dan keluar dari pintu ini ke Halaman yaitu keselamatan yang mulia dari Tuhan. Selanjutnya lewat Pintu Kemah ke-tingkat anak2 Allah yang suci, lalu lewat Tirai masuk dalam kesempurnaan se-perti Kristus, luar biasa. Sebab itu ja-ngan berhenti, lewati terus semua pintu ini sampai masuk dalam kesem-purnaan seperti Kristus, ini rencana dan kehendak Tuhan. Pasti jadi, tetapi tergantung dari percaya, pengharapan dan kasih setiap orang beriman. Tuhan menghendaki semua orang selamat, tetapi ada yang tidak mau percaya dan binasa. Tuhan juga menghendaki se-mua orang yang percaya tumbuh sampai sempurna, tetapi tidak semua orang sampai disini, hanya 144.000. Tetapi sampai di mana kita tumbuh di dunia, sampai disitu kemuliaan kita dalam Surga untuk kekal.

10b. Engkau siapkanlah jalan untuk umat.

Siapa yang mempersiapkan jalan untuk umat Tuhan? Tuhan Yesus, Dia yang menjadi Putra manusia dan menye-diakan jalan untuk kita melewati setiap pintu Yoh 14:6. Jalan itu sudah selesai diperbuatanNya Yoh 19:30. Dia sudah menyediakan jalan yang sempurna, asal kita mau percaya, menyangkal diri dan ikut Tuhan Yesus, pasti kita akan sampai di mana Dia sudah sampai, yaitu di tahta Allah.

10c. Bangunkan, bangunkan jalan raya.

Selain Tuhan Yesus menjadi jalannya, kita menjadi petunjuk jalan, membe-ritakan kabar baik ini supaya orang lain juga percaya dan selamat. Tuhan me-nyelamatkan orang2 dengan memakai kita sebab:

  1. Ini jalan iman, Tuhan Yesus tidak tampak, yang tampak hanya kita yang percaya.
  2. Kalau kita ikut melayani, kita sendiri akan tumbuh, makin lama makin tum-buh dalam pelayanan sampai akhirnya menjadi seperti Kristus. Ini mengun-tungkan orang2 yang taat. Tuhan tidak bekerja langsung atau lewat malaikat2, tetapi memakai kita. Tuhan adalah te-rang dunia tetapi juga kita terang dunia Yoh 9:5, Mat 5:14, sebab itu jangan tidur atau diam tetapi bekerjalah selagi hari masih siang Yoh 9:4.

10d. Singkirkanlah batu2nya.

Jangan menjadi batu sontohan bagi orang lain, baik yang baru dan yang lama. Ini termasuk dosa Mat 18:6-7. Wai orang seperti ini, ada akibatnya. Jangan hidup sembarangan, tetapi be-lajar menyangkal diri supaya menjadi berkat bukan laknat yang menjatuhkan orang. Ini pekerjaan iblis untuk men-jatuhkan dan membinasakan orang Yoh 10:10. Kalau tahu salah, jauhi, seka-lipun kadang2 kita rugi 1Kor 8:10-13. Sebab itu dengan kasih beritakan jalan keselamatan dan kebenaran Firman Tuhan sehingga mereka mengerti dan tidak mudah tersontoh. Tentu juga batu2 dosa lainnya, semua bisa dipakai iblis untuk juga menjatuhkan orang lain. Hiduplah dalam kebenaran dan taat dipimpin Roh.

10e. tinggikanlah panji2 bagi umat.

Panji apa yang kita tinggikan yang bisa menyelamatkan orang? Panji salib 1Kor 1:18 dan nama Tuhan Yesus Kris-tus Yoh 12:32, kalau ini ditinggikan, maka banyak orang akan datang, di-tarik oleh Tuhan kepadaNya. Jangan tinggikan nama pribadi atau golongan, maka hanya yang fanatik akan panji2 ini yang datang dan yang tidak bisa datang. Tetapi kalau Tuhan Yesus di-tinggikan, maka semua orang yang per-caya kepadaNya akan datang dan kita dipersatukan di dalam Kristus.

Selain memenangkan jiwa, kita harus belajar bersekutu dengan baik dalam kasih Kristus, oleh Kristus Rom 11:36. Kalau kita bisa bersatu dengan betul seperti Trinitas ilahi, yaitu dalam kasih dan kesucian 1Yoh 1:7, maka kita akan disempurnakan dalam persekutuan yang betul ini, sebab Kristus ada di dalamnya dan ditinggikan jadi kepala dan kita semua tunduk dan memu-liakan Dia, menjadi tubuh Kristus yang disempurnakan. Kalau kita masih benci atau JMPE (Jengkel Mangkel Pegel Emosi) pada seorang atau beberapa orang, kita sulit untuk tumbuh apalagi menjadi sempurna, justru mudah diadu iblis jadi pecah, berkelahi dan binasa dalam dosa. Memang untuk bersekutu itu ada syarat2nya, yaitu dengan kasih, sehingga ada pengampunan, sebab selalu ada saja diantara kita yang berbuat salah. Jangan lupa juga dengan jujur, tulus, suci, tidak pura2, dalam terang Allah. Kalau kita mau bersekutu dengan betul, kekuatan kita akan naik Im 26:8. Dengan demikian kita akan selalu menang dan persekutuan makin besar dan kekuatan kita jugamakin be-sar, sehingga kita menuju kepada ke-sempurnaan seperti kepala kita yaitu Kristus. Ini semua jalannya untuk lewat semua pintu2 supaya akhirnya menjadi seperti Kristus.

YES 62:11. YANG MAU AKAN MENGERTI DAN MENDAPATKANNYA.

11a. Lihatlah Tuhan telah memproklamirkan sampai ke ujung bumi.

Berita keselamatan (sejak hujan Awal) dan kesempurnaan (sejak hujan Akhir) sudah diberitakan sampai ke ujung bumi. Tuhan memimpin GerejaNya un-tuk memberitakannya Kis 1:8, juga se-mua rahasia2 Firman Tuhan diberita-kan supaya semua orang percaya tahu dan yang mau akan mengalami Mat 10:26-27. Mengapa? Sebab Tuhan ha-rus menamatkan rencanaNya dahulu, baru Dia datang. Kalau ladang gandum sudah matang baru datang penuaian. Kalau belum matang belum bisa dituai. Tiga angka kedatangan Tuhan harus genap artinya Gereja sudah matang baru bisa dituai. Orang yang mau dipimpin Roh dan terus belajar Firman Tuhan akan mengerti dan bisa tumbuh lewat 3 pintu, itu juga berbuah 30, 60 dan 100 kali ganda menjadi sempurna. Mat 13:23. Sebab itu bertekunlah bela-jar Firman Tuhan dan mentaatiNya su-paya dapat pengertian makin banyak, makin limpah sehingga bisa mengalami puncak2 rencana Allah, sampai 100 kali ganda.

11b. dan katakanlah kepada putri Sion.

Siapa putri Sion ini? Inilah orang2 Yerusalem, bahkan juga seluruh Israel. Orang2 di Yerusalem memang punya kelebihan; Begitu pada waktu pelaksa-naan penamatan rencana Allah, kita berada dalam tingkatan yang ber-beda2. Kalau kita ber-jaga2, maka ting-katan kita lebih tinggi dan itu yang diharapkan Tuhan.Mat 24:42. Syarat minimum pada akhir zaman akan ma-kin meningkat, sebab dosa dan kesu-cian terus naik Wah 22:11. Orang yang tidak ber-jaga2 akan gugur, tidak tahan. Orang yang sudah siap akan ma-suk dalam Minggu ke-70 Daniel ke dalam golongan 15:51 (1Kor 15:51), yaitu yang terpelihara oleh Allah dan tahan diolah dengan kuat dan cepat (sebab ini ujian akhir, baptisan api, seperti waktu Abraham diuji untuk mengorbankan anaknya), maka sesu-dah lulus dalam pengolahan, mening-kat dengan cepat, maka ia akan masuk dalam pengangkatan. Semua orang tentu ingin masuk dalam golongan ini, tetapi tidak semua bisa tahan dengan arus dosa dan kejahatan yang dahsyat yang harus dihadapinya di akhir zaman ini. Kalau masih ada dosa, ada ke-inginan2 dosa, apalagi ada ikatan2 do-sa, maka dalam arus dosa yang makin besar, ia tidak akan tahan dan jatuh, lalu hanyut dalam polarisasi dosa Wah 22:11. Misalnya yang ingin perkara2 zina tidak akan tahan menghadapi pornografi. Yang tidak bisa mengam-puni, selalu mudah benci pada orang2 yang menjengkelkan dan jahat, ia akan jadi benci lebih2 pada orang2 jahat yang makin limpah dan makin sukses, tidak tahan melihat atau mengala-minya sehingga makin benci dan terus meningkat dalam polarisasi dosa.Kita sudah harus bisa hidup dalam kesucian, dalam kasih dan selalu taat dipimpin Roh, seperti ligabis, baru bisa tahan akan dosa dan kejahatan dan daya tarik dosa yang makin panas! Yang tidak bisa hidup suci, taat dipimpin Roh akan Firman Tuhan, akan jatuh makin dalam, dosanya makin bertambah seperti Yu-das sampai matang, tidak mungkin bisa ikut pengangkatan, tetapi tertinggal atau mati dalam dosa. Harus bersedia, sudah bisa hidup suci dalam segala pencobaan yang datang. Bersedialah!

11c. Lihatlah keselamatanmu datang.

Rencana keselamatan Allah yang leng-kap adalah sampai sempurna. Jangan hanya selamat seperti penjahat di salib, tetapi rencana Allah adalah terus naik sampai puncaknya seperti Kristus 1Kor 11:1, Mat 5:18, Yoh 10:34-35. Dan ka-lau Minggu ke-70 datang, itu berarti rencana penamatan Allah mulai dise-lesaikan dengan segera.

Kita bersedia bukan untuk peng-angkatan saja, tetapi mulai sekarang bersedia, ber-jaga2 dan waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, sudah siap masuk golongan 1551. Jangan lupa sekarang-pun kita harus bersedia, setiap hari Amos 4:12. Kalau jatuh dan undur ja-ngan harap segera bisa kembali, apa-lagi kalau sudah mabuk atau mati, tidak bisa kembali lagi. Bersedialah sekarang!

11d. Lihatlah pahala-Nya adalah beserta-Nya.

Kalau Tuhan datang, Ia sudah mem-bawa atau siap dengan pahalanya Wah 22:12. Tetapi bukan saja pada hari ke-datanganNya, juga pada waktu keda-tangan secara pribadi Amos 4:12, Ibr 9:27, pahala dan tingkat kemuliaan kita sudah ditentukan waktu itu dan tidak bisa berubah lagi sampai hari peng-angkatan dst. Sebab itu kita harus ber-sedia sekarang dan pakailahsisa waktu yang ada sungguh2 supaya naik terus, jangan sampai menyesal untuk kekal, apalagi kalau masuk neraka seperti orang kaya itu Luk 16:25-31. Penuaian itu tergantung dari penaburan dan pertumbuhannya! Menurut Wah 23:12 pembagian pahala itu segera sesudah pengangkatan, bersamaan dengan PMPAD (Perjamuan Malam Pernikahan Anak Domba).

11e. dan pekerjaannya adalah di hadapan-Nya.

Pekerjaan siapa? Kalau pahala-Nya adalah pahala dari Tuhan untuk umat Tuhan sebagai upah dari hidup dan pelayanannya di dunia, maka pekerjaan ini adalah pekerjaan dari umat Tuhan, sebab ini yang akan mengikuti mereka se-lama2nya Wah 14:13. Mengapa ini di hadapan-Nya? Sebab hasilnya yaitu tingkat kemuliaan dari hasil pekerjaan di dunia ditentukan waktu ini yaitu akhir dari hidup di dunia. Jangan lupa, hidup di dunia ini suatu kesempatan emas, kumpulkan maksimal, se-ba-nyak2nya (Yes 62:9), jangan sampai menyesal. Orang yang celik dipimpin Roh akan mengerti dan tidak mau me-nyia2kan kesempatan emas dari umur-nya di dunia ini!

YES 62:12. SIAPA YANG DICARI?

12a. Dan mereka akan menyebutnya, umat yang suci.

Ini nama yang seharusnya sudah ada pada umat Tuhan, yaituorang2 yang percaya. Kita sudah dijadikan orang suci mulai sekarang, bukan baru besok di Surga, terlambat dan tidak bisa diperbaiki.

Orang percaya dan lahir baru sudah jadi anak Allah dan orang suci. Misalnya Rom 1:7, 1Kor 1:2 dll. Jangan sekarang masih tetap orang dosa, itu bodoh dan binasa Mrk 12:24.

12b. Orang2 tebusan dari Tuhan.

Kita sudah ditebus dari tangan iblis 1Yoh 3:10, 1Pet 1:19 menjadi milik Allah 1Kor 6:18, jadi anak2 Allah, mati lepas dari dosa. Orang yang masih hidup sebagai orang dosa dan orang yang ada dalam tangan setan (sebab dosa2nya), maka tidak ada harapan baginya untuk ikut dalam proses pena-matan rencana Allah! Kita sekarang sudah harus bisa hidup sebagai milik Allah, bukan milik iblis atau milik kita sendiri lagi Pil 1:21 tetapi hidup sebagai orang suci yang taat dipimpin Roh. Kalau tetap diikat setan,akan hanyut dalam dosa yang makin meningkat dah-syat. Kita sudah harus sampai tingkatan ini, yaitu orang suci dan orang tebusan Tuhan.

12c. dan engkau akan disebut, yang dicari.

Tuhan mencari apa? Tuhan perlu atau butuh apa? Tidak ada yang dibutuhkan, Dia sempurna. Tetapi sebab kasih-Nya pada manusia Yoh 3:16, Ia masih men-cari satu umat yang selamat dan sudah matang untuk dituai. Bukan hanya se-lamat! Tuhan terus mencari dan tentu Dia juga mempersiapkan umat yang matang sebagai mempelai Kristus Ef 5:27, 1Kor 11:2-3. Ini yang dicari Tuhan yaitu mempelai-Nya, yang sekarang sedang dipersiapkanNya. Adakah kita termasuk orang yang dicari Tuhan? Memang paling sedikit selamat, tetapi jangan ini menjadi tujuan. Orang yang hanya selamat itu ada di perbatasan, mudah tergelincir dan hilang kesela-matannya. Orang2 ini berpikir asal selamat cukuplah, tidak usah tinggi2, sebab masih ada ikatan atau percintaan yang belum mau dilepas. Ia tahu itu tidak boleh, sebab berharap asal sela-mat saja, ini tipu daya iblis.

12d. Sebuah kota yang tidak ditinggalkan.

Nama yang ajaib untuk Yerusalem Ba-ru, mempelai Anak domba Allah Wah 21:1-2, 10-11 (Ini Surga Bumi Baru), ini kota yang tidak pernah ditinggalkan lagi untuk kekal, bukan seperti Yerusalem di dunia, yang ber-ulang2 ditinggalkan Tuhan sebab umatnya undur dari Tu-han. Tumbuhlah dalam kesempatan emas di dunia ini, jangan ditipu iblis dan dunia ini. Ini kemuliaan yang tertinggi untuk kekal, sangat mulia, indah, sukacita yang kekal.

Nyanyian:

O..Yerusalem kota mulia.