YS331 – YESAYA 62:1-2. RENCANA ALLAH DIGENAPKAN

DASAR PENAFSIRAN.

Dalam pasal ini kita melihat perjuangan untuk Sion dan Yerusalem yang gigih. Memang ini Firman Tuhan, tetapi kita harus tahu waktunya, caranya dll hal menurut Allah bukan menurut pikiran manusiawi kita sendiri. Sebab itu ja-ngan bertindak secara manusiawi me-nurut pikiran, akal dan kekuatan sen-diri. Lalu apakah artinya bagi kita? Kita melihat bahwa untuk orang kafir dan Israel, masing2 ada masanya! Sesudah Israel jatuh, lalu kemudian menolak Mesias, maka masa untuk keselamatan orang kafir dimulai Rom 11:11 (-12). Dan ini suatu rahasia, bahwa kekerasan itu menimpa sebagian bani Israel sam-pai genap jumlah orang kafir masuk iman Rom 11:25. Jadi waktu untuk Israel adalah setelah jumlah orang kafir genap, yaitu 3 angka kedatangan Tuhan dari orang kafir genap, Gereja disem-purnakan dan Tuhan datang, lalu ba-rulah mulai masa orang Israel. Jangan melakukan ayat ini secara jasmani atau harfiah! Kalau sudah ditentukan Allah yang mahatahu, jangan kita mendahu-luiNya, nanti salah dan usaha2 itu akan melawan Allah dan rencanaNya (lihat gambar Rom 11:25).

Sekarang semua bangsa sama di hadapan Allah yaitu orang2 berdosa, dan jalan keselamatan hanya satu yaitu lewat Tuhan Yesus Kristus. Tidak ada jalan lain. Termasuk orang2 Yahudi ha-nya bisa selamat melalui Tuhan Yesus Kristus, bukan cara2 mereka atau har-fiah. Mereka harus menerima Tuhan Yesus sebagai Mesias dan Juru selamat. Ini sulit sebab turun temurun mereka sudah menolak bahkan membunuh Mesiasnya. Tetapi tetap hanya ada 1 jalan yaitu melalui Tuhan Yesus Kristus.

Jadi Yerusalem dalam pasal ini dll, adalah tetap Yerusalem rohani yaitu Gereja akhir zaman yang disempurna-kan Tuhan sehingga golongan yang sempurna (Yerusalem baru) digenap-kan yaitu 144.000, juga golongan pa-nen besar.

 

YES 62:1. YERUSALEM BERSINAR.

Yes 62:1a. Dari sebab Sion, saya tidak mau diam.

Sion atau Zion itu mula2 hanya seba-gian dari Yerusalem, tetapi kemudian sama dengan seluruh Yerusalem.

Sion lebih banyak menceritakan dari segi manusiawi, Putri Sion adalah penduduknya, tetapi Yerusalem dari segi ilahi, ialah Negeri Allah di dunia, sebagai gambaran dari Yerusalem baru dari Surga. Dengan kata lain kalau kita berjalan dan masuk Sion, kita juga masuk dalam hadirat Tuhan dalam Yerusalem kota Allah.

Yerusalem itu adalah gambaran dari Gereja akhir zaman, yaitu Wah 12:1 yang akan disempurnakan Tuhan. Apa yang menjadi rencana Allah pasti jadi, Allah sanggup menggenapkan, tidak tergantung sikon, waktu dll, sebab Dia Allah yang Maha tahu, Maha bijak, Maha kuasa. Sebab itu ikutlah dalam rencana Allah. Jangan diam. Berusaha habis2an, taat penuh dalam rencana Allah, sebab rencana Allah pasti jadi, Gereja akan disempurnakan. Jangan plin plan atau mendua (bercabang hati) dengan dunia, tetapi ikutlah dengan sepenuh hati dalam rencana Allah untuk tumbuh se-tinggi2nya, itu yang paling indah dan paling menguntung-kan, sebab itu pasti jadi, tidak akan gagal.

Naiklah terus ke atas bukit kesucian yaitu bukit Sion Maz 48:2-3. Ajak se-mua orang naik makin tinggi dalam ke-sucianNya Maz 24:3-6 (tingkat2 kesu-cian itu meningkat terus dari bawah sampai puncaknya seperti Krisuts, se-perti Allah Mat 5:48). Sebaliknya yang dibuat iblis, adalah terjun dalam dosa yang makin dahsyat seperti dia Wah 22:11. Dua puncak ini akan dicapai, Tuhan akan menolong Gereja sehingga bisa sampai di puncak bukit Sion. Naiklah dengan Tuhan, lekat padaNya 1Kor 6:17, Yoh 15:5, 7 KPR.

Dalam Wah 12:1 kita melihat Gereja akhir zaman dan dalam Wah 19:8; 21:2 kita melihat Gereja yang sempurna. Tuhan menyempurnakan rencanaNya lewat orang2 suci yang mau terbeban dengan terus berusaha, tidak tinggal diam bahkan tidak beristirahat, kuat dalam Roh Kudus, makin suci sampai rencana Allah genap. Bisa ikut dalam rencana Allah itu untung besar sebab akan jadi mulia untuk kekal dan semua orang yang mau tumbuh dalam kesu-cian Allah dan melakukan kehendakNya boleh ikut. Jangan ikut rencana iblis da-lam dosa dan kejahatan, tetapi ikutlah dalam rencana Allah dalam kesucian melakukan kehendakNya dalam pim-pinan Roh Kudus.

Jangan diam, berusahalah, bersak-silah, lakukan apa yang bisa kita buat dalam pimpinan Roh Kudus, sebab waktunya terbatas dan tidak berulang. Jangan lewatkan kesempatan yang sa-ngat menguntungkan dan mulia. Kalau kita sia2kan kesempatan ini, bukan saja kehilangan kesempatan yang sangat mulia, tetapi juga hanyut dalam arus dosa dan kejahatan sehingga jatuh dan binasa. Dahsyat. Jangan main2 sebab akibatnya binasa!

Doakan segala bangsa termasuk Israel yang adalah umat Tuhan secara jasmani, supaya semua diselamatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

 

Yes 62:1b. Dan karena Yerusalem, saya tidak akan beristirahat.

Terus berusaha. Istirahat itu perlu Mrk 6:31. Tetapi Yerusalem lebih diutama-kan, luar biasa! Kalau kita beri se-ga-la2nya untuk penyempurnaan Gereja Tuhan, itu tidak akan rugi, masuk da-lam rencana Tuhan itu yang utama. Wah 12:1 harus mulai nyata dalam hidup kita, baik rencana Allah kita taati (Bapa), dipimpin Roh limpah dengan segala karunia, buah untuk melayani (Roh Kudus) dan melayani sesuai ja-batan yang diberikan Tuhan (Putra Allah) 1Kor 12:4-6. Ini tubuh Kristus global di jalan sempit, yang terdiri dari tubuh Kristus lokal dan Gereja2 lokal yang bersatu dalam kasih Kristus dan kesucianNya 1Yoh 1:7.

Jangan sampai kita ter-pecah2, mulai dalam Gereja lokal. Ada banyak orang yang dipakai iblis untuk meme-cah persekutuan tubuh Kristus dalam Gereja lokal, antar Gereja, antar Sino-de, antar bangsa dan dunia. Kalau kita dipimpin Roh, kita tidak akan kena siasat iblis, yaitu ber-benci2an, tetapi tetap ber-kasih2an namun dengan celik Mat 10:16. Jaga mulut dan hati, tetap dalam persekutuan tubuh Kristus da-lam kesucian dan kasih. Mulut ini ja-ngan sampai salah Yak 3:2, Wah 14:5 (mulut orang zaman sekarang sangat panjang dan cepat dengan WhatsApp dll dan hati tetap sejahtera, ada kasih Kristus dan kesucian. Kalau mulut bi-cara salah itu berarti hatinya ada salah atau kebencian! Mat 7:21. Hati harus dipelihara Ams 4:23. Belajar terus ber-sekutu dalam Roh Ef 4:3 dalam perse-kutuan tubuh Kristus 1Kor 12:13, se-kalipun ada halangan dan beberapa banyak orang tidak suka dan benci, tetap cinta dan minta hikmat dan pim-pinan Roh. Kadang2 Gereja bersaing, tetapiTuhan menghendaki persekutuan dalam kasih dan kesucianNya sebab kita saling membutuhkan dan saling mengisi, jangan sampai masuk jerat iblis.

Jangan berhenti, berusaha terus. Apa yang kita kerjakan? Gereja bukan hanya suci, tetapi juga terhias Wah 21:2 dalam segala segi hidup menurut Firman Tuhan dan pimpinan Roh Ku-dus. Jangan berhenti sebelum Yerusa-lem atau mempelai Kristus terhias sampai sempurna, ini target Gereja Tuhan.

Juga Allah tidak pernah berhenti be-kerja sampai sekarang Yoh 15:17, Tu-han Yesus terus berdoa syafaat bagi kita semua Ibr 7:25, juga Roh Kudus terus bekerja sampai Ia diangkat keluar dari jalannya (ber-sama2 Bapa + Putra pada saat pengangkatan) 2Tes 2:7. Ke-tiga Pribadi Allah terus bekerja bukan untuk diriNya sendiri, tetapi untuk kita, GerejaNya, melalui orang2 suci yang mau diberi beban untuk ikut dalam rencana Allah yang maha besar ini.

Bagaimana caranya masing2 kita menghiasi tubuh Kristus? Hiasan rohani itulah perkara2 yang indah yang kita lakukan di hadapan Tuhan yang bernilai kekal. Misalnya: Ketaatan Nuh mem-buat bahtera, penyerahan Ibrahim yang taat pada panggilan dan menye-rahkan Ishak dengan sepenuh hati. Sikap Ayub waktu mengalami ujian se-jak permulaan dsb. Belum lagi dari Daud, Daniel, Elia, Elisa, Musa, begitu banyak. Semua ini menjadi hiasan yang mulia dan kekal di hadapan Allah.

Bagaimana kita dapat menghasilkan hiasan2 yang indah di hadapan Allah?

  1. Kerjasama Allah dan manusia.

Ini tidak dibuat Tuhan sendirian, tetapi hasil kerjasama Tuhan dengan orang2 suci yang taat (misalnya: Ayub 1:21, Dan 3:18, Kis 4:19 dsb).

  1. Tinggal di tempat / jabatan masing2 1Kor 12:18. Masing2 kita mempunyai tempat dalam tubuh Kristus, jangan pindah2 tempat dan pelayanan, apalagi karena uang, popularitas, perasaan hati ikut2an dll, jangan mudah pindah Ge-reja, nanti tidak ada harganya di ha-dapan Tuhan. Juga dalam macamnya jabatan. Tinggal setia pada panggilan dan jabatan masing2 itu akan membuat kita banyak ber-buah2 lebat bagi Tu-han. Jangan ke luar dari jabatan yang sudah Tuhan berikan dan yang kita taati, sebab disitu kita akan terhias pa-ling limpah. Misalnya: Mulut dalam berbicara, tangan dalam bekerja, kaki dalam berjalan, telinga dalam men-dengar. Justru dgn jabatan itu kita menghasilkan banyak hiasan rohani (“bakat” rohani) yg mulia untuk kekal.
  2. Taat dalam pimpinan Roh Rom 8:14. Orang yang ke luar dari pimpinan Roh dan hidup menurut daging atau kehen-daknya sendiri akan menghasilkan ba-nyak dosa, bukan hiasan. Tetapi yang taat dipimpin Roh berbuat kehendak Allah akan membuat pekerjaan yang indah2 di hadapan Tuhan. Tentu Roh Kudus memberi kekuatan dan dorong-an, tetapi keputusan,kemauan dan ka-sih yang mau menderita karena Tuhan, itu dari kita dan ber-sama2 kita meng-hasilkan hiasan2 indah dalam hidup ini yang menghiasi tubuh Kristus.
  3. Setia sampai akhir Wah 2:10. Kalau tidak setia dan mati dalam dosa, semua perkara yang indah itu hilang Yez 33:13, tiada pahalanya seperti Saul, Gehazi, Yudas, dsb. Buat segala perkara yang indah Pil 4:8 bagi Tuhan dalam kesucian dipimpin Roh. Jangan gundul di hadapan Allah 1Kor 3:15. Menang-kan jiwa2 seperti Pilipus, bersaksi seperti budak perempuan Naaman, berani berkorban seperti Ester dll.
  4. Gunakan setiap kesempatan yang ada. Jangan malas, jangan lelah untuk mengejar setiap kesempatan Hak 8:4. Musa sekalipun lelah, berdoa terus sebab itu kesempatan yang tak boleh di-sia2kan Kel 17:2. Seringkali Tuhan memberi kesempatan. Ada banyak alasan yang diberikan iblis. Kadang2 alasan situasi kondisi kepada kita, tetapi jangan tertipu.

Lihat kehidupan setiap orang yang indah dalam Alkitab, masing2 mempu-nyai keindahan dan hiasannya sendiri yang boleh menjadi contoh bagi kita. Ingat, ini semua di dalam hidup kesu-cian. Orang yang hidup dalam dosa ti-dak mempunyai perhiasan2 yang in-dah, Allah melawan hidup dalam dosa/ gelap. Berusaha dengan iman dan terus menyangkal diri mematikan daging, tetap tinggal dan terus naik ke bukit Zion dan berusahalah dengan tidak tahu lelah untuk menghiasai Yerusalem yaitu tubuh Kristus yang sempurna. Jangan berhenti bekerja untuk meng-hiasi Yerusalem sampai Tuhan Yesus datang. Kalau kita mendapat nafas itu ada maksud Tuhan, kalau mati itu perhentian Wah 14:13.

Kalau seorang undur dari Tuhan seperti Demas, tentu ia tidak lagi dapat meng-hiasi dirinya di hadapan Tuhan, justru sebaliknya penuh dengan perkara2 duniawi yang keji.

Yes 62:1c. Sampai kebenaranNya bersinar seperti cahaya terang.

Kita harus hidup benar seperti terang yang terus meningkat sampai pada terang siang (terang matahari) Ams 4:18. Begitu kita berusaha naik ke bukit Zion sampai kebenaranNya memancar seperti cahaya terang.

Mengapa? Ini diperlukan sebab dosa dan kejahatan itu meningkat ma-kin dahsyat di akhir zaman, lebih2 da-lam Minggu ke-70 Daniel. Bayangkan seperti hujan kerikil, lalu batu, lalu batu gunung sampai yang terbesar, dahsyat sekali. Kalau Gereja Tuhan tidak diper-siapkan baik2, tidak akan bisa tahan dan gugur dan binasa. Persiapan itu harus dari:

  1. Kita. Mat 24:42.
  2. Tuhan yang memberi fasilitas yang luar biasa, perlengkapan ilahi yang besar (3 Pribadi Allah ikut serta). Tetapi kita harus siap sebab, tanpa persiapan sampai matang, kita tidak bisa mema-kai fasilitas Allah yang besar itu, sebab tidak bisa memakainya atau salah pakai. Misalnya jadi sombong, mema-kai untuk menuruti kehendak atau ha-wa nafsunya (seperti Yohanes, Yakobus Luk 10:54-55. harus bisa mematikan daging, dan bisa mengerti kehendak Tuhan, dipimpin Roh, baru fasilitas Allah itu bisa berguna dengan baik. Gereja akhir zaman tidak akan kalah sekalipun pencobaan yang turun bukan “kerikil” tetapi “batu gunung besar”. Gereja akan tetap menyinarkan hidup benar. Jangan kuatir tetapi bersedialah, tumbuh dalam kesucian, tabiat baru dan mahir dipimpin Roh. Ini Gereja yang hidup dalam kebenaran dan terang Roh Kudus.

Yes 62:1d. dan selamatnya seperti lampu yang menyala.

Mengapa keselamatan dikatakan se-perti lampu yang bersinar? Sebab orang yang selamat itu bisa bersinar. Ia bebas dari dosa, sukacita sehingga kesaksian hidup dan kata2nya itu bisa menolong dan menyelamatkan orang lain (ingat perempuan Samaria Yoh 4:39, sebab itu orang yang selamat itudisebut terang dunia atau garam dunia Mat 5:13-16. Kalau ia tidak me-nyala, padam, keselamatannya diragu-kan atau sudah hilang. Disertai Tuhan itu luar biasa, lebih daripada disertai kepala Polisi atau raja! Bersaksilah, ka-sihi orang2 di dekatnya. Lebih2 sesu-dah penuh Roh Kudus, sinar itu makin terang Kis 1:8.

 

YES 62:2. DUNIA MELIHAT GEREJA AKHIR ZAMAN YANG AJAIB.

Yes 62:2a. Dan orang2 kafir akan melihat kebenaranMu.

Sekalipun dosa dan kejahatan mening-kat luar biasa, Gereja di tengah2nya bisa tetap hidup benar dengan hikmat dan kuasa Allah, penuh dengan mujizat dan pertolongan Allah dan pelayanan orang sempurna. Bisa hidup benar da-lam semua segi hidup itu ajaib, misal-nya dalam nikah, dalam keuangan, da-lam pergaulan, bisa mengampuni, bisa rendah hati dll mereka bisa melihatnya. Mengapa mereka bisa melihat, sebab biasanya tidak peduli dan tidak tahu, sebab:

  1. Mereka sendiri tidak bisa hidup tan-pa dusta, tanpa dosa, tanpa perzinaan, tanpa kebencian, tanpa korupsi, tanpa semua dosa. Tetapi mereka melihat orang2 yang dipimpin Roh bisa hidup dalam kesucian, tetap sejahtera, suka-cita dan bahagia, itu ajaib.
  2. Tetap diberkati Allah Yes 60:5, 61:5-6 tetap berhasil, sebab kuasa, mujizat Tuhan menyertai. Seperti Ishak mem-buat sumur selalu berhasil padahal orang2 lain selalu gagal.

Yes 62:2b. dan semua raja2 (melihat) kemuliaan-Mu.

Disebut raja sebab menang perang. Pergumulan, persaingan, peperangan dalam segala segi makin keras, tetapi orang2 yang dipimpin Roh tetap me-nang dengan hikmat dan kuasa Allah (lebih2 terhadap 3 Antikirs yang sudah bekerja dengan hebat dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel. Gereja Tuhan tetap perlu uang, umat Tuhan tetap bekerja mencari nafkah, sekolah dan macam2 aktivitas dalam hidup se-hari2 yang dikuasai dosa dan kejahatan Mat 10:16. Tetapi Gereja jalan sempit tetap akan menang sebab disertai hikmat dan kuasa Allah. Kita perlu belajar mu-lai sekarang bisa menangdalam kesu-karan2 yang kecil (kerikil) dibandingkan kesukaran2 yang akan datang sebesar batu atau batu gunung yang besar. Dengan doa puasa Mat 17:21 dan pengurapan Roh Kudus yang limpah akan terjadi kemenangan. Miliki kuasa Allah yang limpah dan hikmatNya un-tuk menghadapi segala sesuatu. Jangan bersandar pada kuasa dan kemampuan manusiawi, tetapi kuasa Allah. (Paulus di penjara Filipi tidak memakai hak Warga Negara Romawi, meskipun itu berarti banyak, tetapi berjalan dalam Roh. Banyak sengsara dan aniaya, te-tapi kuasa Allah tidak terkalahkan dan orang2 melihat kemuliaan kuasa Allah. Baru sesudah itu ia menunjukkan kewarganegaraannya.

Begitu kita harus belajar bersedia hidup dengan hikmat dan kuasa Allah yang makin limpah, tidak tergantung dari kemampuan dan kuasa dunia ter-masuk kuasa uang dll. 1Kor 2:9. Rin-dulah limpah kuasa Allah seperti Elisa 2Raj 2:10. Kita perlu limpah pengurap-an dan pengertian Firman Tuhan yang terus ber-tambah2 Dan 12:4, 2Pet 3:18.

Yes 62:2c. dan engkau akan disebut dengan nama baru yang akan dinamai oleh mulut Tuhan.

Dalam ayat 3 dan 4 disebut nama2 yang ajaib itu. Kita sekarang belum tahu, tetapi pada waktunya ada banyak hal2 baru yang Tuhan berikan, yang bisa mengatasi semua kesukaran yang makin besar (kerikil dsb) dan Tuhan akan memberi hikmat yang luar biasa (misalnya perdagangan dan jual online ini dahulu tidak terpikir, Tuhan izinkan hal ini terjadi);, lebih2 dalam hikmat Allah akan ada banyak hal2 baru ilahi yang bisa menolong kita, jangan kuatir. Itu keluar dari mulut Tuhan yaitu dari Firman Tuhan. Pada waktu rahasia2 Firman Tuhan dibuka (kegerakan Fir-man Tuhan dalam Hujan Akhir), maka keluarlah tehnologi ilahi baru yang ajaib. Jangan kuatir, Allah sanggup me-nyempurnakan GerejaNya, tetapi kita harus bersedia baik2, lekat dengan Dia, makin mahir berjalan dalam Roh.