YS327 – YESAYA 61:3. GANTI BARU, SANGAT INDAH, POHON KEBENARAN

YES 61:3A. Untuk mengangkat mereka yang berkabung di Sion.

Orang2 di Sion tentunya adalah umat Tuhan, sudah percaya Tuhan tetapi berkabung. Mengapa? Ini tentu aneh, seperti memberi bantuan makanan un-tuk anak2 orang kaya. Pasti yang salah adalah umat Tuhan sebab Tuhan tidak pernah salah. Tetapi sekarang mereka diangkat, dipulihkan. Mengapa?  Sebe-lumnya mereka sangat menderita, bah-kan berkabung sebab banyak yang mati. Sebetulnya umat Tuhan itu anak emas, sebab Allah itu maha kuasa dan maha baik. Oleh karena itu orang beriman bisa terus bersukacita, tidak perlu sampai berkabung. Kalau ini terjadi, jangan salahkan Allah tetapi periksa diri dan perbaiki yang salah. Orang yang menyalahkan Allah akan celaka. Tetapi yang mau periksa diri dan bertobat akan dipulihkan, asal ma-sih hidup. (Kalau karena ujian, biasanya tidak berkabung, sebab ujian hanya sesaat, tidak lebih dari kekuatan dan mereka yang lulus selalu ada sejahtera biarpun dalam keadaan menderita karena ujian seperti Paulus, Petrus da-lam penjara kesukaran Kis 16:25). Orang yang buta dan bodoh, tidak mengerti, akan kacau, tetapi orang yang mengerti dan mau bertobat pasti akan dipulihkan sebab Allah tidak ingin anak terhilang binasa tetapi pulang dan dipulihkan se-bisa2nya.

 

YES 61:3B. Untuk memberikan keelokkan akan ganti abu.

Abu dukacita (misalnya Yus 7:6; Yez 27:30) dan pasti rupanya tidak karuan semua sebab dosa. Memang dosa itu membuat dukacita, kepahitan, seng-sara dan penderitaan bahkan hati yang pecah atau remuk. Orang berdosa itu tidak punya sejahtera dalam hatinya, kalau toh ada sukacita hanya sesaat Ibr 11:25, Yoh 4:13, Ams 14:13-14 dan ke-mudian kembali keluar dukacita, sebab selalu ada saldo dukacita dalam ha-tinya yang pecah itu Yes 61:1. Lain dengan orang percaya yang hidup da-lam kesucian, ada sukacita dan ke-elokan kesucian Maz 29:2 dan dalam hatinya selalu ada saldo sukacita Yoh 16:22, sebab itu sekalipun dalam pen-jara dukacita, setiap waktu saldo sukacita itu bisa diambil dan keluarlah sukacita dalam hatinya dan itu cukup untuk mengatasi masalahnya, sebab sukacita dari Tuhan itu kekuatannya Neh 8:11, Pil 4:4 seperti yang dialami Paulus, Petrus dll Kis 12:5. Sukacita dari Tuhan itu cukup sebab selalu mengalir dari Surga, tidak pernah habis perse-diaan di Surga Yoh 7:38; 4:14.

Orang yang sungguh2 bertobat se-hingga dosanya lenyap akan mengalami pemulihan, ada sukacita dalam hatinya seperti Zakaria Luk 19:9, Kis 8:39; 13:48,52 dsb.

Abu itu pahit, celaka dan jelek diganti keelokan dan kesukaan, elok rohani dan jasmani. Wajah yang betul2 gem-bira pasti jauh lebih elok daripada yang pahit atau pura2 senang. Nikmati keelokan kesucian Tuhan yang indah, sukacita dan disertai Tuhan itu cukup untuk se-gala2nya.

 

YES 61:3C. Minyak kesukaan akan ganti perkabungan.

Minyak menceritakan tentang peng-urapan Roh Kudus dan selalu ada kesukaan sebab kalau mau taat dipim-pin Roh Kudus, kita pasti menang. Ini sukacita yang asli sebab ada Roh Kudus di dalam kita. Segala problem bisa diatasi atau dimenangkan oleh Roh Kudus dan orang yang selalu penuh dan taat dipimpin Roh. Tidak ada yang mustahil atau jalan buntu bagi Roh Allah, juga maut dan perkabungan. Sekalipun maut sudah dikalahkan oleh darah Yesus 1Kor 15:51-57. Maut tidak lagi menakutkan bagi orang yang hidup bagi Kristus Pil 1:21. Juga orang2 yang baru percaya Tuhan dan yang bertobat kembali, ia dipulihkan, kembali ada pengharapan hidup kekal yang penuh sukacita. Dari hari2 yang lalu semua orang beriman menghadapi kematian, juga orang2 yang mati syahid dan semua bisa menang dengan Tuhan, tidak takut. Lebih2 dari hari2 yang akan datang, dalam ayat2 di atas diterang-kan, orang yang akan ikut peng-angkatan dan yang menjadi sempurna, tidak takut maut sebab dipelihara Allah, bahkan tidak akan pernah meng-alami kematian, suatu rahasia akhir zaman yang dimengerti orang2 yang selalu penuh dan taat dipimpin Roh Kudus. 1Kor 15:51-52.

Ini tidak ada dalam kamus manusia di dunia, ini suatu rahasia bagi orang2 yang penuh dan taat dipimpin Roh, le-bih2 yang sudah ditetapkan untuk boleh ikut dalam pengangkatan. Duka-cita perkabungan diganti kesukaan hidup kekal, baik yang masih akan mati dalam Tuhan, apalagi yang akan ber-temu Tuhan di udara dalam peng-angkatan.

 

YES 61:3D. Jubah pujian akan ganti roh yang terbeban berat.

Roh yang terbeban berat tentu tidak bisa menyanyi bersukacita tetapi sedih, bahkan berkabung, apalagi kalau dosa2nya makin banyak, akhirnya ia akan berpakaian kutuk Maz 109:8, seperti orang2 dalam Neraka, begitu menderita. Tetapi kalau kita hidup be-nar dan berpakaian jubah pujian, kita bisa menaikkan pujian 7 kali dalam 1 hari Maz 119:164 dengan kata lain, de-ngan sempurna (7) tidak ada habisnya dan begitu penuh sukacita dan ber-kemenangan. Ini gantinya roh yang terbeban berat. Roh yang hidup dalam dosa, pasti tidak ada sejahtera Rom 3:17, bahkan ditindas oleh dosa dan hukumannya (dalam perhambaan dosa Yoh 8:34). Orang yang ditindas itu menderita seperti Israel di Mesir Kel 1:12, juga dalam penjajahan apapun seperti Hak 10:8. Keadaan orang yang tertindas itu berat. Maz 119:107; 72:2,4,12,19 dll. Tetapi kalau dosa diampuni dan dilepaskan dari ikatan-nya (oleh Tuhan Yesus) maka ia juga akan lepas dari tindasan yangberat itu dan bisa lega dan bersukacita bahkan bisa memakai jubah pujian!

Apa jubah pujian? Tidak ada ayat yang lain tetapi kita mengerti tentang me-muji2 Tuhan dan jubah itu pakaian. Inilah orang2 memakai puji2an sebagai pakaiannya, bahkan terus menerus sampai 7 kali dalam sehari Maz 119:164. Ini orang2 yang bisa memuji Tuhan dengan betul sehingga hadirat Tuhan turun atas puji2an umatNya Maz 22:4. Ini besar artinya. Waktu tentara Yosafat me-muji2 Tuhan, maka hadirat Tuhan turun dan mereka mengalami kemenangan yang luar biasa 2Taw 20:22-24,26. Begitu juga 300 tentara Gideon yang memuji Tuhan dengan nafirinya, maka mereka menang besar. Kita harus bisa memuji Tuhan dengan baik seperti memakai jubah pujian dan me-muji2 Tuhan 7 kali dalam sehari. Ini berarti me-muji2 Tuhan dengan betul dalam kesucian, dengan yakin meng-aminkan kata2 pujian dengan segenap hatinya, bahkan menyanyi dengan roh seperti orang berdoa 1Kor 14:14,15, maka hadirat Tuhan akan turun dan nyata sehingga ada kesukaan dan Roh Kudus akan bekerja dengan kuat kuasaNya seperti pada Yosafat dan Gideon . Ini bisa dilakukan oleh orang yang sudah dipulihkan atau oleh orang yang tetap tinggal dalam kesucian; kita bisa me-muji2 Tuhan dengan segenap hati dan roh, bahkan dengan iman mengaminkan setiap kata2 dalam nyanyian kita. Ini jubah pujian. Tentu kata2 nyanyian ini haruslah sesuai de-ngan Firman Tuhan 1Pet 4:11 dan dengan pengertian yang cukup jelas Mat 13:23, sesuai dengan kehendak Tuhan. Dengan demikian saat puji2an dalam ibadah dan di rumah, bisa menjadi saat2 yang sangat indah dan sukacita, menarik hadirat Tuhan dan kuasaNya.

Kita semua perlu memiliki jubah pujian, itu indah dan menyenangkan, serta tinggal dalam hadirat Tuhan de-ngan segala kuasa dan berkatnya yang limpah. Nyanyi terus dengan betul, dengan jubah pujian sehingga hidup ini jadi penuh sukacita dan indah dalam rencana Allah yaitu hidup dalam pim-pinanNya.

 

YES 61:3E. sehingga mereka dapat dipanggil pohon kebenaran.

Ada istilah pakaian kebenaran itu indah, misalnya Ay 29:14, Yes 61:10. Ini pakaian yang diperkenan Tuhan. Tetapi disini disebut pohon kebenaran, itu lebih indah lagi sehingga pohon itu terus bertumbuh sehingga ber-buah2, tidak statis. Begitu orang yang hidup benar dengan keelokan kesucian Maz 29:2 dengan minyak Roh Kudus dan memakai jubah pujian, maka orang2 seperti ini akan disebut pohon kebe-naran yang terus bertumbuh dan ber-buah2.

Ini luar biasa, bahkan pohon ini akan berakar ke bawah dan berbuah ke atas Yes 37:31. Ini suatu keadaan yang amat indah, sebab terus berakar ke bawah sehingga selamat sampai kekal Mat 7:21-23 dan ber-buah2 ke atas yaitu kemuliaan dan pahala yang abadi mengikut kita terus se-lama2nya. Ini amat indah. Ini menceritakan se-gala2nya dalam hidup ini yang akan dilanjutkan dalam Surga mulia. Da-sarnya adalah pohon kebenaran, hi-dup benar di hadapan Allah. Ingat MAK DSY, yaitu benar di hadapan Allah, dimana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja, dahulu sekarang dan yang akan datang sampai se-lama2nya. Orang yang hidup benar di hadapan Allah itu sudah sangat indah (hanya mungkin di dalam Kristus Yoh 15:5) dan Tuhan akan menyertainya 1Pet 3:12, Rom 8:31. Kalau Allah beserta kita, kita akan menang, sebab lawan kita akan kalah oleh Kristus yang ada di dalam orang2 benar. Ini hidup yang indah dan sukacita sampai kekal (asal tetap benar sampai ke akhir). Dan ini tidak berhenti sampai disini sebab pohon itu akan tumbuh terus

Kalau pohon kebenaran ini tumbuh, lalu jadi apa, kemana, bagaimana? Memang yang hidup itu akan tumbuh terus, bukan macet atau berhenti tum-buh. Kebenaran tumbuh kemana? Tar-get pertumbuhan kita adalah menjadi seperti Kristus 1Kor 11:1, Ef 4:13, Kol 1:28; 2:10 bahkan seperti Allah Bapa Mat 5:48, Yoh 10:34-35.

Untuk menjadi sempurna adalah suatu perjalanan panjang, tetapi ini adalah kehendak Allah Mat 5:48 (ada ayat2 lain, misalnya Mat 19:21, Yoh 17:3, 1Kor 13:10, 2Kor 10:6, Fil 3:12,15, Kol 4:12, 1Tes 5:23, 2Tim 5:17, Tit 1:13, Tit 2:2, Ibr 11:40, Yak 1:4, Yak 3:2, 1Pet 5:10, Wah 14:5, Kej 17:1, Ul 18:13 dll).

Kalau orang dunia dan orang yang tidak mengerti mendengar bahwa kita hen-dak menjadi sempurna apalagi seperti Allah, mereka heran, mengapa begitu ekstrim, sebab untuk manusia itu sesuatu yang tidak mungkin. Tetapi ini rencana Allah sendiri supaya kita jadi seperti Kristus, seperti Bapa dan duduk di tahta dengan Kristus dan Bapa. Wah 3:21

Dalam Kemah Suci hal ini sangat jelas, yaitu pertumbuhan dari Pintu Gerbang sampai Pintu Kemah, tembus Tirai sampai Tabut.

Memang jumlah orang yang bisa masuk sampai tabut, tambah tinggi tambah sedikit.

Ruangan Maha Suci à Imam besar, seperti Kristus ~ mempelai Kristus,

144.000 orang.

Ruangan Suci à Imam2, orang2 yang penuh Roh Kudus 1Pet 2:9, + 0,5 milyard.

 

Halaman à Orang Israel ~ semua orang Kristus, misalnya 2,5 milyard.

 

Ini bukan rencana atau kehendak kita. Kalau kita percaya dan taat, maka Tuhan akan memimpin dalam pertum-buhan ini dan mengolah kita untuk menjadi sempurna. Memang perja-lanan ini sangat jauh dan tinggi.

Memang tidak semua orang men-jadi sempurna, menurut Wah 14:1 hanya 144.000, tetapi ini pasti akan jadi dan menjadi arah pertumbuhan kita.

Kalau kita dalam arah pertumbuh-an yang betul, lurus pada kesem-purnaan, maka kita tidak membuang waktu dan kesempatan, sebab tidak ber-belok2 sehingga bisa meningkat lebih cepat dan lebih tepat kepada kesempurnaan. Meskipun tidak menca-pai kesempurnaan, tetapi kalau per-tumbuhan kita lurus, kita akan me-ningkat dengan cepat dan kita akan mencapai tingkatan yang setinggi mungkin. Ada yang sungguh2 dipimpin Roh, dan beberapa banyak betul2 men-jadi sempurna, itu untung terbesar!

Orang yang ber-belok2, apalagi mundur, bukan saja tidak efektif, tidak maju dengan betul bahkan bisa undur dan terjerat dalam ikatan dosa dan bisa terhilang. Sebab itu, sesuai dengan skema pertumbuhan menurut kemah suci (perlu dipelajari baik2), jangan kita ber-putar2 ke sana-sini, tetapi lang-sungkanlah (TL: lanjutkanlah) menuju kesempurnaan Ibr 6:1, sehingga aman, tidak sampai masuk jerat iblis dan bisa lebih cepat tumbuh kepada kesem-purnaan.

 

YES 61:3F. Tanaman Tuhan.

Ini kuncinya untuk pertumbuhan sam-pai menjadi sempurna seperti Kristus, yaitu tanaman Tuhan. Tuhan yang me-nanam dan menumbuhkan sebab tan-pa Tuhan tidak mungkin ada pertum-buhan yang betul, apalagi sampai kepada kesempurnaan.

Untuk tumbuh, kita harus tumbuh dalam Kristus. Inilah pertumbuhan dalam Ruangan Suci, yaitu selalu penuh dan taat dipimpin Roh. Jangan naik turun dari Halaman (jatuh bangun da-lam dosa, panas dingin, mendua) ke Ruangan Suci. Lalu bagaimana pertum-buhan itu, seperti apa? Hidup seperti Kristus dan untuk itu kita perlu tekun dalam 7 KPR.

Kita harus tetap hidup benar, penuh penyerahan dan taat, setia dan tumbuh terus dalam kasih sampai kasihnya sempurna.

Apa artinya kasih yang sempurna pada Tuhan? Itu kasih kepada saudara2 kita, Luk 10;27. Mau mengorbankan diri untuk pertumbuhan rohani mereka (bukan hanya jasmani) sebab orang yang cinta Tuhan itu cinta saudara2nya 1Yoh 4:20.

Musa mengasihi Israel, ia berusaha menobatkan dan menumbuhkan de-ngan segenap hati tanpa benci padahal mereka jahat sekali kepadanya,tetapi justru dengan ini tahu2 Musa sendiri yang menjadi sempurna. Ia berusaha dengan tulus untuk menjadi berkat, dan itu menuntut banyak pengor-banan, tetapi justru dengan demikian ia tumbuh sampai menjadi sempurna.

 

YES 61:3G. Supaya Ia dapat dipermuliakan.

Yang patut dipermuliakan hanyalah Tuhan Yes 42:8, sebab semua berasal dari Dia, oleh Dia dan untuk Dia. Tetapi Allah itu bukan suka puji seperti iblis, sebab segala puji sudah ada padaNya, Ia yang termulia dari semuanya. Tetapi maksudnya disini bahwa Ia dipermu-liakan oleh seisi Surga Bumi Baru yaitu kalau rencanaNya genap, menebus, menyelamatkan dan menumbuhkan manusia sehingga menjadi sempurna, yaitu Gereja atau tubuh Kristus yang sempurna. Ini yang dirindukan Allah sebab cinta pada manusia supaya ma-nusia yang mau percaya dan taat bisa diolah dan ditumbuhkan sampai genap rencanaNya, manusia menjadi seperti Allah, tepat menurut rencana Allah. Yoh 10:34-35. Sesudah itu mulailah Surga Bumi Baru. Dahulu hanya ada tiga Pribadi Allah, tetapi sesudah itu akan ada lagi allah2 yang lain yang diciptakan segambar dengan Allah Kej 1:28 dan tumbuh sampai penuh seperti Allah. Ini akan digenapkan dan semua orang yang selamat akan tergolong dalam putra2 Allahyang selamat:

  1. Tingkat Ruangan Maha Suci (sem-purna, Yerusalem baru),
  2. Tingkat Ruangan Suci yaitu di Surga Baru dan
  3. Tingkat Halaman yaitu di Bumi baru.

Sesudah itu mulailah kekekalan bagi Alalh dan putra2Nya yang begitu ba-nyak. Rencana Allah itu gilang gemi-lang, dan dengan demikian Allah diper-muliakan sebab rencanaNya genap dan ber-sama2 denganseluruh isi Surga Bumi Baru akan bersukacita untuk kekal, masing2 dalam tingkat kemu-liaannya yang sudah didapatnya pada waktu di dunia.

Setialah sampai mati, jangan tertipu oleh kesukaan dunia dan dosa yang fana. Rencana Allah terlalu mulia untuk orang2 yang dikasihiNya.

 

Nyanyian:

O Yerusalem, kota mulia,

hatiku rindu ke Sana.

Tak lama lagi Tuhan ku datanglah,

bawa saya masuk Sana.