YS325 – YESAYA 60:18-22. SURGA DIMULAI DI DUNIA (II), JUGA NERAKA

KESIMPULAN AYAT 18.

 

Kunci penafsiran.

  1. Ayat2 ini menubuatkan tentang Sur-ga (matahari bulan diganti Tuhan, ayat 19-20).
  2. Tetapi tetap ada hal2 yang seperti di dunia, yaitu semua akan berubah dan tumbuh menjadi baik (ayat 18,20,21, 22).
  3. Ayat kunci (Yes 60:22) Tuhan akan mempercepat, supaya segera terjadi.
  4. Jadi ini berarti masih di dunia, tetapi seperti di Surga. Bila? Dalam 3,5 tahun I sebelum pengangkatan.
  5. Wah 12:1 terjadi secara rohani, de-ngan matahari, bulan, bintang dengan 144.000 orang sempurna dan fasilitas akhir zaman yang heran sehingga Gere-ja menjadi ajaib seperti Surga tetapi masih di bumi.
  6. Memang Surga dimulai di dunia waktu lahir baru, dari dalam hatinya keluar air hidup Surgawi yang terus mengalir sampai kekal. Yoh 4:14; 7:38.

Juga terangnya bertambah sampai seperti Allah Bapa Ams 4:18, Mat 5:48. Jadi Surga sudah dimulai di dunia, juga Neraka! Kata kunci Surga adalah suci Wah 4:8 dan kata kunci Neraka adalah dosa Rom 6:23.

Kita melihat ada 4 macam suasana Surga, yaitu:

  1. Surga di dunia sekarang.
  2. Dalam 3,5 tahun I.
  3. Dalam kerajaan 1000 tahun.
  4. Dalam Surga Bumi Baru (lihat skema).

Yang mulai dengan Neraka di dunia, bisa terus meningkat sampai Neraka yang kekal. Harus memilih Surga Luk 12:57 dan sesudah itu sungguh2 memeliharanya baik2, supaya jangan binasa.

 

YES 60:19. TUHAN MENJADI TERANG MATAHARI DAN BULAN.

 

19a. Matahari tidak lagi akan menjadi penerangmu pada siang.

Biasanya orang dapat terang dari matahari, kalau hilang jadi gelap dan bahkan juga celaka (mati). Ini terang secara biasa. Tetapi sekarang kita mendapat Tuhan Allah Bapa kita men-jadi matahari kita Wah 12:1. Apa ar-tinya? Biasanya kita melihat, men-dengar, berpikir dengan akal (otak) kita untuk melakukan seluruh hidup ini. Tetapi kalau seorang mulai hidup dipimpin Roh, maka pimpinan Tuhan lebih penting dari semua yang tampak dan yang didengar atau yang dipikir-kannya. Maka sekarang Tuhan yang jadi penerang baginya (matahari), pim-pinan Tuhan menjadi jauh lebih penting dari semua yang dilihat, didengar atau yang ada dalam pikirannya. Misalnya Nuh kerja keras dengan keluarganya, bahkan seluruh hidupnya taat menurut terang dari Tuhan Allah, yaitu ia mem-bangun bahtera, sesuatu yang aneh atau gila untuk orang2 zamannya. Tetapi semuanya terjadi betul dan Nuh mengerti, taat dan melakukannya de-ngan penuh Kej 6:22. Ada banyak hal2 yang dibuat orang yang dipimpin Roh dalam terang matahariilahi, bukan dalam terang manusiawi atau alami. Kalau rohaninya makin meningkat ia bisa mentaati lebih banyak dan lebih banyak berbeda dari yang alami atau manusiawi. Memang seringkali hal ini tidak dimengerti oleh manusia lahiriah, pikiran manusiawi, sebab orang yang dipimpin Roh ituseperti angin Yoh 3:8.

Jangan lupa, ini diceritakan untuk kea-daan sejak di dunia sekarang sampai dalam Surga kekal.

Tetapi kenyataan kemuliaan Sur-gawi itu banyak yang belum jelas se-perti 3Yoh 2, tetapi makin meningkat. Ini yang penting, supaya jangan kita statis, macet, mogok, tetapi kita harus terus tumbuh, meningkat, sampai mengalami suasana Surga yang penuh seperti di Surga Bumi Baru.

Sekarang mungkin Tuhan menjadi terang bagi kita baru 20% dan untuk yang lain kita masih memakai pikiran, mata dan telinga kita. Tetapi dalam Wah 12:1 keadaannya meningkat sa-ngat tinggi sehingga hampir sepenuh-nya Gereja ini bergantung dari terang Allah. Seperti Putra manusia Yesus hi-dupnya tidak tergantung dari pikiran-Nya tetapi sepenuhnya dari BapaNya Yoh 5:19; 8:26 sehingga hasilnya luar biasa. Ini adalah cara hidup orang sempurna, dengan terang penuh dari Allah.

Hal ini akan jadi sempurna dalam tubuh kemuliaan seperti pelayanan orang sempurna dalam Minggu ke-70 Daniel (Putra manusia Yesus masih memakai tubuh biasa, sebab Ia sedang tumbuh sebagai manusia biasa seperti kita sampai menjadi sempurna. Ia menjadi contoh dan jalan bagi kita Yoh 14:6. Sesudah genap (jadi sempurna) Yoh 19:30, maka Putra manusia Yesus melayani seperti orang sempurna (se-sudah kebangkitan) seperti juga orang2 sempurna dalam Minggu ke-70 Daniel. Pelayanan orang sempurna itu luar biasa, 100% memakai terang dari Allah, bukan lagi memakai terang manusiawi. Ini digambarkan oleh perempuan da-lam Wah 12:1 yang memakai matahari, bulan, bintang sehingga terus berkeme-nangan. Tetapi jangan lupa Gereja akhir zaman yaitu Gereja jalan sempit itu terdiri dari dari banyak tingkatan dalam Ruangan Suci (yang Halaman su-dah terpisah), tetapi belum semua sempurna. Namun orang2 yang dipim-pin roh (= dalam Ruangan Suci) dengan fasilitas akhir zaman, termasuk pela-yanan orang sempurna, mereka akan tumbuh sangat cepat sehingga jumlah yang sempurna genap, juga jumlah2 semua tingkat di bawahnya genap, yaitu jumlah orang yang akan ikut pengangkatan, luar biasa.

 

 

19b. Juga bulanpun tidak lagi memberi cahaya untuk penerangan.

Terang yang alami itu ber-beda2, juga terang ilahi. Sebab itu kita harus ber-tambah2 dalam memperoleh terang ilahi dari Tuhan. Baik waktu melihat dan mendengar dengan mata dan te-linga jasmani (sebab kita masih hidup di dunia), jangan hanya melihat secara jasmani tetapi perhatikan apa yang Allah katakan pada kita lewat peris-tiwa2 alami yang kita alami. Yes 42:20. Semua yang terjadi di sekitar kita itu tidak kebetulan dan kita harus bisa mengerti dan mendengar suara Tuhan lewat semua yang kita lihat, dengar, pikirkan secara manusiawi. Orang yang dipimpin Roh dengan betul akan selalu mendengar suara Roh dalam apa yang dialaminya sehingga ia tahu apa artinya semua ini dari Tuhan, supaya kita tahu bagaimana menghadapinya, harus ber-kata atau bertindak bagaimana sesuai dengan pimpinan Roh, bukan menurut pikirannya atau cara2 manusiawi. Mi-salnya waktu Putra manusia dalam perahu dengan murid2Nya dilanda angin keras, waktu orang2 Yahudi mau membunuhNya ber-kali2 (misalnya Luk 4:29), waktu Petrus datang sesudah di-suruh membayar pajak di Kapernaum  Mat 17:27 dll (sangat banyak); setiap kali Putra manusia bereaksi sesuai pim-pinan Roh Kudus dan bapakNya dan hasilnya ajaib. Begitulah Gereja dalam Wah 12:1 dalam segala perkara men-jadi ajaib, sebab tidak lagi memakai matahari, bulan, bintang tetapi lang-sung dipimpin Roh, terang dari Tuhan Allah yang memberi cahaya pada mereka.

 

19c. Tetapi Tuhan akan menjadi bagimu terang yang kekal dan Allah mu akan menjadi kemuliaan mu.

Sebab itulah Gereja akhir zaman yang mendapat terang dari Tuhan itu men-jadi ajaib dan Tuhan menjadi kemu-liaannya senantiasa. Luar biasa! Gereja akhir zaman itu masih di dunia tetapi hidupnya seperti di Surga, penuh de-ngan segala kemuliaan Allah. Allah menjadi kemuliaan mereka, luar biasa. Ini menjadi pengalaman yang luar biasa dan ajaib dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan. Segala mujizat dalam Alkitab akan nyata, bahkan orang2 sempurna berbuat lebih daripada yang diperbuat Putra manusia Yesus Yoh 14:12. Firman Tuhan terbuka semua-nya Mat 10:26-27. Segala kuasa, hik-mat, pengurapan dan kesukaan yang limpah memenuhi Gereja dan umat Tuhan dalam 3,5 tahun ini, tetapi juga hukum Tuhan berlaku dengan keras se-hingga Gereja menjadi sangat tertib 2Kor 10:6. Pelayanan orang sempurna nyata dan makin banyak di seluruh dunia. Keadaan Gereja waktu ini sangat ajaib, sekalipun tetap ada banyak kesu-karan dan kejahatan (dosa meningkat, terjadi Polarisasi Wah 22:11 dan Ge-reja2 jalan lebar banyak menderita dan celaka). Tetapi semua orang yang akan ikut pengangkatan mengalami keme-nangan dalam segala pencobaan dan aniaya, tidak ada yang mati tetapi se-mua akan ikut pengangkatan, ini suatu rahasia besar (1Kor 15:51).

 

YES 60:20. HARI2 BERKABUNGAN MU AKAN BERAKHIR.

 

20a. Mataharimu tidak lagi akan terbenam.

Ini keadaan yang luar biasa. Matahari disini bukan lagi terang alami atau akal manusiawi, tetapi Allah menjadi te-rangnya dan Allah tidak akan berhenti bersinar, terus menerus nonstop be-kerja, memimpin dalam Gereja, seperti matahari yang tidak lagi terbenam, siang terus. Sebab itu Gereja menjadi ajaib. Tidak ada sesaatpun yang kosong dari kuasa, kenyataan, dan kemuliaan Allah dalam Gereja, sangat ajaib. Ge-reja betul2 menjadi pemenang dalam segala perkara sampai akhirnya ikut pengangkatan.

Mengapa matahari tidak lagi ter-benam? Sebab Gereja terus menerus hidup dalam kesucian dalam ketertiban yang penuh, sehingga Tuhan Allah selalu beserta dalam Gerejanya, tidak pernah terbenam atau menarik diri. Simson berdosa, sebab itu Tuhan me-narik diri daripadanya. Juga Daud per-nah, apalagi Salomo. Waktu undur dari Tuhan, Tuhan juga undur dari mereka, bahkan meninggalkannya seperti dari Saul dll.

Masa2 ini (terus siang) sungguh luar biasa, seperti Surga di bumi di dalam Gereja jalan sempit.

 

20b. Juga bulanmu tidak akan menarik dirinya sendiri, sebab Tuhanmu akan menjadi terangmu yang kekal.

Luar biasa! Terang yang kekal. Paling tidak untuk orang2 sempurna, tetapi juga untuk semua orang beriman da-lam Gereja akhir zaman ini, sebab semua hidup dalam kesucian dan itu berlangsung terus sampai kekal. Dari pihak Allah tidak pernah menarik diri, kecuali manusia undur dari Tuhan, berakhir dalam daging, dalam dosa, baru terpaksa Tuhan undur. Pada hari2 itu praktis tidak ada lagi orang undur, sebab sudah melewati Polarisasi dan ketertiban dalam Gereja waktu itu sangat tinggi dan orang yang tidak sungguh, sudah menarik dirinya pindah ke Gereja jalan lebar Kis 5:13 di sana mereka cocok dengan kehendak da-gingnya. Surga dan kesucian itu sejalan, tidak mungkin hidup dalam dosa, lalu bisa menikmati Surga, itu tipu daya dan dusta iblis. Menuruti daging itulah Neraka.

 

20c. dan hari2 perkabunganmu akan beakhir.

Perkabungan itu puncaknya dari penderitaan karena dosa,sebab itu berarti kematian masuk. Dalam Gereja jalan lebar penuh dengan perkabung-an, sebab kalau dosa tumbuh, maka iblis berkuasa dan kematian akan lim-pah sebab iblis itu algojo Yoh 8:44; 10:10. Aniaya bagi Gereja tidak ber-akhir dalam Minggu ke-70 Daniel, terus ada. Mengapa? Sebab orang dunia ti-dak bisa membedakan Gereja jalan lebar dan sempit, bahkan dalam satu rumah ada anggota2 dari Gereja jalan sempit dan lebar. Tetapi orang2 ber-iman yang di jalan sempit, hidup dalam kesucian, mereka akan ikut peng-angkatan dan tidak akan mati; seka-lipun di hadapan maut akan tetap lepas dengan segala kelimpahan kuasa Allah dalam hujan Akhir ini. Sebab itu Gereja Wah 12:1 tidak lagi mengalami perka-bungan, sekalipun masih bisa sedih sebab saudara dan keluarganya yang tidak bertobat mengalami penderitaan dan aniaya, tetapi Roh Kudus meng-hiburkan dengan heran. Perkabungan bagi mereka berakhir, diganti kesukaan dan kemuliaan Surgawi yang besar.

 

YES 60:21. KEKEKALAN SURGAWI SUDAH DIMULAI.

 

21a. Orang2mu semuanya akan menjadi orang benar.

Biasanya Gereja itu campuran, tidak ada yang 100% gandum saja Mat 13:29. Selalu ada Yudas, Absalom dll. Tetapi kalau Gereja semuanya menjadi orang benar, itu tandanya bahwa itu sudah masa penuaian Mat 13:30,40. Ini saat-nya terjadi pemisahan dan penuaian. Sekarang masih kumpul, suatu kesem-patan untuk menolong saudara2 yang tidak sungguh2. Tetapi kalau waktu itu sudah sampai, terjadi pemisahan 1Kor 11:19, Wah 22:11 dan itu terus sampai kekal. Pemisahan ini terjadi di dunia, sebelum mati, sebab jarak antara orang2 yang suci dan najis makin besar dan tidak bisa disebrangi lagi. Pelihara diri dalam jalan sempit, di atas Mezbah Rom 12:1 dan tolong yang lemah dan mendua.

Pada saat ini sudah terpisah, ka-dang2 masih satu rumah tetapi hidup-nya sudah di jalur yang berbeda, dah-syat, kekekalan itu sudah mulai di dunia. Luk 12:52.

 

21b. Mereka akan memusakai negeri itu untuk selamanya.

Kekekalan sudah mulai dalam Minggu ke-70 Daniel, yaitu antara puncak2 yang najis dan suci (tetapi tetap ada yang akan bertobat lagi, Tuhan tahu lebih dahulu dan memelihara nyawa-nya, tetapi mereka tidak ikut peng-angkatan dan masuk zaman Antikris yang dahsyat, tetapi masih punya ke-sempatan terakhir untuk masuk Surga). Betapa indah rasanya, ini adalah peng-alaman seperti di Surga tetapi masih di dunia (ini pengalaman unik yang amat indah yaitu mengalami Surga di dunia dalam tubuh yang fana, belum dalam tubuh kemuliaan).

 

21c. yaitu cabang dari yang Kutanam, perbuatan tanganKu, sehingga Aku dipermuliakan.

Yang tidak ditanam Allah akan dicabut Mat 15:13. Ini orang yang tampaknya tumbuh, tetapi sebetulnya ia menuruti kehendaknya sendiri, kehendak daging, bukan menurut kehendak Allah. Manu-sia itu condong pada dosa Yoh 3:19, da-ging juga Maz 78:39, sebab itu jangan menurut kehendak sendiri, itu daging. Jangan ibadah dan pelayanan kita menurut kehendak daging sendiri, akan dicabut dan sia2. Ibadah dan pelayanan harus sesuai dengan Firman Tuhan dan dipimpin Roh, dengan kuasa Allah, baru bisa tahan dan tidak akan hanyut da-lam arus polarisasi dunia. Mereka yang menurut kehendak Allah akan tahan bahkan ber-buah2 dan Allah diper-muliakan. Sebab itu dalam segala per-kara ber-tanya2 akan Tuhan 1Taw 16:11 sampai mengerti dan taat me-lakukan kehendak Allah bukan kehen-dak sendiri.

 

YES 60:22. TUHAN AKAN MEMPERCEPAT PADA WAKTUNYA?

 

22a. Yang kecil akan menjadi seribu.

Pertumbuhan yang sangat cepat.

Bagaimana ini bisa terjadi?

  1. Kita harus taat dan tulus, jangan ingin tampak besar, itu sia2 Yoh 19:43, Rom 2:29.

Orang sombong akan dikecilkan, di-rendahkan Allah Mat 23:12. Orang yang tulus dan rendah hati, lebih2 di akhir zaman, ia akan tumbuh dengan cepat.

  1. Sekarang sudah tumbuh di jalur yang betul, dalam pimpinan Roh Kudus, ma-ka dalam hari2 itu akan tumbuh de-ngan sangatcepat. Yang mendua akan rusak dengan cepat.

 

22b. dan yang lemah, menjadi bangsa yang kuat.

Hujan Akhir membuat kekuatan yang besar, tetapi hanya bagi yang ada di jalur yang betul. Cocokkan dengan Fir-man Tuhan seluruh segi hidup kita, jas-mani dan rohani, ibadah dan pela-yanan. Jangan berlomba ingin besar dan mulia, itu berarti keluar dari jalur yang betul dan akan cepat binasa pada waktu polarisasi itu. Penting hidup ber-kenan pada Tuhan di jalur yang betul Mat 3:17, Kol 1:10, yaitu selalu penuh dan taat dipimpin Roh.

 

22c. Akulah Tuhan akan mempercepat pada waktunya.

Ini rencana Allah tentang waktu! Mat 24:22, 2Pet 3:12. Yang tidak sungguh2 hidup berkenan pada Tuhan, tidak akan sempat lagi berubah sebab polarisasi dan memang Tuhan mempercepat waktunya! Jangan main2, ini pasti jadi dan semua yang main2 akan terlambat, tidak lagi sempat berubah. Ingat Putra manusia sendiri harus menunggu sela-ma 30 tahun. Juga Yusuf, Daud, Yo-hanes pembaptis dll. Orang2 yang indah perlu waktu, apalagi kita, jangan me-nunda2, sungguh2lah mulai seka-rang, kalau tidak pasti terlambat. Kalau sekarang main2, pasti terlambat. Tebus waktu, bersedialah dengan limpah bah-kan dobel dalam segala segi se-olah2 tahun depan Tuhan datang.

Waktu yang hilang tidak bisa di-ganti, apalagi hidup dalam dosa, perlu lebih banyak waktu untuk bertobat dan mengatasi akibat2 dosa atau kompli-kasinya, apalagi yang keras hati dalam dosa, justru ia akan tumbuh sangat ce-pat dalam dosa waktu polarisasi. Sebab itu siaplah hari ini Amos 4:12. Kalau kita ters meningkat itu tidak rugi. Ber-lomba2 dan bersedialah habis2an di hadapan Allah. Jangan lupa MAK DSY dan selalu penuh dan taat dipimpin Roh, maka dalamhari2 yang akan da-tang, apalagi kalau dipercepat, kita akan menjadi gilang gemilang sejak di bumi sampai kekal.

 

Nyanyian: Tabernakel Glori 207.

Tak lama Tuhan datanglah,

Bersiap dirimu.