YS324 – YESAYA 60:18-22. SURGA DIMULAI DI DUNIA (JUGA NERAKA)

YES 60:18. HIDUP YANG SUCI, ADIL, AMAN DAN BAHAGIA.

 

Pendahuluan.

Ayat2 ini menceritakan tentang kera-jaan Surga yang ideal, atau seperti di dalam kerajaan 1000 tahun. Betul2 bisa bahagia dengan ideal. Ini memang kea-daan Surga yang gilang gemilang, pe-nuh sukacita tanpa penderitaan. Tetapi kunci ayat2 ini ada dalam ayat 22 yang mengatakan, ini belum terjadi, dan Tuhan akan mempercepatnya sehingga ini akan segera terjadi. Jadi ini bukan keadaan di Surga (sekarang sudah ada, sudahsenang, bahagia dan ideal dalam Surga). Karena belum terjadi, itu ber-arti masih di dunia yang belum ideal, tetapi akan dipercepat oleh Tuhan supaya segera terjadi!

Apa artinya? Ini menceritakan ten-tang keadaan yang luar biasa di dunia (yang seperti Surga) di saat2 terakhir yaitu dalam 3,5 tahun sebelum peng-angkatan. Jadi ini menceritakan bahwa ada saat2 terakhir di dunia yang akan jadi luar biasa indahnya, ideal seperti Surga dan tentu akan bersambung te-rus dalam kekekalan di Surga. Ini sesuai dengan Wah 12:1 (dan ayat2 lain) yang menceritakan tentang keadaan Gereja yang ajaib ber-sama2 Bapa, Putra dan Roh Kudus sehingga keadaannya se-perti di Surga! Apalagi dengan kelim-pahan pelayanan orang sempurna (be-gitu banyak: 144.000 orang, ban-dingkan dengan pelayanan 1 orang di dunia waktu Putra manusia Yesus Yoh 14:12), itu sungguh2 ajaib dan luar biasa! Sangat fantastis dan indah. Memang Surga itu dimulai di dunia dalam hati setiap orang yang mulai percaya, mengalir keluar seperti sungai air hidup dan terus mengalir sampai Surga yang kekal Yoh 4:14; 7:38, Yez 47. Seperti terang yang bersinar sampai terang siang matahari Ams 4:18, luar biasa. Sukacita dan sejahtera Tuhan itu akan terus bertumbuhsampai jadi penuh seperti di Surga yang kekal. Jadi Surga itu dimulai dari dunia (ingat juga Neraka yang dahsyat dan mengerikan itu dimulai dari dunia!). Kita mengerti bahwa kata kunci untuk Surga adalah suci dan kata kunci untuk neraka adalah dosa dan keduanya itu memang kita kenal sudah ada dan sudah dimulai dari dunia! Luar biasa, rencana Allah yang ajaib!

Kita melihat ada 4 tingkatan yang heran yaitu :

  1. Surga sekarang di dunia.
  2. Dalam 3,5 tahun sebelum peng-angkatan.
  3. Dalam Kerajaan 1000 tahun.
  4. Dalam Surga yang sesungguhnya untuk kekal.

 

Perbedaannya untuk orang2 yang ikut pengangkatan adalah sbb:

—gambar tabel

  1. Dala0m dunia sekarang ini.

Misalnya Paulus dan Silas dalam tubuh nafsani nyanyi penuh sukacita dan mengalami kuasa Allah, tetapi sikonnya penjara yang keadaannya seperti Nera-ka kecil. Meskipun demikian ia masih dapat menikmati kesukaan Tuhan, meskipun “dikurangi” dengan penderi-taan2 yang dialaminya lahir batin. Tubuh lahiriah dianiaya dengan pukul-an algojo jahat, dipasung dalam pen-jara dengan segala keadaan yang sangat menyiksa. Juga aniaya batin, meskipun tidak salah tetapi dianggap penjahat besar, diisolasi diputuskan dari dunia bebas dan tidak lama lagi akan mati. Tetapi Paulus, Silas masih punya saldo sukacita Surgawi Yoh 16:22.

Memang orang2 ini harus hidup dengan iman, sebab menurut kenya-taannya, tidak mungkin dapat bersuka-cita dan bahagia. Ini keadaan kita sekarang di dunia. Kita bisa bersukacita di dalam Tuhan senantiasa Pil 4:4,7, Rom 14:17 di dalam tubuh daging yang disakiti dan menderita dan di dalam dunia yang penuh penderitaan seperti Neraka, tetapi tetap ada saldo sukacita yang ajaib dan heran itu.

  1. Dalam 3,5 tahun menjelang peng-angkatan kita mengalami sukacita yang penuh dan limpah dengan segala ke-muliaan dan kuasa Allah, meskipun di tengah2 dunia yang begitu jahat dan ber-tambah2 dalam dosa dan keja-hatan yang meningkat sampai sempur-na. Kita bisa diancam dan dicobai, tetapi tidak kena. Secara batiniah bisa kena, lebih2 kalau orang dekat kita (saudara dalam keluarga, dalam Gereja, sahabat2, teman2 orang beriman, lebih2 yang dalam jalan lebar) kena aniaya dan jadi korban dalam kejahat-an yang memuncak waktu itu, ini mem-buat kita tertusuk secara batin mes-kipun tidak kena secara lahiriah. Ba-yangkan kalau orang dekat kita dia-niaya amat dahsyat seperti yang dialami raja Zedekia yang harus melihat keluarganya dianiaya dan dibunuh di muka matanya dan akhirnya ia sendiri yang dicukil matanya. Suatu pende-ritaan yang sangat hebat meskipun semua anggota tubuh Kristus global tidak kena, bebas dan tidak mengalami 1Kor 15:51. Keadaan dunia waktu itu amat dahsyat, tetapi Gereja yang betul dalam keadaan yang sangat indah, bahagia dan mulia.
  2. Dalam kerajaan 1000 tahun ada dua macam orang, yaitu kita yang sudah ikut pengangkatan, waktu ini berada dalam bumi yang ideal, lebih indah dari Eden. Kita berada dalam tubuh kemu-liaan, tidak bisa susah atau sakit dan bumi dan isinya dalam keadaan ideal. Tetapi orang yang masuk dalam kera-jaan 1000 tahun dalam tubuh nafsani (lolos dari kerajaan Antikris) mengalami bumi dan sikon yang ideal, tetapi tetap hidup dalam tubuh daging yang bisa berdosa namun tidak boleh berdosa sebab ada pemerintahan tongkat besi. Baru pada akhir kerajaan 1000 tahun iblis dan tentaranya dilepas, orang yang masih belum mau percaya pada Tuhan Yesus akan tergoda dan dapat kembali menuruti daging memihak iblis dan melawan Allah,sehingga dibinasakan semua dalam perang Gog dan Magog.
  3. Dalam Surga keadaannya sama sekali berbeda sebab semua berada dalam tubuh kemuliaan. Semua yang lama tidak ada.

Disini hanya ada sukacita dan per-kara2 baru yang tidak terbatas dan kesukaan yang tidak terbatas, sambil terus bergembira (seperti hobby) me-muji2 Tuhan tidak ada habisnya dan menikmati segala macam kesukaan dan hal2 baru yang indah dan sempurna. Kita masih akan bekerja dan meme-rintah tetapi sangat menarik dan penuh sukacita seperti hoby dan tidak ada kerusakan, kegagalan dan bahaya atau celaka selalu sukses, indah dan hasilnya gilang gemilang. Keadaannya betul2 ideal dalam segala segi untuk kekal.

 

BISA BERDOSA.

  1. Dalam zaman sekarang ada ke-mungkinan besar bisa berdosa lagi, bahkan yang mula2 bisa jadi yang terakhir dsb, yang mulai dalam Roh bisa berakhir dalam daging sehingga keadaan sangat terbalik seperti Saul, Gehazi, Yudas dll. Sebab itu harus ber-jaga2. Serangan2 dari luar (iblis) bisa kena pada semua orang, termasuk orang2 beriman, sebab itu kita harus selalu ber-jaga2, memakai selengkap senjata Allah, yaitu selalu penuh dan dipimpin Roh, lebih2 di akhir zaman yang dahsyat sekarang ini.
  2. Dalam 3,5 tahun ini orang2 yang di jalan sempit, berjalan dengan Tuhan masih bisa berdosa, tetapi kemung-kinan itu sangat kecil, meskipun masih mungkin (misalnya 1 persen). Sebab yang cinta dosasudah terpisah dalam Polarisasi dll sehingga yang tergolong tubuh Kristus global, praktis tidak bisa jatuh lagi dalam dosa, apalagi perleng-kapan ilahinya penuh yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus seperti yang tampak dalam Wah 12:1, luar biasa. Juga ada pelayanan orang sempurna, jabatan2 begitu limpah dan nyata dst. Serangan, ancaman dan pencobaan masih ada dan tampak jelas sekali, tetapi tidak ada yang kena, sebab perlindungan Tuhan amat besar. Kita melihat dunia dan korban2 dari antara orang beriman jalan lebar seperti dari dalam mobil dalam taman safari. Binatang2 buas dan perbuatannya tampak jelas tetapi kita tidak kena. (Orang Kristen jalan lebar dan orang dunia hancur dan binasa dalam segala dosa dan keja-hatan yang dahsyat lagipula pekerjaan iblis amat banyak; lebih2 dalam 3,5 tahun II bagi orang beriman yang ter-tinggal dan orang dunia itu betul2 seperti neraka. Sekarang api Neraka nyalanya rata2 masih kecil, dalam 3,5 tahun I jadi besar dan penuh dalam zaman Antikris.
  3. Dalam kerajaan 1000 tahun praktis tidak ada kemungkinan berdosa sebab diancam oleh pemerintah tongkat besi dan karena keadaan bumi ideal, indah, keadaannya seperti Eden atau Surga, tetapi masih ada orang2 nafsani. Baru pada akhir kerajaan 1000 tahun, sesudah iblis dkk dilepaskan, maka kemungkinan berdosa kembali penuh seperti sekarang pada orang2 nafsani yang belum mati.

 

KESELAMATAN.

 

  1. Zaman sekarang sudah selamat, tetapi masih bisa bolak balik jadi tidak selamat. Sebab itu harus setia sampai akhir dalam Kristus, baru sesudah mati itu tidak berubah.
  2. Dalam 3,5 tahun I keselamatan masih bisa hilang, tetapi kemungkinan kecil sekali bagi Gereja jalan sempit, sebab sudah terjadi polarisasi, tetapi tetap harus ber-jaga2.
  3. Dalam kerajaan 1000 tahun, baru pada akhirnya, keadaan kembali seperti sekarang, keselamatan bisa hilang tergantung pilihan masing2.
  4. Di Surga tidak ada lagi kejatuhan, sudah selesai semua “sekolah” (pengolahan di dunia).

 

 

Kesimpulan.

Surga dan Neraka dimulai sekarang dalam dunia, kita harus memilih dan tetap setia sampai ke akhir. Di dunia ada banyak aniaya, penderitaan dan pencobaan, semua itu sebagai sekolah, pengolahan dan kalau kita lulus setiap kali, kita akan meningkat terus, bahkan bisa sampai sempurna seperti Kristus.

Tetapi sekarang kita sudah bisa mengalami kerajaan Surga sekalipun masih dikurangi segala macam pencobaan, godaan dan penderitaan yang seringkali tidak kita mengerti.

Dalam ayat2 ini (ayat 18-22) adalah keadaan dalam 3,5 tahun I, sehingga kita bisa mengenali keadaan zaman ini yang seperti Surga, dan bersedia menuju kesini, sebab ini adalah sambungan atau tujuan dari jalur ber-jaga2 di jalan sempit.

 

YESAYA 60:18. HIDUP YANG SUCI, ADIL, AMAN DAN BAHAGIA

 

18.a. Kekerasan tidak lagi akan kedengaran dalam negerimu.

Ini suatu hidup atau keadaan yang indah dan ideal.

Di sini, tidak ada lagi ketidakadilan, kejahatan dll1sebab kalau ada langsung dihukum keras, biasanya mati di tempat seperti Ananias dan Safira dalam Kis 5.

 

18b. (tidak ada) kerusakan dan kebinasaan di dalam batas2 negerimu.

Luar biasa indahnya, sebab kalau dosa dibersihkan dan Allah nyata dalam hidup kita seperti disini, maka akibat dosa juga lenyap, aoalagi dalam hadirat Tuhan yang kuat dalam 3,5 tahun I. Juga ada janji khusus bahwa semua anggota tubuh Kristus ini tidak akan mati 1Kor 15:51. (Andaikata hidupnya masih 1000 tahun lagi, juga tidak akan mati seperti dalam kerajaan 1000 tahun atau generasi Adam). Luar biasa. Biasanya dari luar setan memakai orang dosa untuk mengganggu, tetapi kuasa dan hadirat Tuhan yang besar mencegah mereka.

 

18c. Melainkan ia akan menyebut tembokmu keselamatan dan gerbang mu pujian.

Semua tetap berada dalam kesela-matan ilahi yang heran, tidak ada yang hilang keselamatannya sebab sudah masuk dalam perjanjian Allah yang heran, yang tidak akan diambil kembali daripadanya Luk 10:41-42 seperti pada Maria dan gerbangmu itu pujian (baru sampai di pintu) apalagi di dalamnya betul2 seperti Surga dan ini Surga di dunia! (Bukan hanya pesta, hari raya Surgawi tetapi semua bentuk kesukaan Surga ada di dalamnya, Surga turun dalam dunia, senang dan puas, gembira ria). 3,5 tahun ini luar biasa, indah, bahagia seperti Surga meskipun masih di tengah2 Neraka dunia. Tetapi batas itu kuat sekali yaitu hukum Tuhan dalam 2Kor 10:6.

Ini seperti sudah menuai Surga. Sebab itu kita harus bersedia mulai sekarang bukan nanti, kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, sudah terlambat, yaitu:

  1. Sudah harus ada di jalur yang betul, tumbuh dalam kesucian di jalan sempit. Waktu ini tidak bisa pindah jalur lagi, terlambat.
  2. Lulus dalam polarisasi yaitu ter-masuk dalam bagian yang makin suci Wah 22:11. Kalau sekarang di Halaman (2Pet 2:22) tidak tinggal dalam kesucian, tidak taat dipimpin Roh, akan hanyut dalam dosa yang makin keji.
  3. Sudah siap untuk ujian akhir Wah 3:10, yaitu baptisan api Luk 12:49, masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Kalau pada hari ujian baru belajar, 99% gugur.
  4. Sudah matang, siap untuk keluar buah, ini yang bisa digaraphujan Akhir (hujan Awal mengerjakan orang2 yang mau bertobat!) Ul 11:14.
  5. Siap untuk ditampi, sekam akan terpinggirkan Mat 3:12,
  6. Kalau rohnya lain akan terpisah se-perti lalang dan gandum Mat 13. Misal-nya Abraham dan Lot 2Kor 12:4, Ef 4:3.
  7. Jangan terikat atau mabuk dengan kesukaan dosa dan dunia Luk 5:39, Ul 32:32-33, tidak bisa dan tidak mau kembali kepada Tuhan. Orang terikat dalam dosa itu sudah masuk jerat Luk 21:34 dan waktu Polarisasi sudah hanyut, tidak bisa kembali.
  8. Ligabo berusaha untuk memperbaiki persiapannya tetapi gagal Mat 25:10-13. Hiduplah sebagai ligabis.
  9. Kesempatan yang dilalaikan akan diambil dan diberikan pada yang mau bersedia Mat 21:43.
  10. Akan dipercepat Yes 60:22, Mat 24:22 tidak ada penundaan lagi Wah 10:6. Kita juga harus ikut menyege-rakannya 2Pet 3:12.
  11. Kita harus ber-jaga2 dobel (untuk kedatangan Tuhan secara pribadi dan bersama) sebab kitatidak tahu tang-galnya Mat 24:42,44.
  12. Orang yang hidup dalam dosa, hidup atau kerbat lama akan pecah waktu hujan Akhir Luk 5:37,38 dan terhilang. Sekarang harus hidup dalam kerbat baru yaitu dalamRuangan Suci, penuh dan taat dipimpin Roh.
  13. Pondasi harus sudah selesai dan kuat untuk menghadapi banjir dan ujian terbesar supaya jangan roboh, kalau roboh, itu sangat besar Mat 7:24-28, Kol 2:7.
  14. Kita harus bersedia seperti Nuh, selesai membangun bahtera, sehingga waktu air bah datang, selamat Kej 6:7.

 

KESIMPULAN.

Bersedialah sekarang dengan perleng-kapan ekstra 2 gomer, ligabis, bisa bersekutu dalam tubuh Kristus seperti Trinitas Yoh 17:21  terus lekat dengan Tuhan Yoh 15:5. Nasib kita ditentukan sekarang, bukan kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel.

 

Nyanyian:

Satu kali akan ada hari senang buat saya.