YS323 – 30.YESAYA 60:17. MENINGKAT SANGAT INDAH DAN CEPAT

  1. YESAYA 60:17. MENINGKAT SANGAT INDAH DAN CEPAT

(Tembaga menjadi emas, besi jadi perak).

 

KUNCI PENAFSIRAN.

Disini kita melihat peningkatan yang luar biasa dan langsung, begitu cepat, se-olah2 tanpa pertumbuhan. Tembaga menjadi emas, besi menjadi perak, kayu menjadi tembaga, batu menjadi besi dst. Apa artinya? Mengapa ada pertumbuhan atau peningkatan yang begitu hebat? Beberapa patokan untuk penafsirannya adalah sbb:

  1. Ini terjadi dalam dunia, bukan di Surga. Sebab di Surga tidak lagi ada pertumbuhan dan peningkatan. Per-tumbuhan dan peningkatan itu terjadi di dunia saja, ini tempat pengolahan atau “sekolah”.
  2. Pertumbuhan yang cepat bisa di-lihat dalam:
  3. Putra manusia Yesus, yang lahir se-bagai manusia yg tidak bisa apa2, juga dijamah oleh segala kelemahan manu-siawi Ibr 4:15, tetapi tidak berdosa dan tumbuh dengan cepat menjadi sem-purna dan menyelesaikan semua tu-gasNya dengan sempurna Yoh 19:30. Putra manusia Yesus tumbuh dalam pelayanan 3,5 tahun sampai mati di salib dan menjadi sempurna Pil 2:8.
  4. Tubuh Kristus yaitu orang percaya, juga akan disempurnakan. Ibr 2:8-10. Dengan pertolongan Firman dan Roh Kudus dalam rencana Allah, maka orang2 beriman yang taat seperti Putra manusia Yesus, juga akan disempur-nakan, lebih2 dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel, Gereja akan menjadi sempurna, termasuk 144.000 orang menjadi sempurna.
  5. Kesucian dan dosa akan meningkat sampai puncaknya dalam dunia, ber-sama2 dalam Minggu ke-70 Daniel, te-tapi kesucian lebih dahulu Wah 22:11.

Jadi ayat2 ini, yaitu pertumbuhan yang cepat sampai Gereja menjadi sempurna akan terjadi dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel. Untuk itu kita harus dipersiapkan supaya bisa ikut da-lam rencana Allah yang mulia dan ce-pat ini. Harus sungguh2 bersedia Mat 24:42. Misalnya sekolah luar biasa ce-pat untuk murid2 jenius. Tidak boleh murid yang bodoh ikut, harus ikut seleksi. Begitu juga untuk ikut dalam proyek jenius ilahi ini, harus sungguh2 bersedia yaitu indah dan berkenan ke-pada Tuhan Kol 1:10. Ini golongan isti-mewa, yaitu golongan orang akhir za-man yang akan ikut pengangkatan dan menjadi sempurna atau tumbuh de-ngan cepat, juga ini golongan orang istimewayang hidup tanpa mati 1Kor 15:51. Sebab itu bersedialah baik2 seperti ligabis dengan 2 gomer manna.

 

YES 60:17a. UNTUK (GANTINYA) TEMBAGA, AKU AKAN MEMBAWA EMAS.

Ini luar biasa. Tembaga diganti emas. Secara jasmani tidak ada orang mau menukarkan tembaga dengan emas, terlalu besar bedanya. Tetapi ini ke-hendak Allah supaya tembaga diganti emas. Tembaga berarti harus hidup benar supaya luput dari hukuman. Im 26:19 (khas Halaman). Emas adalah sifat2 atau keadaan ilahi (khas Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci). Tuhan ingin kita meningkat, bukan hanya be-nar, tidak bersalah tetapi juga memakai tabiat baru,   tabiat ilahi yang kita per-oleh waktu lahir baru 2Kor 5:17. Ini adalah kehendak Tuhan bahkan tum-buh terus sampai menjadi sempurna seperti Allah. Akan ada 144.000 orang yang menjadi sempurna pada akhir zaman ini, itu sungguh luar biasa. Tidak terpikir dengan akal. Tetapi rencana Allah pasti jadi. Orang yang sungguh2 mau taat dipimpin Roh, dengan fasilitas akhir zaman yang luar biasa (seperti hujan Akhir dengan pengurapan dobel, pembukaan seluruh Firman Tuhan, Per-jamuan suci yang penuh berkat, per-sekutuan tubuh Kristus dalam Roh, pelayanan orang sempurna dll), maka orang2 di dalam Roh Kudus (orang2 yang hidup dalam kesucian dipimpin Roh dan limpah dengan 7 KPR) akan tumbuh sampai kepada kesempurnaan. Juga orang2 Halaman yang bertobat, lebih2 yang naik dalam Polarisasi sam-pai ke Ruangan Suci, kalau mereka te-kun, ada yang tumbuh terus sampai sempurna.

Sebab itu bersedialah baik2 mulai sekarang. Lebih lama kita bersedia de-ngan sungguh2, lebih besar kemungkin-an bisa meningkat sampai menjadi sempurna, Sebab pertumbuhan itu butuh banyak waktu! (Putra manusia Yesus: 30 tahun). Kemungkinan tum-buh sampai sempurna itu tidak banyak, hanya sedikit orang yang mencapainya. (ini jatah global, mungkin Surabaya da-pat jatah 5 atau 6; orang biasanya kita menghitung jumlah orang yang per-caya, penuh dan dipimpin Roh dari seluruh dunia dibagi 144.000. Tetapi kita tidak punya angka ini dan tidak tahu cara menghitung yang dari Tuhan, ini hanya kira2, tetapi pasti ada, jumlah ini pasti digenapkan).

 

YES 60:17b. DAN UNTUK (GANTINYA) BESI, AKU AKAN MEMBAWA PERAK.

Besi adalah logam, tetapi tidak dipakai dalam Kemah Suci. Hanya tembaga, perak dan emas yang dipakai. Perak adalah logam yang dipakai di Halaman (salutan kepala tiang2 Pagar Halaman, dengan penyambung dan pasaknya, juga kaki dari Papan2 dan Tiang Tirai).

Jadi besi adalah logam, berharga, tetapi tidak dipakai di dalam Kemah Suci. Ini orang2 benar menurut dunia, mereka berharga, tetapi tidak masuk hitungan Tuhan sebab belum ditebus. Perak = Penebusan. Tanpa penebusan oleh darah Tuhan Yesus maka orang2 benar manusiawi itu tetap hamba dosa, tetap ada dosanya, tetapi di dalam kuasa iblis, sebab itu tidak masuk hi-tungan Tuhan, tidak selamat 1Pet 1:17-18. Hanya darah Yesus yang bisa me-nebus kita, yang membuat kita sela-mat, bebas, lepas dari dosa dan aki-batnya. Sebab itu baru sesudah ditebus oleh darah Tuhan Yesus semuanya diselamatkan. Ini orang2 yang indah dan benar di dunia, tetapi belum masuk hitungan Tuhan. Mutlak perlu ditebus oleh darah Yesus baru bisa menjadi orang2 indah dalam Halaman atau Ruangan Suci.

Dalam akhir zaman, Halaman pun masih belum cukup. Orang2 yang bang-ga dengan kebenarannya sendiri dan dengansemua penghargaan yang diper-oleh dalam dunia, tanpa penebusan itu belum masuk dalam hitungan Tuhan. Seringkali orang2 besar dalam dunia ini, sesudah percaya, masih tetap ting-gal di Halaman, sebab belum dapat merendahkan diri lebih lanjut. Ka-dang2 orang kecil lebih mudah meren-dahkan diri, untuk taat pada Firman Tuhan. Tanpa taat akan Firman Tuhan dan merendahkan diri, sulit untuk tum-buh lebih lanjut! Sebab itu semua kita harus belajar rendah hati, mau dina-sehati dan disucikan oleh Firman Tuhan.  Kadang2 menjadi orang besar di dunia itu lebih berat untuk meren-dahkan diri (lebih2 dalam persekutuan tubuh Kristus yang terdiri dari segala macam orang besar dan kecil),   tetapi kalau kita tahu semua yang ada pada kita itu dari Tuhan 1Kor 4:7, maka kita bisa lebih mudah merendahkan diri. Yang tidak mau merendahkan diri se-perti Saul, Nebukadnezar, juga Salomo dan Rehabeam akan dihempaskan ke bawah dan celaka di hadapan Allah Mat 23:12, 1Pet 5:5 dll. Memang Sa-lomo, Rehabeam lebih sulit meren-dahkan diri sebab punya kedudukan tinggi dan biasa dihormati, tetapi itu semua dari Tuhan! Daud selalu ingat siapa yang memberi semuanya ini.  Sebab itu ia bisa lebih mudah meren-dahkan diri 2Sam 7:8,18. Pada waktu ia ditegur oleh nabi Natan, ia tidak berani melawan nabi Natan yang membawa suara Tuhan, sebab itu Daud masih tertolong dan bisa dipulihkan.

 

YES 60:17c. DAN UNTUK KAYU, TEMBAGA.

Kayu masih dipakai dalam Kemah Suci, tetapi tidak terbuka, semua disalut, kecuali dalam tiang2 Pagar Halaman, hanya ini satu2nya yang tidak disalut. Ini menceritakan tentang orang2 dalam Wasiat Lama yang tampak kelemahan manusiawinya, kayunya, tetapi tetap harus dicocokkan dengan Taurat, harus berdiri atas kaki tembaga dan kepala tiang disalut perak, pasak, paku dan penghubung2nya semua dari perak. Sebab itu kita masih melihat tabiat daging atau manusiawi dalam Wasiat Lama dengan jelas seperti dalam Poligami dalam hukum2 gigi ganti gigi, dalam peperangan dll. Halaman itu bayangan dari Wasiat Lama. Tetapi se-sudah ditebus oleh darah Tuhan Yesus dan dipenuhi dengan Roh Kudus, kea-daannya berubah menjadi baru di dalam Kristus, seperti Kristus. Tidak tampak kayu dalam Ruangan Suci, semua disalut emas, tabiat ilahi, tidak ada yang terbuka dalam Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci. Semua daging harus dimatikan selalu Luk 9:23, Rom 6:1-2, harus mau sakit dalam daging supaya tetap ada kesucian 1Pet 4:1. Kalau tidak, semua ibadahnya sia2. Tanpa salib, tanpa mematikan daging, daging akan muncul lagi Rom 13:14 dan orang2 seperti ini menjadi seperti orang Wasiat Lama dan akan hanyut dalam arus dosa apalagi dalam Pola-risasi akhir zaman. Akibatnya dahsyat, dikira selamat, ternyata mati dalam dosa dan binasa!

 

YES 60:17d. DAN UNTUK BATU, BESI.

Batu dipakai dalam Kaabah Salomo dan juga ada di dalam tanah dimana Kemah Suci didirikan. Tetapi batu juga tidak masuk hitungan, misalnya Kemah Suci diangkat dan dibawa pergi, batu2 di tanah tempat didirikan Kemah Suci, tidak dibawa, ditinggal, tidak masuk hitungan!

Ini cerita tentang orang2 yang ikut serta dalam ibadah atau segala akti-vitas dalam ibadah pelayanan Gereja Tuhan, tetapi tidak mau percaya, hanya ikut2an. Sebab itu waktu Tuhan datang, ia tidak ikut dengan Tuhan Yesus, ditinggal! Sebab itu jangan menjadi batu, tetapi harus berubah menjadi orang percaya. Juga besi, tidak masuk hitungan. Orang yang memberkati Abraham akan diberkati oleh Tuhan sendiri, tetapi kalau tidak percaya, ha-nya dapat berkat di dunia dan tidak di Surga Kej 12:3. Juga Esau, bahkan dia adalah turunan Abraham tetapi tidak mau percaya, taat dan menyembah Allah, juga tidak masuk hitungan Tu-han. Beda orang yang mau percaya dan tidak, tampaknya begitu “kecil”.Hanya percaya, tetapi hasilnya begitu besar. Sebab itu, mau percaya itu,  jangan dikecilkan. Sebab hanya dengan perca-ya pada Tuhan Yesus, bisa pindah dari Neraka masuk Surga seperti penjahat besar yang di salib, ia untung pindah ke Surga tetapi temannya tetap di Neraka, sebab tidak mau percaya (hanya 2 me-nit, bisa percaya!). Dari luar beda se-dikit tetapi untuk kekal bedanya tidak terhingga, rugi besar, bodoh terlalu besar kalau tidak mau percaya!

Mengapa Tuhan memberi besi? Sebab ini banyak terjadi dan kita harus mengerti! Kalau tidak mau percaya, te-tapi jadi berkat bagi Abraham, diberkati Tuhan sendiri, meskipun hanya di du-nia, sebab tidak mau percaya dan me-nolak untuk menerima penebusan ke-kal. Beda sedikit, akibatnya mahabesar Ibr 2:3!

Kita harus tumbuh selagi hidup, sebab:

  1. Kesempatan tumbuh hanya di dunia Pkh 9:10. Kalau kesempatan ini tidak dipakai akan menyesal sebab terlalu bodoh dan rugi besar. Kalau untuk mendapat perbedaan gaji 1 juta dan 100 juta, di dunia itu sangat sulit, besar bedanya. Sebab itu apa boleh buat yang tidak bisa, tidak berdaya. Biarpun semangat dan besar keinginannya, ka-lau tidak mampu, tidak punya kepin-taran atau modalnya, ya tidak bisa ber-buat apa2, tidak berdaya dan menye-rah. Tetapi untuk di Surga perbedaan tembaga dan emas dll,ini mudah di-ganti, tergantung dari kita mau atau tidak! Tidak sulit! Asal mau, pasti bisa mengubah tembaga menjadi emas! Ajaib, heran, sebab Allah tidak membedakan orang Rom 2:4.

Pengemis Lazarus bisa duduk ber-sama2 Abraham tetapi raja Saul di-buang ke Neraka! Asal mau, Tuhan sanggup menolong kita menjadi indah dan mulia untuk kekal di Surga! Yang sungguh2 percaya dan mau, akan me-limpah dengan 7 KPR, ia pasti bisa tum-buh menjadi indah, bahkan bisa sampai tingkat sempurna, tergantung masing2. Kalau kesempatan ini tidak dipakai akan menyesal waktu masuk Surga. Te-tapi waktu masuk Surga Bumi Baru, air mata penyesalan dihapuskan  sama se-kali Wah 21:4. Jangan lupa di Surga te-tap ada perbedaan tingkat kemuliaan yg berlaku untuk kekal 1Kor 15:40-42.

  1. Tidak tumbuh, macet, biasanya ada sebabnya. Sebab yang utama adalah dosa,bodoh, dan lalai. Yang utama adalah karena dosa. Sebab Roh Kudus akan mendorong setiap orang langsung atau lewat garam dan terang di de-katnya untuk sungguh2 ikut Tuhan dan tumbuh dalam rencana Allah yang indah dan mulia untuk kekal. Kalau seorang sudah didorong Roh Kudus, sudah ada banyak garam dan terang di sekitarnya, tetap tidak mau tumbuh, maka orang itu biasanya ada dosa dan percintaan dosa. Yudas ada dalam te-rang dan garam dunia yang paling kuat, tetapi ia jatuh dan masuk neraka (apalagi karena bunuh diri, ditekan dan dibinasakan iblis), sebab memang tidak mau bertobat, ia memilih uang lebih daripada Tuhan. Biarpun dekat dengan terang dunia, garam dunia, tetap bina-sa. Kalau sekitar kita ada garam atau terang dunia itu sangat untung. Kalau seorang berada dalam Gereja yang ba-nyak terang dan garam dunia dan pemimpin2nya berkenan pada Tuhan (biasanya ini Gereja jalan sempit se-perti Filadelfia, dll) maka kemungkinan selamat dantumbuh dalam kemuliaan Allah yang kekal itu lebih besar dan le-bih mudah. Tetapi kalau tetap memilih pindah Gereja yang banyak kegelapan dan garam2nyatawar, itu pilihannya Lot yang mau lepas dan lari dari Abrhaam dan akhirnya binasa. Sesudah Lot jatuh cinta pada Sodom, ia tidak suka lagi dekat terang dan garam dunia, sebab memang lebih suka yang gelap Yoh 3:19. Sangat sulit menolong orang yang tidak mau, kasihan. Samuel hanya bisa menangisi Saul yang me-milih kegelapan dan menjauhi Samuel yang mencintainya 1Sam 15:35. Banyak orang tidak mengerti dan tidakmelihat untungnya dekat dengan garam dan terang dunia sehingga limpah dengan Firman dan pekerjaan Roh Kudus. Ba-nyak yang hanya suka meriah, ramai2, senang untuk daging, tetapi tidak suka pikul salib di jalan sempit, sehingga akibatnya pasti orang2 ini juga menjadi garam yang tidak asin dan pelita yang padam, apalagi kalau mulut dan sikap-nya jelek, tambah banyak dosa yang keluar.

Orang yang menolak terang, salib dan jalan sempit, akan bersukacita dalam jalan lebar seperti Lot dan pasti binasa sekalipun Abraham, Samuel sudah ber-doa syafaat dan usaha maksimal. Juga Yoas wkatu dekat dengan terang dan garam dunia, ia menjadi terang. Tetapi sesudah Imam Yoyada mati, Yoas men-cari teman2 yang cocok dengan da-gingnya dan ia menjadi gelap dan jahat 2Taw 24:2,  17,22. Yoas yang mulai de-ngan pengaruh baik dari Yoyada, jadi binasa oleh pengaruh jahat dari peng-hulu2 yang gelap, tetapi cocok dengan selera dan pilihannya. Sebab itu rin-dulah akan Tuhan dan hidup dalam kesucian Allah dan bertumbuhlah.

Mereka yang tidak bisatumbuh itu biasanya ada “ular jahat” yang dibiar-kan hidup dalam hatinya, lebih2 kalau keadaannya sudah mapan atau fase nyaman. Harus tumbuh, jangan macet, itu biasanya ada dosa, bahkan sudah undur atau jatuh, apalagi di tengah2 banyak garam dan terang yang me-nyala. Dahsyat! Mati di tengah2 terang Allah Ams 5:14! Jangan bodoh dan jangan lalai, akibatnya untuk kekal.

YES 60:17e. AKU JUGA AKAN MENJADIKAN SEGALA PENGHULUMU DAMAI DAN PEMERINTAHMU, KEBENARAN

Luar baisa. Ini suatu negeri yang damai, adil dan benar, danmanis seperti Surga.

Kalau orang2 berhimpun dalam kesu-cian apalagi tumbuh dengan cepat, itu berarti ada sesuatu yang istimewa dan Allah pasti ada dan bekerja di te-ngah2nya. Orang2 ini akan tumbuh baik sebagai penghulu atau apa saja, mereka akan melakukan tugasnya de-ngan baik sehingga ada damai dan kebenaran dalam Gereja atau kerajaan Allah itu, meskipun masih di dunia (ini tempatnya masih di dunia).

Ini luar biasa,  baik keluarga (rumah tangga), Gereja, Sinode atau negeri yang hidup dengan keadaan seperti ini, yang bisa tumbuh dengan cepat dan mulia, itu suatu keadaan yang ideal dan suasananya menjadi indah seperti Surga di bumi, ajaib. Memang ini ada-lah Gereja akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel yang bertumbuh dengan cepat (dalam 3,5 tahun) menjadi sem-purna, luar biasa. Suasana Surga ada dalam seluruh Gereja tsb dan segala berkat dan fasilitas Surga akan dialami dengan ajaib. Sekarangpun kita bisa mengalami, tergantung dari orang, ke-luarga atau Gereja, sinode masing2. Tetapi dalam masa Minggu ke-70 Da-niel, ini  adalah keadaan masaal dari semua Gereja akhir zaman yang di jalan sempit, sangat indah dan tubuh Kristus global akan nyata dan bersekutu de-ngan amat indah, persekutuan tubuh Kristus global. Orang beriman seperti ini, akan selalu senang di mana2, dalam zaman apapun, sekalipun keadaan du-nia sekitarnya jahat sekali sebab pola-risasi dosa Wah 22:1. Kita senang se-tiap hari, lebih2 dalam berjalan dengan Tuhan, dalam akhir zaman, dalam Minggu ke-70 Daniel, dalam Pesta Kawin Anak Domba, dalam Kerajaan 1000 tahun, apalagi dalam Surga Bumi Baru. Untung ikut Tuhan kalau sung-guh2 percaya dan bertobat. Wai yang pura2!

 

Nyanyian:

Senang selalu senang.