YS322 – 27. YESAYA 60:14-16. MEMERINTAH SEBAGAI RAJA DI BUMI

KUNCI PENAFSIRAN.

Ayat 13 adalah tentang kesempurnaan, seperti Libanon yang masuk dalam wilayah Israel, ini adalah ukuran terbe-sar (kesempurnaan) yang dijanjikan Allah bagi Israel Kej 15:18, Ul 1:7. Ini berarti secara jasmani untuk Israel pa-da waktu Daud dan Salomo, tetapi bagi Gereja ini berarti penamatan rencana Allah dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel, dimana Gereja menjadi sem-purna (3 angka kedatangan Tuhan dige-napkan, termasuk jumlah orang sem-purna dalam Gereja akhir zaman genap yaitu 144.000 orang). Jadi ayat2 sesu-dah ayat 13, menceritakan tentang lan-jutan dari orang2 sempurna. Ingat pada waktu Gereja menjadi sempurna orang Israel belum sempurna, bahkan pada waktu itu mereka baru menerima Tu-han Yesus sebagai Mesiasnya, sesudah orang kafir genap masuk iman, baru mulai zaman orang Israel, dimana janji2 untuk orang Israel dalam Wasiat Lama digenapkan semuanya Rom 11:25-26.

 

YES 60:14a. PUTRA2 DARI MEREKA YANG MENGANIAYA MU AKAN DATANG, SUJUD KEPADAMU,

Sesudah Gereja menjadi sempurna, di-angkat, lalu kemudian (sesudah Pesta Kawin Anak Domba di Surga 3,5 tahun) ikut dengan Tuhan Yesus  turun kem-bali ke dunia dalam perang Harmage-don (ini kedatangan Tuhan II tahap 2) untuk mengalahkaniblis, Antikris, nabi palsu dan semua pengikutnya di selu-ruh dunia dibinasakan kecuali 144.000 orang Israel dan orang2 kafir, (mungkin jumlahnya sama) dan orang2 ini tidak menerima cap antikris Wah 19:20-21, mereka masuk dalam kerajaan 1000 tahun. Semua yang ikut turun dengan Kristus, termasuk juga yang keluar dari zaman Antikris ikut memerintah di atas bumi ini selama 1000 tahun Wah 20:4-6. Semua memerintah dengan Kristus, tetapi dalam tingkat yang ber-beda2, sesuai dengan kemuliaan yang didapat-nya sewaktu di dunia Luk 19:17-19 (du-nia = sekolah dan tempat pengolahan yang terbaik, berbahagialah yang mau diolah dan terus tumbuh, yang tidak mau diolah, rugi! Bahkan bisa hilang keselamatannya).

Dalam keadaan kerajaan 1000 ta-hun yang ideal, sedikit orang yang ma-suk di dalamnya (dalam tubuh lahiriah seperti sekarang) dengan cepat ber-kembang sehingga kembali bumi men-jadi penuh dengan manusia, sebab kea-daannya ideal, praktis tidak ada dosa, penyakit, kemiskinan, kelaparan, keja-hatan dll) seperti di Surga. Memang ini Surga tingkat Halaman, dimana Kristus langsung memerintah di atas tahta Daud di dunia ini Luk 1:32.(Lihat buku kerajaan 1000 tahun dari Penerbit Bukit Zaitun).

Penduduk bumi dari kerajaan 1000 tahun ini adalah orang2, turunan dari orang2 di dunia sekarang, yang juga ja-hat, menganiaya orang benar, menolak Kristus seperti orang Israel dan bang-sa2 lainnya Luk 11:47-48. Sekarang me-reka mendapat kesempatan hidup se-perti di Eden, tetapi bukan hanya se-pasang manusia (Adam dan Hawa) tetapi sangat banyak. Kerajaan 1000 tahun adalah kesempatan terakhir yang membuktikan (lebih2 dalam keadaan ideal), kalau orang tidak percaya Tuhan Yesus, akhirnya akan melawan Allah, jatuh dalam dosa dan binasa! (Seperti Lucifer dan malaikat2 yang jatuh!). Mau percaya Tuhan Yesus itu keun-tungan yang tertinggi dalam dunia ini Ibr 2:3. Tidak ada jalan keselamatan lain, hanya percaya pada Tuhan Yesus Yoh 14:6, juga di Surga, Lucifer dan malaikat2 yang tidak percaya pada Allah, semua memberontak dan binasa. Hanya bisa selamat, kalau percaya pada Allah.

Dalam kerajaan 1000 tahun semua diperintah oleh Raja yang maha besar (Tuhan Yesus Kristus) dan kita. Semua penduduk kerajaan 1000 tahun me-nyembah dengan khidmat dan tertib, tidak ada yang berani melawan atau kurang ajar, sebabdalam pemerintah tongkat besi hukumannya mati Wah 2:27. Dosa praktis tidak muncul sebab hukumnya keras dan pemerintahnya ilahi, tidak bisa ditipu, tahu sebelum berbuat dosa atau kejahatan dan lang-sung dihukum. Mereka masih mungkin berbuat dosa tetapi ditekan penuh oleh hukum tongkat besi.

Yang lahir dalam kerajaan 1000 tahun tidak pernah mengalami dunia yang sekarang, tetapi tetap ada tubuh daging yang ditekan hukum tongkat besi.

 

YES 60:14b. DAN SEMUA MEREKA YANG MENGHINAKAN KAMU AKAN SUJUD MENYEMBAH PADA ALAS KAKIMU.

Ini anak2nya, disini tidak ada peng-hinaan dll, tetapi orang2 yang meme-rintah, mereka yang pernah dihina, dianiaya, bahkan banyak yang sampai mati (seperti dalam zaman Antikris, banyak sekali, tetapi yang terangkat dan sempurna, tidak mengalmi kema-tian, sekalipun akhir zaman ini dahsyat 1Kor 15:51-52). Tetapi salib (menderita karena Kristus, mematikan daging su-paya bisa hidup suci dan taat akan Tuhan) semua itu disini menjadi ukuran kemuliaan kita Rom 8:17-18. Disini nyata benar artinya salib yaitu kemu-liaan kekal! Waktu di dunia, salib itu tidak tampak kemuliaannya sehingga banyak yang menolak, lari atau mele-paskan salib dan memilih daging se-perti Lot, Saul dll. Tetapi orang yang mengerti, akan bersukacita dengan salib, sebab itu adalah kemuliaan kekal Kis 5:41, Mat 5:10-12. Juga salib pribadi yaitu menyangkal dirinya sendiri, me-matikan dagingnya 1Pet 4:1, 1Kor 9:27. Kalau mata kita celik, maka orang2 seperti ini akan masuk dan mulia dalam kerajaan 1000 tahun. Sebab mau pikul salib bahkan sampai dagingnya mati total(menjadi sempurna) atau sampai akhir hidup (taat sampai mati).

 

YES 60:14c. DAN MEREKA AKAN MENYEBUTMU KOTA TUHAN, SION DARI YANG MAHA SUCI ORANG ISRAEL.

Ini negeri orang Israel, sebab putra Daud menjadirajanya di kota Sion, Yerusalem dalam kerajaan 1000 tahun. Tetapi yang memerintah adalah orang Israel dari Wasiat Lama yang selamat dan orang2 yang percaya dari Wasiat Baru yaitu Gereja, menjadi raja2 besar dan kecil, pemerintah di dalam Kera-jaan 1000 tahun. Ini negeri yang dicari Abraham Ibr 11:16, 39-40 bahkan ba-nyak orang rela menanggung sengsara sampai mati dan tidak minta lepas sebab percaya salib itu kemuliaan! Ibr 11:35,36-40. Sebab itu jangan menuruti daging, mengejar kesukaan daging, do-sa, dunia yang fana ini, itu sia2; bahkan masih tertawapun hatinya berasa sakit Ams 14:12-13 apalagi waktu menuai dosanya, baik di dunia, lebih2 di neraka.

Salib itu indah, jangan lari dari salib, itu indah, lebih2 pada akhir zaman begitu banyak dan besar salibnya, te-tapi itu justru membawa kita masuk dalam kemuliaan yang sangat besar Wah 12:1, tetapi daging sama sekali ha-rus dimatikan, tidak lagi berbuat dosa 2Pet 1:10, Rom 6:1-2. Jangan silau de-ngan emas dunia yang fana ini, tetapi pandanglah terus negeri yang suci, mulia dan kekal. Kerajaan 1000 tahun ini bagi kita yang memerintah akan terus dilanjutkan sampai kekal dalam Surga Bumi Baru.

 

YES 60:15. SALIB DIGANTIKAN MAHKOTA.

 

YES 60:15a. MESKIPUN ENGKAU SUDAH DITINGGALKAN.

Tentu ini tidak enak, baik dalam pela-yanan, persekutuan bahkan dalam keluarga dan suami atau istri yang ditinggalkan, itu pengalaman pahit yang pahit sekali. Kalau yang diting-galkan bereaksi dosa, sama2 masuk Neraka, pahit di dunia dan pahit di Neraka. Sebab itu jangan bereaksi dosa waktu ditinggalkan, sekalipun kita tidak salah. Ampuni, kita hanya sebentar di dunia. Justru mengampuni dan mela-yani orang2 yang tidak setia dan jahat ini membuat kita tumbuh lebih tinggi dan lebih indah di hadapan Tuhan. Ingat Ayub dengan istri yang jahat, Abigail dengan suami yang jahat, ini pengolahan yang efektif. Tetapi orang yang menyakiti dan yang mening-galkan, kalau tidak bertobat akan cela-ka seperti penghulu2 dan orang Israel yang melawan dan meninggalkan Mu-sa, tetapi yang pikul salib dalam kesu-cian, besarlah kemuliaannya.

 

YES 60:15b. DAN DIBENCI.

Jangan balas benci, tetapi mengampuni dan mengasihi musuh Mat 5:44. Tentu juga harus cerdik dipimpin Roh, supaya jangan dimakan dan menderita kerana kebodohan. Tetapi salib tetap akan da-tang, tetap jangan bereaksi dosa dan tetap hidup suci dan taat melakukan kehendak Allah.

 

YES 60:15c. SEHINGGA TIDAK ADA ORANG YANG MELALUI ENGKAU.

Selalu dilewati, dibuang, kebaikannya dibalas kejahatan. Kalau kita dilewati karena Kristus ada pahalanya, kalau karena dosa, bisa makin celaka. Sebab itu tetaplah dalam kesucianNya dan lakukan selalu kehendakNya.

 

YES 60:15d. AKU AKAN MEMBUATMU SUATU KEUNGGULAN KEKAL.

Seringkali ini tidak tampak di hari2 ini, tetapi sesudah pengangkatan, dalam kerajaan 1000 tahun dst, itu sangat sangat nyata. Kadang2 orang yang kedudukannya tinggi, tetapi tidak dihargai diantara orang2 yang tidak mengenali, mereka merasa sakit hati, lebih2 diantara orang2 yang menge-nalnya, apalagi diantara orang2 yang sudah ditolongnya tetapi membuang dan menghinanya, hatinya jadi sedih sampai merana. Tetapi justru orang yang suka salib, itu indah sebab Tuhan tidak pernah seperti ini, justru kita jadi keunggulan yang kekal, luar biasa. Kemuliaan kita itu bukan untuk di dunia (meskipun sudah mulia di hadapan Allah) tetapi di Surga! (Nyanyian: Biar saya miskin disini, meski diolok disini, tapi mulia di dalam Surga). Sabarlah. Kalau hidup kita benar, dipimpin Roh, kita akan tetap ada sukacita dan sejah-tera dalam hadirat Allah,meskipun dikecilkan, dihina dan dianiaya, bisa tetap tahan dan sukacita Yoh 4:14, Kis 16:25.

 

YES 60:15e. SUATU SUKACITA DARI BANYAK GENERASI.

Kadang2 anak2 dari orang2 yang indah di hadapan Tuhan, tidak meniru orang-tuanya, hanya bersukacita dalam kelim-pahan berkat jasmani yang didapat orangtuanya dari Tuhan. Sebab itu sukacita dari orangtuanya tidak menu-run kepadanya, sangat menyedihkan. Kesukaan Daud tidak turun ke Amnon, Absalom dan Salomo (sebagian). Yosa-fat tidak turun ke anak cucunya dll. Sebab itu jangan biarkan anak2 hanya menikmati berkat2 jasmani orangtua-nya, tetapi didik, supaya mau pikul sa-lib sampai anak cucu cicitnya dst. Dididik dengan hikmat dan kuasa Allah! Mereka yang mendidik akan menik-matinya dalam Surga ber-sama2 de-ngan generasi2 berikutnya. (“Tuhan tidak punya cucu!”).

 

YES 60:16. PENEBUS YANG HERAN.

 

YES 60:16a. KAMU JUGA AKAN MENGHISAB SUSU BANGSA2.

Bayi itu menghisab susu dari ibunya dan dengan ini ia tumbuh paling baik. Ini makanan yang terbaik untuk bayi2. Begitu yang terbaik dari bangsa2 yaitu kemuliaan bangsa2 dibawa masuk ke dalam Surga Wah 21:26. Ini menjadi bagian pusaka, pahala yang kekal Maz 2:8. Apa ini? Dalam ayat 9 sudah dite-rangkan proyek Allah yaitu kasih ilahi yang menyelamatkan segala bangsa sampai di seluruh dunia dan menum-buhkan dalam kemuliaan Allah. Jiwa2 yang dimenangkan (dikasihi!) itu men-jadi kemuliaan kita (1Tes 2:9) inilah kemuliaan bangsa2 (dari segala bang-sa).

Sebaliknya proyek iblis adalah ke-bencian antar bangsa sehingga meme-cah bangsa2 bahkan sampai suku bang-sa, keluarga2 dan dalam satu keluarga terjadi perpecahan dan kehancuran se-hingga semua masuk dalam neraka. Inilah proyek kebencian iblis (ini sifat2 iblis, benci, bunuh Yoh 8:44, 1Yoh 3:15). Ia yang menimbulkan kebencian dalam suami istri, antar sahabat, antara golongan, terus sampai antar bangsa. Tetapi orang2 yang mengasihi Allah tidak diisi dengan benci tetapi dengan kasih antar segala golongan dan bangsa sampai dalam suami istri dan keluarga. Kadang2 kita melihat proyek kasih ilahi ini se-olah2tidak mungkin bisa jadi, sebab kebencian yang meningkat di mana2, sehingga dosa2 meningkat de-ngan ganas sampai pembunuhan kare-na benci, orang berani korban apapun karena benci, tetapi berdoalah, maka dengan kegerakan Roh Kudus dan Firman Tuhan, kasih Kristus akan me-nembus kebencian inidan menyelamat-kan segala golongan dan bangsa dan ini menjadi kemuliaan yang kekal.

 

YES 60:16b. AKAN MENGHISAB SUSU RAJA2.

Siapa ini? Bayi2 dari raja2 yang tumbuh menjadi raja2. Kita ini imam2 dan raja2 di hadapan Allah Wah 1:7, 1Pet 2:9.

Kita diasuh dan ditumbuhkan jadi raja2 di dunia dan sekarang jadi pemerintah dengan Tuhan.

Tidak semua orang menjadi raja di hadapan Allah di dunia, banyak orang lebih suka jadi budak iblis menuruti semua hawa nafsunya dengan limpah. Ini raja2 dunia, beraja di hati 2Pet 2:10-12 bisa menuruti segala kehendak dagingnya baik nafsu sex, baik nafsu benci, baik nafsu tamak akan uang, nafsu kuasa, puji dan hormat dan macam2 nafsu duniawi dan satanik. Mereka ini se-olah2 raja2 di dunia, tetapi sebetulnya budak2 iblis yang terikat. Raja di hadapan Allah itu ber-arti raja atas daging (mahir dan me-nang atas daging, dunia dan iblis, de-ngan pertolongan dan pengurapan Roh Kudus yang limpah dan Firman Tuhan. Ini raja2 di hadapan Allah, bisa hidup dalam kesucian dan tidak bereaksi daging tetapi selalu taat akan Firman Tuhan. Ini orang2 yang dapat susu raja2, makanan dan fasilitas ilahi dari atas; inilah raja2 ilahi, di hadapan Allah dan mereka tumbuh menjadi orang kuat dari Tuhan sebagai raja2 dan disini (dalam kerajaan 1000 tahun dan Surga Bumi Baru) memerintah dengan Allah dalam kemuliaan yang besar dan abadi. Raja2 ini ber-beda2 tingkatnya Luk 19:17-19. Ini sesuai dengan tingkatan kuasa kita sebagai raja di dunia. Justru orang yang lemah lembut, sabar, mengalah, mengampuni dan mengasihi musuh itu orang2 kuat di hadapan Al-lah, meskipun dalam dunia dianggap orang lemah dan tidak berdaya. Kita jadi raja2 di hadapan Allah, bisa meme-rintah dan mengusai daging, dunia dan iblis. Ini raja2yang mulia untuk abadi, begitu senang, bahagia untuk kekal, sebab tidak pernah diturunkan sebagai raja, melainkan memerintah dengan Allah untuk kekal.

 

YES 60:16c. DAN ENGKAU AKAN MENGENALI BAHWA AKULAH TUHAN.

Tuhan berarti tuan. Semua dalam kera-jaan 1000 tahun mengakui bahwa Ye-suslah Tuhan, tidak ada yang berani melawan. Tetapi yang menentukan adalah pengakuan dan ketaatan kita di dunia. Justru dalam dunia kalau ada banyak tuan, tetapi kita memilih Tuhan Yesus sebagai tuan kita, bukan uang, bukan daging atau iblis, ini pilihan yang punya arti untuk kekal Mat 6:24. Mau taat dan melakukan semua Firman Tu-han, itulah orang2 yang memilih Tuhan Yesus sebagai Tuannya di atas se-gala2nya, maka ia akan ikut dengan pasukan Raja dan Tuhan di atas segala tuan, memerintah dalam kerajaan 1000 tahun dan Surga Bumi Baru yang kekal Wah 19:14,16. Inilah orang2 yang taat sampai mati kepada Tuan ini seperti contoh Putra manusia Yesus Pil 2:8. Kalau kita ikut dalam proyek Allah yang mengasihi dan menyelamatkan bang-sa2, dan termasuk dalam orang menge-nali Tuhan sebagai Tuan kita, kita akan menjadi raja2 ber-sama2 dengan Tu-han.

 

YES 60:16d. JURU SELAMAT.

Rencana Tuhan untuk keselamatan itu bukan hanya selamat dan masuk Surga, tetapi terus tumbuh sampai seperti Kristus. Semua ini dikenali dan dialami di dunia dan sekarang menikmati hasil-nya.

 

YES 60:16e. PENEBUSMU, SATU2NYA YANG MAHAKUASA DARI YAKUB.

Penebusan roh (yang sekarang) sering-kali belum tampak jelas oleh orang dunia, tetapi sesudah selesai dan mengalami penebusan tubuh menjadi orang sempurna atau menjadi tubuh kemuliaan, baru tampak kemuliaannya yang luar biasa dan kekal 1Yoh 3:2 (lihat buku: Tubuh nyawa roh dan Te-bus tubuh, PBZ). Banyak orang meng-hina dan mengecilkan penebusan dari Tuhan Yesus (penebusan roh) dan me-nolaknya, maka ia tetap hidup dalam dosa dan akan bangkit dalam tubuh kebangkitan orang berdosa yang keji dan penuh penderitaan yang kekal. Banyak orang mengira kalau ditebus dari dosa itu sulit, tidak mungkin danitu melarat, menderita sebab tidak lagi bisa menikmati kesukaan dosa yang sesaat, itu salah. Justru penebusan roh kita membuat kita mati lepas dari dosa, dan segala akibat dan penderitaan dari dosa lenyap, itu indah dan bahagia, apalagi dalam Surga mulia, sangat in-dah, mulia, heran, sukacita sampai ke-kal. Jangan ditipu iblis, jangan menurut daging tetapi percayalah akan Allah yaitu akan FirmanNya Mrk 11:22.