YS320 – YESAYA 60:10-12. PROYEK ALLAH DAN IBLIS

Sambungan dari YS-319

9b. dan kapal2 Tarsis yang pertama.

Yunus pergi ke Tarsis karena lari dari Tuhan, tidak mau memberitakan kabar baik ke kota Niniwe. Tetapi orang yang pergi dengan kehendak Tuhan ke Tarsis akan membawa kembali emas dan pe-rak 2Taw 9:21. Seperti Paulus dan Bar-nabas dan orang2 lain pergi menginjil sampai ke pulau2 yang terjauh, sampai ujung bumi untuk memenangkan jiwa dan ini yang menjadi perak dan emas di hadapan Tuhan. Jangan ada maksud lain seperti Yunus, ia lari dari kehendak Tuhan untuk menuruti kehendaknya sendiri atau untuk perkara2 yang fana; tetapi beritakanlah Injil dengan kuasa dan tulus, supaya jiwa2 diselamatkan dan itulah perak dan emas yang diper-sembahkan bagi Tuhan. Jangan kum-pulkan yang sia2 Mat 16:26. Menang-kan jiwa2 bagi Tuhan itu sangat indah dan ini yang pertama. Jangan untuk tujuan lain, semua itu sia2 sebab hanya sampai kubur Mat 16:26, tetapi jiwa2 itu untuk kekal, mereka selamat dan kita dapat pahala kekal bahkan juga makin tumbuh seperti Kristus. Jangan takut kebutuhan kita, Tuhan akan mencukupi bahkan dengan limpah Mat 6:33, Yes 60:10-11.

Mengapa diTarsis? Yunus juga pergi ke Tarsis. Memang sama2 ke Tarsis, tetapi kalau lari dari Tuhan, lari dari kesucian dan kebenaran akan masuk perut ikan selama 3 hari (untung bertobat). Orang yang melakukan kehendak Tuhan de-ngan tidak benar, akan kena hukuman Mat 7:21-23.

9c. membawa putra2mu dari jauh.

Ini orang2 yang mau pergi jauh untuk memenangkan jiwa. Bahkan bukan saja jauh dalam jarak, tetapi juga jauh da-lam pengorbanan (korban besar), mau merendahkan diri, mau menyangkal diri, mau dirugikan dll maka dengan kuasa salib (1Kor 1:18), kita akan memenangkan jiwa2 bagi Tuhan dan pulang dengan membawa emas dan perak bagi Tuhan yaitu jiwa2 yang dimenangkan.

9d. dengan perak dan emasnya

ber-sama2.

Jiwa2 yang diselamatkan, itu yang pa-ling berharga bagi Tuhan dan bagi kita yang mengerti. Pikirkan dan usahakan dengan tulus menangkan jiwa2, maka Roh Kudus akan menyertai dan me-mimpin orang2 yang dengan tulus memberitakan Injil, karena Kristus, karena belas kasihan Mat 9:13 untuk keselamatan mereka.

9e. kepada Tuhan Allah mu dan kepada Satu yang suci dari Israel.

Semua karena dan untuk Tuhan (bukan karena, oleh dan untuk yang lain), se-bab kita bisa melakukan semua itu juga karena Tuhan saja Rom 11:36, 2Kor 4:7, Zak 4:6. Ini yang benar dan tulus, yaitu karena Tuhan saja.

 

 

 

9f. sebab Ia mempermuliakan engkau.

Kalau kita dengan tulus memenangkan jiwa2, maka jiwa2 itu menjadi kemu-liaan kita untuk kekal. 1Tes 2:19.

 

  1. YES 60:10. KEMURAHAN DAN KEKERASAN ALLAH.

10.c. Sebab dalam murkaKu, Aku memalu engkau, tetapi di dalam perkenanKu, Aku sudah berkemurahan kepadamu.

Allah itu kasih, tiada taranya tetapi juga suci dan adil. Sebab itu Dia menurun-kan kekerasan kepada orang yang me-nuruti dosa, melawan Allah dan kemu-rahan atas orang yang memperkenan-kan Tuhan Rom 11:22.Tuhan memberi berkat dan kemurahan yang amat be-sar, setinggi langit bagi orang yang takut akan Dia Maz 103:11, tetapi hu-kumanNya juga sangat dahsyat bagi iblis dan orang2 yang tidak takut akan Dia seperti orang zaman Nuh dan orang2 Sodom. Kej 6:7; 19:29.

Sebetulnya prinsipnya sangat seder-hana.

  1. Kalau kita mau takut akan Dia, hidup benar dan berkenan akan Dia, maka hidup ini akan menjadi indah dan sa-ngat mulia, sekalipun keadaan tidak memungkinkan, sangat kacau dan ja-hat, tetapi Allah sanggup mengirim ber-kat dan pertolonganNya sehingga sam-pai, tiba pada kita dan kita bisa menikmatinya Ul 28:2.
  2. Tetapi kalau kita tidak takut akan Dia dan berbuat dosa dan kejahatan dengan semaunya sendiri seperti iblis, maka hukuman yang dahsyat akan datang, sekalipun punya banyak alasan dan perlindungan yang hebat, sebab Allah itu maha kuasa, Dia sanggup membinasakan siapa saja yang hidup dalam dosa dan kejahatan!

Ini berlaku pada orang yang tidak mengenal Tuhan maupun pada umat-Nya sendiri, Ia adil dan memberi pem-basalan kepada masing2 sesuai dengan perbuatannya, baik di dunia, lebih2 dalam kekekalan, untuk yang mau percaya atau tidak pada Tuhan Yesus Wah 22:12. Misalnya orang Filistin merampas Tabut Allah, mereka dihu-kum sampai menyembah dan minta ampun, dengan memberi korban kare-na kesalahan untuk minta ampun dan dengan hormat mengembalikan Tabut Allah, maka mereka dilepaskan dari hukumannya 1Sam 6:8.

Juga umat Tuhan yang ditebus dan sudah diangkat menjadi umatNya su-dah diberi pengertian dan segala fasili-tas dengan limpah, kalau melawan, di-tuntut lebih banyak Luk 12:48 dan juga dihukum dengan adil! Dahsyat! Sebab itu jangan main2 dengan Tuhan Allah yang maha kuasa!

Kalau mau hidup benar dengan tulus, dengan segenap hati, pasti nasib yang sekarang dan yang akan datang jadi indah dan mulia untuk kekal. Kalau ti-dak mau, lalu hidup dalam dosa te-rang2an atau sembunyi2, Allah tahu dan dengan adil semua akan mendapat pahala atau akibatnya dengan tepat!

Memang iblis selalu ikut campur dan mau menjungkirbalikkan hukum2 Tuhan supaya orang ikut dia dalam do-sa dan dia berjanji akan jaya, tetapi Allah jauh lebih kuat dari iblis.

Dalam dunia kita juga diolah, sebab itu kadang2 bisa mengalami yang tidak cocok dengan hukum2 Tuhan te-tapi itu hanya untuk pengolahan. Kalau sungguh2 benar dan mau dipimpin Roh, jangan takut. Tuhan akan memim-pin dan menolong kita dengan se-pe-nuh2nya.

Jangan kuatir atau takut dalam keadaan apapun, tetapi:

  1. Tetap hidup dalam kesucian, jangan bereaksi dosa atau ikut2 benci atau berbuat dosa, tetap benar dan taat akan Firman Tuhan yaitu mengampuni dan mengasihi dan
  2. Tetap penuh dan taat dipimpin Roh, maka Roh Kudus akan memimpin kita dan pimpinan Roh Kudus itu dengan hikmat dan kasih ilahi, jangan takut.

Apalagi kalau satu kali kita masuk dalam Minggu ke-70 Daniel yang pe-nuh dengan bahaya besar2, Tuhan akan memelihara kita seperti Yusak, Kaleb (Bil 14:24,30, 1Kor 15:51-52 se-bab hal2 yang berkenan pada Tuhan dalam hidup kita, tidak akan diambil kembali oleh Tuhan Luk 10:42), bahkan Tuhan punya rencana yang indah seka-rang, lebih2 dalam masa penamatan rencana Allah, yaitu Gereja akan disem-purnakan (3 Angka kedatangan Tuhan digenapkan) itu saat2 yang luar biasa, zaman keemasan bagi tubuh Kristus global.

 

10.a. Dan putra2 orang asing akan membangun tembokmu.

Tembok itu untuk perlindungan negeri. Tuhan bisa langsung turun melindungi umatNya (misalnya mengirim pasukan Malaikat untuk Elisa 1Raj 6:17), tetapi Tuhan yang penuh kreasi, Ia membuat hal2 baru yang indah bagi umatNya. Tuhan pakai orang2 ini untuk memba-ngun perlindungan bagi umatNya, luar biasa (sambil mereka diberkati dan diselamatkan). Sebab itu jangan takut, tetapi jangan berharap pada putra2 orang asing itu, tetapi tetap harap pada Tuhan. Tuhan bisa pakai siapa saja, ka-lau perlu Dia bisa langsung mengirim malaikat seperti dalam kasus Elisa. Percayalah kepada Tuhan, harap saja kepadaNya bukan pada manusia, uang, pedang, dll, maka orang yang punya iman akan bisa bersyukur dan tetap dalam sejahtera, lalu Tuhan akan be-kerja dengan kuat kuasaNya yang heran.

10.b. dan raja2nya akan melayani engkau.

Raja berarti yang paling tinggi.

Luar biasa, bukan saja pertolongan Tu-han datang, tetapi dalam ukuran atau tingkat yang mulia. Luar biasa. Kita tetap harus rendah hati, tetapi Tuhan sanggup menunjukkan kuasa dan ke-muliaanNya yang indah.

Jangan lupa, jangan bereaksi dosa, tetap suci dan kasih dan tekun duduk di kaki Tuhan seperti Maria, ada perse-kutuan yang akrab dalam Firman Tu-han, dengan doa dalam Roh dan kebe-naran dan bersekutu dalam perseku-tuan tubuh Kristus masing2 (bahkan dalam tubuh Kristus global yang akan datang). Ini akan terjadi, baik dalam kesukaran2 pribadi, lokal dan global yang pasti akan datang (2Tim 3:1), menghantam umat Tuhan yang benar, tetapi Tuhan akan menyertaiNya sesuai dengan keadilan dan kuasaNya. Jangan lupa, kekerasanNya akan orang2 yang hidup dalam dosa tetapi kemurahan yang limpah bagi yang berkenan ke-padaNya dan tetap dalam kemurahan-Nya (jangan berbalik dalam dosa atau main2, sembunyi2, Tuhan tahu dengan tepat dan akan kena kekerasannya! Sebab itu hendaklah kita tetap benar dan berkenan kepadaNya).

 

  1. YES 60:11. PINTU GERBANGNYA TERBUKA SIANG MALAM.

11.a. Sebab itu Pintu gerbang mu akan terbuka senantiasa, ia tidak akan ditutup siang malam.

Bila pintu gerbang ditutup rapat2, terus menerus? Kalau kalah, takut musuh masuk seperti dalam zaman Zedekia 2Raj 25:1-4. Pada tanggal 10 bulan 10 tahun 9 dari kerajaan Zedekia sampai tanggal 9 bulan 4 tahun 11, kira2 1,5 tahun, pintu gerbangnya tertutup. Dah-syat! Bayangkan kalau Surabaya hanya punya satu pintu gerbang, lalu ditutup 1,5 tahun, bagaimana dahsyatnya? Begitulah kota besar dan mulia Yerusa-lem menjadi celaka sebab ditutup se-lama 1,5 tahun! Lalu kemudian mereka menembus tembok untuk keluar, te-tapi ditangkap tentara Babil yang sudah mengepung 1,5 tahun dan dibinasakan. (Ada banyak peristiwa seperti ini. Pintu Gerbang sangat penting).

Tetapi disini pintu gerbang itu ter-buka siang malam, tidak pernah ditutup, sebab aman dan sentosa, luar biasa. Tidak ada musuh yang berani masuk! Keadaan  terbalik daripada zaman Zedekia. Begitu kalau Tuhan yang memelihara kita maka Tuhan yang menjaga dengan sempurna sampai pintu gerbang dibiarkan terbuka siang malam terus menerus, aman sentosa dalam perlindungan dan penjagaan Tuhan. Ingat hidup lekat dengan Tuhan seperti carang dalam pokok, tidak be-reaksi dosa dan tetap penuh dan taat dipimpin Roh (selalu ada kelebihan minyak sebab tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran! Sebab Tuhan bertindak bagi kita, tergantung hidup dan per-buatan kita, apa seperti Zedekia atau berkenan pada Tuhan). Kalau kita ber-kenan pada Tuhan, maka Tuhan men-jaga dan memelihara kita sampai satu rambutpun tidak gugur Kis 27:34. Siapa bisa menjaga dan menjamin seperti ini? Hanya Tuhan dan hanya untuk orang yang menerima kemurah-anNya! Sebab itu tinggallah tetap da-lam kemurahanNya, jangan keluar dari jalan sempit atau ingin pindah tempat yang salah, bisa celaka.

 

11.b. Supaya orang2 bisa membawa kepadamu kekayaan bangsa2.

Tidak ada orang mau menyerahkan ke-kayaannya, justru dipertahankan mati2an bahkan kadang2 orang itu sampai tewas, apalagi kekayaan yang halal, itu sama dengan jumlah keringat atau jerih payahnya. Ini tidak salah. Tetapi disini justru dari jauh2 kekaya-annya diantarkan masuk dalam kota umat Tuhan yang mendapat kemu-rahan dan rahmatNya.

Ini bisa berarti jasmani dan rohani.

Jasmani. Jangan takut tentang harta, sebab Tuhan yang pelihara, Tu-han bisa menambahkan dengan berlim-pah bahkan tanpa batas seperti pada Yusuf, Daud, Salomo dll. Yang penting hidup benar dan bisa menanggung uang dengan baik, tidak sampai jadi do-sa tetapi justru jadi baik baginya yaitu tumbuh makin berkenan pada Tuhan dan makin mempermuliakan Nama Tuhan (bukan merusak namaNya makin dihina dan direndahkan! Ingat Ams 30:8).

Secara rohani ini berarti kekayaan bangsa2 yang masuk seperti yang akan masuk dalam Pintu Gerbang Surga yang juga tidak pernah ditutup Wah 21:25-27. Apa kekayaan bangsa2 ini? Inilah jiwa2 yang dimenangkan dari seluruh dunia Mat 24:14. Memenangkan jiwa itu dengan kasih seperti Kristus. Ini proyek Allah. Tetapi proyekiblis justru mengadu suku2 bangsa dengan keben-cian rasial, di seluruh dunia, antar suku bangsa. Tetapi Roh Kudus mendorong orang ke seluruh dunia dengan kasih Kristus. Tidak semua orang bisa pergi ke seluruh dunia. Mulailah mengasihi orang2 di sekitar kita dari suku bangsa manapun, terus sampai di mana kita berada dan pergi terus bersaksi men-jadi garam dan terang dunia. Dengan demikian Injilsampai di seluruh dunia. Ini kehendak Tuhan yang berlawanan dengan kehendak iblis.

Dalam Polarisasi, kedua proyek ini tumbuh dan ber-tambah2. Yang satu bertumbuh dalam kasih untuk menye-lamatkan jiwa2 dari suku manapun, yang lain tumbuh dan ber-tambah2 dalam kebencian antar bangsa. Hati2 jangan sampai kena kebenciannya. Seringkali karena ditantang, maka tim-bul kebencian akan orang2 yang jahat; ini berarti sudah masuk dalam pe-rangkap iblis jatuh ke tangan iblis. Sebab itu sekalipun menghadapi tan-tangan2 kebencian yang besar, jangan bereaksi dosa, ampuni, kasihani dan mintakan berkat Mat 5:44, jangan membalas benci, menghukum adalah urusan Tuhan Rom 12:19 dan minta pimpinan Roh Kudus senantiasa. Ini yang terjadi di seluruh dunia, sebab itu kita belajar ikut dalam proyek Tuhan, jangan terjerumus dalam proyek iblis, tetapi tetap dalam kasih ilahi bukan dalam kebencian iblis. Tuhan memberi kuasa perlindungan dan penjagaanNya supaya dengan bijak dan pimpinan Roh Kudus kita membawa masuk segala ke-kayaan ilahi yaitu keselamatan segala bangsa dalam kerajaan Allah. Luk 11:20.

11.c. Dan raja2nya (juga) dibawa.

Kalau raja2nya juga dibawa masuk, itu berarti kemenangan yang penuh se-perti dalam Wasiat Lama. Kalau raja Yehuda dibawa tertawan itu berarti kalah penuh, kalau raja musuh dibawa masuk itu berarti kemenangan penuh. Kalau Tuhan beserta maka akan ada kemenangan yang penuh Rom 8:31, 1Yoh 5:4. Tanpa Tuhan bisa jadi ke-kalahan penuh. Begitu juga, dengan Tuhan, Dia akan memberi kemenangan penuh sehingga:

  1. Injil sampai di seluruh dunia Mat 24:14 dan
  2. jumlah orang yang percaya dari se-gala bangsa menjadi penuh Rom 10:25 sehinggaini menjadi salah satu tanda kedatangan Tuhan (ditambah 1 angka lainnya lagi, yaitu jumlah orang yang sempurna genap). Ini nubuatan dari Firman Tuhan yang pasti akan digenapi pada waktunya. Kalau kita tetap hidup dalam kemurahan Allah, maka kita akan mendapat kemenangan yang pe-nuh, mengalami hal2 ini dan menda-patkan segala pahala dan kemuliaan yang sudah disediakan Tuhan.

 

  1. YES 60:12. IBLIS AKAN DIKALAHKAN.

12.a. Sebab bangsa2 dan kerajaan yang tidak mau melayani engkau akan binasa.

Kita melihat 2 proyek ini terus ber-tan-ding, sama2 meningkat, baik proyek Allah dgn kasihNya dan proyek iblis dgn kebenciannya. Keduanya akan sama2 berusaha, tetapi proyek Allah pasti akan menang. Memang proyek iblis se-olah2 menang, sebab dalam 3,5 tahun II proyeknya berhasil, Antikris meme-rintah dunia dan orang2 yang tertinggal semua takluk kepadanya,  bahkan dibi-nasakan semuanya Wah 13:7.

Sepintas lalu rencana iblis dalam proyeknya berhasil,tetapi sebetulnya proyek Allah yang menang. Yang dise-rahkan dalam tangan iblis hanyalah orang yang undur dan menolak Allah dan binasa dalam proyek Antikris sesuai dengan Firman Tuhan 1Kor 5:5. Proyek Allah akan menang. Semua angka2 dalam proyek Allah akan dige-napkan dan proyek Allah akan sem-purna lebih dahulu lalu sisa orang yang memang tidak mau taat pada Tuhan, akan jadi bagian Antikris di dunia dan bagian dari iblis dalam Tasik api yang kekal.

12.b. Ya bangsa2 itu akan rusak habis2an.

Orang yang tidak mau masuk dalam kerajaan Allah, tidak percaya dan tetap dalam kerajaan iblis, akan dibinasakan habis2an waktu Tuhan Yesus datang kembali dalam tahap II. Semua yang dibinasakan dan masuk dalam peng-hukuman yang kekal, betul2 rusak habis2an, jasmani rohani untuk abadi.

KESIMPULAN.

Rencana Allah tidak ruwet, sangat sederhana dan orang yang mau hidup benar, percaya dan takut akan Tuhan, akan masuk dalam golongan kemurah-an Tuhan dan akan mengalami kemu-liaan Allah yang heran sekalipun keadaan akan sangat dahsyat, proyek Allah tetap menang, bahkan sampai kekal. Tetapi orang yang tidak percaya dan menuruti daging, tidak takut Allah, akan masuk dalam proyek iblis yang dahsyat, penuh dengan kebencian dan pembunuhan dan akan rusak habis2an sampai kekal. Sebab itu percayalah pada Tuhan Juru selamat dunia dan te-tap dalam kesucian dan ketaatan akan Firman Tuhan, maka hidup di dunia ini akan mengalami rencana Allah yang indah dan mulia sampai kekal.