YS319 – YESAYA 60:5-6. KEMULIAAN GEREJA AKHIR ZAMAN (bag.2)

YES 60:5. MENGALIR BERSAMA DALAM TUBUH KRISTUS GLOBAL.

 

  1. Yes 60:5a. Maka engkau akan melihat dan mengalir ber-sama2.

Tubuh Kristus global mulai timbul sesudah terjadi kegerakan2 rohani (hujan Akhir)

– maka ada perhimpunan rohani yang be-sar, persekutuan dalam Roh (nu-buat no.9), ini sangat indah. Ada perse-kutuan dan persatuan dari Gereja2 ja-lan sempit yang penuh dan dipimpin Roh, hasil kegerakan Roh Kudus dan Firman Tuhan.

– Sesudah orang2 yang tidak bertobat datang pada Tuhan dan sungguh2 bertobat, datang dari jauh, yang dahu-lunya tidak mungkin atau tidak bisa bertobat, sekarang bertobat sungguh2, mereka datang berhimpun. Tetapi yang tetap tidak mau bertobat akan pergi dan terpisah dalam polarisasi Wah 22:11 seperti Lot lari dan menjauh dari Abraham tetapi yang sungguh2 berto-bat yaitu putra2mu akan datang dari jauh (nubuat no. 10).

– Putri2mu dirawat, di sisimu (nubuat no. 11), mereka berubah menjadi laki2 rohani 1Kor 16:13, sebab diolah (dira-wat oleh kegerakan Roh Kudus dan Firman Tuhan). Semua ini mengha-silkan persekutuan yang manis dari se-gala golongan orang beriman yang ber-tobat, penuh dan dipimpin Roh. Segala denominasi bisa jadi satu oleh peker-jaan atau kegerakan Roh Kudus. Roh Kudus membawa pada kebenaran yang betul sekaligus masuk lebih dalam, dalam pembukaan2 Firman Tuhan Yoh 16:13, Mat 10:26-27 sehingga ada persekutuan yang kuat dalam Roh dan dalam Firman Tuhan seperti yang dinubuatkan dalam Ef 4:13.

Ini saatnya tubuh Kristus global akan dibangun antar denominasi dan antara ajaran2 yang ber-beda2 sehing-ga mencapai kesatuan iman dan peng-ajaran, atau perkenalan tentang putra Allah yaitu Tuhan Yesus, menjadi orang yang sempurna, sampai kepada ukuran yang penuh dari Kristus.

Ini keadaan yang luar biasa sebab oleh kegerakan hujan Akhir dan pem-bukaan Firman Tuhan, terjadi perse-kutuan tubuh Kristus global yang ajaib, luar biasa. Kalau kita sekarang mau bersedia Mat 24:42 yaitu sudah men-cicil lebih dahulu dengan hidup dipim-pin Roh dan tumbuh dalam penger-tian2 Firman Tuhan yang baru dan terus bertumbuh, maka pada waktu ini terjadi, kita bisa bertumbuh lebih cepat dan lebih tinggi menuju kepada kesem-purnaan rencana Allah, jadi orang yang sempurna. Kita tidak perlu ambisi dengan kekuatan kita sendiri, tetapi de-ngan cinta Firman Tuhan dan mau taat dipimpin Roh (taat seperti robot dan cinta seperti kekasih), maka kita bisa meningkat lebih tinggi dan lebih cepat kepada kesempurnaan yang begitu jauh dan tinggi dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel!

Ini akan terjadi seperti yang dinu-buatkan dalam Wah 12:1 suatu ajaib yang menguasai langit. Suasana dunia Roh dikuasai oleh Gereja yang penuh dengan 3 Pribadi Allah, sehingga jadi pemenang dalam dunia ini. Luar biasa. Kita melihat hal ini terjadi dan bisa mengalir ber-sama2 dengan semua orang yang penuh dan taat dipimpin Roh dan cinta Firman Tuhan (dan tentunya juga mentaatiNya Yak 1:22). Kita mengalir bersama dengan sehati dalam pimpinan Roh sesuai dengan Firman Tuhan, luar biasa.

Seringkali sekarang terjadi per-saingan antar denominasi, antar Gereja dll. Ini suatu keadaan yang salah dan jahat dengan benci dan iri. Jangan sam-pai kita tertipu sehingga melakukannya atau bereaksi dosa2 seperti ini. Gereja2 tidak boleh bersaing sebab kita sama2 adalah bagian dari Kristus, bagian dari tubuh Kristus global. Persaingan itu cara duniawi yang tidak patut ada dalam Gereja Tuhan Yesus. Memang ada yang bersaing, itu salah, apalagi menghalalkan segala cara untuk jadi sukses, menjadi Gereja yang besar, me-gah, dan di-puji2. Jangan iri, benci atau bereaksi dosa lainnya. Seringkali ada kata2 dan perbuatan2 yang salah, me-rugikan dan menyakiti hati tetapi jangan terpancing untuk bereaksi dosa.

Kalau bereaksi dosa itu berarti masuk dalam jerat iblis, masuk ke jalan lebar, keluar dari rencana Allah. Memang ini target iblis dengan memperbesar dan memperhebat persaingan antar Gereja. Ampuni, jangan bereaksi dosa tetapi mengasihi dan minta pimpinan Roh Kudus yang selalu dengan kasih dan kesucian. Memang kadang2 harus me-nyalahkan yang salah, apalagi persaing-an dan cara2 pelayananyang kotor, te-tapi kita menghadapinya bukan dengan benci tetapi dengan cara ilahi yaitu benci dosanya tetapi kasihi orangnya Jd 23:20-23. Orang yang lulus akan tum-buh dalam pengolahan ini dan ikut mengalir ber-sama2 dalam perhim-punan tubuh Kristus global yang ajaib ini. Luar biasa!

 

  1. Yes 60:5b. dan hatimu akan takut dan diluaskan, sebab kelimpahan laut akan dibalikkan kepadamu.

 

Takut. Memang keadaan pada hari2 ini sangat menakutkan. Banyak ancaman, sampai terjadi korban yang dahsyat di mana2 yaitu diantara orang beriman jalan lebar “yang rohani” seperti Perga-mus yang penuh dengan ajaran Nikolai dan Balhum, sebab tiga Antikris sudah keluar, sehingga keadaan makin dah-syat Dan 7. Orang2 yang hidup di jalan sempit, yang akan ikut pengangkatan akan terpelihara sesuai dengan janji 1551 (1Kor 15:51-52) sehingga tidak akan jadi korban segala tindakan An-tikris, tetapi terus luput, bahkan tum-buh jadi tubuh Kristus global yang ajaib. Orang2 beriman di jalan lebar yang menjadi korban kejahatan atau tertinggal adalah orang2 yang cukup “rohani” seperti Pergaumus, sehingga sekalipun ada korban2 (martir) mereka tetap setia, tetapi sayang, mereka ikut ajaran Nikolai (jangan fanatik, jangan ber-lebih2, sedikit dosa, duniawi tidak apa2) atau ajaran Balhum (dosa yang nyatapun boleh asal ada alasan yang masuk akal seperti homo dll).

Orang2 yang ada di jalan lebar, yang tidak ikut pengangkatan bisa jadi kor-ban dosa dan kejahatan yang terus meningkat tinggi, tetapi mereka yang akan ikut pengangkatan dipelihara Tu-han. Sebab itu kita harus hidup benar dalam Ruangan Suci, maka Tuhan akan menjadi jaminan kita, untuk ikut dalam rencana penamatan yang mulia. Tubuh Kristus global penuh dengan pekerjaan ilahi yang limpah dari Bapa, Putra dan Roh Kudus dan begitu indah dengan segala fasilitas akhir zaman termasuk jabatan, pelayanan orang sempurna, Perjamuan Suci yang heran Luk 17:37 dll.

Hati diluaskan. Bebas, sukacita, le-luasa, tidak kepicikan. Dalam Maz 119:32 mentaati Firman Tuhan dan hatinya diluaskan. Dalam 2Kor 6:11 Paulus berkata bahwa hatinya luas un-tuk orang2 Korintus, Paulus bisa mene-rima problem atau keadaan apapun, sebab Tuhan di dalam kita sanggup me-nangani segala problem, kita tidak pi-cik, lebih2 sebab ada hal2 yang berikut:

 

Sebab kelimpahan laut akan dibalikkan kepadamu.

Apa yang dimaksud dengan laut? Laut ini cerita tentang orang banyak, orang yang tidak percaya Tuhan, air banyak Wah 17:15. (Turunan Abraham adalah seperti bintang dan pasir di pantai laut. Orang2 yang di pantai laut adalah orang2 beriman  yang dekat sekali de-ngan orang dunia dan keduniawian, yang kemudian jatuh). Laut yang diba-likkan kepadamu, menceritakan ten-tang orang2 berdosa yang bertobat.

Apa masih ada pertobatan? Justru orang berdosa yang sungguh2 berto-bat, mereka langsung lahir baru, penuh Roh Kudus dan sungguh2 ikut Tuhan. Orang2 beriman yang sudah undur, main2, cinta dunia, ini justru sulit ber-tobat sebab sudah cinta dunia dan kesukaannya, padahal sudah tahu ten-tang keselamatan tetapi tidak sung-guh2 bertobat Luk 5:39. Seperti orang Israel yang keluar dari Mesir lalu undur, sulit untuk bertobat sebab keras hati Ibr 3:15 dan semua binasa di padang gurun, tidak masuk Kanaan.

Tetapi orang2 Israel yang lahir di padang gurun justru mau taat, mau percaya dan masuk Kanaan.

Orang2 yang baru bertobat ini (dari laut yang berbalik), meskipun mereka tidak punya banyak persediaan, tetapi tumbuh dengan cepat sehingga kalau tetap setia akan ikut pengangkatan. Orang2 beriman yang sekarang sung-guh2, tidak jatuh bangun dalam dosa, tetapi sudah bersedia seperti lima gadis bijak, akan tumbuh makin cepat bah-kan bisa menjadi sempurna. Memang perlu waktu yang cukup untuk tumbuh, tetapi orang2 yang baru bertobat bisa ikut tumbuh meskipun tidak terlalu tinggi tetapi tetap selamat dan ikut pengangkatan.

 

  1. Yes 60:5d. Kekuatan orang kafir akan datang kepadamu.

Kekuatan dalam bahasa aslinya = harta, kekayaan = TL, TB.

Kekayaan dari dunia ini akan di-limpahkan pada orang2 beriman yang masuk dalam golongan jalan sempit ini. Dalam zaman sekarang hidup dengan jujur, sudah sulit apalagi dalam hari2 yang jahat itu akan jauh lebih sulit. Tetapi kita tidak perlu takut, sebab Tuhan akan memberkati Gereja akhir zaman dengan limpah sehingga ada kelimpahan bahkan seperti dalam hujan Awal akan ada milik bersama lagi Kis 2:44-45. Tuhan sanggup member-kati ini dalam zaman yang sulit ba-gaimanapun, baru nanti dalam zaman Antikris, Gereja yang tertinggal akan sangat celaka, hampir2 tidak ada peng-hasilan, sebab semua harus punya cap atau tanda meterai Antikris, praktis tidak berpenghasilan sama sekali Wah 13:17. Tetapi sebelum pengangkatan, Gereja akan cukup dengan segala ke-perluan yang fana, bahkan limpah, apalagi semua tahu dalam beberapa saat lagi akan ada pengangkatan se-hingga tidak ada yang menyimpan harta lagi. Dengan demikian semua harta dimiliki dan dipakai bersama. (Tetapi kapanpun kalau kita berjalan dengan Tuhan, Tuhan pasti dapat mencukupi, sebab tidak ada yang mustahil bagi Tuhan asal kita hidup benar dalam keuangan dan bisa memakai dengan baik sesuai kehendak Tuhan).

Dalam saat ini kebutuhan Gereja global memang lebih besar, tetapi Tuhan menyediakan dengan limpah. Jadi baik jiwa2 yang limpah juga segala fasilitas yang diperlukan itu limpah. Apalagi dalam tubuh Kristus global, peraturan sangat keras lebih daripada hujan Awal, sebab Gereja sudah sangat tertib, dipersiapkan untuk menjadi sempurna, luar biasa. Ini semua men-ceritakan tentang tubuh Kristus global, dengan keadaan rohani dan jasmani yang luar biasa, sehingga keadaannya sangat mulia seperti di Surga sekalipun masih di dunia. Pelayanan orang sempurna, (yang akhirnya mencapai jumlah yang penuh yaitu 144.000 akan digenapkan) sehingga pelayanan me-reka membuat Gereja seperti jadi Sur-ga, luar biasa. Surga dan bumi ter-hubung oleh pelayanan orang sem-purna Yoh 1:51, sebab Tirai sudah pecah dan hal ini dimungkinkan, hu-bungan yang erat dan nyata antara Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci.

 

YES 60:6. UNTA, EMAS, KEMENYAN DAN KEPUJIAN BAGI TUHAN.

 

  1. Yes 60:6a. Unta yang berkelimpahan akan menudungi engkau.

Kita melihat disini unta datang dan me-reka membawa emas, kemenyan dan puji2an kepada Tuhan. Pada waktu Tuhan Yesus lahir orang Majus juga datang demikian tetapi tanpa mur. Keadaan pada waktu Tuhan Yesus datang I dan II berbeda oleh mur.

Unta menceritakan tentang bin-atang tunggangan yang mahal dan mewah seperti Eliezer membawa 10 unta untuk mencari (melamar) seorang istri bagi Ishak, anak tuannya. Ini men-ceritakan fasilitas yang canggih dan megah akan begitu banyak (bukan hanya beberapa) menudungi orang2 beriman. Ini menceritakan tentang kelimpahan jasmani yang dipakai umat Tuhan dalam Gereja akhir zaman untuk memuliakan dan me–muji2 Tuhan.

Yang memberi kelimpahan dan tehnologi yang maju adalah Tuhan. Kalau Tuhan tidak mengizinkan, semua ini tidak akan terjadi seperti pesawat terbang, komputer dll. Ini akan menu-dungi berarti limpah. Jangan takut. Gereja akhir zaman, istimewa dalam management tubuh Kristus, tidak ter-gantung dari kecanggihan cara2 du-niawi, sebab Roh Kudus sendiri yang mengatur tubuh Kristus global seperti contoh2 yang ada pada hujan Awal. Tetapi sebab masih hidup dalam dunia, kita masih memakai fasilitas2 dunia yang sementara, memperalat semua fasilitas yang fana, tetapi tidak tergan-tung atau diperbudak olehnya. Jangan takut atau kuatir, Tuhan sediakan lim-pah. Apalagi dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel.

 

  1. Yes 60:6b. Unta dari Median, Efa dan Sheba akan datang.

Median yang membeli dan menjual Yusuf pada Potifar Kej 37:36. Juga Musa lari dan tinggal bahkan menikah di Median Kel 2:15-16.

Efa adalah putra Midian 1Taw 1:33, Sheba terkenal dengan ratunya yang datang pada Salomo, ter-kagum2 1Raj 10:1-13. Ini semua bukan tanah orang Israel, tetapi tanah orang kafir. Ini menceritakan Gereja Tuhan di akhir zaman bisa bebas memakai semua fasi-litas di dunia, termasuk yang dikuasai oleh orang2 berdosa.

18, Yes 60:6c. Mereka akan membawa emas dan kemenyan dan mereka akan menunjukkan kepujian dari Tuhan.

Emas cerita tentang kesucian seperti Allah.

Kemenyan menceritakan doa penyem-bahan orang suci kepada Tuhan Wah 5:8. Tetapi disini tidak ada Mur. Mur cerita tentang getah mur dalam ramuan dupa di Mezbah Dupa yaitu bau harum dari penderitaan sengsara karena Kristus, yaitu salib.

Dalam kedatangan Tuhan Yesus I ada Mur. Tetapi dalam kedatangan Tuhan Yesus II hanya ada emas, keme-nyan, tanpa mur. Ini zaman yang luar biasa. Ini menceritakan persembahan orang2 suci yang menjadi sempurna, tidak lagi ada salib, sebab mereka sudah selesai, sudah tamat dalam pengolahannya. Salib itu bagi orang beriman sampai menjadi sempurna, sesudah itu tidak ada lagi salib tetapi penyembahan dan sukacita yang mulia, me-muji2 Tuhan. Ini keadaan dalam tubuh Kristus gobal yang heran, Gereja masuk dalam kesempurnaan. (Gereja sempurna berarti 3 angka digenapkan, hanya ada 144.000 orang sempurna tetapi orang yang percaya dan disela-matkan, ikut dalam pengangkatan itu termasuk dalam Gereja yang sem-purna. Juga seluruh dunia sudah mendengar Injil).

Jadi ini menceritakan keadaan yang luar biasa indahnya dalam Gereja akhir zaman, sekalipun di luar keadaannya seperti Neraka, juga di dalam Gereja jalan lebar, ada banyak korban keja-tuhan dan kematian, sebab mereka hidup dalam dosa yang makin mening-kat. Ini nubuat tentang keadaan yang luar biasa di akhir zaman ini.

 

KESIMPULAN.

Ayat 5 menubuatkan tentang tubuh Kristus global yang mengalir ber-sama dengan ajaib. Tidak lagi ada perpecahan tetapi persekutuan da-lam Roh seperti Trinitas Yoh 17:23 sehingga dengan cepat mereka bisa disempurnakan. Juga orang2 dosa yang bertobat dengan ajaib ikut pengangkatan meskipun belum cukup pengolahan sebagaimana orang2 beriman yang sudah ber-sedia mulai sekarang.

Ayat 6. Disini Gereja menjadi sempurna dengan indah, dengan emas dan ke-menyan dan segala fasilitas jasmani diberikan Tuhan dengan limpah. Semua ini menceritakan tentang penamatan rencana Allah dalam penebusan manusia dan yang bersedia sangat beruntung.