YS316 – YESAYA 60:1-4. KEMULIAAN GEREJA AKHIR ZAMAN (bag.I)

YESAYA 60:1-4. KEMULIAAN GEREJA AKHIR ZAMAN (bag.I)

(Banyak nubuatan yang akan digenapi).

PENDAHULUAN.

Ada 2 golongan dari Allah yang akan bangkit pada akhir zaman ini, yaitu Gereja dan orang Israel, tetapi Gereja lebih dahulu menjadi sempurna, baru Israel jasmani Rom 11:25-26. Ini nubuat Firman Tuhan, pasti akan digenapi, luar biasa. Allah tidak pernah gagal Ay 42:2, Luk 1:37, Maz 115:3 dll. Ada lebih ku-rang 65-70 nubuat disini, belum dalam pasal dan buku2 lainnya. Allah itu ma-hakuasa dan mahatahu, mahapintar, Dia tahu semua yang akan datang lebih dahulu, bahkan Gereja akan masuk dalam kesempurnaan dan semua yang diperlukan akan dilengkapi oleh Allah, lebih dari cukup. Rencana Allah pasti genap dan semua nubuatan tentang rencana Allah ini pasti jadi. Betapa mulianya rencana Tuhan, Gereja Tuhan akan menjadi sangat mulia (ayat 7). Allah tidak akan gagal, iblis tidak akan menang sekalipun gertak dan gaduh-nya sudah memenuhi dunia, lebih2 nanti sesudah ia dilempar keluar dari Surga, dengan amarah yang besar ia turun ke dunia Wah 12:12. Dunia dan buminya akan kacau balau dan orang2 akan ketakutan. Tetapi Gereja Tuhan justru menjadi sangat mulia, luar biasa, asal kita terus bersedia di jalur yang betul, yaitu dalam Gereja jalan sempit yang tumbuh dalam kesucian dalam rencana Allah, bukan Gereja jalan lebar yang tumbuh dalam dosa sampai kepada puncak2nya.

Jadi kita perlu tahu 2 hal:

  1. Keadaan akan menjadi sangat dah-syat dan kacau oleh pekerjaan iblis. Tetapi rencana Allah pasti jadi, tidak mungkin batal, sangat mulia, Gereja akan menjadi sempurna, mulia bahkan 144.000 akan jadi sempurna seperti Kristus, seperti Bapa Yoh 10:35, Mat 5:48, Ams 4:18 dll.
  2. Kita harus termasuk Gereja akhir za-man, jalan sempit, yang tumbuh makin suci sampai seperti Kristus. Tidak se-mua orang Kristen akan bertahan, akan ada banyak kejatuhan 1Tim 4:1 dan orang2 ini akan celaka dan binasa, baik dalam pekerjaan iblis dan dalam hu-kuman2 Meterai, Sangkakala dan Bokor yang jatuh dalam Minggu ke-70 Daniel. Tetapi kalau kita tinggal dalam Kristus, kita justru akan makin suci dan makin mulia. Jangan takut bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel tidak ada yang mati, bukan saja terpelihara 1Kor 15:51-52 tetapi juga tumbuh dalam ke-muliaan yang begitu besar, tepat sesuai seperti rencana Allah, asal kita tetap tinggal dalam Dia Gal 2:20, Yes 6:56; 15:5 dsb.

YES 60:1. KEMULIAAN ALLAH DATANG.

Bangkitlah, bersinarlah, sebab terangmu sudah datang.

(Catatan: Bersinarlah: juga bisa berarti: Diterangi).

  1. Bangkitlah. Gereja akan bangkit, sebab rencana Allah akan digenapkan, baik jumlahnya akan genap (3 angka kedatangan Tuhan) dan mutunya akan makin meningkat, makin suci, makin berkenan pada Tuhan; Dalam ukuran Kemah Suci tingkat kita harus makin meningkat dalam Ruangan Suci. Jangan di halaman, tetapi terus tumbuh dalam kesucian, dalam tabiat yang baru, da-lam hidup dipimpin Roh untuk mela-kukan kehendak Allah, dalam berse-kutu dengan kasih dan kesucian, dalam pengertian Firman Tuhan dalam doa senantiasa dst seperti dalam 7 KPR. Jangan ragu2, ini akan digenapkan. Be-tapa senang dan sejahtera orang2 ber-iman yang sungguh2 sebab di tengah2 celaka seperti neraka di bumi, akan tumbuh seperti di Surga. Jangan takut akan apa yang dilihat dan didengar, sebab apa yang ditulis dalam nubuatan Firman Tuhan pasti akan digenapi dan akan bangkit jumlah dan mutunya!
  2. Bersinarlah. Ini bisa berarti jadi sinar dan garam dunia Mat 5:13-16. Me-mang ini kewajiban kita, wajib Mat 7:21. Jangan hanya tahu tetapi harus melakukannya. Tinggal menggenapi, pasti bisa, asal mau sebab Roh Kudus selalu siap menolong kita sehingga kita bisa memenangkan jiwa yaitu 3 angka tsb. Tetapi ini juga berarti “diterangi”.
  3. Sebab terangmu sudah datang. Ini berarti bahwa kita yang diterangi, oleh terang dari Tuhan yang sudah datang untuk kita.

Apa artinya? Firman Tuhan itulah terang untuk jalan kita Maz 119:105 dan Firman Tuhan akan terbuka semua untuk menerangi kita! Mat 10:26-27.

Pada akhir zaman rasul2, Alkitab sudah selesai ditulis, dan Gereja sudah punya Alkitab Wasiat Lama dan Wasiat Baru lengkap. Tetapi masih termeterai, misalnya Dan 12:4 lebih2 rahasia akhir zaman Wah 5:2-5. Sedikit demi sedikit semua akan dibuka pada waktunya se-bab sesudah dibuka, itu akan dige-napkan sebab itu pembukaannya harus  menunggu Gereja sudahsiap, istimewa untuk penamatan rencana Allah. Gere-ja akan diterangi sehingga mengerti dan bisa masuk dalam rencana pena-matan Allah, istimewa oleh pekerjaan Roh Kudus Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Sebab itu tekunlah hidup dipimpin Roh dan menyelidiki Firman Tuhan dengan rajin, sebab pembukaan itu diberikan oleh Roh Kudus pada orang yang sudah pu-nya sebagian pembukaan dan sudah mentaatinya, ia akan progresive men-dapat lebih banyak sampai penuh se-muanya Mat 13:12. Begitu heran, indah dan mulia, sebab  yang mendapat pem-bukaan itu ia akan juga mendapat ke-sempatan untuk mengalaminya Mat 13:23, 2Raj 2:10 ada sukacita, berkat, pengurapan dan segala fasilitas yang diperlukan sehingga bisa terus  ber-tumbuh sampai sempurna.

  1. dan kemuliaan Tuhan itu terbit

di atasmu.

Kemuliaan apa yang terbit di atas umat Tuhan dan Gereja? Yaitu penggenapan semua janji2 dan ayat2 Firman Tuhan sampai pada kepenuhan dan kesempurnaan. Sampai hari ini ada sebagian Firman Tuhan belum semua nyata  terjadi dalam hidup kita, sebab semua ada ukuran dan tingkatannya. Tuhan sanggup memberi segala kuasa, karunia, mujizat dan apa saja dalam janji2 Firman Tuhan, tetapi kalau tidak sanggup maka itu menjadi dosa misal-nya sombong, salah pakai dsb.  Kalau kita sudah bisa tahan misalnya tetap suci dan rendah hati, Tuhan bisa me-makainya dengan luar biasa tanpa menjadi berdosa dansombong. Orang2 berdosa yang menjadi besar pasti som-bong, salah pakai dan dosanya makin meningkat, bisa jadi alat iblis yang makin dahsyat.

Jangan ragu2 akan berkat, fasilitas dan keperluan yang kita butuhkan,asal kita tulus, taat dan tetap rendah hati sehingga hidupnya betul2 untuk Kris-tus. Pil 1:21. Yang penting bagi kita, bu-kan minta kemuliaan Tuhan, tetapi tumbuhlah sampai bisa tahan kalau di “titipi” kemuliaanNya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan sehingga bisa tumbuh terus dalam rencana Allah. Bagian kita adalah tumbuh terus seperti Kristus dan mutunya teruji, maka yang lain adalah urusan Tuhan! Dia sanggup memberi tanpa batas. Jadi tumbuhlah seperti Kristus (tabiatnya) dan mengerti rahasia Firman Tuhan dan terus ber-tambah2 2Pet 3:18, ma-ka sampai dimana kita mengerti dan tumbuh, Tuhan akan melengkapinya lebih dari cukup. Jangan minta dengan tekun  kemuliaan Allah, tetapi mintalah untuk makin berkenan pada Tuhan dan mutunya betul2 teruji, maka semua faslitas yang kita perlukan, Tuhan sang-gup menyediakannya, sehingga kemu-liaan Tuhan terbit di atas kita.

YES 60:2. GELAP DAN TERANG MENUDUNGI DUNIA.

  1. Sebab lihatlah, kegelapan akan menudungi bumi.

Apa artinya? Gelap adalah pekerjaan iblis yang merusak bumi yang ditempati umat manusia akan makin gelap, rusak. Kita melihat di seluruh dunia kerusakan terjadi di mana2 seperti mobil tua yang makin rusak, dipaksakan untuk berja-lan, timbul banyak gangguan dan ba-haya. Memang bumi ini sudah tua, manusia makin kuatir tetapi orang beriman jangan kuatir sebab kita tetap dipelihara Tuhan, tetapi orang2 yang tidak dipelihara Tuhan, takut lebih2 melihat banyak kenyataan. Tetapi kita harus tetap tinggal dalam Tuhan dalam kesucian dan taat melakukan kehendak Tuhan, itu hidup yang berkenan pada Tuhan Mat 3:16, Kol 1:10 dll.

Mengapa Tuhan izinkan semua ini terjadi? Untuk hukuman bagi yang berdosa dan ujian bagi orang yang percaya dan taat.

  1. dan kegelapan pekat (menudungi) bangsa2, tetapi Tuhan akan bangkit ke atas mu dan kemuliaanNya akan tampak di atasmu.

Ini polarisasi Wah 22:11. Dosa dan kejahatan akan makin meningkat, ma-camnya, tingkat dosanya dan banyak-nya kejahatan dan orang yang berbuat jahat, kwantitas dan kwalitas dan akan terjadi di seluruh dunia. Ini sedang digenapi terus menerus menuju pun-cak2nya.

Kita harus cerdik seperti burung merpati yaitu cerdik karena hidup dengan Tuhan dalam kesucianNya Mat 10:16, kalau tidak akan jadi korban se-gala dosa dan kejahatan. Kita harus limpah dengan hikmat, kuasa Allah dan selalu dipimpin Roh. Jangan hadapi de-ngan kekuatan dan akal sendiri, iblis lebih lihai dari orang yang paling pintar dan paling kuat. Terus berdoa dalam Roh, dan kalau dipimpin Roh, bertin-daklah dengan iman seperti Elia kita pasti menang melawan segala perbuat-an iblis. Bertindaklah seperti Elia, tetapi jangan seperti Yohanes dan Yakobus 2Raj 1:10,12, Luk 9:54-55 KJI Elia dipim-pin Roh tetapi Yohanes dan Yakobus dipimpin roh yang lain yaitu roh setan, sombong, benci, iri. Sebab itu me-ningkat dalam kesucian, dipimpin Roh sehingga tahu segala tipu daya iblis, tetapi jangan bereaksi dosa, bahkan selalu mengampuni, memintakan am-pun dan memberkati. Baru kalau sam-pai waktunya Tuhan sendiri yang menghukum dengan dahsyat orang2 yang menjahati orang2 yang berkenan pada Tuhan. Justru umat Tuhan harus makin meningkat dalam kesucian da-lam semua segi hidup, makin seperti Kristus, makin mengerti kasih dan raha-sia Firman Tuhan, sehingga kemuliaan Tuhan tampak di atasnya. Gereja2 akan makin disucikan seperti zaman rasul2 Kis 5 dan orang2 yang tidak mau berto-bat dan mendua akan dipisahkan se-hingga terjadi pemisahan dan Antikris akan timbul dari antara yang tidak mau bertobat. Jangan kuatir akan dosa, kejahatan, ancaman dll yang dahsyat. Memang adaorang beriman yang men-jadi korban, yaitu yang  pura2, yang mendua, yang dijalan lebar seperti da-lam Wah 2-3. Mereka akan jadi korban sehingga keadaan akan makin mena-kutkan, tetapi orang yang percaya dan mengerti rahasia Firman Allah akan tetap teguh di dalam Kristus dan ter-pelihara (ingat 1Kor 15:51)..

Jangan lupa sekarang keadaan Ge-reja2 masih campuran, jangan saling menuduh Gereja jalan sempit atau ja-lan lebar, tidak perlu sebab itu bagian Tuhan untuk menilai, Dia yang tahu te-pat dan sebenarnya.

 

YES 60:3. ORANG KAFIR DAN RAJA2 AKAN DATANG PADA MU.

  1. Dan orang kafir akan datang kepada terangmu.

Orang kafir akan datang dan bertobat, tetapi yang tidak bertobat dan orang2 beriman jalan lebar akan binasa. Ini adalah kegerakan pada akhir zaman, dimana masih banyak orang2 akan bertobat dengan sungguh2, sebab itu mereka tumbuh dengan cepat, apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel. Sebab orang yang sungguh2 bertobat dan penuh Roh Kudus, kalau mau taat akan dipimpin Roh sehingga ikut dalam polarisasi di jalan sempit. Yang sulit bertobat, adalah justru orang beriman yang undur dan keras hati sehingga pindah ke jalan lebar dan tumbuh da-lam dosa di dalam Gereja ber-sama2 dengan iblis yang bertahta dalam Ge-reja jalan lebar Wah 2:13, 2Tes 2:4. Orang2 yang tetap kanak2 dalam iman dan Firman Tuhan akan bingung dan diombang-ambingkan Ef 4:14. Jangan cari perkara2 dunia yang fana dalam Gereja, tidak akan tumbuh dan terjerat dalam jalan lebar (keindahan, keme-wahan, uang, kepujian dll). Tuhan me-negur orang2 yang hanya datang men-cari roti Yoh 6:26,66 mereka akhirnya akan undur! Carilah yang kekal, seka-lipun harus berpada dengan segala fasi-litas yang fana 2Kor 4:18. Jangan mena-rik jiwa2 dengan hal2 jasmani yang fana, tetapi dengan terang Firman Allah dan Roh Kudus, dengan hikmat dan kuasa Allah.

  1. Dan raja2 (datang) kepada terang dan kebangkitanmu.

Ini raja dunia, orang besar dalam dunia yang bertobat akan datang mencari terang. Sebelum Minggu ke-70 Daniel masih banyak orang mencari hal2 du-niawi di dalam Gereja, sebab memang jalan lebar dan Sodom Gomora itu sa-ngat kuat menarik cara daging dan duniawi, tetapi itu justru menyesatkan orang2 yang tidak punya pengertian rohani Ef 4:14. Sebab itu meskipun kalah daya tarik dalam “bersaing” anta-ra Gereja jalan sempit dan Gereja jalan lebar, seperti padang gurun Kanaan dan Sodom Gomora, kita harus makin meningkat mencari perkara2 yang ke-kal, bukan yang fana, sehingga makin penuh dan dipimpin Roh dan makin dewasa dalam pengertian rohani sehingga bisa tetap setia dalam Gereja jalan sempit,tidak sampai terjebak ke dalam Gereja jalan lebar. Ini harus jelas bagi setiap orang Kristen yang ingin selamat di akhir zaman ini dan ingin ikut dalam pengangkatan dalam ren-cana penamatan Allah.

Biasanya raja2 akan selalu mencari Gereja bintang 5 (seperti hotel) dan itu menyesatkan; tetapi orang2 yang sungguh2 bertobat seperti sida2 Habsyi akan menemukan Pilipus dan bertobat sungguh2 dan diselamatkan! Pertahan-kan daya tarik Gereja adalah terang Tuhan, bukan perkara2 yang fana, tetapi perkara2 yang kekal dari Tuhan. Jangan seperti Simson dan Saul yang penuh dengan Roh Kudus tetapi hidup menurut daging. Tetapi seperti Elia yang mau tetap dalam jalan sempit, tidak mau menuruti daging dan mela-zatkan perkara2 yang fana, tetapi lim-pah dengan roti dan air dari Surga 2 kali, sehingga tetap kuat dan tumbuh dalam jalan sempit sampai ke Gunung Allah dan kepada kesempurnaan ren-cana Allah.

 

YES 60:4. PERHIMPUNAN DAN PERSEKUTUAN DALAM ROH.

  1. Angkatlah matamu dan lihatlah sekelilingmu, mereka akan berhimpun ber-sama2, mereka datang kepadamu.

Jangan takut melihat fakta dan kenya-taan di sekeliling kita. Meskipun ada banyak orang berdosa dan berbuat kejahatan yang bertambah dan juga ada banyak orang2 beriman di jalan lebar, tetapi orang2 yang bertobat dan sungguh2 percaya, akan datang ber-himpun karena Kristus, karena Firman Tuhan dan dipimpin Roh, bukan oleh perkara2 jasmani atau campuran (se-perti Gereja Pergamus, cukup ternama ada banyak hal2 rohani tetapi juga ada iblis bertahta di dalamnya dan penuh dengan ajaran Nikolai dan Bileam atau ajaran Izebel dalam Gereja Tiatira dll). Belajar berhimpun dengan tulus dan makin murni sesuai dengan Firman Tuhan dan terus dipimpin Roh bukan karena yang lain.

Akan ada banyak sebab yang mem-buat perpisahan dalam Gereja 1Kor 11:19 karena hal2 jasmani, karena dosa2 dan keinginannya dan terutama karena rohnya dan kesukaannya ber-beda seperti antara Lot dan Abraham. Ini akan membuat beberapa banyak keributan dalam Gereja, tetapi akan datang waktunya dalam Minggu ke-70 Daniel, akan terjadi pemisahan yang tegas dan keras oleh Roh Kudus sendiri dengan adanya hukum2 Allah yang tertib 2Kor 10:6. Ini pemisahan yang tiada ampun, sebab yang pura2 akan mati di tempat Kis 5:1-13, sebab itu sejak sekarang kita sudah harus ikut Tuhan betul2 dalam kesucian, dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan. Jangan ada dosa atau reaksi dosa, penuh dengan belas kasihan dan kasih Kristus. Me-ningkatlah se-tinggi2nya Pil 3:14. Ja-ngan menjadi ligabo (lima gadis bodoh)pasti terlambat dan terpisah kalau sudah masuk Minggu ke-70 Da-niel. Belajar sungguh2 menjadi ligabis (lima gadis bijaksana)dalam kesucian, kasih dan hikmat Allah.

Perhimpunan kita harus menjadi persekutuan tubuh Kristus yang betul, dalam Roh yang sama sesuai dengan Firman Tuhan sehingga ada perseku-tuan dengan kasih dan kesucian 1Yoh 1:7.

  1. putra2mu akan datang dari jauh.

Dalam Kis 2:39 dikatakan orang2 yang dipanggil (datang) dari jauh. Apa artinya?

  1. Dari tempat2 yang jauh akan datang, sebab Injil sampai ke seluruh dunia, se-bab itu yang jauh2 juga datang Mat 24:14.
  2. Yang jauh dari kemungkinan bisa percaya pada Tuhan Yesus, toh mereka datang dan bertobat. Hal2 yang tidak mungkin tetap terjadi sebab dari segala bangsa dan suku dan tempat akan ada orang datang dan bertobat mengge-napi nubuatan Tuhan. Wah 21:26, Kis 1:8.
  3. Dan putri2mu akan dirawat pada sisimu.

Putra adalah orang2 beriman yang bisa berperang secara rohani. 1Kor 16:13. Perempuan berarti orang yang tidak berani dan tidak bisa perang, (pikul salib); perempuan2 itu biasanya lang-sung menjadi tawanan. Tetapi mereka yang mau akan dirawat menjadi laki2 rohani, sehingga yang ada dalam Ge-reja akhir zaman hanyalah laki2 rohani, yang bisa perang, bisa pikul salib, menyangkal diri untuk taat sepenuhnya pada pimpinan Roh Kudus. Kalau mau pasti bisa danmenang dengan Tuhan. Yang tidak mau dirawat dan berubah akan terpisah ke dalam jalan lebar, disini tidak ada penyangkalan diri, tidak ada perang, justru melazatkan daging. Kita harus memelihara persekutuan dalam tubuh Kristus dan semua men-jadi laki2 rohani dan tumbuh dalam polarisasi akhir zaman.

 

KESIMPULAN.

Bersedialah, tumbuhlah, sebab pasti  jadi segala nubuatan tentang akhir za-man akan jadi. Kita bisa memilih untuk masuk dalam rencana Allah yang indah dan mulia dengan sungguh2 hidup se-bagai ligabis dan tumbuh dalam per-kara2 kekal dari Atas. Mereka yang ti-dak mau dan plin planpun akan ter-pisah dalam jalan lebar dan binasa.

 

Nyanyian:

Berjagalah dan penuh Roh Kudus.