YS315 – YESAYA 59:18-21. PENEBUS KE SION

Singkatan khotbah yang lalu.

 

YES 59:17. SELENGKAP SENJATA ALLAH BAGI ORANG2 BENAR.

  1. Karena ia memakai kebenaran sebagai zirah dan helm keselamatan di atas kepalanya dan ia memakai pakaian pembalasan sebagai pakaiannya dan ditudungi dengan gairah sebagai jubah.

Hidup benar itu mutlak perlu dalam perhitungan dan keadilan Allah. Jangan sampai kebenaran tertinggal jauh di belakang atau jatuh di tengah jalan dan gagal, ketulusan tidak bisa masuk, te-tapi dengan Tuhan dan perlengkapan senjata Tuhan, kita tetap dalam kebe-naran bahkan melawan dan membalas musuh, merebut jiwa2 dari tangan iblis, musuh abadi Allah dan kita.

 

YES 59:18. PEMBALASAN TUHAN SAMPAI KE PULAU2.

 

18a. Sesuai dengan perbuatannya, demikianlah ia akan membalaskannya.

Dalam ayat 17, Tuhan membalas segala dosa manusia yang digerakkan oleh iblis, sampai2 memakaikan pakaian pembalas melawan iblis yaitu merebut jiwa2 yang dijatuhkan iblis, “orang kuat itu” dalam dosa dan diikat, diperbudak dalam dosa Luk 11:20-22. Tuhan akan membalas perbuatan iblis yang begitu jahat yang membuat dosa dan kejahat-an ber-tambah2 Wah 22:11. Tuhan akan melepaskan orang2 dari dosa, tumbuh dalam kesucian sampai pada kesempurnaan rencana Allah. Dalam saat2 terakhir (Minggu ke-70 Daniel) hukuman Allah (7 Meterai, 7 Sangka-kala dan 7 Bokor) jatuh atas dunia menghancurkan iblis, Antikris dan se-mua pengikutnya. Dengan kuasa Allah dan FirmanNya, jiwa2 direbut, disela-matkan sehingga akhirnya 3 angka pe-namatan rencana Allah digenapkan, bahkan orang2 tumbuh sampai sem-purna sesuai dengan rencana Allah. Tu-han adalah Pemenang. RencanaNya pasti jadi. Tetapi ini tidak tergantung dari pihak Allah saja tetapi juga dari pihak manusia, yang mau percaya dan diolah oleh Allah menjadi benar, bah-kan sempurna, yang mau memilih Allah dan menolak dosa. Sebab itu pepe-rangan dengan iblis tidak semudah pe-rang biasa, sebab manusia yang direbut dan diselamatkan, bukan mesin tetapi manusia mahluk bebas yang bisa me-nolak, tidak mau dilepaskan dari dosa, karena kena tipu daya iblis.

 

18b. dengan ber-nyala2 (marahNya, L,B) pada lawan2Nya, pembalasan kepada musuh2Nya.

Kalau kita mau menyerahkan diri dipa-kai Tuhan dan sudah genap waktunya, Tuhan akan memakai kita untuk mem-balas iblis, menggenapkan rencana pe-nyelamatan Allah yang besar. Ini bukan ber-nyala2 karena marah dengan ke-bencian, tetapi marah pada iblis, mu-suh abadi yang memang jadi kebencian kekal. Kita cinta kebenaran dan benci dosa Ibr 1:9, juga melawan sumber dan bapaknya yaitu iblis. Benci, marah, bermusuhan pada dosa dan iblis tetapi jangan pada orangnya, justru belas ka-sih dan menyelamatkan seperti Kristus, benci dosanya dan kasihan akan jiwanya Jd 23.

 

18c. sampai kepada pulau2, Ia akan memberi pembalasan.

Penginjilan itu sampai di seluruh dunia Mat 24:14, Kis 1:8 bahkan sampai ke pulau2 kecil di mana2, mereka men-dengar injil dan diselamatkan Yer 31:10. Tuhan akan bangkit menghan-curkan iblis dan semua yang ditawan-nya dilepaskan, sampai pada pulau kecil di seluruh dunia, sampai pada orang yang terakhir, Injil keselamatan memerdekakan semuanya.

 

YES 59:19. TAKUT NAMA TUHAN DARI BARAT DAN TIMUR.

 

19a. Begitulah mereka akan takut akan nama Tuhan dari barat dan kemuliaanNya dari terbit matahari.

Sesudah dimerdekakan dari dosa, me-reka sekarang takut akan Tuhan, dari Barat dan dari Timur, bahkan dari seluruh bumi Kis 1:8. Orang yang takut akan Tuhan itu menjauhkan diri dari yang jahat Ams 16:6, sehingga bisa menjadi indah dan mulia seperti Ay 1:1,8. Orang seperti ini akan terus tumbuh dan kemuliaan Allah akan tu-run ke atasnya seperti Ayub, Abraham, Daud dsb.

Timur = tempat dosa 2Raj 13:7. Te-tapi kalau orang bertobat dari Timur, maka ia terus naik ke Barat (dari Pintu Gerbang sampai Tabut) maka Tuhan akan menyertai dalam hidupnya, se-hingga tumbuh dan menjadi mulia di hadapan Allah.

Yang penting hidup benar, takut akan Tuhan, sebab ingin memper-kenankan Tuhan, bukan takut sebab mau mencuri seperti maling takut polisi atau karena ingin berbuat salah yang lain, tetapi karena ingin memperke-nankan Tuhan. Dalam orang2 seperti ini rencana Allah jadi dan tumbuh dalam kemuliaan yang heran, di dunia sampai kekal. Makin memperkenankan Tuhan (dalam segala segi kehidupan-nya) maka makin meningkat dalam ke-muliaan Tuhan yg makin tinggi untuk kekal.

 

19b. Ketika musuh datang seperti air bah, Roh Tuhan akan menaikkan suatu panji melawannya.

Musuh begitu banyak dan begitu ga-nas, seperti air bah, datang menyerang umat Tuhan; Jangan takut! memang pekerjaan iblis dan dosa akan mencapai puncak2nya, lebih2 pada akhir zaman karena diizinkan oleh Tuhan Wah 22:11. Kalau Tuhan tidak mengizinkan, dengan cepat dan langsung musuh di-musnahkan. Goliat me-ngata2i Allah selama 40 hari terus menerus, kalau sudah sampai waktunya (sudah 40 ha-ri), maka Tuhan memakai Daud untuk langsung membinasakannya. Allah sanggup, Dia mahakuasa. Kecuali me-nyelamatkan manusia yang adalah mahluk bebas dan bisa memilih, kalau tidak mau seperti Yudas, tidak bisa ditolong dan binasa. Tetapi yang mau, Tuhan sanggup menolong untuk disela-matkan dan ditumbuhkan sampai ke-muliaan yang se-tinggi2nya. Apalagi yang jahat Allah sanggup membinasa-kannya binasa seperti 10 pengintai Bil 14:20, Korah dkk, Nadab dan Abihu, Hofni Pinehas dan imam Eli, sesudah ukurannya dipenuhi.

Panji apa yang bisa melawan banjir2 dosa dan orang2 jahat itu? Panji salibNya 1Kor 1:18. Orang yang mau meninggikan salib Tuhan, mau sengsara karena kebenaran seperti Kristus, maka ia akan berhenti berbuat dosa 1Pet 4:1. Sekalipun banyak dosa dan kejahatan, kalau kita pegang panji salib Kristus, yaitu mau menderita karena Dia, maka kita bisa taat dipimpin Roh dan tidak akan bereaksi dosa, atau berbuat dosa, tidak terjerat dalam dosa, tetapi tetap berjalan dengan Tuhan dalam kesucian, maka kita akan mengalami kemenang-an2 yang indah, lepas dari musuh yang datang begitu dahsyat seperti air bah. Dalam kesucian, Tuhan menyertai kita dan kita akan tetap menang, berjalan-lah dengan Tuhan dan melakukan ke-hendakNya, rencanaNya, maksudNya dan mengalami rencana Allah yang mulia dan besar, bahkan masuk dalam rencana kesempurnaan Allah.

 

YES 59:20. PENEBUS DATANG.

 

20a. Dan Penebus akan datang ke Sion.

Penebus inilah yang membuat dosa kita terhapus, juga perbuatan dosa Yacob atau Israel.

Sion atau Yerusalem adalah pusat dari Israel, juga dari Kerajaan 1000 tahun dan dari Surga Bumi Baru,yaitu Yerusa-lem baru. Penebus ini luar biasa, se-hingga manusia diselamatkan dari ke-binasaan kekal. Yoh 3:16. Orang yang sudah ditebus dari segala dosa dan kutuk dosa, dari hukuman kekal oleh darah Anak domba yang suci 1Pet 1:18-19.Tetapi selain menebus, kita dibawa Tuhan ke Sion, kota Allah, Yerusalem Baru yaitu kesempurnaan. Jadi kita bukan saja ditebus dari dosa kita, tetapi terus ditumbuhkan, dibawa sampai pada kesempurnaan yaitu Yerusalem Baru, Sion kota tempat Allah, luar biasa. Ini yang paling besar dan paling ajaib, Jangan berhenti tumbuh yaitu dengan melakukan kehendak Allah Mat 7:21, maka dalam ketaatan melakukan kehendak Allah (istimewa menyelamat-kan dan menggembalakan jiwa2 Yoh 21:15-17, ini adalah tanda kasih kita ke-padaNya), maka kita akan terus tum-buh makin seperti Kristus dalam segala segi hidup kita, ini rencana Allah. Kita dari orang berdosa bisa berubah men-jadi seperti Kristus seperti Allah,  Yoh 10:30, Mat 5:48. Dan ini berarti mulia dan memerintah seperti Allah yang maha besar dan mulia. Luar biasa. Ja-ngan berhenti tumbuh, kesukaan dan berkatNya juga akan tumbuh, jadi in-dah & mulia seperti Kristus. Kalau se-orang jadi juara olympiade, itu sudah luar biasa, disambut seperti pahlawan nasional, tetapi itu hanya sementara, tetapi mulia seperti Allah ini untuk abadi!

 

20b. Dan kepada mereka yang berbalik dari kesalahan dalam Yacob, kata Tuhan.

Keputusan masing2 kita sangat penting Luk 12:57, Yus 24:15. Harus mau per-caya dan yang jatuh dalam dosa harus mau bertobat dan berhenti berdosa. Bertobat artinya berbalik dari kesalah-annya, berubah total. Kalau dahulu menuju dosa dan perkara2 dari iblis, sekarang berbalik penuh menuju ke-sucian dan melakukan Firman Tuhan ke kota Allah yang mulia. Jangan hanya menyimpang sedikit, hanya mengu-rangi sedikit, tetapi se-penuh2nya ber-balik sama sekali dari dosa. Orang yang hanya mengurangi dosa2nya, ti-dak berkenan pada Tuhan, sebab Tu-han tidak ingin kita sedikit2 atau lain kali kembali pada dosa, tetapi mati lepas dari dosa Rom 6:1-2, jangan ber-buat dosa lagi Yoh 8:11. Memang harus memegang dan meninggikan panji salibNya yaitu terus menerus memati-kan daging Rom 6:6 daging dikatargeo-kan, tidak diberi kesempatan sampai akhirnya (secepatnya) mati penuh yaitu sampai masuk dalam kesempurnaan-Nya, sehingga tidak lagi berbuat dosa 2Pet 1:10. Orang seperti ini akan di-bawa Tuhan ke kota Allah yaitu Sion atau kesempurnaan rencana Allah.

 

YES 59:21. ROHKU DAN PERKATAANKU.

 

21a. Dan bagiKu inilah perjanjianKu dengan mereka, kata Tuhan.

Ini perjanjian pokok yang terpenting antara Tuhan dan umatNya. Ini tidak boleh diabaikan atau diremehkan. Allah tidak pernah ingkar janji, asal kita tetap memegangnya baik2 dengan segenap hati dan hidup kita.

Allah ingin kita sepenuhnya meme-gang janji Tuhan dengan segenap hati, tidak mendua atau suam. Jangan men-dua dengan iblis itu seperti berzina Yak 4:4. Orang yang mendua akan suam, cintanya bukan tinggal setengah tetapi habis. Seperti suami-istri yang mendua, kasihnya tidak terbagi, tetapi habis bahkan timbul benci. Tuhan ingin kita mengasihinya dengan se-bulat2 hati.

Inilah perjanjian Tuhan dengan umatNya, yaitu Roh Kudus dicurahkan atas kita supaya kita bisa mengasihi Tuhan dan sesama kita. Mat 22:36-40. Allah tidak ingkar akan perjanjianNya. Itu sudah disediakan sejak hari Pentakosta sampai sekarang dan orang yang percaya dan dibaptis akan beroleh anugerah Tuhan Kis 2:38 yaitu perjan-jian Bapa yang bekerja di dalamnya.

 

21b. Roh Ku yang ada di atasmu.

Perjanjian Allah dengan seseorang di-meteraikan dengan Roh Kudus bukan dengan meterai stempel biasa, tetapi Roh Kudus. Ef 4:30. Sesudah kita dite-bus kita dapat perjanjian Tuhan yang dimeteraikan dengan Roh Kudus, Allah yang mahakuasa turun ke atas kita untuk menolong melaksanakan perjan-jian Bapa dalam diri kita.

Pasti jadi asal kita mau dan taat. Dari pihak Allah beres dan pasti selesai dengan sempurna, asal kita mau per-caya dan taat akan Firman Tuhan yaitu melakukan kehendakNya. Roh Kudus adalah kunci untuk orang yang mau, ia pasti bisa memegang perkataan Tuhan sehingga hidupnya jadi indah, terpeli-hara dan mulia di dunia sampai kekal. Lihatlah para rasul2 sesudah penuh Roh Kudus, semua bisa setia dan taat sampai ke akhir. Sebab itu pegang Roh Kudus baik2, kita harus selalu penuh dan dipimpin Roh, Roh Kudus harus selalu ada di atas kita seperti pada Putra manusia Yesus Luk 4:1,18. Jangan sampai hanya penuh tetapi juga di-pimpin Roh, maka perjanjian Allah akan bataldalam hidup kita Gal 3:3-4. Begitu indah kalau ada Roh Kudus, ini yang dijanjikan Allah dalam rangka perjan-jian Allah dengan manusia yang mau percaya. Roh Kudus akan mengolah dan mengubah dia jadi baru dan terus tumbuh menjadi seperti Kristus. Ini janji Allah yang unik dan heran.

 

21c. dan PerkataanKu yang Kutaruh di dalam mulutmu, tidak akan pergi keluar dari dalam mulutmu.

Jadi ada 2 hal yang diberikan Allah dalam perjanjianNya yaitu Roh Kudus dan FirmanNya. Ingat Elia yang putus asa berat sampai minta mati, Tuhan tolong dengan tepat yaitu dengan roti dan air, gambaran dari Firman dan Roh Kudus. Sesudah itu Elia pulih bahkan jadi lebih kuat dan dapat tahan dalam pergumulannya sampai sempurna. Be-gitu Tuhan memberi kita Firman dan Roh (bagian Allah) asal kita mau (ini bagian kita). Kalau orangnya tidak mau taat dipimpin Roh, maka perjanjian Allah tidak bisa digenapkan, tidak berhasil, sebab itu kita harus mau dengan segenap hati, tidak main2, Allah tidak bisa ditipu, Dia tahu. Ada orang yang tampaknya mau tetapi gagal sebab hanya setengah hati, tidak dengan se-bulat2 hati (Yak 4:8). Jangan cinta dunia atau iblis dengan segala umpannya yang manis, lezat tetapi hanya sesaat. Kalau penuh pasti berhasil dan tandanya adalah:

  1. Orang yang cinta Tuhan.

Cinta Firman Tuhan selalu dalam mulutnya Rom 10:8.(berasal dari dalam hatinya Maz 119:9) sebab yakin dan percaya, maka ia selalu ber-kata2 dengan iman akan Firman Tuhan, yaitu janji Allah. Ini orang yang cinta Tuhan, terus pegang Firman Tuhan dengan yakin dan melakukannya Yak 1:23. Ini orang yang akan berubah dan terus tumbuh sampai rencana Allah genap dalam hidupnya.

  1. Cinta sesamanya, orang di dekat-nya. 1Yoh 4:20. Orang seperti ini akan sukacita menggembalakan domba2 Tu-han Yoh 21:15-17, baik dalam keluarga-nya, dalam “pancinya” dan semua yang dibebankan Tuhan ke atasnya. Jangan diabaikan, dikecilkan, jangan hanya dari luar seperti gembala upahan Yoh 10:13, tetapi betul2 dengan cinta yang tulus, menggembalakan, memimpin, menyelamatkan dan menumbuhkan jiwa2. Maz 23:1-5. Ini tanda dari orang yang punya perjanjian dengan Allah dan akan dibawa ke Yerusalem, tum-buh sampai penuh seperti Kristus.

 

21d. Juga tidak di mulut turunanmu, juga tidak dari mulut dari turunan-turunanmu, kata Tuhan, mulai sekarang sampai selamanya.

Ini berarti dari generasi ke generasi.

Jadi domba2 yang kita gembalakan harus tumbuh dan selanjutnya, dia juga menggembalakan domba2 lain dan sama2 ada Roh Tuhan di atasnya dan Firman Tuhan keluar dari mulutnya (se-lalu percaya, mengatakan Firman Tu-han dengan iman dan hidup dengan iman 2Kor 5:7, Rom 1:17). Ini terus menerus, sambung menyambung. Kita harus menggembalakan jiwa2 sampai mereka menjadi murid Kristus (pemu-ridan) dan jadi dewasa sehingga mere-ka juga bisa menggenapkan kasihnya sebagai gembala dalam keluarga dan bagi “panci” tempatnya masing2.

Ini perjanjian Tuhan yang heran dan mulia, kalau dipegang dengan betul itu berjalan terus turun temurun sampai pada orang2 berikutnya, sampai ia juga bisa menjadi gembala dan masuk da-lam rencana Allah yang mulia dan kekal).

 

KESIMPULAN.

Ini rencana keselamatan Allah, menye-lamatkan manusia dari generasi ke ge-nerasi sampai akhir zaman. Ini pe-perangan melawan iblis dan peker-jaannya yang menyesatkan dan membi-nasakan manusia. Jangan takut berpe-rang dengan iblis, melawan dosa dan kejahatan, sebab Tuhan akan melin-dungi dan memberi kemenangan yaitu dengan panji salibNya (ini berarti kita maumematikan daging sehingga tetap dalam kesucianNya dan tumbuh). Maka Penebus kita akan membawa kita sampai ke dalam kota Allah yang suci, sampai kepada kesempurnaanNya, de-ngan perjanjianNya yaitu penuh dan dipimpin Roh, dengan rahasia Firman-Nya yang heran dan menjadi nyata dalam hidup kita, FirmanNya yang kita percayai dalam mulut kita dan terus bersambung pada orang2 di sekitar kita, terus menerus, sampai jumlah orang yg selamat dan sempurna genap dan kita masuk dalam kemuliaan Allah yang kekal. Jangan takut, lakukan, ini indah dan Tuhan yang akan menyertai dan melengkapi kita dengan segala fasilitas jasmani dan rohani sampai Dia datang dan masuk dalam kemuliaan-Nya yang kekal.

 

Nyanyian:

O Tuhan pimpinlah langkahku,

ku tak brani jalan sendiri.

SertaMu itulah doaku.

Ajarku merendahkan diri.