YS314 – YESAYA 59:13-17. KEBENARAN YANG HILANG DAN YANG TINGGAL TETAP

YES 59:13. DOSA KESALAHAN ORANG ISRAEL.

13a. Dalam berbuat salah dan berdusta terhadap Tuhan dan berbalik dari Allah kami.

Ini masih termasuk daftar dosa2 yang dibuat orang Israel. Mereka penuh de-ngan dosa seperti beruang, yaitu orang2 yang percaya tetapi tidak ber-tobat, bergelimpangan dalam dosa (orang2 Halaman) dan seperti orang2 dalam Ruangan Suci yang sudah hidup suci dipimpin Roh seperti burung mer-pati, sudah disucikan dan penuh Roh Kudus, tetapi kemudiankembali hidup dalam dosa sehingga mendukacitakan Roh seperti burung merpati yang me-nangis Gal 3:3-4. Kesalahannya makin lama makin banyak dalam segala segi hidup. Mereka berbuat macam2 salah dan dosa dan berdusta terhadap Tuhan sehingga dengan demikian mereka sudah undur dan berbalik dari Tuhan Allah. Mereka menjadi begitu keji dan jahat.

 

13b. dan mengatakan penindasan dan pemberontakan,

Kata2 yang jahat itu dihitung dosa, apalagi dengan kata2 dosanya menular sehingga orang2 ikut berdosa seperti perbuatan 10 pengintai. Dengan kata2 yang jahat ini,terjadi penindasan (ter-hadap sesamanya, tidak adil, menipu, memeras, merugikan dll) dan pembe-rontakan terhadap Allah. Sebab itu jangan bicara sembarangan, 10 peng-intai membuat hukuman Tuhan jatuh atas mereka sendiri dan atas orang Israel sebab kata2nya yang melawan Tuhan.

Kita harus memperhatikan kata2 kita juga, sebab itu menentukan nasib kita masing2 Ams 18:20-21; 21:23, Maz 34:14.

 

13c. yang mengandung dan mengatakan kata2 dusta dari dalam hati.

Hati ini harus disucikan di hadapan Allah. Jangan hanya cuci mulut tetapi hatinya dengan leluasamemikirkan se-gala macam dosa Ams 30:20. Hidup benar itu mulai dari dalam hati dan angan2, sekalipun tidak dilihat manu-sia, Allah tahu dengan tepat. Orang yang takut akan Tuhan itu mem-bersihkan dirinya mulai dari hati dan angan2nya (MAK DSY).

 

YES 59:14. HIDUP YANG TIDAK BENAR DI HADAPAN ALLAH.

 

14a. Keadilan dialihkan ke belakang.

Yang utama bagi orang2 ini bukan hidup benar dan adil, itu ditinggalkan di belakang. Yang diperhatikan hanya memperkenankan manusia dengan maksud2 tertentu dan baik di muka orang, tetapi tidak takut dan tidak peduli akan Tuhan. Tidak ada keadilan dalam perbuatannya lebih2 pada ba-wahannya sehingga orang2 yang diper-lakukan tidak adil ini berteriak pada Tuhan.

 

14b. dan kebenaran berdiri jauh2.

Ia tidak peduli akan kebenaran, itu jauh daripadanya. Yang penting ia berhasil, kalau perlu menghalalkan segala cara, tidak pusing dengan kebenaran yang jauh daripadanya. Sebaliknya orang yg takut dan cinta Tuhan selalu hidup dalam kebenaran, kebenaran tidak jauh tetapi ada dalam hati dan hidupnya, ini orang yang berkenan pada Tuhan.

 

14c. dan kebenaran(nya) jatuh

di tengah jalan.

Dalam perjalanan hidupnya, kebenar-annya jatuh di tengah jalan, tertinggal jauh, itu tidak penting baginya. Seba-liknya orang yang taat akan Firman Tuhan dan dipimpin Roh sangat mem-perhatikan hidup benar dalam seluruh perjalanan hidupnya di mana saja, ka-pan dan dalam hal apa saja. Tidak per-nah kebenarannya jatuh di tengah jalan, apalagi tanpa diketahuinya, sama sekali tidak!

 

14d. dan ketulusannya tidak dapat masuk.

Dengan kata lain, tulus itu di luar hatinya, jauh dari cara hidupnya, tidak ada ketulusan. Ini orang yang lihai seperti ular, penuh dengan siasat dan akal jahat. Mungkin manis dan lemah lembut tetapi hatinya penuh dengan ber-macam2 kejahatan seperti kuburan putih Mat 23:27. Ketulusan itu di luar dari hidupnya. Lain dengan Ayub yang benar dan tulus di hadapan Allah dan manusia Ay 1:1,8, tidak ada tipu daya dalam mulut dan hatinya Wah 14:5. Allah sendiri yang bersaksi tentang Ayub, dan itu benar sebab Allah tahu sampai dalam hati dan angan2nya, bahkan seluruh segi hidupnya; sebab itu Ayub lulus, dalam ujian (akhir) dan sangat indah di hadapan Tuhan dan diberkati Tuhan.

 

YES 59:15. TUHAN MELIHAT ORANG BENAR DAN YANG TIDAK BENAR.

 

15a. Maka kebenaran(nya) gagal.

Tampaknya ia berusaha hidup benar, adil dan baik, tetapi selalu gagal sebab memang ia belum (tidak) mau hidup benar, hatinya tidak bertobat, tetapi ingin dan penuh dengan dosa. Kalau seorang sudah percaya Tuhan Yesus dan mau hidup benar, pasti berhasil, tidak akan gagal!

Orang yang sudah percaya Tuhan (sudah lahir baru) pasti bisa hidup benar, tidak mungkin gagal sebab Tu-han sudah menebus kita dan sudah membayar lunas dengan harga darah-Nya yang suci. Orang yang gagal hidup benar, memang tidak mau, tidak ber-tobat, Tuhan tidak pernah keliru, jan-jiNya pasti digenapi Yoh 8:36, Gal 5:1, Rom 6:1,2,6, 2Pet 1:10, 1Pet 4:1, dll.

 

15b. dan ia yang meninggalkan kejahatan, membuat dirinya menjadi mangsa.

Orang yang tidak hidup benar, tidak takut akan Tuhan, maka dosanya akan tumbuh terus dan merugikan atau mencelakakan orang benar. Misalnya cinta uang itu makan korban, mengha-lalkan segala cara asal dapat uang, sebab ia menjadi budak mammon. Juga orang sombong, akan mudah tersing-gung, iri, benci dan orang2 benar menjadi korbannya, seperti domba di tengah2 serigala Mat 10:16. Iblis itu penipu dan pembunuh, sebab itu juga begitu anak2nya 1Yoh 3;10, sama se-perti bapaknya. Sebab itu dalam orang2 berdosatimbul ketidakadilan, curang, siasat dan kejahatan sebab tidak hidup benar. Dunia ini penuh de-ngan ketidakbenaran, bahkan sebagai orang beriman juga demikian, yaitu yg hidup di jalan lebar, tidak takut pada Tuhan, akan makin jahat dan orang benar yang diincar jadi korbannya.

 

15c. dan Tuhan melihatnya dan itu jahat di mataNya, sebab tidak ada keadilan.

Jangan takut, ada Tuhan yang tahu semuanya dan Dia yang berkuasa atas semuanya. Orang beriman yang hidup benar akan dibela Tuhan 1Pet 3:12. Tetapi orang benar masih bisa mende-rita sebab:

  1. Jatuh dalam dosa, datang hajaran baginya supaya bertobat, seperti Daud, Simson, Yakub dll.
  2. Karena pengolahan dan ujian, Tu-han izinkan sampai batas2 tertentu se-perti pada Ayub, Daud dll. Selama kita hidup benar, tidak bereaksi dosa, tetap lekat pada Tuhan (kita di dalam Dia, Dia di dalam kita Yoh 6:56), pasti kita bisa menang akhirnya dan diberkati Tuhan. Jangan takut. Memang ada perbedaan orang jahat di hari2 biasa dan di akhir zaman, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, orang jahat tidak langsung di-hukum oleh Tuhan; mereka dibiarkan menjadi ujian besar bagi Gereja sehing-ga Gereja mendapat ujian akhirnya. Dan kalau lulus Gereja akan menjadi sempurna (3 Angka kedatangan Tuhan digenapkan, termasuk ada 144.000 orang menjadi sempurna). Sebab itu kita harus bersedia Mat 24:42, naik lebih tinggi, lebih kuat seperti ligabis supaya bisa tahan menghadapi orang2 jahat yang sukses. Karena orang ber-iman yang tetap dalam tingkat Ha-laman akan diinjak oleh Antikris dalam 3,5 tahun II Minggu ke-70 Daniel sam-pai mati dan dalam 3,5 tahun I akan jatuh dalam dosa dan makin keji karena polarisasi (dosa dan kesucian mening-kat, diizinkan Tuhan Wah 22;11). Orang yang jatuh atau gugur dalam dosa, banyak juga yang mati karena dosa dan kejahatannya sendiri dan oleh dosa dan kejahatan orang lain. Bagaimanapun juga kita harus bersedia kalau tidak mau jatuh dalam dosa dan binasa atau tertinggal.

 

YES 59:16. TIDAK ADA ORANG BISA MENJADI PERANTARA.

 

16a. Dan Ia melihat bahwa tidak ada seorangpun, dan ke-heran2an bahwa tidak ada seorangpun yang menjadi perantara.

Juga dalam Yez 22:30 Allah tidak men-dapatkan seorang yang mau dan bisa berdiri di celah antara umat Allah dan Allah. Memang ini sangat sulit, sebab itu Allah memberikan PutraNya yang tunggal untuk berdiri di celah Yoh 3:16, bukan saja jadi perantara tetapi jadi korban untuk memperdamaikan o-rang2 berdosa dengan Allah. Dan ini sudah lunas dikerjakan Tuhan Yesus bagi kita. Sebab itu kita sekarang juga berbuat seperti Kristus, punya hati seperti Kristus untuk menolong, me-nyelamatkan dan melepaskan orang2 berdosa lainnya.

 

16b. Sebab itu lenganNya membawa keselamatan baginya.

Ada 4 kali kata “nya” yang dalam ba-hasa aslinya tidak dibedakan huruf kecil dan besar. Tetapi dari penggenapan dalam ayat2 berikut dan dalam Wasiat Baru, kita tahu ini pekerjaan Tuhan Yesus di atas salib untuk kita.

Lengan Allah yang maha kuasa, maha kuat itu yang mendukung kita yang mau percaya itu menyelamatkan kita, pasti selamat! Sebab itu jangan ragu2, asal mau percaya kita akan sang-gup hidup benar dan taat sampai ke akhir. Kita bisa selamat sampai ke ak-hir oleh tangan Allah yang maha kuasa! Ibr 7:25. Sebab itu jangan tertipu oleh iblis, yang berkata tidak mungkin hidup benar, laluikut dalam jalannya yang menuruti kenikmatan daging tetapi binasa untuk kekal. Dengan Tuhan kita bisa selamat sampai kekal.

 

16c. dan kebenaranNya, itu mendukungnya.

Ini bukan kebenaran kita sendiri, yang seperti kain larah Yes 64:6. Sebab itu kita harus memakai kebenaran Allah yaitu dengan iman akan Tuhan Yesus Kristus Rom 1:17. Percayalah pada Tuhan Yesus, pada penebusanNya di Golgota, maka kita bisa hidup benar dengan iman yaitu:

  1. Dosa kita diampuni, lalu
  2. Kita bisa tetap merdeka dari dosa,
  3. Terus tumbuh dalam kebenaran yang dinyatakan dari iman kepada iman, yaitudengan iman akan FirmanNya dan penuh Roh Kudus. Ini mendukung kita sepanjang umur hidup kita. Percayalah, maka orang yang mau dan percaya akan sanggup terus menerus hidup be-nar di hadapan Allah, tidak lagi jatuh dalam dosa 2Pet 1:10 tetapi tetap hi-dup benar mati lepas dari dosa sampai terakhir dan sampai kekal Rom 6:1-2.

 

 

 

YES 59:17. PERLENGKAPAN ALLAH

DI DALAM KRISTUS.

 

17a. Karena ia memakai kebenaran sebagai zirah.

Luar biasa, orang yang percaya itu diperlengkapi dengan satu set senjata Allah Ef 6:12-18 sehingga bukan saja bisa hidup benar tetapi juga bisa me-ngalahkan iblis dan merebut jiwa2 dari tangannya, melepaskan dari dosa dan Neraka. Ini juga disebut lagi dalam Ef 6:14, yaitu zirah (lempeng dada untuk mencegah senjata musuh, pedang, pa-nah, tombak) sehingga tidak celaka, istimewa hatinya.

Kalau kita hidup benar, tidak bereaksi dosa, kita tidak akan kena sen-jata iblis (tidak jatuh dalam dosa) dan bisa mengalahkan iblis. Sebab itu pe-gang kebenaran Allah baik2 dengan iman dan hidup di dalam Dia, maka apapun yang terjadi, kita tetap bisa hidup benar dan berkenan pada Tuhan. Orang yang cinta kebenaran yaitu Firman Tuhan akan bisa hidup benar dan tidak akan sampai jatuh dalam dosa, tetap benar dan Tuhan tetap di pihaknya 1Pet 3:12, Rom 8:31. Orang2 yang lahir baru berubah menjadi baru yaitu cinta kebenaran dan benci dosa Ibr 1:9 dan kalau kita pelihara terus hidup rohani kita, maka kita akan tetap hidup dalam kebenaran dan bisa mela-kukan kebenaran Firman Allah dan ke-hendakNya, sehingga kita bisa tumbuh terus, ber-buah2 dan mengalami ren-cana Allah yang heran, bahkan orang yang taat terus dipimpin Roh bisa masuk dalam rencana kesempurnaan-Nya.

 

17b. dan helm keselamatan di atas kepalanya.

Ini sama seperti Ef 6:17. Tanpa helm bisa kena senjata musuh dan mati. De-ngan helm dan pimpinan Roh Kudus, kita tidak akan kena tipu daya dan sen-jata apapun dari iblis. Kepala atau pikiran ini harus dipelihara dalam kesucian. Jangan timbul dosa dalam pikiran. Kesucian dalam pikiran kita, baik yang lalu, sekarang dan yang akan datang harus dipelihara dengan sungguh2 Gal 5:24. Kalau kita tetap di dalam Dia, termasuk limpah dengan 7 KPR, maka orang yang mau tetap suci bisa terpelihara dalam kesucian, dan rencana Allah yang indah akan berlaku, jadi dalam hidupnya.

Rencana Allah pasti jadi, 3 angka kedatangan Tuhan pasti digenapkan di dalam orang yang percaya dan mau. Kita harus punya kemauan dan kepu-tusan yang teguh dan setia sampai akhir, dan pasti selamat sampai ke ak-hir dan mengalami rencana Allah yang indah sesuai dengan kesetiaan dan ketaatan kita.

17c. dan ia memakai pakaian pembalasan sebagai pakaiannya.

Siapa yang dibalas. Musuh kita adalah iblis Ef 6:12, sebab itu dia yang kita balas sesuai dengan kehendak dan pimpinan Allah. Mengapa dan bagai-mana kita membalas musuh kita si iblis cs?

Orang yang percaya Tuhan Yesus jadi musuh iblis untuk kekal! Jangan pernah berdamai dengan iblis, musuh abadi! Sedikitpun, sebentarpun jangan. Jangan beri tempat baginya Ef 4;27, terus perang. Jangan takut, Tuhan yang menyertai kita lebih kuat dari dia Rom 8:31. Sebab itu kita terus berperang dengan dia dan membalas, sebab iblis selalu menyerang dan membunuh u-mat Tuhan (mati dalam dosa) dan ia menyerang mulai dari Hawa. Pakaian atau hidup kita adalah pembalasan melawan iblis, yaitu merebut jiwa2 dari tangan iblis Luk 11:20-22. Ini pe-kerjaan dari Tuhan Yesus dan kita prajuritnya, juga ikut menyerangnya. Orang yang lahir dalam dosa itu ada dalam kuasa dan tangan iblis, juga orang yang undur dan berbuat dosa, itu hamba iblis Yoh 8:34, milik iblis, dan anak2nya 1Yoh 3:10. Sebab itu kita harus selalu disertai Allah, penuh dan dipimpin Roh maka kita punya hikmat dan kuasa untuk mengalahkan iblis dan merebut jiwa2 yang dicuri, diambil iblis, bukan dikalahkan dan bukan dita-wan iblis! Jiwa2 yang kita menangkan itu menjadi mahkota kita 1Tes 2:19. Ini kerinduan dan kesukaan Allah 2Pet 3:9, Luk 15:7,10. Jangan malas, selagi masih hidup kita bisa memenangkan jiwa2 dan sekaligus tumbuh dalam rencana Allah.

17d. dan ditudungi dengan gairah sebagai jubah.

Kesukaan Allah dan Surga adalah kalau seorang berdosa, percaya pada Tuhan Yesus sehingga diselamatkan, bahkan sampai ke akhir. (Kalau sudah mati ke-sempatan habis! Sebab itu orang yang penuh dan dipimpin Roh itu juga punya kesukaan dan gairah untuk melayani jiwa2 yaitu angka 1 (beritakan Injil su-paya mereka diselamatkan), angka 2 (Injil sampai ke seluruh dunia) dan angka 3 (saling melayani jiwa2 sehingga bertumbuh, sampai jumlah yang sem-purna digenapkan). (Lihat buku Target ilahi oleh Pdt. Jusuf BS).

Kalau seorang tidak ada gairah dalam pelayanan, ia tidak dipimpin Roh tetapi hidup dalam dosa dan dipimpin daging, sehingga lebih besar gairahnya untuk perkara2 dunia dan kesukaan dosa! Sebab itu jangan diam, tetapi tolonglah orang2 yang tidak ada gairah akan jiwa2 yaitu pekerjaan Tuhan, itu pasti ada sebabnya!

Dalam penggembalaan melayani jiwa2, kita harus mencari sebabnya me-ngapa tidak ada gairah untuk pela-yanan dan menolong memperbaikinya. Kerja buat Tuhan itu selalu manise untuk orang yang bergairah, tetapi membosankan untuk orang yang ber-gairah untuk dunia dan isinya 1Yoh 2:15-16. Ini orang2 yang ada dosa dan keinginan dosa dalam hatinya. Kalau dibiarkan maka dosa akan tumbuh terus, mengikatnya dan meracuninya Ul 32:32-33 sampai tidak mau lagi minum kesukaan dari pelayanan peker-jaan Tuhan Luk 5:39 bahkan membenci dan berbalik dari Tuhan!

 

Nyanyian:

Angkat salibmu dengan s’nang,

dosa cemar harus hilang.