YS312 – YESAYA 59:5-7. DOSA-DOSA UMAT TUHAN (bag. II)

YES 59:5. TELUR2 ULAR BILUDAK YANG MENETAS.

5a. Mereka menetaskan telur ular biludak.

Telurnya tidak menakutkan dan men-janjikan perkara yang besar dan indah sehingga banyak orang hanyut dalam dusta dan tipu dayanya, mulai dari Hawa, orang2 zaman Nuh, orang2 So-dom, Yosafat, Saul, Simson, Salomo dll. Janji2 setan itu indah dan tam-paknya tidak ada bahayanya. Orang dunia yang buta mata rohaninya oleh iblis akan menerima dengan sukacita, tetapi orang2 yang celik oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus tidak akan mau mengerami, menyimpan keinginan2 do-sa ini dalam hatinya, sebab ini pasti jadi perbuatan2 seperti iblis, ular itu dan binasa dalam Neraka. Jangan sim-pan terus segala macam keinginan do-sa, sebabitu akan menetas dan keluar ular biludak yang mematuk dan kena racunnya dan mati. Jangan tertipu. Memang janji2 iblis, dunia dan daging itu manis dan membuat orang ber-gairah, apalagi kalau sudah mencicipi kesukaan anggur Sodom Ul 32:32-33; mula2 manis, sampai Lot orang benar itu juga kedatangan ingin dan mening-galkan Abraham. Juga Yosafat ingin sukacita dan kemeriahan Achab pada-hal seluruh hidup Achab itu ber-tentangan dengan Firman Tuhan. Ada sukacita, tetapi hanya sebentar lalu habis dan mati seperti Pkh 7:6. Jangan mengerami keinginan2dosa dan kesukaannya, itu seperti mengerami telur ular biludak, bisa celaka untuk kekal!

 

5b. dan bertenun sarang laba2.

Sarang laba2 ini termasuk golongan ular biludak, tetapi tidak menakutkan seperti orang melihat ular berbisa.

Sarang laba2 ini tampaknya tidak berbahaya, halus dan indah, sangat berseni tetapi ini adalah jerat dan lalat atau kumbang yang ingin santai di atasnya danmenikmatinya akan terje-rat dan binasa. Orang yang bertenun sarang laba2 ini berarti sangat lihai, dengan halus dan penuh dengan keindahan seni, tetapi menjerat dalam ber-macam2 dosa.

Ini sama seperti yang dikatakan dalam Ay 8:14b. Keyakinannya atau percaya akan hal2 dosa yang indah itu seperti sarang laba2, bisa santai dan menikmatinya, tidak tampak berbahaya tetapi tahu2 terjerat. Inilah siasat dosa tingkat tinggi, tampaknya indah dan nikmat tetapi menjerat dan mema-tikan. Laba2 itu halus, tidak mena-kutkan, tetapi diam2 ia bisa ada dalam istana raja2 seperti dalam istana Salomo Ams 30:28. Dalam kemewahan dan kebesarannya, istananya itu penuh dengan jerat iblis sehingga ia tidak berkutik, di jerat dan diikat oleh segala kesukaan dosa; ia terus menenun dengan sengajasarang laba2 ini dengan sukacita Pkh 2:10 (1-11), sampai terjerat, lekat, terikat dan binasa.

Kalau sudah tahu itu jerat dosa, sekalipun indah dan disukai, digan-drungi banyak orang, meskipun sudah menjadi mode orang Kristen sekalipun (Kristen jalan lebar!), larilah daripa-danya, supaya jangan terikat dan binasa Ams 22:3. Tontonan2 duniawi yang manis, menarik, apalagi dengan seni yang indah, habis, memuaskan perasaan hati dan dengan tehnologi modern, itu seperti sarang laba2 yang menjerat banyak orang sehingga tidak lagi bisa lepas dari dalamnya dan binasa. Apalagi yang dalam website, internet (namanya juga sama), itu diam dan dengan halus makan banyak kor-ban orang2 beriman juga! Tinggalkan dengan tegas atau binasa!

 

5c. Ia yang  makan telur2nya, mati.

Kalau lihat telurnya jinak, tetapi kalau sudah kenagigit ular beracunnya, tidak ada ampun lagi dan mati. Jangan dimakan, dinikmati, hati2 ini celaka, bukan perkara2 yang akan menjadi baik! Jangan ada keinginan akan per-kara2 dosa apapun, akhirnya pasti akan mati. Memang keinginan dosa (te-lurnya) belum mematikan, se-olah2 bisa dikuasai, tetapi ini akan mela-hirkan perbuatan2 dosa yang membu-nuhnya, pasti! Buang, matikan semua perencanaan, persiapan dan icip2 dosa Gal 5:24. Memang mula2 tidak tampak jahatnya, celakanya dan akibat kebi-nasaan daridosa2nya, tampaknya se-perti jinak, wajar, sudah umum, semua begitu, mode sebab semua orang dosa itu buta! Tetapi ini permulaan dari kematian rohani dan kekal Ul 5:21,31. Banyak sekali orang yang mati karena memelihara keinginan atau alasan2 dari segala sikap dan rencana dosanya. Sebab itu kalau orang2 beriman tidak mau membuang segala rencana, persiapan, dan apa saja dari perkara2 dosa ini, itu akan membinasakan-nya. Tuhan sudah menolak orang seperti ini Maz 66:18 meskipun masih terhormat, tetapi sudah jadi warga negara Neraka Mat 23:2-3,15.

 

5d. Dan yang diremukkan, pecah, keluar menjadi ular tedung.

Kalau orang itu sudah tidak tahan dan dipecahkan dalam perbuatan dosa sesuai dengan keinginan dan ren-cananya, maka muncul ular biludak,dan ia akan kena gigit dosanya. Yak 1:15. Keinginan uang di tekan2, akhirnya dipecahkan jadi penjualan Putra ma-nusia Yesus dengan 30 keping perak dan Yudas mati. Juga Gehazi akhirnya tidak tahan dan pecah dalam dustanya pada Naaman dan ia jadi kusta. Istri Potifar tidak tahan dan mau makan Yusuf seperti perempuan Samaria, untung Yusuf lari, tetapi Daud dan Simson yang sudah tidak tahan. memecahkan keinginannya dalam per-buatan dan kematian itu datang. Juga Saul yang iri dan benci, Absalom yang ingin kedudukan, semua tidak tahan, lalu mengambil tindakan memecahkan-nya dalam ber-macam2 siasat akhirnya digantung di pohon, mati, masuk Neraka? Mungkinkah ia selamat? Tam-paknya tidak bisa, sebab orang seperti ini, waktudosanya sampai top, dalam celaka tidak mau bertobat tetapi marah2, menyesali mengapa nasibnya jelek. Ia tahu2 mati dan ada di pangkuannya Lucifer.

Jangan sampai tertipu oleh iblis sampai hatinya terbakar sehingga tidak tahan dan bertindak, memecahkan telur2 ular tedung dan biludak, kena gigit dan mati! Jangan simpan telur2 ular biludak ini, itu membinasakan, celaka.

 

YES 59:6. SARANG LABA2 MENJADI PAKAIANNYA.

 

6a. Sarangnya (laba2) tidak akan menjadi pakaian.

Ber-macam2 kesenangan, keindahan, kenikmatan yang tampak dalam sarang laba2 ini, rasa2nya bisa jadi pakaian se-hari2. Sebab itu banyak orang me-makainya sebagai pakaian atau hi-dupnya se-hari2, tetapi justru dengan itu ia terjerat dan binasa. Semua ke-sukaan dunia yang sekarang beredar, seperti segala kesukaan dalam ton-tonan, dalam narkotik, dalam per-buatan2 dosa dan kesadisan, tuhan perut, kemewahan dan macam2 kesu-kaan, ini dibuat menjadi pakaiannya, tetapi justru itu mematikannya apalagi bagi orang beriman 1Tim 5:6. Jangan mencari kesukaan anggur dunia ini, atau anggur Sodom, itu sesungguhnya adalah racun ular biludak Ul 32:32-33.

Banyak orang mengira ini jalan yang betul untuk bersukacita sampai puas Ams 14:12-14, ternyata akhirnya maut, kepahitan dan Neraka. Ambillah kesukaan yang betul yaitu percaya pada Tuhan Yesus, maka sungai air hidup yang cuma2 itu mengalir dari dalam hati kita sampai hidup yang kekal Yoh 4:14; 7:38.

 

6b. juga mereka tidak akan dapat menudungi dirinya dengan pekerjaannya

Manusia itu kreatif jari2nya, tetapi jari2 orang berdosa itu penuh dengan kesalahan dan dosa (ayat 3). Ada yang berbuat baik, bekerja baik, tetapi di pihak atau segi yang lain penuh dengan dosa dan kekejian. Mungkin kaya tetapi penuh kekejaman. Mungkin dermawan tetapi penuh dengan perzinaan. Mung-kin berkedudukan, tetapi penuh de-ngan kesombongan dan kepujian, dll. Semua orang dosa itu hamba dosa, hanya di dalam Kristus baru bisa merdeka dari dosa Yoh 8:36.

 

6c. pekerjaannya adalah pekerjaan kejahatan.

Semua orang penuh dengan kejahatan dalam salah satu atau beberapa segi hidupnya. Mungkin jadi koruptor, seka-lipun kedudukannya tinggi dan “mulia”. Inilah manusia, hamba dosa, anak Adam, tidak ada yang bisa lepas dari dosa. Betapa untung dan bahagia orang yang ditebus oleh Tuhan Yesus se-hingga bebas, merdeka dari dosa dan bisa tumbuh dalam kesucian.

 

6d. dan tindakan kekerasan adalah dalam tangannya.

Zaman dahulu tindakan2  kekerasan dan kekejaman itu dianggap biadab seperti binatang, (tinju itu sudah jahat), tetapi sekarang adegan2 sadis itu laris, bahkan jadi kesukaan banyak orang, apalagi kalau hatinya benci (atau dibakar sampai benci) maka tindakan2 kekerasan itu jadi kesukaan seperti iblis, karena iblis itu penyiksa, algojo dan pembunuh, dan itu kesukaannya. Ini lagi satu tanda dosa sampai pada puncak2nya (ber-sama2 dengan homo, kurangajar pada orangtua, cinta uang, occultisme dll).

 

YES 59:7. TERUS MERUSAK DAN MEMBINASAKAN.

 

7a. Kakinya berlari kepada yang jahat.

Orang berdosa akhirnya akan menjadi seperti iblis, ini ukurannya, mengerti atau tidak, ini arahnya, menjadi seperti iblis bapaknya (orang beriman menjadi seperti Kristus 1Kor 11:1). Iblis adalah perusak (nama roh jahat yang keluar dari sumur tanpa dasar Wah 9:11; 17:8, 1Kor 10:10) yang akan menjadi roh setan yang paling ganas yang masuk dalam Antikris. Iblis dkk adalah mah-luk2 yang jahat, kejam dan perusak. Dalam segala perkara mereka berusaha mengacaukan, menghancurkan dan merusakkan sehingga menjadi rerun-tuhan. Ini ciri2 khas iblis yang sudah menghancurkan semua yang baik, istimewa dari pihak Allah dan orang2nya. Sebab dosa yang dihasilkan itu merusak, menghancurkan dan akhir dalam neraka kekal. Begitu juga orang2 yang jahat, yang ber-tambah2 dalam dosanya akan menjadi seperti bapak-nya ini dan makin lama makin tampak gejala2 ini untuk menghancurkan dan merusakkan di mana saja bahkan mem-bunuh. Dosa bunuh diri dan peng-rusakan dan pembunuhan menurut Wah 22:11 akan makin ber-tambah2, meskipun masih ada orang yang masih punya peri kemanusiaan, yang ingin mencegah dan memperbaikinya.

 

7b. dan mereka ter-buru2 menumpahkan darah orang yang tidak bersalah.

Kebencian itu sama dengan pembu-nuhan 1Yoh 3:10 dan sekarang kata2, hasutan dan perbuatan2 kebencian dan pembunuhan itu merajalela makin banyak.

Sebaliknya di dalam orang beriman kasihnya makin meningkat, penuh dengan kesucian dan kebaikan. Inilah realisasi dari nubuatan Wah 22:11 yang pasti akan digenapi sampai puncaknya sebelum pengangkatan. Sebab itu jangan sampai kena dusta dan benci, ini khas dari iblis dan kalau tidak mau taat pada Tuhan dan dengankuasa Allah akan ketularan dosa2 dan keja-hatan ini. Dosa iblis ini akanmenjalar terus ke seluruh dunia, juga diantara orang beriman jalan lebar. Jangan tunggu sampai dosa ini kelihatan, atau kalau sudah mulai terasa, baru mau diperangi, terlambat!Sekalipun belum kelihatan, masih dalam hati, kalau ada, buang, kalau tidak, akan jadi korban kebencian dan pembunuhan atau jadi pelakunya!

Orang2 akan ter-buru2 se-olah2 ada target yang harus dicapai, yaitu kesukaan kenikmatan daging yang keji2. Membunuh jadi perlombaan dan kesukaansebab kebencian tertanam dalam hatinya dan itu terjadi di mana2. Setiap tokoh baru yang muncul, muncul lagi kebencian dari pihak lawan! Sehingga jumlah yang mau membunuh itu terus ber-tambah2. Tuhan tahu dan menjanjikan melindungi orang2nya (yaitu yang lekat di dalam Dia K4D2) dipelihara untuk bisa ikut peng-angkatan 1Kor 15:51.

Darah orang yang tidak bersalah. Biasanya yang menjadi korban adalah orang yang berdosa, yang jahat di hadapan Tuhan Yer 15:2. Tetapi me-ngapa di sini dikatakan tidak bersalah? Inilah orang2 yang tidak ikut dalam perkelahian atau kebencian, tetapi ikut jadi korban dan itu membuat makin meriah untuk iblis dan orang2nya. Orang beriman yang tidak ikut dalam pengangkatan, apalagi yang undur akan hanyut dalam tsunami dosa, banyak yang jadi korban dan dalam zaman Antikris akan binasa semuanya. Misal-nya mati waktu ada bela ular dalam Bil 21:6 dan bala dalam Bil 11:34. Mungkin orang tidak tahu salahnya, tetapi di hadapan Allah ia hidup dalam dosa sampai melebihi batas dan patut mati di hadapan Tuhan dan ia mati Yer 15:2. Tuhan yang menentukan mati hidup semua orang, tidak ada yang kebe-tulan. 1Sam 2:6. Sebab itu bersedialah baik2, jangan berdosa di hadapan Allah, Dia Hakim yang adil Yak 5:19. Pada waktunya pasti kena kecuali bertobat.

 

7c. Pikirannya adalah pikiran kejahatan.

Ini isi pikiran orang akhir zaman seperti Nuh Kej 6:5. Baik dengan cara yang halus (sarang laba2) atau dengan kasar, dengan tindakan2 kekerasan, atau dalam keadaan apapun, pikirannya penuh kejahatan. Tanpa Tuhan Yesus tidak ada orang bisa bebas dari dosa, apalagi di akhir zaman, pikirannya penuh kejahatan. Semua tontonan, pergaulan, kesukaan dosa, pekerjaan, jabatan dll semua penuh dengan akal2an jahat. Tetapi orang yang hidup dalam Kristus K4D2 akan makin disucikan dan terus meningkat seperti Kristus! Perbedaan ini makin lama akan makin besar dan makin jelas, akan ada polarisasi Wah 22:11, juga diantara orang beriman.

 

7d. Keruntuhan dan kehancuran adalah dalam lorong2nya.

Seluruh lorong atau daerah orang2 berdosa itu penuh reruntuhan dan kehancuran di mana2, jasmani dan rohani. Tempat untuk orang beriman untuk tetap tumbuh dalam kesucian itu memang sulit, tetapi Tuhan sanggup menjaga satu per satu orang yang mau dipimpin Roh sehingga tetap tumbuh, meskipun berada dalam sikon yang jahat, ia tetap menjadi makin indah dan mulia di hadapan Allah,sesuai dengan rencana penamatan-Nya. Gereja akan jadi sempurna yaitu 3 angka kedatangan Tuhan digenapkan dan jumlah orang sempurna genap. Ingat, jangan tertipu atau masuk dalam rencana kerusakan dan kehancuran iblis, tetapi ikut dalam rencana Allah dalam kesucian dan pertumbuhan menjadi seperti Kristus.

 

KESIMPULAN.

Di mana2 dosa makin bertambah dan tanda2 dosa yang sempurna akan makin nyata, makin banyak dan tersebar di seluruh dunia, juga itu akan sampai”di dekat dan di sebelah” kita. Orang yang tidak bersedia (selalu penuh dan dipimpin Roh, tinggal dalam Kristus dan Kristus di dalamnya) tidak akan tahan bahkan jadi korban sampai mati atau tumbuh dalam dosa sampai tingkat2 kesempurnaan yang begitu jahat dan keji.

 

Nyanyian:

Sudahlah tentu dunia nanti lalulah Seg’ra,

tempatnya dosa, tempatnya sumber kejahatan.