YS308 – YESAYA 58:7-11. PUASA YANG BETUL DAN SALAH (bag. 2)

YES 58:7-8. PUASA YANG BETUL.

7a. Bukankah itu berarti membagi rotimu kepada yang lapar.

Kita perlu punya hati yang murah. Jangan sudah memberi perpuluhan, sudah memberi buat Tuhan, lalu tidak memberi pada orangtua dan pada sesama. Mrk 7:11-13.

Secara jasmani. Orang Israel mem-beri 10% bagi Tuhan, lalu 10% untuk biaya ibadah (dimakan sendiri waktu ke Yerusalem) dan 3 tahun satu kali, 10% lagi untuk Lewi yang tidak mendapat bagian tanah, untuk orang2 miskin dan orang2 asing (ini berarti 3,3% setiap tahun dari semua orang). Ul 14:22-29; 26:12. Kita memberi dari prosentasi, sesuai dengan kemampuan masing2 2Kor 8:12, bukan dari yang tidak ada pada kita. Kalau kita memberi dengan taat dan rela, Tuhan pasti memberkati bahkan dengan limpah. Tuhan tidak pernah ingkar janji, semua yang mem-beri sesuai Firman Tuhan dengan yakin dengan taat dan rela pasti diberi pe-nuaian oleh Tuhan; pasti punya pe-nuaian 2Kor 9:7,8. Yang melanggar Firman Tuhan dan punya banyak alasan akan punya nasib sendiri yang jelek jasmani dan rohani, apalagi kalau Tuhan datang (pribadi atau ber-sama2) berbahagia dan untung yang cinta Tuhan dan punya harta di Surga Mat 6:19-20.

Secara rohani kita juga perlu mem-bagi2 Firman Tuhan pada yang lapar. Ini juga butuh biaya; Yang tidak mau korban biaya, juga tidak akan pernah mem-bagi2 makanan rohani, baik untuk penginjilan (angka 1,2) juga un-tuk angka 3 yaitu mem-bagi2 (sharing) kebenaran Firman Tuhan untuk yang haus, lapar, yang rindu, bagi2kanlah, ini berkenan pada Tuhan. Pakai semua cara yang ada, minta pimpinan Roh Kudus, bagi2kan kebenaran Firman Tuhan (bisa pakai potongan2 Alkitab, traktat, majalah dan buku2 rohani yang pasti betul), maka pasti hidup kita diberkati Tuhan jasmani dan rohani.

Jangan sayang berkorban biaya, tetapi kita juga harus cerdik, supaya betul2 sampai pada tujuannya.

 

7b. dan hendaklah engkau membawa ke rumahmu, orang miskin yang terbuang.

Ini orang2 yang tidak punya rumah biasanya juga lapar, ini yang lebih akut. Hendaklah kita bermurah hati untuk orang2 lain, lebih2 untuk saudara se-iman, saudara daging. Gal 6:10. Seka-rang di dunia, kasih kita pada keluarga (anak, istri, suami) itu biasanya jauh lebih besar daripada kepada orang lain (memang ada unsur tanggungjawab, kewajiban). Di Surga kita akan saling mengasihi semua isi Surga dengan ukuran yang sama, tidak ada yang kurang dan dalam kesucian. Cinta pada bekas anak dan bekas saudara seiman yang dikenal dan yang tidak dikenal semua sama dan juga tidak lagi ada kebutuhan seperti di dunia, di Surga semua cukup bahkan limpah, indah dan semua bahagia. Sebab itu sekarang di dunia, kita juga harus menyangkal diri untuk bermurah hati dan punya kasih Kristus untuk orang2 sekitar kita, bah-kan pada musuh Mat 5:40,44. Beri dengan sukacita, tulus, rela karena Kristus sesuai kemampuan kita ma-sing2. Tetapi kita juga harus cerdik dan mendidik. Sebab dalam zaman yang jahat orang justru memakai belas ka-sihan orang lain untuk merampok dan mencuri, bahkan juga untuk mele-paskan diri dari tanggungjawab dan kewajibannya. Ada ber-macam2 kasus yang terjadi yang sangat jahat, tetapi jangan kapok, sebab kita melakukannya karena Tuhan; Tetap murah hati tetapi cerdik atau mendidik. Baik dalam skala besar dan pribadi, tetap bermurah hati dan minta hikmat Tuhan senantiasa. Sambil menolong, sambil mendidik sehingga bisa betul2 tertolong untuk selanjutnya (ada orang berkata, beri kail, jangan ikannya). Jangan lupa juga secara rohani, bawalah ke rumah yang kekal di Surga. Terus doakan dan nase-hati dengan kuasa dan kasih Kristus sehingga jiwanya diselamatkan dan akhirnya sama2 pulang ke Surga.

 

7c. Kalau engkau melihat yang telanjang, maka hendaklah engkau menutupinya dan jangan menyembunyikan dirimu dari dagingmu sendiri.

Secara jasmani ini pernah dilakukan oleh penghulu2 Efraim yang takut akan Tuhan, padawaktu mereka mengalah-kan dan menawan orang Yehuda (se-bab Yehuda di bawah Achaz, begitu jahat perbuatannya) dan 200.000 pe-rempuan dan anak2 ditawan dan ba-nyak yang telanjang 2Taw 28:9-15. Perang itu selamanya kejam dan orang yang melawan Allah akan kalah dan menderita, masing2 sesuai dengan dosanya Yer 15:2. Kita patut menolong baik secara jasmani kalau hal itu terjadi, lebih2 secara rohani. Begitu banyak saudara2 kita telanjang secara rohani, penuh dengan dosa2 yang nyata2. Doakan dan minta pimpinan Tuhan untuk menolong mereka supaya ditutupi ketelanjangan rohani yang pada mereka. Doakan, beri nasehat, kebenaran2 Firman Tuhan (baik ten-tang nikah, uang, keduniawian, keta-makan dll dosa apa saja supaya mereka bertobat dan tidak sampai telanjang seperti Adam Hawa (yang karena ber-dosa, telanjang di hadapan Allah; tetapi Tuhan memberi kulit domba untuk menutupi ketelanjangan karena dosa2-nya). Seringkali orang2 beriman yang telanjang rohani itu tampak jelas dosa2nya, kalau ia ada di dekat kita, apalagi dalam “panci” atau tang-gungjawab kita; Doakanlah dan tolong-lah mereka, lepaskan dari dosa2nya Jd 23, Yak 5:19-20 sambil memperhatikan diri kita sendiri supaya jangan kita sendiri kena pencobaan Gal 6:1. Lebih2 mendekati akhir zaman, kasus2 seperti ini makin banyak!

Jadi kita harus hidup benar di ha-dapan Allah dan jangan lupa juga ada kasih dan belas kasihan untuk orang2 sekitar kita, jasmani dan rohani, maka doa dan puasa kita akan didengar Tuhan danbesar kuasanya.

 

YES 58:8-12. BERKAT PUASA YANG BETUL.

8a. Maka terangmu akan merekah seperti fajar dan kesehatanmu akan bertumbuh dengan cepat.

Sesudah malam gelap lalu terbit fajar, itu menceritakan dalam kegelapan, kita mengharapkan Tuhan dan pengha-rapan itu betul2 datang seperti fajar, jadi kenyataan.

Waktu bangsa Moab, Ammon dan orang Maoni dengan tentara yang be-sar datang menyerang Yosafat, ia takut lalu mencari Tuhan dan berpuasa 2Taw 20:1-3. Sebab ia berpuasa dengan be-tul, fajar pengharapan terbit dan mereka bebas bahkan mendapat jarah-an yang amat besar.

Juga kesehatan, Tuhan pelihara. Jangan kuatir sebab jatah umur orang yang cinta Tuhan akan dipenuhi dengan baik dan produktif 3Yoh 2, bahkan ada kalanya ditambahi lagi oleh Tuhan. Juga kesehatan rohani terpelihara dan bisa tumbuh dalam rencana Allah yang mulia, jasmani dan rohani.

 

8b. dan kebenaranmu akan berjalan

di hadapan mereka.

Kebenaran kita belum tentu diakui kawan dan lawan, tetapi Tuhan tahu dan berpihak pada kita 1Pet 3:12. Jangan takut, kita tidak perlu promosi kebenaran kita; boleh memberitahu, tetapi diterima atau tidak, Tuhan tetap menerima, sebab itu hiduplah selalu benar di hadapanNya. Sebab itu Daud selalu lolos ber-kali2 dan Tuhan meng-angkatnya. Juga semua orang benar, jangan takut, kalau betul2 benar, Tuhan melihat kebenaran itu berjalan di hadapan kita.

 

8c. Kemuliaan Tuhan akan menjadi penjaga di belakangmu.

Kalau ada penjaga di belakang, berarti tidak bisa dibobol, sebab Tuhan sendiri yang menjaga.

Pada waktu Firaun sudah mende-kati Israel (mereka pasti menang) te-tapi tiang awan mundur ke belakang dan kemuliaan Allah bersinar kepada orang Israel tetapi gelap bagi orang Mesir. Mereka tidak bisa maju dan akhirnya binasa. Jangan takut, Tuhan mengatur lebih tepat dan itu menjadi kemuliaan bagi kita seperti Israel disini.

Kemuliaan orang benar sekarang belum terlalu tampak, tetapi sesudah ini jadi kemuliaan yang kekal akan terus mengikuti kita selamanya.

 

YES 58:9. TUHAN MENJAWAB KĀLAU……

9a. Maka kamu akan memanggil dan Tuhan akan menjawabmu. Engkau akan berseru dan Ia akan berkata, disinilah Aku. Jikalau engkau membuang dari antaramu kuk itu, jari2 yang me-nunjuk2 dan kata2 yang sia2.

Kalau Tuhan menjawab seperti ini, sangat indah, kita lepas dari segala problem, kesukaran dan bahaya. Tetapi ada syaratnya, sebab Tuhan tidak ingin dosa2nya dibiarkan, yaitu:

  1. Kuk itu dibuang dari orang2, tidak ditahan lagi, dibiarkan pergi dengan bebas (ayat 8). Kita harus bermurah hati, mengampuni orang lain yang ber-salah pada kita, jangan seperti orang yang sudah dibebaskan, tetapi teman-nya yang bersalah padanya ditekan dan dipenjarakan Mat 18:27-30. Jangan kejam, tetapi bermurah hati seperti Tuhan sudah bermurah pada kita. Israel yang hendak menekan Yehuda yang kalah (dalam pemerintahan Achaz, ba-pa Hizkia) ditegur oleh nabi Oded dan penghulu2 Efraim dan mereka menurut 2Taw 28:9. Semua ada akibatnya kalau tidak taat dan melawan Firman Tuhan. Seharusnya umat Tuhan itu paling se-dikit karena takut lalu taat, lebih baik lagi taat sebab cinta Tuhan, sehingga sekalipun celaka tetap taat seperti Daniel, Sadrakh, Mesach, Abednego, maka kuasa dan berkat Tuhan makin limpah. Jangan bersalah pada saudara2 kita, yang didekat atau yang di jauh, Tuhan tahu kemurahan hati kita dan pasti kemurahannya pada kita lebih banyak lagi. Kita harus benar dan berkenan pada Tuhan sampai dalam persembunyian kita!
  2. Jari yang me-nunjuk2. Jangan me-nunjuk kesalahan orang lain untuk menghukum, apalagi hanya prasangka, lebih2 kalau orang itu tidak salah, bisa celaka! Kita boleh bahkan wajib me-nunjukkan kesalahan saudara2 kita untuk menolong dan memperbaikinya. Jangan mengejar dan menunjuk untuk menghukum, sekalipun kita tahu dengan pasti kesalahannya, itu urusan Tuhan. Rom 12:19. Bagian kita adalah untuk menolong, itu kehendak Tuhan. Kalau orangnya keras hati, itu urusan Tuhan, pada waktunya hukuman Tuhan yang adil akan datang kepadanya!

Kecuali kalau serigala datang, untuk menyesatkan, untuk menjerat dan menjatuhkan, kita harus menunjukkan salahnya supaya domba2 yang kita gembalakan, tidak disesatkan dan dibi-nasakan. Bahkan kita harus memukul serigala sampai mati dengan tongkat gembala. Artinya bukan benci dan mencelakakan, tetapi semua salahnya dibuka dengan jujur untuk menye-lamatkan domba2 Tuhan sampai se-mua pengaruh dan penyesatannya mati (bukan orangnya). Tugas kita bukan untuk menghukum orang2 jahat yang datang sebagai serigala, itu urusan Tuhan dan pada waktunya hukuman pasti akan datang atas mereka. Jadi kita harus bertindak dengan tepat di ha-dapan Tuhan dan Tuhan akan menyer-tai kita untuk menyelamatkan domba2 Tuhan.  Jangan suka mewarta beritakan kejatuhan saudara2 seiman, tetapi doa-kan 2Sam 1:19-20. Ini berbeda dengan serigala yang mau datang menerkam. Bedanya adalah kasih dan kuasa Allah!

  1. Kata2 yang sia2. Dalam banyak bicara ada banyak salah Ams 10:19 sebab itu cepat mendengar, lambat bicara dan lambat marah Yak 1:19-20. Lebih2 kalau bicara yang sia2 yaitu:

3.1. Keluar dari hati yang ada dosa Mat 12:34.

3.2. Tidak benar, di-buat2, fitnah, di-tambah2i dll.

3.3. Kata2 yang tidak perlu

3.4. Kata2 yang membuat kacau dan membuat Tuhan sedih.

3.5. Bertentangan dengan Firman Tuhan.

3.6. Menuruti daging karena sombong, benci, iri dll.

Jangan ada kata2 sia2 seperti ini te-tapi kata2 yang selalu mendatangkan berkat Kol 4:6, diasinkan dengan garam Roh Kudus (dengan urapan, kuasa, hik-mat dan karunia2 Roh); kalau bisa limpah dengan nubuat 1Kor 14:1,3.

Ber-kata2 itu sangat penting; Orang yang ber-kata2 seenaknya sendiri, menurut kehendaknya sendiri dan da-ging, maka ibadahnya sia2, tidak ada harganya di hadapan Tuhan, sekalipun sudah lama, setia dan mengerti Firman Tuhan Yak 1:26. Kalau kita perhatikan semua hal ini, luar biasa, Tuhan selalu siap mendengar doa dan puasa kita dan dijawab Tuhan, untung, indah, senang.

 

YES 58:10. GELAP MENJADI TERANG, MALAM CELAKA JADI SIANG BAHAGIA.

10a. dan jikalau engkau mengeluarkan jiwamu untuk yang lapar dan memuaskan jiwa orang yang tersiksa.

Ini pengorbanan apalagi kalau orang2 yang lapar dan tersiksa itu tidak me-nyenangkan atau merugikan kita. Ada-lah kehendak Tuhan untuk mengam-puni, berkemurahan sehingga kita me-nolongnya dengan mengeluarkan sege-nap jiwa kita = ber-sungguh2 untuk menolong yang lapar dan yang tersiksa tertolong dan jadi puas. ini berkenan pada Tuhan. Ini secara jasmani dan rohani, tolong, meskipun kita tidak un-tung apa2, bahkan rugi atau malah dituduh macam2, tetapi Tuhan tahu dan kita tetap untung dari Tuhan! Ja-ngan kecil hati atau memikirkan keru-giannya, sebab Tuhan memberikan keuntungannya ber-lebih2 bagi kita yang taat.

 

10b. Maka terangmu terbit dalam kegelapan dan kegelapan mu (malam yang celaka) menjadi seperti terang siang (jadi siang yang bahagia).

Tuhan membalas lebih banyak dari pengorbanan kita, jangan kecil hati. Waktu kita masuk dalamkeadaan atau masa yang gelap, tahu2 kita jadi terang; Jangan takut masuk sikon yang gelap dengan Tuhan, sebab kalau Tuhan menyertai kita, pasti tertolong, menang dan tumbuh menjadi indah. Beri terus makan Firman Tuhan dan ke-benaran Allah yang heran, juga secara jasmani, supaya kita sadar bahwa untuk menolong yang lapar jasmani dan rohani itu butuh pengorbanan, ada harganya, tetapi Tuhan yang mem-berkati kembali dengan limpah. Bahkan malam kita yang gelap dan celaka, yang rasanya tidak ada pertolongan, bisa menjadi siang yang bahagia, penuh keuntungan dan berkat dari Tuhan, jasmani dan rohani. Luar biasa dalam sikon gelap jadi terang, dalam keadaan celaka jadi beruntung dan bahagia. Sebab itu usahakanlah sungguh2 de-ngan segenap jiwa untuk menolong yang lapar jasmani rohani dan mele-paskan orang yang tersiksa dari dosa2-nya sehingga ada sukacita dari Tuhan, maka hidup kita akan menang dan tumbuh dalam rencana Allah yang mulia.

 

YES 58:11. DIPIMPIN DAN DIPUASKAN TUHAN SENANTIASA.

11a. maka Tuhan akan memimpin engkau senantiasa dan memuaskan jiwamu dalam kekeringan.

Ini luar biasa, selalu dipimpin Tuhan dan dipuaskan jiwanya, sekalipun si-konnya kering sekali, tetapi kita betul2 menjadi puas lahir batin dan terus berhasil sebab selalu dipimpin Tuhan. Kalau Tuhan pimpin, Dia tidak pernah gagal. Justru ini kerinduan kita, bukan sukses yang menjadi tujuan utama, tetapi terus dipimpin Tuhan, sebab ini berarti lebih dari sukses dan sukacita dan se-gala2nya, sebab bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Betul2 bisa puas dan bahagia sampai kekal, sebab Tuhan memberi bukan hanya puas, sukacita yang fana, tetapi sampai yang kekal! Taatlah akan Firman Tuhan dengan segenap hati, sampai dalam tempat persembunyian, sampai dalam hati dan pikiran, maka Tuhan akan terus memimpin kita dan hasilnya itu indah sampai kekal!

 

11b. dan membuat tulang2mu gemuk.

Tulang ini berarti kekuatan dan keke-kalan, sebab pada waktu Tuhan Yesus datang, tulang2 akan dibangkitkan menjadi tubuh kemuliaan. Kalau kita kuat dalam Tuhan, sampai kekal tetap mulia, itu luar biasa. Jangan lemah, hi-dup berkenan dan percaya akan jan-jiNya, maka kita akan kuatdan penuh dengan kuasa sehingga bisa terus hidup dalam kesucian dan melakukan kehen-dak Tuhan, maka tulang2 kita akan gemuk, terus kuat dan mulia sampai kekal sesudah kebangkitan!

 

11c. dan engkau akan menjadi seperti kebun yang diairi dan seperti pancaran air, yang airnya tidak pernah gagal.

Luar biasa, kebun yang diairi dari pan-caran air yang tidak pernah kering, bahkan makin dalam dan dalam. Yoh 4:14, Yez 47. Buahnya jadi berkelim-pahan dan jaminannya tidak pernah berhenti, bahkan makin banyak untuk seterusnya. Ini sifat2 dan jaminan dari Tuhan, bisa tanpa kegagalan dan untuk kekal tidak berhenti, terus dijamin untuk kekal. Sebab itu mengertilah ke-hendak Tuhan Ef 5:17 dan usahakan-lah untuk terus berkenan kepadaNya dan melakukan kehendakNya saja, pas-ti untung untuk kekal. Setiap doa puasa kita akan dijawab dan jaminannya sampai kekal.

Nyanyian: Betapa s’nang ikut Yesus