YS304 – YESAYA 57:11-12. SELAMAT DAN TUMBUH DALAM RENCANA ALLAH YANG MULIA DALAM HUJAN AKHIR

YES 57:11. MABUK DALAM PENYEMBAHAN BERHALA, TIDAK TAKUT AKAN ALLAH.

11.a. Dan kepada siapa engkau takut dan gentar?

Orang2 yang sudah tertipu iblis, mabuk dalam perkara2 dosa dan cinta keka-yaan yang fana, ini berhalanya, maka matanya menjadi buta penuh dan pi-kirannya menjadi tumpul karena per-caya akan dusta iblis 2Tes 2:11, sehing-ga mereka tidak lagi takut pada Tuhan. Seperti Israel yang melawan Musa, mereka tidak takut ber-kata2 dan ber-buat yang jahat melawan Allah, bahkan dengan berani, sampai mereka dihu-kum dan binasa semuanya. Ini nama-nya nekad, mabuk, buta, sudah mata gelap. Seperti orang yang terikat nar-koba, sekalipun ia tahu akan dihukum mati, tetap dilakukan, demi uang dan demikesukaan dosa yang sesaat.

Juga orang2 beriman yang mabuk seperti Israel, tidak takut akan Firman Tuhan, tidak takut akan nasehat dan teguran gembala2nya, bahkan akan nu-buatpun tidak takut, tetap keras hati dalam dosa, dan binasa. Bahkan mes-kipun mereka melihat sendiri bagai-mana saudara2nya binasa karena mela-wan Allah, mereka tetap melawan Allah bahkan memarahi Musa pemim-pinnya dan menuduh ia yang membuat semua celaka ini. Bil 16:41.

 

11.b. Engkau sudah berdusta dan tidak mengingat Aku, atau menaruh Aku di dalam hatimu?

Mereka sudah lupa Firman Tuhan, tidak peduli akan syarat2 Firman Tuhan. Misalnya Yerobeam yang membuat lembu emas, melantik imam2 untuk melayani penyembahan berhala, tetapi syarat2 Firman Tuhan dan peraturan ibadah ke Yerusalem dll, semua dilupa-kan (dengan sengaja), tidak diingat sa-ma sekali, tidak peduli, betul2 buta dan mabuk akan berhalanya. Semua kebe-naran Firman Tuhan sama sekali tidak ada lagi dalam hatinya, semua dilang-gar dengan sengaja, dengan penger-tian, padahal sebelumnya Yerobeam dan rakyatnya tahu bagaimana ber-ibadah kepada Allah di Yerusalem, se-tiap tahun, ber-tahun2! Bahkan Yero-beam dinubuatkan jadi raja oleh nabi Ahia 1Raj 11:29-39. Kemudian waktu ia memberi korban untuk berhalanya, ia ditegur oleh aziz Allah sampai mezbah-nya meledak dan tangan si raja yang memerintah untuk menangkapnya menjadi kaku. Mereka semua tahu, bahkan Yerobeam mengalaminya sen-diri, tetapi tetap tidak takut melawan Tuhan dengan terus menyembah ber-hala! 1Raj 13:1-6. Meskipun begitu Tuhan tetap menunggu Israel bertobat (dikirimnya nabi2Nya, macam2 tanda dan peristiwa, macam2 hajaran) tetapi mereka tetap tidak mau bertobat, sebab itu pada pemerintahan Hosea, Israel roboh untuk selamanya, tidak lagi dipulihkan. 1Raj 18:9-12 (Yehuda masih dipulihkan sesudah 70 tahun).

 

11.c. Tidakkah Aku berdiam, bahkan dari dahulu, maka kamu tidak takut kepadaKu?

Memang Tuhan banyak berdiam diri. Waktu dosa meningkat sampai puncak-nya, Tuhan tahu lebih dahulu bahwa mereka tidak lagi mau bertobat, tetapi Tuhan masih memberi kesempatan dan banyak nabi2 atau hamba2Nya yang diutus untuk menyadarkan (biasanya ada sedikit orang yang mau bertobat Wah 3:4), tetapi raja2 dan sebagian besar orang2nya tetap berkeras hati dan tidak mau bertobat, maka akhir yang dahsyat datang.

Ini sudah terjadi pada zaman Nuh, zaman Lot dan kerajaan Israel, dan akan terjadi lagipada akhir zaman ini Luk 17:28-30. Ini akan terjadi lagi! Kita bisa memilih! Orang2 yang tetap keras hati, pergi dan menyembah berhala, cinta pada perkara2 yang fana, istime-wa orang2 beriman yang hidup, ber-ibadah dan pelayanan dalam jalan le-bar, mereka akan mengalami nasib yang samaseperti orang zaman Nuh dan Lot, binasa untuk kekal!

Orang dunia yang tidak percaya se-mua akan binasa, tidak ada pilihan lain. Tetapi orang2 beriman, yang sudah percaya, sudah terlibat banyak dalam ibadah dan pelayanan rohani, tetapi tetap  menyembah berhala, cinta dunia yang fana dan isinya 1Yoh 2:15-16, mereka akan binasa dengan dahsyat, bahkan sampai kekal.

Betapa dahsyat, sudah tahu jalan selamat, sudah percaya, sudah menge-nal Firman Tuhan, sudah menyebut nama Tuhan dan sudah menyanyikan Surga yang indah dan mulia, tetapi berakhir dalam Neraka celaka untuk kekal, betapa tragis. Tetapi mereka yang mau percaya dan taat, dengan pengorbanan dan penyangkalan diri, justru akan masuk dalam rencana Allah yang sangat indah, bahkan mengalami masa keemasan Gereja, hidupnya seperti Surga meskipun masih di bumi, sangat indah! Percayalah akan Firman Tuhan, jangan termakan godaan, tipu daya dan dusta iblis. Percayalah pada Tuhan dan FirmanNya, jangan percaya iblis. Biasanya orang yang penuh Roh Kudus (Tuhan kirim hujan Akhir Ul 11:14) akan bisa percaya dan mau taat sungguh2, sehingga selalu penuh dan taat dipimpin Roh. Golongan ini yang akan mengalami rencana penamatan Allah yang gilang gemilang sampai kekal. Sebab itu Tuhan mencurahkan hujan Akhir untuk penamatan renca-naNya yang besar dan mulia ini.

Kita harus tetap dalam kesucian dan ber-jaga2, terus penuh dan dipimpin Roh Ef 5:17-18. Jangan punya berhala apapun, pakailah dunia secukupnya un-tuk tumbuh dalam rencana Allah 1Kor 7:31. Jangan terikat, kagum sampai memberhalakan apa saja dalam dunia ini! Yang ikut dan hanyut dalam pe-nyembahan berhala, akan masuk da-lam celaka besar yang dahsyat ini Mat 24:37-42. Jangan ada dosa atau ikatan2 berhala apapun, lepaskanlah dan ber-tobat sungguh2, supaya jangan ber-akhir dengan celaka besar ini. Tetapi yang percaya dan taat akan Firman Tuhan, yaitu yang selalu penuh dan dipimpin Roh, akan mengalami akhir yang indah, gilang gemilang, sukacita dan terus sampai pengangkatan dan kemuliaan yang kekal!

 

YES 57:12. HIDUP DAN IBADAH YANG SIA2.

 

12.a. Aku akan menyatakan kebenaranmu.

Banyak orang berpikir mereka sudah benar, seperti Gereja Laodikea, mereka merasa tidak kekurangan apa2, semua baik, semua lancar, banyak berkat, berhasil dan banyak yang ikut mereka, suatu jumlah yang besar. Mereka me-rasa hidup ibadah dan pelayanannya baik. Wah 3:17. Banyak orang beriman merasa hidup dan ibadahnya sudah benar, tidak salah, tidak kurang dan limpah berkat.

Juga dalam pengajaran, sebab tidak bisa membedakan, maka hampir semua golongan orang beriman, sam-pai2 yang sesat, semua merasa dirinya betul, tidak kurang apa2, semua benar.

Biasanya orang yang penuh dan di-pimpin Roh dalam akhir zaman ini bisa membedakan mana yang benar dan salah sebab Roh Kudus yang menjadi Guru pribadi (yang menjelaskan sampai yakin 1Yoh 2:20,27 membawa kita pa-da segala kebenaran Yoh 16:13. Sebab itu Tuhan mencurahkan hujan Akhir untuk penamatan rencanaNya.

Orang yang setia dan taat dipimpin Roh itu untung, sebab mereka mau percaya dan mau taat dalam jalan sem-pit, diolah (lepas dari segalaberhala) dan masuk dalam rencana Allah yang mulia dan kekal, masuk dalam zaman keemasan Gereja.

Wai bagi mereka yang menolak baptisan Roh Kudus dan mereka yang mulai dalam Roh berakhir dalam da-ging, celaka besar bagi mereka. Untuk bertekun dan tumbuh pada akhir zaman, tidak cukup dengan kekuatan sendiri, harus, mutlak perlu perto-longan Roh Kudus, Sang Penolong itu. Zak 4:6.Inilah Lima gadis yang bijak (Ligabis). Jangan menjadi lima gadis bo-doh (Ligabo) apalagi menolak baptisan Roh Kudus, bahasa lidah dan selalu berusaha dengan kekuatan dan kepin-tarannya sendiri, bisa kena tipu iblis (yang jauh lebih pintar dari orang ber-iman yang jalan sendiri, dengan ke-kuatan sendiri); mereka bisa terjerat dan penuh dengan berhala, terikat, jatuh dalam dosa dan undur dari Tu-han, akhirnya mati dalam dosa atau tertinggal!

Memang iblis pintar membutakan mata orang beriman yang cinta dunia, kemuliaan dan isinya, sehingga mereka merasa benar, tetapi Tuhan akan menyatakan kebenaran dari orang2 ini, yang palsu dan ditipu setan.

Hari2 ini komunikasi itu begitu maju pesat, kebenaran Firman Tuhan bisa diberitakan di mana2 lewat segala media massa atau tertulis.

Ada begitu banyak tafsiran dan pe-ngajaran dari denominasi dan golong-an2 yang saling berbeda, bahkan ber-tentangan satu sama lain. Bahkan pri-badi2 juga membuat tafsiran sendiri, sehingga berbeda dan orang yang tidak dipimpin Roh akan bingung, kacau dan sesat Ef 4:14. Memang hujan Akhir di-beri Tuhan untuk memimpin yang mau mati dari dirinya sendiri dan dipimpin Roh.

Makin lama makin banyak kebe-naran pribadi dan golongan yang ber-tentangan satu sama lain; Akibatnya banyak orang bingung, mana yang benar? Tetapi Tuhan sanggup menun-jukkan dan membawa kita pada segala kebenaran oleh Roh Kudus (yaitu bagi orang2 yang mau taat dipimpin Roh0. Orang yang tulus mencari Tuhan dan selalu penuh dan taat dipimpin Roh akan mengerti mana yang benar. Yoh 16:13, 1Kor 2:10.Tanpa pertolongan Roh Kudus orang2 akan mudah dise-satkan oleh pengajaran2 yang salah tetapi mereka yakin bahwa mereka benar, apalagi kalau jumlahnya besar dan orang2nya besar2! Allah tidak di pihak orang besar atau jumlah besar, tetapi di pihak orang yang sungguh2 mau taat dipimpin Roh, dalam ke-benaran di jalan sempit. Jangan takut atau bingung, Roh Kudus terlalu pintar, Ia Maha pintar (Maha tahu), Ia sanggup memimpin setiap orang yang dengan tulus selalu penuh dan taat dipimpin Roh.

Segala macam tafsiran dan kebe-naran Firman Tuhan beredar di mana2 dan banyak orang bingung, lebih2 kanak2 rohani dan yang tidak tumbuh, sebab tidak bertobat dan tidak penuh dan tidak dipimpinRoh Kudus.

Orang yang sungguh2 cinta Tuhan, penuh dan dipimpin Roh akan bisa membedakan kebenaran yang benar seperti Kornelius, pasti akan mene-mukan kebenaran yang betul, bukan kebenaran yang relatif (masuk akal) atau palsu. Juga bukan kebenaran dari dirinya atau golongannya sendiri, itu kebenaran yang palsu! Kebenaran yang dari Tuhan itu yang betul. Orang Parisi menganggap pengajaran Putra manusia Yesus itu palsu dan sesat; tetapi justru itu yang betul, sebab bukan dari diriNya sendiri, tetapi dari Bapa-Nya.Yoh 7:16-18. Kalau kita penuh dan dipimpin Roh kita akan bisa mengenal kebenaran yang dari Tuhan yang betul dan ditumbuhkan dalam rencana pena-matan Allah sampai pengangkatan atau sempurna. Luar biasa, sangat indah dan mulia.

Kalau sungguh2 tulus dan mau minta baptisan dan pimpinan Roh Kudus, maka Roh Kudus akan sanggup membawanya kepada segala kebe-naran Yoh 16:13. Harus banyak berdoa dalam Roh dan hidup benar supaya bisa terus dipimpin Roh sehingga bisa dibawa dan dipimpin Roh Kudus pada segala kebenaran, seperti ligabis. Liga-bo akan tertinggal apalagi yang tidak penuh Roh Kudus, tidak berbahasa li-dah, tidak punya penolong akhir zaman yaitu Roh Kudus dalam hujan Akhir.

Orang yang selalu penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis, bisa me-megang kebenaran yang betul dalam kasih dan tumbuh dalam segala hal menjadi seperti Kristus Kepala kita Ef 4:15. Orang seperti ini (meskipun ke-lompok2 yang kecil atau besar, asal dipimpin Roh, dari seluruh dunia) akan ikut dalam tubuh Kristus global; sekalipun banyak orang di seluruh bumi, tetapi semua yang penuh dan dipimpin Roh bisa diatur oleh Roh Kudus yang Mahabesar itu, untuk menjadi satu persekutuan Roh yang indah Ef 5:16 dan menjadi sempurna di dalam satu persekutuan seperti Bapa, Putra dan Roh Kudus. Yoh 17:23.

Allah tahu siapa yang sungguh2 atau tidak tulus, dan Dia sanggup me-mimpin yang sungguh2 kepada kebe-naran ilahi yang betul. Inilah golongan tubuh Kristus (global) yang berjalan menurut Firman Tuhan dan Roh Kudus Maz 43:3. Jangan lihat jumlahnya, luar-nya, kemewahannya, promosinya dll, tetapi hiduplah benar dipimpin Roh sesuai dengan Firman Tuhan. Dia sang-gup memimpin kita pada segala kebe-naran. Sebab itu juga pada kedatangan Tuhan, Perjamuan Suci akan makin limpah dipakai dalam kesucian (ada juga yang me-niru2 dalam dosa) sebab orang2 yang tulus mau terus menerus disucikan Kis 2:46 sehingga tumbuh dalam persekutuan Roh yang suci dan ikut pengangkatan dari sekeliling meja Perjamuan suci Luk 17:34-37.

 

12.b. dan pekerjaanmu.

Selain penuh Roh Kudus dan Firman Tuhan, yang juga penting adalah hidup dan pekerjaannya. Kalau betul dari Tuhan, buah2nya juga sesuai dengan Firman Tuhan, yaitu hidup dan pe-kerjaan atau pelayanannya Mat 7:14-23.

Dengan apa Tuhan menyatakan-nya? Dengan buah2nya yaitu pekerjaan atau hidupnya.Akan ada banyak nabi dan guru palsu muncul dalam Gereja 2Pet 2:1 (-22), Mat 24:4-5,24. Orang yang tulus dan mengerti Firman Tuhan dan dipimpin Roh akan bisa membe-dakannya (bukan pemimpin2, ahli2 kitab/ Taurat yang berjalan menurut daging, tidak menurut Roh Rom 8:1), tetapi orang2 yang ada Roh Allah da-lam dirinya, yang penuh dan dipimpin Roh).

Ada pemimpin2 dan Gereja dari jalan sempit dan jalan lebar! (Wah 2-3). Akan tampak mana yang benar dan mana yang salah dalam terang Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus, yaitu dari:

  1. Buah2nya dalam dosa atau kenajisan Mat 7:13-19.
  2. Dari pemimpin2nya dan orang2 yang mengikutinya, sebab anggotanya akan sama dengan pemimpinnya Hos 4:9, Mat 15:13-14, semuanya yang dipimpin dan taat akan sampai dalam keadaan dan tempat yang sama Yoh 12:26. Juga mereka yang mengakui percaya Tuhan tetap hidup dalam kebenaran yang palsu, maka mereka hidup dalam jalan lebar, sekalipun tetap ada dalam Gereja seperti Gereja2 Pergamus, Tia-tira, Laodikea, Sardis Wah 2-3. Orang2 ini dengan pemimpin2nya akan terjeru-mus dalam ber-macam2 dosa dan ke-kejian Mat 15:14. Pemimpin yang betul dengan orang2 yang dipimpin akan hidup dalam kesucian, dalam jalan sempit seperti Gereja Filadelfia.
  3. Ajarannya yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan, diputarbalikkan jadi pe-ngajaran yang membinasakannya 2Pet 3:16 (orang2 yang hidup dipimpin Roh dalam kesucian di jalan sempit dan rendah hati akan bisa mengerti dan membedakan pengajaranyang betul!).
  4. Semua akan makin jelas dalam hidup yang terus berdoa dalam Roh dan kebenaran (hidup benar) sehingga bisa bersatu dalam persekutuan Roh, sebab Roh Kudus yang akan terus memimpin pada kebenaran dan hidup yang benar. Jangan kuatir asal tetap berjalan dalam Roh seperti lima gadis bijak (ligabis).

 

12.c. Sebab semuanya tidak akan berguna bagimu.

Orang yang memegang kebenaran yang palsu, yang hidup dalam jalan lebar sekalipun tetap dalam ibadah di Gereja, semua perbuatannya akan sia2 waktu Tuhan Yesus datang. Pada hari ini akan tampak jelas bedanya,siapa yang di-angkat dan yang tertinggal tetapi su-dah terlambat. Mereka yang bisa membedakan dengan betul dan taat sebelum pengangkatan itu untung, te-tapi yang tertipu, keliru, menuruti yang salah, akan tertinggal dan semua yang diperbuatnya tidak berguna baginya, sia2. Sesudah pengangkatan, mereka semua yang tertinggal, kalau mau ber-tobat kembali dengan sungguh2, harus membayarnya dengan kematiannya, tidak dapat apa2, sekedar keselamatan jiwanya. 1Kor 3:15, Wah 7:9. Orang yang ikut pengangkatan akan masuk dalam pesta kawin Anak domba dan Kursi Pengadilan Kristus, Rom 2:16 dan mendapat pahala sesuai dengan per-buatannya. Orang2 yang hidup benar, dengan pengorbanan yang sama (se-perti dalam zaman Antikris), sebelum pengangkatan, mereka bisa mendapat segala janji2 dan rencana Allah yang in-dah2,bahkan bisa tumbuh sampai sem-purna!

Dengan penyerahan dan pengor-banan total sebelum pengangkatan bisa menjadi sempurna (Tabut) tetapi sesudah pengangkatan hanya dapat sekedar selamat (Mezbah Korban Ba-karan). Betul2 nyata benar bedanya. Jadi mereka yang pegang ajaran yang salah, rugi total, bahkan banyak yang binasa dan masuk Neraka.

Kita harus bisa membedakan de-ngan betul yaitu dengan:

  1. Sekarang ini tetap taat akan Firman Tuhan di jalan salib, jalan sempit, dan terus menerus sampai Tuhan datang.
  2. Selalu penuh dan taat dipimpin Roh, dengan limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran, bersekutu dalam Roh dan ber-sama2 melayani dalam Roh.

Inilah cara hidup yang bisa ber-tahan di akhir zaman, selalu penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis.

Nyanyian:

Satu kali akan ada, hari senang buat saya.(zaman keemasan G’reja).