YS303 – YESAYA 57:9-12. IKATAN BERHALA YANG MENCELAKAKAN KEKAL

YES 57:9. BERHALA MOLOKH.

9.a. Dan engkau pergi kepada Molokh dengan minyak urapan.

Molokh dalam KJ dll diterjemahkan raja.

Kata Molokh itu memang berarti raja, sebab itu dalam TL, TB dll juga langsung ditulis Molokh dan memang ayat2 ini menceritakan tentang berha-la. Ini salah satu berhala yang banyak disembah orang Israel, berhala yang menjadi rajanya, yang memilikinya.

 

Minyak urapan.

Dalam rumah Allah ada minyak urapan yang dipakai oleh imam2. Juga dalam penyembahan berhala ada minyak urapan dan para penyembah berhala ini membawanya. Ini pengurapan dari berhala dan setan2. Iblis juga punya sedikit kuasa dan meskipun sedikit, tetapi itu sudah berarti banyak bagi manusia, sebab timbul banyak tanda2 heran dan kuasa yang tidak bisa dibuat oleh manusia biasa. Ini mengagumkan orang2 yang menyembahnya. Misalnya dalam Kis 8:9-10 Simon penyihir yang membuat orang Samaria ke-heran2an, sehingga orang2 ikut kepadanya. Bah-kan dalam Gerejapun ada orang2 atau “hamba2 Tuhan” yang memakai peng-urapan iblis untuk berkhotbah, untuk menyembuhkan orang, dll mujizat, hati2! Tetapi  Petrus, nelayan seder-hana tetapi penuh dengan pengurapan Roh Kudus, waktu ia datang, maka oleh kuasa Allah yang ada padanya, dengan mudah Petrus mengalahkan Simon dan setan2nya Kis 8:20-24. Sebab itu jangan kita terkecoh atau tertipu oleh segala kuasaNya, sebab kuasa Allah jauh lebih besar. Jangan takut, kita punya kuasa untuk mengusir setan Mrk 16:17 dan kuasa atas segala kekuatan musuh Luk 10:19, 1Yoh 4:4. Kita lebih dari peme-nang. Jangan ragu2 menghadapi segala pekerjaan setan. Jangan tertipu oleh minyak urapan atau kuasa dari berhala dan kuasa gelap. Barang2 atau hal2 yang jadi berhala modern, juga punya kuasa sebab setan2 ada di dalamnya, tetapi jangan takut, kita pasti menang.

 

9.b. dan menambah wangi2an mu.

Seringkali ada hal2 besar, yang harum, yang masyur dari berhala. Mungkin nama yang masyur, tanda2 ajaib dan mujizat palsu Mat 24:24 dll, dan itu banyak menarik orang, tetapi itu se-mua umpan manis si setan.

Ini wangi2an atau bau harum dunia dan iblis yang di dalamnya bisa tercam-pur banyak dosa dan kehormatan / kesombongan manusiawi.

Kerinduan kita adalah menyebarkan bau harum yang mempermuliakan Tuhan. 2Kor 2:15-16.

 

Kita akan makin melimpah dengan mi-nyak pengurapan dan bau harum Kris-tus kalau kita banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran yang seperti dupa yang harum Wah 5:8.

 

9.c. dan mengirimkan utusanmu jauh2.

Untuk apa mengirim utusan? Iblis itu juga ingin melebarkan kerajaannya dan bekerjasama dengan semua orang2 yang melawan Allah di mana saja. Manusia itu mahluk (bahan mentah) yang luar biasa, sebab kalau diolah bisa menjadi seperti Allah atau menjadi seperti iblis. Iblis perlu banyak orang berdosa (yang kemudian jadi iblis2) untuk memperkuat pihaknya untuk melawan Allah. Tentu iblis pasti kalah, tetapi iblis tidak percaya dan tetap berusaha melawan Allah, sebab itu ia terus berusaha “memenangkan jiwa2” bagi dirinya. Ingat hanya ada dua pihak dan dua golongan yaitu Allah dan iblis, terang dan gelap. Sebab itu Iblis juga berusaha meluas dengan mengirimkan utusan2nya. Jangan takut menghadapi mereka, tetapi kita harus tetap lekat, menjadi satu dengan Tuhan Rom 8:31, maka pasti menang. Juga kita semua adalah utusan dari Tuhan untuk mem-beritakan kabar baik dengan pimpinan dan pengurapan Roh Kudus dan mere-but jiwa2 dari tangan iblis Jd 23, Luk 11:20.

 

9.d. dan merendahkan dirimu bahkan sampai Neraka.

Merendahkan diri sampai Neraka itu bukan rendah hati, tetapi degradasi hi-dup, merusakkan hidupnya, sampai merosot terus sehingga akhirnya sam-pai di Neraka. Orang dosa itu dibutakan iblis 2Kor 4:4 sehingga mudah tertipu, dikira kesukaan dan kemuliaan, tetapi sesungguhnya mereka direndahkan dan dirusakkan, dihancurkan sampai neraka kekal. Ini terjadi ketika ikatan perjanjian dengan berhala (iblis) dan dosa2nya terus bertambah kuat, se-hingga akhirnya bisa “meningkat” sam-pai dosa yang sempurna dan itu berarti merendahkan dirinya sendiri sampai langsung masuk Neraka. Orang yang sempurna dosanya seperti Antikris bisa langsung dilemparkan kedalam Tasik api yang kekal yaitu tempat dari ba-paknya yaitu iblis.Ini kerusakan yang maksimal, menjadi seperti iblis, sem-purna dalam dosa dan masuk ke Ne-raka. Inilah akhir dari orang2 yang tertipu iblis. Kita harus mencegah dari permulaan, sejak lahir baru, terus hidup penuh dan dipimpin Roh dengan 7 KPR. Selalu penuh dengan Firman Tu-han dan Roh Kudus, sebab dengan demikian kita akan terus tumbuh da-lam kesucian yang akhirnya menjadi suci mutlak (kesucian yang sempurna) seperti Allah. Roh Kudus yang meng-ingatkan kalau ada dosa atau kemung-kinan dosa, dan kalau kita mau, dengan pertolongan Roh Kudus dan Firman Tuhan, semua itu bisa langsung di-buang. Dan kita bisa terus tumbuh sampai menjadi seperti Kristus.

Jalannya orang dosa itu terus di-rendahkan sampai Neraka (inilah jalan lebar) tetapi jalan Tuhan itu terus di-angkat, meningkat sampai ke Surga, inilah akhir dari jalan sempit yang indah mulia. Henokh, Elia, Musa, 144.000 orang2 yang menjadi sempurna, terus meningkat dalam kesucian dan ketaat-an,sampai tahu2 naik ke tahta Allah, menjadi sempurna seperti Kristus.

 

YES 57:10. BERGAIRAH DALAM PERKARA2 YANG FANA.

 

10.a. Engkau lelah karena panjangnya perjalananmu,

Apa artinya perjalanan yang besar atau panjang sehingga lelah? Seringkali ja-lannya lebih sulit, syarat2nya lebih ba-nyak, sehingga melelahkan, tetapi mereka tetap cinta pada berhalanya. Kadang2 banyak pengorbanannya, bah-kan sampai mengorbankan anaknya, atau membunuh orang lain, tetapi me-reka meneruskannya.

Untuk kesombongannya, untuk ke-benciannya, untuk hobbynya dan ma-cam2 berhala lain, mereka berani kor-ban begitu banyak sekalipun lelah jiwa-nya, tetapi mereka tetap bergairah akan berhalanya, sebab cinta dan ter-gila2.

 

10.b. tetapi engkau tidak berkata, tidak ada harapan.

Ini berarti mereka masih punya peng-harapan, masih mau berjuang untuk mengejar hal2 yang diberhalakan. Me-reka tetap yakin ada pengharapan. Co-ba semangat, gairah ini dipakai untuk hal2 rohani, mereka akan dapat lebih banyak, yang sungguh2 jadi keun-tungan baginya, bukan berakhir dalam penghukuman Neraka kekal. (Ban-dingkan waktu orang2 beriman mende-rita dalam zaman Antikris sampai mati, tetap taat pada Tuhan; kalau pende-ritaan dan pengorbanan yang begitu besar sampai mati dipakai untuk taat pada Tuhan sekarang, sebelum zaman Antikris, pasti hasilnya sangat besar, bahkan mungkin bisa jadi sempurna, sebab ketaatan dalam pengorbanan yang terlalu besar).

Kalau saja pengorbanan dan kasih yang begitu besar dilakukan kepada Tuhan yang begitu baik, murah dan cinta, kita bisa mendapat kemuliaan dan pahala yang sangat besar.

 

10.c. Engkau mendapatkan hidup dari tanganmu, sebab itu engkau tidak menderita.

Hidup yang mana? Tentu hidup yang fana, bahkan bisa dapat seisi dunia ini. Mat 4:9 asal sungguh2 menyembah iblis atau berhala2 itu. Memang iblis menjanjikan perkara2 yang besar dalam dunia ini, tetapi semua itu fana dan menenggelamkan orangnya dalam dosa. Sebab matanya buta, hanya me-lihat yang dekat dan fana, mereka ber-sukacita dengan segala perkara yang fana. Mereka gembira tetapi tidak ada sejahtera dalam hidupnya, hanya kepa-hitan dan kesakitan dalam hati. Rom 3:17, Ams 14:12. Tampaknya tidak menderita, bergembira seperti bunyi duri di bawah belangga, tetapi waktu suaranya berhenti, lalu diteruskan da-lam neraka kekal seperti dalam Ayat 9. Pkh 7:6.

 

 

YES 57:11. MABUK DALAM PENYEMBAHAN BERHALA, TIDAK TAKUT AKAN ALLAH.

 

11.a. Dan kepada siapa engkau takut dan gentar?

Orang2 yang sudah tertipu iblis, mabuk dalam perkara2 dosa dan kekayaan yang fana, matanya menjadi buta pe-nuh dan pikirannya menjadi tumpul, sehingga mereka tidak lagi takut pada Tuhan. Seperti Israel yang melawan Musa, mereka tidak takut ber-kata2 dan berbuat yang melawan Allah, bah-kan dengan berani sampai mereka di-hukum, binasa semuanya. Sudah mata gelap. Seperti orang yang terikat nar-koba, sekalipun ia tahu akan dihukum mati, tetap dilakukan, demi kesukaan dosa yang sesaat. Juga orang2 beriman yang mabuk seperti Israel, tidak takut akan Firman Tuhan, tidak takut akan nasehat dan teguran gembala2nya, bahkan akan nubuatpun tidak takut, tetap keras hati dalam dosa, dan bi-nasa. Bahkan meskipun mereka meli-hat sendiri bagaimana saudara2nya bi-nasa karena melawan Allah, mereka tetap melawan Allah bahkan memarahi Musa pemimpinnya dan menuduh ia yang membuat semua celaka ini. Bil 16:41.

 

11.b. Engkau sudah berdusta.

Seperti iblis bapaknya Yoh 8:44, me-reka sudah biasa berdusta, bahkan ti-dak merasa salah. Dengan dustanya mereka menghasut dan menarik orang banyak pada jalan yang salah dan celaka, bahkan juga berani berdusta melawan Tuhan, sehingga dosanya ber-tambah2. Hidupnya penuh dengan dusta dan melawan Allah dengan be-rani, pasti celaka.

 

11.c. dan tidak mengingat Aku, atau menaruh Aku di dalam hatimu?

Mereka sudah lupa Firman Tuhan, tidak peduli akan syarat2 Firman Tuhan. Mi-salnya Yerobeam yang membuat lembu emas, melantik imam2 untuk melayani penyembahan berhala, tetapi syarat2 Firman Tuhan dan peraturan ibadah ke Yerusalem dll, semua dilupakan, tidak diingat sama sekali, tidak peduli, betul2 buta dan mabuk akan berhalanya. Se-muanya itu sama sekali tidak ada lagi dalam hatinya, semua dilanggar de-ngan sengaja, dengan pengertian, pa-dahal sebelumnya Yerobeam dan rak-yatnya tahu bagaimana beribadah ke-pada Allah di Yerusalem. Bahkan Yero-beam dinubuatkan jadi raja oleh nabi Ahia 1Raj 11:29-39. Kemudian waktu ia memberi korban untuk berhalanya, iadi tegur oleh aziz Allah sampai mez-bahnya meledak dan tangan si raja yang memerintah untuk menangkap-nya menjadi kaku. Mereka semua tahu dan mengalaminya tetapi tetap tidak takut melawan Tuhan dengan terus menyembah berhala! 1Raj 13:1-6. Te-tapi Tuhan tetap membiarkan Israel dan baru pada pemerintahan Hosea Israel roboh untuk selamanya, tidak la-gi dipulihkan. 1Raj 18:9-12 (Yehuda masih dipulihkan sesudah 70 tahun).

 

11.d. Tidakkah Aku berdiam, bahkan dari dahulu, maka kamu tidak takut kepadaKu?

Memang Tuhan banyak berdiam diri. Waktu dosa meningkat sampai pun-caknya, Tuhan tahu lebih dahulu bahwa mereka tidak lagi mau bertobat, tetapi Tuhan masih memberi kesempatan dan banyak nabi2 atau hamba2Nya yang diutus untuk menyadarkan (biasanya ada sedikit orang yang mau bertobat Wah 3:4), tetapi raja2 dan sebagian besar orang2nya tetap berkeras hati dan tidak mau bertobat, maka akhir yang dahsyat datang. Ini sudah terjadi pada zaman Nuh, zaman Lot dan kerajaan Israel, dan akan terjadi juga pada akhir zaman ini Luk 17:28-30. Ini akan terjadi lagi! Orang2 yang tetap keras hati menyembah berhala, cinta pada perkara2 yang fana, istimewa orang2 beriman yang hidup, beribadah dan pelayanan dalam jalan lebar, mereka akan mengalami nasib yang seperti orang zaman Nuh dan Lot, binasa untuk kekal!

Orang dunia yang tidak percaya semua akan binasa, tidak ada pilihan lain, tetapi orang2 beriman, yang sudah percaya, sudah terlibat banyak dalam ibadah dan pelayanan rohani, tetapi tetap binasa sebab menyembah berha-la, cinta dunia yang fana dan isinya 1Yoh 2:15-16.

Betapa dahsyat, sudah tahu jalan selamat, sudah percaya, sudah menge-nal Firman Tuhan, sudah menyebut na-ma Tuhan dan menyanyikan Surga yang indah dan mulia, tetapi berakhir dalam Neraka celaka untuk kekal, betapa tragis. Kita harus ber-jaga2 supaya ja-ngan ikut atau hanyut dalam penyem-bahan berhala yang dahsyat ini, yang mengikat banyak orang beriman! Yang ada dosa, ikatan2 berhala, lepaskanlah dan bertobat sungguh2, supaya jangan berakhir dengan celaka besar ini.

 

 

YES 57:12. HIDUP DAN IBADAH YANG SIA2.

 

12.a. Aku akan menyatakan kebenaranmu.

Banyak orang berpikir mereka sudah benar, seperti Gereja Laodikea, mereka merasa tidak kekurangan apa2, semua baik, semua lancar, banyak berkat, ber-hasil dan banyak yang ikut mereka, suatu jumlah besar. Mereka merasa hidup ibadah dan pelayanannya baik. Wah 3:17. Banyak orang beriman me-rasa hidup dan ibadahnya sudah benar, tidak salah, tidak kurang dan limpah berkat. Juga dalam pengajaran, hampir semua golongan orang beriman, sam-pai2 yang sesat, semua merasa dirinya betul, tidak kurang apa2, semua benar. Memang iblis pintar membutakan mata orang beriman yang cinta dunia dan isinya, sehingga mereka merasa benar, tetapi Tuhan akan menyatakan kebe-naran dari orang2 ini.

Hari2 ini komunikasi itu begitu lan-car, kebenaran Firman Tuhan bisa diberitakan di mana2 lewat segala me-dia massa atau tertulis. Orang yang sungguh2 cinta Tuhan dan mencari kebenaran seperti Kornelius, pasti akan menemukan kebenaran yang betul, bukan kebenaran dirinya atau golong-annya, kebenaran yang palsu! Kalau sungguh2 tulus dan mau minta bap-tisan dan pimpinan Roh Kudus, maka Roh Kudus akan sanggup membawa-nya kepada segala kebenaran Yoh 16:13. Harus banyak berdoa dalam Roh dan hidup benar supaya bisa terus dipimpin Roh sehingga bisa dibawa dan dipimpin Roh Kudus pada segala kebenaran.

Ada begitu banyak tafsiran dan pe-ngajaran dari denominasi dan golong-an2 yang saling berbeda, bahkan ber-tentangan satu sama lain. Bahkan pri-badi2 juga membuat tafsiran sendiri, sehingga berbeda dan orang yang tidak dipimpin Roh akan bingung, kacau dan sesat Ef 4:14. Memang hujan Akhir diberi Tuhan untuk memimpin yang mau dipimpin Roh.

Makin lama makin banyak kebe-naran pribadi dan golongan yang ber-tentangan satu sama lain; Akibatnya banyak orang bingung, mana yang benar? Tetapi Tuhan sanggup menun-jukkan dan membawa kita pada segala kebenaran. Orang yang tulus mencari Tuhan dan selalu penuh dan taat di-pimpin Roh akan mengerti mana yang benar. Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Tanpa pertolongan Roh Kduus orang2 akan mudah disesatkan oleh pengajaran2 yang salah tetapi mereka yakin bahwa mereka benar, apalagi kalau jumlahnya besar dan orang2nya besar2! Allah tidak di pihak orang besar atau jumlah banyak, tetapi di pihak orang yang sungguh2 mau taat dipimpin Roh, da-lam kebenaran di jalan sempit. Jangan takut atau bingung, Roh Kudus terlalu pintar, Ia sanggup memimpin setiap orang yang dengan tulus selalu penuh dan dipimpin Roh.  Allah tahu siapa yang sungguh2 atau tidak tulus, dan Dia sanggup memimpin yang sungguh2 kepada kebenaran ilahi yang betul. Inilah golongan tubuh Kristus (global) yang berjalan dalam Roh! Jangan lihat jumlahnya, luarnya, kemewahannya, promosinya dll, tetapi hiduplah benar dipimpin Roh sesuai dengan Firman Tuhan. Dia sanggup memimpin kita pada segala kebenaran.

Sebab itu juga pada kedatangan Tuhan, Perjamuan Suci akan makin lim-pah dipakai dalam kesucian (ada juga yang palsu) sebab orang2 yang tulus mau terus menerus disucikan Kis 2:46 sehingga tumbuh dalam persekutuan yang suci dan ikut pengangkatan dari sekeliling meja Perjamuan suci Luk 17:34-37.