YS299 – YESAYA 57:3-5. KEBEJATAN DOSA ORANG ISRAEL

YES 57:3. PUTRA2 ORANG KEJI.

 

3.a. Tetapi datanglah dekat kemari.

Tuhan masih memanggilnya dekat2, orang2 yang jahat ini, putra2 dari yang najis. Tuhan tidak takut akan mereka tetapi juga Tuhan ingin menyelamatkan yang mau percaya dan bertobat, sekalipun mereka semua begitu bejat. Tuhan adalah Tabib bagi yang sakit Mat 9:12 dan Bapa yang cinta bagi putra yang terhilang Luk 15:20. Sebab itu, juga Gereja itu, seperti rumah sakit dan bengkel, tetapi tetap harus punya pendirian yang betul, jangan sampai ketularan dosa2 yang dahsyat seperti penyakit ebola yang justru mematikan dokter dan perawat2nya. Dosa akhir zaman ini memuncak amat dahsyat, kita harus meningkat dalam kesucian dan hidup dengan Allah, penuh dan dipimpin Roh supaya kita tidak ketu-laran tetapi bisa menyembuhkan, jangan sampai kena dosa dan ke-inginannya! Jangan sampai dosa2 yang mewabah masuk dalam Gereja.

 

3.b. engkau putra2 perempuan petenung.

Ini orang2 yang penuh dengan kuasa gelap. Dalam segala segi hidup, kuasa gelap, occultisme dalam segala ben-tuknya dipakai untuk mendapatkan ke-inginannya, seperti jadi kaya, sembuh, membalas, cari kedudukan, kesukaan berdosa dll. Memang ini jalan pintas yang dijanjikan iblis untuk langsung sukses dan enak, tetapi umpan yang manis ini mematikan, langsung ke neraka. Jangan sekali2 memakai kuasa gelap, langsung diikat dan binasa! Tolak semua kuasa gelap dengan iman dalam nama Tuhan Yesus; kuasa itu sudah diberikan Allah pada kita, jangan ragu2 Mrk 16:17, Luk 10:19. Tinggal tetap dalam Kristus dan lawan iblis Yak 4:8. Kalau ada dosa segera bertobat dan ditutup darah Yesus supaya setan tidak bisa mengalahkan. Tetap tinggal dalam kesucian, penuh dan dipimpin Roh, Roh Kudus di dalam kita jauh, jauh lebih kuat dari iblis atau siapa saja 1Yoh 4:4, Rom 8:31. Jangan takut dan jangan kena tipu dayanya.

 

3.c. benih2 orang berzina dan sundal.

Persundalan rohani itu cinta dunia Yak 4:4. Baik perzinaan jasmani dan rohani, semua harus dibuang dengan tuntas. Masih banyak orang Kristen kurang sa-dar, baik cinta segala kemewahan dan kemuliaan duniawi adalah perzinaan rohani yang juga harus dibuang semua! Memang ini memberi kenikmatan hidup karena zina rohani ini, tetapi itu sangat keji di hadapan Tuhan!

Jangan ber-cinta2an dengan mam-mon, dunia yang cantik dan merayu, itu berzina dan Allah cemburu dan itu dahsyat. Allah itu cemburuan dan pembalas yang dahsyat, hati2 Nah 1:2. Jangan berzina dengan dunia dan mammon ini. Berpada dan jangan menyembah dan bercintakan dia. Ka-dang2 Tuhan mengizinkan pengalam-an2 pahit dengan dunia dan  kemu-liaannya, jangan ber-sungut2, jangan buta, jangan sampai gugur di dalam jeratnya, tetap menang, jangan jatuh cinta dengan dunia dan isinya, itu jahat di hadapan Tuhan.

Tentu juga zina jasmani, harfiah itu juga sangat jahat, dosa yang lain daripada semua dosa, sebab ini ber-dosa pada tubuhnya sendiri 1Kor 6:18. Akibatnya dahsyat, tubuh (kemuliaan-nya kelak kemudian sesudah kebangkit-an) jadi cacat, ternoda 2Kor 7:1. Tidak jarang yang dapat akibat penyakit2 yang dahsyat karena dosa2 dalam tubuhnya ini, hajaran, kalau lulus bisa mengurangi/ membersihkan cacat2 tu-buh kemuliaan! Tuhan tidak membiar-kan sesuatu terjadi tanpa maksud. Sebutkan semua penyakit yang paling dahsyat itu bisa menimpa tubuh orang beriman sebagai penuaian dari dosa masa muda dalam perzinaan. Peliha-ralah hidup ini dari dosa zina dan tentunya juga dari dosa2 yang lain, semua dosa itu keji dan melawan Allah!

 

YES 57:4. MULUT BESAR DENGAN LIDAH YANG TERJULUR.

 

4.a. terhadap siapa kamu bergurau?

Hati2, jangan mencari kesukaan dari hubungan akrab sehingga kita harus punya akrab yang betul yaitu dalam persekutuan tubuh Kristus dalam kesucian dan kasih Maz 141:7 di mana ada banyak pengampunan tetapi tetap dalam kesucian. Jangan ada dosa benci, iri atau dosa perzinaan dan perseku-tuan dalam uang, sama2 membenci orang tertentu dll. Jangan bergurau dalam dosa apapun tetapi tetap ber-sekutu dan bersukacita dalam kesucian dan kasih ilahi yang benar. Jangan sukacita dalam dosa, tetapi bersukacita di dalam Tuhan, artinya dalam kesu-cian dan sesuai kehendak Allah Pil 4:4. Jangan bergurau dan ber-angan2 dosa untuk bahan sukacita, itu menye-nangkan iblis.

 

4.b. terhadap siapa kamu membuat mulut yang lebar dan menjulurkan lidahmu?

Mulut lebar, banyak bicara, lebih2 dengan bergurau untuk perkara2 yang keji, lebih2 dengan mengeluarkan li-dahnya, artinya lebih ngotot lagi. Dalam Ay 41:1 KJ dikatakan, bahwa Leviathan ditarik dengan kait dan li-dahnya dengan tali, tentu oleh bapak-nya yang pembohong itu Yoh 8:44.  Bagaimana iblis menarik lidahnya keluar dari mulut yang lebar itu?Mulut yang lebar, yang dibuka se-lebar2nya, banyak bicara dari orang itu, lalu iblis menarik lidahnya keluar, dengan kata lain iblis memberi hikmat untuk bicara lebih banyak perkara2 yang keji dan jahat.

Sebaliknya, orang2 yang penuh dan dipimpin Roh, membuka mulutnya (ber-kata2) maka Roh Kudus memberi bahasa yang baru di lidah yaitu bahasa lidah Kis 2:4 itu bahasa yang suci, yang dipakai oleh Roh Kudus untuk menaik-kan doa syafaat kepada Tuhan untuk kepentingan kita. Rom 8:27. Ini lidah yang betul, kita yang buka mulut, dan Roh Kudus yang memberi bahasa yang baru dan macam2 karunia, istimewa karunia hikmat untuk menjawab atau memberi pimpinan yang tepat dari Allah. Tetapi iblis juga mendorong orang untuk banyak bicara dan mena-riknya keluar dengan ilham setan se-hingga menjadi makin ampuh untuk menipu dan menyesatkan manusia, ter-masuk menghojat Allah Wah 13:5.

Jangan lidah bibir ini diserahkan setan, tetapi diserahkan pada Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus, maka kita akan melakukan perkara2 besar dari Tuhan. Sebab kalau kita ber-kata2 de-ngan kata2 dari Allah, itu pasti jadi dan itu menjamah banyak orang dan tidak akan kembali dengan sia2, pasti diker-jakannya kehendak Allah Yes 55:11. Sebab itu selalu penuh dan dipimpin Roh, kita dikuasai Roh Kudus dan limpah dengan Firman Tuhan seperti Meja Roti Pertunjukan, pasti hasilnya jadi berkat yang indah2 dan besar.

Petrus bicara dari Roh Kudus, sampai orang2 Parisi dan Imam2 heran, mengapa hasilnya luar biasa. Kis 2:37; 4:13. Rindukan untuk selalu membuka mulut dalam pimpinan Roh Kudus sehingga kata2 kita selalu menjadi berkat, sebab selalu diasinkan dengan garam Roh Kudus Kol 4:6.

 

4.c. Bukankah kamu anak2 kedurhakaan dan benih dari kebohongan.

Ini orang yang hidup dalam kedur-hakaan dan kebohongan. Terus me-langgar, melawan kebenaran dan selalu penuh dengan kebohongan. Kita harus selalu taat akan Firman Tuhan, itu kehendak Tuhan dan itu indah. Tetapi orang2 sudah biasa melanggar semua hukum Tuhan dengan alasan2 yang masuk akal dan bahkan mulia. Seperti Saul disuruh membinasakan Amalek dan semua miliknya dan rajanya Agag, tetapi ia mempunyai alasan yang bagus yaitu mengambil yang terbaik untuk Tuhan. Sepintas lalu tampaknya bagus, ini istilah yang mulia, tetapi persem-bahan dari hasil pelanggaran, Tuhan tidak berkenan. Ini hanya alasan se-hingga Saul bisa membawa pulang jarahan dan untuk membenarkan tin-dakannya ia memakai alasan ini yang tampaknya baik dan mulia 1Sam 15:14-15, 32-33 (perhatikan bahwa Saul sudah dibuang oleh Tuhan dalam 1Sam 13:13), tetapi heran, Tuhan masih memberi kemenangan yagn besar bagi Saul, tetapi Saul menyalahgunakannya, ia tidak memakai baik2 kesempatan kemurahan yang diberikan Tuhan sehingga akhirnya ia binasa!).

Jangan limpah dengan pelanggaran, tetapi limpah dengan ketaatan dalam segala perkara, itu yang indah di hadapan Tuhan. Biarlah seumur hidup ini penuh dengan ketaatan di mana saja, dalam hal apa saja, dan kapan saja sehingga kita termasuk orang yang taat, tumbuh dan ber-buah2, berkenan kepadaNya.

Juga dusta adalah nama iblis, yaitu bapak pembohong Yoh 8:44. Belajar selalu ber-kata2 benar; ini tidak mu-dah, lebih mudah bicara dusta sehingga lebih “aman dan selamat” menurut pikiran manusia, tetapi itu menyimpan bom waktu, sebab semuanya satu kali akan meledak dan lebih banyak aki-batnya. Karena itu lebih baik mengakui segala kesalahan dan dusta dan tetap bicara benar Kol 3:9, Ef 4:25. Ini tidak mudah, sebab pengakuan dalam dunia seringkali tiada ampun dan diper-lakukan sebagai musuh. Di dalam tu-buh Kristus selalu ada pengampunan, tetapi dalam dunia itu limpah dengan kejahatan dan seringkali tidak ada pengampunan sebab ada dendam dan kebencian yang tidak bisa dihapus. Sebab itu lebih baik mencegahnya yaitu tidak ber-kata2 bohong daripada pengakuan itu jauh lebih berat.

Biarlah kita tetap hidup benar di tengah2 dunia yang jahat ini Pil 2:15, tetapi itu sulit sebab itu selalu minta pimpinan Roh Kudus yang sudah termasuk hikmat, kuasa Allah untuk menghadapi orang2 ini dan mengontrol sikon kita. Memang tidak mudah hidup benar di dunia yang gelap, sebab itu perlu hidup sebagai ligabis, kalau tidak, akan kalah, celaka dan akhirnya kem-bali dalam hidup cara duniawi.

 

YES 57:5. BER-NYALA2 DENGAN BERHALA.

 

5.a. Menyalakan dirimu sendiri dengan berhala.

Ini keadaan dunia pada akhir zaman. Menyala dengan ber-macam2 berhala. Semua dosa kalau sudahmencapai pun-caknya akan menjadi berhala, jadi ilah2nya. Segala dosa meningkat seper-ti ini, bahkan masing2 menyalakan dirinya sendiri dengan berhala2 di mana2. Bukan saja dosa dari kehen-daknya sendiri,tetapi dosa itu sudah menguasai dirinya, dan orang2 mulai menyembah dosanya sehingga menjadi berhala. Bukan saja berhala2 patung tuangan, tetapi juga segala dosa isti-mewa yang lezat, semua menjadi berhala, menjadi penguasa di dalam hidupnya. Hampir setiap orang punya beberapa berhala. Sebab itu jangan main2 dengan dosa, semua benih dosa yang masuk dalam hati harus dibe-rantas habis2, kalau tidak dosa itu tumbuh jadi makin besar dan menjadi tuannya, lalu jadi berhalanya, bahkan orang itu bisa menjadi budak penuh dan tidak bisa lepas lagi, itu dosa sempurna. Baik dengan mammon, de-ngan segala macam kesukaan dosa sehingga mabuk dan akhirnya kera-cunan dan mati dalam dosa. Buang permulaan dosa, sejak ingin perkara2 dosa timbul dalam pikiran, jangan beri tempat, tetapi usir keluar.

Juga makan minum bisa menjadi berhala Pil 3:19, juga anak bisa jadi ber-hala seperti Imam Eli yang memberha-lakannya, sebab itu ia mendapat bagian dari hukuman anak2nya dan mati. Bahkan karena kedudukan, orang bisa menyerahkan imannya dan keselamat-annya hilang. Jangan cinta apapun dalam dunia ini tetapi berpadalah 1Kor 7:31. Kita perlu saling menasehati su-paya jangan kena tipu daya iblis. Dengan berhala orang akan cepat tumbuh dalam dosa sebab dosa2 atau barang2 ini menjadi tuan. Tidak heran pada akhir zaman ini segala perkara bisa menjadi berhala.

Yerobeam dengan mudah meng-ajak Israel menyembah berhala lembu emas di Dan dan di Bethel dan hampir2 tidak ada yang (berani) protes. Semua berjalan lancar. Heran. Di manakah orang2 mengerti kebenaran Firman Tuhan dan yang cinta, menyembah Tuhan? Salomo yang membuat orang dibiasakan dengan penyembahanm berhala sehingga berhaladianggap biasa, sebab dengan berhala, toh semua masih berjalan lancar seperti biasanya. Juga dalam Gereja, kita harus hati2 supaya tokoh2 besar seperti Salomo tidak membawa banyak orang dalam perhambaan dosa, menyembah berhala! Salomo, Yerobeam adalah orang2 yang mula2 indah di hadapan Tuhan dan Tuhan bicara pada mereka dan menolongnya. Tetapi kemudian sebab berkeras hati dalam dosa, mereka menyembahberhala dan jadi celaka dan menyesatkan banyak orang, istimewa yang tidak mengerti kebenaran Firman Tuhan.

 

5.b. Di bawah setiap pohon hijau.

Ini hal2 alami yang dicampur dalam penyembahan berhala. Kadang2 homo dianggap naluri yang wajar, itu jelas dosa bahkan puncak2 dosa sex. Padahal yang membuat pohon hijau adalah Tuhan. Nafsu2 sex, keinginan dipuji, benci dll nafsu yang alami, termasuk kepintaran akal: termasuk musik dan nyanyian, tontonan2, film, HP dll menjadi berhala yang banyak disembah (terikat). Sebab itu kita perlu banyak belajar Firman Tuhan dan selalu dipimpin Roh, supaya kita bisa hati2 dan teliti, tidak sampai ditipu pikiran kita sendiri dan iblis dengan segala macam bentuk berhala!

 

5.c. Membunuh anak2 dalam lembah, di bawah celah2 bukti batu?

Ini dikerjakan di lembah2 yang indah dan di bawah celah2 bukit batu yang tersembunyi, hanya diikuti orang2 yang sama2 setuju. Kalau di rumah semua melihat, dan tidak semua setuju. Dengan perasaan hati yang normal (yang masih ada sisa kemuliaan Allah, ini termasuk sangat jahat) lebih dari binatang yang membela bayi2nya habis2an dan mau mengorbankan se-gala2nya bagi bayi2nya seperti anjing, singa, beruang dll binatang. Ini lebih jelek dari dosa binatang, perasaan hati sudah mati oleh segala perkara2 dosa dan iblis.

Pembunuhan, sekalipun janin di negara kita termasuk kejahatan pembunuhan (ada negara2 yang membebaskannya). Ini dilakukan karena banyak alasan, termasuk juga karena malu lalu membunuh. Secara rohani itu lebih dahsyat lagi, orang2 mengorbankan anak2nya karena uang, karena ditipu setan sehingga membunuh rohaninya. Masih ada orang2 yang secara lahiriah pergi kepada iblis dan minta sesuatu dari iblis (uang, pangkat, kedudukan dll) yang berani mengorbankan anak-nya (jadi wedal) meskipun secara ter-sembunyi yaitu diserahkan pada iblis, lalu karena suatu penyakit atau mala-petaka mati, sehingga tidak sampai kena jerat hukum sebab matinya wajar.

Jangan mengorbankan anak2 (atau anak buah) untuk mencapai kehendak hati, sehingga mereka hampir pasti binasa jiwanya. Baik dalam pengajaran yang menyesatkan dan membinasakan rohani, itu jadi tanggungjawab orang tua atau pemimpin2 rohani. Juga ka-rena hal2 lainnya dengan cara2 apa-pun, yang mengorbankan keselamatan  anak2 (anah buah) ia bertang-gungjawab kepada Tuhan! (dalam ayat 6-12 masih ada banyak dosa2 yang jahat lainnya).

 

KESIMPULAN.

Wah 22:11 akan digenapi dengan mu-dah sebab memang manusia condong kepada dosa, apalagi kalaumata ha-tinya dibutakan iblis. Tetapi selalu ja-ngan lupa, bahwa kesucian juga akan meningkat, memang ini tidak semudah pertumbuhan dosa, sebab harus me-nyangkal diri dan itu di-halang2i atau diperangi iblis. Dosa se-olah2 dengan otomatis kalau dibiarkan akan tumbuh dengan sendirinya, tetapi tetap diba-tasi garam dan terang dunia dan Tuhan juga, supaya yang mau percaya jangan binasa, supaya sebanyak mungkin selamat.

Tuhan bisa membuat semua orang jadi suci dan Mahasuci, tetapi itu tidak dilakukan, sebab itu berarti robot bukan mahluk bebas. Tetapi kalau kita mau dan menjaga diri tidak ditipu iblis, dengan pertolongan Tuhan kita pasti bisa tumbuh dalam kesucian yang murni. Jangan ragu2. Jangan membiar-kan dosa kecil (dalam pikiran dan keinginan), sebab itu akan tumbuh “dengan sendirinya” oleh daging, sikon dunia yang jahat dan iblis Ams 6:27-28.

Mau + mengerti kebenaran Firman Tuhan, pasti bisa sebab ada Roh Kudus yang selalu siap menolong, dan dengan salib Kristus ada kepuasan dan kesu-kaan yang kuat dalam Tuhan, Mat 11:28-30.kita bisa hidup dalam kesu-cian. Jangan lupa 7 KPR. Sesungguhnya hidup iman yang betul itu amat me-nyenangkan, dan kita bisa terus bertumbuh sampai pada puncak2 kesucian dan kemuliaan Allah.

 

Nyanyian:

Naik2 ke gunung Allah,

mana hati s’nang.

Naik2 ke gunung Allah,

semua trus siang.

tinggalkan susah dunia,

jalan dalam trang.

Naik2 ke gunung Allah,

sampai menang.