YS298 – YESAYA 57:1-2. ORANG BENAR DIANGKAT TUHAN

YES 57:1. ORANG BENAR BINASA DAN ORANG BENAR DIANGKAT.

1.a. Orang benar binasa.

Ini pernyataan yang aneh dan se-olah2 tidak cocok dengan keadilan Allah. Seharusnya orang benar beruntung dan tidak binasa, tetapi toh ia binasa. Tetapi Allah tidak pernah salah. Kalau Allah membiarkan orang benar/ saleh mati, Allah tetap benar, ada maksud2 tertentu sebab Allah tidak ingin seorangpun binasa tetapi selamat 2Pet 3:9, yaitu:

  1. Mati syahid. Ada banyak peristiwa seperti ini (Habil, Zakaria, Yohanes pembaptis, rasul2 dll). Kita tahu, Tuhan mengizinkan, pasti ada bonusnya. Misalnya Yohanes pembaptis, mungkin ia menjadi sempurna seperti Musa, bangkit waktu Putra manusia Yesus mati di salib. Mat 27:52,53.
  2. Orang yang benar, tulus, tetapi Tuhan tahu lebih dahulu, oleh karena tekanan yang berat bisa berubah, sebab itu Tuhan angkat lebih dahulu 1Kor 10:13. Misalnya anak Yerobeam 1Raj 14:13 supaya tetap selamat.
  3. Diselamatkan sebelumnya. Air bah zaman Nuh terjadi tahun 1656. Bapak Nuh, Lamech mungkin orang benar seperti anaknya, mati 5 tahun sebe-lumnya yaitu tahun 1651. Kakeknya Metusalah (paling tua, berumur 969 ta-hun, biasanya karena hidup benar) mungkin juga orang yang benar, mati tahun 1656, Kej 5:21,25-27. Ia tidak masuk bahtera Nuh, mungkin sebe-lumnya mati, diangkat Tuhan lebih dahulu.
  4. Seringkali orang yang mau bertobat kembali, diizinkan Allah menderita (ka-dang2 dengan dahsyat sebelum mati supaya bertobat dan selamat). Misal-nya Simson hambaNya, Tuhan izinkan tersiksa sehingga bertobat, Roh Kudus kembali kepadanya tetapi tetap mati, tidak disembuhkan, umurnya tetap terpotong. Juga penjahat yang dianiaya dengan salib, sampai ia bertobat dan selamat. Luk 23:43. Anak terhilang dibiarkan bangkrut dan terjepitsupaya bertobat dan selamat.
  5. Elisa dipersiapkan, ia sakit sebelum mati, tidak menderita tetapi ia diper-siapkan baik2 baru mati 2Raj 13:14. (Mayatnya membangkitkan orang mati). Pasti Tuhan punya maksud yang baik, sehingga betul2 siap; mungkin ikut bangkit waktu Putra manusia mati di salib? (Yakub, Daud mati tanpa sakit Kej 49:33, 1Raj 2:9-10).
  6. Lazarus setingkat dengan Abraham tetapi mati sebagai pengemis.

Jadi kalau Tuhan mengangkat (mati) orang benar, pasti ada maksud yang benar dan menguntungkan orang itu sekalipun tampaknya kadang2 dahsyat (seperti mati syahid).

 

1.b. dan tidak ada seorangpun yang menaruh hal itu dalam hatinya.

Tak ada yang memperhatikannya?

Memang orang dunia hanya memper-dulikan orang besar, menurut ukuran mereka. Orang benar dunia itu sesuai dengan keadilan dan pandangan manu-sia, tetapi orang benar dalam Tuhan itu yang sesuai dengan Firman Tuhan. Misalnya Absalom, orang benar dan mulia bagi banyak orang, sebab ia pintar mengambil hati dan berusaha memperjuangkan keperluannya, tetapi sama sekali bukan orang benar di hadapan Tuhan. Juga pada permulaan Saul lebih populer dan benar di mata rakyat banyak daripada Daud. Sering-kali orang yang mengambil hati orang banyak, mengorbankan kebenaran yg sejati. Misalnya: Pilatus, sebab ingin mengambil hati orang banyak, ia me-lahirkan tindakan yang kejam Luk 23:24-25. Tidak heran, orang benar (da-lam hal ini Putra manusia Yesus) mati, tidak banyak yg peduli atau membela.

Bawa semua dalam permohonan dan doa, supaya kehendak Tuhan yang jadi. Tuhan menguasai seluruh dunia, termasuk dunia peperangan, dunia politik, dunia ekonomi, jangan kuatir. Asal kita hidup benar dan dipimpin Roh, maka Tuhan akan memimpin dan memelihara kita secara jasmani dan kita bisa melakukan kehendak Tuhan menurut pimpinan Roh dan sesuai dengan Firman Tuhan.

Ber-tanya2 akan Tuhan selalu, apa rencana dan kehendakNya dalam hari2 yang sulit ini.     Kadang2 kita tidak me-ngerti, tetapi jangan kuatir, tetap ber-jalan dengan iman, sebab Allah me-nguasai segala keadaan, termasuk diri kita bahkan seluruh dunia.

 

1.c. Orang2 yang penuh kemurahan (orang2 saleh) diangkat pergi.

Orang saleh, murah, baik akan diangkat (dikumpulkan  {Young, Green}). Apa maksudnya ? Diangkat di sini bisa ber-arti mati, bisa berarti dipindahkan. Ten-tu Tuhan tidak ngawur dalam tindak-anNya, selalu ada maksud tertentu, bahkan  maksud yang terbaik.

Orang2 benar/ suci yang diangkat Tuhan di akhir zaman ini berarti:

  1. Orang benar yang mati sekarang, akan bangkit dan ikut pengangkatan. 1Tes 4:16-17.
  2. Orang benar waktu Tuhan Yesus datang, akan diangkat. Kalau umat Tuhan hidup dalam dosa (sekalipun ia orang besar dalam dunia, atau dalam Gereja) ia mati dan binasa Mat 7:21-23. Tidak mungkin nasib orang benar dan jahat sama Kej 18:2-5.

Biarpun orang Israel sendiri sebagai umat Allah, kalau mereka berkeras hati dalam dosa, Tuhan lepaskan mereka, nasibnya sama seperti orang kafir Im 18: 24-28. Sebab itu supaya janji2 Allah bisa nyata dalam hidup kita, kita harus selalu hidup sebagai orang benar, orang suci, orang baik di hadapan Allah.

 

1.d. Tidak ada yang peduli bahwa orang benar itu diangkat pergi dari jahat yang akan datang. (TL: Dahulu daripada datang jahat itu).

Tindakan Tuhan selalu benar dan me-nguntungkanya itu tidak sampai kena yang jahat. Puncaknya dari semua pengangkatan adalah pada waktu Tu-han Yesus datang. Semua orang suci diangkat dan tidak kena zaman An-tikris. Ini bukan berarti bahwa Gereja disingkirkan dari segala sengsara dan perkara yang jahat, tidak. Sebab justru Gereja tumbuh seperti Kristus, di dalam sengsara Ibr 2:10 dalam 3,5 tahun yang dahsyat (dengan 3 antikris yang mula2) sebelum pengangkatan. Inilah masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Tetapi maksud Tuhan di sini:

Gereja dilepaskan dari masa hu-kuman yang dijatuhkan Tuhan bagi An-tikris dan pengikutnya. Tetapi orang2 Kristen yang tertinggal, dihukum de-ngan dahsyat oleh antikris dan ten-taranya. Gereja tetap akan mengalami pengolahan dalam banyak kesukaran dan penderitaan sepanjang masa, te-tapi tidak masuk dalam zaman hu-kuman (di sini semua setan2 / roh jahat diizinkan ke luar untuk menganiaya orang2 di bumi, bersamaan  dengan hukuman Allah yang turun pada iblis, Antikris dan tentaranya). Inilah masa hukuman dunia, juga untuk orang2 yang tertinggal 1Kor 11:32). Setiap kali kita melihat bahwa Tuhan melepaskan umatNya dari pehukuman, bukan dari pengolahan. Misalnya: Yusuf- Maria dan Bayinya dari pehukuman atas Bet-lehem (Rama Mat 2:18). Tuhan sang-gup memindahkan tepat pada waktu-nya, mereka diangkat dan terlepas.

Ada banyak contoh2 bagaimana orang2 di pihak Tuhan yang diangkat = dipindahkan tepat pada waktunya, se-hingga tidak  ikut terbabit dalam pehu-kuman dosa orang2 jahat ini Wah 18:4. Ini jawabannya mengapa orang benar diangkat, sebab ada maksud, untuk melepaskannya dari pehukuman dosa, ia diangkat sebelumnya. Orang yang tidak mengerti, merasa heran mengapa hal itu terjadi, tetapi sesudah hukuman itu datang, maka baru mereka me-ngerti tetapi orang2 benar sudah ter-lepas. Allah itu heran, Ia sudah ber-tindak meskipun anak2Nya tidak mengerti.

Allah tidak akan memasukkan orang2 benar ber-sama2 orang2 jahat dalam hukumannya. Ini prinsip Allah.

Ia masih mengizinkan hal2 jahat, orang jahat datang dalam riwayat hidup orang beriman sebagai latihan, peng-olahan atau ujian untuk orang2 ber-iman, sehingga bisa tumbuh dengan baik kalau lulus. (Kalau jatuh dalam dosa (Rom 12:21) ia tidak tumbuh bahkan bisa celaka. Sebab itu kita harus hati2 dalam menghadapi segala macam bentuk pencobaan atau ujian, minta pimpinan dan kuasa Rohkudus, ber-tekun dalam doa dan Firman Tuhan, serta tetap di dalam pimpinan Roh.

Orang yang berjalan menurut ke-hendak sendiri akan jatuh dalam pencobaan / ujian dan tidak tahan da-lam pengolahan). Sebab itulah Gereja tidak akan masuk dalam masa pehu-kuman dunia atau hukuman atas za-man Antikris 1Kor 11:32. Tuhan meng-angkat orang2nya yang setia sebelum Ia menjatuhkan hukuman kepada dunia yaitu Antikris, misalnya Yusuf, DAud dll dilepaskan dari banyak bahaya.

Demikianlah kita melihat dengan je-las bahwa orang2 benar diangkat se-belum si jahat berkuasa dan kemudian dihukum oleh Tuhan. Orang benar bi-nasa, sesunugguhnya ia diangkat sebelum saatnya dunia ini mengalami hukuman dari Tuhan.

Tetapi orang2 yang bisa tahan akan tetap hidup dan menunggu sampai hari pengangkatan yang mulia itu. Mengapa kalau tahan? Sebab ini adalah peng-olahan yang dahsyat untuk semua orang di dunia dalam Minggu ke-70 Daniel Wah 3:10). Tetapi Tuhan mem-beri perlengkapan cukup bahkan lim-pah baik jasmani dan rohani. Secara jasmani ada janji Allah dalam 1Kor 15:51-52 yang menjamin orang2 benar dalam Tuhan. Secara rohani ada ba-nyak fasilitas khusus untuk menyem-purnakan Gereja Tuhan, misalnya pem-bukaan Firman Tuhan penuh Mat 10:26-27 Hujan Akhir, pelayanan orang sempurna, kuasa dan mujizat yang limpah dst. Ini diteguhkan dalam pema-kaian Perjamuan Suci. Perjamuan Suci dengan betul, setiap kali, maka ia akan terlepas daripada pehukuman dunia yang dahsyat ini. Pengangkatan itu terjadi di sekitar meja Perjamuan Suci Luk 17:34-37. Jadi, baik secara pribadi untuk setiap orang beriman dan ber-sama2 pada hari pengangkatan, orang2 benar akan diangkat dahulu daripada datang hal2 yang jahat itu. Ini janji Tuhan untuk pribadi dan ber-sama2 pada saat pengangkatan yang sangat indah dan mulia (untuk yang diangkat), tetapi sangat mengerikan dan nena-kutkan untuk mereka yang tidak ikut dalam pengangkatan, hanya menyak-sikan teman2nya yang  tiba2 hilang dari tempat tidur, kisaran dan ladang, suatu pengalaman pahit yang tidak ada taranya dam memang adalah permu-laan dari perkara2 jahat yang datang, suatu pengalaman pahit dan celaka yang terbesar dan yang  paling dahsyat yang pernah ada di dalam dunia ini Mat 24:21.

Sebab itu setiap kali kita makan Perjamuan Suci jangan sembarangan, main2 atau diringankan. Kita harus ma-kan dengan pengertian yang tepat se-hingga kita diangkat, dilepaskan dari semua yang jahat yang akan datang secara pribadi dan puncaknya, diangkat dari semua yang jahat ber-sama2 yaitu masa aniaya Antikris. Jangan makan Perjamuan Suci dengan tidak berlayak. Jadilah burung nazar yang terbang tinggi, suatu kehidupan yang  tidak bisa dicapai dan dipengaruhi oleh arus dunia yang jahat dan keji ini. Ayub 39:30-33, Yes 33:15-16.

Ini tempat tinggal orang2 benar, tempat2 yang tidak terhampiri, tetapi di sini orang2 benar mendapat roti dan air yang tertentu dan tetap.

 

YES 57:2. JALAN ORANG2 YANG TULUS.

 

2.a. Ia akan masuk dalam sejahtera.

Selalu mendapatkan sejahtera (Pil 4:4,7) dan kesukaan di dalam Roh Rom 14:17 sehingga hatinya selalu ada sejahtera Pil 4:7 sebab sungai air hidup itu mengalir terus dalam hatinya, ka-rena dipelihara Yoh 7:38 Ams 4:23, Yez 47. Ini yang membuat kita kuat dan tahan Neh 8:11 tidak mudah ditipu dan digoda oleh kesukaan dunia yang makin lama makin limpah dan merayu seperti Sodom dan Gomora.

Orang yang memelihara mezbah dan tendanya akan bisa bertahan dari godaan Sodom Gomora ini seperti Abraham yang tidak tergiur ke Sodom Kej 12:7, meskipun Lot sangat ter-gila2 akan Sodom. Tetapi Abraham setia dengan mezbah dan tendanya.

(Mezbah: hidup di atas mezbah Rom 12:1-2, selalu menyangkal diri Luk 9:23. Selalu hidup dalam jalan sempit, jalan sengsara Kis 14:22 1Pet 5:9 2Tim 3:12. Ini tanda2 dari hidup yang betul, yang menunggu kedatangan Tuhan, di jalur yang tepat Mat 24:42.

Tenda: menunjukkan hidup yang sementara 1Pet 1:17. Inilah orang2 yg terus menerus ingat akan rumah di Sur-ga Ibr 11:15-16. Hidup dalam dunia ini hanya sementara. Orang yang selalu ingat rumah di Surga, itu mempunyai tujuan yang jelas Ibr 11:15-16.

Orang yang tujuannya kabur, per-jalanan hidupnya akan zigzag dan mudah tersesat dari jalan yang benar, sebab ia tidak mempunyai patokan untuk sasaran hidupnya. Orang seperti ini akan mudah digoda oleh segala macam rayuan dunia yaitu anggur lama seperti uang, kesukaan2 berdosa yang beraneka ragam, kemuliaan dan kepu-jian manusiawi dan dunia. Tetapi orang yang selalu ingat bahwa ia hidup hanya sementara dalam dunia ini, dan terus menyucikan dirinya, ia akan ada harap-an pulang kembali ke Surga, ikut dalam pengangkatan dan hatinya selalu sejah-tera dan bersukacita, puas dengan anggur baru.

Orang2 yang mempunyai mezbah dan tenda ini akan tahan dari segala godaan Sodom Gomora, ia akan tetap tinggal di tempat2 yang tinggi di atas gunung batu. Hidupnya jauh dari segala arus dunia dan sebab itu ia mendapat roti dan air yang tetap dari Tuhan. Setiap hari selalu ada roti baru baginya, pembukaan2 baru dari Rohkudus, se-hingga terus bertumbuh dalam penger-tian2 Firman Tuhan, dipersiapkan un-tuk ikut dalam pengangkatan pribadi atau bersama. Ini prinsip yang sangat penting, supaya jangan kita tertinggal.

 

2.b. Mereka akan beristirahat di atas tempat tidurnya, setiap orang yang berjalan dalam ketulusannya.

Ada dua macam orang yang ikut pengangkatan. Sebagian beristirahat di atas tempat tidurnya. Istilah Alkitab untuk orang mati juga tidur. 1Tes 4:14. Ini orang2 yang diangkat waktu tidur di samping itu juga ada yang diangkat waktu masih hidup 1Tes 4:15-18. Ini cara2 penghiburan yang besar. Jangan kuatir atau takut. Tidak ada yang ke-betulan, semua ada maksud indah dari Tuhan.

Orang2 seperti ini cara hidup dan sifatnya berbeda dengan orang dunia atau orang2 Kristan duniawi yang “ter-bang rendah” sehingga terus menerus ikut digoncangkan dengan segala gon-cangan2 dunia ini Ef 4:14. Kalau orang dunia digoncangkan oleh berita2 koran dan TV setiap hari, begitu juga orang2 Kristen yang “terbang rendah”, sama2 ikut goncang gancing Luk 21:26-27. Orang2 seperti ini akan mudah jatuh dalam setiap goncangan di dunia, baik goncangan ekonomi, politik, keaman-an, kesehatan, budaya, rasial, dsb.nya, seperti burung yang terbang rendah disambar ikan pike yang tidak tampak di dalam air laut, begitu orang beriman yang terbang rendah akan disambar dan diseret ke dalam arus dunia ini sehingga tidak ikut dalam peng-angkatan. Tetapi mereka yang terbang tinggi, tidak ikut dalam goncang gan-cing dunia ini, hanya melihat saja, mes-kipun terjadi di sebelah kanan kirinya, sebab Tuhan menjadi perlindungan yang teguh dan kuat baginya Maz 27:5, 1Kor 15:51 (bersembunyi dalam bilik Tuhan yang sangat kuat, hidup dipim-pin Roh di dalam Bait Allah. Maz 27:5. Tinggallah terus di tempat  yang tinggi, yang selalu mengatakan barang2 yang benar dari Firman Tuhan {Yes 33:15}, bukan segala perkara yang tergoncang gancing dalam dunia yang makin lama makin ribut ini. Tuhan akan membuat pembukaan Firman di dalam mulutnya dan inilah berita2 yang benar yang selalu ada di dalam mulutnya, lepas dari segala laba yang keji dan suap, juga telinganya ditutup dari mendengar tentang darah (tidak terganggu segala peristiwa2 berdarah) serta matanya ditutup daripada melihat perkara2 yang jahat. Orang2 seperti ini ada di tempat2 yang tinggi seperti burung nazar, yang selalu ada di sekitar tubuh dan darah Kristus, siap untuk ikut di dalam pengangkatan.

 

Kesimpulan:

Orang benar diangkat, ada dua macam, yaitu:

  1. 1. Diangkat = mati lebih dahulu dari-pada zaman Antikris.

Yes 57:2. Perhentian di atas tempat tidurnya. Semua orang2 ini dihimpun-kan sampai hari pengangkatan 1Tes 4:16-17.

  1. 2. Diangkat hidup2an ketika Tuhan Ye-sus datang (pada hari pengangkatan), yaitu orang2 yang:

* Luk17:34-37 Selalu hidup disekitar tubuh darah Kristus.

* Ayub 39:30-33. Terbang tinggi

* Ys 33:15-16. Hidup di tempat2 tinggi

* Luk 21:26-27. Lepas dari gocang gancing dunia ini

* 1Kor 11:31-32. Sebab mau disucikan terus menerus.

Gereja Tuhan akan  tetap meng-alami hal2 yang dahsyat dan sengsara, tetapi Tuhan meluputkannya, meng-angkatnya pergi dari pehukuman dunia ini, baik secara pribadi maupun ber-sama, dahulu daripada datang jahat itu.

Peliharalah mezbah dan tenda ma-sing2, sampai satu kali kelak kita masuk dalam rumah yang permanent kekal dalam kerajaan Surga.

Nyanyian:

Zaman sekarang berjagalah

Lihat dunia bergelora

Kedengaran sini sana

Banyak kabar menyatakan

Berlindunglah dalam Sabda Allah.