YS294 – YESAYA 56:1-5. KEMULIAAN GEREJA DALAM WASIAT BARU

YES 56:1. KESELAMATAN SUDAH DEKAT, KEBENARAN AKAN DINYATAKAN.

1.a. Standard hidup rohani.

Demikianlah Firman Tuhan. Peliharalah hukum dan lakukanlah keadilan.

Standard Tuhan itu sama terus sebab Tuhan tidak berubah. Ini bukannya membosankan kalau sama terus, tetapi justru sebab Tuhan  memberi syarat2 yang mudah dimengerti dan ditaati ka-lau mau, sehingga kita bisa hafal sebab sederhana dan mudah, tetapi hasilnya gilang gemilang untuk kekal. Ukuran kita adalah hukum2 Tuhan yaitu Firman Tuhan dan hidup harus benar, adil se-suai dengan Firman Tuhan. Kalau ini kita lakukan, kita berdiri benar di hadapan Tuhan maka Tuhan akan be-serta dengan kita. 1Pet 3:2, Rom 8:31, maka dalam segala perkara akan ada jalan keluar, pasti menang dan rencana Tuhan yang indah2 akan jadi dalam hidup kita, pasti indah dan bahagia bahkan sampai kekal. Justru ini yang dicari oleh semua orang, sehingga se-kalipun jalannya buntu, manusia meng-halalkan segala cara. Tetapi cara Tuhan sangat sederhana dan mudah, asal mau percaya dan taat! Jangan berdosa atau menuruti daging, semua akan kacau dan ruwet bahkan Tuhan bisa jadi la-wan dan celakalah orang yang mela-wan Tuhan. Pegang Firman Tuhan dan taat, mengerti dan melakukannya Yak 1:22.

 

1.b. Keselamatan dan kebenaran Allah.

 

Karena keselamatanKu itu hampir datang dan kebenaranKu akan dinyatakan.

Kalau kita benar di hadapan Tuhan, maka janji2 Tuhan yang indah dan yang memelihara kita pasti akan digenap-kan. Orang Israel sebagian besar seba-gai tawanan di Babil, sebagian di Ka-naan (orang2 yang hina), tetapi Israel akan kembali pulang ke Kanaan sesuai dengan nubuatan Yeremia sesudah 70 tahun.

Penggenapan nubuat Tuhan akan digenapkan dan Israel diselamatkan. Waktunya sudah dekat. Ini betul2 su-dah digenapkan. Hal2 ini sudah lewat tetapi masih menjadi pelajaran dan nu-buatan bagi kita orang2 Israel rohani, turunan Abraham. Semua kita makin dekat ke akhir (penggenapan rencana Allah) baik pertemuan dengan Tuhan secara pribadi atau ber-sama2 pada hari pengangkatan. Sebab itu kita harus terus bersedia, dan berlomba untuk hari penamatan rencana Allah. Waktu kita terbatas, sebab itu jangan santai atau malas, ini menentukan seluruh hidup kita dalam kekekalan! Hari dan saatnya akan datang, bersedialah, pa-kai kesempatan hidup ini untuk mem-bentuk dan menentukan yang kekal. Berlombalah sebab hidup ini suatu perlombaan rohani Ibr 12:1, Pil 3:14, 1Kor 9:25-26 (juga jasmani, tetapi ha-silnya sia2, hanya sampai kubur).

Mengapa kita berlomba?

  1. Hidup ini kesempatan satu2 nya un-tuk menentukan dan membentuk hi-dup kekal yang akan datang.
  2. Tidak ada kesempatan lain.
  3. Kesempatan hidup ini tidak sama, terbatas dan kita tidak tahu masih sisa berapa.
  4. Orang yang santai, malas, bodoh, tidak mau berlomba hasilnya sedikit / kecil untuk abadi, bahkan itupun bisa dirampas iblis, sebab orang yang san-tai, tidak ber-jaga2 akan mudah jatuh dan binasa.
  5. Waktu untuk setiap fase/ bagian atau unit rencana Allah, itu tertentu dan terbatas, kalau hilang atau batal, tidak akan kembali lagi. Juga rencana total tidak akan berulang kembali.
  6. Dosa makin cepat meningkat, kita harus lebih cepat lagi tumbuh dalam kesucian supaya jangan dikalahkan do-sa. Wah 22:11.
  7. Ini rahasia kemuliaan Bapa bagi anak2Nya, kita harus terus berlomba sampai menjadi seperti Kristus Pil 3:14.
  8. Waktu dan hidup yang sudah lewat, tidak bisa diulang lagi.

Ingat setiap hari waktu kita makin habis satu hari.

 

YES 56:2. YANG TAAT, PEGANG SABAT DAN TIDAK BERBUAT JAHAT.

 

2.a. Berbahagialah orang yang melakukan hal ini.

Kalau Tuhan berkata bahagia itu pasti bahagia. Melakukan hal2 di atas yaitu hidup benar di hadapan Allah, itu pasti untung. Pegang Firman Tuhan, cocok-kan. Meskipun demikian, masih mung-kin ada celaka atau malapetaka, jangan bingung, tetaplah bersyukur, dan ja-ngan bereaksi dosa, semua itu akan berubah jadi kebaikan dan kita naik satu tingkat, untung, bahagia.

 

2.b. dan putra manusia yang memegang hal ini.

Siapakah putra manusia ini? Ia seorang yang berkenan pada Tuhan. Ini seperti Musa, Daud, Yusuf, Daniel dll yang hi-dupnya berkenan pada Tuhan. Di atas semuanya adalah Putra manusia Yesus yaitu Anak domba yang tidak bercacat cela, yang menjadi patokan dan ukuran dari semuanya. Jadi Putra manusia ini kemungkinan besar adalah Putra ma-nusia Yesus, paling sedikit Dia termasuk juga bahkan yang nomer satu sebab tidak bercacat cela Ibr 4:15. Juga Dia yang menyebabkan orang2 lain bisa bergabung jadi umat Tuhan.

2.c. yang memelihara Sabat sehingga tidak menajiskannya.

Memelihara Sabat secara jasmani ber-arti berhenti bekerja dan beribadah kepada Tuhan, ini termasuk hukum Taurat IV Kel 20:8-11. Bagi kita itu ber-arti Sabat perhentian Ibr 4:10-11 se-hingga tidak jatuh dalam dosa. Inilah perhentian dari Roh Kudus, ada sejah-tera kalau tidak sampai berbuat dosa. Selama kita tetap hidup benar (semua dosa dibereskan) lalu tetap taat di-pimpin Roh, maka sejahtera Allah yang melebihi segala pengertian itu meng-awali hati kita Pil 4:7 sehingga kita te-tap dalam kesucian. Ini Sabat rohani bukan hanya hari Sabtu tetapi segala saat, ada sejahtera dari Allah dalam hati kita. Ini hidup yang berkenan pada Tuhan, taat dipimpin Roh senantiasa, baik dalammelakukan perkara kecil dan besar, apa saja kita harus taat, itu berkenan pada Tuhan.

2.d. dan memelihara tangannya dari berbuat jahat apapun.

Hidup yang tidak bercacat cela Ef 5:27.

Apa bisa? Kalau kita terus taat dipimpin Roh, lebih2 dengan 7 KPR, Roh Kudus akan menolong kita sehingga ini bisa terjadi, bahkan sampai dalam pikiran (MAK DSY). Kalau toh jatuh dalam dosa (biasanya dimulai dari pikiran) segera perbaiki, bereskan dan cegah supaya tidak lagi berdosa.

Tuhan suka hidup seperti ini dan orang seperti ini (kalau sudah teruji) bisa dipercayai dalam hal2 jasmani dan rohani, jadi indah. Walau dipakai de-ngan heran, diberkati, diangkat tinggi dan mulia, ia tidak berdosa sebab terus taat dipimpin Roh. Syarat ini tidak sia2, ada hasil yang indah, gilang gemilang, terus meningkat bahkan sampai kekal.

 

YES 56:3. PUTRA ORANG ASING DAN ORANG KEBIRI YANG BERGABUNG.

3.a. Dan juga putra orang asing yang menggabungkan dirinya dengan Tuhan.

Siapa orang2 ini? Inilah orang2 per-caya, yang bergabung dengan Tuhan dengan cara percaya pada Tuhan Ye-sus. Dalam Wasiat Lama ada sedikit orang yang bergabung seperti Rut, keluarga Rahab dsb, mereka bergabung dan diterima umat Tuhan. Juga orang2 tawanan yang mau bergabung, ada peraturannya.

Dalam Wasiat Baru, orang2 yang percaya pada Tuhan Yesus, berubah, dari bukan umat menjadi umat Tuhan 1Pet 2:10. Jadi Yesaya sudah bernubuat tentang Gereja zaman sekarang. Allah itu adil, yang mau percaya biarpun bukan turunan Abraham jasmani, bisa jadi turunan secara rohani, kita men-dapat kesempatan dan masa depan yang mulia. Orang beriman pada Tuhan Yesus itu untung untuk kekal.

3.b. Jangan berkata, Tuhan memisahkan saya sama sekali dari umatNya.

Ini tidak boleh dikatakan, sebab tidak benar dan Tuhan tidak membedakan umatNya secara lahir atau rohani. Bukan main, kita tidak dibedakan sebab Ia adil, asal mau taat akan FirmanNya. Kita tidak akan dipisahkan, bahkan ren-cana Allah bagi Gereja akan disem-purnakan dahulu baru Israel disela-matkan Rom 11:25-26. Sebab Israel su-dah menolak Mesiasnya Mat 27:25. Kita dapat kesempatan bahkan sampai jadi sempurna seperti Kristus. Jangan buang kesempatan ini Ibr 2:3 dan cepatlah, berlombalah supaya kita bo-leh mendapat yang terbaik!

3.c. Juga jangan seorang kebiri berkata.

Siapakah orang kebiri ini? Secara jas-mani, orang bisa, boleh jadi kebiri (tidak punya anak lagi) untuk kepen-tingan kerajaan Surga Mat 19:12 (ini salah satu cara dalam Keluarga Beren-cana). Tetapi secara rohani ini adalah orang yang tidak berbuah seperti po-hon yang kering sebab dihukum karena tidak berbuah Mat 11:13,14,20. Orang yang tidak berbuah itu bukan dari Tuhan, tidak dibuat oleh Tuhan.

Kalau seorang tinggal dalam pokok Kristus, pasti berbuah lebat Yoh 15:5,8. Tidak berbuah itu salah orang itu sendiri, sebab Tuhan sanggup mem-buat semua carang yang mau lekat ber-buah2, bahkan lebat! Jangan tinggal bantut, kering dan tidak berbuah, itu pasti salah kita sendiri. Kalau mau percaya dan taat, Tuhan akan tunjuk-kan banyak kesempatan untuk ber-buah2 jiwa2 dan buah pertobatan. Se-bab waktu kita bersaksi, Tuhan yang bekerja sehingga orang itu tertolong atau bertobat (kalau mau percaya). Kita dipakai Tuhan untuk menyelamatkan, tetapi Tuhan yang bekerja dalam kita dan dalam orang itu sampai tumbuh 1Kor 3:6.Semua orang beriman harus berbuah, kalau tidak akan dipotong. Ber-lomba2lah untuk berbuah! Kenali dan pakai setiap kesempatan dari Tuhan.

YES 56:4. FIRMAN TUHAN KEPADA ORANG KEBIRI.

4.a. Karena demikianlah Firman Tuhan kepada orang kebiri yang memelihara Sabat Ku.

Orang yang tidak berbuah, perhatikan untuk memelihara Sabat. Supaya selalu ada sejahtera Allah dengan taat dipim-pin Roh, maka kita akan menemukan kesempatan2 yang disediakan Tuhan dan bisa memakainya dengan betul sehingga bisa ber-buah2. Jangan hidup dalam dosa atau batu sontohan, itu justru membuat orang menghojat na-ma Tuhan Rom 2:24. Tetapi kalau kita mau pikul salib, taat dipimpin Roh menjadi garam dalam panci kita atau terang bagi sekitar kita, maka kita akan mengeluarkan buah2. Jangan jadi orang kebiri, tidak ber-buah2.

4.b. dan memilih perkara2 yang memperkenankan Daku.

Kita boleh punya keinginan tetapi jangan bertentangan dengan Firman Tuhan Maz 37:4. Kalau kita ragu2, ber-doalah. Kalau keinginan kita melawan Firman Tuhan, buanglah jauh2. Kalau keinginan kita tidak salah tetapi ada kehendak Tuhan yang harus kita laku-kan padahal waktu, uang, kesempatan dll hanya cukup untuk satu, belajar memilih berkenan pada Tuhan yaitu taat akan Tuhan lebih dahulu Mat 6:33. Orang yang mau menyangkal diri dan penuh penyerahan akan memilih men-dahulukan kehendak Tuhan dalam diri-nya Gal 2:20. Belajar memilih kehen-dak Tuhan lebih dahulu, pasti tidak rugi!

4.c. dan berpegang pada perjanjianKu.

Ini orang yang bahagia Luk 11:28. Jangan bosan, tetapi ini kunci hidup yang gilang gemilang dengan cara yang sangat sederhana, Tuhan yg beri ke-kuatan, kemampuan, hikmat dan sega-la fasilitas yg kita perlukan, asal kita mau, Roh Kudus yang membuat se-muanya jadi.

 

YES 56:5. NAMA YANG LEBIH BAIK DAN KEKAL DALAM SURGA.

5.a. Bahkan kepada mereka Aku akan memberi di dalam rumah dan di dalam tembok2Ku sebuah tempat!

Ini luar biasa, dapat tempat dalam rumah dan di sebelah dalam tembok. Ini berarti dalam bait Allah yaitu Ruang-an Suci atau Ruangan Maha Suci. Kita bisa mendapat tempat VIP, istimewa kalau kita mau taat akan FirmanNya, memegang Sabat dan memilih melaku-kan kehendakNya dan hidup tidak ber-cacat cela. Orang taat itu ada di dalam Ruangan Suci. (Halaman itu kata kun-cinya adalah menerima dengan iman, Ruangan Suci kata kuncinya adalah taat dan Ruangan Maha suci kata kuncinya cinta). Ini perkara yang indah bagi orang yang taat akan Firman Tuhan, taat dipimpin Roh sehingga hidupnya tidak ada cacat cela (tidak berdosa) dan terus melakukan kehendak Tuhan lebih daripada kehendaknya sendiri. Kita mendapat tempat yang indah dalam rumah Allah, ini berarti terpelihara dan dijamin, selama kita di dalam kehen-dakNya bahkan bisa terus meningkat dalam Ruangan Suci sampai jadi sem-purna. Waktu Putra manusia Yesus menghadapi dua hal yang bertentang-an,  yaitu menurut kehendak Bapa atau kehendakNya sendiri yang sebetulnya boleh diminta (sebab itu Ia minta) te-tapi nomer satu yang dilakukan adalah kehendak Bapa. Sebab itu Ia lulus dengan sempurna dalam tugasNya se-bagai korban tebusan umat manusia. Ini jadi pelajaran bagi kita untuk taat sehingga kita punya tempat yang indah di dalam rumah Bapa sebelah dalam!

5.b. dan sebuah nama yang lebih baik dari putra2 dan putri2.

Siapa putra dan putri ini? Ini adalah umat Tuhan yang sudah ada lebih da-hulu, tetapi mereka adalah orang yang baru bergabung dengan Tuhan, tetapi mereka menjadi lebih mulia dari yang permulaan.

  1. Gereja akan lebih mulia dari Israel, umat Tuhan secara jasmani Ibr 11:40, Hag 2:10. Memang Gereja menjadi le-bih mulia dari Israel, sebab Israel yang mendapat kesempatan pertama, tetapi menolak Mesias. Sebab itu Gereja dapat lebih banyak, lebih mulia tetapi juga dituntut lebih banyak Luk 12:48. Kalau seorang menolak kesempatan yang didapatnya, kesempatan itu akan diberikan pada orang lain Mat 21:43. Jangan di-sia2kan, tidak memberi buah, itu menolak kesempatan dari Tuhan.
  2. Orang yang terdahulu, kalau tidak te-tap teguh dan setia, maka orang yang kemudian bisa mendahuluinya dan lebih mulia daripadanya. Mat 19:30, Mrk 10:31, Luk 13:30. Peringatan ini untuk orang yang jatuh bangun dalam dosa,malas, santai, tidak mau berlom-ba, tidak mau sungguh2, suam, cinta dunia, minum anggur campuran dll, bu-kan saja jadi terkebelakang tetapi juga bisa binasa! Orang yang terdahulu itu punya kesempatan lebih banyak. Untuk tumbuh lebih tinggi butuh waktu peng-olahan lebih lama misalnya 30 tahun untuk Yusuf, Daud, Yohones Pembaptis dan Putra manusia Yesus. Kalau orang itu baru datang terkemudian, misalnya bertobat umur 70 tahun, kesempat-annya lebih sedikit, tetapi kalau ia lebih sungguh2 taat, menyerah, ia mendapat lebih banyak dari yang terdahulu yang main2. Tetapi yang terdahulu dan tetap taat sungguh2, bisa memakai semua kesempatan yang ada, maka hasilnya juga jauh lebih indah!

Jangan sia2kan kesempatan bisa percaya Tuhan Yesus lebih dahulu, apalagi dari lahir:

  1. Orangtua jangan sia2kan kesem-patan besar bagi anak2nya, persiapkan baik2 seperti Hanna mempersiapkan Samuel, menjadi orang yang sangat berkenan pada Tuhan sampai matinya. Juga Zakaria, Elizabeth, Yusuf dan Maria.
  2. Kita sendiri jangan sia2kan kesem-patan yang luar biasa ini, baik sejak lahir dalam keluarga yang cinta Tuhan, maupun yang sejak lahir baru.

Hidup di dalam Tuhan itu indah, apalagi kalau tumbuh (= meningkat) rencana Tuhan bisa jadi dengan indah seperti Yusuf, Musa, Daud dll.

5.c. Aku akan memberi mereka suatu nama yang kekal yang tidak dapat dipotong.

Ada negara memberi pensiun tinggi seperti Belanda, tetapi kalau mati, di-potong pensiunnya, hilang. Tetapi Tuhan memberi pahala terlalu sangat tinggi yaitu untuk kekal. Wah 3:12. Ti-dak akan keluar dari Surga, tidak mung-kin jatuh dalam dosa, kekal dalam ke-sukaan abadi. Jangan me-nyia2kan keselamatan dan kemuliaan yang besar ini Ibr 2:3 nama tertulis dalam Surga untuk kekal Luk 10:20. Rencana peme-rintah dunia hanya untuk sepenggal dari hidup di dunia, untuk kesejah-teraan, sekolah, penyakit dll. Tetapi rencana Allah untuk seluruh segi hidup dan sampaikekal. Jangan bodoh, jangan di-sia2kan.

 

KESIMPULAN.

Ini ayat2 yang hebat dalam Wasiat Lama, sudah bisa menceritakan kabar baik untuk semua orang yang mau per-caya pada Tuhan Yesus, hidupnya jadi berarti di dunia, lebih2 dalam Surga yang kekal. Semua yang dinubuatkan cocok dengan berita kesukaan dalam Wasiat Baru. Ini bukan kesukaan jasma-ni saja, tetapi terutama kesukaan yang kekal, baik Sabat perhentian selama dalam dunia, hidup yang merdeka dan ber-buah2 yang indah2 Maz 1:3, lebih2 untuk hidup kekal dalam sukacita aba-di, tanpa akhir yg terus meningkat dalam rencana Allah yang heran dan kekal. Apa yang tidak terpikir, tidak ter-jangkau oleh mata, telinga, hati dan pikiran kita, jauh lebih dari itu dise-diakan Allah dalam dunia dan dalam Surga yang kekal bagi orang yang mau memegang Firman Tuhan, Sabat, hidup benar dan berkenan kepadaNya. 1Kor 2:9.