YS292 – YESAYA 55:12-13. KESUKAAN DAN TANTANGAN HARI-HARI TERAKHIR

YES 55:12. GUNUNG, BUKIT DAN POHON BER-SORAK2.

Yes 55:12.a. Karena kamu akan keluar dengan sukacita dan dipimpin keluar dengan sejahtera.

Ini adalah tanda2 dari orang yang di-pimpin Roh, yaitu ada sukacita dan sejahtera dari Allah dalam hatinya Pil 4:4,7. Ini tanda dari orang2 yang per-caya Tuhan Yesus Yoh 7:38. Tanpa Tu-han sangat sulit untuk bisa hidup se-perti ini, lebih2 di akhir zaman yang penuh godaan dan kejahatan. Bisa ada sukacita sesaat tetapi segera habis dan haus kembali Yoh 4:13. Tetapi kalau Tuhan ada dalam hati kita, akan ada sungai air hidup yang terus mengalir keluar dari dalam hati kita Yoh 4:14 dan ini bersambung terus sampai ke Surga. Ini tidak hanya di dunia, tetapi mutu-nya ilahi, bisa sampai Surga dan kekal. Ini luar biasa.

Juga dalam keadaan dunia akhir zaman yang dahsyat, jungkir balik de-ngan tingkat dosa yang makin me-ningkat, membuat orang tidak mem-punyai damai; sebab dosa meningkat, damai lenyap Wah 6:4. Tetapi di te-ngah2 dunia seperti ini, orang2 yang berjalan dengan Allah, dipimpin Roh dari Gereja akhir zaman (tubuh Kristus yang hidup di jalan sempit), mereka te-tap ada sejahtera dalam dirinya, dan bisa bersukacita dalam perlindungan Allah yang maha kuasa, bahkan bisa menikmati suasana Surga dalam Gereja akhir zaman sebab Surga dan bumi menjadi satu dalam Kristus Ef 1:10 sehingga Gereja menjadi begitu indah dan ajaib di tengah2 dunia yang begitu rusak Wah 12:1.

 

Mengapa bisa sukacita dan sejahtera padahal keadaan dunia begitu jahat dan rusak? Sebab ada pekerjaan Roh Kudus yang limpah, baik hujan air (Yoh 55:10), apalagi hujan salju (Ay 9:3 KJI), maka timbul penyucian yang limpah ka-rena pengurapan yang limpah Yoh 3:34. Sebab itu juga ada kesukaan dan sejahtera yang besar. Selain itu juga karena ada Firman Tuhan yang keluar  dari mulut Tuhan dan bekerja dengan indah dalam orang2 yang percaya dan mau taat. Firman Tuhan tidak pernah gagal, sekalipun dalam dunia yang jahat, lebih2 dalam orang2 yang mau taat, yang hidup dipimpin Roh, maka hasilnya akan luar biasa.

 

12.b. Gunung2 dan bukit2 ber-sorak2 di hadapanMu dalam nyanyian.

Siapakah gunung dan bukit2 ini? Gu-nung itu lebih tinggi dari bukit. Tentu ini bukan gunung dan bukit biasa.

Gunung ini menggambarkan orang2 yang naik dalam tingkat rohani ter-tinggi sebab mau mendengar dan taat akan Firman Tuhan yang ajaib dan he-ran. Inilah orang2 dalam tingkat Ruangan Maha Suci, yang sempurna yaitu mempelai Kristus, Yerusalem ba-ru, 144,000 orang yang ada di atas gu-nung Sion Wah 14:1. Kesukaannya sempurna, luar biasa. Yoh 16:24.

Bukit adalah orang2 dalam Ruang-an Suci, yg juga sudah meningkat luar biasa, lebih2 dalam Minggu ke-70 Da-niel, meningkat dalam kesucian yg ting-gi. Wah 22:11. Sebab itu kemenangan-nya besar, meskipun belum sampai sempurna, tetapi sudah amat indah.

Semua (gunung dan bukit) ber-sorak2 dan nyanyi bergembira di ha-dapan Tuhan. Ini nyanyian sukacita di hadirat Tuhan dalam Gereja zaman keeemasan sebelum pengangkatan. Ini luar biasa sebab kita masih di bumi tetapi di dalam Kristus, Surga dan bumi menjadi satu dalam tubuh Kristus global, sangat indah. Ef 1:10.Ini betul2 puncak kesucian di tengah2 puncak dosa dalam tangan Antikris.

Ada 2 tetangga yang berbeda bagi gu-nung dan bukit ini, yaitu:

  1. Orang2 Kristen Halaman, biasanya mereka memilih tinggaldi jalan lebar seperti Gereja2 Pergamus, Tiatira, Lao-dikea, Sardis (PTLS) Wah 2,3. Gereja ja-lan lebar bersukacita dalam perkara2 dunia meksipun dihubungkan dengan Gereja tetapi titik beratnya adalah ke-mewahan, keindahan, tehnologi mo-dern, pokoknya perkara duniawi. Te-tapi kesukaan gunung dan bukit yaitu Gereja Efesus, Filadelfia dan Smirna (EFS) adalah kesucian seperti di Surga Wah 4:8, sehingga bisa masuk dalam hadirat Allah (bukan saja dalam bahasa lidah tetapi istimewa hidup benar Yoh 4:23-24) dan kelimpahan Firman Tuhan yang makin dalam.

Orang2 Halaman tidak bisa mem-bedakan, tetapi orang2 Ruangan Suci bisa, sebab itu banyak orang beriman (di jalan lebar) tidak mengerti sebab le-bih banyak orang di Halaman dan jalan lebar. Juga Lot tidak bisa membedakan, mungkin juga ia menikah dengan orang Sodom sehingga makin jauh dari Abra-ham dan Allah.

Jangan berkecil hati, meskipun seder-hana dan lebih sedikit, tetapi lebih in-dah di dalam kesucian yang terus me-ningkat, sebab cocok dengan Allah, is-timewa waktu turun hujan salju dalam Minggu ke-70 Daniel. Baru sesudah berlaku hukum yang keras dalam Ge-reja, Gereja dimurnikan 2Kor 10:6. Disini Gereja betul2 dimurnikan.

  1. Perbedaan dengan luar Halaman, ini perbedaan yang terlalu besar, juga an-tara orang suci dan orang berdosa an-tara Ruangan Suci dan Luar Halaman. Dalam dunia, dalam Minggu ke-70 Da-niel Surga dan Neraka bertetangga tentu dengan batas2 yang lebih jelas yaitu kesucian dan dosa yang nyata2, sehingga semua orang bisa melihat, se-bab perbedaan dosa dan kesucian be-sar. Ini keadaan sebelum pengang-katan.

12.c. dan semua pohon di ladang akan bertepuk tangan.

Siapa pohon2 ini? Ini lebih rendah lagi tingkatannya dari gunung dan bukit yaitu orang2 Halaman; ini terdiri dari:

  1. Orang2 Halaman yang masih. Hidup dalam zaman antikris.
  2. Orang2 Halaman yang sudah mati di dalam Tuhan dan yang menunggu ke-bangkitan untuk ikut pengangkatan.
  3. Orang Halaman dalam zaman An-tikris. Mereka adalah orang2yang ter-tinggal sebab tidak mau bertobat, tidak sungguh2 mau hidup dalam kesucian.

Dalam 3,5 tahun sebelum pengang-katan, bahkan jauh sebelumnya, me-reka adalah orang2 yang plin-plan, yang tidak punya pendirian, suam, yang percaya Tuhan tetapi cinta dunia se-perti Lot. Sebab itu dalam polarisasi mereka terpisah, hanyut dalam dosa2 yang makin dahsyat, sehingga sebagian mati dalam dosa, dalam penghakiman Allah yang dahsyat atas dosa. Lebih2 pada waktu pemurnian oleh Allah, yaitu masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17 sehingga sebagian mati seperti Ananias dan Safira, dan sebagian lari dan pergi ke Gereja2 jalan lebar (PTLS) atau masuk kembali dalam dunia. Ba-nyak diantaranya yang mati dalam dosa dan binasa.

Tetapi waktu pengangkatan, me-reka yang masih hidup, yang tertinggal, ada banyak yang menyesal dan ber-tobat, dan mereka kembali sungguh2 percaya dan taat pada Firman Tuhan meskipun sudah terlambat dan sudah tertinggal. Jumlahnya amat banyak Wah 7:9. Mereka berada dalam peme-rintahan Antikris tetapi mereka berto-bat dan sekarang mau tetap percaya Tuhan, sehingga dianiaya sampai mati Wah 13:7. Mereka, (rohnya) dikum-pulkan dalam Mezbah yang ada dalam rumah Allah sampai jumlahnya genap, yaitu semua orang yang bertobat dan dibinasakan oleh Antikris Wah 6:11. Mereka mendapat jubah putih sebab bertobat kembali dengan sungguh2 dan juga pelepah daun kurma. Mes-kipun nasibnya secara jasmani sangat parah sampai semua mati, tetapi me-reka masih bisa selamat, melewati aniaya Antikris yang dahsyat itu. Me-reka bersukacita, sebab tidak sampai masuk Neraka, masih bisa masuk Surga dan rohnya sudah ada dalam Surga yaitu dalam tingkatan Mezbah Korban Bakaran di Halaman.

Sesudah jumlahnya genap, mereka dibangkitkan dan ikut masuk Surga sebagai panen susulan. Tetap selamat tetapi seperti menerusi api 1Kor 3:15. Masih untung, sebab sekalipun tem-patnya rendah di Halaman tetapi tetap di Surga dalam kesukaan dan kemu-liaan Surga yang kekal, lepas dari ne-raka yang dahsyat dan kekal, dimana asap siksanya naik ke atas se-lama2nya Wah 14:11.

  1. Orang2 yang mati dalam Kristus, tingkat Halaman, ikut dalam kebang-kitan dan ikut pengangkatan meskipun tingkatannya rendah, tetapi semua ikut ber-sama2. Di dalam Surga tingkatan orang2 Halaman ini, baik yang mati da-lam zaman Antikris, maupun yang su-dah mati lebih dahulu, ikut pengang-katan, tetapi tingkatannya sama di Halaman.

 

YES 55:13. DURI DIGANTI SANOBAR DAN UNAK DIGANTI POHON MURAD.

13.a. Sebagai gantinya duri akan tumbuh pohon Sanobar.

Duri. Ini adalah orang2 percaya yang undur, yang hidupnya jatuh bangun da-lam dosa, sehingga hidupnya itu seperti duri, seperti Adam Hawa sesudah jatuh dalam dosa, mereka mendapatkan du-ri2 yang menusuk, bukan lagi taman Eden yang indah dan menyenangkan. Jadi duri ini adalah hidup yang pahit, sakit, sengsara seperti ditusuk duri ka-rena akibat dosa. Kej 3:19-20. Inilah orang2yang menolak Firman Tuhan, tidak mau taat, maka yang tumbuh dalam hati yang penuh dosa adalah duri2. Orang yang hidup dalam dosa tidak akan ada sejahtera dan sukacita Rom 3:17. Bisa ada kesukaan dosa yang sesaat Ibr 11:25 tetapi hanya sebentar lalu pahit lagi seperti perempuan Samaria yang hidup dalam dosa perzinaan.

Sanobar. Tetapi kalau orang2 ini bertobat, lepas dari dosa, maka sebagai gantinya duri, akan tumbuh pohon Sanobar, ini adalah pohon pilihan 2Taw 2:8, Yes 37:2. Percaya dan bertobat itu hasilnya luar biasa, sangat besar beda-nya. Berubah sama sekali. Dari anak iblis pewaris Neraka, berubah menjadi anak2 Allah yang akan mewarisi Surga 1Yoh 3:10 (sekalipun dalam tingkat yang paling rendah). Luar biasa, pindah dari neraka ke Surga, suatu perubahan yang tiada taranya. Hidup seperti Sanobar itu penuh nyanyian dan pujian kepada Allah 2Sam 6:5. Penuh dengan kesukaan. Papan2 dari Pintu Kemah dibuat dari kayu Sanobar, juga alas Kaabah 1Raj 6:15,34. Hidupnya tidak la-gi seperti duri tetapi seperti pohon Sa-nobar (lahir baru itu dari Pintu Gerbang sampai Pintu Kemah).

Dalam 3,5 tahun zaman Antikris mereka sebetulnya bisa mengalami pertumbuhan yang kdpluar biasa ini. Sebab orang yang percaya itu seperti biji yang punya segala kelengkapan menjadi pohon yang dewasa dan ber-bunga dan ber-buah2. (Sama juga se-perti telur burung itu bisa menjadi se-perti burung dewasa yang penuh). Te-tapi di dalam zaman Antikris, Roh Ku-dus sudah diangkat dari jalannya 2Tes 2:7. Bapa, Putra, Roh Kudus telah me-ninggalkan dunia waktu itu, hanya sisa 2 Saksi yang menguatkan orang2 yang bertobat kembali. Keadaannya seperti zaman Wasiat Lama, pertumbuhan ro-haninya sangat sedikit, bahkan lebih se-dikit lagi daripada Wasiat Lama. Semua sudah diangkat, Roh Kudus, Firman Tuhan dan Bapa, mereka meninggal-kan, tetapi mereka masih bisa selamat dalam aniaya Antikris kalau tetap setia pada Tuhan Yesus sampai mati.

Sebab itu jangan main2 pada akhir zaman ini, sebab yang main2 belum tentu selamat, banyak yang mati dalam dosa. Tetapi Tuhan yang maha tahu, tahu:

  1. Orang2 yang masih akan bertobat sesudah pengangkatan, mereka akan, dipelihara sehingga tetap hidup dan masuk dalam bahaya zaman Antikris yang tidak terbatas ini dan dibiarkan sampai mati dalam tangan Antikris.
  2. Orang2 beriman yang undur, yang tidak akan mau bertobat, sebagian bi-nasa dalam dosanya dan sebagian lagi ikut Antikris dan meningkat dalam do-sa2nya, yang berarti meningkat dalam hukuman kekal sesuai dengan dosa dan kejahatannya Wah 22:12. Allah adil dari permulaan sampai akhir zaman.

Jangan sia2kan kesempatan emas dan hanya ada dalam dunia. Percaya dan taat, pikul salib dan taati Firman Tuhan, sebab sekarang masih ada kesempatan untuk terus tumbuh dan bisa meningkat sampai setinggi bukit bahkan bisa sampai setinggi gunung, sempurna seperti Kristus. Inilah po-hon2 yang dahulunya hidup dalam do-sa seperti duri, tetapi sesudah bertobat menjadi Sanobar dan selamat, meski-pun mengalami aniaya sampai mati dalam zaman Antikris.

 

13.b. Dan sebagai ganti unak akan tumbuh pohon Murad.

Pohon unak, inilah hidup yang sia2 Pkh 1:14, Mik 7:4 KJI. Orang yang hidup be-rani berontak melawan Allah, termasuk juga melawan orang2 yang kepadanya ia seharusnya tunduk (pemimpin2 ro-hani, suami, orangtua dll) dan berjalan semaunya sendiri, adalah orang2 yang seperti unak. Pemberontak2 itu hidup dengan sia2. Semua pemberontak yang melawan Allah seperti orang2yang membuat menara Babil, orang2 dalam zaman Nuh dan Lot, juga orang2 yang melawan hamba2Nya seperti pemim-pin2, orangtua, suami dll. Misalnya orang2 Israel yang melawan Musa dll, mereka semua pada akhirnya hidupnya menjadi sia2, bahkan binasa. Sebab itu jangan jadi pemberontak, itu hidup yang sia2. (Seperti orang yang menu-ruti daging dan menuruti iblis, tam-paknya senang tetapi sebetulnya hi-dupnya seperti unak). Orang yang suka berontak, tidak mau tunduk pada orangtua, suami, pemimpin2 kecil dan besar, dan pada Allah, hidup tidak akan jadi baik dan indah, tetapi jadi sia2 dan binasa. Dahulunya indah seperti anggur 1000 batang lalu berubah menjadi duri dan unak, hidupnya menjadi sia2 Yes 7:23-25. Jangan tertipu sehingga menu-rut iblis (jadi duri) atau melawan Allah menjadi unak, hidupnya menjadi sia2 dan semua akan celaka dan binasa, suatu hidup yang tidak ada artinya. Be-gitulah orang2 yang hidup sia2 seperti unak, kalau masih bisa bertobat akan menjadi Murad.

 

Murad.

Pada waktu orang ini bertobat, maka unak akan diganti dengan pohon Mu-rad, inilah pohon yang indah, pilihan Yes 41:19 ditumbuhkan di padang gu-run dan dipakai dalam hari raya pon-dok daun. Neh 8:16. Inilah hidup pa-dang gurun seperti Tuhan Yesus; Yo-hanes dll Mat 4:1 / 3:1 / 11:7. Secara manusiawi (dengan mata daging), hi-dup di padang gurun ini tampaknya kering dan mati, tetapi dengan berkat Tuhan justru hidupnya menjadi indah, sebab disini daging dimatikan, disa-libkan. Orang yang mau naik atas mez-bah Tuhan (Halaman, padang yang ke-ring ini, maka pohon unak akan diganti pohon2 Murad, hidupnya akan penuh arti seperti Yusuf, Daud, Petrus, Paulus dll 2Kor 4:10-12, Pil 1:25. Hidupnya menjadi berkat yang indah2, penuh dengan buah2 yang memuliakan Allah Yoh 15:8. Ini hidup yang mau disa-libkan, dimatikan. Dahulu menurut da-ging berontak, tetapi sekarang daging-nya mau dimatikan, diSalibkan dan taat akan Firman Tuhan, maka Firman Tu-han dan berkat2 dari Atas terus turun ke atasnya, ia akan berhenti berdosa 1Pet 4:1. Orang yang mau pikul salib, Roh kemuliaan akan turun ke atasnya 1Pet 4:14, hidupnya akan tumbuh terus menjadi indah.

Memang dalam zaman Antikris per-tumbuhan itu tahu batas sampai di Pintu Kemah saja. Begitu kalau orang2 yang tertinggal bertobat, itu seperti unak menjadi Murad, tetapi terbatas sampai Pintu Kemah saja, sebab Kemah sudah terangkat Wah 11:2, sehingga berhenti sampai maksimal menjadi se-perti 2 saksi saja bukan sampai seperti Kristus!

 

13.c. dan menjadi suatu nama bagi Tuhan.

Ini orang2 yang membela nama Tuhan meskipun Roh Kudus sudah diangkat dan mereka harus bertahan dengan kekuatan sendiri yang terbatas, sampai mati. Bagaimanapun Tuhan tetap ikut menolong mereka sekalipun lewat 2 orang saksi Wah 11:3-7. Memang ini panen sisa, yang tidak seindah panen besar atau buah sulung. Sisa2 yang masih bisa dipanen, yaitu orang2 yang masih mau bertahan, dipanen lewat aniaya Antikris. Nama Tuhan masih dipertahankan oleh orang2 yang ter-tinggal ini dengan pertolongan 2 saksi. Pohon Sanobar dan Murad ini masih ikut dalam hari raya pondok daun, yaitu bayangan dari kerajaan 1000 ta-hun. Mereka yang setia sampai mati, tetap akan ikut dalam kerajaan 1000 tahun meskipun dalam tingkat yang pa-ling rendah, tetapi selamat, sukacita, masih untung sekalipun tingkatnya pa-ling rendah, sebab tidak mau memakai kesempatan yang ada sebelum peng-angkatan. (Tentu juga orang2 sebelum Minggu ke-70 Daniel, yang selamat da-lam tingkat Halaman juga masuk dalam Kerajaan 1000 tahun dan kerajaan Surga, tetapi tetap dalam tingkat ke-muliaan yang rendah. Jadi panen buah Sulung itulah tingkat sempurna seperti gunung, panen besar seperti bukit dan panen sisa seperti pohon2 di padang.

 

13.d. Suatu tanda yang kekal, yang tidak akan dipotong.

Mereka selamat, masuk Surga yang ke-kal untuk selamanya dan tidak akan dipotong, luar biasa, untungnya besar sekali, sampai kekal. Tetapi ini “un-tung2an”, mempertaruhkan keselamat-an yang kekal hanya karena tidak mau sungguh2 bertobat, tetapi suam, main2, setengah hati, campur dengan percintaan dunia. Biasanya ini terjadi karena cintauang dan kesukaan dunia atau perkara2 dunia yang fana 1Yoh 2:16. Sebab itu kalau ikut Tuhan harus mau pikul salib Luk 9:23, jangan se-tengah2 atau suam, benar2 mematikan daging dan taat penuh kepada Tuhan.